Masalah di Grand Livina 1500 M/T

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

Guys, gw bukan bela connan.. but begini, dalam setiap kelompok.. entah itu forum atau apa lah.. pasti ada yang memiliki kemampuan terbaik dari berbagai sisi.. ada yang handal melihat kelemahan sesuatu.. ada jg yang lebih suka melihat kelebihan daripada musingin kelemahan.. dan terus terang, gw butuh hal2 yang memang kesannya "negative" dari livina ini apa agar tahu juga apa yang harus dilakukan dikemudian hari.. tapi jg bukan berarti kita tidak menyaring sikap sarkasme ataupun sentimentil.. selama itu memang objektiv why not? toh pujian berlebihan jg harus kita saring.. itu promosi ataukah real experience? jadi ane rasa tidak ada yang salah, tohhh.. gw yakin banget! NMI akan improve disisi produk bukan masukan dari orang yang memujinya.. tapi dari orang macam conan inilah.. akhrirnya.. gw sebagai pecinta nissan juga kan yang diuntungkan bila NMI juga mengaggap bahwa itu memang benar.. sekali lagi guys.. hanya NMI yang tahu apakah pendapat conan benar atau tidak dan tidak mungkin juga kita cerita kejelekan barang dagangan sendiri.. so be it conan memberikan masukan negative yang konstruktif. toh selama dia tidak "menjual paksa" suatu merek ATPM tertentu dan hanya "mengkomparasi" gw masih menilai.. conan ini adalah "smart customer" yang harus denger untuk menambah wawasan. once again sorry guys kalo ada salah kata.. like someone said.. in "3 kingdom" scenario we need this person to be exist. Btw bung conan, kapan2 kita tes drive bareng livina dengan salah satu bos NMI gimana? kayanya seru tuh.. kekeke.. gw sie konsumsi dehh..

Black Mr wrote:
ghost wrote:
dePanjOels wrote: Hmm.., setelah melihat beberapa comment,..sepertinya bung conan nih anti banget yah sama nissan livina,, yah kalo orang udah sebel ama sesuatu.., biasanya kalo dapet info yang bagus2 ngga digubris.., tapi kalo dapet temuan jeleknya satu aja walaupun kecil, langsung deh dibesar2kan.., ITUUU BIAASAANYA LOHH.. :P :D
Conan tuh belum pernah test drive.. Asal ngomong doang
Analisa dari orang awam yang tidak experience sama GL
Di dengerin boleh.. tidak lebih bagus..
Mending ndengerin orang yang complain GL tapi sudah pernah naek mobilnya
Conan tuh cuman pingin bersikap obyektif aja..tapi dia cuman melihat yg negatif aja..kalau ada yg negatif di post terus seolah olah semua prodak livina spt itu..bolehlah sekali kali liat yg positf..buktinya banyak yg uda terima mobil dan merasa puas dng prodak ini..seperti GL gw yang 1,5 AT..engk ada tu masalh yg seperti diceritain ama xboy.sekarang uda 1500km..gw bukan fanatik ama satu merk mobil..mobil apa yg gw punya gw rawat dong,apa aja de yg penting irit,,nyaman,,dan livina memenuhi standart tsbt..

bro conan engk ada salahnya kalau test dulu...ini mbl cukup menyenangkan de...ibarat ada makanan enak yg banyak di gemari orng,,kalau kt belum mencicipinya kagak mungkin tau d.enak pa engknya..racikan nya pas de..

Bravo mobil ekonomis BBM
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

Wahh.. selamet deh menikmati Livina baru-nya bung john.

