[SM Modification] Exhaust Upgrade

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

eternorockstar
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 126
Joined: Tue May 01, 2007 14:30

Post by eternorockstar »

thx a lot sblmnya, beberapa hari kedepan header bakal saya copot trus di foto n saya sertakan dengan ukuran-ukuran pipanya......

wait for me please.....
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

eternorockstar wrote:thx a lot sblmnya, beberapa hari kedepan header bakal saya copot trus di foto n saya sertakan dengan ukuran-ukuran pipanya......

wait for me please.....
Ditunggu.....
Image
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Post by ZombiEE »

bung penyu..kalo header d ganti dgn bahan stainless dan dalamnya Cat-less..bunyi nya emg agak bolong yah kalo di gas?
thanks yoo..mumpung ada threadnya..soale mobil gw baru ganti header..buset de..
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

ZombiEE wrote:bung penyu..kalo header d ganti dgn bahan stainless dan dalamnya Cat-less..bunyi nya emg agak bolong yah kalo di gas?
thanks yoo..mumpung ada threadnya..soale mobil gw baru ganti header..buset de..
Apa maksudnya CAT-LESS ... Catalytic Converter dihilangin ? Gak masalah hanya suara knalpot jadi lebih bising ... Umumnya kalau CAT-LESS ... diganti dengan resonator ... bisa aja menggunakan Aeroturbine Resonator ... supaya suaranya gak bising amat.
Image
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Post by ZombiEE »

iya bang..dicabut tuh catalic aslinya..emg tenaga sic sip de:)
oiya..mohon pencerahannya mengenai aeroturbine resonator..thanks yah bang:)

dan satu lagi pertanyaan gue./..apakah kalo sambungan antar bagian nya bocor..tenaga mobil bakalan ngempos?
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

ZombiEE wrote:iya bang..dicabut tuh catalic aslinya..emg tenaga sic sip de:)
oiya..mohon pencerahannya mengenai aeroturbine resonator..thanks yah bang:)

dan satu lagi pertanyaan gue./..apakah kalo sambungan antar bagian nya bocor..tenaga mobil bakalan ngempos?
Aeroturbine Resonator ini salah satu jenis resonator yang didalam tabung ada pipa yang dibuat sedemikian rupa (penampang lintangnya menyerupai profil sayap), sehingga aliran di dalam resonator akan dipisahkan terlebih dahulu kemudian dijadikan satu lagi ... fungsi pemisahan ini untuk mendapatkan tekanan yang lebih rendah sehingga fungsi pembuangan gas buang akan menjadi lancar dan cepat ... tujuannya untuk mengeluarkan torsi dan tenaga yang terpendam atau terbuang akibat gak lancarnya gas buang..... Udah banyak yang masang resonator ini di DIMAN KNALPOT ... kalau gak salah di Pamulang - BSD ... dan umumnya bibirnya pada senyum .....

Apa yang terjadi kalau sambungan antar bagian knalpot bocor .... yang pertama adalah keluar suara yang gak enak didengar ... yang kedua adalah pada bagian yang bocor itu akan ada pertukaran gas panas dan udara luar. Masuknya udara luar pada tempat yang bocor tersebut akan mendinginkan atau menurunkan gas buang knalpot ... akibatnya gas buang akan melambat dan tekanannya otomatis akan meningkat. Melambatnya gas buang dan meningkatnya tekanan akan menyebabkan peningkatan Back Pressure dan kurang lancarnya gas buang keluar dari knalpot ... tentunya ini akan bikin power jadi drop ... paling jeleknya adalah ngempos ....
Image
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

PenyuTurbo wrote: Apa yang terjadi kalau sambungan antar bagian knalpot bocor .... yang pertama adalah keluar suara yang gak enak didengar ... yang kedua adalah pada bagian yang bocor itu akan ada pertukaran gas panas dan udara luar. Masuknya udara luar pada tempat yang bocor tersebut akan mendinginkan atau menurunkan gas buang knalpot ... akibatnya gas buang akan melambat dan tekanannya otomatis akan meningkat. Melambatnya gas buang dan meningkatnya tekanan akan menyebabkan peningkatan Back Pressure dan kurang lancarnya gas buang keluar dari knalpot ... tentunya ini akan bikin power jadi drop ... paling jeleknya adalah ngempos ....
Bukannya kalo bocor back pressurenya malah jadi kurang bos?
Kan sebagian udah pada kluar tuh gas?
lalu kan semakin dingin, tekanan kan makin kecil?
Tolong pencerahannya...
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

r1210g wrote: Bukannya kalo bocor back pressurenya malah jadi kurang bos?
Kan sebagian udah pada kluar tuh gas?
lalu kan semakin dingin, tekanan kan makin kecil?
Tolong pencerahannya...
Hukum fisiknya kalau ada yang keluar ... maka akan ada yang masuk. Dalam kasus knalpot bocor ... yang keluar gas panas dan digantikan dengan udara luar yang relatif lebih dingin.

