BLAZER masih worthed gak? - Part 01

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: ricz, y_anjasrana, imingwahyudi, madcat015, ChZ, billyd1773dz, amfibi, imsus2c, ZombiEE, Turboman

User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: 30 May 2006, 14:02

Postby uch » 07 Sep 2007, 18:21

Blazy DK wrote:bagi2 info nie...klo mau spion blazer murah bsa blusukan di Kedungdoro (sby) disana ada pedagang kaki 5, dia bsa ngasi spion only 400rb!itu dah yg electric lo!gw pernah beli dsana :e-dance:


Tapi nggak foldable dan nggak pake heater khan..?? :P :D

(padahal heater spion gw nggak berfungsi.. :( )
Last edited by uch on 07 Sep 2007, 18:23, edited 1 time in total.

Blazy DK
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 146
Joined: 02 Jul 2007, 12:24

Postby Blazy DK » 07 Sep 2007, 18:22

duh setelah baca2 nie treads jadi tambah kangen sama blazie gw yang dikampung...kesian dia g ada yg ngerawat, untuk sekedar ganti oli pun nunggu gw pulang dr Sby bru gw yg urus, klo suru bokap ganti oli pasti katanya g perlu...mibilnya jarang jalan koq... :oops: emang sie blazie gw dirumah jarang jalan th 98 kmnya baru 60000... :roll:
kayaknya temen2 SMers yang lain jadi banyak jg deh yang demen sama blazie setelah baca2 treads ini, tul g??? :lol:

Blazy DK
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 146
Joined: 02 Jul 2007, 12:24

Postby Blazy DK » 07 Sep 2007, 18:29

uch wrote:
Blazy DK wrote:bagi2 info nie...klo mau spion blazer murah bsa blusukan di Kedungdoro (sby) disana ada pedagang kaki 5, dia bsa ngasi spion only 400rb!itu dah yg electric lo!gw pernah beli dsana :e-dance:


Tapi nggak foldable dan nggak pake heater khan..?? :P :D

(padahal heater spion gw nggak berfungsi.. :( )

heater gunanya utk ilangin embun y??
foldable apaan gunanya??
emang sie g ada fitur2 kya gt di spion 400rban gw he9 :lol:

User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: 30 May 2006, 14:02

Postby uch » 07 Sep 2007, 18:34

Biar kangennya terobatin, sesekali ikut ngumpul kayak gini Pak..

Image

Tgl 1-2 sept lalu ada sekitar 60 blazer dari JKT, Bandung, Yogya, Cilacap ngumpul di Pantai Pangandaraan.. :D

(Padahal gw jg baru pertama kali ini ikut ngumpul BIC..) ... :D :D

photo source : photo library milist blazer.

User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: 30 May 2006, 14:02

Postby uch » 07 Sep 2007, 18:36

Blazy DK wrote:
uch wrote:
Blazy DK wrote:bagi2 info nie...klo mau spion blazer murah bsa blusukan di Kedungdoro (sby) disana ada pedagang kaki 5, dia bsa ngasi spion only 400rb!itu dah yg electric lo!gw pernah beli dsana :e-dance:


Tapi nggak foldable dan nggak pake heater khan..?? :P :D

(padahal heater spion gw nggak berfungsi.. :( )

heater gunanya utk ilangin embun y??
foldable apaan gunanya??
emang sie g ada fitur2 kya gt di spion 400rban gw he9 :lol:


Yup, heater buat pemanas. Foldable, ya buat ngelipet/ngebuka sendiri. Sangat berguna kalo di belok kiri langsung. Sempit2 jg bisa nyelip.. he..he..

User avatar
asepkadek
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 284
Joined: 26 Jul 2006, 14:18

Postby asepkadek » 07 Sep 2007, 19:23

Berbakal ilmu dari SM sama advice dari suhu2nya, gw serius-yus segara memulai perburuan.
jadi mesti kasih harga tega dulu yah :shock: .......ok deh,

Cinta pandangan pertama gw emang ga salah, sekalian ikut nambahin (dapet dari milis sebelah juga) mengenai Montera

Opel Blazer misalnya berupaya memotong "rezeki" Toyota Kijang itu dengan mengeluarkan seri Montera. Mobil keluaran Jerman yang kini juga sebagian sahamnya dikuasai Chrysler sejak awal memang sudah dikenal dengan mobil mewah. Karena itu, ketika kurs dollar AS terus melambung, Opel Blazer jelas tidak bisa kompetitif dari sisi harga. Ketika "Kijang" ditawarkan sekitar Rp 130 juta, Opel Blazer masih di atas sekitar Rp 180-an juta.
Para pengelola Opel Blazer lantas putar otak. Pasar Indonesia jelas pasar yang kuat. Di lain pihak, pasar Indonesia tetap suatu yang di luar logika. Mengapa? Karena gengsi lebih berperan ketimbang saldo keuangan yang sesungguhnya. Tetapi juga tidak salah kalau harga bisa ditekan mengkikuti saldo. Maka munculah Montera dengan slogan, "harganya tak kalah jauh kok".
Guna bisa mendekati harga jual "Kijang", Opel Blazer langsung timbang-timbang. Putusan pun jatuh. Mesin mobil yang biasanya menggunakan konfigurasi DOHC (Double Over Head Camshaft) diganti dengan SOHC (Single Over Head Camshaft). Konfigurasi lama ini tentu saja tidak memberikan akselerasi spotan, tetapi bisa menekan biaya karena hanya membutuhkan satu camshaft (noken as). Penampilan lainnya seperti aksesoris juga disederhanakan.
Suatu yang jelas terlihat yakni Montera tampil tanpa injakan kaki (footstep), rak di atap (roof rack), maupun lampu rem tambahan di atas pintu belakang. Juga tidak terlihat karet bodi samping. Tentu saja dari sisi ini harga Montera sudah bisa ditekan lebih dari Rp 10 juta. Suatu hal yang juga tak nyata terlihat tetap juga bisa menekan harga yakni lampu kecil di bawah lampu utama.
"Kalau mau ditukar dengan lampu santar Opel Blazer milik DOHC, tambah Rp 2 juta dan lampu yang lama kami ambil," ujar penjual perlengkapan khusus Opel Blazer di Kemayoran, Jakarta. Ini berarti, penggunaan lampu kecil depan pada Montera sudah menekan harga hampir Rp 3 juta. Belum lagi pada sisi bagian dalam. Pihak Opel Blazer bisa menekan harga demikian besar untuk bisa bersaing dengan "Kijang".
"Kaca spion yang digunakan Montera itu buatan Taiwan. Sangat murah dibanding aslinya yang lebih dari Rp 1 juta. Juga plastik penutup pintu bagian dalam itu buatan lokal," ujar seorang pengamat otomotif yang paham benar soal Montera. Montera juga menggunakan jok buatan lokal yang juga selama ini digunakan "Kijang". Beberapa suku cadang lainnya juga dibuat di Texmaco, namun dengan standar kualitas yang amat ketat.
Alhasil, dengan kiat ini Opel Montera bisa ditawarkan dengan harga tak tak jauh dari "Kijang". Namun dengan penampilan terkesan lebih "maco", citra mobil impor dan mewah yang terus menempel, membuat para pembeli "Kijang" yang datang dari kelas menengah mulai terbius. Hasilnya, kini Opel Blazer jenis Montera lebih banyak tampil di jalan-jalan. "Orang lebih nengok Montera ketimbang lainnya," ujar seorang pemilik Montera.
Ride/Drive with the pride,respect and satisfucktion

Blazy DK
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 146
Joined: 02 Jul 2007, 12:24

Postby Blazy DK » 07 Sep 2007, 23:35

uch wrote:Biar kangennya terobatin, sesekali ikut ngumpul kayak gini Pak..

