Bahan bakar untuk GL 1.5

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

matsu_jun
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Wed Sep 12, 2007 7:57

Post by matsu_jun »

ichsan_n wrote: iya dehh.. iya dehh.. elu jago emang masalah knockign sensorr.. topp emagn lu. :e-clap: :e-clap: tapi sekali lagi.. emagn elu R&Dnyeee?? palign cuman katennyeee kannn!?!?!?! oke maxx gw minta maaf dulu deh kalo gw ada salah2 kata kalo gitu.. mau lanjut atau case close?
bagus pak lebih baik begitu, jadi bisa lebih produktif menganalisa mobilnya lebih lanjut. saya jg lagi indent livina dan ingin tahu apa benar gosip2nya ini mobil tidak seperti di iklannya. dulu saya ikutin SM ini waktu jamannya conan dan sithlord.. tapi pas diluar kota susah internetan, jadi tidak bisa buka SM... ehh ngga taunya ada versi keduannya lagi sekarang.. :lol: maaf bung maxx, bukan saya bermaksud menekan anda jg loh. cuman bukankah lebih baik berdamai pak ichsan, dan bung maxx?
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

maxx wrote:
San.. kita bicara jujur aja deh.. postingan gw dimilist.. yg bilang lo panasan dan over ... over dalam arti berapi2 bila menyampaikan pendapat .. apakah hal tersebut lo mereasa di insult?

Btw.. san gw tau umur lo blm sampe 30 (mungkin thn ini 30) .. kalo lo bilang gw ABG.. lo salah :) .. apkah krn avatar itu jadi lo bilang gw ABG>.. ha ha ha..
That;s it lah.. ga perlu di perpanjang deh .. not healty .. cuma saran gw .. ga pelu lo judge orang yg blum lo kenal benar.

CASE CLOSED OK...
SALAH lu maxx!!.. umur gw 30 udah lebih beberapa hari! and salah lu sekali lagi kalo maksud lu gw cemburuan gitu sama elu? sakit ati meringis karena ternyata elu berpalign ke cowo lain? apa mungkin elu marah2 karena ngerasa gw begi5tu? NAJESSSS AMITTT222222 kecuali kaki lu mulus, and panjang serta pake BH baru oke deh :lol: oke bro, case closed for real this time. seperti biasa, ngga janji tapi kan? hahahaha!
dony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Sep 27, 2006 8:22

Post by dony »

huuuiiiii ...gitu dong maxx ama ichsan jgn berantem aje di mils , pusiiing nich ooooi .
yuuuuk kpn-2 ngumpul nich ?
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

ichsan_n wrote:
maxx wrote:
San.. kita bicara jujur aja deh.. postingan gw dimilist.. yg bilang lo panasan dan over ... over dalam arti berapi2 bila menyampaikan pendapat .. apakah hal tersebut lo mereasa di insult?

Btw.. san gw tau umur lo blm sampe 30 (mungkin thn ini 30) .. kalo lo bilang gw ABG.. lo salah :) .. apkah krn avatar itu jadi lo bilang gw ABG?.. ha ha ha..
That;s it lah.. ga perlu di perpanjang deh .. not healty .. cuma saran gw .. ga pelu lo judge orang yg blum lo kenal benar.

CASE CLOSED OK...
SALAH lu maxx!!.. umur gw 30 udah lebih beberapa hari! and salah lu sekali lagi kalo maksud lu gw cemburuan gitu sama elu? sakit ati meringis karena ternyata elu berpalign ke cowo lain? apa mungkin elu marah2 karena ngerasa gw begi5tu? NAJESSSS AMITTT222222 kecuali kaki lu mulus, and panjang serta pake BH baru oke deh :lol: oke bro, case closed for real this time. seperti biasa, ngga janji tapi kan? hahahaha!
ha ha ha... baca yg bener dong... dalam kurung tuh.. "mungkin thn ini 30" dan ternyata benar.. 30 jalan beberapa hari .. yup lo berapi2 spt biasanya. .. gw sih maklumin aja semua kata2 lo .. mungkin sudah sifat lo spt itu yg jg masih sesuai dg umur lo ... not taking it personally.. every words from you just like jokes for me.

Sorry Dik Ichsan.. meskipun anda dandan, berkaki mulus dan operasi muka dan badan menyerupai wanita ... tetap saya tidak tertarik pd anda maupun yg sejenisnya :D

Correct .. not promising anything... .. Case closed kan!?

Now Back to Topic ..
Last edited by maxx on Wed Sep 12, 2007 11:41, edited 2 times in total.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

dony wrote:huuuiiiii ...gitu dong maxx ama ichsan jgn berantem aje di mils , pusiiing nich ooooi .
yuuuuk kpn-2 ngumpul nich ?
Ga ada yg berantem kok.. cuma tukar pendapat. :D
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
AF1F
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Wed Sep 12, 2007 1:01

Post by AF1F »

Gua sama sekali kaga ngarti penyebabnya apa lu berdua pada "latihan ngetik 11 jari"
tapi gua terus terang aja kagak mau tau..
berhubung bulan Ramadhan. Himbauan gua sih agar elu berdua pada berdamai.
jangan menyia-nyiakan manfaat yang ada dibulan Ramadhan dengan latihan ngetik 11 jari yang
sama sekali kagak ada manfaatnya buat yang baca. wabilkhusus tulisan yang membahas masalah kepribadian masing-masing.
kalau urusan kendaraan, bolehlah kalian berdua ketik yang banyak..tapi objektif yah. :D
ichsan_n wrote:
maxx wrote:
San.. kita bicara jujur aja deh.. postingan gw dimilist.. yg bilang lo panasan dan over ... over dalam arti berapi2 bila menyampaikan pendapat .. apakah hal tersebut lo mereasa di insult?

Btw.. san gw tau umur lo blm sampe 30 (mungkin thn ini 30) .. kalo lo bilang gw ABG.. lo salah :) .. apkah krn avatar itu jadi lo bilang gw ABG>.. ha ha ha..
That;s it lah.. ga perlu di perpanjang deh .. not healty .. cuma saran gw .. ga pelu lo judge orang yg blum lo kenal benar.

CASE CLOSED OK...
SALAH lu maxx!!.. umur gw 30 udah lebih beberapa hari! and salah lu sekali lagi kalo maksud lu gw cemburuan gitu sama elu? sakit ati meringis karena ternyata elu berpalign ke cowo lain? apa mungkin elu marah2 karena ngerasa gw begi5tu? NAJESSSS AMITTT222222 kecuali kaki lu mulus, and panjang serta pake BH baru oke deh :lol: oke bro, case closed for real this time. seperti biasa, ngga janji tapi kan? hahahaha!
AF1F
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Wed Sep 12, 2007 1:01

Post by AF1F »

bagus dah kalo begitu.
maxx wrote:
dony wrote:huuuiiiii ...gitu dong maxx ama ichsan jgn berantem aje di mils , pusiiing nich ooooi .
yuuuuk kpn-2 ngumpul nich ?
Ga ada yg berantem kok.. cuma tukar pendapat. :D
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

Tentu tetap objective.. tp jangan memaksakan setiap orang harus berpendapat sama ... krn tiap orang bebas punya pendapat masing2.
Mungkin diskusi lebih sehat.. bila diutarakan tanpa "flamming towards to personal feelings" dg bukti atau diangkat dari analisa ilmiah .. bukan komplain "kosong" yg baru diperkirakan akan menjadi suatu hal tertentu yg akan merugikan.. pdhal belum ada buktinya/terbukti.
AF1F wrote:Gua sama sekali kaga ngarti penyebabnya apa lu berdua pada "latihan ngetik 11 jari"
tapi gua terus terang aja kagak mau tau..
berhubung bulan Ramadhan. Himbauan gua sih agar elu berdua pada berdamai.
jangan menyia-nyiakan manfaat yang ada dibulan Ramadhan dengan latihan ngetik 11 jari yang
sama sekali kagak ada manfaatnya buat yang baca. wabilkhusus tulisan yang membahas masalah kepribadian masing-masing.
kalau urusan kendaraan, bolehlah kalian berdua ketik yang banyak..tapi objektif yah. :D
ichsan_n wrote:
maxx wrote:
San.. kita bicara jujur aja deh.. postingan gw dimilist.. yg bilang lo panasan dan over ... over dalam arti berapi2 bila menyampaikan pendapat .. apakah hal tersebut lo mereasa di insult?

