(ask)Common rail diesel

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: (ask)Common rail diesel

Post by jalu »

Turboman wrote:
jalu wrote: pelajaran berharga buat kami dilapangan, kehabisan solar pada diesel comrail ternyata bs berakibat fatal. IMHO
FYI :
Asal tahu menangani sistem Fuel Rail CRD yg kemasukkan udara sebetulnya handle nya gak sulit

Saya lihat di salah 1 bengkel langganan saya sering tuh bongkar Injector / copot fuel lines mesin D4 D, juga mesin Ford TDCi dan PS juga pernah, soalnya kalo setel klep kan komponen2 tsb harus dilepas, pas masangnya lagi nggak pernah masalah tuh

Kayaknya boleh datangkan tenaga ahli dari Jkt utk training montir2 di sana........heheheheh

Trus yg perlu di investigasi juga : saat mesin mati kehabisan solar apa supir mencoba start / ber-ulang2 / mencoba memaksakan mesin hidup ?
nah coba dianalisa, melepas/membongkar sistem saluran bbm dan kehabisan bbm memang berpotensi ada udara terjebak
tapi pada kondisi kehabisan bbm, ada potensi partikel2 kotoran ikut terbawa ke sistem dan menyumbat...sedangkan pada saat melepas/membongkar bisa ya atau bs tidak kemasukan kotoran.

masalah teknik membleeding, saya yakin mekanik2 disini sudah mampu pak, disini ada setidaknya 70 unit dcab comrail yg beroperasi. Overhaul sistem saluran bbm udah biasa jg mereka lakukan krn kan ada saja unit yg injektornya jebol dll. Namun pada kasus kehabisan solar, ada yg mereka berhasil hidupkan kembali ada jg yang memang gatot alias mesin gak mau hidup2. Entah benar atau tidak, menurut para mekanik disini pada beberapa kasus kehabisan solar, ada kalanya ECU sudah terlanjur dalam posisi blokir/protect sehingga mesin tidak akan bs dihidupkan sampe direset ulang oleh teknisi merek yg bersangkutan.

pada saat kehabisan solar, sebagian besar supir tentu mencoba start mesinnya berharap msh bisa berjalan beberapa jarak, makanya rata2 mbl disini yg sampe kehabisan solar begitu dicek sistem bbm nya memang sudah sampe kering krontang.
Turboman wrote:
jalu wrote: Kalo krn solar yg tidak standar, IMO triton lainnya mestinya sama2 tumbang SCV nya secara bergilir meski gak pernah kehabisan solar. Saya lbh berasumsi krn kehabisan solar, partikel kotoran terangkat ke sistem dan stuck di SCV sehingga jadi macet/seret.
Kalo boleh tahu solar hasil refinery di tempat um jalu spec-nya bagaimana ? Brp persen kandungan sulphur / aromatic / CN number, juga kandungan zat2 lainnya. Berapa angka HFRR nya ?

Gini ceritanya :
Solar dengan kadar aromatic tinggi (associate with high sulphur content) kalo dalam perioda lama konon ada tendensi utk muncul endapan karena heavy fraction (double bonds) yg lebih berat turun ke bawah, selain itu aromatic juga thermal stability rendah, walau heating value tinggi, bertendensi membuat endapan di fuel lines, maka itu dibutuhkan additive yg sifatnya cleaner / detergent.

Kalau solar dgn kadar sulphur rendah, maka tendensi utk "basi" akan lebih cepat since sulphur sebetulnya berfungsi sbg antibiotic, dimana di solar itu hidup bakteri. Juga kadar sulphur rendah biasanya daya lumasnya juga agak kurang. Maka inipun perlu additive juga utk mengkompensasi kekurangan2-nya.

Dugaan saya mirip dgn analisa um jalu, mungkin tangki solar dah kotor sekali sehingga saat solar sgt minim kotoran2 terangkat naik.

Kalo mobil2 yg belum kena masalah, mungkin hanya soal waktu saja.

Menurut hemat ane bagaimanapun juga masalah utama harus diberesi dahulu, kualitas solar-nya harus di audit, saat keluar dr kilang diberi additive yg sesuai lalu di test di lab utk soal angka HFRR / laju pengendapan, dll., bandingkan dengan HSD yang standard baku semisal HSD dari AKR / Shell / Total / Petronas.

Angka sulphur agak tinggi semisal sampai 3000 an ppm gak masalah, asal diberi additive yg tepat.

