Honda CBR 150 R VS Yamaha V-Ixion!!!

Segala motor tipe sport (GL, CBR, Tiger, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
123stu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Tue Dec 26, 2006 11:45
Location: jakarta

Post by 123stu »

kyknya Satria yang megang deh kalo ama V-ixion..
paling V-ixion menang di iritnya..
eh, Satria pake apa? Premium or Pertamax?
User avatar
riofhaloho
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1375
Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
Location: Depok

Post by riofhaloho »

^minimal Pertamax bro...
novasonic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1237
Joined: Thu Nov 16, 2006 19:01
Location: Surabaya

Post by novasonic »

Wah bakalan rame nihhh........
Vixion vs FU vs CBR 150 R....... Pulsar? jadi penonton aja deh..... hehehehehehehe......

@riofhaloho
thx bro reviewnya....... bisa buat acuan tuh....

@123stu
Pertamax bro, coba baca di http://www.saft7.com
Disono ada review bagaimana penggunaan bensin yg benar. Kalo dilihat dari spek kompresinya, Vixion "harus" pake minimal Pertamax.




(udah dulu ahhh mo bobok dulu....... besok kerja bisa ketiduran di kantor nehh) :oops: :oops:
User avatar
riofhaloho
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1375
Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
Location: Depok

Post by riofhaloho »

novasonic wrote:@riofhaloho
thx bro reviewnya....... bisa buat acuan tuh....

(udah dulu ahhh mo bobok dulu....... besok kerja bisa ketiduran di kantor nehh) :oops: :oops:
thanks jg bro... :D
duh... koq jd ikutan ngantuk yah...?
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Post by NYoman »

@123stu
bener bro pertamax jadi standar motor entuh...
di buku panduan jg tertulis
Disarankan Untuk Menggunakan Bahan Bakar Ber-oktan 91 atau diatasnya
seinget gw gitu sih.. :roll:

@riofhaloho
satrianya sudah pernah digeber sampai speed berapa bro?
oh ya bro saya sudah dapat faring buat motor sampeyan...
entar saya coba edit dan tempelin ke motor satria

@novasonic
jangan berkecil hati bung...
tp saya percaya, pulsar itu juga bukan sembarang motor
saya belum pernah nyoba pulsar sampe speed gede sih, karena motor masih baru...
btw ud dapet plat ama stnk blon? saya 12 hari aja ud jadi lho..
User avatar
riofhaloho
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1375
Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
Location: Depok

Post by riofhaloho »

NYoman wrote:@riofhaloho
satrianya sudah pernah digeber sampai speed berapa bro?
oh ya bro saya sudah dapat faring buat motor sampeyan...
entar saya coba edit dan tempelin ke motor satria
cuman ampe 120 km/j make gigi 5 bro..!
thanks banget lho bro...!

tak tungguin dah model fairingnya.... :D:D
User avatar
jojo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 645
Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
Location: Jakarta

Post by jojo »

riofhaloho wrote:^srg bgt mogok kl saat hujan...!

tp bs diakalin dikit, nambahin sealer di cop businya...
stlh itu gak pernah lg mogok kl hujan... :D
bicara pahit, ini motor gampang banget mogok. bukan karena overheat, dan sejujurnya gak pernah overheat, ini mesin sebenernya adem banget (apalagi kalo pake footstep racing, lu gak bakalan ngerasain hawa panasnya..)

dari segi pandangku, ada sedikit kekurangan pada rancangan pelindung busi (cop busi) yang tidak rapat benar, akibatnya gampang kemasukan air bila diterpa langsung (paling sering sehabis dicuci). Kelemahannya, air yang sedikit demi sedikit masuk melalui celah pada tutup busi, akan tertampung dan tidak bisa keluar di ruang busi. Memang tidak akan sampai terjadi waterhammer, karena tertutup oleh busi, air tidak akan sampai ke ruang bakar. Tapi inilah yang menyebabkan gampang mogok, karena busi jadi basah.

Seharusnya ini harus diperbaiki (tugas pabrik!), mungkin bisa dari desain tutup cylinder head, yang dibikin got untuk membuang air yang mungkin akan masuk. Atau cop busi yang bener2 rapat sehingga air tidak mungkin masuk.

Tapi tip dari bung rio, bisa dicoba. Karena bila tidak, SatriaF owner, setidaknya pasti pernah merasakan mogok.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
semoga selamat sampai duluan
User avatar
widnug
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 234
Joined: Sun May 06, 2007 16:08
Location: Mobil-mobil gw keren khan....