Btw.. san gw tau umur lo blm sampe 30 (mungkin thn ini 30) .. kalo lo bilang gw ABG.. lo salah :) .. apkah krn avatar itu jadi lo bilang gw ABG>.. ha ha ha..
That;s it lah.. ga perlu di perpanjang deh .. not healty .. cuma saran gw .. ga pelu lo judge orang yg blum lo kenal benar.

CASE CLOSED OK...
SALAH lu maxx!!.. umur gw 30 udah lebih beberapa hari! and salah lu sekali lagi kalo maksud lu gw cemburuan gitu sama elu? sakit ati meringis karena ternyata elu berpalign ke cowo lain? apa mungkin elu marah2 karena ngerasa gw begi5tu? NAJESSSS AMITTT222222 kecuali kaki lu mulus, and panjang serta pake BH baru oke deh :lol: oke bro, case closed for real this time. seperti biasa, ngga janji tapi kan? hahahaha!
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
dony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Sep 27, 2006 8:22

Post by dony »

OOOT aja, ada yg pada suka Mancing nggk sich ?, pingin ikut ooi drpd sumpek .
Martino
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Thu Apr 19, 2007 23:39

Post by Martino »

[quote="maxx"]Tentu tetap objective.. tp jangan memaksakan setiap orang harus berpendapat sama ... krn tiap orang bebas punya pendapat masing2.
Mungkin diskusi lebih sehat.. bila diutarakan tanpa "flamming towards to personal feelings" dg bukti atau diangkat dari analisa ilmiah .. bukan komplain "kosong" yg baru diperkirakan akan menjadi suatu hal tertentu yg akan merugikan.. pdhal belum ada buktinya/terbukti.

Tapi Bung Ichsan udah punya mobilnya Lho :lol:
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

Martino wrote:
maxx wrote:Tentu tetap objective.. tp jangan memaksakan setiap orang harus berpendapat sama ... krn tiap orang bebas punya pendapat masing2.
Mungkin diskusi lebih sehat.. bila diutarakan tanpa "flamming towards to personal feelings" dg bukti atau diangkat dari analisa ilmiah .. bukan komplain "kosong" yg baru diperkirakan akan menjadi suatu hal tertentu yg akan merugikan.. pdhal belum ada buktinya/terbukti.

Tapi Bung Ichsan udah punya mobilnya Lho :lol:
:D .. kompor mbleduk
Hanya masalah waktu saja... bln ini GL 1.8XV M/T tiba digarasi saya.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

NIh bahan u/ diskusi lagi .. Pertamax ternyata berbahan sama dg Premium

==========================

--- In [email protected], "M.Ibnu Wardhana" <ibnuwardhana@...> wrote:
>

> soal premium atau pertamax sebagai pekerja PERTAMINA(meskipun bagian Legal he2) saya bisa menambahkan bahwa pertamax itu pada dasarnya ya premium juga,,namun nilai oktan nya lebih tinggi dari premium biasa,,,terkait GL ,,,kan sudah pakai CC makannya hrs pake bensin TT ,,,kalau ada GL yang pake premium tidak ngelitik ya berarti untuk long term nga masalah isi premium asal yg TT bagi yg ingin lebih nga ada salahnya pertamax diminumkan ke GL ..yg secara teoritis tenaga akan lebiih baik,,,bengkel NMI saya sendiri suggest pertamax ,,,,
> hal lain saya ayah saya punya Vw caravele ex KTT jika minum premium mesin nya ngelitik,,,dikasih pertamax plus ,,,jadi rada berat,,,paling pas pertamax,,jd bisa cocok2kan tuh engine ama bensin tergantng kebutuhan
> yg jelas kalo beli pertamax ya ngurangin beban pemerintah lah bayarin subsidi BBM meskpun kita juga kesel ama pemerintah jalan tol naik hehe,,sbg info ak dah sebulan pake pertamax dpt 1:11 dlm kota dan 1:14 luar kota rata2...
> cherrs
>
> GL Grey 1.5XV mtc
> b7733na
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
gunawan98
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 320
Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56

Post by gunawan98 »

maxx: tepat nya pertamax dan premium, solar, dan kawan-kawannya semua bahannya sama.. yaitu minyak bumi... :D:D:D

beda pengolahannya lah.. mungkin kalo gini-gini yah, silahkan refer ke yang resmi, yaitu website pertamina, disitu jelas koq ditulis, kenapa premium beda ama pertamax, dari sisi apa, yaitu additivenya, satunya ada TELnya satunya entah additive apa dia non-TEL sehingga oktan tinggi tanpa timbal..

Menarik juga bengkel NMI dia suggest pertamax.. honest tuh..

IMHO..

maxx wrote:NIh bahan u/ diskusi lagi .. Pertamax ternyata berbahan sama dg Premium

==========================

--- In [email protected], "M.Ibnu Wardhana" <ibnuwardhana@...> wrote:
>

> soal premium atau pertamax sebagai pekerja PERTAMINA(meskipun bagian Legal he2) saya bisa menambahkan bahwa pertamax itu pada dasarnya ya premium juga,,namun nilai oktan nya lebih tinggi dari premium biasa,,,terkait GL ,,,kan sudah pakai CC makannya hrs pake bensin TT ,,,kalau ada GL yang pake premium tidak ngelitik ya berarti untuk long term nga masalah isi premium asal yg TT bagi yg ingin lebih nga ada salahnya pertamax diminumkan ke GL ..yg secara teoritis tenaga akan lebiih baik,,,bengkel NMI saya sendiri suggest pertamax ,,,,
> hal lain saya ayah saya punya Vw caravele ex KTT jika minum premium mesin nya ngelitik,,,dikasih pertamax plus ,,,jadi rada berat,,,paling pas pertamax,,jd bisa cocok2kan tuh engine ama bensin tergantng kebutuhan
> yg jelas kalo beli pertamax ya ngurangin beban pemerintah lah bayarin subsidi BBM meskpun kita juga kesel ama pemerintah jalan tol naik hehe,,sbg info ak dah sebulan pake pertamax dpt 1:11 dlm kota dan 1:14 luar kota rata2...
> cherrs
>
> GL Grey 1.5XV mtc
> b7733na
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

Kurang dikit .. setau saya .. Oli (non synthetic), minyak tanah, pek (aspal) .. juga dari minyak bumi. :)

IMHO .. kalo dibaca dari kata2nya "pertamax itu pada dasarnya ya premium juga" ... mungkin yg dimaksud bukan soal berbahan sama krn "berasal dari minyak bumi" krn semua orang rasanya sudah tau ttg hal tsb ... mungkin lebih ke informasi bila bahan dasar pengembangan Pertamax berasal dari Premium.

Dan kalo dari kata2 "bagi yg ingin lebih nga ada salahnya pertamax diminumkan ke GL ..yg secara teoritis tenaga akan lebiih baik,,,bengkel NMI saya sendiri suggest pertamax" .. mungkin maksudnya bila yg ingin dapatkan torsi dan power max dari mesin.. pakai pertamax.

note: boleh-kan berbeda pendapat, krn menurut saya pengertian dari tulisan ybs ya begitu.
gunawan98 wrote:maxx: tepat nya pertamax dan premium, solar, dan kawan-kawannya semua bahannya sama.. yaitu minyak bumi... :D:D:D

beda pengolahannya lah.. mungkin kalo gini-gini yah, silahkan refer ke yang resmi, yaitu website pertamina, disitu jelas koq ditulis, kenapa premium beda ama pertamax, dari sisi apa, yaitu additivenya, satunya ada TELnya satunya entah additive apa dia non-TEL sehingga oktan tinggi tanpa timbal..

Menarik juga bengkel NMI dia suggest pertamax.. honest tuh..

