Eneos CVT & Honda CVTF utk Jazz Matic

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: ricz, y_anjasrana, imingwahyudi, madcat015, ChZ, billyd1773dz, amfibi, imsus2c, ZombiEE, Turboman

dony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: 27 Sep 2006, 15:22

Eneos CVT & Honda CVTF utk Jazz Matic

Postby dony » 27 Sep 2006, 16:07

Kira udh 3 mingguan sy minta tolong supir gantiin olie matic jazz, ternyata begitu kembali olie yg pakai utk jazz sy bukan Honda CVTF tapi Eneos CVT.
Apa penggantian ke merk Enoes ini bakal meusak gerbox matic sy nggk, dr 3 minggu smp skrg ini sich tdk ada gejala-2 slip dan ok (udh jln +/-2000 km)
Menurut pihak bengkel olie tsb Eneos CVT dibuat khusus utk matic yg menggunakan belt spt Jazz dan diproduksi oleh Nippon Oil Jepang, Sedangkan Honda CVTF tsb dibuat nippon Oil juga,krn Eneos CVT ini dibuat khusus utk matic yg menggunakan belt bisa digunakan di Honda,Toyota,Nissan,jadi menurutnya Eneos ini gradenya lbh tiinggi dibandingkan Honda CVTF.
Benar nggk sich kata pihak bengkel ini, soalnya sy rencana ulang dan kuras lagi olie eneos ini dan pakai honda cvtf.
Mohon pendapatnya nich , trm ksh.

User avatar
Turboman
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 9205
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Postby Turboman » 28 Sep 2006, 10:43

Sudah pasti pihak produsen otomotif meng outsource pelumas ke pesh. khusus pembuat pelumas.

ENEOS CVT :

http://www.eneos.co.jp/carlife/product/ ... ocvtf.html

http://www.eneos.co.jp/carlife/product/ ... 1-0412.pdf


Sama saja halnya spt Trans A/T Innova yg harus menggunakan ATF Toyota Type -IV yg mana sebetulnya oli tsb. buatan Mobil yaitu Mobil ATF 3309.

dony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: 27 Sep 2006, 15:22

Postby dony » 28 Sep 2006, 11:15

Heee... trims linknya ,sayang ngk bisa bhs jpn jadi tdk ngerti nich, Jadi pengertiannya harusnya tdk ada masalah dong kita pakai Eneos CVT , cuma mungkin sblm pakai Eneos ini sebaiknya engine fluh dulu ya +/- 8 ltr agar tdk ada sisa olie lama.
terus perbedaan warnanya juga yg CVTF orange, Eneos merah.

User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1245
Joined: 11 Jan 2006, 12:21

Postby PenyuTurbo » 29 Sep 2006, 00:14

Turboman wrote:Sama saja halnya spt Trans A/T Innova yg harus menggunakan ATF Toyota Type -IV yg mana sebetulnya oli tsb. buatan Mobil yaitu Mobil ATF 3309.


Umumnya tipe ATF ini digunakan untuk Auto Transmission yang udah ada Slip Control dan Lock-up systemnya dan biasanya yang 5 speeds Autotrans, khususnya transmisi yang dibuat oleh Aisin Warner (milik Toyota).

Walaupun sama menggunakan kode 3309 ... Mobil ATF 3309 atau JWS 3309 (Volvo dan Saab atau Mazda) ... harganya berlainan.

Untuk JWS 3309 ... kalau udah masuk ke Part Numbernya Volvo ... harga per liternya bisa nyampe Rp. 250,000.00 sedang kalau capnya Toyota Type-IV ... harganya hanya Rp. 37,500.00 per liter walaupun spec ATF-nya sama dan dipakai oleh transmisi yang sama (sama-sama buatan Aisin Warner).
Image

User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1245
Joined: 11 Jan 2006, 12:21

Postby PenyuTurbo » 29 Sep 2006, 00:30

dony wrote:Heee... trims linknya ,sayang ngk bisa bhs jpn jadi tdk ngerti nich, Jadi pengertiannya harusnya tdk ada masalah dong kita pakai Eneos CVT , cuma mungkin sblm pakai Eneos ini sebaiknya engine fluh dulu ya +/- 8 ltr agar tdk ada sisa olie lama.
terus perbedaan warnanya juga yg CVTF orange, Eneos merah.


Sepanjang specnya sama untuk aplikasi yang sama maka tidak akan ada masalah ... IMO, tidaklah diperlukan Flush (kecuali kalau kilometernya udah tinggi). Seperti halnya Autotrans yang spec ATF-nya DEXRON-III ... apapun merek sepanjang Dexron-III nggak masalah ... gw dah coba bermacam-macam brand dan campur aduk ... shifting tetap smooth dan awet dengan catatan nggak telat nggantinya ... walaupun (kadang-kadang) dalam manual book dikatakan "No Need To Change ATF" ... tapi gw tetap aja ganti tiap-tiap 5,000 km. Kelihatannya sih mubazir ... tapi dari performa dan usia ... worthed ... karena ada autotrans yang sama ... cuman gak dirawat .... baru 60,000 km udah jebol dan mesti ganti Auto GB ... sedang yang gw punya udah 120,000 km masih ok banget.

Tentang perbedaan warna ... gak jadi masalah ... hanya konsentrasi dyes aja yang berbeda dan hanya untuk membedakan dengan oli mesin dan oli GB Manual. Sama halnya Bensin ... Kalau RON 92 warnanya merah sedangkan yang RON 95 atau RON 97 warnanya kuning.
Image

wrx
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 75
Joined: 27 Mar 2008, 12:24

Re: Eneos CVT & Honda CVTF utk Jazz Matic

Postby wrx » 15 Apr 2010, 08:14

masih ragu nih.. ttg flush matic honda jazz...
katanya kalo uda jalan banyak... hrs flush.. emang ada gunanya flush??
kalo ganti merk dari asli honda ke eneos... hrs flush kah??


Return to “Common Topics of Cars or Automotive”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest