Mesin mobil OverHeat..??

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: ricz, y_anjasrana, imingwahyudi, madcat015, ChZ, billyd1773dz, amfibi, imsus2c, ZombiEE, Turboman

User avatar
awunk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: 05 Jul 2003, 23:18

Mesin mobil OverHeat..??

Postby awunk » 09 Aug 2003, 00:49

Kemarin saya mendapat kabar dari temen saya, kalo mobilnya (eterna DOHC th 90) mogok di pintu tol Halim..
Katanya overheat n radiator berkurang..
Setelah itu dia isi lagi air radiator pas udah adem..
Tapi setelah itu tetep mobil gak mau idup distarter berkali-kali.. sampai akhirnya diderek..

Mo tanya nih..
Sebab apa saja yang bisa ditimbulkan akibat overheat pada mesin??
Katanya harus sampe turun mesin kalo parah.. apa iya?
Gimana kita tau kalo udah parah?

Mohon infonya.. temen sekalian..

Thx.. :wink:
BlacK CorLift

User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: 22 Aug 2002, 12:58

Postby Yongis_CD » 09 Aug 2003, 10:24

kalo pengemudi sudah tahu overheat tapi masih dijalankan sampe mogok itu sangat berbahaya karena piston bisa lengket ke dinding silinder ,jadi bila suhu sudah mendekati 3/4 buru2 lah meminggirkan mobil dan mendinginkan mesin.....
khusus untuk kasus eterna diatas apakah saat distart mesin masih mau berputar?...bila tidak piston lengket,bila masih mau berputar saya kurang tahu dan harus liat secara langsung,mungkin temen2 lain ada yg bisa nambahin?

User avatar
ivanov
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 449
Joined: 24 Aug 2002, 15:44

Postby ivanov » 09 Aug 2003, 13:42

Kalo mobil sih saya belum pernah nglihat mobil sampe pistonnya macet.
Overheat dpt nyebabin dinding silinder baret shg hrs turun mesin buat ngorter silinder.
Kalo distart gak mau hidup saya jg nggak tahu soalnya belum dan nggak pingin ngalami.Kalo parah berabe...
Speed is a game??!!

User avatar
Equalizer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 570
Joined: 19 Aug 2002, 13:44

Postby Equalizer » 14 Aug 2003, 15:40

Wehh berarti jorok tuh yang punya mobil :e-naughty:
en bisa jadi rusak sensor temperatur/gauge-nya atau sensor lainnya jadi ECU nerima sinyal salah.

Seperti kata Mas Is, jarang kasus overheat sampe turun mesin, soalnya pengemudi pasti mengetahui kalau temperatur naik adalah langsung berhenti. So ..gak tau akibatnya sampai separah apa

:)

User avatar
ivanov
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 449
Joined: 24 Aug 2002, 15:44

Postby ivanov » 14 Aug 2003, 18:40

Kalo mobil sampe overheat malu-maluin.Lalu fungsi dr pengukur suhu apa??
Speed is a game??!!

deanz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: 10 Sep 2002, 08:57

Postby deanz » 18 Aug 2003, 14:48

Mungkin ga bisa stater karena kop silinder melengkung kali yaa, so kompresi bocor abis. Tapi biasanya keliatan dari air radiator, kalo berminyak udah pasti kok silinder melenting karena panas

User avatar
ivanov
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 449
Joined: 24 Aug 2002, 15:44

Postby ivanov » 19 Aug 2003, 19:18

Wah kalo air radiator sampe masuk silinder berarti udah kena water hammer nih.Kalo gini banyak jeroan mesin yg kena.
Speed is a game??!!

User avatar
awunk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: 05 Jul 2003, 23:18

Postby awunk » 22 Aug 2003, 22:05

Tau deh....
Soalnya tuh mobil dipakenya digeber mulu.... ampe poll!!!

Apa ada faktor lainnya yah..?? Sebelumnya dia baru aja ganti mesin (mesin eterna juga)... mungkin ada something's wrong dengan pemasangannya....

???