Post by widnug »

tomy_j wrote:Oo, pake sealer toh.<br/>Sealer yg gmana bro?<br/><br/>Gak pernah dgr atau baca F150 rawan overheat deh.<br/><br/><br/><br/><br/><i>.:Posted via WAP:.</i>
Rasanya gw ga pernah deh ngalamin overheat di FU gw..memang panas ni mesin sedikit di atas rata2x..maklum kompresi tinggi..jd pakai bensin yg baik
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Post by NYoman »

klo masalah overheat kayaknya tidak mungkin deh...
saya sudah pernah coba pake fu ke bali....
ga ada tanda2 overheat tuh..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
riofhaloho
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1375
Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
Location: Depok

Post by riofhaloho »

jojo wrote:Seharusnya ini harus diperbaiki (tugas pabrik!), mungkin bisa dari desain tutup cylinder head, yang dibikin got untuk membuang air yang mungkin akan masuk. Atau cop busi yang bener2 rapat sehingga air tidak mungkin masuk.
bro... thanks bgt nih sarannya...:)
analisa ente jago jg kl mslh otomotif yah...!
krn ente... gw jd teringat ama saran teman yg ngasih tau sebenarnya ada lubang khusus dr lubang busi untuk ngebuang air... CMIIW

tujuannya apabila kemasukan air kelubang busi maka diharapkan akan segera dpt dialirkan keluar dr mesin...
mangkanya desain cop busi jg dibuat berlubang-lubang...
fungsinya yg berlubang-lubang selaen digunakan untuk area bernafas (melepas uap air) pd lubang busi jg dpt melepas panas..:D

kira2 spt ini saran teman gw:
kl diperhatikan pd FU di dkt lubang knalpot, coba deh sesekali diliat...
disitu ada lubang kecil yg kemungkinan besar menjadi jalan keluar air dr lubang busi..
usahakan lubang ini jgn sampai tersumbat oleh kotoran2..
bs dibersihkan dgn menusuk-nusukkan lidi agar kotoran2 yg mengeras bs terdorong keluar... CMIIW...

nah sampe disini, akhirnya gw buktiin sendiri ama FU gw...
gw cari tuh lubang...!! :D
fuihhh... blok mesin yg didekat lubang knalpot gw kotor buangettt...
krn sering jd area pertama kena cipratan air ama lumpur, jg krn model mesinnya yg make kisi2...
kisi2 ini kl jrg dibersihin malah jd sarang kerak2 lumpur...
setelah capek2 ngebersihin, si lubang gak ketemu jg... haaikss...!! :(

btw, ntar deh kl ketemu FU yg baru di beres akan gw coba cari tuh lubang... penasaran akhirnya... :D
sekalian nanya2 ama mekanik2 beres mengenai area busi yg terlalu ringkih srg kemasukan air... :D:D

jojo wrote:Tapi tip dari bung rio, bisa dicoba. Karena bila tidak, SatriaF owner, setidaknya pasti pernah merasakan mogok.
bener bro... :)
krn biasanya FU kl udah agak lama dipake, blok mesinnya kotor bgt...!
contohnya gw, akhirnya males nyari2 lubang yg fungsinya buat ngebuang air dr area busi...
mendingan nutup ato nyegah air masuk dr cop busi.... hehehehe... :D:D
User avatar
riofhaloho
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1375
Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
Location: Depok

Post by riofhaloho »

NYoman wrote:klo masalah overheat kayaknya tidak mungkin deh...
saya sudah pernah coba pake fu ke bali....
ga ada tanda2 overheat tuh..
yups...!!

di ajang balapan resmi suzuki lokal jg adem2 aj...
User avatar
123stu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Tue Dec 26, 2006 11:45
Location: jakarta

Post by 123stu »

OK deh... :wink:
berarti kabar Overheat pada sang Satria 4 tak ini gak bener ya bro??
Siiippp....
thanks attention-nya ya bro sekalian......
ntar ane tanya2 lagi ye.... :e-dance:
novasonic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1237
Joined: Thu Nov 16, 2006 19:01
Location: Surabaya

Post by novasonic »

@novasonic
jangan berkecil hati bung...
tp saya percaya, pulsar itu juga bukan sembarang motor
saya belum pernah nyoba pulsar sampe speed gede sih, karena motor masih baru...
btw ud dapet plat ama stnk blon? saya 12 hari aja ud jadi lho..
Abis gw senengnya cuma liat orang balapan bro.....
Plat nomor cuma 12 hari? Serius tuh bro? Wah bajigur beneran nih dealer HR Muhammad..........
Bro, belinya juga di HR Muhammad kan? Kapan bro?
Boleh tau atas nama siapa?
warnanya apa?
Gw besok mo komplain ah.....!!!!