Semoga membantu
kami hanya kontraktor yg bekerja di area sini, bekerja untuk downstream, sedangkan mini refinery adalah bagian upstream milik client. BBM yg mereka produksi itu khusus untuk konsumsi semua engine2 (termasuk kendaraan) di areal sini saja, bukan untuk dijual bebas ke pasaran.

untuk menembus ke bagian mini refinery memerlukan prosedur yg rumit bagi kontraktor, dan kami2 jg sudah sibuk dng pekerjaan kami sendiri, hampir tidak ada waktu untuk menelusur sampe kesana.

kalopun mau diaudit kualias bbm dr mini refinery, pihak client sendiri gak pernah tuh audit itu sampe skrg ini (mungkin krn itu fasilitas milik internal mereka sendiri). Sepertinya pada gak mau ambil pusing, kalo mesin rusak tinggal diperbaiki, mesin mbl rusak tinggal diserahkan ke pihak penyewanya untuk diperbaiki, dan memang khusus area sini tarif rental unit mbl dcab cukup mahal (range 15jt - 18jt/bulan/unit), tentunya untuk mencover biaya maintenance/part krn potensi kerusakan yg cukup besar.

kalo disumatera, tarif rental dcab msh banyak yg berani menawarkan dibawah 10 jt :upss:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
FortunerMan

Re: (ask)Common rail diesel

Post by FortunerMan »

Ribet juga ya pake diesel...habis solar doang bikin rusak
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: (ask)Common rail diesel

Post by BADAK »

FortunerMan wrote:Ribet juga ya pake diesel...habis solar doang bikin rusak
Sebenernya keunggulan mesin diesel krn lbh simple dr mesin bensin. Karena yg bekerja hny teknik kompresi solar & udara. Kalopun ada masalah bisa cpt ditelusuri krn kebanyakan hny berkutat di sistem injeksi bahan bakar. Tapi dgn semakin canggihnya tekhnologi, tentu membutuhkan penanganan extra jg. Pada diesel konvensional macam truk & L300, kl ada trouble cpt diketahui. Kalo masuk angin tinggal dipompa smp anginnya kluar. Coba kl ada trouble pd mesin bensin, terutama kelistrikan pst pusing montirnya :D

@jalu: akhirnya beli SCV 1,4jt ya bang? ya mayan jg itu cuan nya. hehehe..
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21999
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: (ask)Common rail diesel

Post by Turboman »

jalu wrote:1. ada kalanya ECU sudah terlanjur dalam posisi blokir/protect sehingga mesin tidak akan bs dihidupkan sampe direset ulang oleh teknisi merek yg bersangkutan.

2. untuk menembus ke bagian mini refinery memerlukan prosedur yg rumit bagi kontraktor, dan kami2 jg sudah sibuk dng pekerjaan kami sendiri, hampir tidak ada waktu untuk menelusur sampe kesana.
1. Ya ECU membaca signal error, engine check nyala dan mesin masuk mode Limp Home. Kabar baiknya : saat ini alat OBD2 reader / DTC reset tool sudah banyak yg affordable, di bwh 5 jt (yg portable). Bahkan kalo di D4 D saya bisa reset DTC error pakai i-Trax saya, tapi selama ini gak pernah ngalamin lampu check engine nyala.

2. At least HSD nya harus ada spec-nya.

Kalo kita beli HSD dr supplier besar spt AKR / Petronas, mereka ada spec lengkap mengenai kadar sulphur / CN / BJ, dll.

Sebetulnya sih kalao mau coba analisa kualitas solarnya dgn cara mudah, ambil sample solar mereka, taruh di botol yg bersih, diamkan selama 2 minggu, apa ada tanda2 perubahan warna / muncul endapan nggak. Buat komparasi nanti bisa bandingkan dgn HSD yg proven spt HSD nya AKR / Shell / Petronas.

