SerayaMotor.com

Indonesian Automotive Discussion Forum
It is currently 31 Oct 2014, 23:15

All times are UTC + 7 hours





Post new topic Reply to topic  [ 19 posts ] 
Author Message
 Post subject: Scorpio-Z
PostMessage posted...: 12 Dec 2006, 13:37 
Offline
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
User avatar

Joined: 12 Dec 2006, 13:13
Posts: 24
Location: Surabaya
Saya penggemar Scorpio-Z karena performanya. Motor ini tahun 2006 saya beli. Pertanyaan saya ada 2. Pertama kenapa ada suara 'nembak' di knalpot (saya ganti merek Nobi) saat melepas gas dari putaran tinggi. Kedua, saat mengurangi gas dan menekan kopling karena akan melalui polisi tidur, mesin mati. Padahal saat stasioner sangat stabil.
Mohon bantuan penjelasan siapa saja rekan yg membaca tulisan ini. Trims berat.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 12 Dec 2006, 14:13 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 12 Oct 2005, 11:59
Posts: 701
Location: JABOTABEK
-coba kalo nembak gitu settingan dari karbu tidak pas minta di stel lagi ke bengkel
-kalo lagi jalan biasa tekan kopling mati gak??(jangan salahin motor dulu)


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 12 Dec 2006, 14:19 
Offline
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic

Joined: 21 Apr 2006, 11:33
Posts: 505
Location: JAKARTA
yup, you have problem with karbu, mungkin langsamnya kali kekecilan , trus loe udah coba tanya sama bengkel Yamaha-nya ngga, yah itung2 konsultasi lah.

_________________
GW PUNYA HOBI OTOMOTIF, YA SAPA TAU KETEMU YG HOBI JG JD BISA TUKER PENDAPAT DALAM MODIFIKASI


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 12 Dec 2006, 16:03 
Offline
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
User avatar

Joined: 12 Dec 2006, 13:13
Posts: 24
Location: Surabaya
Berux_bogor wrote:
-coba kalo nembak gitu settingan dari karbu tidak pas minta di stel lagi ke bengkel
-kalo lagi jalan biasa tekan kopling mati gak??(jangan salahin motor dulu)


Trims tanggapannya. Kalo lagi jalan biasa gak mati saat nekan kopling. Tapi saat gas dilepas dan kopling ditekan pada putaran rendah karena mau melewati polisi tidur, nah disitu mesin mati.
Terus gini mas Berux, saya pernah baca di tabloid motor ternama, itu karena pilot air jet scorpie ukuran 65 orsi pabrikan terlalu besar dibandingkan dengan seting udara ke karbu. Katanya sih bisa diakali dengan ngecilin pilot jet pake punya FIZ-R, dan ngatur ulang udara nya.
Bagaimana pendapatnya?


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 12 Dec 2006, 17:57 
Offline
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
User avatar

Joined: 12 Dec 2006, 13:13
Posts: 24
Location: Surabaya
dado wrote:
yup, you have problem with karbu, mungkin langsamnya kali kekecilan , trus loe udah coba tanya sama bengkel Yamaha-nya ngga, yah itung2 konsultasi lah.


Belum nanya sih, cuma saya suka baca artikel di tabloid kebanyakan menyarankan ngganti power jet orsi dengan milik FIZ-R. Kira2 pengaruh gak ya ke performa mesin kalau dipaksain ukuran pilot jet kecil.
Tapi memang kepala busi kelewat basah dan hitam saat ini padahal kondisi semuanya masih standar.
Sebagai info, saya belum pernah utak atik mesin sejak beli awal. Cuma bodywork dan kaki kaki aja yang sudah berubah jadi YZF 1000.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 12 Dec 2006, 18:17 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 08 Sep 2004, 03:44
Posts: 902
klo nembak ketika sdg decceleration, itu artinya ada BBM yang terbawa keluar exhaust valve (katup buang) , sementara knalpot khan panas, jadi baru terbakar di dlm knalpot, so..nembaklah dia.