IMHO..

maxx wrote:NIh bahan u/ diskusi lagi .. Pertamax ternyata berbahan sama dg Premium

==========================

--- In [email protected], "M.Ibnu Wardhana" <ibnuwardhana@...> wrote:
>

> soal premium atau pertamax sebagai pekerja PERTAMINA(meskipun bagian Legal he2) saya bisa menambahkan bahwa pertamax itu pada dasarnya ya premium juga,,namun nilai oktan nya lebih tinggi dari premium biasa,,,terkait GL ,,,kan sudah pakai CC makannya hrs pake bensin TT ,,,kalau ada GL yang pake premium tidak ngelitik ya berarti untuk long term nga masalah isi premium asal yg TT bagi yg ingin lebih nga ada salahnya pertamax diminumkan ke GL ..yg secara teoritis tenaga akan lebiih baik,,,bengkel NMI saya sendiri suggest pertamax ,,,,
> hal lain saya ayah saya punya Vw caravele ex KTT jika minum premium mesin nya ngelitik,,,dikasih pertamax plus ,,,jadi rada berat,,,paling pas pertamax,,jd bisa cocok2kan tuh engine ama bensin tergantng kebutuhan
> yg jelas kalo beli pertamax ya ngurangin beban pemerintah lah bayarin subsidi BBM meskpun kita juga kesel ama pemerintah jalan tol naik hehe,,sbg info ak dah sebulan pake pertamax dpt 1:11 dlm kota dan 1:14 luar kota rata2...
> cherrs
>
> GL Grey 1.5XV mtc
> b7733na
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
gunawan98
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 320
Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56

Post by gunawan98 »

sekali lagi: beda pendapat boleh.. Tiap orang ada pendapat masing-masing, asal ada dasar. Betul kan?

Mengenai pertamax berasal dari premium... hm.... saya kurang tahu, tapi yang saya tahu (DASARNYA DARI WEBSITE PERTAMINA, sudah saya beri linknya), adalah u/ premium ada kadar timbal TEL, sedangkan pertamax dan pertamax+ tidak ada. Even klaim pak AF1F mengenai bebas timbal pada premium u/seluruh indonesia, belum ditemukan websitenya. Jadi sahih data saya pak.. :D:D

Semisal pun bahan dasar sama (dan mungkin juga avtur, avgas, dan temen2nya), bukan berarti itu bisa saling dipertukarkan. Analogi begini: air teh, dan air kopi, sama sama berasal dari air. Tetapi additivenya beda. Additve yang satu dari daun teh sedangkan satu lagi biji kopi. Itu bukan berarti orang bisa minum air kopi dan air teh kan? U/ yang jantungan mungkin bolehnya minum teh, tapi kopi dilarang. Begitu lah analogi.

BTW, hal mengenai pertamax dan premium ini jadi berlarut-larut yah? Seandainya saja seperti yang saya sebut, pihak NMI memberi pernyataan resmi TERTULIS/LEGAL seperti halnya TAM dengan Avanza (ini saya baca di milis ini), maka hal semacam ini tidak perlu dibahas kan? Justru tidak adanya hal tsb, maka sekarang ini banyak pertanyaan di pembaca milis (atau masyarakat). Justru di milis inilah diharapkan didapatkan info yang akurat, dengan dasar yang kuat, sehingga masyarakat bisa menimbang sendiri. Kenapa juga tidak dituliskan RON88 di buku panduan? Kalo itu kan sudah separoh beres? (karena ada faktor timbalnya lagi).

Mengenai suggest pertamax, menurut saya (boleh beda pendapat kan?), bengkel NMI itu menyesuaikan dengan buku panduan yang RON91, toh sperti maxx sendiri bilang, semua pengukuran power berdasarkan bbm RON91. Jadi dalam kaitan ini bukan ingin mendapatkan torsi dan power max, tetapi dengan pertamax, kita mendapatkan power yang SEHARUSnya didapat sesuai spec mesin.

Saya sudah menulis ini banyak banget, saya pikir saya sudah tahu apa yang saya lakukan. Sayapun sudah memakai premium u/ uji coba, mengingat banyak rekan-rekan yang mengatakan bahwa dengan premium FC nya justru membaik. Dalam uji coba saya, saya menemukan justru FC nya memburuk. Kinerja mesin juga melemah. Saya pikir pertamax akan saya pake u/ seterusnya. Tinggal FC dengan pertamax yang sekarang baru 1:10.3 di tempat saya u/ dalkot, nah ini saya harapkan bisa naik ke 1:11-12 (faktor mesin yang masih inreyen, dst.), seperti klaim banyak teman disini. Saya pikir target 1:11+ adalah realistis, sedangkan 1:12 saya agak ragu.

thanks atas tukar pendapatnya....


maxx wrote:Kurang dikit .. setau saya .. Oli (non synthetic), minyak tanah, pek (aspal) .. juga dari minyak bumi. :)

IMHO .. kalo dibaca dari kata2nya "pertamax itu pada dasarnya ya premium juga" ... mungkin yg dimaksud bukan soal berbahan sama krn "berasal dari minyak bumi" krn semua orang rasanya sudah tau ttg hal tsb ... mungkin lebih ke informasi bila bahan dasar pengembangan Pertamax berasal dari Premium.

Dan kalo dari kata2 "bagi yg ingin lebih nga ada salahnya pertamax diminumkan ke GL ..yg secara teoritis tenaga akan lebiih baik,,,bengkel NMI saya sendiri suggest pertamax" .. mungkin maksudnya bila yg ingin dapatkan torsi dan power max dari mesin.. pakai pertamax.

note: boleh-kan berbeda pendapat, krn menurut saya pengertian dari tulisan ybs ya begitu.
gunawan98 wrote:maxx: tepat nya pertamax dan premium, solar, dan kawan-kawannya semua bahannya sama.. yaitu minyak bumi... :D:D:D

beda pengolahannya lah.. mungkin kalo gini-gini yah, silahkan refer ke yang resmi, yaitu website pertamina, disitu jelas koq ditulis, kenapa premium beda ama pertamax, dari sisi apa, yaitu additivenya, satunya ada TELnya satunya entah additive apa dia non-TEL sehingga oktan tinggi tanpa timbal..

Menarik juga bengkel NMI dia suggest pertamax.. honest tuh..

IMHO..

maxx wrote:NIh bahan u/ diskusi lagi .. Pertamax ternyata berbahan sama dg Premium

==========================

--- In [email protected], "M.Ibnu Wardhana" <ibnuwardhana@...> wrote:
>

> soal premium atau pertamax sebagai pekerja PERTAMINA(meskipun bagian Legal he2) saya bisa menambahkan bahwa pertamax itu pada dasarnya ya premium juga,,namun nilai oktan nya lebih tinggi dari premium biasa,,,terkait GL ,,,kan sudah pakai CC makannya hrs pake bensin TT ,,,kalau ada GL yang pake premium tidak ngelitik ya berarti untuk long term nga masalah isi premium asal yg TT bagi yg ingin lebih nga ada salahnya pertamax diminumkan ke GL ..yg secara teoritis tenaga akan lebiih baik,,,bengkel NMI saya sendiri suggest pertamax ,,,,
> hal lain saya ayah saya punya Vw caravele ex KTT jika minum premium mesin nya ngelitik,,,dikasih pertamax plus ,,,jadi rada berat,,,paling pas pertamax,,jd bisa cocok2kan tuh engine ama bensin tergantng kebutuhan
> yg jelas kalo beli pertamax ya ngurangin beban pemerintah lah bayarin subsidi BBM meskpun kita juga kesel ama pemerintah jalan tol naik hehe,,sbg info ak dah sebulan pake pertamax dpt 1:11 dlm kota dan 1:14 luar kota rata2...
> cherrs
>
> GL Grey 1.5XV mtc
> b7733na
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

maxx wrote:Tentu tetap objective.. tp jangan memaksakan setiap orang harus berpendapat sama ... krn tiap orang bebas punya pendapat masing2.
Mungkin diskusi lebih sehat.. bila diutarakan tanpa "flamming towards to personal feelings" dg bukti atau diangkat dari analisa ilmiah .. bukan komplain "kosong" yg baru diperkirakan akan menjadi suatu hal tertentu yg akan merugikan.. pdhal belum ada buktinya/terbukti.

teteppp... mancing2 lagi... emang kurang ye gw kasih analisa and copy paste dari milis lu sendiri? ... gw masukin :microwave: jg lu maxx lama2 :P . EHH GW BILANG BERKALI2 YEE.. APA SALAHNYA BERSIKAP PREVENTIF DARIPADA REAKTIF!! KAN GW CUMAN TANYA2 KENAPA MOBIL BARU KOK KAYANYA MASALAHNYA SANA SINI?!