Kalo di milis IC ada bbrp member yg suka riset Biosolar, ternyata nggak sedikit Biosolar Pertamina yg "berubah" setelah disimpan 2 minggu, spt warna berubah / muncul endapan......heeheheeh

Demikian sharing
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21999
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: (ask)Common rail diesel

Post by Turboman »

FortunerMan wrote:Ribet juga ya pake diesel...habis solar doang bikin rusak
Engga lah.......monggo maen2 ke bengkel yg byk handle Diesel CRD, nanti akan lebih paham :mrgreen:
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: (ask)Common rail diesel

Post by evolution21 »

eits ane jg pernah tu nyimpen solar di botol aqua yg kecil
hari pertama keruh banget, lewat 2 hari baru keliatan rada bening, tapi herannya keruhnya itu ga menghasilkan endapan
ane kocok2 lagi ga jadi keruh jg. jadi bingung ndiri kotorannya ilang kemana... ? :mky_04:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: (ask)Common rail diesel

Post by VanzMatic »

BADAK wrote:
FortunerMan wrote:Ribet juga ya pake diesel...habis solar doang bikin rusak
Sebenernya keunggulan mesin diesel krn lbh simple dr mesin bensin. Karena yg bekerja hny teknik kompresi solar & udara. Kalopun ada masalah bisa cpt ditelusuri krn kebanyakan hny berkutat di sistem injeksi bahan bakar. Tapi dgn semakin canggihnya tekhnologi, tentu membutuhkan penanganan extra jg. Pada diesel konvensional macam truk & L300, kl ada trouble cpt diketahui. Kalo masuk angin tinggal dipompa smp anginnya kluar. Coba kl ada trouble pd mesin bensin, terutama kelistrikan pst pusing montirnya :D

-cut-
Yup, sejak ane belajar nyetir jaman2 SMP dulu, ama supir nya udh diwanti2, mesin Diesel pantangannya hanya 1: Tidak boleh kehabisan solar. Jangan kata habis solar.. Solar tinggal 1/3 tangki aja udh was was... Jadi, dulu karena di pedalaman Kalimantan, kalo solar tinggal 1/2 tangki, udh harus isi, karena perjalanan ke pom nya juga lumayan lah.. (paling deket sih 12 km....kalo musim kering, cepet aja sampenya. Kalo musim hujan, apalagi habis ujan seharian, bisa 9 jam-an untuk jarak 12 km aja... :wkkk: Full tanah liat bhooo.. Jadi kalau habis heavy off road gitu, nyampe2 ke pom nya juga udh kurang dari 1/4 tangki tuh solarnya... :big_slap:

Jarak dari rumah ke plant sekira 7 km. Sekira 4-5 km lagi baru boleh ada pom.

Tapi setelah jalan dari komplek ke plant dibeton, supir2 mulai berani tuh 1/4 tangki baru isi.... :big_slap: biasanya mereka baru kena batunya dengan kebiasaan itu kalau pas kebetulan ada pohon hutan lindung tumbang 1 atau 2 biji menutupi jalan. Nyaho deh...! :mky_07:



Saking gampangnya miara diesel, asal ngga kekurangan solar, babeh ane ampe lupak, bahwa Diesel nya juga tetep kudu stel klep 4D56 nya, lupak kalo mobil juga tetep perlu spooring and balancing.. Akhirnya kena deh tu tie rod nya tanpa sadar.. Lhaa wong hanya bersihin filter udara, filter solar, cek pompa solar, selesai.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: (ask)Common rail diesel

Post by BADAK »

Yah begitulah tekhnologi om, bagaikan pisau bermata dua. Semakin canggih teknologi semakin mempermudah & memanjakan manusia. Tapi begitu ada trouble jg sekaligus memusingkan. hehehe. Kalo gak mau ribet, gak mau repot & gak terlalu memanjakan diri, pake aja tekhnologi lama. Itu lah salah satu knapa saya pilih panther, krn saya blm siap memanjakan diri dgn membeli mbl yg lbh mewah & nyaman :D
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3051
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: (ask)Common rail diesel

Post by solar_kerosen »

BADAK wrote:Yah begitulah tekhnologi om, bagaikan pisau bermata dua. Semakin canggih teknologi semakin mempermudah & memanjakan manusia. Tapi begitu ada trouble jg sekaligus memusingkan. hehehe. Kalo gak mau ribet, gak mau repot & gak terlalu memanjakan diri, pake aja tekhnologi lama. Itu lah salah satu knapa saya pilih panther, krn saya blm siap memanjakan diri dgn membeli mbl yg lbh mewah & nyaman :D

setuju dak Pertamax aja gue lihat di kota gue suka abis abis padahal mahal juga tuh harganya
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: (ask)Common rail diesel