Tolong bantuannya yah bro.....
User avatar
bharkie
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Thu Sep 01, 2005 10:41
Location: Bandung

Post by bharkie »

hebat...bro nyoman ngetest top speednya gimana?
topspeed fu150 standar pabrik yg gw ketahui sekitar 135km/jam bro...gw pernah test sendiri dan data-data dari komunitas-komunitas fu150 seperti ssfc dan beberapa tabloid otomotif yang pernah ngetest menyatakan seperti itu.
jangan lupa sewaktu mengetest perhatikan keadaan trek, cari trek yang datar dan ga banyak angin, sebab itu sangat mempengaruhi...treknya mudun dikit pasti topspeed bertambah banyak...selain itu berat badan pengendara sangat mempengaruhi hasilnya...
tampaknya hasil 171km/jam dengan fu150 standar pabrik baru mungkin kalo berat badan bro nyoman 20kg :) dan lagi gigi 6 pada fu150 udah ga akan nambah tenaga lagi bro, kalo ngga sama aja dengan gigi 5, topspeed pada gigi 6 justru biasanya lebih rendah daripada gigi 5. tapi kalo emg bener fu150nya bro nyoman punya topspeed segitu, berarti fu150nya produk emas, bro nyoman beruntung :) atau mungkin fu150nya bro nyoman udah racing sana-sini :)
NYoman wrote:@tomy_j
fu pd kecepatan setinggi itu tetap stabil tanpa goncangan dari stang...
saya sudah pernah coba sampai 145km/jam pada gigi 5...
begitu masuk gigi 6 sampe 171km/jam...
masih ada yang meragukan kestabilan dan top speed fu?










nb: fu masih standar pabrik belum diapa-apain
User avatar
bharkie
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Thu Sep 01, 2005 10:41
Location: Bandung

Post by bharkie »

mesin dohc lebih sering berkitir di rpm tinggi banget, selain itu kompresinya lebih tinggi dari sohc, makanya wajar kalo lebih panas dari mesin sohc, mesin fu150 masih wajar2 aja panasnya kok, oil coolernya masih cukup ngedinginin mesinnya, lagian profesor2 suzuki udah botak2 mikirin oil cooler itu, pasti udah sangat dipertimbangkan...:)
fyi, suzuki gsx1000 ga pake radiator lho...tapi pake oil cooler juga...yang setingkat dibawahnya gsx750 justru pake radiator...so, pihak pabarikan udah punya pertimbangan masing2 soal pemakain komponen yang diperlukan...
123stu wrote:bro....
yang ane pikirin ama Satria, masalah Overhead.....
bener gak soal gampang panasnya mesin?
dengan radiator yang (bagi gw) rada kecil gitu (bila dibanding ama Jupi MX, CBR 150 , Sonic) apa bisa nahan panasnya mesin DOHC 150cc?
:?
User avatar
bharkie
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Thu Sep 01, 2005 10:41
Location: Bandung

Post by bharkie »

analogi paling sederhananya...
oil coller yang didinginkan adalah olinya, oli yang ada dimesin bersirkulasi melewati oil cooler itu, kalo olinya dingin pasti ngebantu nurunin suhu mesin yang panas...atau minimal ga membuat suhu mesin semakin panas.

radiator/water cooled yang didinginkan adalah mesinnya, air/water coolant adalah medianya, water coolant itu bersirkulasi didalam mesin, punya jalurnya sendiri, ga nyatu dengan oli dsb. fyi, dulu pernah ada kasus jupiter mx versi pertama2 oli didalam mesinnya berubah warna jadi putih, penyebabnya karena watercoolant bercampur dengan oli didalam mesin.

kelebihan oil cooler adalah tidak ribet perawatannya, ga perlu ganti water coolant seperti pada sistem water cooled, tapi kelemahanya tingkat pendinginanya masih dibawah sistem water cooled...

