1 Liter BBM bisa berapa KM - PART 01

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
tonie
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 702
Joined: Sat May 05, 2007 3:07

Post by tonie »

v1rz wrote:ikutan juga... hyundai accent 1500cc isi premium 1 : 5 :(

liat hasil diatas jadi pengen jual boil ini dan ganti panther .
Boros bener neh..... hyundai verna 1500cc 1:5 apa ga salah..... ya :D, malah lebih irit kijang lgx yg 2000cc masih 1:7-9 kira2
v1rz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: Sun Mar 05, 2006 13:21
Location: Medan

Post by v1rz »

imsus2c wrote:
v1rz wrote:ikutan juga... hyundai accent 1500cc isi premium 1 : 5 :(

liat hasil diatas jadi pengen jual boil ini dan ganti panther .
sebagai sesama pemake hyundai, saya jadi trenyuh :cry:
dah dicek belon boilnya? jgn2 ada yg ga beres tuh...ato gaya nyetirnya yg perlu dikoreksi?
Hopeless banget boil ini.... rusak sana sini dimulai dari powersteering kena 5jtan, radiator dan AC kena 4jt. Terakhir bulan ini AC rusak lagi plus kopling jebol dan satu komponen yg katanya bikin boros "mask air flow" telah rusak juga diganti habis 3jtan. :cry:

Gaya nyetir gua santai banget.... maksimal sampe 60km/jam dan itupun buka AC 1bar aja. ini boil cuma dibawa dalam kota, gak pernah keluar kota. Tapi paling dapat cuma 1 : 5 kadang 1 : 4 . Mentok disana walaupun sering masuk bengkel resmi hyundai tuneup juga dapatnya segitu. :cry:

Rencana dekat ini mau jual boil ini dan tukar ke panther aja yg katanya lebih irit dan gak rewel perawatannya.
v1rz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: Sun Mar 05, 2006 13:21
Location: Medan

Post by v1rz »

tonie wrote:
v1rz wrote:ikutan juga... hyundai accent 1500cc isi premium 1 : 5 :(

liat hasil diatas jadi pengen jual boil ini dan ganti panther .
Boros bener neh..... hyundai verna 1500cc 1:5 apa ga salah..... ya :D, malah lebih irit kijang lgx yg 2000cc masih 1:7-9 kira2
kalo hyundai verna saya tidak tahu... punya saya hyundai accent thn 2000. sejak beli baru sampe sekarang dapatnya 1 : 5 kadang 1 : 4 . Borosnya minta ampun. yang paling parah sering rusak sana sini dan sparepart mahalnya minta ampun kayak mobil eropa. :(
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Post by imsus2c »

@v1rz (bro or sist nech?)

saya dah pernah posting disini, tp buat sharing aja yach, saya pakai SUV-Santa Fe thn 2001, itu mesin 2400cc DOHC (karakter tenaga di putaran atas, alias biasa main RPM tinggi, sekitar 2500-4000 meskipun ga ngebut). Semua masih standard, ban aja yg agak gede (235/70R15).
Dgn kondisi begitu, kalo pake premium dalkot 1:5, highway 1:7, kalo pertamax dalkot 1:6, highway 1:8.5-9, kalo speed bisa konstan di 80kph(rpm 2500), bisa tembus 1:10-11
Makanya saya heran, kok mobil anda segitu borosnya :roll:
v1rz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: Sun Mar 05, 2006 13:21
Location: Medan

Post by v1rz »

imsus2c wrote:@v1rz (bro or sist nech?)

saya dah pernah posting disini, tp buat sharing aja yach, saya pakai SUV-Santa Fe thn 2001, itu mesin 2400cc DOHC (karakter tenaga di putaran atas, alias biasa main RPM tinggi, sekitar 2500-4000 meskipun ga ngebut). Semua masih standard, ban aja yg agak gede (235/70R15).
Dgn kondisi begitu, kalo pake premium dalkot 1:5, highway 1:7, kalo pertamax dalkot 1:6, highway 1:8.5-9, kalo speed bisa konstan di 80kph(rpm 2500), bisa tembus 1:10-11
Makanya saya heran, kok mobil anda segitu borosnya :roll:
Gua cow :D.

Gua juga heran, saya tanya teknisi hyundai sih katanya ini boil 1 : 8 . Bisa jadi 1 : 4 atau 5 gua gak masalahkan. Yang gua hopeless sama boil ini karena rentan rusak sana sini. :cry: sparepartnya mahal banget kayak mobil eropa, sampe2 ada teman saya yang bilang ini mobil taksi tapi fitur mercy. maksudnya sparepart dan konsumsi BBM kayak mobil eropa. :lol:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

v1rz wrote:
imsus2c wrote:@v1rz (bro or sist nech?)

saya dah pernah posting disini, tp buat sharing aja yach, saya pakai SUV-Santa Fe thn 2001, itu mesin 2400cc DOHC (karakter tenaga di putaran atas, alias biasa main RPM tinggi, sekitar 2500-4000 meskipun ga ngebut). Semua masih standard, ban aja yg agak gede (235/70R15).
Dgn kondisi begitu, kalo pake premium dalkot 1:5, highway 1:7, kalo pertamax dalkot 1:6, highway 1:8.5-9, kalo speed bisa konstan di 80kph(rpm 2500), bisa tembus 1:10-11
Makanya saya heran, kok mobil anda segitu borosnya :roll:
Gua cow :D.

Gua juga heran, saya tanya teknisi hyundai sih katanya ini boil 1 : 8 . Bisa jadi 1 : 4 atau 5 gua gak masalahkan. Yang gua hopeless sama boil ini karena rentan rusak sana sini. :cry: sparepartnya mahal banget kayak mobil eropa, sampe2 ada teman saya yang bilang ini mobil taksi tapi fitur mercy. maksudnya sparepart dan konsumsi BBM kayak mobil eropa. :lol:
waduh, mobil kek gini, ga tahan gw... :mad: jangan2 udah di bore-up jadi 5000cc ya bos? :e-think:
Image
v1rz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: Sun Mar 05, 2006 13:21
Location: Medan

Post by v1rz »

Hansen wrote:
v1rz wrote:
imsus2c wrote:@v1rz (bro or sist nech?)

saya dah pernah posting disini, tp buat sharing aja yach, saya pakai SUV-Santa Fe thn 2001, itu mesin 2400cc DOHC (karakter tenaga di putaran atas, alias biasa main RPM tinggi, sekitar 2500-4000 meskipun ga ngebut). Semua masih standard, ban aja yg agak gede (235/70R15).
Dgn kondisi begitu, kalo pake premium dalkot 1:5, highway 1:7, kalo pertamax dalkot 1:6, highway 1:8.5-9, kalo speed bisa konstan di 80kph(rpm 2500), bisa tembus 1:10-11
Makanya saya heran, kok mobil anda segitu borosnya :roll:
Gua cow :D.

Gua juga heran, saya tanya teknisi hyundai sih katanya ini boil 1 : 8 . Bisa jadi 1 : 4 atau 5 gua gak masalahkan. Yang gua hopeless sama boil ini karena rentan rusak sana sini. :cry: sparepartnya mahal banget kayak mobil eropa, sampe2 ada teman saya yang bilang ini mobil taksi tapi fitur mercy. maksudnya sparepart dan konsumsi BBM kayak mobil eropa. :lol:
waduh, mobil kek gini, ga tahan gw... :mad: jangan2 udah di bore-up jadi 5000cc ya bos? :e-think:
hahaha.... gua sendiri aja udah hopeless... rencana dalam waktu dekat mau jokul nih boil dan tambah jadi panther.

kalo di bore-up jadi 5000cc nanti jadi 1 : 8 maksudnya 1 ltr 8 ruko :lol:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

yg bagus sih memang dijual aja bos, soalnya biaya perawatannya mahal sekali, dan juga mobilnya sendiri harga jualnya udah jatuh bener......males kan kalo biaya bengkel mobil setahun = 1/2 nya harga mobil :D
Blazy DK
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 156
Joined: Mon Jul 02, 2007 5:24

Post by Blazy DK »

@V1rz
knp panter???jazz aja klo mau irit...gw jg dalkot terus pake jazz minum premium paling apes 1:12...lebih nyaman pula,tp memang pasaran sih,tp panter kan juga sejuta umat, paling kalahnya cuma klo nerjang banjir n kapasitas kabin...yang lainnya menang jazz lah...
v1rz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: Sun Mar 05, 2006 13:21
Location: Medan

Post by v1rz »

Risol1 wrote:yg bagus sih memang dijual aja bos, soalnya biaya perawatannya mahal sekali, dan juga mobilnya sendiri harga jualnya udah jatuh bener......males kan kalo biaya bengkel mobil setahun = 1/2 nya harga mobil :D
Yup benar sekali... bulan ini rusak AC, kopling dan Air Mask FLow kena 3jt lebih. Padahal boil ini kalo dijokul paling laku 40an jt aja. Biaya perbaikannya udah hampir 10% dari biaya harga jual, bener2 nyesak.... katanya air mask flow yg rusak diganti bisa bikin irit, tapi setelah gua test, gak ada bedanya tetap sama. bener2 sakit banget gua ganti ini barang harganya 2.2jt tapi gak merasakan adanya kemajuan irit. lebih bagus gua pake buat isi bensin aja udah dapat 488ltr. :cry:
Blazy DK wrote:@V1rz
knp panter???jazz aja klo mau irit...gw jg dalkot terus pake jazz minum premium paling apes 1:12...lebih nyaman pula,tp memang pasaran sih,tp panter kan juga sejuta umat, paling kalahnya cuma klo nerjang banjir n kapasitas kabin...yang lainnya menang jazz lah...


Yup, gua juga pengen jazz tapi spt yg bro bilang gak bisa nerjang banjir, jalanan rusak dan kapasitas kabin kecil yg menjadi pertimbangan saya.
Blazy DK
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 156
Joined: Mon Jul 02, 2007 5:24

Post by Blazy DK »

^^^ya klo pertimbangannya gt panterlah...
mzulkary
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Mon Mar 12, 2007 9:05

Post by mzulkary »

[quote="sarumaha"]Kapsul diesel a/t : dalam kota 1:8 , luar kota(tol) 1:12
Avega m/t : dalam kota(bdg) 1:10,8
Motor Astrea Star '86 1:50 :e-clap:[/quote]

Aveganya minum bensin apa?
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

v1rz wrote: ...dan AC kena 4jt. Terakhir bulan ini AC rusak lagi plus kopling jebol dan satu komponen yg katanya bikin boros "mask air flow" telah rusak juga diganti habis 3jtan. :cry:....
mass air flow kali??
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

r1210g wrote:
v1rz wrote: ...dan AC kena 4jt. Terakhir bulan ini AC rusak lagi plus kopling jebol dan satu komponen yg katanya bikin boros "mask air flow" telah rusak juga diganti habis 3jtan. :cry:....
mass air flow kali??
MAF (Mass Air Flow meter) memang mahal harganya ... tapi kadang hanya kotor aja ... biasanya tak semprot dengan electronic cleaner ... jalan lagi.
Image
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

r1210g wrote:
v1rz wrote: ...dan AC kena 4jt. Terakhir bulan ini AC rusak lagi plus kopling jebol dan satu komponen yg katanya bikin boros "mask air flow" telah rusak juga diganti habis 3jtan. :cry:....
mass air flow kali??
lah, baru aja mo dikoreksi, eh, ternyata uda dikoreksi sama elu... :lol: kriteria yg cocok nih buat jd assisten gw... :lol:
Image
sarumaha
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Tue Jan 11, 2005 12:45
Location: Bandung

Post by sarumaha »

avega nya pake pertamax ditambah sedikit "obat perangsang" soalnya pake premium ngelitik.
mzulkary wrote:
sarumaha wrote:Kapsul diesel a/t : dalam kota 1:8 , luar kota(tol) 1:12
Avega m/t : dalam kota(bdg) 1:10,8
Motor Astrea Star '86 1:50 :e-clap:
Aveganya minum bensin apa?
v1rz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: Sun Mar 05, 2006 13:21
Location: Medan

Post by v1rz »

