Maaf, mau koreksi sedikit bung Turboman, New Everest tersedia dalam 5 speed auto dan 5 speed manual... hehehe...Turboman wrote:neptunus wrote:
5. Mengenai mobil kalau dilihat dr harganya sih worthed yach, mesin canggih dr VM Motori, Turbo VGT, Dual airbag, ABS, EBD, 6 speed M/T or 5 speed A/T. Hanya utk reliability ya kita harus lihat sampai sejauh mana Ford akan support dgn garansi 3 tahunnya itu.
Mungkin rekan2 yg pakai Ford bisa sharing ?
Setelah test drive, kesan pertamanya adalah Everest mobil yang sangat besar, dan rasa-rasanya akan sulit bermanuver... Namun kesan hilang setelah saya bandingkan side-to-side dengan Kijang Kapsul. Ternayata panjang everest sedikit lebih panjang (tidak signifikan), namun lebih tinggi ground clearance-nya, dan beda lebarnya tak kentara. Mungkin desain yang menyebabkan saya mempersepsi Everest sebagai mobil besar banget...
pertama tes manual, terasa sekali torsinya ketika saya melepas kopling. Putaran mesing ringan seperti testimoni Bung Turboman. Dan ternyatan, test drive meluluhkan kesan pertama saya mengenai sulitnya bermanuver. Mobil ini cukup lincah, body-nya stabil (walaupun limbung khas mobil tinggi jelas ada). Bahkan, ketika salesnya yg membawa, everest diajak slalom, membentuk angka 8. Sedikit kagum akan kestabilannya. setir enteng, dan kaca spion lebih cembung cukup membantu memudahkan parkir, belum lagi ada sensor parkir.
Namun, sayang, bangku baris ketiga kurang praktis, karena tdk bisa dilipat tepisah, walaupun melepasnya sangat mudah. Belum lagi lantai pada baris ketiga tinggi (maksudnya agar setiap baris jok bisa melihat pandangan kedepan) tapi imbasnya adalah tinggi jok dgn lantai jadi terlalu pendek, untungnya ruang kaki cukup luas. Joknya empuk, sayang belum kulit. AC double blower merata di semua baris. kenyamanan suspensi, menurut saya merupakan kombinasi yang pas antara kenyamanan dan daya angkut. Sebab bobotnya sendiri mencapai 1900 untuk yang matic. suspensi depan independent double wishbone, cukup membantu kenyamanan.
di kesempatan lain saya mencoba yang matic. Responsnya tidak setangkas manual (tp ini bisa dimengerti), cukup baik untuk matic.
nah yg saya ingin tanyakan, apa sih purging itu sebetulnya? dan amankah untuk mobil turbo common-rail? menurut bung, bagaimana dengan 5 speed auto di mobil diesel? apakah akan lemot dan jadi sulit manuver di perkotaan? dengan tenaga dan torsi meningkat, berapa kira2 konsumsi BBM mobil ini ya?
saya sedang mempertimbangkan mobil ini dan Innova. Semata2 karena kebutuhan daya angkut yg luas u keluarga, dan sering lewat tol (kantor di sentul) hehehe...
Soal harga jual sudah saya survey dgn depresiasi hanya sekitar 8 persen setahun (tmsk normal, walau tidak kuat)... dengan biaya perawatan relatif sama dengan Innova...
oh ya @neptunus, sepertinya belum dilengkapi turbotumer, but CMIIW..
thx...