Post by jalu »

hbs ganti SCV, sekalian ganti oli lengkap plus semua filter2 (pas bgt serpis 50K)
performa makin segar, setelah seharian mondar mandir dilokasi AVG di MID skrg menunjukan di 8,6 L/100 km = 1:11,6 km/L

mudah2an mbl2 ops bs terus sehat sampe beberapa waktu kedepan :mky_08:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: (ask)Common rail diesel

Post by VanzMatic »

BADAK wrote:Yah begitulah tekhnologi om, bagaikan pisau bermata dua. Semakin canggih teknologi semakin mempermudah & memanjakan manusia. Tapi begitu ada trouble jg sekaligus memusingkan. hehehe. Kalo gak mau ribet, gak mau repot & gak terlalu memanjakan diri, pake aja tekhnologi lama. Itu lah salah satu knapa saya pilih panther, krn saya blm siap memanjakan diri dgn membeli mbl yg lbh mewah & nyaman :D
Setubuh...eh...setuju om Dak, Kuda toh ya masih nyaman banget lo. Material built quality nya masih terbilang awet, secara mobil tahun 2002, dipake terus-terusan (walaupun skala daerah). Masih cukup senyap tuh kabinnya. Paling yang bikin sebel hanya di kisi2 AC yang bagian untuk membuka tutup, sudah rompal. AC masih nyaman, dijemur seharian pun, suhu di dalam engga sepanas kalo ngejemur habanja... :big_slap: :big_slap: :big_slap:

Toh dulu saat pernah di uji emisi oleh be-res mitsu, Kuda masih bisa disetel sampai tingkat emisi lebih rendah dari standarnya mobil ini. Hanyaa, yaa resikonya topspeed turun, dari 150 jadi 135. Tarikan agak bolot. Yang bikin seneng, engga ngebul jelaga kalu udh disetel begitu..
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: (ask)Common rail diesel

Post by jalu »

BADAK wrote:Yah begitulah tekhnologi om, bagaikan pisau bermata dua. Semakin canggih teknologi semakin mempermudah & memanjakan manusia. Tapi begitu ada trouble jg sekaligus memusingkan. hehehe. Kalo gak mau ribet, gak mau repot & gak terlalu memanjakan diri, pake aja tekhnologi lama. Itu lah salah satu knapa saya pilih panther, krn saya blm siap memanjakan diri dgn membeli mbl yg lbh mewah & nyaman :D
itulah salah satu alasan kenapa saya msh tetap welcome dng mesin disel jadulrail, meski ada teknologi comrail yg lbh mantap.
bukan krn anti/menolak teknologi baru, mungkin krn lingkup kerja saya di lapangan dimana kondisinya blm tentu selalu ideal, artinya ada suatu moment dimana kesederhanaan itu msh lbh dibutuhkan ketimbang kecanggihan
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: (ask)Common rail diesel

Post by BADAK »

solar_kerosen wrote:
BADAK wrote:Yah begitulah tekhnologi om, bagaikan pisau bermata dua. Semakin canggih teknologi semakin mempermudah & memanjakan manusia. Tapi begitu ada trouble jg sekaligus memusingkan. hehehe. Kalo gak mau ribet, gak mau repot & gak terlalu memanjakan diri, pake aja tekhnologi lama. Itu lah salah satu knapa saya pilih panther, krn saya blm siap memanjakan diri dgn membeli mbl yg lbh mewah & nyaman :D

setuju dak Pertamax aja gue lihat di kota gue suka abis abis padahal mahal juga tuh harganya
Ini apalagi hubungannya :mrgreen:
Kalo pertamax & pertadex habis2 ya wajar lah... Kan kekuatan finansial tiap orang beda2 pak. Bagi saya cmn mampu pelihara panther, bagi orang lain gak masalah koq pelihara Touareg. Mereka mesin jebol pun jg cmn uang kecil. hehehe..
Ok KKT...
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: (ask)Common rail diesel

Post by jalu »

solar_kerosen wrote:kalau bisa masalah mogok Ford everestnya di investigasi juga om lumayankan nambah pengetahuan member2 SM supaya kalau kejadian bisa langsung antisipasi gak perlu garuk2 kepala
kemaren ternyata teknisi ford dateng ke w/shop sebelah yg everest nya mogok ini, katanya sih ECU cuma direset ulang aja sebab part2 di sistem injeksinya udah dicek2 dan diperbaiki sm mekanik di area sini, saya gak sempet ngintip w/shop mereka krn kemaren cukup sibuk dng pekerjaan.