PenyuTurbo wrote:
r1210g wrote:
v1rz wrote: ...dan AC kena 4jt. Terakhir bulan ini AC rusak lagi plus kopling jebol dan satu komponen yg katanya bikin boros "mask air flow" telah rusak juga diganti habis 3jtan. :cry:....
mass air flow kali??
MAF (Mass Air Flow meter) memang mahal harganya ... tapi kadang hanya kotor aja ... biasanya tak semprot dengan electronic cleaner ... jalan lagi.
iya... yg benar Mass Air Flow :D

bukan kotor bro... didalamnya ada 3 lempengan ntah itu kuningan atau tembaga. salah satu lempengan patah. kata teknisi hyundai ini bisa bikin mesin boros. tapi habis ganti part ini kok masih boros. gak merasakan iritnya. kayaknya ganti dan gak ganti gak ada perubahan toh tetap bisa jalan. nyesal gua gantinya, mendingan pake buat beli bensin 488ltr :cry:

cara nyetir gua santai. ganti gigi setiap rpm 2500. palingan sampe gigi ke 3 aja itupun cuma 60km/jam. buka AC cuma 1 bar aja. jarang bawa tumpangan.
apa ada yg salah dengan cara nyetir saya ? :?
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

Hansen wrote:
r1210g wrote:
v1rz wrote: ...dan AC kena 4jt. Terakhir bulan ini AC rusak lagi plus kopling jebol dan satu komponen yg katanya bikin boros "mask air flow" telah rusak juga diganti habis 3jtan. :cry:....
mass air flow kali??
lah, baru aja mo dikoreksi, eh, ternyata uda dikoreksi sama elu... :lol: kriteria yg cocok nih buat jd assisten gw... :lol:
emang ada title assisten guru sd? huehuehue :D
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

v1rz wrote: cara nyetir gua santai. ganti gigi setiap rpm 2500. palingan sampe gigi ke 3 aja itupun cuma 60km/jam. buka AC cuma 1 bar aja. jarang bawa tumpangan.
apa ada yg salah dengan cara nyetir saya ? :?
kalo 1:4 itu mah mobilnya yg salah bro...lha mesin 4 silinder 1500cc juga bodi sedan kecil. mesin v8 aja gak seboros itu kali. :D
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

wew.. ada juga ketua kelas kali.. Hwa3...
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

Hmmmm... Ini TS nya mana ya?
Kesimpulan lagi donk...
Nanti saya sticky biar jadi referensi orang2 yg ngeliat2...
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

r1210g wrote:Hmmmm... Ini TS nya mana ya?
Kesimpulan lagi donk...
Nanti saya sticky biar jadi referensi orang2 yg ngeliat2...
Rada susah dibikin kesimpulan ... karena menyangkut banyak faktor :

1. Faktor Kekasaran Permukaan Jalan
2. Faktor Kondisi Mobil dan Mesin
3. Faktor si Sopir

Yang jelas bahwa Energy yang tersedia dalam 1 Liter BBM ~ 44 MJ ... Energy sebesar inilah yang bisa membawa kita sampai berapa kilometer jarak ... dengan melibatkan ketiga faktor utama diatas.

Masih perlu banyank inputan dalam pembahasan topik ini ... seperti misalnya BSFC ... Brake Specific Fuel Consumption dsb ... dsb ... sampai pada suatu tahap bagaimana cara mengendari boil supaya IRIT (menyangkut perilaku kaki). Mesti sabar dulu ... barulah di Sticky ...
Image
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

Hwe3... wah si bro penyu ilmunya ketinggian nih..
Maksudnya kesimpulan tuh, menyimpulkan seluruh konsumsi bensin yang udah dikasih ma tmn2 SM...
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

r1210g wrote:Hwe3... wah si bro penyu ilmunya ketinggian nih..
Maksudnya kesimpulan tuh, menyimpulkan seluruh konsumsi bensin yang udah dikasih ma tmn2 SM...
OOhhh cuman Check List aja toohhh .... maklum salah tangkep .... hehehehehe ... soorryyyy buanget.

So ... nambah satu dalam check list :

Toyota Harrier V6-3.0L (tahon 1998)

DAKOT : 1 liter dapet 7 ke 8 km
LUKOT : 1 liter dapet 10 ke 11 km
Last edited by PenyuTurbo on Wed Oct 03, 2007 17:33, edited 2 times in total.
Image
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

PenyuTurbo wrote:
r1210g wrote:Hwe3... wah si bro penyu ilmunya ketinggian nih..
Maksudnya kesimpulan tuh, menyimpulkan seluruh konsumsi bensin yang udah dikasih ma tmn2 SM...
OOhhh cuman Check List aja toohhh .... maklum salah tangkep .... hehehehehe ... soorryyyy buanget.
:e-snooty: Ha3... J/K :D
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..