penggantian oli fu150 1 liter bro...kalo jumlah totalnya dengan yang mengendap dimesin sekitar 1,2liter...
novasonic wrote:Wah nih thread jadi punya-nya Satria dehh....... hehehehehehe

Mo nanya nih bro....
Tuh kan oil cooler gunanya buat pendingin oli kan?
Trus, kapasitas olinya berapa yah? Apa lebih banyak daripada bebek sport lainnya (cth: Sonic= 0.8 liter)?
User avatar
Archapada
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Sun Apr 03, 2005 15:26
Location: Palembang

Post by Archapada »

ada yang ngasepin V-ixion oleh ninja ga ya...hihihihi (isenk doank...)
Junjunglah langit dimana tempat engkau berpijak..
User avatar
123stu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Tue Dec 26, 2006 11:45
Location: jakarta

Post by 123stu »

Jadi bisa dibilang kalo Oil Coolant bisa lebih hemat karena gak perlu isi2 lagi gitu?
ampe kita ganti oli lagi? :P
User avatar
riofhaloho
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1375
Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
Location: Depok

Post by riofhaloho »

123stu wrote:Jadi bisa dibilang kalo Oil Coolant bisa lebih hemat karena gak perlu isi2 lagi gitu?
ampe kita ganti oli lagi? :P
yupss bro..! :)
tp tergantung kebutuhan jg, wong air di radiator gak hrs sering2 ditukar..!
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Post by NYoman »

@novasonic
saya beli di jakarta bro....
babe yang beliin...
tapi untuk plat nomor biasanya seminggu ud jadi kq...
klo stnk mungkin agak lama...
emg ud beli brp lama?
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Post by NYoman »

@bhakrie
saya ngetes dijalan lurus sekitar 2-3.5 km lah (klo jalan turunan cuma sekitar 100 meteran..
berat badan saya sekitar 51kg
oli nya castrol power 1 (g ngaruh kali y)=)
bensin pertamax +
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3455
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Post by TUFF Stough »

riofhaloho wrote:
123stu wrote:Jadi bisa dibilang kalo Oil Coolant bisa lebih hemat karena gak perlu isi2 lagi gitu?
ampe kita ganti oli lagi? :P
yupss bro..! :)
tp tergantung kebutuhan jg, wong air di radiator gak hrs sering2 ditukar..!
Sorry kalo gw salah tanggap. Oil coolant bukannya cuma dipake di motor 2-tak (untuk oli samping)? Kalo water-cooler pake water-coolant khan wajar karena airnya nggak sampai kecampur dalam mesin. Tapi kalo oil-cooler pake oil-coolant? :?
User avatar
riofhaloho
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1375
Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
Location: Depok

Post by riofhaloho »

TUFF Stough wrote:
riofhaloho wrote:
123stu wrote:Jadi bisa dibilang kalo Oil Coolant bisa lebih hemat karena gak perlu isi2 lagi gitu?
ampe kita ganti oli lagi? :P
yupss bro..! :)
tp tergantung kebutuhan jg, wong air di radiator gak hrs sering2 ditukar..!
Sorry kalo gw salah tanggap. Oil coolant bukannya cuma dipake di motor 2-tak (untuk oli samping)? Kalo water-cooler pake water-coolant khan wajar karena airnya nggak sampai kecampur dalam mesin. Tapi kalo oil-cooler pake oil-coolant? :?
waksss...!! :oops:

gw yg salah ngerti kale... hehehe... :D
yg dimaksud bro 123tsu mungkin oil cooler...!
gw jg sepikiran dgn itu... :D
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Post by NYoman »

@novasonic
coba tanyakan sama dealernya..
saya beli di jkt tapi platnya pake DK (bali) jadi cuma 12 hari..(memang biasanya segitu)
dulu pas beli supra XX sama satria fu juga cuma 12-14 hari kq plat DK lagi..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
wedewe
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: Wed Oct 12, 2005 5:58

Post by wedewe »

NYoman wrote:Hm... klo CBR150R 21ps...
kenapa bisa kalah dari fu?


nb:klo di pake balapan fu pasti menang, karena lebih lincah, trus tergantung siapa yang nge-joki(yang bawa)
dipake balapan pasti menang?? ga ada yang "pasti" bro
ini dari "balapan" di sentul hari minggu kemaren..



Image

yang paling blakang tuh motor apa coba??