Gw punya masih jauhhhh nih indentnya.. hiks.. hiks...
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
w1ndut
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 146
Joined: Thu Sep 16, 2004 7:08
Location: Jabodetabek

Post by w1ndut »

satyr wrote:emang orang sini kadang narsis. kalo dah punya mobilnya.. dibagus2in aja terus

harusnya objektif aja terhadap mobilnya

misal kaki2 gak enak... bilang aja... daripada menghibur diri jg gak akan jadi bagus :D

:)
GL kan baru beberapa bulan. orang yang memuji dan menafikan kelemahan GL juga belum pernah pakai sampai 5000 KM, bahkan baru test drive saja..:D
edwin
sila layari laman ini:

http://windut.co.cc
w1ndut
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 146
Joined: Thu Sep 16, 2004 7:08
Location: Jabodetabek

Post by w1ndut »

Black Mr wrote: bro conan engk ada salahnya kalau test dulu...ini mbl cukup menyenangkan de...ibarat ada makanan enak yg banyak di gemari orng,,kalau kt belum mencicipinya kagak mungkin tau d.enak pa engknya..racikan nya pas de..

Bravo mobil ekonomis BBM
Bro Black Mr sudah test konsumsi bahan bakar dalam segala kondisi jalan?

Thanks
edwin
sila layari laman ini:

http://windut.co.cc
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

Thats why maksud gw .. jadi open minded saja dulu.. belum tentu conan benar.. tapi belum tentu jg sithlord benar.
w1ndut wrote:
satyr wrote:emang orang sini kadang narsis. kalo dah punya mobilnya.. dibagus2in aja terus

harusnya objektif aja terhadap mobilnya

misal kaki2 gak enak... bilang aja... daripada menghibur diri jg gak akan jadi bagus :D

:)
GL kan baru beberapa bulan. orang yang memuji dan menafikan kelemahan GL juga belum pernah pakai sampai 5000 KM, bahkan baru test drive saja..:D
dion
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Tue May 01, 2007 7:58

Post by dion »

Smatic wrote:Klu soal sendat di GL saat akselerasi setelah pengereman khan mmg bawaan sistem ECU GL (UDS) krn ECU melakukan ON-OFF Aircond setelah pengereman utk mempercepat pengisian vakum booster rem GL yg kecil (yg habis setelah suatu pengereman). Mmg hal sendat tsb (ON-OFF Aircond) akan lebih terasa di mesin 1500cc dibandingkan yg 1800cc, apalagi di Daihatsu Sirion yg pake mesin 1300cc. Untung saja booster rem Xenia 1000cc masih lebih besar (pake yg asli non-ABS) dp GL/Sirion jadi ya ndak sendat tho.

Sebenarnya jenis booster rem GL & Sirion yg kecil tsb adalah bawaan booster rem yg telah dilengkapi dgn ABS (cukup sekali rem utk menghentikan laju kendaraan/tidak perlu dikocok dulu spt pada rem non-ABS), ttp krn pertimbangan harga jual maka ABS tsb dicopot dr GL & Sirion ttp pihak ATPM (NMI & ADM) lupa utk meng-up grade kembali booster rem tsb ke aslinya (yg non-ABS & lebih besar) saat modul ABS dicopot.
mirip kasus ECU xenia/avanza non & vvti ya, anehnya kok DAI gakngambil pelajaran ya, apa kebelet launching sirion ya.

bro smatic, artinya jika GL 1,5 nantinya dipasang ABS lagi sm NMI, problem ndut2an ini ilang? atau ada solusi murah meriah lainnya?
User avatar
gubraks
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: Mon Apr 09, 2007 2:36

Post by gubraks »

conan wrote:Apa tidak salah? Yang anomali kan produknya, bukan konsumennya. Buktinya jika para konsumen ini mengemudikan mobil2 yang lain atau mobil mereka yg sebelumnya, apa mengalami hal yg sama? Tanya kenapa..?
satyr wrote:mungkin settingan ecu nya kalo ini sih...normal2 aja. mobil laen jg ada yg gini
Faizra wrote:Yup,....Begini saja deh gampangnya, bagaimana menurut pendapat anda kalau pd akhirnya sekarang saya sama sekali tdk merasakan gejala ndut2an?
Gw rasa semuanya berhak mengemukakan pendapat ... mau cons mau pro bebas ... tapi ya... harus ada titik temu dong ya... kan namanya juga diskusi (assumed everyboy has good will)
Dari postings di atas terlihat bahwa terhadap gejala ndut2an di GL1.5MT, dari 2 SMers yang bukan pengguna:
Bung Conan berkesimpulan bahwa racikan di GL1.5 MT tidak sempurna.
Bung Satyr yg juga berwawasan otomotif luas menyimpulkan bahwa gejala tsb normal karena settingan ECU, di mobil lain juga terjadi.
Sementara dari pengguna:
Bung Faizra menyimpulkan bahwa hal tersebut terjadi karena belum terbiasa, setelah terbiasa, gejala ndut2an tidak lagi dirasakan ...
Nah... dari masing2 pendapat sudah didukung dengan argument2..
Silakan Bung conan, Bung Satyr tambah lagi dengan argument2 pro-consnya, Bung Faizra dan yang lain argument2 pro-cons dari experiencenya....
Kemudian harus ada titik temu dong, sportif gitu... ada kesimpulan yang diterima, nggak maksa sih.... at least jadi lebih jelas buat kami2 yang kurang berwawasan dan belum punya pengalaman...hehehe PEACE
User avatar
tigor
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 358
Joined: Fri Feb 24, 2006 0:24

Post by tigor »

ichsan_n wrote:Btw bung conan, kapan2 kita tes drive bareng livina dengan salah satu bos NMI gimana? kayanya seru tuh.. kekeke.. gw sie konsumsi dehh..
:e-clap: Ikuuutttt, saya setuju tuh unt TD bareng, barengan kita-2 yg ikut berbicara di thread ini. Baik yg dah dpt GL, yg masih nunggu inden maupun yg belom punya. Baik yg berpendapat A maupun yg berpendapat B, kumpul bareng, TD bareng. Biar thread ini menjadi semakin jelas kebenarannya. Sementara ini kalo dirasa satu-2 yg 'omong' dengan kepentingan yg masing-2, tampak nggak ada hasil yg memuaskan.
OKI, hari Jum'at libur atau Sabtu ini, didahului ngopi di PIM, kopi darat... Enak kan? bisa kopi darat, kenal langsung. Siapa tau saya bisa kenalan ama wartawan SM, atau Sales..atau sesama user spt saya ini.
Unt TD, bagi yg punya GL bisa 'minjemin' sebentar unt di TD bareng...Kalo keberatan, ya kita tinggal nyebrang jalan kaki ke samping PIM, ada Nissan di situ...mumpung lagi bisa TD, kita bareng-2an buktikan...apa yg dialami Xboy dan Saya di thread ini ....adalah benar adanya atau sebaliknya.
BTW pilih PIM enak lokasinya, sekalian banyak poldur nya :)
Kalo OK setuju, saya nunggu responnya dan saya daftar no.1
My gallery... http://tig0r.multiply.com/
JAUHKAN SUUD'ZON!!

Image
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

ichsan_n wrote:Guys, gw bukan bela connan.. but begini, dalam setiap kelompok.. entah itu forum atau apa lah.. pasti ada yang memiliki kemampuan terbaik dari berbagai sisi.. ada yang handal melihat kelemahan sesuatu.. ada jg yang lebih suka melihat kelebihan daripada musingin kelemahan.. dan terus terang, gw butuh hal2 yang memang kesannya "negative" dari livina ini apa agar tahu juga apa yang harus dilakukan dikemudian hari.. tapi jg bukan berarti kita tidak menyaring sikap sarkasme ataupun sentimentil.. selama itu memang objektiv why not? toh pujian berlebihan jg harus kita saring.. itu promosi ataukah real experience? jadi ane rasa tidak ada yang salah, tohhh.. gw yakin banget! NMI akan improve disisi produk bukan masukan dari orang yang memujinya.. tapi dari orang macam conan inilah.. akhrirnya.. gw sebagai pecinta nissan juga kan yang diuntungkan bila NMI juga mengaggap bahwa itu memang benar.. sekali lagi guys.. hanya NMI yang tahu apakah pendapat conan benar atau tidak dan tidak mungkin juga kita cerita kejelekan barang dagangan sendiri.. so be it conan memberikan masukan negative yang konstruktif. toh selama dia tidak "menjual paksa" suatu merek ATPM tertentu dan hanya "mengkomparasi" gw masih menilai.. conan ini adalah "smart customer" yang harus denger untuk menambah wawasan. once again sorry guys kalo ada salah kata.. like someone said.. in "3 kingdom" scenario we need this person to be exist.
Thanks Mr. Ichsan atas pendapatnya.

Aku adalah contoh orang yang menilai sebuah mobil justru dari banyaknya kekurangannya daripada kelebihannya. Mobil yang terbaik adalah mobil yang memiliki paling sedikit kekurangan dan mobil yang terbaik bagi kita adalah mobil yang bisa kita terima apa saja kekurangannya and live with it. Mengapa? Karena tidak ada satu pun mobil yang sempurna.

Kalau soal keunggulan, dapat dibaca langsung di brosur atau tanyakan pada salesman jika kita tidak keberatan dibanjiri kata-kata manis yang sebenarnya hanya pepesan kosong belaka. 'Keyless entry'? Hanya remote, nothing more. Tidak ada engine brake? Percayalah, tidak akan disinggung.

Terus terang, mentality bangsa ini BELUM bisa menghargai kritik dan kritikus. Kritik dianggap tabu, negatif. Kalau tidak ada kritik, bagaimana kita bisa maju as a civilization..?

Sebuah media otomotif lokal, setiap membahas sebuah mobil baru, selalu terselip sebutan 'terbaik di kelasnya'. Grand Vitara disebut terbaik, X-Trail disebut terbaik, CRV disebut terbaik. Dan kalau dibandingkan semuanya, tidak ada verdict yang mana yang no 1, 2, 3.

Mengapa media otomotif negara lain lazim melakukannya tanpa kuatir tidak disukai pabrikan yang 'kalah'? Karena baik media maupun pabrikan juga tahu persis, tidak semua orang akan otomatis membeli produk yang mendapat rangking satu. Ada yang lebih suka rangking dua karena modelnya, dan ada juga yang memilih rangking terakhir karena harganya jauh lebih ekonomis. Jadi, sebenarnya tidak ada yang kalah. Justru pabrikan yang produknya 'kalah' akan menggunakan input itu untuk memperbaiki produknya menjadi lebih baik lagi.

Aku tidak akan berubah hanya karena beberapa pemilik/calon pemilik mobil yang kukritik kekurangannya, tidak suka padaku dan mengeluarkan kata-kata kasar. Hey man, you get what you pay for, and nothing more, nothing less.

On a personal note, Mr. Ichsan, aku sangat menghargai objektivitas Anda. Anda adalah seorang calon pemilik GL tapi pandangan Anda tidak terganggu oleh fanatisme semata dan Anda dapat melihat bahwa kritik dariku pada Livina adalah hal yang objektif dan komparatif. Terima kasih.

:)
nurtaranto
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: Sat Mar 24, 2007 2:51

Post by nurtaranto »

bung conan, nanya ni: u kelas 1300 s/d 1500cc jenis mpv spt av/xe, livina, apv, maven dll kira2 tipe mana yg kelemahannya paling sedikit?
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

hehehe sebenernya no need to thanks kok mr conan karena ini juga agar suasana informatif di forum ini tetap terbuka dan saling bisa menghargai pendapat masing2.. yaa.. namanya jg dunia maya.. no personal feeling attached. makanya setiap orang bicara dengan stylenya masing2. dan karena itu jangan dimasukin hati... gw jg sering ditimpalin ngeselin disini.

