Yg udah dapet Livina absen disiniii.........

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

gunawan98
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 320
Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56

Post by gunawan98 »

Nilai + dari livina ini (1.5 XV Manual) menurut sudut pandang saya adalah sbb (setelah memakai selama hampir sebulan ini):

1. Kesenyapan kabin, di atas rata-rata.
2. Bisa lari kencang, dan lumayan responsif.
3. Pegas/suspensi empuk..
4. Pakai premium pun masih ok.
5. Irit (relatif irit, terakhir saya pakai premium saya perkirakan bisa dapat 1:10+, sama seperti waktu pertama saya pakai pertamax+, mungkin unsur break-in period/inreyen?).
6. Interior dan jok, bagus (menurut selera saya yah... subyektif nih, sorry).



Nilai - (minus)
1. Dimensi kurang lega.
2. Suara agak berisik bila jalan ditempat tidak rata. Saya kuatir bila suspensi sudah lama dipakai, makin bertambah parah.
3. FAN AC kurang bisa menjangkau row 3. Ini tidak sesuai review beberapa orang, dalam kasus saya demikianlah kenyataannya. BTW, saya pake kecepatan fan no. 1. Bagi saya suara fan ac tidak mengganggu.
4. AC kurang dingin waktu panas terik. Saya harus menyetel termostatnya ke max baru enak. Tetapi kalo sudah sore, waduh, dingin banget.
5. TBW ini kadang biking orang kikuk. Tapi kemungkinan berjalannya waktu akan membuat kita terbiasa.
6. Efek pemakaian premium jangka panjang blom diketahui...
7. Pedal rem yang posisi agak tinggi dibandingkan pedal gas, membuat kaki jadi 'kurang enak'. Dalam kasus saya yang manual, hal ini masih belum begitu mengganggu, tetapi bila posisinya tidak setinggi itu, wah bisa merupakan nilai +.


Ok.. Barusan berkendara lumayan jauh.. 50 km nonstop, menurut saya bangkunya ok-ok saja. Saya tidak merasakan pegal. Bebeda dengan pak Ichsan, dari saya, saya tidak merasakan efek di pinggang saya. Mungkin tiap orang berbeda kondisinya. IMHO.

demikian menurut penilaian saya, dan saya HAPPY dengan livina saya.. Angkat topi deh u/ NMI (untuk saat ini..:D:D:D).

Seperti yang saya tulis, tinggal satu faktor yang belom saya ketahui: KEHANDALAN MESIN.... :D:D:D
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

pak gun, masa inrayen dihajar 140kmh? gile.. nekat jg nih.. huehueuheuehue..
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

gunawan98 wrote:Nilai + dari livina ini (1.5 XV Manual) menurut sudut pandang saya adalah sbb (setelah memakai selama hampir sebulan ini):

1. Kesenyapan kabin, di atas rata-rata.
2. Bisa lari kencang, dan lumayan responsif.
3. Pegas/suspensi empuk..
4. Pakai premium pun masih ok.
5. Irit (relatif irit, terakhir saya pakai premium saya perkirakan bisa dapat 1:10+, sama seperti waktu pertama saya pakai pertamax+, mungkin unsur break-in period/inreyen?).
6. Interior dan jok, bagus (menurut selera saya yah... subyektif nih, sorry).



Nilai - (minus)
1. Dimensi kurang lega.
2. Suara agak berisik bila jalan ditempat tidak rata. Saya kuatir bila suspensi sudah lama dipakai, makin bertambah parah.
3. FAN AC kurang bisa menjangkau row 3. Ini tidak sesuai review beberapa orang, dalam kasus saya demikianlah kenyataannya. BTW, saya pake kecepatan fan no. 1. Bagi saya suara fan ac tidak mengganggu.
4. AC kurang dingin waktu panas terik. Saya harus menyetel termostatnya ke max baru enak. Tetapi kalo sudah sore, waduh, dingin banget.
5. TBW ini kadang biking orang kikuk. Tapi kemungkinan berjalannya waktu akan membuat kita terbiasa.
6. Efek pemakaian premium jangka panjang blom diketahui...
7. Pedal rem yang posisi agak tinggi dibandingkan pedal gas, membuat kaki jadi 'kurang enak'. Dalam kasus saya yang manual, hal ini masih belum begitu mengganggu, tetapi bila posisinya tidak setinggi itu, wah bisa merupakan nilai +.


Ok.. Barusan berkendara lumayan jauh.. 50 km nonstop, menurut saya bangkunya ok-ok saja. Saya tidak merasakan pegal. Bebeda dengan pak Ichsan, dari saya, saya tidak merasakan efek di pinggang saya. Mungkin tiap orang berbeda kondisinya. IMHO.

demikian menurut penilaian saya, dan saya HAPPY dengan livina saya.. Angkat topi deh u/ NMI (untuk saat ini..:D:D:D).

