Keluhan Grand Vitara

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

senpei
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Thu May 31, 2007 12:31

Post by senpei »

id-grand-vitara wrote:
senpei wrote:kapan ya kira-kira facelift dilakukan? denger2 ada versi GV yang unlimited edition ?
Yang sekarang ada itu versi unlimited edition pak :lol:

Untuk versi limited edition belum dengar kabar sih,... kemungkinan versi limited itu adalah yang tipe 'standar', sementara versi unlimited-nya adalah tipe 'KW2' alias 'BS' :D
oh iya, maksud nya mao ngetik limited :D tapi ketambah huruf un di depan hehehe
senpei
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Thu May 31, 2007 12:31

Post by senpei »

wah ngeliat gambarnya dengan kabel warna warni terbuka gitu ngeri jg ya...
ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Post by ween »

Aduh, mengkhawatirkan sekali.....apalagi letaknya tepat di sebelah lubang pengisian air wiper..............khan kalau orang yang ga ngerti, suka isi air wiper pakai selang & pasti ada tumpahan yang kena ecu........
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Post by Abu2 »

koq GV ku ada cover plastiknya, aku dptnya GVnya dari showroom tgl 4 April 2007...berarti, ECU nya tepat dibawah cover tsb ya?

thanks
id-grand-vitara
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Sat Mar 24, 2007 4:19

Post by id-grand-vitara »

Abu2 wrote:koq GV ku ada cover plastiknya, aku dptnya GVnya dari showroom tgl 4 April 2007...berarti, ECU nya tepat dibawah cover tsb ya?

thanks
Itulah, nampaknya produksi akhir april uda ndak pakai cover lagi... punyaku produksi sekitar mid - end of april...

Mungkin ada masalah dengan supplier cover-nya... jadi daripada delivery satu unit mobil terlambat, terpaksa dibiarin telanjang dulu...
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

Bujug dah... Maksud ne opo posisi ne di situ ya..?
id-grand-vitara
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Sat Mar 24, 2007 4:19

Post by id-grand-vitara »

Kemaren uda ke bengkel Suzuki untuk ganti oli transmisi. Dikasih oli special yang katanya seharga 400 rb seliter, hasilnya, ganti gigi lebih mudah, tapi suara transmisi tetap brisik dan ngayun-nya masih tetep, 11-12 lah ama sebelumnya

Sempet bandingin juga bracket ECU yang tanpa cover plastik dan bracket UCU dengan cover plastik, emang beda. Jadi kalau mau dipasangin cover plastik, kudu minta bracket-nya sekalian

Sekian laporan hasil kunjungan ke bengkel... :-(

Bung Naldo, ada bocoran 'cerita-cerita' dari orang dalam mengenai masalah ini ?????
hezdu
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Wed May 02, 2007 23:18

Post by hezdu »

hmm......ecu di ruang mesin,
GV saya kalo dicuci pasti saya semprot daerah enginenya, dan sampai sekarang belum bermasalah, saya udah cuci sekitar 12 kali disemprot daerah enginenya.
Cuma biar lebih waspada, karena ada di daerah panas (hot section), kudu sering di cek tuh kabel2, soalnya selubung kabel suka jadi getas & rapuh kalau kena panas, yang berabe ditambah getaran mobil pas bergerak, bisa patah(isolasinya) trus nge short(korslet) deh

Pak id-grand-vitara
oli transmisi pake apa tuh, mahal ya ? Lubrication Engineer bukan ?
naldo

Post by naldo »

Urusan cover ECU dan transmisi GV masih terus di selidiki... Masih terus melakukan riset n ASAP akan cepat diperbaiki...
id-grand-vitara
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Sat Mar 24, 2007 4:19

Post by id-grand-vitara »

hezdu wrote:hmm......ecu di ruang mesin,
GV saya kalo dicuci pasti saya semprot daerah enginenya, dan sampai sekarang belum bermasalah, saya udah cuci sekitar 12 kali disemprot daerah enginenya.
Cuma biar lebih waspada, karena ada di daerah panas (hot section), kudu sering di cek tuh kabel2, soalnya selubung kabel suka jadi getas & rapuh kalau kena panas, yang berabe ditambah getaran mobil pas bergerak, bisa patah(isolasinya) trus nge short(korslet) deh

Pak id-grand-vitara
oli transmisi pake apa tuh, mahal ya ? Lubrication Engineer bukan ?
Kemaren pertama nyuciin mobil, daerah engine aku wanti-wanti jgn disemprot. Walau bengkel menjamin bahwa plug ECU uda dilapis anti air,kalau sampai mobil ndak bisa di-start kan urusannya repot dan bisa berhari-hari, rugi waktu, uang dll.

Oli transmisinya kalau ndak salah emang Lubrication Engineer trus ada tulisan ALMUSE (CMIIW). Ini oli nyari dimana yah? Di TODA ada ndak ya?
aghirman
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Fri Jun 29, 2007 9:45

Post by aghirman »

Om Id-grand-vitara, mau tanya nih. Toko aksesoris yang di Duta Mas itu apa namanya ya...ada nomor teleponnya juga gak?

Tengkyu Om,
id-grand-vitara
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Sat Mar 24, 2007 4:19

Post by id-grand-vitara »

aghirman wrote:Om Id-grand-vitara, mau tanya nih. Toko aksesoris yang di Duta Mas itu apa namanya ya...ada nomor teleponnya juga gak?

Tengkyu Om,
Waduh, namanya lupa, tapi di lantai dasar bagian belakang, khusus spare part Suzuki, klo ndak salah 2 - 3 toko dari sebelah barat
aghirman
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Fri Jun 29, 2007 9:45

Post by aghirman »

Makasih Om. Nanti deh kalo sempet mampir langsung ke sana.
id-grand-vitara
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Sat Mar 24, 2007 4:19

Post by id-grand-vitara »

Lagi consider utk ngisi ban GV-ku dengan nitrogen, kebetulan di deket rumah ada bengkel yang bisa ngisiin. Masalahnya, untuk refill ndak bisa di sembarang tempat, tapi kudu di tempat pengisian yang nyediain nitrogen juga. Sekali kemasukan udara biasa, pengisian berikutnya kudu dikuras lagi biar karakter angin ban di keempat roda tetap sama, terutama pada saat panas/kecepatan tinggi. Misalnya satu ban porsi udara biasanya lebih banyak ketimbang ban lain, maka pada kecepatan tinggi, tekanannya akan lebih besar karena pemuaiannya lebih banyak, efeknya traksi tidak seimbang, begitu direm belok-belok deh... hehehe...
mutombo
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Mon Jun 18, 2007 5:59

Post by mutombo »

keluhannya banyak jg ya...dibanding GL mending GV atau gmn ya?? bingung jg g dah inden GL sih tp naksir GV hehe...mo tuker tp jd ragu jg
Midi_Amp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 668
Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
Location: Jakarta

Post by Midi_Amp »

mutombo wrote:keluhannya banyak jg ya...dibanding GL mending GV atau gmn ya?? bingung jg g dah inden GL sih tp naksir GV hehe...mo tuker tp jd ragu jg
Jangan ragu bos, GL ama GV mah beda banget kelasnya. Yang satu hayoh dihajar segala medan, yang satu hayoh diisi banyak orang. Kalo emang untuk tampil gagah dan kebutuhannya untuk tenang di hati kalau ada hujan badai (yang menjurus ke banjir), GV udah pasti jadi pilihan. Kalau keinginannya untuk jalan santai di dalam kota bareng keluarga (bapak, ibu, anak 2, pembantu/mertua) ya GL.

Keluhan cuma 1 kok yang utama, pelindung kabel ECU. Sisanya, ambil matic, beres.
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Post by ZombiEE »

bung id..gimana nic?uda beres boilnya?:)
id-grand-vitara
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Sat Mar 24, 2007 4:19

Post by id-grand-vitara »

Masih belum, kan masih nunggu kabar dari Naldo.... lagi dikonsultasikan ke jepang katanya....

- transmisi masih bising, terutama klo jalanan macet, terasa banget...
- cover ECU belum ada penyelesaian

(mode nunggu ON)....

Bung Naldo... halloo... ada kabar kah ?
ZombiEE wrote:bung id..gimana nic?uda beres boilnya?:)
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Post by ZombiEE »

gw kirain sudah beres..rupa2nya.....
mutombo
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Mon Jun 18, 2007 5:59

Post by mutombo »

ic ... emang semua transmisi manual GV semuanya bermasalah ya?
oon04
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Mon Jul 09, 2007 5:35

Post by oon04 »

hallo salam kenal sy baru di forum ini & baru aja ambil gv jlx matic,test drive hanya sekitar kompleks showroom kelapa gading,mau nanya aja sbnrnya boros bgt nga bensinnya??maklum dulunya pake honda city idsi matic ,jd rada ngeri2 jg nih kl boil baru ini boros bgt....& apakah uk di jalann kota jakarta ini mobil ini enak utk dibw jalan krn dr beberapa forum yg sy liat rata2 ditulis kl ini gv enak buat touring tolong adv dr suhu2 disini
id-grand-vitara
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Sat Mar 24, 2007 4:19

Post by id-grand-vitara »

Ada temen lain juga gitu, yang jelas :

- klo mundur bising banget
- gigi 1 dan 2 berisik / kasar
- klo habis jalan sekira 50 KM dalam kondisi panas, spelleng antar gigi transmisi kayaknya terlalu besar, jadi ada bunyi klothak-klothak, itu bisa didenger klo situasi sepi/malam... kemaren nyoba siang ketutup ama bising mobil lain
mutombo wrote:ic ... emang semua transmisi manual GV semuanya bermasalah ya?
naldo

Post by naldo »

Untuk urusan transmisi dan ECU, masih belom ada kabar lagi tapi sudah dilaporkan ke jepang. Maaf harus menunggu karena banyak prosedurnya untuk mengklaim semuanya ke japang
mutombo
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Mon Jun 18, 2007 5:59

Post by mutombo »

kalo yang matic ga ada masalah ya..cm kabel ecu aja? tp gw ga bisa bawa matic lg haha.. :P thx buat sharingnya semoga penyakit di gv nya bung id-grand-vitara sembuh..
snipsnap95
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Tue Jun 12, 2007 10:21

Post by snipsnap95 »

Saya baru pakai GV JX sejak 29-jun-07, & selama ini TIDAK ADA keluhan-2 seperti:

- klo mundur bising banget
- gigi 1 dan 2 berisik / kasar
- transmisi masih bising, terutama klo jalanan macet

tapi ada juga sih yg ADA:
- mobil ngayun pas gigi 1 jalan pelan
- ada suara menggelitik di transmisi, & kita injak kopling (tapi pelan sih, hanya terdengar kalau seip banget)
- pintu belakang (bagasi) kalau ditutup kayaknya kurang mantap, gak seperti pintu samping (penumpang)


ok d, segitu aja dulu ..