Image

Tgl 1-2 sept lalu ada sekitar 60 blazer dari JKT, Bandung, Yogya, Cilacap ngumpul di Pantai Pangandaraan.. :D

(Padahal gw jg baru pertama kali ini ikut ngumpul BIC..) ... :D :D

photo source : photo library milist blazer.

gimana mau ikut??? :e-wall: gw di SBY jauh banget klo mau liat2 blazie ke jkt...lagian boilnya ada di DPS tambah jauh deh :oops:
btw trims atas pic nya bung uch 8)

Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: 05 Jul 2007, 11:21

Postby Risol1 » 08 Sep 2007, 02:42

asepkadek wrote:memang keren abis nih si blazie, makin dikorek infonya makin menawan aja, setalah loncat sana loncat sini dari thread2 di SM, tanya sana tanya sini, sampe join milist-nya juga...........bulatkan tekad, tapi berhubung kemampuan gw pas2an, mo nyari (baru mo nyari lo :oops: ) Montera karena pertimbangan pemeliharaan selanjutnya yg lebih "murah", tp kalo jatuh cinta pada pandangan pertama gw sama si LT dgn seabreg fasilitas yg lebih dr Montera, tapi yaitu td gw takut ga sanggup ngerawatnya, sekali service bisa ga makan sebulan :lol:
mudah2an dapet montera yg udah di face lift seperti yg punya bro uch
:? keep going info-nya


apakah perawatan LT (dohc) dan montera (Sohc) segitu jauhnya? kalo menurut gw, yg jauh itu harga barunya, karena yang LT itu full options sedangkan montera engga.....tapi kalo soal service mobil, gw rasa gak berapa banyak bedanya? gak tau ya bener apa engga soalnya gw emang gak pernah punya blazer.
soalnya kalo part2 yg fast moving itu mustinya sama aja misal kampas rem, shock, busi2, aki, ban....kan semuanya ampir sama....gw bilang malah sebagian part mesinnya bisa pake part yg sama. CMIIW :D

Blazy DK
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 146
Joined: 02 Jul 2007, 12:24

Postby Blazy DK » 08 Sep 2007, 09:15

Risol1 wrote:
asepkadek wrote:memang keren abis nih si blazie, makin dikorek infonya makin menawan aja, setalah loncat sana loncat sini dari thread2 di SM, tanya sana tanya sini, sampe join milist-nya juga...........bulatkan tekad, tapi berhubung kemampuan gw pas2an, mo nyari (baru mo nyari lo :oops: ) Montera karena pertimbangan pemeliharaan selanjutnya yg lebih "murah", tp kalo jatuh cinta pada pandangan pertama gw sama si LT dgn seabreg fasilitas yg lebih dr Montera, tapi yaitu td gw takut ga sanggup ngerawatnya, sekali service bisa ga makan sebulan :lol:
mudah2an dapet montera yg udah di face lift seperti yg punya bro uch
:? keep going info-nya


apakah perawatan LT (dohc) dan montera (Sohc) segitu jauhnya? kalo menurut gw, yg jauh itu harga barunya, karena yang LT itu full options sedangkan montera engga.....tapi kalo soal service mobil, gw rasa gak berapa banyak bedanya? gak tau ya bener apa engga soalnya gw emang gak pernah punya blazer.
soalnya kalo part2 yg fast moving itu mustinya sama aja misal kampas rem, shock, busi2, aki, ban....kan semuanya ampir sama....gw bilang malah sebagian part mesinnya bisa pake part yg sama. CMIIW :D

iya partnya emang banyak yang sama.....but konon yg DOHC lebih rewel jadi harus lebih sering ke bengkel kyak mitos yg DOHC lebih gampang overhead CMIIW

Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: 05 Jul 2007, 11:21

Postby Risol1 » 08 Sep 2007, 09:53

Blazy DK wrote:iya partnya emang banyak yang sama.....but konon yg DOHC lebih rewel jadi harus lebih sering ke bengkel kyak mitos yg DOHC lebih gampang overhead CMIIW


overhead maksudnya?

Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: 05 Jul 2007, 11:21

Postby Risol1 » 08 Sep 2007, 09:54

Blazy DK wrote:iya partnya emang banyak yang sama.....but konon yg DOHC lebih rewel jadi harus lebih sering ke bengkel kyak mitos yg DOHC lebih gampang overhead CMIIW


overhead maksudnya?

User avatar
Sugie
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 494
Joined: 22 Sep 2006, 16:54

Postby Sugie » 08 Sep 2007, 11:01

Risol1 wrote:
Blazy DK wrote:iya partnya emang banyak yang sama.....but konon yg DOHC lebih rewel jadi harus lebih sering ke bengkel kyak mitos yg DOHC lebih gampang overhead CMIIW


overhead maksudnya?


overheat kali bro......CMIIW :D

Blazy DK
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 146
Joined: 02 Jul 2007, 12:24

Postby Blazy DK » 08 Sep 2007, 14:18

yup overheat...

User avatar
asepkadek
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 284
Joined: 26 Jul 2006, 14:18

LT or Montera

Postby asepkadek » 10 Sep 2007, 09:51

^^^^makanya itu, kalo boleh pilihin yg mana yg lebih worth it?
seperti gw bilang sbelumnya mungkin bro uch jg setuju, kalo soal interior pilih LT tapi mesin Montera. Dgn perbadaan yg ga jauh untuk harga beli antara LT sama Montera, gw sih memang pengen LT, tapi...........belum denger user reviewnya yg DOHC, kalo yg Montera udah ada sedikit bayangan dari bro uch
:roll:
Ride/Drive with the pride,respect and satisfucktion

User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: 30 May 2006, 14:02

Postby uch » 10 Sep 2007, 10:34

Logically but without experienced, mesin DOHC jg harus nya tidak ada masalah overheat bro. Even 1 fan doang yg nyala, tapi jika semua sistem pendingin berfungsi optimal, mesin blazer itu tidak akan overheat. Apalagi 2 fan nya berfungsi optimal. Bedanya, kalo 1 fan, jarum naik turun (tapi itu tetap dalam range normal), kalo 2 fan, jarum stabil.

Masalahnya, kadang ntah karena males or cuek atau nggak tau atau lg bokek, udah jelas ada masalah dgn system pendinginan, ntah itu jarum yg terlalu cepat naik (mungkin air bocor) atau jarum terlalu lambat turun (motor fan lemah..?), tapi dibiarin aja berlama2. Makin lama2 makin parah, sampe overheat. Sampe sini sih harusnya baru level "masalah kecil".

Cuman kadang udah overheat masih dipaksa jalan sampe mesin mati sendiri. Nah..ini baru "big trouble ".

Kalo nggak turun mesin,bersiap2 aja menghadapi "dikit2 overheat".. Itu bukan pengalaman dgn blazer, tapi pengalaman gw dgn Da*****su, pernah overheat dan langsung gw isi air dingin, tanpa menunggu suhu turun dulu. Divonis seher bengkok. Jaman masih gaptek... :D

londobali
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: 30 Aug 2007, 22:06

Postby londobali » 10 Sep 2007, 11:28

om...
mau nanya donk..
kemarin saya sempat liat blazer LT'01, dijualnya aga mahal, karena pengakuan yg punya katanya kondisinya masih bagus bgt..
waktu liat, saya udah ngapalin 7 jurus maut memilih blazer (sprt dbwh ini)..
saya temukan mobilnya emang masih bagus kondisinya, tapi ada beberapa "kelainan" yg saya jumpai:
1. oil pressure stabilnya di 125 (instead of 250 kaya di point no.1 dibawah)
2. voltmeter bacaannya masih di 14, tapi malah slightly turun (instead of slightly naik kaya di bawah) padahal kelistrikannya (diakui) bagus, aki baru ganti, barusan nambah kabel2 grounding ke beberapa titik di mobil yg katanya meng-efisienkan arus balik listrik..
3. ada rembesan oli di bagian belakang mesin (sisi dekat kabin), dan di as (rumah kopling????) pas dibawahnya...