:e-dance: :e-dance: :e-dance:
BlacK CorLift

User avatar
t0mc4t
Administrator
Administrator
Posts: 1867
Joined: 08 Aug 2002, 16:07

Postby t0mc4t » 22 Aug 2003, 22:35

Wah kalo sering digeber terus apa gak kacian tuh ama mesinnya dipaksa narik melulu??

User avatar
awunk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: 05 Jul 2003, 23:18

Postby awunk » 22 Aug 2003, 23:01

t0mc4t wrote:Wah kalo sering digeber terus apa gak kacian tuh ama mesinnya dipaksa narik melulu??


Wahhh....
Biasa pak Tomcat... Sembalap...!!
Tungguin n liat aja tiap malem minggu di tol bekasi, eterna putih..kap item..full spoiler n sayap n cutting stickered...

:lol: :lol: :lol:
BlacK CorLift

User avatar
ivanov
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 449
Joined: 24 Aug 2002, 15:44

Postby ivanov » 24 Aug 2003, 12:13

Wah 2F2F banget ya.Udah full korek abis nih.
Speed is a game??!!

User avatar
y_anjasrana
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 8335
Joined: 14 Feb 2003, 16:05

Postby y_anjasrana » 26 Aug 2003, 19:07

Wah... ada yg gak sayang mobil tuh...

:roll:
Accurate V3&4 Accounting System Consultant

Image <=== Click me to call mods....

User avatar
awunk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: 05 Jul 2003, 23:18

Postby awunk » 26 Aug 2003, 23:52

y_anjasrana wrote:Wah... ada yg gak sayang mobil tuh...

:roll:


Sayang..sayang..
Dia sayang banget kok ama tuh mobil, lebih disayang daripada cewenya.... :lol: :lol: :lol:
Sampe rela keluar 10 juta buat modifikasi n 30 juta buat ganti mesin berikut servis2nya kalo ada masalah....

ck..ck..ck..

:e-clap: :e-clap: :e-clap:
BlacK CorLift

User avatar
y_anjasrana
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 8335
Joined: 14 Feb 2003, 16:05

Postby y_anjasrana » 28 Aug 2003, 10:11

30jt? Ckckck.... bener-bener deh.... Sampe pasang roll bar juga gak? Kalu nggak pasang roll bar namanya sayang mobil tapi gak sayang nyawa sendiri.... :shock:
Accurate V3&4 Accounting System Consultant

Image <=== Click me to call mods....

boplang
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: 28 Aug 2003, 14:51

Postby boplang » 29 Aug 2003, 10:41

viva mitsubishi ..... emang sesuai semboyan ..... born to run

kembali ke soal operhit .... eterna standard jarang sekali terjadi, kecuali maintenance yang nggak bener, ato bisa jadi instalasi cangkok mesin baru nggak bener, modif nggak bener, kalo operhit memang bisa bikin kop mulet/ melintir, kompresi ngedrop n mogok ,,,,,, temen gw pernah alami pake lancer evo III, di isi air sembarangan ... trus air jadi berkerak ... hingga nyumbat termostat .... trus macet nggak mau ngebuka ........ operhit deh ... silinder head mlintir .... kompresi hilang ... gasket ngowoss ... oli dan air pada muncrat di ruang mesin.... mogok ....... derek juga.

User avatar
awunk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: 05 Jul 2003, 23:18

Postby awunk » 31 Aug 2003, 23:34

boplang wrote:viva mitsubishi ..... emang sesuai semboyan ..... born to run

kembali ke soal operhit .... eterna standard jarang sekali terjadi, kecuali maintenance yang nggak bener, ato bisa jadi instalasi cangkok mesin baru nggak bener, modif nggak bener, kalo operhit memang bisa bikin kop mulet/ melintir, kompresi ngedrop n mogok ,,,,,, temen gw pernah alami pake lancer evo III, di isi air sembarangan ... trus air jadi berkerak ... hingga nyumbat termostat .... trus macet nggak mau ngebuka ........ operhit deh ... silinder head mlintir .... kompresi hilang ... gasket ngowoss ... oli dan air pada muncrat di ruang mesin.... mogok ....... derek juga.


Wuaaahhh.... parah banget tuh....

:cry: :e-dance: :wink:
BlacK CorLift


Return to “Common Topics of Cars or Automotive”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 10 guests