dan kebetulan saya juga sama dengan anda dalam milih mobil. sama dengan milih pacarlah.. bisa langgeng bukan karena sempurna, tapi karena bisa nerima kekurangannya. bayangin kalo semua orang cuman bilang bagusnya doank.. lah wong mobil sekelas harrier aja masih ada kelemahannya kok. kalau punya duit lebih, jujur ya saya akan ambil serena atau S class sekalian. setuju, uang ngga pernah bohong lah.. and even saya jg sudah cukup mengerti kurang2nya livina ini dimana.. neverthless saya tetep tunggu inden saya datang. dan untuk cases livina, buat saya pendapat "negatif" di forum ini adalah the real "test drive" juga. Semoga posting saya kali ini mampu memancing sithlord untuk "kembali" ke kancah perforuman ini kembali.. lho?! ahahahahaha.. kidding l

conan wrote:.... Mobil yang terbaik adalah mobil yang memiliki paling sedikit kekurangan dan mobil yang terbaik bagi kita adalah mobil yang bisa kita terima apa saja kekurangannya and live with it. Mengapa? Karena tidak ada satu pun mobil yang sempurna.

Kalau soal keunggulan, dapat dibaca langsung di brosur atau tanyakan pada salesman jika kita tidak keberatan dibanjiri kata-kata manis yang sebenarnya hanya pepesan kosong belaka. 'Keyless entry'? Hanya remote, nothing more. Tidak ada engine brake? Percayalah, tidak akan disinggung.
kasih.:)
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

kalo nurut saya sih bukannya soal pro / con.
tapi penyampaiannya itu loh. kalo saya lihat2 sih sumber/pemicu-nya itu.

just my 2 cents.
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

nurtaranto wrote:bung conan, nanya ni: u kelas 1300 s/d 1500cc jenis mpv spt av/xe, livina, apv, maven dll kira2 tipe mana yg kelemahannya paling sedikit?
Menurutku, APV GX. Menurutku sebenarnya mobil ini paling cocok untuk pasar Indonesia. Think of it as a much, much cheaper Nissan Serena.
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

maxx wrote:Wahh.. selamet deh menikmati Livina baru-nya bung john.

Gw punya masih jauhhhh nih indentnya.. hiks.. hiks...
hehehe.. iya.. makasi.. due nya diperkirakan kapan?
nurtaranto
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: Sat Mar 24, 2007 2:51

Post by nurtaranto »

ichsan_n wrote:hehehe sebenernya no need to thanks kok mr conan karena ini juga agar suasana informatif di forum ini tetap terbuka dan saling bisa menghargai pendapat masing2.. yaa.. namanya jg dunia maya.. no personal feeling attached. makanya setiap orang bicara dengan stylenya masing2. dan karena itu jangan dimasukin hati... gw jg sering ditimpalin ngeselin disini.

dan kebetulan saya juga sama dengan anda dalam milih mobil. sama dengan milih pacarlah.. bisa langgeng bukan karena sempurna, tapi karena bisa nerima kekurangannya. bayangin kalo semua orang cuman bilang bagusnya doank.. lah wong mobil sekelas harrier aja masih ada kelemahannya kok. kalau punya duit lebih, jujur ya saya akan ambil serena atau S class sekalian. setuju, uang ngga pernah bohong lah.. and even saya jg sudah cukup mengerti kurang2nya livina ini dimana.. neverthless saya tetep tunggu inden saya datang. dan untuk cases livina, buat saya pendapat "negatif" di forum ini adalah the real "test drive" juga. Semoga posting saya kali ini mampu memancing sithlord untuk "kembali" ke kancah perforuman ini kembali.. lho?! ahahahahaha.. kidding l

conan wrote:.... Mobil yang terbaik adalah mobil yang memiliki paling sedikit kekurangan dan mobil yang terbaik bagi kita adalah mobil yang bisa kita terima apa saja kekurangannya and live with it. Mengapa? Karena tidak ada satu pun mobil yang sempurna.

Kalau soal keunggulan, dapat dibaca langsung di brosur atau tanyakan pada salesman jika kita tidak keberatan dibanjiri kata-kata manis yang sebenarnya hanya pepesan kosong belaka. 'Keyless entry'? Hanya remote, nothing more. Tidak ada engine brake? Percayalah, tidak akan disinggung.
kasih.:)
setuju! kita emang perlu kompromi dgn kekurangan yg ada pd mobil kita, tp bukan berarti nrimo begitu aja. sy sendiri udah 2 kali klaim k beres akibat ada cacat/kelemahan pd mobil sy. yang penting kita tau hak kita sebagai konsumen n sikap kritis jg perlu
nurtaranto
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: Sat Mar 24, 2007 2:51

Post by nurtaranto »

conan wrote:
nurtaranto wrote:bung conan, nanya ni: u kelas 1300 s/d 1500cc jenis mpv spt av/xe, livina, apv, maven dll kira2 tipe mana yg kelemahannya paling sedikit?
Menurutku, APV GX. Menurutku sebenarnya mobil ini paling cocok untuk pasar Indonesia. Think of it as a much, much cheaper Nissan Serena.
dulu sy jg sebenarnya milih tipe ini, tp sayang istri ga setuju, katanya modelnya jelek :?
ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Post by ween »

nurtaranto wrote:
conan wrote:
nurtaranto wrote:bung conan, nanya ni: u kelas 1300 s/d 1500cc jenis mpv spt av/xe, livina, apv, maven dll kira2 tipe mana yg kelemahannya paling sedikit?
Menurutku, APV GX. Menurutku sebenarnya mobil ini paling cocok untuk pasar Indonesia. Think of it as a much, much cheaper Nissan Serena.
dulu sy jg sebenarnya milih tipe ini, tp sayang istri ga setuju, katanya modelnya jelek :?
yup, yang saya ga suka dari apv adalah bentuknya yang kurang proporsional dgn dimensinya.......seperti caravelle yang kena kutuk :P

trus much better kalo pake coil spring di roda blkg & mesin pindah ke moncong(fwd).....
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

nurtaranto wrote:
conan wrote:
nurtaranto wrote:bung conan, nanya ni: u kelas 1300 s/d 1500cc jenis mpv spt av/xe, livina, apv, maven dll kira2 tipe mana yg kelemahannya paling sedikit?
Menurutku, APV GX. Menurutku sebenarnya mobil ini paling cocok untuk pasar Indonesia. Think of it as a much, much cheaper Nissan Serena.
dulu sy jg sebenarnya milih tipe ini, tp sayang istri ga setuju, katanya modelnya jelek :?
Kalau memang tidak suka bentuk kotak, memang bahkan Caravelle pun akan terlihat 'jelek', Mr. nurtaranto, tapi Anda bisa argue bahwa bentuk kotak ini justru memaksimalkan ruang di dalamnya, dan Anda bisa buktikan sendiri dengan duduk di semua baris ketiga dari mobil2 tsb. Tapi kalau memang tetap tidak suka bentuknya, apa mau dikata..

Di Jepang banyak sekali mobil berbentuk kotak, mereka justru suka bentuk kotak yang minimalis, fungsional and beautiful in its own way (Zen style)
nurtaranto
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: Sat Mar 24, 2007 2:51

Post by nurtaranto »

conan wrote:
nurtaranto wrote:
conan wrote: Menurutku, APV GX. Menurutku sebenarnya mobil ini paling cocok untuk pasar Indonesia. Think of it as a much, much cheaper Nissan Serena.
dulu sy jg sebenarnya milih tipe ini, tp sayang istri ga setuju, katanya modelnya jelek :?
Kalau memang tidak suka bentuk kotak, memang bahkan Caravelle pun akan terlihat 'jelek', Mr. nurtaranto, tapi Anda bisa argue bahwa bentuk kotak ini justru memaksimalkan ruang di dalamnya, dan Anda bisa buktikan sendiri dengan duduk di semua baris ketiga dari mobil2 tsb. Tapi kalau memang tetap tidak suka bentuknya, apa mau dikata..

