Suzuki SX4 - masuk Indonesia awal 2007
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 629
- Joined: Fri Apr 06, 2007 1:37
- Location: Jakarta Selatan
Di check saja di Suzuki, suruh orang servicenya test drive
ID42NER - TOYOTA FORTUNER CLUB OF INDONESIA
http://www.id42ner.org | http://groups.yahoo.com/group/id42ner | http://fortunerforum.fr.yuku.com/
http://www.id42ner.org | http://groups.yahoo.com/group/id42ner | http://fortunerforum.fr.yuku.com/
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Wed Jul 11, 2007 15:35
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Pernah jalan-2 melalui jalan Prof Supomo di daerah Tebet atau tidak? Disitu khan ada dealer Suzuki... beberapa kali gue lewat situ selalu lihat SX4 warna abu-2 di ruang pamer nya... jadi kalau ada yang berminat... coba saja jalan-2 ke Suzuki Tebet.... siapa tahu belum ada yang beli....
Dari Solo ke Oslo
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Sun May 27, 2007 3:41
Maaf, permisi sharing mengenai sx4..
Saya sudah memakai sx4 sampe 2000km, cuma 1 yg saya sesali yaitu PENYAKIT TIAP SUZUKI yaitu DASHBOARD BERISIK/BANYAK SUARA2.
Padahal semuanya(menurut saya sudah bagus sekali) mulai dari desain dashboard, kelengkapan2 yang ada, dsb. Cuma ya itu tadi, kalo dipake lewat jalanan tidak rata/pavingstone pasti ada getaran2 tidak jelas dari dashboard terutama sebelah kiri dekat pilar A dan sebelah kanan dekat kaca depan. Huh.. jadi sebel deh.. Padahal jalannya udah pelan (dibawah 20km/jam), kalo suara dungdungdung dari bawah itu sih masi bisa ditolerir mnurut saya. Banyak orang bilang dashboard berisik sudah menjadi ciri khas suzuki, pdhl sx4 dan swift kan CBU jepang. Apa prolem ini juga terjadi di GV ? Aneh juga, masa CBU jepang kalah ma jazz yang CKD.. (mengingat jazz kabinnya hening walau lewat jalan tidak rata/pavingstone).
Saya sudah memakai sx4 sampe 2000km, cuma 1 yg saya sesali yaitu PENYAKIT TIAP SUZUKI yaitu DASHBOARD BERISIK/BANYAK SUARA2.
Padahal semuanya(menurut saya sudah bagus sekali) mulai dari desain dashboard, kelengkapan2 yang ada, dsb. Cuma ya itu tadi, kalo dipake lewat jalanan tidak rata/pavingstone pasti ada getaran2 tidak jelas dari dashboard terutama sebelah kiri dekat pilar A dan sebelah kanan dekat kaca depan. Huh.. jadi sebel deh.. Padahal jalannya udah pelan (dibawah 20km/jam), kalo suara dungdungdung dari bawah itu sih masi bisa ditolerir mnurut saya. Banyak orang bilang dashboard berisik sudah menjadi ciri khas suzuki, pdhl sx4 dan swift kan CBU jepang. Apa prolem ini juga terjadi di GV ? Aneh juga, masa CBU jepang kalah ma jazz yang CKD.. (mengingat jazz kabinnya hening walau lewat jalan tidak rata/pavingstone).
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Sun May 27, 2007 3:41
hm.. tapi kalau ditilik dari segi harga, sx4 A/T 170jt sedangkan jazz vtec A/T juga segitu. Seharusnya paling tidak tingkat (apa ya?) kan harusnya mirip2..