skrg everest ini udah beroperasi lagi, tapi panthernya turingnya masih tetap dipake juga :D
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: (ask)Common rail diesel

Post by jalu »

Kepada Yth : Bp. Turboman

Monggo dianalisa data2 solar dibawah ini, gmn gambaran kualitasnya apakah aman untuk disel comrail atau tidak.
Ini data saya dapat setelah menyelusup ke lab milik mini refinery, data nya memang data lama (1991), tp kt orang labnya sampe skrg spek solar dr produk mereka tetap kurang lebih sama seperti data ini

Image
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: (ask)Common rail diesel

Post by ak4ng »

penasaran neh... antara 4d56 direct injection vs CRDi......... mana yg lebih reliabel...
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
mr-saga
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 608
Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
Location: Lamongan - Jawa Timur

Re: (ask)Common rail diesel

Post by mr-saga »

selamat malam om2 master2 di serayamotor..

mohon bantuan info solusi soal mesin CRDi..
kebetulan mesin pada alat berat.
tadi pagi mesin nya tidak mau nyala, kemudian kami coba utk memancing dg cara pasang kain yg telah kami basahi dg bensin lalu
kami jejalkan pada saluran intake, mesin sempat nyala sebntar kemudian langsung mati.

indentifikasi saya sementara ini: biang keroknya pd bahan bakar yg digunakan, jujur saya mencium aroma minyak tanah. :frm_bang_head:
kata si operator:"2 hari ini performa mesin beda, suara lbh kasar dan terasa pincang, malah pd tengah hari(kurleb jam 11 siang)
tenaga terasa kempos."

nah, selama trobel berlangsung kami tdk menjumpai adanya sinyal/lampu indikator pd layar monitor yg menyala, saya pikir sistem
elektroniknya msh sehat.
namun, gimana dg nasib injector nya ini ya suhu2? saya mohon injektor nya masih bisa dipergunakan lagi setelah dibersihkan...........
:e-pray: :e-pray: :e-pray: :e-pray: :e-pray: :e-pray: :e-pray: :e-pray: :e-pray: :e-pray: :e-pray:

terima kasih
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21999
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: (ask)Common rail diesel

Post by Turboman »

mr-saga wrote:selamat malam om2 master2 di serayamotor..

mohon bantuan info solusi soal mesin CRDi..
kebetulan mesin pada alat berat.
tadi pagi mesin nya tidak mau nyala, kemudian kami coba utk memancing dg cara pasang kain yg telah kami basahi dg bensin lalu
kami jejalkan pada saluran intake, mesin sempat nyala sebntar kemudian langsung mati.

indentifikasi saya sementara ini: biang keroknya pd bahan bakar yg digunakan, jujur saya mencium aroma minyak tanah.
kata si operator:"2 hari ini performa mesin beda, suara lbh kasar dan terasa pincang, malah pd tengah hari(kurleb jam 11 siang)
tenaga terasa kempos."

nah, selama trobel berlangsung kami tdk menjumpai adanya sinyal/lampu indikator pd layar monitor yg menyala, saya pikir sistem
elektroniknya msh sehat.
namun, gimana dg nasib injector nya ini ya suhu2?

terima kasih
Udah cek filter solar dan buang air di sedimenter ?

Kalau solar kecampur minyak tanah sih skg ini apa masih ada yah ? Wong harga Kerosene skg hampir mirip harga DEX

Tapi kalau solar industri "gelap" alias solar subsidi yg dijual dgn harga pasar, trus kecampur oli / air nah.....bisa aja terjadi

Kalau dirasa solarnya busuk, buang aja, isi aja solarnya Shell / DEX, ganti filter solar dan isi DEX / Shell ke filter solar dan pasang.....kalau masih sistem pompa ya dipompa aja rumah filternya, kalau dah El Fuel Pump maka di ON aja selama 1 menit sampai EFP memadatkan saluran BBM, then start

Kalau boleh tahu ini unit alat berat apa & buatan tahun brp ?

Kalau misal jam kerja-nya udah sangat banyak / usia-nya dah lama, boleh di cek juga kondisi SCV valve nya
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
mr-saga
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 608
Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
Location: Lamongan - Jawa Timur

Re: (ask)Common rail diesel

Post by mr-saga »

Turboman wrote:
Udah cek filter solar dan buang air di sedimenter ?