Di Jepang banyak sekali mobil berbentuk kotak, mereka justru suka bentuk kotak yang minimalis, fungsional and beautiful in its own way (Zen style)
.

alphard jg kotak lo, tp kotak yang keren :e-dance:
dePanjOels
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Mon May 21, 2007 11:04

Post by dePanjOels »

Yup, gue sih sangat setuju mengenai menerima kritikan kelemahan mobil dan kita harus lebih sering mencari kelemahan suatu produk sebelum membelinya.., karena kalo mau cari kelebihan lebih gampang bisa dari sales, dari majalah dll.., sebelum beli GL, gue suka search di google dengan kata kunci "Kelemahan Nissan Grand Livina".., dan sampai lah gue di thread ini.., Cuma masalahnya komentar2 yang gue bisa pertimbangkan adalah komentar dari orang2 yang sudah melihat, membaca dan Mencoba mobil itu sendiri.., karena dengan menganalisa hanya berdasarkan melihat dan membaca saja belum cukup untuk mengambil suatu kesimpulan, sehingga harus dilakukan TD, biar lebih objektif.., Nah pengalaman gue adalah pada saat launching GL di SenCi, gue iseng2 aja nyoba dan ngga ada niat beli karena masih mimpi buat beli honda Stream,., tapi pas gue coba langsung.., kok nih mobil OK juga yah dan nyaman walaupun kok agak kecil dan sepertinya ngga sekokoh stream..,tapi dengan harga segitu, gue cuma dapet stream 2005 second.., jadi mulai tertariklah gue dengan GL.., makanya setelah itu gue selalu sibuk mencari informasi "Kelemahan GL" karena pasti nih mobil ada kelemahannya deh.., mulai dari milis, komentar2 orang , majalah, etc.
tapi untuk comment bung conan, kadang2 gue pertimbangkan kadang2 malah banyak yang dicuekin., karena sepertinya dia hanya mempertimbangkan dari Melihat dan Membaca tanpa Mencoba (menurut pengamatan gue loh).., Terkadang ada juga comment2 keunggulan GL yang menurut gue ngga masuk akal, waktu iitu gue pernah baca kalo saking kedapnya GL, suara orang demo dan motor nyaris tak terdengar.., wah hebat banget.., makanya gue Coba TD.., ternyata ngga segitu2 nya.., yah lumayan kedap lah, tapi tetap saja terdengar suara motor diluar.., Jadi TD adalah salah satu pembuktian atas apa yg di gembar gemborkan.., gittuuu loohh..,
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

nurtaranto wrote:
conan wrote:
nurtaranto wrote:bung conan, nanya ni: u kelas 1300 s/d 1500cc jenis mpv spt av/xe, livina, apv, maven dll kira2 tipe mana yg kelemahannya paling sedikit?
Menurutku, APV GX. Menurutku sebenarnya mobil ini paling cocok untuk pasar Indonesia. Think of it as a much, much cheaper Nissan Serena.
dulu sy jg sebenarnya milih tipe ini, tp sayang istri ga setuju, katanya modelnya jelek :?
kalo nurut saya APV bukan modelnya yg jelek. malahan cenderung modern, modelnya IMHO. sekalipun tetep aneh dimata saya. :)

kalo tujuan utamanya mencari ruang yg luas. dengan harga segitu, APV tiada duanya. yah selain saudara kembarnya Maven :)

tapi masalah utama APV bagi saya adl kenyamanannya. selain itu, saya kalo nyetir APV ortu punya, selalu kepanasan di pantat :) ini kendaraan emang cocoknya untuk niaga. untuk bawa2 barang. bukan bawa orang. hehehehe. apalagi bawa ibu hamil. :)
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

ntar kalo lapar, pecahin aja telur ayam ke kursinya pasti telurnya bisa matang... :lol:












