Suzuki SX4 - masuk Indonesia awal 2007

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

Jazz yg di rental slalom di atap MAG juga Matic tuh...
Image
Tango
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Fri Mar 30, 2007 17:00
Location: Surabaya

Post by Tango »

Mike wrote:
€lj€p€ wrote: ..................
Ini harga SX-4 dipasar Jepang. Kalau tidak salah sebagian besar saham Suzuki Indonesia sudah milik Jepang (PMA) jadi dalam perhitungan harga pastinya mulai dari ongkos produksi bukan dari harga diatas. Nah kalau dihitung Harga (CIF) sampai disini + Pajak 45% ... yang masuk Indonesia itu SX-4 type yang mana ya....E,G,XG 2WD.

Disini harganya M/T IDR 155.000.000 dan A/T IDR 165.000.000
Yang 4WD IDR 340 jt ????


Build Up Thailand (Pajak 5%)
Sebagai perbandingan Harga Honda City di Thailand yang iDSI
M/T THB 512.000 atau IDR 135.302.556.11
A/T THB 549.000 atau IDR 146.422.610.83

Honda di Indonesia hanya importir (ATPM biasa)
Dengan pajak 5% (ASEAN) harga disini
M/T IDR. 176.800.000,-
A/T IDR. 186.800.000,-

Siapa yang bisa kasih tahu bagaimana caranya menghitung....
Dari yg saya tau, kalo 2000cc (non Asean) dgn 4 WD akan kena biaya2:

Import Duty 45%
PpnBM 40%
PPN 10%
Pph 2.5%
Freight utk Asia : kisaran 10%
Insurance : 0.5%

dari total diatas sini akan bisa dapet nilai CIF

Selanjutnya sampai di pelabuhan tentu ada:
Biaya THC
Clearance
Inland Transport
Sewa Gudang
Overbrengen
Gerakan Extra
Stiker
dll
(ini asumsi kalo didatangkan dgn RoRo, bukan Container)

Selanjutnya tentu ada :
FOH
Advertising Cost
Profit Margin

Utk biaya pelabuhan + clearance termasuk biaya iklan dll, persisnya
saya gak tau (tergantung masing2 perush), tapi diatas itu kira2 komponen biayanya-nya bila melakukan importasi mobil.
Bung Mike di bidang Shipping, Forwarding ato EMKL ya...
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

Huahaha....
enggaklah bro...

saya juga paham ttg cara kerja mesin,
tapi bukan berarti saya kerja di bengkel khan...
Image
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Post by €lj€p€ »

Meskipun spek sudah jauh berbeda (2.0L Vs 1.5L, AWD Vs 2WD), selain itu banyak lagi saingan, apakah SX 4 masih bisa be a winner seperti yang dibicarakan di situs ini ....

http://cars.about.com/od/suzuki/fr/ag_07sx4.htm
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

SX4 azure grey gue udah dateng 4 hari yang lalu, setelah pindah dari Jazz VTEC 2005 ke SX4 sejauh ini puas banget, meskipun kabin gak selega jazz tapi handling nya lebih oke... mirip swift cuma bongsor.... interior juga lengkap dan cukup cool..... tunggu beberapa saat lagi gue kasih review nya yaa.....
User avatar
soraksorai
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 230
Joined: Sat Apr 28, 2007 6:02

Post by soraksorai »

bro piter, bagaimana review-nya?
=== 2ZR-FXE, L15Z1, K24Z9, MZR L 2.0, L15A7, 3.6L V6, 2.5 LCV, 2.4L G4KC, 2.0 TDI, K3-VE, 1.8 Nu MPi, 1.4L, 2TR-FE, QR25DE, SR20DE, 2.6 V6, W124 M103, 1.8 7K, 1.3 2E
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

hehehe sorry jarang on line bro... keluar kota m'lulu... SX4 dipake istri deh hehehe sejauh ini pake ni mobil sangat puas, bantingan oke: sedikit keras namun tertolong ban yang tebel, istri yang lagi hamil tua pun, saat naik di jok penumpang gak komplain. posisi mengemudi nya oke banget, karena di posisi tilt steering paling bawah, masih banyak celah buat paha untuk bergerak terutama naik dan turun mobil. posisi nyetirnya juga ideal buat gue. suara mesin nya sangat senyap di rpm 3000 kebawah, diatas itu mulai menyelinap masuk ke mobil. suara jeritan persis seperti Swift yang DOHC. tarikan punya ciri khas mesin square engine gampang ngejerit tapi aneh nya agak panjang nafas si M15A ini, sebelum terhalang limiter di 6500 rpm tepat. setir nya cukup memberikan feedback. kalo gue bilang sih mirip ama peugeot 206.
kabin cukup roomy dengan perlengkapan yang sangat memadai untuk mobil sekelasnya: courtesy cabin light on, lampu kabin akan menyala jika kita membuka kunci pake remote keyless. dan akan meredup pelahan begitu kita masukin kunci ke lubangnya, kalo pas berhenti, begitu kunci kontak dicabut, lampu kabin pun akan langsung menyala meskipun belum ada pintu yang terbuka. lampu map di depan juga terang banget cahayanya, lebih dari cukup kalo mau cari barang di malem hari. kayaknya di mobil sekelas ini jarang yang ada 3 lampu di kabin kaya SX4. Lampu panel speedometer maupun HU bisa di setel tingkat intensitas cahayanya. wiper nya gede banget bro, terutama yang di area driver, mantaf banget menyapu air hujan hehehe, untuk wiper ada intermmitent dengan penyetelan intensitas. termasuk juga wiper belakang ada intermittent nya, tapi wiper nya mungil banget. yang agak aneh, wiper belakang posisi wiper berhenti di sebelah kiri, tp washer nya ada di sebelah kanan, jadi kalo lagi semprot air, 3/4 bagian pertama saat wiper belakang bekerja, tidak kena air, baru baliknya kena air. cukup weird desain ini buat gue.

kualitas buatan nya cukup mencerminkan bahwa ni mobil JDM, pintu pintu rapibanget jatuh antar sambungannya (celahnya) karet karet nya juga rapi, sering gue cuci pake Karcher yang bertekanan. celah pintu dibalik karet peredam nya tetep mulus gak kena air, beda banget ama J*ZZ gue, kalo cuci mobil mesti rapi ngeringin sampai ke celah celah sempit, karena kalo gak, jamur air akan banyak menampakkan diri.... Kualitas buatan jok juga bagus, cukup mantap menggenggam tubuh. posisi sayap dudukan jok gak setinggi honda J*ZZ, lebih nyaman keluar masuk mobil. tapi kalo dilihat lebih sporty buatan honda, jok belakang ada arm rest di tengah, sayangnya gak ada pintu akses ke bagasi belakang, gue perlu ini karena bagasi standar SX4 ada cover bagasi nya, jadi gak bisa langsung melongok ke kabin belakang kalo mau ambil barang barang, perlu merebahkan salah satu sandaran terlebih dahulu. repot kalo ada 2 orang dewasa duduk di belakang, maklum ada si kecil yang sering minta dibuatin susu kalo di jalan hehehe. overall kurang praktis desain jok belakang, setelah beberapa tahun pakai ultra seat nya J*ZZ, berasa kehilangan juga gak bisa dapet bagasi yang flat kalo jok dilipet. MID cukup memberikan informasi kala dibutuhkan terutama suhu dan konsumsi BBM, kalo di bandingin dengan metode konvensional, saya dapet selisih 0.5 liter avarage dari MID dibanding hitungan manual. kalo untuk dalam kota gue bisa dapet konsumsi bensin 1: 12.5, sedang keluar kota sekitar 1: 15 an. lampu depan sangat terang, sering kali kena high beam pengendara lawan, meski setelan lampu udah diturunin. sayangnya lampu foglamp jangkauan nya kurang jauh, hanya kelihatan sedikit di ujung kap mesin kalo dinyalain fog lamp doank. apalagi ya? sementara itu dulu deh review nya, ntar kalo ada yang kelupaan ditambahin. maaf jika gak berurutan dan kurang lengkap.
handa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 284
Joined: Thu Jun 10, 2004 3:52
Location: Jakarta

Post by handa »

Jadi SX4 ini betul2 mobil bagus yah....
Yeah yeah yeah ! ! !
Midi_Amp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 668
Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
Location: Jakarta

Post by Midi_Amp »

Bagus, yang matic. Yang manual ada keluhan tuh di transmisinya.

http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6071

Masih di teliti apa penyebab keluhan transmisi SX4 di pabrik Suzuki di tambun.
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

koq tempat gue gak kenapa kenapa ya?
User avatar
skylion
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: Wed Apr 11, 2007 8:03

Post by skylion »

piterr wrote:Lampu panel speedometer maupun HU bisa di setel tingkat intensitas cahayanya..
bro piter gimana cara nyetelnya? apa warnanya juga bisa diganti hijau atau biru? merahnya ampun deh :wink:
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

kalo lampu speedometer setelnya saat lampu di on kan, tekan tombol reset trip meter beberapa kali sampai ada tanda 0000, saat keluar tanda tersebut, tekan terus sampai dimmer berubah tingkat intensitasnya dari 0 (dimmest), 00, 000, sampai 0000 (brightest) kalo gue disetel di tingkat no 2 atau 3 saja, supaya di mata gak cape, warna emang cukup nyentrik merah nya hehehe dan gak bisa diganti warna lain. kalo yang di HU, agak ribet setelnya, coba lihat di manual book, saya gak hapal hehehe
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Post by €lj€p€ »

Hari Sabtu kemarin, sempat mampir ke Suzuki Pondok Indah.... anak saya yang perempuan... tertarik juga dengan SX-4.. karena dia masih pakai supir... jadi yang diukur,, tempat duduk belakang.. menurut dia sih cukup nyaman.. dibandingkan Yaris, Swift yang lebih sempit.
Tadi malam.. ngomong deh sama ibunya... dan hasilnya setuju ajah.. meskipun dia masih sempat tanya soal harga jual merk Suzuki hehehe.
Anak saya tertarik dengan warna yang cerah.. pearl white atau silver.. cuma menurut sales girl nya banyak yang pesan warna itu... jadi indent bisa sampai Januari.... Kira-2 warna apa ya yang indent nya tidak terlalu lama..... ada yang kebetulan tahu atau tidak????
Kemungkinan juga mau ambil yang M/T,,, tentunya sambil berharap.. masalah dengan M/T bulan Januari nanti sudah bisa diatasi......

Untuk yang sudah pakai sehari-hari, tolong dirasakan kalau duduk dibelakang dengan kondisi jalan-2 di Jakarta... apakah seperti Dai Xenia?
Dulu pernah pakai Xenia, anak gue gak tahan... langsung di jual lagi.

I'll keep my finger crossed...........
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

duduk di bangku belakang gak masalah om, jauh donk kalo dibandingin ama xenia..... cuman bangku belakang agak tegak ya..... buat yang perut nya ndut.... pasti berasa kurang nyaman...... kalo masalah suspensi lebih empuk dari jazz cuma gak seempuk swift deeeh....
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Post by €lj€p€ »

piterr wrote:duduk di bangku belakang gak masalah om, jauh donk kalo dibandingin ama xenia..... cuman bangku belakang agak tegak ya..... buat yang perut nya ndut.... pasti berasa kurang nyaman...... kalo masalah suspensi lebih empuk dari jazz cuma gak seempuk swift deeeh....
Terima kasih pak Piterr... Tidak seempuk Swift ???
Dari Solo ke Oslo
Image
naldo

Post by naldo »

Bantingan SX4 duduk di depan maupun di belakang pasti akan tetap berasa keras karena karakter dari mobil ini adalah condong ke arah SUV, jadi berasa keras. Tetapi hal ini membantu handling menjadi akurat dan memang SX4 ini bagus di handling walaupun tidak secekatan Swift...
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

€lj€p€ wrote: Terima kasih pak Piterr... Tidak seempuk Swift ???
ya, suspensi nya sedikit lebih keras dari swift, cuma jauh lebih empuk dari pada honda Jazz VTEC. cukup terbantu tebalnya ban, jadi cukup nyaman untuk lewat jalan jalan berlubang.
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Post by €lj€p€ »

piterr wrote:
€lj€p€ wrote: Terima kasih pak Piterr... Tidak seempuk Swift ???
ya, suspensi nya sedikit lebih keras dari swift, cuma jauh lebih empuk dari pada honda Jazz VTEC. cukup terbantu tebalnya ban, jadi cukup nyaman untuk lewat jalan jalan berlubang.
Terima kasih info nya.... cuma ujian masih belum selesai soal senderan belakang dan akses ke begasi... jadi masih lihat mobil lain nih... week end kemarin lihat Toyota Rush.
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

sandaran belakang memang agak tegak bos..... kalo luar kota kayaknya sih cape ya, tapi kemaren saya ajakin istri ke semarang (dari solo) dia duduk di belakang kagak ngeluh juga sih..... dibilang oke oke aja... FYI semarang solo sekitar 2,5 jam jalan siang hari. kalo akses ke bagasi cukup mudah koq, kalo mau ambil barang tinggal turunin sandaran ke depan, bisa ambil barang, atau kalo mau gampang, penyekat bagasi nya diturunin aja.... monggo silakan dicoba boss......
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Post by €lj€p€ »

Pak Piterr,

Wah jalan-2 nya udah jauh juga ya... Minggu ini mau nyekar ayah ke Jogja dan mertua di Klaten dulu deh... setelah itu baru mikir mobil lagi hehheee....

Terima kasih informasinya//// eLJePe
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

lho, asli jogja to pak? saya tiap hari juga wira wiri ke jogja lho, kebetuln ada kantor jg di jogja. makanya SX4 blm ada sebulan udah 2500km hehehe
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Post by €lj€p€ »

piterr wrote:lho, asli jogja to pak? saya tiap hari juga wira wiri ke jogja lho, kebetuln ada kantor jg di jogja. makanya SX4 blm ada sebulan udah 2500km hehehe


Bukan 100% Jogja sih... CKD Jakarta juga. hehheee.
Jadi SX4 nya yang dipakai sehari-hari nih.untuk mondar-madir Semarang-Jogja?.. rasanya pegal-2 atau tidak kalau untuk perjalanan jauh... Kalau lihat ukuran mobilnya, cocoknya untuk dalam kota saja ya... hehehee...
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

wah, jangan salah pak, saya lebih demen naik SX4 dibandingin naik innova ke jogja (lebih banyak setir sendiri), berasa lebih cape kalo bawa tu mobil....cape juga kantong nya..... hehehe. so innova lebih banyak dikandangin dipake ama adik saya. sering juga naik swift GL pak, nyaman sekaleee.... hehehe (bukan suzuki minded loh..... lihat aja avatar nya masih mesin L15A, kebetulan aja merk jepang sebelum nya barusan tergusur ama duet nya suzuki) kadang naik new civic 1.8 A/T tukeran mobil punya kongsian saya... yang ini nyaman tapi pengen nya ngebut terus... jadi cape juga deeeh hehehe
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

UPDATE : review tambahan SX4

Post by piterr »

dua minggu terakhir ini saya selalu isi pertamax/+ kebetulan ke luar kota / jogja lagi gak mood pake mobil, jadi naik kereta PRAMEKS, dalam dua minggu isi BBM 2 kali, di pompa bensin yang sama, setelah dihitung menggunakan metode manual, didapatkan konsumsi rata rata 1: 13.2, pemakaian mostly dalem kota 60%, dan suburb 40% (kantor gw agak keluar kota) terkadang masih pake model ngegas poolll ditarikin ampe redline.... menurut gue ini hasil yang amazing, dan gue memutuskan untuk tetep stay di pertamax + jika memang sanggup mengakomodasinya. oh ya, konsumsi bensin di MID ditunjukkan waktu itu 13.3..... cukup valid khan data nya...... demikian update reviewnya
User avatar
relisar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: Fri Apr 06, 2007 1:37
Location: Jakarta Selatan

Post by relisar »

Di Autobild terakhir ada test drive SX-4 vs Rush ternyata masih menang SX-4

Kalo inden sekarang kira2x dapat barang kapan yah?