Seperti yang saya tulis, tinggal satu faktor yang belom saya ketahui: KEHANDALAN MESIN.... :D:D:D
mobil sy uda jalan 2400.. di pilar B sebelah kanan kok ada bunyi klutak klutuk yah.. kl lewat jalan yg rada2 bumpy gitu.. ada yg mengalami problem sama ngga?

pak gun, ac saya duingin amat.. siang2 jg lho.. *padahal saya orang nya gampang ngerasa panas* jd temp nya ngga pernah max.. apa mungkin kondisi ac nya ngga standar?

btw, update FC.. saya kapan hari isi 100rb buat premium.. skrg uda jalan 180km.. n indicator BBM nya masi turun setengah nya.. itung2 secara kotor, 100rb premium bisa buat jalan lebih dari 260km *dalam kota surabaya*

kl jok, saya sempet ngerasa pegel.. tp sy beli jok dari kyk anyaman bambu buat pantat n punggung.. jd posisi lebih tegak n tinggi.. keluhan capek di punggung hilang.. mungkin bisa dicoba ma bos ichsan..
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

ada tambahan lagi pak.. jgn lupa ma kaki2 nya.. medan di indo sangat2 rough nih.. *saya sangat2 kuatir.. liat harga spareparts nya jadi serem..*
WTF
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Fri Sep 14, 2007 11:48

Post by WTF »

johnlegend wrote:pak gun, masa inrayen dihajar 140kmh? gile.. nekat jg nih.. huehueuheuehue..
Hmm.. menurut gw sih mesin2 modern jaman sekarang salah persepsi bila masa break-in period ga boleh bawa ngebut.
Gw pernah berkunjung ke pabrik mobil .. tahap akhir test adalah mobil digeber sampai 140-160Kph pd roda berjalan (mobilnya diem tp rodanya muter), kalo ga boleh dibawa kebut.. ga mungkin dong ditest akhirnya spt itu.

Selain itu .. gw juga pernah lihat mobil dideliver (tanpa trailer pengangkut) dibawa kebut dalam tol... ga kira2 tuh ngebutnya.. fine2 aja kok.
Selama break-in period 1000KM mesin2 masih perlu waktu u/ fit-in .. tapi bukan berarti ga boleh dibawa ngebut, menurut gw ini persepsi yg salah.

Mesin modern jaman sekarang jeroaannya udah halus seblum di assembling, tidak spt jaman dulu yg perlu 1000KM agar jerooan halus bersama dg berjalannya mesin.. jd harus dibatasi kecepatan dan RPM maximumnya.. ditambah lagi harus ganti oli 1000KM krn diperkirakan banyak gram halus selama inreyen.
WTF
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Fri Sep 14, 2007 11:48

Post by WTF »

johnlegend wrote:ada tambahan lagi pak.. jgn lupa ma kaki2 nya.. medan di indo sangat2 rough nih.. *saya sangat2 kuatir.. liat harga spareparts nya jadi serem..*
Kalo kondisi jalan lumayan tangguh .. alias naik turun berkelok2 terus ... agar lebih rigid pakai strut bar saja.
Semua mobil kalo hadapi kondisi jalan yg naik turun berkelok2 terus tiap hari... 1-2 thn pasti mulai bunyi2 reot dan makin lama akan semakin terasa.
gunawan98
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 320
Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56

Post by gunawan98 »

johnlegend wrote:pak gun, masa inrayen dihajar 140kmh? gile.. nekat jg nih.. huehueuheuehue..
terbawa suasana..(tumben tol sepi):D:D, soalnya gasnya ringan sih. Sebentar aja koq 140km/h nya, masih inget kalo lagi inreyen.

Eh kemaren minggu heran loh, di porong situ (deket lapindo, keluar gate tol), koq sepi yah, tidak ada antrian (sekitar jam 11.20 siang).. apa bulan puasa? Kalo gitu terus asik nih...
gunawan98
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 320
Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56

Post by gunawan98 »

johnlegend wrote: mobil sy uda jalan 2400.. di pilar B sebelah kanan kok ada bunyi klutak klutuk yah.. kl lewat jalan yg rada2 bumpy gitu.. ada yg mengalami problem sama ngga?

pak gun, ac saya duingin amat.. siang2 jg lho.. *padahal saya orang nya gampang ngerasa panas* jd temp nya ngga pernah max.. apa mungkin kondisi ac nya ngga standar?

btw, update FC.. saya kapan hari isi 100rb buat premium.. skrg uda jalan 180km.. n indicator BBM nya masi turun setengah nya.. itung2 secara kotor, 100rb premium bisa buat jalan lebih dari 260km *dalam kota surabaya*

kl jok, saya sempet ngerasa pegel.. tp sy beli jok dari kyk anyaman bambu buat pantat n punggung.. jd posisi lebih tegak n tinggi.. keluhan capek di punggung hilang.. mungkin bisa dicoba ma bos ichsan..
wah tidak tahu kenapa nih AC saya, begitulah yang saya alami. Secara logika sih masuk yah, lah ac cuman single blower berharap dingin sampe row 3? Kayaknya kurang masuk lah. Blower yang di tengah (bawah), itu menurut saya (atau punya saya) *pathetic*, anginnya pelan deh, jadi ga membantu. Seperti saya bilang kalo termo di max, ok.