yang ada malah built quality dari interiornya beda jauh. AH.. coba dengan desain yang sudah bagus ditambah dengan keheningan kabin.. WAH.. makin cinta deh hahaha
yang ada malah built quality dari interiornya beda jauh. AH.. coba dengan desain yang sudah bagus ditambah dengan keheningan kabin.. WAH.. makin cinta deh hahaha
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 668
- Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
- Location: Jakarta
Bukannya "Kadang harga gak boong?"FortunerMan wrote:Istilah dagang di glodok...ada harga ada barang :p
Soal kualitas Suzuki secara keseluruhan, gw gak percaya kalau Suzuki < Honda/Toyota. Gw lebih percaya sloppy quality control yang dapat diperbaiki, jadi barang bagus, cuma masalah human error aja. Bisa di pemasangan, atau gak yang gw curiga... Karena CBU dari Jepang. Karena CBU itu = dikirim utuh dalam kontainer pasti ada goncangan2 yang membuat struktur lemah. Coba kalau dikirim pretelan kesini, pasti pretelannya kan dibungkus styrofoam, atau pelindung lainnya. Jadi seandainya CKD, pasti lebih bagus lagi... Waktu gw test drive Grand Vitara yang notabene adalah mobil manajer Suzuki mobil area bekasi, gak ada bunyi glodak glodok "khas Suzuki" dan GV udah CKD di Tambun.
Gw calon pembeli SX4, yang lagi nunggu Jazz baru kayak apa dan bagaimana performanya. Seandainya sedikit meleset dari perkiraan gw, SX4 bakal ada di garasi gw maksimal 1 bulan setelah peluncuran Jazz baru. Masalah kualitas gak bakal gw singgung karena untuk harganya, gw udah puas banget ama SX4.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
built quality nya kalo menurut gw masih oke SX4 dari pada Jazz, bukan cuma ngomong masalah interior, masalah exterior, kerapatan jarak antar sambunganpun lebih bagus sx4, bisa dibuktiin waktu cuci mobil, kebetulan gw ada karcher di rumah, kalo di jazz, setelah disemprot pake tekanan maka celah celah diantara pintu, ruang mesin, dll pasti basah cukup parah, jadi mesti dilap habis kalo gak mau timbul jamur air, sedang di sx4, debngan metoda penyemprotam yang sama, bagian bagian tsb hanya basah sedikit. ini buat gw sebuah cermin dari build quality yang bagus blm lagi plat body diestimasi lebih tebal/ solid.sand86wich wrote:hm.. tapi kalau ditilik dari segi harga, sx4 A/T 170jt sedangkan jazz vtec A/T juga segitu. Seharusnya paling tidak tingkat (apa ya?) kan harusnya mirip2..
yang ada malah built quality dari interiornya beda jauh. AH.. coba dengan desain yang sudah bagus ditambah dengan keheningan kabin.. WAH.. makin cinta deh hahaha
kalo masalah dash board, kayaknya bro perlu cek deh ke beress, mungkin defect ato kenapa gitu... saya punya gak masalah lho, kabin sangat senyap dibanding dengan mobil sejenis di kelasnya. lewat paving paling yang bunyi hanya shock depan bernyanyi siul siul hehehe dan toneau cover di belakang yang geter geter wajar.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 179
- Joined: Sat Mar 24, 2007 4:19
Dashboard GV (punyaku) ndak ada masalah kok, cuma bahannya kayaknya cepet kotor, un-even gitu, soalnya ber-tekstur halus. Aku liat dashboard grand livina yang bertekstur kulit jeruk lebih OK.sand86wich wrote:Maaf, permisi sharing mengenai sx4..
Saya sudah memakai sx4 sampe 2000km, cuma 1 yg saya sesali yaitu PENYAKIT TIAP SUZUKI yaitu DASHBOARD BERISIK/BANYAK SUARA2.
Padahal semuanya(menurut saya sudah bagus sekali) mulai dari desain dashboard, kelengkapan2 yang ada, dsb. Cuma ya itu tadi, kalo dipake lewat jalanan tidak rata/pavingstone pasti ada getaran2 tidak jelas dari dashboard terutama sebelah kiri dekat pilar A dan sebelah kanan dekat kaca depan. Huh.. jadi sebel deh.. Padahal jalannya udah pelan (dibawah 20km/jam), kalo suara dungdungdung dari bawah itu sih masi bisa ditolerir mnurut saya. Banyak orang bilang dashboard berisik sudah menjadi ciri khas suzuki, pdhl sx4 dan swift kan CBU jepang. Apa prolem ini juga terjadi di GV ? Aneh juga, masa CBU jepang kalah ma jazz yang CKD.. (mengingat jazz kabinnya hening walau lewat jalan tidak rata/pavingstone).
Masalah GV yang umum tuh : transmisi brisik, terutama gigi 1 dan 2, (ini katanya bawaan dari generasi sebelumnya, XL-7 juga gitu), pintu belakang klo ditutup kayak nutup pintu mobil box, ECU ndak ditutup pakai cover (telanjang)
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Sun May 27, 2007 3:41
Betul.. SEHARUSNYA memang mana boleh namanya mobil baru ada suara2 didashboard apalagi mobil jaman sekarang yang mana harganya sudah 170jt, Dulu sempat mau komplain, tapi setelah mendengar bahwa itu memang ciri khas suzuki (ada di beberapa postingan tapi lupa yang mana) saya nggak jadi komplain deh. Sebelum beli saya sudah sempat menanyakan perihal suara2 di dashboard pada sales, dia bilang "wah sampai sekarang belum ada yang kompalin tuh(mengenai swift)". Belum lagi nanti kalau dibongkar lalu masangnya kurang bener, malah merambat yang lain. Takutnya begitu.. Feeling saya, suara berasal dari bagian pilar A dan dashboard yang dekat kaca depan. Tapi apa iya sih mobil CBU yang dikirim utuh, bisa sampai terjadi seperti itu ? Sayang juga ya kalau benar seperti itu. Moga2 dimasa depan suzuki bisa lebih maju lagi, apalagi dengan desain-desain yang sudah oke.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 75
- Joined: Fri Mar 23, 2007 5:11
- Location: Kelapa Gading
Wah lama ga nimbrung ni.johnlegend wrote:nama nya cbu jpn.. mungkin di jpng kaga ada aspal pecah.. aspal jerawat.. aspal nambal2.. polisi tidur yg bentuk kotak2.. bentuk bopeng2.. kaga jalan di paving stone.. jd kl di jlan kualitas tol kelas A1 ya mungkin kaga bakal kerasa lah bunyi2 nya..
Aku lebih setuju dengan bung john legend. Aspal di kita kan masih kaya anak ABG jerawatan gitu.
Cuma, memang mobil sekarang dash-nya pake hard plastik semua ya? ga kayak tahun 90an. ada yang empuk2 gitu.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Bukannya semua mobil baru sebelom keluar dari pabrik perakitannya dicoba dulu di semua kondisi jalan? atau harus melewati QC yang ckp ketat?johnlegend wrote:nama nya cbu jpn.. mungkin di jpng kaga ada aspal pecah.. aspal jerawat.. aspal nambal2.. polisi tidur yg bentuk kotak2.. bentuk bopeng2.. kaga jalan di paving stone.. jd kl di jlan kualitas tol kelas A1 ya mungkin kaga bakal kerasa lah bunyi2 nya..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 494
- Joined: Fri Sep 22, 2006 9:54
- Location: Look at your rear view mirror
QC nya emang ketat bro, cuma cari jalan yg keriting kaya disini yg susah.........haaaallaaaaahRisol1 wrote:Bukannya semua mobil baru sebelom keluar dari pabrik perakitannya dicoba dulu di semua kondisi jalan? atau harus melewati QC yang ckp ketat?johnlegend wrote:nama nya cbu jpn.. mungkin di jpng kaga ada aspal pecah.. aspal jerawat.. aspal nambal2.. polisi tidur yg bentuk kotak2.. bentuk bopeng2.. kaga jalan di paving stone.. jd kl di jlan kualitas tol kelas A1 ya mungkin kaga bakal kerasa lah bunyi2 nya..
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 179
- Joined: Sat Mar 24, 2007 4:19
Bisa aja kan, waktu dikirim ke sini naik kapal, pas dapat spot yang kena sinar matahari berhari-hari, jadi dashboardnya uda sedikit leleh :-)Sugie wrote:QC nya emang ketat bro, cuma cari jalan yg keriting kaya disini yg susah.........haaaallaaaaahRisol1 wrote:Bukannya semua mobil baru sebelom keluar dari pabrik perakitannya dicoba dulu di semua kondisi jalan? atau harus melewati QC yang ckp ketat?johnlegend wrote:nama nya cbu jpn.. mungkin di jpng kaga ada aspal pecah.. aspal jerawat.. aspal nambal2.. polisi tidur yg bentuk kotak2.. bentuk bopeng2.. kaga jalan di paving stone.. jd kl di jlan kualitas tol kelas A1 ya mungkin kaga bakal kerasa lah bunyi2 nya..
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 157
- Joined: Tue Apr 17, 2007 3:56
kebetulan APV gw gak gitu2 amat / fine2 aja. Klo APV pake baut yang model plastik. Emangnya pengikat dasbornya pake baut model plastik yang model pencet (gak diputer2 pake obeng) atau pake yang baut besi?sand86wich wrote:Betul.. SEHARUSNYA memang mana boleh namanya mobil baru ada suara2 didashboard apalagi mobil jaman sekarang yang mana harganya sudah 170jt, Dulu sempat mau komplain, tapi setelah mendengar bahwa itu memang ciri khas suzuki (ada di beberapa postingan tapi lupa yang mana) saya nggak jadi komplain deh. Sebelum beli saya sudah sempat menanyakan perihal suara2 di dashboard pada sales, dia bilang "wah sampai sekarang belum ada yang kompalin tuh(mengenai swift)". Belum lagi nanti kalau dibongkar lalu masangnya kurang bener, malah merambat yang lain. Takutnya begitu.. Feeling saya, suara berasal dari bagian pilar A dan dashboard yang dekat kaca depan. Tapi apa iya sih mobil CBU yang dikirim utuh, bisa sampai terjadi seperti itu ? Sayang juga ya kalau benar seperti itu. Moga2 dimasa depan suzuki bisa lebih maju lagi, apalagi dengan desain-desain yang sudah oke.
klo yang model plastik, mungkin bisa diakalin, copot trus pake isolasi dobel (double tape) yang tipis baru pasang lagi. mudah2an bisa.
Krn yang model plastik biasanya tidak terlalu kuat megangnya. cmiiw
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 157
- Joined: Tue Apr 17, 2007 3:56
mau bikin kabin hening dgn. biaya murah meriah? asal mau aja.sand86wich wrote:hm.. tapi kalau ditilik dari segi harga, sx4 A/T 170jt sedangkan jazz vtec A/T juga segitu. Seharusnya paling tidak tingkat (apa ya?) kan harusnya mirip2..
yang ada malah built quality dari interiornya beda jauh. AH.. coba dengan desain yang sudah bagus ditambah dengan keheningan kabin.. WAH.. makin cinta deh hahaha
cari karet pembungkus saluran ac outdoor ke indoor, biasanya warna hitam. atau yang setipe juga boleh, yang penting tingkat kelenturannya cukup.
potong tengah & buat memanjang (lebar menyesuaikan bentuk pilar karet dalam). Panjangnya sesuai panjang dimensi keliling pilar dalam. Trus tempel di seluruh pintu samping & belakang , biasanya seh belakang udah ada (mau pake double tape boleh, aica aibon boleh, utk. mempermudah pembersihan. Jgn. pake power glue).
Silahkan dicoba dan dirasakan. sudah di apply di APV gw. Perbedaan cukup signifikan. Tinggal mencari ide buat peredaman mesin. Karena suara luar bisa diredam, eh malah suara mesin yang jadi tambah terdengar... :?
Ada juga yang jual, namanya 'karet balon', hrg. 10rb per meter (itu loh yang suka dipasang di pinggiran pintu biar klo ngebuka gak ngerusak tembok eh... pintunya). Tapi gak bisa dipasang keliling pilar dalam, hanya sebagian saja dgn. membuka karet orisinil (ini yang membikin gw males & mencari akal dgn. memanfaatkan barang bekas) :lol:
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
eh.. emang bisa sampe meleleh gitu yah? *saya baru tau lho..*id-grand-vitara wrote:Bisa aja kan, waktu dikirim ke sini naik kapal, pas dapat spot yang kena sinar matahari berhari-hari, jadi dashboardnya uda sedikit leleh :-)Sugie wrote:QC nya emang ketat bro, cuma cari jalan yg keriting kaya disini yg susah.........haaaallaaaaahRisol1 wrote: Bukannya semua mobil baru sebelom keluar dari pabrik perakitannya dicoba dulu di semua kondisi jalan? atau harus melewati QC yang ckp ketat?
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Wed Aug 22, 2007 4:38