Kijang Innova D-4D - PART 01

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5489
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Kijang Innova D-4D

Post by nugroho bagor »

NYoman wrote:btw oot, ini om billy juga ada di alph*rian ya? hehe, kayaknya pernah liat ID nya :big_slap:
wah iya, om nyoman alph*rian juga yah? :D :D ID disana apa om? hehe :D

puas sih om larinya hehe..... :D gw g ngerti waktu tune nya, d kerjain tuner, g rekues setting apa2, g ngerti juga ngoprek d4d taunya tempel piggy dkk pasti kenceng hehe..

hasilnya skrng jd kya karakter sedan nih klw d mode high... tenaga dri 1200rpm uda ngisi deras badan sih uda nempel aja ke jok d rpm rendah jg,tp mulai peaknya d 3000 ngisi terus sampe 4000rpm range sgtu peaknya sampai redline di cut sama ecu, torsi juga kyanya rada tinggi rpmnya nih, d atas 2000rpm an... lupa lg ntar liat d dynochartnya..

jadi paling nikmat bwat main rpm atas tempelin redline terus :D meski main rpm rendah juga bukan bearti *kurang* yah :D

klw macet ke low, di high klw di bawa pelan malah ndut ndutan sulit bisa smooth.. :hammer:

lucunya tetep irit euy... luarkota 1:12an solar biasa, yg boros di tol karna cruise 100kmh aja rpmnya 2900 :frm_bang_head: pernah di isi dex, umm larinya kya g robah aneh juga..

d cipularang saat nanjak ngembat terus gigi5 RPMnya yg abis redline mobilnya masih bisa lari tp uda redline d 130-140an... skrng masalahnya d transmisi, ratio,clucth, ban *masih pke ban stdnya haha* . dasar modip naikin mesin temennya jadi minta di oprek juga.... haha :D

klw di mode high suara mesin lebih kasar, ketukan injector saat d gas lebih kedenger... di low berkurang, di off hilang tu suara. meski ga sampai taraf menggangu sih, klw g di denger bener2 ga akan sadar suaranya robah. tp sekali ngeh... pasti kedenger terus haha :D

daily sih selalu di mode low/eco, itu juga udah enak, keluar kota pling med, klw pingin ngegas baru di high.

dulu klw di high, gigi 4 jalan datar rpm 1000 terus di gas.. bgtu 1500 langsung deh slip, rpm naik mobil engga... apa lagi waktu nanjak hehe

biasa bwa suv yg peaknya di pertengahan, jd amaze karakternya gini hehehe,
pikiran gw mestinya klw bwat suv, bisa kli yah rekues biar d tune kya suv torquenya di rpm bawah, gpp hpnya g terlalu besar. kan ada switchnya bisa di robah2 maping nya.

:beer:[/quote]
Waduh sampai bgtu ya..saking besarnya torsinya, 400nm!!
Oh iya om d4d sy kmrn coba2 dipakai di 100km/h masih dpt kok 2400-2500

(id ns adhitya) :big_slap:[/quote]
:drinking: Waduh keracunan berat nih gw, :upss:
LV
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Fri Apr 20, 2007 12:45

Re: Kijang Innova D-4D

Post by LV »

Turboman wrote:
LV wrote: Kenapa bisa kasih advice seperti itu.., soalnya gue dah ganti DP, tutup EGR, K&N air filter, grounding, pas di dyno.. ye.. HP-nya std banget cuma 95 doank.. (memang mesin belum sampai 5000, oli pakai mineral, oli gardan masih bawaan pabrik), terus cuma ditambah Junior Mark III, HP langsung naik 150hp.

Gue tadinya pas ganti DP, berasa tarikan sudah beda.. lebih enak.. tp pas pasang piggy-back..
hm.. ganti DP kemarin sich jadi ngak ada apa2nya... kalau ini bener2 beda.. gas-nya jg lebih enak, di toel aja cukup, mau buat ditarik jg mantap bgt, ngisi terus..
IMO:
Perbaikan pada aspek mekanikal (intake - exhaust) serta dari sisi kelistrikan (Grounding) adalah hal yg synergystic thd instalasi Piggyback, nanti bisa dilihat kurva grafik-nya antara mesin yg Full std + Piggy vs perbaikan mekanikal / ground + Piggy

Grounding di sini adalah Ground cable pada daerah mesin dan ECU, wujudnya berupa kabel2 murni, bukan modul ground model kotek dgn lampu dgn merek tertentu yg dijual mahal......kalo itu sih memang nggak ada guna-nya.

