Epoxy untuk tangki bensin

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: ricz, y_anjasrana, imingwahyudi, madcat015, ChZ, billyd1773dz, amfibi, imsus2c, ZombiEE, Turboman

User avatar
Handy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 481
Joined: 17 Jan 2004, 12:53

Epoxy untuk tangki bensin

Postby Handy » 22 Feb 2007, 11:35

hallo semua gw sharing tentang tambal tangki bensin dengan epoxy. ini kejadian teman gw yg kecelakaan dan tangki bensin ninja nya tertusuk besi dan bocor halus di bagian bawah tangki sekitar 2cm. karena malas di bawa ke tukang las, dia tuangkan epoxy ke dalam tangki untuk menambal kebocoran itu. dan hasilnya bagus ngak bocor lg dan bagian dalam tangki dilapisi epoxy. tapi gw mau tau epoxy klo kena bensin emang ngak rontok atau lumer trus masuk ke saluran bensi ke karburator ya? klo epoxy ngak bereaksi dengan bensin boleh dicoba tuh untuk melapisi bagian dalam tangki bensin jadi kan ngak karatan lagi tuh tangki.

User avatar
gehu10
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 555
Joined: 03 Nov 2006, 22:39

Postby gehu10 » 22 Feb 2007, 16:37

epoxy apaan sih om??
sori kalo pertanyaan nya konyol..tapi serius gw emang ga tau....
C'mon, give me your hand!
Let's cut loose until we reach our limit
So we can reach the horizon
Ooh! Clash! Into the rolling morning light
Flash! I'm in the coolest driver's high
Towards the best finale!! Yeah..!!

User avatar
Handy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 481
Joined: 17 Jan 2004, 12:53

Postby Handy » 22 Feb 2007, 22:13

gw juga ngak jelas. gw pernah dengar dari teman yg tukang cat untuk lapisan dasar cat supaya ngak bangun catnya.
ada juga yg bilang lem. makanya gw tanya sama forumers aman ngak untuk tangki bensin takut nya bereaksi dengan bensin. klo ngak kan lumayan buat lapisan dasar tangki kan tangki gw dalam nya berkarat

TUFF Stough
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2583
Joined: 29 Nov 2005, 12:44

Postby TUFF Stough » 23 Feb 2007, 07:48

Kalau nggak salah (CMIIW), aku pernah baca kalau epoxy itu semacam lem yang kalau kering berbentuk seperti karet yang kuat. Tapi aku nggak tahu apakah kekuatan karet tsb sama kuatnya dengan sealant tutup tangki yang juga berbentuk karet.

Ini yang aku peroleh dari wikipedia:

en.wikipedia.org wrote:Epoxy or polyepoxide is a thermosetting epoxide polymer that cures (polymerizes and crosslinks) when mixed with a catalyzing agent or "hardener". Most common epoxy resins are produced from a reaction between epichlorohydrin and bisphenol-A. The first commercial attempts to prepare resins from epichlorohydrin occurred in 1927 in the United States. Credit for the first synthesis of bisphenol-A based epoxy resins is shared by Dr. Pierre Castan of Switzerland and Dr. S.O. Greenlee in the United States in 1936. Dr. Castan's work was licensed by Ciba, Ltd. of Switzerland and Ciba went on to become one of the 3 major epoxy resin producers worldwide. The epoxy business of Ciba was spun-off and later sold in the late 1990s and is now the advanced materials business unit of Huntsman Corporation of the United States. Dr. Greenlee's work was for the firm of Devoe-Reynolds of the United States. Devoe-Reynolds was a player in the early days of the epoxy resin industry, later selling its business to Shell Chemical (now Hexion, formerly Resolution Polymers and others).

Epoxies will not stick to mold-release compounds recommended for use with epoxy, and polyethylene sheeting, like disposable paint tarps and sandwich bags. Epoxy does not stick to the shiny side of packaging tape or paraffin wax.

User avatar
jojo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 645
Joined: 22 Jul 2006, 23:05

Postby jojo » 23 Feb 2007, 13:48

lem epoxy (atau ada juga yang menyebut lem besi) yang biasa didapat di toko material. campuran antara resin yang berwarna hitam dan putih.

hmm.. sepertinya tidak akan nempel kuat di dalam tanki, apalagi terendam bensin setiap saat. menambal tangki dengan epoxy seharusnya cuma langkah darurat, jangan dijadikan acuan perbaikan.
semoga selamat sampai duluan

User avatar
gehu10
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 555
Joined: 03 Nov 2006, 22:39

Postby gehu10 » 23 Feb 2007, 21:32

wah kalo lem besi sih bahaya tuh...soalnya kalo ga salah lem besi itu Flammable banged...gimana critanya kalo dipasang di tangki bensin...haiyaaaahhhh..........
C'mon, give me your hand!

Let's cut loose until we reach our limit

So we can reach the horizon

Ooh! Clash! Into the rolling morning light

Flash! I'm in the coolest driver's high

Towards the best finale!! Yeah..!!

dreamz
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: 18 Oct 2005, 13:57

Postby dreamz » 27 Feb 2007, 11:59

Itu pake epoxy buat cat... biasanya dia dicampur sama hardener dan thinner... Epoxy buat cat ini gak luntur kalo kena bensin, tapi luntur kalo kena thinner... Selama ini sih aman2 aja, gua pake udah ampir 1/2 tahun... Lumayan efektif buat nambal kebocoran halus di dalam tangki... Saran gua kalo pake epoxy, tunggu harus bener2 sampe kering (1-2 hari), baru diisi bensin lagi, biar lebih aman...
Kalo gak salah artikel ini uda pernah dibahas di motorplus online...

User avatar
Handy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 481
Joined: 17 Jan 2004, 12:53

Postby Handy » 27 Feb 2007, 13:39

dreamz wrote:Itu pake epoxy buat cat... biasanya dia dicampur sama hardener dan thinner... Epoxy buat cat ini gak luntur kalo kena bensin, tapi luntur kalo kena thinner... Selama ini sih aman2 aja, gua pake udah ampir 1/2 tahun... Lumayan efektif buat nambal kebocoran halus di dalam tangki... Saran gua kalo pake epoxy, tunggu harus bener2 sampe kering (1-2 hari), baru diisi bensin lagi, biar lebih aman...
Kalo gak salah artikel ini uda pernah dibahas di motorplus online...

Thanks ya informasinya :lol:

kwarnocvich
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 26 Jan 2014, 17:56

Re: Epoxy untuk tangki bensin

Postby kwarnocvich » 26 Jan 2014, 18:00

Kalau pakai aquaproof bisa gak ya untuk dalaman tangki motor?

User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5272
Joined: 26 Aug 2007, 10:43

Re: Epoxy untuk tangki bensin

Postby artoodetoo » 26 Jan 2014, 18:14

namanya juga aquaproof, bukan bensinproof :upss:
untuk amannya jangan lah, bro

User avatar
walid_007
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2249
Joined: 30 Mar 2013, 07:52

Re: Epoxy untuk tangki bensin

Postby walid_007 » 26 Jan 2014, 19:07

wow NSR

ane inget itu nama bercokol di motor legendaris honda
Image

LGX
the legend of toyota


Return to “Common Topics of Motorcycle”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 0 guests