Kalau solar kecampur minyak tanah sih skg ini apa masih ada yah ? Wong harga Kerosene skg hampir mirip harga DEX

Tapi kalau solar industri "gelap" alias solar subsidi yg dijual dgn harga pasar, trus kecampur oli / air nah.....bisa aja terjadi

Kalau dirasa solarnya busuk, buang aja, isi aja solarnya Shell / DEX, ganti filter solar dan isi DEX / Shell ke filter solar dan pasang.....kalau masih sistem pompa ya dipompa aja rumah filternya, kalau dah El Fuel Pump maka di ON aja selama 1 menit sampai EFP memadatkan saluran BBM, then start

Kalau boleh tahu ini unit alat berat apa & buatan tahun brp ?

Kalau misal jam kerja-nya udah sangat banyak / usia-nya dah lama, boleh di cek juga kondisi SCV valve nya
makasi om Turboman... :big_love:

iya kami tadi udah ngecek filter solarnya, maaf info selanjutnya menyusul ya om(pegawai saya td yg ngecek).

alat berat jenis excavator Kobelco tahun 2010, model engine: HINO J05E-TA; lifetime nya/Hour Meter: 8.030
iya om, saya masih blum sempet2 ini menerapkan jurus jitu perawatan dari anda, om.. :big_sorry:

bulan agustus lalu saya baru coba pake aditif solar pd unit2 truk dan bulldozer.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21999
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: (ask)Common rail diesel

Post by Turboman »

Acera Geospec SK 200 ya

CRD nya DENSO......sama kayak CRD nya D4 D

CRD nya DENSO sih Bandel dan kuat.......
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
mr-saga
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 608
Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
Location: Lamongan - Jawa Timur

Re: (ask)Common rail diesel

Post by mr-saga »

iya om, SK 200.
ow gitu ya..

lalu injektor nya gimana om?
saya galau ini..hahaha.
kalo harus ganti baru injektor nya, duit nya belum siap ini..hahaha
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21999
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: (ask)Common rail diesel

Post by Turboman »

mr-saga wrote:iya om, SK 200.
ow gitu ya..

lalu injektor nya gimana om?
saya galau ini..hahaha.
kalo harus ganti baru injektor nya, duit nya belum siap ini..hahaha
Lah...ganti dulu filter solarnya segera

Udah belom ?

Kuras tangki dan isi solar bagus

Injector mah kuat, yang penting pastikan selalu pakai filter solar yg genuine

malah setahu saya Kobelco bikin sistem dgn 2 Pre filter solar segala
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
mr-saga
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 608
Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
Location: Lamongan - Jawa Timur

Re: (ask)Common rail diesel

Post by mr-saga »

Turboman wrote:
mr-saga wrote:iya om, SK 200.
ow gitu ya..

lalu injektor nya gimana om?
saya galau ini..hahaha.
kalo harus ganti baru injektor nya, duit nya belum siap ini..hahaha
Lah...ganti dulu filter solarnya segera

Udah belom ?

Kuras tangki dan isi solar bagus

Injector mah kuat, yang penting pastikan selalu pakai filter solar yg genuine

malah setahu saya Kobelco bikin sistem dgn 2 Pre filter solar segala
siap om.. 86 Ndan! :frm_salut:
besok pagi saya perbaiki om.. :mky_01:
jadi dikuras semua bahan bakar yg skrg terisi di dalamnya ya..oke2.. makasi om Turboman.

iya betul om, 2 Pre filter solar.
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21999
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: (ask)Common rail diesel

Post by Turboman »

Berarti coba ganti dulu 2 Pre filter-nya, bisa jadi mampet di situ......trus kuras tangki

Tapi kalau mau safe n sure ya filter solar utamanya sekalian ganti aja
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
mr-saga
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 608
Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
Location: Lamongan - Jawa Timur

Re: (ask)Common rail diesel

Post by mr-saga »

Om Turbo, saat ini saya udah dilokasi site.
Td saya bawa Dex 30lt beli pake jurigen, tp kata
mekanik msh kurang banyak. Akhirnya skrg msh nunggu
Dex nya dtg.
Setelah ini akn saya kuras total solarnya.

Si mekanik(freelance) td sejak pagi telah mengecek
Tekanan dari Fuel pump(SCV), dan dia simpulkan
Tekanannya lemah.

Tapi, lagi2 saya cek di layar monitor tdk ada
Notifikasi adanya error.
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?