Fun to drive factor yg enak = grafik Torsi tinggi bisa membentang selebar mungkin
Ngak sich om, grounding yang saya pakai, grounding kabel bikinan sendiri, murni kabel, beli di toko audio, malah gue pilih yg paling gede diameternya 4AWG, jauh lebih gede dari pada kabel grounding kabel bermerek yg ada kotaknya..

Kalau piggy back tanpa grounding sich ngak tahu om.., tp yg pasti grounding, DP free flow, EGR delete, K&N HP di mobil D4D saya cuma dapat 94.5 HP dyno
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Kijang Innova D-4D

Post by billyd1773dz »

NYoman wrote: Waduh sampai bgtu ya..saking besarnya torsinya, 400nm!!
Oh iya om d4d sy kmrn coba2 dipakai di 100km/h masih dpt kok 2400-2500
(id ns adhitya) :big_slap:
td ane d tol 100kmh @ 2900an gigi 5 deh om 3000 kurang dikit.... hehe :D mungkin ukuran ban pengaruh kli yah... gw masih pke ban std nih hehe :D

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Kijang Innova D-4D

Post by billyd1773dz »

kopling ane, akhirnya di tuker yg lama, yg uda di pantek..... hasilnya.... hurayy.. kembali normal... hilang tu geter2 parah haha :D di coba geber juga g slip ternyata.. :D ya uda g rugi deh biaya pantek cuma 200rb... hehe :D

kopling aftermarketny setelah di buka uda parah gtu, kanvasnya uda mw kena baut, mataharinya jadi bergelombang ga rata.. knp bisa gtu yah? umurnya blm ada 1 thn.. dan gw yakin seblm di psang masih bagus.... emang dapat cacat gtu kah.



hehe jajal tanjakan emen subang,bisa g kerasa nanjak gini enteng aja ngasepin yg lain ... kaya bawa yg V8 haha :D

ipah d4d MT di tol memang nyebelin berisik,boros dan topspeed sgtu2 aja.. tp klw di jalur luar kota non tol nikmaatt.. :D

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
mr-saga
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 608
Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
Location: Lamongan - Jawa Timur

Re: Kijang Innova D-4D

Post by mr-saga »

@om Bily-- di tol malah boros solar?? Kok bs gitu Om??
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Kijang Innova D-4D

Post by billyd1773dz »

mr-saga wrote:@om Bily-- di tol malah boros solar?? Kok bs gitu Om??
rpmnya terlalu tinggi om... 100kmh @2900, 120 uda 3500an... 140 uda pas di merah... hehe :D ngeraung gtu... :D
mesti gedein ban kayanya nih.. tp ya seboros2 nya juga tetep aja masih bisa di bilang irit.. :D

jd klw di tol sih kalem aja 100kmh, bgtu nanjak baru deh bejek g abis2 tenaganya haha :D

klw non tol sih ueriiit.. :D

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
mr-saga
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 608
Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
Location: Lamongan - Jawa Timur

Re: Kijang Innova D-4D

Post by mr-saga »

billyd1773dz wrote:
mr-saga wrote:@om Bily-- di tol malah boros solar?? Kok bs gitu Om??
rpmnya terlalu tinggi om... 100kmh @2900, 120 uda 3500an... 140 uda pas di merah... hehe :D ngeraung gtu... :D
mesti gedein ban kayanya nih.. tp ya seboros2 nya juga tetep aja masih bisa di bilang irit.. :D

jd klw di tol sih kalem aja 100kmh, bgtu nanjak baru deh bejek g abis2 tenaganya haha :D

klw non tol sih ueriiit.. :D

:beer:
ow gitu..hehe :off_good_job:
sekarang msh pake ban ukuran std Om?
apa gak pengen tuh ganti gear ratio gigi 5 nya aja? :ungg:
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Kijang Innova D-4D