Si mbah Bernoulli memberikan formulasi Ps + (1/2) Rho V*V = Konstant

Ps = Tekanan Statis
(1/2) Rho V*V = Tekanan dinamis
Rho = Mass Jenis fluida
V = kecepatan Fluida

Semakin besar kecepatan fluida maka semakin kecil tekanan statisnya ... ini yang mengakibatkan pesawat bisa mengudara.

Menurut si Maxwell ... kecepatan molekul gas akan bertambah jika temperaturnya bertambah demikian sebaliknya ... ini akan memberikan penjelasan bahwa udara dingin yang masuk itu temperaturnya rendah ... akibatnya tekanan statisnya akan bertambah (tinggi) ... Peningkatan tekanan ini yang akan menyebabkan bertambahnya Back Pressure ... yang akan mempengaruhi scavenging (pengosongan) gas buang dalam ruang bakar ... dalam arti kata agak susah untuk dikosongkan. Akibatnya Sebagian gas yang udah terbakar akan tinggal di ruang bakar yang tentu saja akan menurunkan Efisiensi Volumetrik dalam arti kata udara segar baru yang bisa masuk dalam ruang bakar akan berkurang akibat sebagian tempar dalam ruang bakar udah diisi oleh gas buang yang gak isa keluar ... hasilnya AFR akan menjadi gemuk ... alias kelebihan BBM .... Power akan drop dan konsumsi BBM akan meningkat.
Image
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

PenyuTurbo wrote: Hukum fisiknya kalau ada yang keluar ... maka akan ada yang masuk. Dalam kasus knalpot bocor ... yang keluar gas panas dan digantikan dengan udara luar yang relatif lebih dingin.

Si mbah Bernoulli memberikan formulasi Ps + (1/2) Rho V*V = Konstant

Ps = Tekanan Statis
(1/2) Rho V*V = Tekanan dinamis
Rho = Mass Jenis fluida
V = kecepatan Fluida

Semakin besar kecepatan fluida maka semakin kecil tekanan statisnya ... ini yang mengakibatkan pesawat bisa mengudara.
PenyuTurbo wrote:Menurut si Maxwell ... kecepatan molekul gas akan bertambah jika temperaturnya bertambah demikian sebaliknya ...
Betul!!
PenyuTurbo wrote: ini akan memberikan penjelasan bahwa udara dingin yang masuk itu temperaturnya rendah ... akibatnya tekanan statisnya akan bertambah (tinggi) ... Peningkatan tekanan ini yang akan menyebabkan bertambahnya Back Pressure ... yang akan mempengaruhi scavenging (pengosongan) gas buang dalam ruang bakar ... dalam arti kata agak susah untuk dikosongkan. Akibatnya Sebagian gas yang udah terbakar akan tinggal di ruang bakar yang tentu saja akan menurunkan Efisiensi Volumetrik dalam arti kata udara segar baru yang bisa masuk dalam ruang bakar akan berkurang akibat sebagian tempar dalam ruang bakar udah diisi oleh gas buang yang gak isa keluar ... hasilnya AFR akan menjadi gemuk ... alias kelebihan BBM .... Power akan drop dan konsumsi BBM akan meningkat.
Ow.. gitu...
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

Mau dicobain ... ????
Image
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

PenyuTurbo wrote:Mau dicobain ... ????
apanya yang dicoba bung?
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

r1210g wrote:
PenyuTurbo wrote:Mau dicobain ... ????
apanya yang dicoba bung?
Mbocorin knalpot ... sambungan antara collector dengan resonator ... hahahahhahaahha
Image
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

wakakakaka... Ga usah bung.. kayaknya knalpot motor saya dah bocor koq... He3..
Jadi yang mobil ga usah dicoba... wakakakakakak...
Oiya, thx ya penjelasannya...
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

r1210g wrote:wakakakaka... Ga usah bung.. kayaknya knalpot motor saya dah bocor koq... He3..
Jadi yang mobil ga usah dicoba... wakakakakakak...
Oiya, thx ya penjelasannya...
Gitu ya ... nyoba gak disengajain di motor.
Image
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Post by ZombiEE »

thanks bung..hehehehe...
oiya..1 more...kalo ganti header dan downpipe...tapi resonator dan muffler tetep standar gimana bos?apakah tenaganya ketahan?thanks yah bang
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