Sampai saat ini saya blom bisa menyamai FC pak John. Salut deh. Apa pengukuran nya akurat? Jangan pake visual pak. Kalo saya, dalam masa inreyen ini selalu saya ukur akurat, pake full tank terus dan dibagi dengan km yang tertera di odometer.
User avatar
gubraks
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: Mon Apr 09, 2007 2:36

Post by gubraks »

gunawan98 wrote:
johnlegend wrote: pak gun, ac saya duingin amat.. siang2 jg lho.. *padahal saya orang nya gampang ngerasa panas* jd temp nya ngga pernah max.. apa mungkin kondisi ac nya ngga standar?
wah tidak tahu kenapa nih AC saya, begitulah yang saya alami. Secara logika sih masuk yah, lah ac cuman single blower berharap dingin sampe row 3? Kayaknya kurang masuk lah. Blower yang di tengah (bawah), itu menurut saya (atau punya saya) *pathetic*, anginnya pelan deh, jadi ga membantu. Seperti saya bilang kalo termo di max, ok.
Kalo temperatur di dalam kendaraan pada siang hari... tentu ada pengaruh dari kaca film yak...?? sudah pakai kaca film yg memadai?
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

gunawan98 wrote:Kemaren dulu waktu ganti BBM dari pertamax ke premium, gw ada pengalaman nariknya lambat. Kayak nya kalo dicompare langsung sih emang kerasa yah. Tetapi kemaren setelah hampir seminggu ga pegang GL (mayoritas dipegang istri saya), saya kesempatan nyupir, wah ternyata not so bad lah... Gejala nglitik masih blom terdengar. Kalo lihat indikator bensin, juga tidak boros-boros amat, malah kemungkinan bisa menyamai rekor pertmax yang 1:10.3.. Mungkin ini masalah break-in period mulai berkurang. Mesin sudah ga seret lagi. Kalo pake pertamax mungkin aja 1:11-12 kena nih.

BBM di NY dah tembus $80. Kayaknya pertamax bisa ke 7000 nih.. Pemakaian premium biasa kayaknya tidak terhindarkan lagi...

Mungkin membeli versi 1.8L justru pilihan yang tepat. IMHO.
Boss gun, sekarang gw tembus 1:11an dalkoT.. (tapi pake sabtu minggu doank sih heheheh sama sesekali bawa ke dibawa adek gw kekantornya kena macet pagi2).. pake premium tarikan kurang sih.. kerasa banget kurang.. tapi lebih irit ternyata. kalo masalah nanjak agak2 curam kaya di metro atom pake premium sama aja tuh kaya masih pake pertamax.. ngga pernah bisa kalo dari D.. selalu harus dari 1.. gw ngga pernah coba2 sok berenti ditengah situ sih.. takut malu ngelosorrr kekeke... ngga ngerti deh kenapa gigi Dnya kok lemot banget ditanjakan. dan satu yang gw kesel kalo pake premium.. misal kita jalan di flyover pas ditanjakan, kerasa ada penurunan kecepatan even kaki masih injek gas konstan... makanya suka gw oper ke 2. setelah lewat tanjakan oper ke D lagi.
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

johnlegend wrote:
gunawan98 wrote:Nilai + dari livina ini (1.5 XV Manual) menurut sudut pandang saya adalah sbb (setelah memakai selama hampir sebulan ini):

1. Kesenyapan kabin, di atas rata-rata.
2. Bisa lari kencang, dan lumayan responsif.
3. Pegas/suspensi empuk..
4. Pakai premium pun masih ok.
5. Irit (relatif irit, terakhir saya pakai premium saya perkirakan bisa dapat 1:10+, sama seperti waktu pertama saya pakai pertamax+, mungkin unsur break-in period/inreyen?).
6. Interior dan jok, bagus (menurut selera saya yah... subyektif nih, sorry).



Nilai - (minus)
1. Dimensi kurang lega.
2. Suara agak berisik bila jalan ditempat tidak rata. Saya kuatir bila suspensi sudah lama dipakai, makin bertambah parah.
3. FAN AC kurang bisa menjangkau row 3. Ini tidak sesuai review beberapa orang, dalam kasus saya demikianlah kenyataannya. BTW, saya pake kecepatan fan no. 1. Bagi saya suara fan ac tidak mengganggu.
4. AC kurang dingin waktu panas terik. Saya harus menyetel termostatnya ke max baru enak. Tetapi kalo sudah sore, waduh, dingin banget.
5. TBW ini kadang biking orang kikuk. Tapi kemungkinan berjalannya waktu akan membuat kita terbiasa.
6. Efek pemakaian premium jangka panjang blom diketahui...
7. Pedal rem yang posisi agak tinggi dibandingkan pedal gas, membuat kaki jadi 'kurang enak'. Dalam kasus saya yang manual, hal ini masih belum begitu mengganggu, tetapi bila posisinya tidak setinggi itu, wah bisa merupakan nilai +.


Ok.. Barusan berkendara lumayan jauh.. 50 km nonstop, menurut saya bangkunya ok-ok saja. Saya tidak merasakan pegal. Bebeda dengan pak Ichsan, dari saya, saya tidak merasakan efek di pinggang saya. Mungkin tiap orang berbeda kondisinya. IMHO.

demikian menurut penilaian saya, dan saya HAPPY dengan livina saya.. Angkat topi deh u/ NMI (untuk saat ini..:D:D:D).

Seperti yang saya tulis, tinggal satu faktor yang belom saya ketahui: KEHANDALAN MESIN.... :D:D:D
mobil sy uda jalan 2400.. di pilar B sebelah kanan kok ada bunyi klutak klutuk yah.. kl lewat jalan yg rada2 bumpy gitu.. ada yg mengalami problem sama ngga?

pak gun, ac saya duingin amat.. siang2 jg lho.. *padahal saya orang nya gampang ngerasa panas* jd temp nya ngga pernah max.. apa mungkin kondisi ac nya ngga standar?

btw, update FC.. saya kapan hari isi 100rb buat premium.. skrg uda jalan 180km.. n indicator BBM nya masi turun setengah nya.. itung2 secara kotor, 100rb premium bisa buat jalan lebih dari 260km *dalam kota surabaya*

kl jok, saya sempet ngerasa pegel.. tp sy beli jok dari kyk anyaman bambu buat pantat n punggung.. jd posisi lebih tegak n tinggi.. keluhan capek di punggung hilang.. mungkin bisa dicoba ma bos ichsan..
ohh yang dari bambu itu!? gw sih pake yang bantal itu pak jhon, lumayan bangett nolongg. tapi yah posisi duduk maju banget.. wah gw beli deh entar yang bambu itu. masalahnya kalo gw disupirin, duduk dibelakang gw ngga papa.. tapi kalo duduk dibangku depan. .ngga yang kanan or kiri.. waduhhhh... riding in pain bener2 deh gw. kayanya emang gw masalah dengan bangku depannya nih.. masalah tukang jok gw jg kan punya livina.. dia jg punya masalah sama pinggang dan tau bener tuh apa yang buat gw sakit, thats why baru mau di desain baru jg depannya. cuman ngga tau deh nanti hasilnya tetep sakit atau cuman ngurangi doank tapi tetep masih ada sakitnya... :lol:
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

johnlegend wrote:mobil sy uda jalan 2400.. di pilar B sebelah kanan kok ada bunyi klutak klutuk yah.. kl lewat jalan yg rada2 bumpy gitu.. ada yg mengalami problem sama ngga?
bunyinya kayak apa? apakah bunyi buckle seatbelt yg nyenggol2 body mobil di dalam?
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

WTF wrote:
johnlegend wrote:pak gun, masa inrayen dihajar 140kmh? gile.. nekat jg nih.. huehueuheuehue..
Hmm.. menurut gw sih mesin2 modern jaman sekarang salah persepsi bila masa break-in period ga boleh bawa ngebut.
Gw pernah berkunjung ke pabrik mobil .. tahap akhir test adalah mobil digeber sampai 140-160Kph pd roda berjalan (mobilnya diem tp rodanya muter), kalo ga boleh dibawa kebut.. ga mungkin dong ditest akhirnya spt itu.

Selain itu .. gw juga pernah lihat mobil dideliver (tanpa trailer pengangkut) dibawa kebut dalam tol... ga kira2 tuh ngebutnya.. fine2 aja kok.
Selama break-in period 1000KM mesin2 masih perlu waktu u/ fit-in .. tapi bukan berarti ga boleh dibawa ngebut, menurut gw ini persepsi yg salah.

Mesin modern jaman sekarang jeroaannya udah halus seblum di assembling, tidak spt jaman dulu yg perlu 1000KM agar jerooan halus bersama dg berjalannya mesin.. jd harus dibatasi kecepatan dan RPM maximumnya.. ditambah lagi harus ganti oli 1000KM krn diperkirakan banyak gram halus selama inreyen.
oh thats why mobil2 sekarang pas 1000 cuman dilihat2 dan ngga perlu ganti oli yah?
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

ichsan_n wrote:kalo masalah nanjak agak2 curam kaya di metro atom pake premium sama aja tuh kaya masih pake pertamax.. ngga pernah bisa kalo dari D.. selalu harus dari 1.. gw ngga pernah coba2 sok berenti ditengah situ sih.. takut malu ngelosorrr kekeke... ngga ngerti deh kenapa gigi Dnya kok lemot banget ditanjakan. dan satu yang gw kesel kalo pake premium.. misal kita jalan di flyover pas ditanjakan, kerasa ada penurunan kecepatan even kaki masih injek gas konstan... makanya suka gw oper ke 2. setelah lewat tanjakan oper ke D lagi.
bung ichsan. kayaknya itu masalahnya karena komputernya kurang pinter deh. krn dia gak tau, kita lagi nanjak atau engga, jadinya posisi gigi selalu memakai perhitungan paling ekonomis/biasa, yaitu RPM rendah n gigi tertinggi sebisanya. coba kalo D, trus di kick down (dengan catatan sesuai dengan posisi gigi mana dulu ya...hehehe), pasti bisa juga, no problem. ini sih perkiraan saya.
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

ichsan_n wrote:ohh yang dari bambu itu!? gw sih pake yang bantal itu pak jhon, lumayan bangett nolongg. tapi yah posisi duduk maju banget.. wah gw beli deh entar yang bambu itu. masalahnya kalo gw disupirin, duduk dibelakang gw ngga papa.. tapi kalo duduk dibangku depan. .ngga yang kanan or kiri.. waduhhhh... riding in pain bener2 deh gw. kayanya emang gw masalah dengan bangku depannya nih.. masalah tukang jok gw jg kan punya livina.. dia jg punya masalah sama pinggang dan tau bener tuh apa yang buat gw sakit, thats why baru mau di desain baru jg depannya. cuman ngga tau deh nanti hasilnya tetep sakit atau cuman ngurangi doank tapi tetep masih ada sakitnya... :lol:
bung ichsan, ini cuman pengen tau aja ya.. bukan solving problem.
kalo bung ichsan duduk di depan, tapi dalam posisi tegak/posisi duduk yg benar, pinggangnya berasa sakit gak? soalnya di foto yg bung ichsan pernah kasih liat, saya lihat bung ichsan duduknya nyelonjor dan setahu saya (CMIIW) posisi duduk begitu gak baik buat pinggang (diluar alasan ruang yg sempit dan kenyamanan ya...).
kalo saya sih pribadi, misal duduk di sofa, kursi kantor / mobil, kalo duduknya pinggang saya gak tertopang oleh kursi, pasti lama2 pinggang jadi pegel n gak enak nyeri dikit.
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

hunter wrote:
ichsan_n wrote:kalo masalah nanjak agak2 curam kaya di metro atom pake premium sama aja tuh kaya masih pake pertamax.. ngga pernah bisa kalo dari D.. selalu harus dari 1.. gw ngga pernah coba2 sok berenti ditengah situ sih.. takut malu ngelosorrr kekeke... ngga ngerti deh kenapa gigi Dnya kok lemot banget ditanjakan. dan satu yang gw kesel kalo pake premium.. misal kita jalan di flyover pas ditanjakan, kerasa ada penurunan kecepatan even kaki masih injek gas konstan... makanya suka gw oper ke 2. setelah lewat tanjakan oper ke D lagi.
bung ichsan. kayaknya itu masalahnya karena komputernya kurang pinter deh. krn dia gak tau, kita lagi nanjak atau engga, jadinya posisi gigi selalu memakai perhitungan paling ekonomis/biasa, yaitu RPM rendah n gigi tertinggi sebisanya. coba kalo D, trus di kick down (dengan catatan sesuai dengan posisi gigi mana dulu ya...hehehe), pasti bisa juga, no problem. ini sih perkiraan saya.
itu jg pernah saya coba bung hunter.. jadi pas mau tanjak, dari diem nih, saya coba kickdown.. tapi tetep saja jalannya santai dulu kalau dari 0 walhasil mau ngga mau kalau pake cara ini tetep harus pakai ancang2 atau kalau males yah sudah oper ke 1.. ngga usah begitu, jalan 20/30 dan mau nyalip dengan kickdown saja rasanya masih susah.. tetep saja narik pelan dulu jadi harus bener2 bisa ngukur timing & jarak kalo mau nyalip di 0-40km/jam. kecuali kalau sudah diatas 60, sudah enak.
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

WTF wrote:
Ya kalo terasa mahal.. pake Premium.. kalo merasa ga terlalu masalah.. pake Pertamax.
Kalo gw sih.. itungnya berapa Rp/KM .. bukan 1ltr berapa kilo, lagipula moibil beli dari baru setelah 3-4 thn pakai jual ganti baru lagi... so gw ga ambil pusing musti pakai pertamax... mobil gw beli buat gw nikmati duluan dong... yg beli bekas.. ya makan deh tuh sisanya he he he.. kecuali mobil sports / koleksi yg bakal gw pertahankan .. ya pasti beda perawatannya.
Hahaha.. bener!, setuju! tapi kalau memang mau pakai panjang sih (diatas 4 tahun) better pake pertamax sih setidaknya.
gunawan98
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 320
Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56

Post by gunawan98 »

ichsan_n wrote:
gunawan98 wrote:Kemaren dulu waktu ganti BBM dari pertamax ke premium, gw ada pengalaman nariknya lambat. Kayak nya kalo dicompare langsung sih emang kerasa yah. Tetapi kemaren setelah hampir seminggu ga pegang GL (mayoritas dipegang istri saya), saya kesempatan nyupir, wah ternyata not so bad lah... Gejala nglitik masih blom terdengar. Kalo lihat indikator bensin, juga tidak boros-boros amat, malah kemungkinan bisa menyamai rekor pertmax yang 1:10.3.. Mungkin ini masalah break-in period mulai berkurang. Mesin sudah ga seret lagi. Kalo pake pertamax mungkin aja 1:11-12 kena nih.

BBM di NY dah tembus $80. Kayaknya pertamax bisa ke 7000 nih.. Pemakaian premium biasa kayaknya tidak terhindarkan lagi...

Mungkin membeli versi 1.8L justru pilihan yang tepat. IMHO.
Boss gun, sekarang gw tembus 1:11an dalkoT.. (tapi pake sabtu minggu doank sih heheheh sama sesekali bawa ke dibawa adek gw kekantornya kena macet pagi2).. pake premium tarikan kurang sih.. kerasa banget kurang.. tapi lebih irit ternyata. kalo masalah nanjak agak2 curam kaya di metro atom pake premium sama aja tuh kaya masih pake pertamax.. ngga pernah bisa kalo dari D.. selalu harus dari 1.. gw ngga pernah coba2 sok berenti ditengah situ sih.. takut malu ngelosorrr kekeke... ngga ngerti deh kenapa gigi Dnya kok lemot banget ditanjakan. dan satu yang gw kesel kalo pake premium.. misal kita jalan di flyover pas ditanjakan, kerasa ada penurunan kecepatan even kaki masih injek gas konstan... makanya suka gw oper ke 2. setelah lewat tanjakan oper ke D lagi.
1:11 dalkot? waduh sekarang malah saya yang problem kalo gitu.. Blom saya cek sih FC terakhir, kayaknya nanti malem atau besok baru isi full lagi sejak terakhir ganti premium. Kayaknya sih menjanjikan pasti deh 1:10 lebih..
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

ichsan_n wrote:itu jg pernah saya coba bung hunter.. jadi pas mau tanjak, dari diem nih, saya coba kickdown.. tapi tetep saja jalannya santai dulu kalau dari 0 walhasil mau ngga mau kalau pake cara ini tetep harus pakai ancang2 atau kalau males yah sudah oper ke 1.. ngga usah begitu, jalan 20/30 dan mau nyalip dengan kickdown saja rasanya masih susah.. tetep saja narik pelan dulu jadi harus bener2 bisa ngukur timing & jarak kalo mau nyalip di 0-40km/jam. kecuali kalau sudah diatas 60, sudah enak.
ooo. emang begitu tuh, kalo mau nyusul, sekalipun sdh kickdown, ada lag sedikit. kayaknya ini karena TBW, makanya kita2 musti pinter2 dikit. hehehe. spt yg bung ichsan lakukan deh, pindah ke 1 atau 2.
kalo pengalaman saya waktu di puncak sih, saya gak berpatok pada D terus. karena saya udah tau, karakternya gitu. jadi saya sering2 main ke 1 dan 2 juga. itung2 kayak manual dikit... hehehehe. sejauh ini, tangan saya kayaknya masih agak gatel gitu.. gak ganti gigi. kadang2 tangan kiri saya suka ada di atas gear. padahal saya gak ganti gigi. tapi pengen pindah2in..hehehe. rasanya ada ygkurang kalo gak ganti gigi... :) anyway, ini bukan excuse atas gejala yg diatas.. ini cuman mau sharing.
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

hunter wrote:
ichsan_n wrote:ohh yang dari bambu itu!? gw sih pake yang bantal itu pak jhon, lumayan bangett nolongg. tapi yah posisi duduk maju banget.. wah gw beli deh entar yang bambu itu. masalahnya kalo gw disupirin, duduk dibelakang gw ngga papa.. tapi kalo duduk dibangku depan. .ngga yang kanan or kiri.. waduhhhh... riding in pain bener2 deh gw. kayanya emang gw masalah dengan bangku depannya nih.. masalah tukang jok gw jg kan punya livina.. dia jg punya masalah sama pinggang dan tau bener tuh apa yang buat gw sakit, thats why baru mau di desain baru jg depannya. cuman ngga tau deh nanti hasilnya tetep sakit atau cuman ngurangi doank tapi tetep masih ada sakitnya... :lol:
bung ichsan, ini cuman pengen tau aja ya.. bukan solving problem.
kalo bung ichsan duduk di depan, tapi dalam posisi tegak/posisi duduk yg benar, pinggangnya berasa sakit gak? soalnya di foto yg bung ichsan pernah kasih liat, saya lihat bung ichsan duduknya nyelonjor dan setahu saya (CMIIW) posisi duduk begitu gak baik buat pinggang (diluar alasan ruang yg sempit dan kenyamanan ya...).
kalo saya sih pribadi, misal duduk di sofa, kursi kantor / mobil, kalo duduknya pinggang saya gak tertopang oleh kursi, pasti lama2 pinggang jadi pegel n gak enak nyeri dikit.
waahhh.. udah berbagai macam gaya kali bung hunter.. tetep aja sakit. ngga yang kanan yang kiri depan sama aja bung hunter. btw tukang jok langganan saya jg gitu kok, dia jg punya livina. makanya saya lagi mau nunggu dia sekarnag lagi mau modif jg buat sesama yang pinggang lemah macam saya dan dia wakakaka.. pengen tahu nanti rasanya cuman ngurangi sakit doank atau memang solusi total... dia sih kemaren bilangnya karena memang ini lekukannya yang ngebuat pinggang jadi lebih dapet tekanan lebih banyak semenjak sepertinya dibuat lengkung agak posisi penumpang belakang lebih terkesan lega. beda dengan desain honda yang bangkunya tidak lengkung dibelakang dan cembung didepan seperti livina ini (cembung jg sih tapi bisa dibilang minim/ratalah), walhasil yang pinggangnya lemah yah jadi kerasa banget. oh iya, tukang jok saya itu pake oddesy dan jazz.. pakai kedua mobil itu dia sama ngga masalah sama seperti saya kaya pake crv or jazz. thats why ini memang bangkunya disain bangkunya saja saya rasa. but semoga bisa diakalin sih. even bakalan jarang naek ni mobil jg, tapi ya ada baiknya gw benerin aja nih struktur lengkung bangkunya entar.
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

hunter wrote:
ichsan_n wrote:itu jg pernah saya coba bung hunter.. jadi pas mau tanjak, dari diem nih, saya coba kickdown.. tapi tetep saja jalannya santai dulu kalau dari 0 walhasil mau ngga mau kalau pake cara ini tetep harus pakai ancang2 atau kalau males yah sudah oper ke 1.. ngga usah begitu, jalan 20/30 dan mau nyalip dengan kickdown saja rasanya masih susah.. tetep saja narik pelan dulu jadi harus bener2 bisa ngukur timing & jarak kalo mau nyalip di 0-40km/jam. kecuali kalau sudah diatas 60, sudah enak.
ooo. emang begitu tuh, kalo mau nyusul, sekalipun sdh kickdown, ada lag sedikit. kayaknya ini karena TBW, makanya kita2 musti pinter2 dikit. hehehe. spt yg bung ichsan lakukan deh, pindah ke 1 atau 2.
kalo pengalaman saya waktu di puncak sih, saya gak berpatok pada D terus. karena saya udah tau, karakternya gitu. jadi saya sering2 main ke 1 dan 2 juga. itung2 kayak manual dikit... hehehehe. sejauh ini, tangan saya kayaknya masih agak gatel gitu.. gak ganti gigi. kadang2 tangan kiri saya suka ada di atas gear. padahal saya gak ganti gigi. tapi pengen pindah2in..hehehe. rasanya ada ygkurang kalo gak ganti gigi... :) anyway, ini bukan excuse atas gejala yg diatas.. ini cuman mau sharing.
bener bro.. but what we expect pula dengan matic 1500 dengan body lebih gede dari jazz toh. mau ngga mau saya jg suka pake rada2 manual. tapi sejauh ini sih, saya ngga pernah gagal nanjak kalau oper ke 1 (pake D sih sudah pasti susah) untuk tanjakan 40an derajat loh yah. tapi kalau masih tanjakan di mal taman anggrek sih kemarin coba pake D masih okelah untuk penumpang 4 orang (even agak ngeden jg tapi males oper). buat saya masalah livina sekarang tinggal berantem sama bangkunya saja nih.. bener buat pegel pinggang dan kaki banget! kalo istri dengan tinggi 160 sih dia enak2 aja katanya. so buat dia sih no problem dengan ni mobil, cuman buat gw nih big problem di pinggang :lol:
Last edited by ichsan_n on Mon Sep 17, 2007 3:55, edited 1 time in total.
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

gunawan98 wrote:
ichsan_n wrote:
gunawan98 wrote:Kemaren dulu waktu ganti BBM dari pertamax ke premium, gw ada pengalaman nariknya lambat. Kayak nya kalo dicompare langsung sih emang kerasa yah. Tetapi kemaren setelah hampir seminggu ga pegang GL (mayoritas dipegang istri saya), saya kesempatan nyupir, wah ternyata not so bad lah... Gejala nglitik masih blom terdengar. Kalo lihat indikator bensin, juga tidak boros-boros amat, malah kemungkinan bisa menyamai rekor pertmax yang 1:10.3.. Mungkin ini masalah break-in period mulai berkurang. Mesin sudah ga seret lagi. Kalo pake pertamax mungkin aja 1:11-12 kena nih.

BBM di NY dah tembus $80. Kayaknya pertamax bisa ke 7000 nih.. Pemakaian premium biasa kayaknya tidak terhindarkan lagi...

Mungkin membeli versi 1.8L justru pilihan yang tepat. IMHO.
Boss gun, sekarang gw tembus 1:11an dalkoT.. (tapi pake sabtu minggu doank sih heheheh sama sesekali bawa ke dibawa adek gw kekantornya kena macet pagi2).. pake premium tarikan kurang sih.. kerasa banget kurang.. tapi lebih irit ternyata. kalo masalah nanjak agak2 curam kaya di metro atom pake premium sama aja tuh kaya masih pake pertamax.. ngga pernah bisa kalo dari D.. selalu harus dari 1.. gw ngga pernah coba2 sok berenti ditengah situ sih.. takut malu ngelosorrr kekeke... ngga ngerti deh kenapa gigi Dnya kok lemot banget ditanjakan. dan satu yang gw kesel kalo pake premium.. misal kita jalan di flyover pas ditanjakan, kerasa ada penurunan kecepatan even kaki masih injek gas konstan... makanya suka gw oper ke 2. setelah lewat tanjakan oper ke D lagi.
1:11 dalkot? waduh sekarang malah saya yang problem kalo gitu.. Blom saya cek sih FC terakhir, kayaknya nanti malem atau besok baru isi full lagi sejak terakhir ganti premium. Kayaknya sih menjanjikan pasti deh 1:10 lebih..
yaa kalau dihitung rata2 pengisian yang sudah beberapa kali kemarin... jadi 1:10an jg kali yah (1:8an, 1:10an :1.9an 1: 11an) btw ini posisi AC saya selalu di maxx loh and so far saya kemarin suruh periksa radiator dan oli jg tidak beranjak posisinya dari minggu lalu. kalau ada bocor sih pasti sudah berkurang. pokoknya patokan saya kalau mobil baru tuh oli kalau sudah harus tambah lebih dari 1/2 botol harus dicek deh mendingan. karena saya tanya grandis sodara saya saja yang mesinnya panas hampir kaya livina ini, dia ngga pernah nambah2 oli atau air radiator sejak beli dari baru. pokoknya ganti yah udah diganti, tapi posisinya ngga pernah sampai turun di 1/2 (untuk oli, kalau radiator setahun sih di ganti). tapi tergantung tipe oli jg kali yah saya rasa.. ngga tau deh kalau pake yang 0-30 atau 10-30. saya biasanya pake 10-40 aja buat semua mobil sih sudah cukup.. ngga boros oli jg biar hemat kekeke...
WTF
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Fri Sep 14, 2007 11:48

Post by WTF »

gunawan98 wrote: 1:11 dalkot? waduh sekarang malah saya yang problem kalo gitu.. Blom saya cek sih FC terakhir, kayaknya nanti malem atau besok baru isi full lagi sejak terakhir ganti premium. Kayaknya sih menjanjikan pasti deh 1:10 lebih..
Kalo saya liat2 sih.. bukan problem nih.. cuma blum fit-in aja .. sudah jalan berapa KM GLnya om?
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

WTF wrote:
gunawan98 wrote: 1:11 dalkot? waduh sekarang malah saya yang problem kalo gitu.. Blom saya cek sih FC terakhir, kayaknya nanti malem atau besok baru isi full lagi sejak terakhir ganti premium. Kayaknya sih menjanjikan pasti deh 1:10 lebih..
Kalo saya liat2 sih.. bukan problem nih.. cuma blum fit-in aja .. sudah jalan berapa KM GLnya om?
ini ke pak gun atau kesaya nih? karena reply nya ke saya tapi quotenya ke pak gun nih
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

ichsan_n wrote: yaa kalau dihitung rata2 pengisian yang sudah beberapa kali kemarin... jadi 1:10an jg kali yah (1:8an, 1:10an :1.9an 1: 11an) btw ini posisi AC saya selalu di maxx loh and so far saya kemarin suruh periksa radiator dan oli jg tidak beranjak posisinya dari minggu lalu. kalau ada bocor sih pasti sudah berkurang. pokoknya patokan saya kalau mobil baru tuh oli kalau sudah harus tambah lebih dari 1/2 botol harus dicek deh mendingan. karena saya tanya grandis sodara saya saja yang mesinnya panas hampir kaya livina ini, dia ngga pernah nambah2 oli atau air radiator sejak beli dari baru. pokoknya ganti yah udah diganti, tapi posisinya ngga pernah sampai turun di 1/2 (untuk oli, kalau radiator setahun sih di ganti). tapi tergantung tipe oli jg kali yah saya rasa.. ngga tau deh kalau pake yang 0-30 atau 10-30. saya biasanya pake 10-40 aja buat semua mobil sih sudah cukup.. ngga boros oli jg biar hemat kekeke...
Terus.. kesimpulannya.. GL anda boros atau irit? :P
Btw, seharusnya pakai pertamax bisa lebih irit dibanding pakai premium.

Soal air radiator kan pernah diinformasikan.. yg berkurang itu bila masih ada "air trap" dalam saluran pendingin .. secara mobil tsb masih baru ada kemungkinan beberapa unit yg spt itu, tp tidak berlaku u/ semuanya.

Soal Oli.. kalo bisa berkurang 1/2 pasti ada yg bocor ... mobil grandis sodara lo ganti olinya tiap 5000KM? tentu ga terlalu terlihat penguapan oli apalagi bila oli yg dipakai 10w40 atau 20w50 yg pasti lebih minim penguapan dibanding NGO yg 10w30 ..
Nanti coba lihat GL lo setelah 5000KM.. di 7000an deh (tanpa ganti oli di 5000KM) .. cabut dipsticknya dipagi hari sbelum mesin dinyalakan .. apakah berkurang atau tidak dari titik atas di dipstick? .. kalo berkurangpun paling hanya 100-200ml yg diakibatkan krn penguapan dr mesin yg panas.
NOTE: titik atas bawah di dipstick artinya 1ltr .. kalo yg nguap 200ml.. berarti berkurang 1/5 dari titik atas ke titik bawah di dipstick.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport