conan wrote:FortunerMan wrote:Yah...bukan di Indonesia aja sih mobil Korea di cibir, di mana mana pun masih dicibir. Sama kaya mobil Jepang jaman dulu, masih dicibir sama merek Amerika/Eropa. Yah namanya masih baru bergeliat, pelan2 nanti pasti image menjadi kuat.
But for me personally, I won't buy a 400+ million Hyundai. Not yet.
Kalo masih di 100, 200an, I would consider a Hyundai.
Kalo udah main di 400 ke atas, mereknya saya juga mau yg kuat - Jepang atau Eropa atau Amerika. Kalo ada LC Prado atau Harrier atau Pajero atau X5 seharga 400an, for me - gak masuk itungan udah Santa Fe :p
Silahkan org lain dulu yg menaikkan nama Hyundai hehehe...
Wah, wah.. kalau yang ini, perlu diluruskan.
Justru Anda keliru jika mengatakan mobil Korea itu masih dicibir dimana2. Hyundai Sonata sukses besar di Amerika Utara, Kia doing well di Eropa, GM-Chevrolet Captiva menjadi hit di banyak negara.
Mau bukti kualitas Hyundai?
Click
http://www.strategicvision.com/press_release.php?pr=27
Selain itu, di Amerika Utara mereka membuat gebrakan : garansi 10 tahun atau 100,000 miles, untuk mobil bekas mereka!
...
Avanza = mobil merk Toyota buatan Daihatsu Indonesia.
Innova = mobil merk Toyota buatan Toyota Indonesia.
Fortuner = mobil merk Toyota buatan Toyota Thailand.
Santa Fe = mobil merk Hyundai buatan Hyundai Korea.
Harrier = mobil merk Toyota buatan Toyota Jepang.
Menurutku, mobil Korea CBU dari Korea, secara build quality, kastanya masih di atas mobil bermerk Toyota hasil produksi Thailand, yang tidak dijual bahkan di negara Jepang sendiri. Maaf jika ada pemilik yang tersinggung, tapi ini adalah kenyataan apa adanya. Tidak percaya? Silakan rasakan dan bandingkan sendiri, misalnya Fortuner vs Santa Fe, yang mana yang lebih tinggi build qualitynya.
Jangan lupa bahwa Korea Selatan itu sudah termasuk negara maju yang hampir setara Jepang, dibanding Thailand apalagi Indonesia.
Build quality Santa Fe, lebih mirip Harrier daripada Fortuner (yang lebih mirip Innova).
Yang tidak percaya, silakan buktikan sendiri.
setuju dgn komentar ini. hyundai jg mulai terjun wrc sekitar thn 98an, mungkin itu salah 1 cara mereka menunjukkan buatan mereka. menurut gw, di indo variant dari tiap merk kurang banyak dibanding yg di luar negeri. jadinya org2 indonesia disuguhi yg itu itu saja.
Di negara tetangga, contoh oz, merk korea spt kia, variantnya banyak. Begitu jg daewoo, belum lagi merk2 lain di sana. Rasanya nih, rasanya lho, kalo di indonesia spt di sana..gw yakin pemikiran car buyers thd pemilihan merk pasti akan berubah.
gw pernah pk hyundai elantra (di luar lantra), wkt itu msh perdana jd masih ada emblem H nya, blm diganti bimantara menggala. designnya agak kurang sreg, cm mesin lumayan, ada anggapan "isinya" mitsubishi lancer, soalnya oil filter nya sama. mungkin, yg bikin image nya jeblok setelah krismon itu, pt bimantara ikut jd berantakkan. kia pun masuk sini diganti timor dgn hrg jual yg relatif murah (seblm krismon), waktu itu sangat buat keki merk lain. Lagi2 setelah krismon, banyak timor terbengkalai terjemur di karawang, alhasil image nya jadi jelek. Gw sempet beli baru thn 2000, ya begitulah kondisinya, masih lebih bagus yg 1996. jdnya persepsi thd korean brand miring. Seinget gw sempet jg ya daewoo masuk sini.
tambah dikit, 42ner diproduksi ada beberapa region, kalo asia tenggara, seperti nya dr thai, tp klo ga salah mesin udah tangerang..mungkin kalo avanza udah full sini kali ya. kalo kijang/ipah udah pasti sini (di jepun ga ada, cmiiw)
back to topic, santa fe yg 2nd gen lumayanlah..jauh lebih keren dari yg pertama