Post by billyd1773dz »

mr-saga wrote: ow gitu..hehe :off_good_job:
sekarang msh pake ban ukuran std Om?
apa gak pengen tuh ganti gear ratio gigi 5 nya aja? :ungg:
std om, yg kecil, bawaan mobilnya.... hehe :D

wow bisa yah? pke gearnya apa? iya sih gigi5 ama 4 tipis amet.. sering gw lewat gigi4nya hehe :D

denger sih FG di ganti AT... tp blm dpt kepastian aja FG AT ring:pinionnya brp MT brp... bwat perbandingan aja worth it ga.. :D

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
mr-saga
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 608
Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
Location: Lamongan - Jawa Timur

Re: Kijang Innova D-4D

Post by mr-saga »

billyd1773dz wrote:
mr-saga wrote: ow gitu..hehe :off_good_job:
sekarang msh pake ban ukuran std Om?
apa gak pengen tuh ganti gear ratio gigi 5 nya aja? :ungg:
std om, yg kecil, bawaan mobilnya.... hehe :D

wow bisa yah? pke gearnya apa? iya sih gigi5 ama 4 tipis amet.. sering gw lewat gigi4nya hehe :D

denger sih FG di ganti AT... tp blm dpt kepastian aja FG AT ring:pinionnya brp MT brp... bwat perbandingan aja worth it ga.. :D

:beer:
FG itu singkatan dari apa ya om?
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Kijang Innova D-4D

Post by htannis »

Halo saya nubie, ikut gabung, pemilik gnki d4d a/t, mobil baru pasang turbo timer, tutup egr, dan filter k&n
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
vigoderoza
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: Tue Aug 03, 2010 5:08
Location: Jakarta ooh Jakarta....

Re: Kijang Innova D-4D

Post by vigoderoza »

mr-saga wrote:
billyd1773dz wrote:
mr-saga wrote: ow gitu..hehe :off_good_job:
sekarang msh pake ban ukuran std Om?
apa gak pengen tuh ganti gear ratio gigi 5 nya aja? :ungg:
std om, yg kecil, bawaan mobilnya.... hehe :D

wow bisa yah? pke gearnya apa? iya sih gigi5 ama 4 tipis amet.. sering gw lewat gigi4nya hehe :D

denger sih FG di ganti AT... tp blm dpt kepastian aja FG AT ring:pinionnya brp MT brp... bwat perbandingan aja worth it ga.. :D

:beer:
FG itu singkatan dari apa ya om?
Final Gear
User avatar
shale shaker
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 128
Joined: Sat Nov 17, 2012 1:47

Re: Kijang Innova D-4D

Post by shale shaker »

Numpang tanya lagi master disini...

Kalau utk menon-aktifkan EGR di D4d selain dengan menutup pipa EGR apakah bisa dengan memodifikasi selang vacuum actuator EGR valve atau memutus listrik ke solenoid nya?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22001
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

shale shaker wrote:Numpang tanya lagi master disini...

Kalau utk menon-aktifkan EGR di D4d selain dengan menutup pipa EGR apakah bisa dengan memodifikasi selang vacuum actuator EGR valve atau memutus listrik ke solenoid nya?
Check engine bisa nyala
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Kijang Innova D-4D

Post by NYoman »

billyd1773dz wrote:
NYoman wrote: Waduh sampai bgtu ya..saking besarnya torsinya, 400nm!!
Oh iya om d4d sy kmrn coba2 dipakai di 100km/h masih dpt kok 2400-2500
(id ns adhitya) :big_slap:
td ane d tol 100kmh @ 2900an gigi 5 deh om 3000 kurang dikit.... hehe :D mungkin ukuran ban pengaruh kli yah... gw masih pke ban std nih hehe :D

:beer:
hhe, ban nya sutandar om, maunya sih ganti (bawaan toyota dunlop sp sport kalau ndak salah) ngeri omm, kmrn aquaplanning pas di bali..hiii
apa krn mobil sy masih gress ya makanya RPM dapet lebih rendah? tapi saya juga ga pernah lbh dr 100km/h karena masih inreyen :wkkk:
cuma memang tenaganya Ipah D4D ini ajib di putaran bawah-menengah..kmrn naik gunung, tanjakan lumayan, 40 derajat dan berkelok..ga pernah masuk 1, selalu 2-3 RPM gak pernah lebih dari 2900! (kmrn ipah bensin ikutan juga sama2 buatan 2012, malah di tanjakan lebih sering 1-2) penumpang ipah diesel 5 orang, AC on di Lo..tenaganya gak nahan, padahal standart.. :big_peace:

maunya sih ganti Air Filter (JFC/K&N) sama downpipe, ngaruhnya kira2 nambah berapa dk & nm? saya gak perlu ekstrim sih, cuma perlu harian dan kadang di pakai keluar kota biar enak waktu nyalip..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Kijang Innova D-4D

Post by billyd1773dz »

NYoman wrote:
billyd1773dz wrote:
NYoman wrote: Waduh sampai bgtu ya..saking besarnya torsinya, 400nm!!
Oh iya om d4d sy kmrn coba2 dipakai di 100km/h masih dpt kok 2400-2500
(id ns adhitya) :big_slap:
td ane d tol 100kmh @ 2900an gigi 5 deh om 3000 kurang dikit.... hehe :D mungkin ukuran ban pengaruh kli yah... gw masih pke ban std nih hehe :D

:beer:
hhe, ban nya sutandar om, maunya sih ganti (bawaan toyota dunlop sp sport kalau ndak salah) ngeri omm, kmrn aquaplanning pas di bali..hiii
apa krn mobil sy masih gress ya makanya RPM dapet lebih rendah? tapi saya juga ga pernah lbh dr 100km/h karena masih inreyen :wkkk:
cuma memang tenaganya Ipah D4D ini ajib di putaran bawah-menengah..kmrn naik gunung, tanjakan lumayan, 40 derajat dan berkelok..ga pernah masuk 1, selalu 2-3 RPM gak pernah lebih dari 2900! (kmrn ipah bensin ikutan juga sama2 buatan 2012, malah di tanjakan lebih sering 1-2) penumpang ipah diesel 5 orang, AC on di Lo..tenaganya gak nahan, padahal standart.. :big_peace:

maunya sih ganti Air Filter (JFC/K&N) sama downpipe, ngaruhnya kira2 nambah berapa dk & nm? saya gak perlu ekstrim sih, cuma perlu harian dan kadang di pakai keluar kota biar enak waktu nyalip..
hehe sama om, kyanya dunlop juga. gtw nih, uda biasa pke suv ban mt atw xt jangkung g pke stabillizer, pke ban imut stdnya ipah kaya mantep ajah... hahaha :D tp bener om mesti ganti ban, kyanya ni ban dri baru kluar showroom blm pernah di ganti...

gw beli ni mbl setahun lalu bekas 2009 KMnya 17rb, ngeganti tokidis 97 hehe :D waktu itu sih kesan pertama gw tenaganya malah di bawah tu tokidis.....
mungkin karna jarang di pke kli sama pemilik sebelumnya dan di pke juga jarang di geber, *kadang2 mobil yg biasa di pke low rpm/pelan, bgtu di suruh lari jadi lemot... sesekali mesti di suruh olahraga mesinnya* jadi ya gtu deh frustasi hehehe :D .
setelah beberapa bulan tak pakai akhirnya membaik juga, uda lumayan low to mid rpm uda ok,meski ke arah atas mulai aga nahan nanjak2 juga uda mendingan,karakter mesin kaya engine N.A ga ada rasa2 turbonya...

sebenernya jauh dri sebelum punya ipah uda keracunan piggy duluan sih, jadi bgtu dpt, langsung sikat aja haha,piggy jd alesan beli ipah :D haha, skrng nanjak2 klw ga takut terlalu kenceng, panteng gigi 3/4 juga kuat2 aja, rpm uda 1200 gigi 3 saat nanjak g perlu di oper, di gas aja langsung ngisi lagi.

skrng klw piggy OFF, bearti sama dgn ipah std + Intercooler+DP kansai+KnN filter+turbo boostcontroler. dan terus terang aja, itu masih JAUH dibanding piggy di kondisi ECO/Low sekalipun..... :D terutama rpm atasnya, baru kerasa sensasi khas turbo saat nariknya tuh.

dan kondisi piggy off di atas, sama ipah 2011 sodara std, ada beda kya spool turbo lebih cpt torsi rpm rendah ningkat berkat DP,.... tp ga signifikan ga ngerubah karakter mesin.. ga ngerubah kurva power dan torsi

dan suara engine juga beda yg std jauh lebih halus, piggy Low rada robah, d high muncul cletak2 dan cess waktu di angkat gasnya,lebih kasar suaranya.

jd imho sih, mending nabung aja langsung ke piggy, karna itu yang paling besar pengaruhnya... hehehe :D

tp terserah om yah, klw ipahnya baru mungkin pertimbanganya ke masa inreyen dan garansi juga.

:beer:
Last edited by billyd1773dz on Thu Jan 03, 2013 14:50, edited 1 time in total.
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22001
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

Silakan baca2 kembali tulisan bang PenyuTurbo dalam prinsip dasar modifikasi mesin

Bang penyu mengatakan bahwa mesin ibarat pompa, jadi saluran masuk dan keluar harus lancar

Exhaust yg baik (DP / CP / Tailpipe) itu pasti akan berpengaruh thd kurva Torsi & Hp, sekaligus membuat EGT lebih rendah krn pembuangan panas lebih lancar

Demikian juga perbaikan sistem intake manifold spt Free flow air filter.

Mesin2 mobil (kecuali exotic cars) banyak yg disain intake / exhaust-nya gak ideal, krn pertimbangan Cost.

Piggyback adalah langkah terakhir setelah penyempurnaan mekanikal beres dilakukan.

IMO & CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Kijang Innova D-4D

Post by NYoman »

saya sebetulnya gak kaget2 bgt dgn performa diesel nya Ipah..karena sudah telrihat dari spek di atas kertas yg menurutnya kurang untuk ngangkat bodi sebesar ipah (performa ngebut) tapi nyaman sudah pasti di dapat karena mesinnya paling anteng diantara diesel CRD yg ada..
sebelumnya kan pakai terios, torsi tembus 200nm (sama dengan ipah d4d std) dan powernya 140an terakhir dyno.. jadi berasa agak aneh naik ipah, tarikan sih enak, cuma buat naik ke 100km/h agak lambat saja dan saya kalau keluar kota sering gak sabaran salip menyalip :big_weee: ..katanya ganti DP + free flow filter cukup membantu putaran atas dan bawahnya..lihat dari kansai katanya DP mereka bisa menaikan sampai 5.1dk dan torsi 7.9nm (cuma 0.8 kg/m? )
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Kijang Innova D-4D

Post by billyd1773dz »

Turboman wrote:Silakan baca2 kembali tulisan bang PenyuTurbo dalam prinsip dasar modifikasi mesin

Bang penyu mengatakan bahwa mesin ibarat pompa, jadi saluran masuk dan keluar harus lancar

Exhaust yg baik (DP / CP / Tailpipe) itu pasti akan berpengaruh thd kurva Torsi & Hp, sekaligus membuat EGT lebih rendah krn pembuangan panas lebih lancar

Demikian juga perbaikan sistem intake manifold spt Free flow air filter.

Mesin2 mobil (kecuali exotic cars) banyak yg disain intake / exhaust-nya gak ideal, krn pertimbangan Cost.

Piggyback adalah langkah terakhir setelah penyempurnaan mekanikal beres dilakukan.

IMO & CMIIW
bener om turbo..

biasanya klw di pasang piggy only di tunenya*klw tuneable* biasanya di minimal, setelah komponen pendukung kaya intake, ekshaust,intercooler di penuhin untuk menekan EGT dan lainya, baru Piggynya bisa di tune lebih lanjut. dan imho piggy yg d tune minimal mestinya tetep lebih signifikan bedanya di banding yg lain..

imho loh dri nubie ini... gimana juga om turbo lebih sepuh soal ini, dulu juga gw keracunan dri tulisannya om turbo.. wkwkw :D

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Kijang Innova D-4D

Post by billyd1773dz »

NYoman wrote:saya sebetulnya gak kaget2 bgt dgn performa diesel nya Ipah..karena sudah telrihat dari spek di atas kertas yg menurutnya kurang untuk ngangkat bodi sebesar ipah (performa ngebut) tapi nyaman sudah pasti di dapat karena mesinnya paling anteng diantara diesel CRD yg ada..
sebelumnya kan pakai terios, torsi tembus 200nm (sama dengan ipah d4d std) dan powernya 140an terakhir dyno.. jadi berasa agak aneh naik ipah, tarikan sih enak, cuma buat naik ke 100km/h agak lambat saja dan saya kalau keluar kota sering gak sabaran salip menyalip :big_weee: ..katanya ganti DP + free flow filter cukup membantu putaran atas dan bawahnya..lihat dari kansai katanya DP mereka bisa menaikan sampai 5.1dk dan torsi 7.9nm (cuma 0.8 kg/m? )
wow teriosnya di apain 140hp? wkwkw :D

wkwk setuju om, nyokap gw malah demen naik ipah std sodara ane, lebih haluss.. termasuk saat aksel minim nyentak2, sopirnya jd g bisa agresif... jd penumpang sih enak haha :D

imho sih tetep, klw mw puas mesti berakhir di piggy... lebih mantep lagi ya DP+KnN+piggy, itu sekitar 150ps, di tambah intercooler naik sampai 190ps-200ps. bukan intercoolernya yang nambah 40hp... tp dgn intercooler memungkin suhu EGT ditekan lebih rendah, dan Piggy bisa di tune ulang lebih tinggi lagi... bgtu juga DP dll... boleh juga berurutan piggy terkahir biar ngetunenya sekali aja, ga bulak balik...

gtw yah gmn ekspektasi orngnya juga sih dan faktor pembanding, gw klw piggy off blm puas. sama daihatsu rugger turbodiesel ban 33" jadul aja masih enakan rugger yg di atas kertas cuma 115ps 250nm *klw kondisi baru* turbonya lebih kerasa narik2 lebih enak. di piggy d low tu hampis sama dgn rugger. tp iritnya jauhh, iritan ipah kemana2... hehe :D

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Kijang Innova D-4D

Post by NYoman »

saya ndak inget dulu teriosnya diapain aja..yg jelas sebelum di jual kmrn sudah standart lagi hhe..
kayaknya ganti Header 4-1, silent sport muffler (ini dapet darimana juga ga tau, om ane yg punya kerjaan hha), ganti busi iridium, K&N filter, kampas kopling sama unichip type Q+ :wkkk: entah mesin dyno nya error kali ya bisa baca sampai sebesar itu..

karena pada dasarnya saya gak mau repot harus cabut kabel sini dan situ..inget dulu pasang unichip, repot juga harus sambung kabel sana sini, tapi berhubung ECU ipah diesel di ruang mesin mungkin instalasinya lebih mudah dari terios..

kebetulan kemarin sudah konsul sama beres, ternyata ganti free flow filter, ganti DP dan tambah GC "Tidak Menggugurkan Garansi" karena tidak merubah mesin secara keseluruhan :big_peace:
kalau irit, kemarin ke bali malah dapet cuma 1:12 aja mentok..katanya bisa 1:14 entah sy yg bodoh cara bawanya atau memang karena masih baru hhe,..

oh ya tambahan, saya ngerasa kok suara ipah diesel saya agak kasar ya, kayak bawa panther turbo..kata beres karena oli masih std pabrik (TGO) dan kata si mekanik, di beres ga pernah ada yg mau pakai TGO maunya magnatec :big_slap: apa oli pengaruhnya besar terhadap kehalusan mesin?
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22001
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

NYoman wrote: oh ya tambahan, saya ngerasa kok suara ipah diesel saya agak kasar ya, kayak bawa panther turbo..kata beres karena oli masih std pabrik (TGO) dan kata si mekanik, di beres ga pernah ada yg mau pakai TGO maunya magnatec :big_slap: apa oli pengaruhnya besar terhadap kehalusan mesin?
Kalo pake Bisolar full dikasih racun macam Redline 85+ atau CRC 1 Tank PR then denger suara mesinnya

Dosis maintenance aja.

Oli mesin juga sgt berpengaruh hd suara mesin
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Kijang Innova D-4D

Post by billyd1773dz »

^^
om turbo klw bole tw suka pke oli apa?

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Kijang Innova D-4D

Post by billyd1773dz »

NYoman wrote:saya ndak inget dulu teriosnya diapain aja..yg jelas sebelum di jual kmrn sudah standart lagi hhe..
kayaknya ganti Header 4-1, silent sport muffler (ini dapet darimana juga ga tau, om ane yg punya kerjaan hha), ganti busi iridium, K&N filter, kampas kopling sama unichip type Q+ :wkkk: entah mesin dyno nya error kali ya bisa baca sampai sebesar itu..

karena pada dasarnya saya gak mau repot harus cabut kabel sini dan situ..inget dulu pasang unichip, repot juga harus sambung kabel sana sini, tapi berhubung ECU ipah diesel di ruang mesin mungkin instalasinya lebih mudah dari terios..

kebetulan kemarin sudah konsul sama beres, ternyata ganti free flow filter, ganti DP dan tambah GC "Tidak Menggugurkan Garansi" karena tidak merubah mesin secara keseluruhan :big_peace:
kalau irit, kemarin ke bali malah dapet cuma 1:12 aja mentok..katanya bisa 1:14 entah sy yg bodoh cara bawanya atau memang karena masih baru hhe,..

oh ya tambahan, saya ngerasa kok suara ipah diesel saya agak kasar ya, kayak bawa panther turbo..kata beres karena oli masih std pabrik (TGO) dan kata si mekanik, di beres ga pernah ada yg mau pakai TGO maunya magnatec :big_slap: apa oli pengaruhnya besar terhadap kehalusan mesin?
d bensin piggy naiknya gede g sih?

klw piggy kya powerlab kan g perlu potong kabel yah?
ecu shop for KD engine klw g salah g potong juga... :D cmiiw om turbo nih yg apal..
gw pke motul CRDi menurut om turbo gmn nih tu oli? harganya aja euy... pingin ganti yg lain..

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Kijang Innova D-4D

Post by NYoman »

Turboman wrote:
NYoman wrote: oh ya tambahan, saya ngerasa kok suara ipah diesel saya agak kasar ya, kayak bawa panther turbo..kata beres karena oli masih std pabrik (TGO) dan kata si mekanik, di beres ga pernah ada yg mau pakai TGO maunya magnatec :big_slap: apa oli pengaruhnya besar terhadap kehalusan mesin?
Kalo pake Bisolar full dikasih racun macam Redline 85+ atau CRC 1 Tank PR then denger suara mesinnya

Dosis maintenance aja.

Oli mesin juga sgt berpengaruh hd suara mesin
mungkin mau nyoba redline deh, soalnya pakai norival gak ngaruh2 banget..cuma asepnya aja jadi hampir ga ada..

kalau sudah inreyen (break in) 1000 km boleh pakai oli full synth gak? apa masih harus mineral sampai 10.000km? kalau saran om turbo apa oli yg bagus?
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22001
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

NYoman wrote: mungkin mau nyoba redline deh, soalnya pakai norival gak ngaruh2 banget..cuma asepnya aja jadi hampir ga ada..

kalau sudah inreyen (break in) 1000 km boleh pakai oli full synth gak? apa masih harus mineral sampai 10.000km? kalau saran om turbo apa oli yg bagus?
Kalau mau terasa performance-nya recommend : CRC 1 Tank Power Renew, konon saat ini yg byk stok di ACE Living World - AlSut dan ACE - mall Artha Gading

Seusah 1000 Km mau pakai Full Synth ya gak masalah, cuman kalau saya pribadi sih pakai Full Synth selepas 5000 Km.
* Bukan ajakan Beli *