oke, klarifikasi aja nih mengenai komplain2, yang sebenernya jg idenya dari bapak intelektual ini jg.. mengenai air radiator & OLI yang dibilang suhu ini akan berkurang SIGNIFIKAN, ternyata di mobil gw stuck disitu2 aja alias kaga berkurang setelah gw perhatikan secara seksama (kalo berkurang kerak warna ijonya biasanya keliatan). Takaran oli jg gw periksa, ternyata sama sekali tidak bergerak dari posisi MAX. (eh dimana tuh , kalo konteks beli mobil baru dan tiap per 5000 elu harus nambah 1 liter? kalo iya... thats got tobe something wrong!! Emangya beli mobil bekas 5 tahun?) ---> komplain kosong? INI IYEEE TAPI GARA2 ELU JG BUKAN DENGAN IDE BRILLIAN ELU AWALNYA?!! GILA APA LU MOBIL BARU UDAH KAYA GINI ELU BILANG NORMAL?! YA IYeeLAHH GW SEWOTTT ama luuu!! antek2 benerrr kesannya

mengenai FC, after peritawa tragedi 1:8, setelah 2 kali isi sekarang di atas 800km dapet rata2 1:9an.. okelah udah masuk ekspektasi gw buat livina yang 1:9-10. and sekali lagi... bukan 1:12-14 dalkot bukan?! komplain kosong maxx?

mengenai pinggang encok GW NEHHH YANG KATA ELU PINGGANG GW DOANKK!!! ehemmm... monggo pak dibaca lagi dimilis sampean... bukannya disitu elu mencoba bilang kalo itu di "over2" kan? ---->komplain kosong? coba2 elu minum panadol or Obat cacing kali or apalah gitu biar lebih bisa lebih "jujur"...

pedal gas dan rem getar... komplain kosong?! baca lagi milis lu lagi deh.. ehh gw kasih tau yahh!! kalo elu punya mobil AT.. dan ada gejala getar2 ditansmisi or di pedal itu.... amat MENGERIKAN tau!? apalagi konteksnya mobil baru!

udah dehhh.. gini aja maxx... ini jg kalo elu beneran laki... elu masih kurang puas?! suruh orang milis lu termasuk moderator2 kupluk lu dan para "bonek livina" di milis lu itu tanding tennis antara SM dan NLC lu aja gimana? atau gini dehh... gw sendiran aje jg ngga papa, singgle lawan double, gimana? :P :P

ehhh.. mengenai hal pertamax or premium.. harus nya NMI tuh membuat advertorial di majalah autobild or MM or dimanalah yang bilang gini "walaupun livina sudah menggunakan mesin super canggih abad ini dengan teknologi knocking sensor yang mashur dari hasil R&D dan kerja keras maxx/chris selama 6 tahun...., tapi tetap dapat menggunakan bensin premium (ron 88) luohhhhh!!.." BARU BENER TUH NMI! GOT IT NMI?!! COBA BUAT SANA ADVERTORIAL YANG BILANG BISA PAKE PREMIUM.. BERANI NGGA LOO?!

tapi gw angkat topi anyway, (even though NMI,... desainer sampen.. hehe.. BEGO BANGETT SEHH NGEBUAT BANGKU ENAK AJA KAYA JAZZ AJA KAGA BISAA!!! )
but kalo 1:9an gini, and buat 156 jt mah... okelah.. gw ngga bilang ini irit.. but gw tetep senyum dahhh... angkattt topi sekali lagiii.. kekekekeke....
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

^
San, baca Private Messages (PM) loe dulu... :D
Image
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

(Nah loh)2! Baru aja dicari2 dan diomongin tentang 'pertarungan' lama...
Kayaknya mau menanggapi orang2 yg ingin pertarungan itu terjadi lagi ya?
Tunggu donk.. Gw blom baca 'pertarungan' lama neh...
Hwa3... Nissan lagi, nissan lagi.. Hweh...
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

AF1F wrote:Bila dihubung-hubungkan dengan mesin, di buku manual memang sudah tertera bahwa kebutuhan oktan untuk mesin HR15DE adalah Ron 91.
Tapi kita beli mobilnya di Indo, buat pakenya juga di Indo..tau sendiri kan harga bbm ron 91 berapa duit? :D
nah..orang-orang seperti saya selalu pinginnya hemat, maklum cari duit susah.
jadi kalo ada bensin yang murah (karena disubsidi), buat apa beli yang mahal?
dgn catatan mesin-nya masih "fleksibel" buat dicekokin sama bahan bakar tersebut.

so, dalam hal hubungannya kepada masalah teknis permesinan, ron91 adalah kebutuhannya.
masalah praktek sehari-hari, saya mah cukup ron88. dompetnya masih banyak keperluan soalnya.
sejauh ini belum ada masalah, gak tau kalo besok-besok.

tapi cerita soal durability mesin NISSAN, katanya sih bagus!
gak tau sapa yang di bo'ongin? mungkin saya kali.. hehehe :D
matsu_jun wrote:kalau kita mengerti apa hubungan antara kompresi mesin dgn BBM.
kalo menurut saya, pak gun gak menyarankan pemilik GL untuk memakai pertamax, jadi gak ada hubungan dengan besarnya penghasilan atau sikap berhemat para pemilik livina.
mungkin pak gun hanya ingin diperlakukan secara Fair oleh pembuat mobil yang dia pakai sekarang (dalam hal ini adalah NMI) bahwa kalo memang mesin ini standardnya harus ron 91 (spt tertulis di buku manual), ya NMI mustinya ngajarin salesnya supaya jangan menginformasikan kepada calon konsumen bahwa mobil ini bisa juga diminumin premium tanpa ada efek samping. malah seharusnya NMI jujur saja dengan mengatakan bahwa mobil ini standardnya pertamax, tapi NMI bisa menjelaskan pula bahwa premium pun bisa dikonsumsi tapi disebutkan resiko2nya secara jelas, misal tenaga mesin berkurang, dll.....
jadi kalo ada konsumen yang tetep pake premium dan tenaga mobilnya jadi kurang, dia engga merasa dibohongi oleh atpm karena dia udah tau resikonya....dan saya yakin bahwa walaupun atpm udah bilang standard pertamax, tetep aja banyak orang yang beli livina karena konsumen sekarang pun pintar dan tau bahwa pemakaian bensin oktan rendah gak akan berakibat mesin rusak dalam semalam, perlu waktu yg panjang bagi mesin2 modern untuk rusak karena pemakaian oktan rendah....

tapi setidaknya NMI udah membuktikan bahwa dalam berbisnis, ethics masih dijunjung tinggi.....
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

Om Gun.. meskipun tiap postingan saya terkesan "PRO NMI" .. krn yg berasal muasal saya berfikir positif dimana pasti ada pertimbangan2 sblum diputuskan oleh NMI & Nissan Jepang ... tp kita sbg konsumen tentu tidak mengetahui pertimbangan apa sebenarnya yg dipakai u/ diambil sebuah keputusan tsb.

Kalo anda ikuti perbincangan GL dari pertama di SM .. pd awal2 posting saya di SM sudah mempertanyakan soal CR vs RON u/ GL sebelum diperbincangkan skrg ini, saat TM ke 2 dapat jawabannya yg saya share di SM pada pg.2 di topic ini.
Tp pertanyaan dibawah ini blm ada informasinya. Jujur aja saya juga penasaran ttp saya tetap ambil sikap tidak sesumbar krn yg kita butuhkan adalah informasi bukanlah tuntutan/judgment, kalo anda skrg ikuti milist nissan-livina .. tentu anda mengetahui saya sdg bertanya kepada pihak terkait di NMI, semoga saja ada jawabannya, krn saya juga harapkan u/ mengetahui jawaban pastinya.

Ini saya copy paste postingan saya dimilist.
-----------------------------------------------------
--- In [email protected], "Chris" <cj1368@...> wrote:
>
> Makanya Om mungkin sebaiknya pertanyaan dibawah ini dijwb dan
> dijelaskan agar bisa menjadi pencerahan bagi semua pemilik GL dan
> menepis keraguan menggunakan Premium sbg BB GL u/ sehari2.
>
> --------------------------------
> 1. Berdasarkan kompresi mesin harusnya mesin GL minum Pertamax,
> selain knocking sensor apakah ada part lain yg di adjust agar mesin
> GL bisa minum premium?
>
> 2. Apakah ada garansi tertulis mesin GL minum premium (tanpa timbal)
> tidak merusak silinder head krn early/late burn? (saya lupa akan
> terjadi early/late burn)
>
>
> CJ

---------------------------------
end of message



gunawan98 wrote:sekali lagi: beda pendapat boleh.. Tiap orang ada pendapat masing-masing, asal ada dasar. Betul kan?

Mengenai pertamax berasal dari premium... hm.... saya kurang tahu, tapi yang saya tahu (DASARNYA DARI WEBSITE PERTAMINA, sudah saya beri linknya), adalah u/ premium ada kadar timbal TEL, sedangkan pertamax dan pertamax+ tidak ada. Even klaim pak AF1F mengenai bebas timbal pada premium u/seluruh indonesia, belum ditemukan websitenya. Jadi sahih data saya pak.. :D:D

Semisal pun bahan dasar sama (dan mungkin juga avtur, avgas, dan temen2nya), bukan berarti itu bisa saling dipertukarkan. Analogi begini: air teh, dan air kopi, sama sama berasal dari air. Tetapi additivenya beda. Additve yang satu dari daun teh sedangkan satu lagi biji kopi. Itu bukan berarti orang bisa minum air kopi dan air teh kan? U/ yang jantungan mungkin bolehnya minum teh, tapi kopi dilarang. Begitu lah analogi.

BTW, hal mengenai pertamax dan premium ini jadi berlarut-larut yah? Seandainya saja seperti yang saya sebut, pihak NMI memberi pernyataan resmi TERTULIS/LEGAL seperti halnya TAM dengan Avanza (ini saya baca di milis ini), maka hal semacam ini tidak perlu dibahas kan? Justru tidak adanya hal tsb, maka sekarang ini banyak pertanyaan di pembaca milis (atau masyarakat). Justru di milis inilah diharapkan didapatkan info yang akurat, dengan dasar yang kuat, sehingga masyarakat bisa menimbang sendiri. Kenapa juga tidak dituliskan RON88 di buku panduan? Kalo itu kan sudah separoh beres? (karena ada faktor timbalnya lagi).

Mengenai suggest pertamax, menurut saya (boleh beda pendapat kan?), bengkel NMI itu menyesuaikan dengan buku panduan yang RON91, toh sperti maxx sendiri bilang, semua pengukuran power berdasarkan bbm RON91. Jadi dalam kaitan ini bukan ingin mendapatkan torsi dan power max, tetapi dengan pertamax, kita mendapatkan power yang SEHARUSnya didapat sesuai spec mesin.

Saya sudah menulis ini banyak banget, saya pikir saya sudah tahu apa yang saya lakukan. Sayapun sudah memakai premium u/ uji coba, mengingat banyak rekan-rekan yang mengatakan bahwa dengan premium FC nya justru membaik. Dalam uji coba saya, saya menemukan justru FC nya memburuk. Kinerja mesin juga melemah. Saya pikir pertamax akan saya pake u/ seterusnya. Tinggal FC dengan pertamax yang sekarang baru 1:10.3 di tempat saya u/ dalkot, nah ini saya harapkan bisa naik ke 1:11-12 (faktor mesin yang masih inreyen, dst.), seperti klaim banyak teman disini. Saya pikir target 1:11+ adalah realistis, sedangkan 1:12 saya agak ragu.

thanks atas tukar pendapatnya....
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Post by datsu »

Secara semakin banyak yang salah kaprah sini gw lurusin dulu.

1. Gw bingung, orang "bodoh" mana yang menghubungkan jenis bensin yang harus dipakai dengan teknologi mobil.. Mau karburator kek, epi kek, pipitiai kek, aipitek kek, dobel panos kek, GAK ADA HUBUNGAN SAMA JENIS BBM. Sepengetahuan gw belom ada research yang menyatakan hubungan ini. JENIS BBM hanya ditentukan lewat 2 hal, exhaust system dan compression ratio. Ini di Indo aja. Di luar secara udah gak ada yang pake timbal jadi exhaust system gak akan bermasalah. Nih gw bikin list di Indo:

- Premium, RON 88, additive: TEL 3 permil MAX + lain2.. (MAX artinya ada premium yang emang gak bertimbal dan ada yang bertimbal.. Seinget yang pernah gw baca yang TT baru kilang balongan dan plumpang, CMIIW, gak tau kalo ada yang lain.. Jadi sebetulnya bukan pom bensin YANG BANDEL, tapi semua tergantung KILANG mereka ngambil BBM. Lagian ngapain juga pom nambah2 kerjaan masukin TEL kedalem..ANEH.. Jadi gw gak tau gimana keadaan di sumatra, kalimantan, sulawesi, sama irian.. Cuman Tuhan dan UPMS Pertamina yang tau itu premium mereka bertimbal ato gak)

- Pertamax, RON 92, additive HOMC + lain2.. (ada yang bilang pertamax juga masih ada TEL-nya.. tapi gw belom bisa pastiin karena gw belom ketemu source reminya)

- Pertamax +, RON 95, additive HOMC + lain2..

Untuk hubungan CR dan Oktan kayanya bung maxx udah nyebutin diatas, atau bisa kalian cari2 di http://saft7.com (thanx for the author)

2. Halo semua, penggunaan bensin bertimbal pada mobil ber-CC itu gak akan cepet bikin CC rusak. LAMA BO.. Paling2 baru diatas 5 tahun.. terus nanti rusak ya ganti aja.. cuman 1-2 juta koq.. Simpen duit 3 rebu per hari dari skrng.. aman deh tuh premium buat CC.. ini diatas 5 tahun juga buat yang CC nya dari luar negeri kaya thailand yang kecil2 sarang tawonnya. kalo kaya innova dan avanza itu gw rasa bisa ampe 10 tahun kayanya.. secara ukuran sarang tawon mereka gede2.. Gak mau ganti2? Copot skrng, ganti free flow, paling kena 100 ribu. Nanti mau dijual lagi pasang lagi, cuman kena ongkos 40 ribu. BERES!! susah amat. Kasus yang serena CC-nya jebol gara2 pake octane booster pasti karena boosternya pake timbal. Booster yang pake timbal konsentrat timbalnya gila banget! bisa diatas 5%. Sedangkan pertamina cuman 3 permil. dikit lah..

3. Ngasih bensin dibawah oktan yang disarankan gak masalah. Tapi selama gak knocking. Pada tau kan kalo mobil knocking terus diatas 3 tahun terus2an bisa bolong tu piston? Nah, kalo knock sensornya jago yang pake aja premium. Tapi gw sendiri di mobil gw punya curiga knock sensornya gak jago ato emang udah rusak, karena pake premium ngelitik terus.. jadi skrng gw pake pertamax walaupun FC 1:7-8, daripada ngelitik terus, padahal premium + octane booster gw bisa dapet 1:9-10. Kalo knock sensor rusak gw gak tau ya berapa harus gantinya, tapi kalo mobil dipakein lower octane fuel terus gw rasa cepet, gw gak nyampe setaun koq udah gak kuat ngelawan premium itu knock sensornya..

4
. Bung Ichsan, Anda gak bisa memaksakan bahwa semua GL ato semua mobil FC-nya sama. Rata2 temen2 pengguna Vios bisa sangat irit dengan mobilnya, termasuk Vios saya ketika masih dipake orang tua. Tapi sejak saya bawa sendiri, gak pernah irit lagi..why? kaki saya kayanya udah ditakdirkan untuk gak boleh bikin BBM mobil irit.. Jadi FC sangat2 tergantung dengan kaki tiap manusia yang nyetir mobilnya.

At last, please, dung bung Ichsan dan Maxx jangan berantem kaya anak kecil disini. Dulu waktu sithlord dan conan berantem gw suka kenapa? karena ketika sithlord mencaci maki kaya anak kecil, conan gak REAKTIF, tapi dia bales dengan argumen2 yang smart dan punya fakta. Sekarang gw tunggu deh, siapa diantara kalian yang bisa "smart" dan berdiskusi dengan kepala dingin. Lagian ini semua cuman tulisan koq.. Gak ada ngomong/bentak langsung kehadapan muka lawan bicaranya kan?
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

ichsan_n wrote:
maxx wrote:Tentu tetap objective.. tp jangan memaksakan setiap orang harus berpendapat sama ... krn tiap orang bebas punya pendapat masing2.
Mungkin diskusi lebih sehat.. bila diutarakan tanpa "flamming towards to personal feelings" dg bukti atau diangkat dari analisa ilmiah .. bukan komplain "kosong" yg baru diperkirakan akan menjadi suatu hal tertentu yg akan merugikan.. pdhal belum ada buktinya/terbukti.

teteppp... mancing2 lagi... emang kurang ye gw kasih analisa and copy paste dari milis lu sendiri? ... gw masukin :microwave: jg lu maxx lama2 :P . EHH GW BILANG BERKALI2 YEE.. APA SALAHNYA BERSIKAP PREVENTIF DARIPADA REAKTIF!! KAN GW CUMAN TANYA2 KENAPA MOBIL BARU KOK KAYANYA MASALAHNYA SANA SINI?!
Dik Ichsan, ini postingan saya terakhir u/ mereply quote anda, krn sdh tidak sehat u/ diperpanjang lagi.
Tidak ada yg bermaksud u/ "mancing2" .. coba dibaca lagi sambil minum air dingin 1ltr (krn anda biasanya panasan) .. apakah salah quote saya diatas? bahwa "diskusi lebih sehat.. bila diutarakan tanpa "flamming towards to personal feelings" dg bukti atau diangkat dari analisa ilmiah."

Silakan quote saya dibawah ini dibaca dg teliti dan tidak terburu2 agar anda tidak salah persepsi lagi.

Setuju .. bersikap preventif dari pada reaktif, tp preventif tidak harus provokatif .. :e-naughty: .. jangan salah mengerti lagi .. krn satu kata bisa bermacam arti .. "provokatif" yg saya maksud disini adalah langsung meledak2/berapi2 bahkan flamming pdhal kita belum tau sendiri kebenarannya .. contohnya (bukan yg disebut2 dibawah).. GL tidak bisa nanjak.. postingan tsb yg langsung di quote dan mencak2.. dan setelah dibuktikan sendiri ternyata GL anda bisa nanjak dan ybs quote lagi ternyata belum terbiasa bawa GL dg instrument transmisi-nya... [wah cape juga kalo setiap kata harus diperjelas maksudnya yah :? ]
ichsan_n wrote: oke, klarifikasi aja nih mengenai komplain2, yang sebenernya jg idenya dari bapak intelektual ini jg.. mengenai air radiator & OLI yang dibilang suhu ini akan berkurang SIGNIFIKAN, ternyata di mobil gw stuck disitu2 aja alias kaga berkurang setelah gw perhatikan secara seksama (kalo berkurang kerak warna ijonya biasanya keliatan). Takaran oli jg gw periksa, ternyata sama sekali tidak bergerak dari posisi MAX. (eh dimana tuh , kalo konteks beli mobil baru dan tiap per 5000 elu harus nambah 1 liter? kalo iya... thats got tobe something wrong!! Emangya beli mobil bekas 5 tahun?) ---> komplain kosong? INI IYEEE TAPI GARA2 ELU JG BUKAN DENGAN IDE BRILLIAN ELU AWALNYA?!! GILA APA LU MOBIL BARU UDAH KAYA GINI ELU BILANG NORMAL?! YA IYeeLAHH GW SEWOTTT ama luuu!! antek2 benerrr kesannya
Perlu diluruskan.. yg bilang air radiator dan oli berkurang bukan saya yg quote, tp yg jelas terbaca anda sudah langsung panas dan posting anda "terkesan" (catat: terkesan) provoke masalah GL yg baru... sdgkan postingan saya meluruskan "kemungkinan2" bila hal tsb bukan merupakan sebuah masalah/defect, dan sekarang anda buktikan sendiri tidak/belum terjadi pada GL anda.

Anda salah mengerti lagi, kalo anda baca postingan saya dg teliti soal titik atas - bawah dipstik .. saya informasikan disana bahwa antara titik atas dan bawah tsb adalah ukuran 1ltr OLI .. bukan saya bilang tiap 5000KM harus tambahkan oli 1ltr. Dg kondisi NGO 10w30 yg encer dan mesin ULEV yg panas (>90 derajat celcius) .. memungkinkan ada penguapan oli .. tapi tentu tidak sampai 1ltr .. nanti coba anda buktikan sendiri.. NGO diclaim oleh NMI bisa dipakai sampai 10rb KM .. nanti setelah 5-7rb KM .. lihat dipstik GL anda apakah oli terebut berkurang dari titik atas atau tidak? .. saya hanya sarankan bila kurang dari titik atas tambahkan NGO tp jangan melebihi titik atasnya.. dg acuan titik atas-bawah itu adalah 1ltr OLI.

ichsan_n wrote: mengenai FC, after peritawa tragedi 1:8, setelah 2 kali isi sekarang di atas 800km dapet rata2 1:9an.. okelah udah masuk ekspektasi gw buat livina yang 1:9-10. and sekali lagi... bukan 1:12-14 dalkot bukan?! komplain kosong maxx?
Coba anda lihat.. sewaktu "tragedi" saat breaking-in mesin GL anda yg baru dg FC 1:8+ .. langsung anda berapi2 dg semangat sekali... GL boros dg FC 1:8 sampai puluhan posting .. ya sekali lagi balik kepada sifat dan sikap anda yg mungkin selalu berapi2 dalam mengungkapkan perasaan .. dan ternyata sekarang GL anda bisa 1:9+ .. bukankah lebih afdol kita bisa bertukar pikiran dan sharing tanpa "flamming" .. coba saja setelah 1000KM dilihat apakah FC GL anda bisa membaik lagi?.. krn setahu saya biasanya setelah 1000KM masa break-in period mesin.. FC bisa lebih baik.
ichsan_n wrote: mengenai pinggang encok GW NEHHH YANG KATA ELU PINGGANG GW DOANKK!!! ehemmm... monggo pak dibaca lagi dimilis sampean... bukannya disitu elu mencoba bilang kalo itu di "over2" kan? ---->komplain kosong? coba2 elu minum panadol or Obat cacing kali or apalah gitu biar lebih bisa lebih "jujur"...

pedal gas dan rem getar... komplain kosong?! baca lagi milis lu lagi deh.. ehh gw kasih tau yahh!! kalo elu punya mobil AT.. dan ada gejala getar2 ditansmisi or di pedal itu.... amat MENGERIKAN tau!? apalagi konteksnya mobil baru!
Soal pinggang .. no further comment.

Soal pedal rem getar.. saya tidak comment sama sekali krn saya belum merasakannya bawa GL AT telanjang kaki, lagi pula saya terbiasa beralaskan kaki saat mengendarai mobil.
ichsan_n wrote: udah dehhh.. gini aja maxx... ini jg kalo elu beneran laki... elu masih kurang puas?! suruh orang milis lu termasuk moderator2 kupluk lu dan para "bonek livina" di milis lu itu tanding tennis antara SM dan NLC lu aja gimana? atau gini dehh... gw sendiran aje jg ngga papa, singgle lawan double, gimana? :P :P
Disinilah dimana saya bilang anda berapi2 dan panasan, yg juga dimungkinkan krn level umur dan maturity anda.
GL yg anda sering sebut2 "kaleng dikasih mesin dan dibandrol 150jtan" .. apakah worthed (pantas) sampai sedemikian rupa krn anda beda pendapat dengan orang lain shg anda "meng-quote umpatan kata2 yg tidak pantas diucapkan (unpleasant words) dari seseorang yg berpendidikan spt anda?

Soal tanding tennis yg bersifat "persahabatan".. tentu saya rasa member di nissan-livina ada yg bisa anda jadikan lawan seru u/ bertenis ria... tp tidak cocok ajak saya main tennis ... kalo saya lebih cocok anda ajakin u/ adu cepat di tol ... kan nanti kita sama2 punya GL... HOW?
ichsan_n wrote: ehhh.. mengenai hal pertamax or premium.. harus nya NMI tuh membuat advertorial di majalah autobild or MM or dimanalah yang bilang gini "walaupun livina sudah menggunakan mesin super canggih abad ini dengan teknologi knocking sensor yang mashur dari hasil R&D dan kerja keras maxx/chris selama 6 tahun...., tapi tetap dapat menggunakan bensin premium (ron 88) luohhhhh!!.." BARU BENER TUH NMI! GOT IT NMI?!! COBA BUAT SANA ADVERTORIAL YANG BILANG BISA PAKE PREMIUM.. BERANI NGGA LOO?!

tapi gw angkat topi anyway, (even though NMI,... desainer sampen.. hehe.. BEGO BANGETT SEHH NGEBUAT BANGKU ENAK AJA KAYA JAZZ AJA KAGA BISAA!!! )
but kalo 1:9an gini, and buat 156 jt mah... okelah.. gw ngga bilang ini irit.. but gw tetep senyum dahhh... angkattt topi sekali lagiii.. kekekekeke....
Untuk yg ini.. tentunya orang NMI yg berkompeten u/ menanggapi anda, mungkin sebaiknya bila anda bertanya tidak ditanggapi atau tidak puas dg NMI... masukkan koran saja keluhan anda terhadap NMI.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
matsu_jun
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Wed Sep 12, 2007 7:57

Post by matsu_jun »

Makanya bung maxx, mungkin ada baiknya kalau bung maxx ingin memberikan opini mengenai sebuah mobil seharusnya jg sudah memiliki mobil tersebut. jadi tidak terkesan "tong kosong nyaring bunyinya.." sehingga dapat lebih memahami perasaan orang2 yang komplain ini seperti pak gun dengan masalah premium atau bung ichsan dengan segudang masalahnya :P. secara logika saya kira tidak ada orang yang mau melebih2kan masalah apalagi terhadap mobil miliknya sendiri. yang saya malah heran, kenapa anda kesannya bisa begitu banyak tahu, tapi malah belakangan saya baca dari bung martino kalau ternyata anda saja belum dapat livinanya. bukankan malah menjadi sok tahu namanya?
maxx wrote:
ichsan_n wrote:
maxx wrote:Tentu tetap objective.. tp jangan memaksakan setiap orang harus berpendapat sama ... krn tiap orang bebas punya pendapat masing2.
Mungkin diskusi lebih sehat.. bila diutarakan tanpa "flamming towards to personal feelings" dg bukti atau diangkat dari analisa ilmiah .. bukan komplain "kosong" yg baru diperkirakan akan menjadi suatu hal tertentu yg akan merugikan.. pdhal belum ada buktinya/terbukti.

teteppp... mancing2 lagi... emang kurang ye gw kasih analisa and copy paste dari milis lu sendiri? ... gw masukin :microwave: jg lu maxx lama2 :P . EHH GW BILANG BERKALI2 YEE.. APA SALAHNYA BERSIKAP PREVENTIF DARIPADA REAKTIF!! KAN GW CUMAN TANYA2 KENAPA MOBIL BARU KOK KAYANYA MASALAHNYA SANA SINI?!
Dik Ichsan, ini postingan saya terakhir u/ mereply quote anda, krn sdh tidak sehat u/ diperpanjang lagi.
Tidak ada yg bermaksud u/ "mancing2" .. coba dibaca lagi sambil minum air dingin 1ltr (krn anda biasanya panasan) .. apakah salah quote saya diatas? bahwa "diskusi lebih sehat.. bila diutarakan tanpa "flamming towards to personal feelings" dg bukti atau diangkat dari analisa ilmiah."

Silakan quote saya dibawah ini dibaca dg teliti dan tidak terburu2 agar anda tidak salah persepsi lagi.

Setuju .. bersikap preventif dari pada reaktif, tp preventif tidak harus provokatif .. :e-naughty: .. jangan salah mengerti lagi .. krn satu kata bisa bermacam arti .. "provokatif" yg saya maksud disini adalah langsung meledak2/berapi2 bahkan flamming pdhal kita belum tau sendiri kebenarannya .. contohnya (bukan yg disebut2 dibawah).. GL tidak bisa nanjak.. postingan tsb yg langsung di quote dan mencak2.. dan setelah dibuktikan sendiri ternyata GL anda bisa nanjak dan ybs quote lagi ternyata belum terbiasa bawa GL dg instrument transmisi-nya... [wah cape juga kalo setiap kata harus diperjelas maksudnya yah :? ]
ichsan_n wrote: oke, klarifikasi aja nih mengenai komplain2, yang sebenernya jg idenya dari bapak intelektual ini jg.. mengenai air radiator & OLI yang dibilang suhu ini akan berkurang SIGNIFIKAN, ternyata di mobil gw stuck disitu2 aja alias kaga berkurang setelah gw perhatikan secara seksama (kalo berkurang kerak warna ijonya biasanya keliatan). Takaran oli jg gw periksa, ternyata sama sekali tidak bergerak dari posisi MAX. (eh dimana tuh , kalo konteks beli mobil baru dan tiap per 5000 elu harus nambah 1 liter? kalo iya... thats got tobe something wrong!! Emangya beli mobil bekas 5 tahun?) ---> komplain kosong? INI IYEEE TAPI GARA2 ELU JG BUKAN DENGAN IDE BRILLIAN ELU AWALNYA?!! GILA APA LU MOBIL BARU UDAH KAYA GINI ELU BILANG NORMAL?! YA IYeeLAHH GW SEWOTTT ama luuu!! antek2 benerrr kesannya
Perlu diluruskan.. yg bilang air radiator dan oli berkurang bukan saya yg quote, tp yg jelas terbaca anda sudah langsung panas dan posting anda "terkesan" (catat: terkesan) provoke masalah GL yg baru... sdgkan postingan saya meluruskan "kemungkinan2" bila hal tsb bukan merupakan sebuah masalah/defect, dan sekarang anda buktikan sendiri tidak/belum terjadi pada GL anda.

Anda salah mengerti lagi, kalo anda baca postingan saya dg teliti soal titik atas - bawah dipstik .. saya informasikan disana bahwa antara titik atas dan bawah tsb adalah ukuran 1ltr OLI .. bukan saya bilang tiap 5000KM harus tambahkan oli 1ltr. Dg kondisi NGO 10w30 yg encer dan mesin ULEV yg panas (>90 derajat celcius) .. memungkinkan ada penguapan oli .. tapi tentu tidak sampai 1ltr .. nanti coba anda buktikan sendiri.. NGO diclaim oleh NMI bisa dipakai sampai 10rb KM .. nanti setelah 5-7rb KM .. lihat dipstik GL anda apakah oli terebut berkurang dari titik atas atau tidak? .. saya hanya sarankan bila kurang dari titik atas tambahkan NGO tp jangan melebihi titik atasnya.. dg acuan titik atas-bawah itu adalah 1ltr OLI.

ichsan_n wrote: mengenai FC, after peritawa tragedi 1:8, setelah 2 kali isi sekarang di atas 800km dapet rata2 1:9an.. okelah udah masuk ekspektasi gw buat livina yang 1:9-10. and sekali lagi... bukan 1:12-14 dalkot bukan?! komplain kosong maxx?
Coba anda lihat.. sewaktu "tragedi" saat breaking-in mesin GL anda yg baru dg FC 1:8+ .. langsung anda berapi2 dg semangat sekali... GL boros dg FC 1:8 sampai puluhan posting .. ya sekali lagi balik kepada sifat dan sikap anda yg mungkin selalu berapi2 dalam mengungkapkan perasaan .. dan ternyata sekarang GL anda bisa 1:9+ .. bukankah lebih afdol kita bisa bertukar pikiran dan sharing tanpa "flamming" .. coba saja setelah 1000KM dilihat apakah FC GL anda bisa membaik lagi?.. krn setahu saya biasanya setelah 1000KM masa break-in period mesin.. FC bisa lebih baik.
ichsan_n wrote: mengenai pinggang encok GW NEHHH YANG KATA ELU PINGGANG GW DOANKK!!! ehemmm... monggo pak dibaca lagi dimilis sampean... bukannya disitu elu mencoba bilang kalo itu di "over2" kan? ---->komplain kosong? coba2 elu minum panadol or Obat cacing kali or apalah gitu biar lebih bisa lebih "jujur"...

pedal gas dan rem getar... komplain kosong?! baca lagi milis lu lagi deh.. ehh gw kasih tau yahh!! kalo elu punya mobil AT.. dan ada gejala getar2 ditansmisi or di pedal itu.... amat MENGERIKAN tau!? apalagi konteksnya mobil baru!
Soal pinggang .. no further comment.

Soal pedal rem getar.. saya tidak comment sama sekali krn saya belum merasakannya bawa GL AT telanjang kaki, lagi pula saya terbiasa beralaskan kaki saat mengendarai mobil.
ichsan_n wrote: udah dehhh.. gini aja maxx... ini jg kalo elu beneran laki... elu masih kurang puas?! suruh orang milis lu termasuk moderator2 kupluk lu dan para "bonek livina" di milis lu itu tanding tennis antara SM dan NLC lu aja gimana? atau gini dehh... gw sendiran aje jg ngga papa, singgle lawan double, gimana? :P :P
Disinilah dimana saya bilang anda berapi2 dan panasan, yg juga dimungkinkan krn level umur dan maturity anda.
GL yg anda sering sebut2 "kaleng dikasih mesin dan dibandrol 150jtan" .. apakah worthed (pantas) sampai sedemikian rupa krn anda beda pendapat dengan orang lain shg anda "meng-quote umpatan kata2 yg tidak pantas diucapkan (unpleasant words) dari seseorang yg berpendidikan spt anda?

Soal tanding tennis yg bersifat "persahabatan".. tentu saya rasa member di nissan-livina ada yg bisa anda jadikan lawan seru u/ bertenis ria... tp tidak cocok ajak saya main tennis ... kalo saya lebih cocok anda ajakin u/ adu cepat di tol ... kan nanti kita sama2 punya GL... HOW?
ichsan_n wrote: ehhh.. mengenai hal pertamax or premium.. harus nya NMI tuh membuat advertorial di majalah autobild or MM or dimanalah yang bilang gini "walaupun livina sudah menggunakan mesin super canggih abad ini dengan teknologi knocking sensor yang mashur dari hasil R&D dan kerja keras maxx/chris selama 6 tahun...., tapi tetap dapat menggunakan bensin premium (ron 88) luohhhhh!!.." BARU BENER TUH NMI! GOT IT NMI?!! COBA BUAT SANA ADVERTORIAL YANG BILANG BISA PAKE PREMIUM.. BERANI NGGA LOO?!

tapi gw angkat topi anyway, (even though NMI,... desainer sampen.. hehe.. BEGO BANGETT SEHH NGEBUAT BANGKU ENAK AJA KAYA JAZZ AJA KAGA BISAA!!! )
but kalo 1:9an gini, and buat 156 jt mah... okelah.. gw ngga bilang ini irit.. but gw tetep senyum dahhh... angkattt topi sekali lagiii.. kekekekeke....
Untuk yg ini.. tentunya orang NMI yg berkompeten u/ menanggapi anda, mungkin sebaiknya bila anda bertanya tidak ditanggapi atau tidak puas dg NMI... masukkan koran saja keluhan anda terhadap NMI.
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

maxx wrote: Setuju .. bersikap preventif dari pada reaktif, tp preventif tidak harus provokatif .. :e-naughty: .. jangan salah mengerti lagi .. krn satu kata bisa bermacam arti .. "provokatif" yg saya maksud disini adalah langsung meledak2/berapi2 bahkan flamming pdhal kita belum tau sendiri kebenarannya .. contohnya (bukan yg disebut2 dibawah).. GL tidak bisa nanjak.. postingan tsb yg langsung di quote dan mencak2.. dan setelah dibuktikan sendiri ternyata GL anda bisa nanjak dan ybs quote lagi ternyata belum terbiasa bawa GL dg instrument transmisi-nya... [wah cape juga kalo setiap kata harus diperjelas maksudnya yah :? ]

-------> elu better baca lagi postingan gw ke hunter.. karena gw sendiri jg ngerasain.. coba ginilah.. nanti kalo MOBIL LU UDAH ADA NIH... elu cobain nanjak dari D 30 derajat.. gw kemaren bilang lemot ditanjakan bukan di review gw? begitu jg temen gw.. udah dehh, jalan 200km/jam stabil.. 7 orang lewat tanjakan 45 derajat oke.. itu kan dimilis elu? klasik.. muter2 aja lu ngasih alesan.

tapi gw angkat topi anyway, (even though NMI,... desainer sampen.. hehe.. BEGO BANGETT SEHH NGEBUAT BANGKU ENAK AJA KAYA JAZZ AJA KAGA BISAA!!! )
but kalo 1:9an gini, and buat 156 jt mah... okelah.. gw ngga bilang ini irit.. but gw tetep senyum dahhh... angkattt topi sekali lagiii.. kekekekeke....
Untuk yg ini.. tentunya orang NMI yg berkompeten u/ menanggapi anda, mungkin sebaiknya bila anda bertanya tidak ditanggapi atau tidak puas dg NMI... masukkan koran saja keluhan anda terhadap NMI.

-------> kayanya pertanyaan ini ngga gw tujukan ke elu deh.. dan sama sekali tidakk butuh tanggepan elu. paham?! BTW mengenai kasus CC jebol akibat kena premium yang bertimbal ngga elu kasih tau afif tuh? itu konteksnya mobil baru kan? atau yang lagi rame skrg kata temen gw ada laporan livina nglitik pake premium ngga elu kasih tau pak gun? hahahaha.. oke sampe sini aja urusan lu ma gw.. caooooo

[/quote]
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

Pak yakin belum ada? coba deh anda ikut milis livina.. disitu ada kok kata temen saya cc jebol. ini hanya info loh yah, saya sendiri ngga ikut disitu.
AF1F wrote:buktinya sudah ada Pak, saya pernah tanya ke bengkel.
dan dijawab mesin-mesin Nissan Serena taon 96-an kan sudah pake Catalyc Converter,
tapi belum pernah tuh ada yang beli CC ke Nissan.
(kecuali karena kecelakaan, dan karena dikasih octane booster)
ichsan_n wrote:
gunawan98 wrote:sama pak...
motto saya... kalo mobil bisa dikasih premium ngapain dikasih pertamax? Bisa disini dalam artian resmi dari ATPM. Berkali kali saya katakan mengenai premium, yang saya takutkan timbalnya yang membuat buntu CC. Bukan masalah berart nariknya..
pak ini bukan bicara susah atau gampang. kaya atau miskin. karena sudah berani beli livina sudah pasti berani beli pertamax... tapi ini masalah, apakah disuruh pake premium hanya lah marketing concept? atau kah memang ngga apapa beneran? nah kalau ngga papa, kenapa tidak ada statement resmi seperti iklan xenia dan avanza dikoran.. gitu aja kok repot banget ngertinya.... sampean sendiri jg tahu kan efek pemakean ron rendah di jangkapanjang dari tulisan sampean sendiri diatas?

anda katanya baru kali ini pake nissan.. tapi kok sudah yakin benar kalau livina tuh bakalan kuat dijangkapanjang.. hehehehe... memang sudah ada buktinya? (walaupun gw sendiri ngarep gitu sih hehehehe....)

ohh baru liat : on personal note to bung matsui, thanks. semoga postingan gw berguna, walaupun akhri2 ini agak2 nyadar jg gw.. apa untungnya jg betignkah sama ni BETO (benda tolol!). makanya seperti yang saya bilang, orang indonesia macam si maxx ini yang ngebuat kita ngga maju2.. cuman diajak kopdar2 sama petinggi aja udah kaya opas2 jaman belanda.. rela ngebegoin orang2 disini dengan membuat kesan elu tau segalanya tentang NMI & livina, ngakunyeee sering ketemu dirketur NMI bincang2 livina. halaahh!! dompet mah ngga boong maxx! dan elu mau selamanya konsumen kita cuman bisa nerimo? jadi tukang jahit, tukang rakit? ehh. elu masih muda.. masih perlu liat dunia dulu baru ngocehhh!! udah sana mendingan sekarang bobo.. buat PR, besok kan ulangan umum? sama jangan SMan muluu.. bantuin tuhh usaha bekleding ortu elu! oi inget kandang oi.. jangan sok belagu mentang2 udah ketemu direktur NMI sekali dua kali doank! eh btw, kalo sok2 bahasa inggris baku seperti itu mahh.. hahahahaha.. dasar baru belajar di ILP kemaren sore aja belagu. moderator macam lu ini malu2in milis lu aja tau ngga?! sok2 ngomong wise.. padahal yang bentak2 dimilis lu ngaku2 jalan 200km/jam elu kan?! hauhahahhahha.. sumpeh ABG banget sih lu. caooo..