BBM bisa di situ bisa jd karena:
- timing pengapian terlalu deket ke TMA (retard)
- bensin oktannya terlalu tinggi (ada sisa yg tdk terbakar)
- busi jelek (kadang ada busi baru, tapi resistansinya terlalu besar, jd percikannya kurang)
- kurang udara, terlalu kaya akan BBM (running rich)

krn motornya baru dan kalau msh standar mesinnya, jadi kemungkinannya yg 2 terakhir.
bro pakai bensin apa? Scorpie kompresinya 9.5:1 , jadi : "Premium saja..! (tm)"
Periksa busi, bisa pakai AVO meter.
Kemudian kira2 ada yg bikin mampet supply udara ke karbu ngga? (filter kotor? busa filter rontok? atau kalau pakai kertas, coba ganti yg baru)
Klo ada sekrup setelan udara, coba diputar ke kiri 0.5 putaran , utk nambah pasokan udara ke dlm karbu.
(err... setau gw adanya di Scorpie ini sekrup utk fuel mixture, tapi cobain aja)

Ttg yg kopling, gejalanya sih seperti setelan kabel kopling yg kurang. Kondisinya seperti "setengah-ngupling", tapi gas khan sdg kecil, jadi ya gampang mati. Coba deh periksa/stel kabel kopling.

Kalau tips DIY (Do It Yourself) diatas ngga menyelesaikan masalah, coba cari bengkel resmi (Beres) atau tanya2 anak scorpie

_________________
Nano Energizer - (Product of nanoTec International - Korea) dengan nano ceramic technology.
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 12 Dec 2006, 18:40 
Offline
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
User avatar

Joined: 12 Dec 2006, 13:13
Posts: 24
Location: Surabaya
yoyoyo wrote:
klo nembak ketika sdg decceleration, itu artinya ada BBM yang terbawa keluar exhaust valve (katup buang) , sementara knalpot khan panas, jadi baru terbakar di dlm knalpot, so..nembaklah dia.

BBM bisa di situ bisa jd karena:
- timing pengapian terlalu deket ke TMA (retard)
- bensin oktannya terlalu tinggi (ada sisa yg tdk terbakar)
- busi jelek (kadang ada busi baru, tapi resistansinya terlalu besar, jd percikannya kurang)
- kurang udara, terlalu kaya akan BBM (running rich)

krn motornya baru dan kalau msh standar mesinnya, jadi kemungkinannya yg 2 terakhir.
bro pakai bensin apa? Scorpie kompresinya 9.5:1 , jadi : "Premium saja..! (tm)"
Periksa busi, bisa pakai AVO meter.
Kemudian kira2 ada yg bikin mampet supply udara ke karbu ngga? (filter kotor? busa filter rontok? atau kalau pakai kertas, coba ganti yg baru)
Klo ada sekrup setelan udara, coba diputar ke kiri 0.5 putaran , utk nambah pasokan udara ke dlm karbu.
(err... setau gw adanya di Scorpie ini sekrup utk fuel mixture, tapi cobain aja)

Ttg yg kopling, gejalanya sih seperti setelan kabel kopling yg kurang. Kondisinya seperti "setengah-ngupling", tapi gas khan sdg kecil, jadi ya gampang mati. Coba deh periksa/stel kabel kopling.

Kalau tips DIY (Do It Yourself) diatas ngga menyelesaikan masalah, coba cari bengkel resmi (Beres) atau tanya2 anak scorpie

Ok mas Yoyo, trims banget. Kayaknya poin nya kena semua. Saya pake Pertamax.
Lalu terlalu kaya BBM karena busi jadi hitam basah.
Saran tentang setel udara 0.5 putaran kekiri akan saya coba.
Tentang 'setengah ngopling' tampaknya juga benar karena seringkali saat pertama ngidupin mesin lalu tekan kopling masukin persneling, mesin mati seakan handel koplingnya gak ditekan.
Thx banyak friend.
Soal ganti power jet asli pake punya FIZ-R gak disarankan ya?
Katanya sih bisa membuat tarikan sehebat RX King.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 12 Feb 2007, 12:36 
Offline
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic

Joined: 21 Jan 2006, 21:35
Posts: 71
Location: Pontianak Indonesia
scorpio masih di produksi nggak? koq aku liat di daftar harga yamaha nggak ada???

truz yg scorpio 250 tu jd masuk indonesia nggak???
desain mesin 250 tu merupakan bore up dari mesin yg lokal atau mesin yg benar2 baru

klo head mesin and piston yg punya scorpio 250 bisa masuk nggak di scorpio lokal????

harga rasio 6 speed racing scorpio n camshaft racing scorpio berapa? n dimana bs didapet???

ktnya ada WR ain ato apa gitu untuk modif mesin scorpio ada yg tau???


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 12 Feb 2007, 12:36 
Offline
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic

Joined: 21 Jan 2006, 21:35
Posts: 71
Location: Pontianak Indonesia
scorpio masih di produksi nggak? koq aku liat di daftar harga yamaha nggak ada???

truz yg scorpio 250 tu jd masuk indonesia nggak???
desain mesin 250 tu merupakan bore up dari mesin yg lokal atau mesin yg benar2 baru

klo head mesin and piston yg punya scorpio 250 bisa masuk nggak di scorpio lokal????

harga rasio 6 speed racing scorpio n camshaft racing scorpio berapa? n dimana bs didapet???

ktnya ada WR ain ato apa gitu untuk modif mesin scorpio ada yg tau???


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 12 Feb 2007, 19:21 
Offline
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
User avatar

Joined: 12 Dec 2006, 13:13
Posts: 24
Location: Surabaya
fajar_text wrote:
scorpio masih di produksi nggak? koq aku liat di daftar harga yamaha nggak ada???

truz yg scorpio 250 tu jd masuk indonesia nggak???
desain mesin 250 tu merupakan bore up dari mesin yg lokal atau mesin yg benar2 baru

klo head mesin and piston yg punya scorpio 250 bisa masuk nggak di scorpio lokal????

harga rasio 6 speed racing scorpio n camshaft racing scorpio berapa? n dimana bs didapet???

ktnya ada WR ain ato apa gitu untuk modif mesin scorpio ada yg tau???


Ini ada tulisan mengenai w-rain, semoga bermanfaat.

biasanya scorpio kelemahannya pembakarnya kurang sempurna klo sya dr pada pakai bbm pertamax plus.. lebih baik pakai WRAIN == water injeksion
Dah ada yang denger atau tau tentang Water Injection....

katanya
Water Injection atau sering disingkat dengan Wa-i, mungkin agak aneh didengar, meng’injeksi’ air ke dalam ruang bakar mesinâ€Ã‚¦ hmm.
Namun ternyata banyak keuntungan yang didapat dari metode tersebut.
Wa-i sendiri bukan hal yang baru, bahkan metode ini sudah digunakan waktu perang dunia ke-2 pada pesawat tempur untuk meningkatkan tenaga mesin pada saat penyerangan.

Panas adalah masalah utama pada mesin, dan dapat menyebabkan cepatnya kerusakan komponen mesin sehingga menurunkan performance mesin itu sendiri. Panas pada ruang bakar mesin bisa mencapai 1100 derajat Celcius! apalagi mesin tersebut menggunakan Turbo atau SuperCharger.

Wa-i bekerja dengan cara menurunkan suhu ruang bakar yang tinggi tersebut, yaitu akibat udara yang dihisap mesin menjadi dingin karena bercampur dengan kabut air, dengan demikian dapat memperlambat terbakarnya bensin. Hal ini bisa sepadan dengan menggunakan bensin beroktan tinggi sekitar setara angka oktan 113.
Ini menguntungkan karena timing pengapian bisa dibuat lebih maju (advance) tanpa gejala knocking (ngelitik), dan power yang dihasilkan mesin menjadi lebih besar. Secara teori, butir halus air akan terpecah menjadi uap pada suhu panas ruang bakar, ini menghasilkan tenaga tambahan ekstra bagi mesin.

Keuntungan Wa-i:
- Memungkinkan untuk menyetel campuran bensin seirit mungkin (LEAN)
- Memungkinkan untuk menyetel Timing Pengapian lebih maju (ADVANCE) untuk mendapatkan torsi lebih besar.
- Menjaga ruang bakar tetap bersih, karena selalu terbilas oleh uap air tadi.
- Mencegah penumpukan Carbon di ruang bakar.
- Menjaga stabilitas suhu mesin
- Mencegah terjadinya Knocking/Pinging (ngelitik).
- Menurunkan kadar polusi NOx karena suhu ruang bakar tidak tinggi.
- Bisa menggunakan Premium tanpa gejala ngelitik.
- Dapat dicampur dengan alkohol/methanol untuk mendapatkan nilai oktan yang lebih tinggi.

Namun ada juga efek negatifnya lho¦
- Karena tidak terjadi Knocking/Pinging (ngelitik), menjadi susah bagi kita untuk mendeteksi kualitas bensin.
- Knalpot relatif perlu perhatian dari kemungkinan berkarat.
- Ada kerja ekstra untuk selalu memantau kondisi tangki air.

klo dipikir-2 kayaknya di Scopie bisa diaplikasiin nich
mo dicoba dulu ya....heuheueue ntar klo sukses ada yg mau ngekutin gak ya
Duh..inovasi mulu nich gw....kayak yg kurang kerjaan banget


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 13 Feb 2007, 15:07 
Offline
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic

Joined: 21 Jan 2006, 21:35
Posts: 71
Location: Pontianak Indonesia
bro klo body scorpio 250 (klo nggak slh YBR250 ya??????) ada yg jual nggak??? bs dipasang di scorpio lokal nggak????


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 14 Feb 2007, 00:57 
Offline
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
User avatar

Joined: 12 Dec 2006, 13:13
Posts: 24
Location: Surabaya
fajar_text wrote:
bro klo body scorpio 250 (klo nggak slh YBR250 ya??????) ada yg jual nggak??? bs dipasang di scorpio lokal nggak????


Belum pernah dengar yg 250. Kayaknya di pasar indonesia cuma ada yg 225 itu. Sebetulnya bisa diupayakan modifikasi sendiri sih. Bahan fiber cukup murah juga kok.
Kaki kaki juga dibuat dari bahan2 sederhana, saya pikir masih ok juga. Ditambah lagi pelek RGV 17' tapak lebar juga relatip murah dan mudah didapat di toko variasi.[/img]


Attachments:
s25.jpg
s25.jpg [ 61.35 KiB | Viewed 6314 times ]
Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 14 Feb 2007, 15:04 
Offline
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
User avatar

Joined: 11 Jan 2007, 13:50
Posts: 33
Location: AB
Bos ...

keknya kalo mau naruh bodi YZR250 ke scorpio ga banyak perubahan

backbone rangka keknya sama, cuma bedanyadi rangka tengah, scorpio ada segi tiga, pi kalo yzr kosong melompong gitu,

yzr juga bukan deltabox, pi tubular, sama kek scorpio

mungkin perubahan mendasar ya di sektor tengah sampe buritan karena yztr lebih nungging.


Attachments:
yamaha_ybr250.jpg
yamaha_ybr250.jpg [ 24.17 KiB | Viewed 6288 times ]

_________________
http://arie.putranto.com
http://arie.putranto.com/blog
Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 14 Feb 2007, 15:11 
Offline
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
User avatar

Joined: 11 Jan 2007, 13:50
Posts: 33
Location: AB
WUAHHHHHHHH!!!

jadi pengen ngerubah wujud si Pi'i nih .. ;)

_________________
http://arie.putranto.com
http://arie.putranto.com/blog


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 16 Feb 2007, 10:46 
Offline
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic

Joined: 21 Jan 2006, 21:35
Posts: 71
Location: Pontianak Indonesia
trus urusan modif memodif n bore up kira2 spek mesinnya sama nggak y??? klo YbR250 tu versi bore upnya scorpio brarti head n pistonnya masuk donk di scorpio, klo bs masuk brarti scorpi bs 250cc edaaaan keren banget

tapi ada nggak yg jual y?????

trus bodinya YBR 250 ada nggak yg jual ya???????

Bro2 skalian klo ada info2 part utk modif scorpio ksi info ya.....


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 28 Mar 2007, 23:06 
Offline
Visitor
Visitor

Joined: 28 Mar 2007, 22:47
Posts: 4
Mana nih yg 250?


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 29 Mar 2007, 00:46 
Offline
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
User avatar

Joined: 12 Dec 2006, 13:13
Posts: 24
Location: Surabaya
G-SHOCK wrote:
Mana nih yg 250?

Hm..ditunggu tunggu juga lama sih yang 250. Mending tetap scopie 225 tapi diganti baju kayak gue punya nih.. murah meriah.
Image


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 29 Mar 2007, 07:43 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 13 Feb 2007, 15:18
Posts: 831
kayaknya itu pengaruh ente ganti knalpot jadi setting karburator dan pengapian juga kudu disesuaikan, .....


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 22 Apr 2007, 10:49 
Offline
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
User avatar

Joined: 14 Nov 2006, 19:55
Posts: 207
Location: in front of my laptop
tapi tetep stang kayak ketinggian ya yang 250 itu

_________________
moconro moketro!
http://www.kaciandehloe.com

Image


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 19 posts ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 6 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
Powered by phpBB® Forum Software © phpBB Group
Hosting by SerayaHost.com - SerayaGroup.com