Ngawur MODE : ON :lol:
Image
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

dePanjOels wrote:Yup, gue sih sangat setuju mengenai menerima kritikan kelemahan mobil dan kita harus lebih sering mencari kelemahan suatu produk sebelum membelinya..,
Terkadang ada juga comment2 keunggulan GL yang menurut gue ngga masuk akal,
hehe emang betul juga.
namanya juga manusia2 yg unik2 yah. ada yg hiperbola ada yg enggak. ada yg pro-nya sampe hiperbola. ada yg kritik-nya sampe hiperbola juga. dan manusia dlm merasakan sesuatu, pasti mau gak mau ada unsur subyektifitas. jadi ada yg berasa koq lebih senyap atau lebih kasar, lebih mahal, lebih murah, dsb.
yah balik2 lagi paling bagus, spt yg dilakukan depanjoels, diterima semua inputnya, lalu rasain sendiri. kalo suka ya udah, kalo engga ya udah... :)
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

Hansen wrote:ntar kalo lapar, pecahin aja telur ayam ke kursinya pasti telurnya bisa matang... :lol:Ngawur MODE : ON :lol:
kayaknya sih gak ngawur2 amat. *hiperbol mode* :)

tapi emang loh, entah saya yg over sensitif ato gmana. tapi sekalipun dibilang APV sdh ada peredam panasnya antara mesin n jok, tapi tetep aja, saya berasanya panas banget. nah disini deh unsur subyektifitas mulai berperan. :P
Smatic
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: Wed Nov 30, 2005 11:44

Post by Smatic »

dion wrote:
Smatic wrote:Klu soal sendat di GL saat akselerasi setelah pengereman khan mmg bawaan sistem ECU GL (UDS) krn ECU melakukan ON-OFF Aircond setelah pengereman utk mempercepat pengisian vakum booster rem GL yg kecil (yg habis setelah suatu pengereman). Mmg hal sendat tsb (ON-OFF Aircond) akan lebih terasa di mesin 1500cc dibandingkan yg 1800cc, apalagi di Daihatsu Sirion yg pake mesin 1300cc. Untung saja booster rem Xenia 1000cc masih lebih besar (pake yg asli non-ABS) dp GL/Sirion jadi ya ndak sendat tho.

Sebenarnya jenis booster rem GL & Sirion yg kecil tsb adalah bawaan booster rem yg telah dilengkapi dgn ABS (cukup sekali rem utk menghentikan laju kendaraan/tidak perlu dikocok dulu spt pada rem non-ABS), ttp krn pertimbangan harga jual maka ABS tsb dicopot dr GL & Sirion ttp pihak ATPM (NMI & ADM) lupa utk meng-up grade kembali booster rem tsb ke aslinya (yg non-ABS & lebih besar) saat modul ABS dicopot.
mirip kasus ECU xenia/avanza non & vvti ya, anehnya kok DAI gakngambil pelajaran ya, apa kebelet launching sirion ya.

bro smatic, artinya jika GL 1,5 nantinya dipasang ABS lagi sm NMI, problem ndut2an ini ilang? atau ada solusi murah meriah lainnya?
Laen bro di Avz/Xe non-VVTi sendat masalah "fuel puddle size" yg minim akibat VVTi-nya dicopot, lebih parah dp sendat dr ON-OFF Aircond. Coba aza jalankan Avz/Xe non-VVTi di gigi 2 konstan pada rpm 1500-1600 (tanpa akselerasi/deselerasi) maka dalam waktu 2-3 menit pasti sudah terjadi sendat beberapa kali. :( Sedangkan yg terjadi di GL/Sirion hanya setelah pengereman saja krn ON-OFF Aircond.

Bisa dicopot kok sistem kontrol ECU thdp ON-OFF Aircond di GL/Sirion cuman mungkin pengereman terdekat berikutnya menjadi kurang pakem krn booster rem sudah krg vakum lagi setelah pengereman yg pertama. Pasang ABS tidak semudah pasang busi bro, musti tambah 4 sensor roda @ Rp 1,5 jt + modul ABS @ Rp 6 jt + ganti main ECU + ganti brake piping/wiring harness & garansi hilang, sebaiknya beli aza GL yg Ultimate 1.8L sekalian yg sudah ada ABS-nya ato beli Avz S @ Rp 131 jt yg sudah dilengkapi dgn ABS klu doinya ndak cukup.