ZombiEE wrote:thanks bung..hehehehe...
oiya..1 more...kalo ganti header dan downpipe...tapi resonator dan muffler tetep standar gimana bos?apakah tenaganya ketahan?thanks yah bang
Fungsi Resonator dan Muffler itu cuman untuk mengatur tonalitas suara knalpot, namun apabila gak pas akan dapat juga mempengaruhi besarnya back pressure yang kemudian akan berpengaruh pada keluar tidaknya tenaga mesin ... TETAPI pengaruh ini dapat dikatakan kurang berarti.

Lain halnya dengan HEADER ... Header inilah sebagai MANAGER ... yang mengatur Power dan Torque pada setiap Putaran Mesin ... Diameter dan Panjang Pipa Header akan berpengaruh besar pada KURVA Power dan Torque ... Istilah gampangnya kalau ganti MANAGER (HEADER) ... maka akan ada ATURAN Lain.
Image
User avatar
blindzero
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2391
Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
Location: Sparkling Surabaya

Post by blindzero »

jadi kalau mau gampang, dengan adanya suara yang bagus, dan tenaga yang bagus... knalpotnya mesti diganti apa aja nih ?
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

Mang kalo ganti header doank ga cukup ya?
Tenaganya naik kan?
gmn bung penyu?
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

blindzero wrote:jadi kalau mau gampang, dengan adanya suara yang bagus, dan tenaga yang bagus... knalpotnya mesti diganti apa aja nih ?
Tergantung objectivenya : Mau Low-Mid End Torque untuk kegunaan sehari-hari yang macet dimana-mana ATAWA Mau High End Power .... Mesti Ganti HEADER.
Image
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

r1210g wrote:Mang kalo ganti header doank ga cukup ya?
Tenaganya naik kan?
gmn bung penyu?
Ganti Header doang ... bisa cukup ... bisa juga nggak ... tapi umumnya mencukupi ... kecuali kalau mau kelihatan keren ... bisa ganti Muffler Belakang-nya.

Sebenarnya ganti Header ini bukannya menaikkan Tenaga ... Cuman MENGELUARKAN Tenaga yang sudah tersedia saja ... alias ngeluarin tenaga dalam ... hehehehehehe.
Image
imq
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Mon Aug 06, 2007 7:43

DIMAN KNALPOT

Post by imq »

omong2 DIMAN KNALPOT alamatnya dimana yach no tlp kalo ada yg tau. tenkyu

regards

cronos F1700CL

[quote]
Udah banyak yang masang resonator ini di DIMAN KNALPOT ... kalau gak salah di Pamulang - BSD ... dan umumnya bibirnya pada senyum
[quote]
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Post by ZombiEE »

makasih bang penyu/.heheheh...sudah ngerti nic nubie nya..hahhaha
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

ZombiEE wrote:makasih bang penyu/.heheheh...sudah ngerti nic nubie nya..hahhaha
Syukur lah ...
Image
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Re: DIMAN KNALPOT

Post by PenyuTurbo »

imq wrote: omong2 DIMAN KNALPOT alamatnya dimana yach no tlp kalo ada yg tau. tenkyu
Namanya Pamulang Knalpot atau Diman Knalpot
No. teleponnya : tlp 74703778.
Jln Pajajaran Raya (depan danau situ kedaung, sebelum gelanggang pacuan kuda) yg dari arah jl pamulang raya
Image
User avatar
abdoel
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Wed Sep 20, 2006 15:33

Re: DIMAN KNALPOT

Post by abdoel »

PenyuTurbo wrote:
imq wrote: omong2 DIMAN KNALPOT alamatnya dimana yach no tlp kalo ada yg tau. tenkyu
Namanya Pamulang Knalpot atau Diman Knalpot
No. teleponnya : tlp 74703778.
Jln Pajajaran Raya (depan danau situ kedaung, sebelum gelanggang pacuan kuda) yg dari arah jl pamulang raya
weeh kok tau dengan detail ya alamatnya?
jangan...........jangan.................jangan................... :twisted: