SerayaMotor.com

Indonesian Automotive Discussion Forum
It is currently 22 Aug 2014, 14:52

All times are UTC + 7 hours





Post new topic Reply to topic  [ 6 posts ] 
Author Message
PostMessage posted...: 27 Sep 2006, 16:07 
Offline
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic

Joined: 27 Sep 2006, 15:22
Posts: 353
Kira udh 3 mingguan sy minta tolong supir gantiin olie matic jazz, ternyata begitu kembali olie yg pakai utk jazz sy bukan Honda CVTF tapi Eneos CVT.
Apa penggantian ke merk Enoes ini bakal meusak gerbox matic sy nggk, dr 3 minggu smp skrg ini sich tdk ada gejala-2 slip dan ok (udh jln +/-2000 km)
Menurut pihak bengkel olie tsb Eneos CVT dibuat khusus utk matic yg menggunakan belt spt Jazz dan diproduksi oleh Nippon Oil Jepang, Sedangkan Honda CVTF tsb dibuat nippon Oil juga,krn Eneos CVT ini dibuat khusus utk matic yg menggunakan belt bisa digunakan di Honda,Toyota,Nissan,jadi menurutnya Eneos ini gradenya lbh tiinggi dibandingkan Honda CVTF.
Benar nggk sich kata pihak bengkel ini, soalnya sy rencana ulang dan kuras lagi olie eneos ini dan pakai honda cvtf.
Mohon pendapatnya nich , trm ksh.


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 28 Sep 2006, 10:43 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 12 Dec 2005, 12:14
Posts: 7875
Sudah pasti pihak produsen otomotif meng outsource pelumas ke pesh. khusus pembuat pelumas.

ENEOS CVT :

http://www.eneos.co.jp/carlife/product/ ... ocvtf.html

http://www.eneos.co.jp/carlife/product/ ... 1-0412.pdf


Sama saja halnya spt Trans A/T Innova yg harus menggunakan ATF Toyota Type -IV yg mana sebetulnya oli tsb. buatan Mobil yaitu Mobil ATF 3309.

_________________
Cool Stuff :
http://tinyurl.com/p7gfeng
:big_blushing:

Affiliation :
http://intautobody.com/


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 28 Sep 2006, 11:15 
Offline
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic

Joined: 27 Sep 2006, 15:22
Posts: 353
Heee... trims linknya ,sayang ngk bisa bhs jpn jadi tdk ngerti nich, Jadi pengertiannya harusnya tdk ada masalah dong kita pakai Eneos CVT , cuma mungkin sblm pakai Eneos ini sebaiknya engine fluh dulu ya +/- 8 ltr agar tdk ada sisa olie lama.
terus perbedaan warnanya juga yg CVTF orange, Eneos merah.


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 29 Sep 2006, 00:14 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 11 Jan 2006, 12:21
Posts: 1245
Location: Subang
Turboman wrote:
Sama saja halnya spt Trans A/T Innova yg harus menggunakan ATF Toyota Type -IV yg mana sebetulnya oli tsb. buatan Mobil yaitu Mobil ATF 3309.


Umumnya tipe ATF ini digunakan untuk Auto Transmission yang udah ada Slip Control dan Lock-up systemnya dan biasanya yang 5 speeds Autotrans, khususnya transmisi yang dibuat oleh Aisin Warner (milik Toyota).

Walaupun sama menggunakan kode 3309 ... Mobil ATF 3309 atau JWS 3309 (Volvo dan Saab atau Mazda) ... harganya berlainan.

Untuk JWS 3309 ... kalau udah masuk ke Part Numbernya Volvo ... harga per liternya bisa nyampe Rp. 250,000.00 sedang kalau capnya Toyota Type-IV ... harganya hanya Rp. 37,500.00 per liter walaupun spec ATF-nya sama dan dipakai oleh transmisi yang sama (sama-sama buatan Aisin Warner).

_________________
Image


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 29 Sep 2006, 00:30 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 11 Jan 2006, 12:21
Posts: 1245
Location: Subang
dony wrote:
Heee... trims linknya ,sayang ngk bisa bhs jpn jadi tdk ngerti nich, Jadi pengertiannya harusnya tdk ada masalah dong kita pakai Eneos CVT , cuma mungkin sblm pakai Eneos ini sebaiknya engine fluh dulu ya +/- 8 ltr agar tdk ada sisa olie lama.
terus perbedaan warnanya juga yg CVTF orange, Eneos merah.


Sepanjang specnya sama untuk aplikasi yang sama maka tidak akan ada masalah ... IMO, tidaklah diperlukan Flush (kecuali kalau kilometernya udah tinggi). Seperti halnya Autotrans yang spec ATF-nya DEXRON-III ... apapun merek sepanjang Dexron-III nggak masalah ... gw dah coba bermacam-macam brand dan campur aduk ... shifting tetap smooth dan awet dengan catatan nggak telat nggantinya ... walaupun (kadang-kadang) dalam manual book dikatakan "No Need To Change ATF" ... tapi gw tetap aja ganti tiap-tiap 5,000 km. Kelihatannya sih mubazir ... tapi dari performa dan usia ... worthed ... karena ada autotrans yang sama ... cuman gak dirawat .... baru 60,000 km udah jebol dan mesti ganti Auto GB ... sedang yang gw punya udah 120,000 km masih ok banget.

Tentang perbedaan warna ... gak jadi masalah ... hanya konsentrasi dyes aja yang berbeda dan hanya untuk membedakan dengan oli mesin dan oli GB Manual. Sama halnya Bensin ... Kalau RON 92 warnanya merah sedangkan yang RON 95 atau RON 97 warnanya kuning.

_________________
Image


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 15 Apr 2010, 08:14 
Offline
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic

Joined: 27 Mar 2008, 12:24
Posts: 75
masih ragu nih.. ttg flush matic honda jazz...
katanya kalo uda jalan banyak... hrs flush.. emang ada gunanya flush??
kalo ganti merk dari asli honda ke eneos... hrs flush kah??


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 6 posts ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: Google Adsense [Bot] and 23 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
Powered by phpBB® Forum Software © phpBB Group
Hosting by SerayaHost.com - SerayaGroup.com