kira2 bisa melihat kemungkinan kerusakan onderdil dan berapa uang yang harus dikeluarkan ga untuk bikin blazer itu mantab??
soalnya saya masih perawab blazer nih.. tapi tertarik bgt untuk beli.. pengen tau perkiraan keluaran duit setelah belinya...

help please...
:)
thank u om...


uch wrote:
avocado wrote:Benar sih soal ekspektasi orang memang beda-beda dan mobil amrik/eropa ga bisa disamakan dgn jepang. soal ini masalahnya bagaimana memperoleh seken yg terawat/simpenan ya? Apakah kalau kilometernya masih sedikit bisa dibilang simpanan? Atau justru jarang dipakai krn "jangan-jangan" sering rusak?? Maaf nih penggemar blazer, bukan saya menjelek-jelekan, mohon maklum soalnya masih awam sama ini mobil & belum pernah beli mbl seken. Trims


Gw copy paste dari threads lain.. (sekalian nyatuin topic..) :D

Welkam Pak Pungki,

Coba bantu2 tips milih blazer. Milih blazer bagus relatif mudah koq, karena panel indikator lumayan lengkap.

Pertama2, duduk di captain seat, nyalakan mesin dan perhatikan panel indikator. Ada tiga indikator yg paling penting.

1. Indikator tekanan oli, ada di pojok kiri bawah. Range dari 0 sampe 500 kpa (maks). Yg dicari adalah : sekitar 5 menit pertama setelah mesin nyala, jarum harus mendekati 500 kpa (maks). Semakin mentok semakin bagus. Tapi RPM harus stabil di 900. Ini beda nya ama sebagian mobil lain. Mobil lain, ada choke otomatis, awal2 mesin nyala, RPM naik diatas 1000, lama2 baru turun lagi. Di blazer, RPM tetap 900 tapi tekanan olie maks di 500 kpa. Setelah 5 menit an, tekanan oli perlahan2 turun ke 250 (tegak lurus arah jam 12), tapi kalo pedal gas ditekan, jarum melejit ke 500 kpa, dan mulai saat ini jarum bergerak berdasarkan RPM dgn batas minimum 250 kpa.

2. Indikator tegangan listrik (voltmeter), ada di pojok kanan bawah.
Yg dicari adalah tegangan yg stabil di 14v lewat dikit (jarum tegak lurus jam 12, miring dikit kekanan tapi masih nempel di strip angka 14). Nyalakan semua lampu, audio, AC dll, jarum harus diam tidak bergerak. Hindari mobil yg jarum voltmeternya tidak diam.

3. Indikator temperatur, ada di [EDIT] KIRI atas. Blazer yg dicari adalah blazer yg jarum indikator nya naik pelan2 dari 0 ke 102 derajat butuh waktu sekitar 10-15 menit. Kemudian xtra fan nyala, sekitar 2-3 menit jarum harus turun ke 80. Nyalakan AC, dalam kondisi idle jarum harus stabil di 80 (jika AC nyala). (Asumsi system pendingin masih original, belum di modif).

No. 1-3 sangat penting...ting...ting....

Kemudian :


4. Turun dari kabin, dengarkan suara mesin. Suara mesin saat fan mati, harus halus, sehalus mobil sedan 1500 CC. Jgn lupa periksa kekentalan oli. Jangan2 mesin halus karena pake oli gardan.

5. Test jalan dan rasakan apakah ada body getar dari rpm 0 sampe rpm atas. Hindari body yg selalu geter di rpm OR kmh tertentu.

6. Pindah dan jongkok ke dekat ban belakang kiri. Dengerkan suara fuel pump, hindari mobil yg suara fuel pump nya terdenger seperti lebah. Karena itu ciri fuel pump mau "lewat".

7. Test jalan buat mengetest fungsi Rem ABS dan fungsi Active Safety Belt nya. Apakah bekerja optimal atau nggak.

Selain yg 7 itu, test nya sama aja dgn mobil2 lain. Periksa AC, kaki2, setir, dll.

Kelemahan blazer yg mencolok ada di fuel pump. Kate dukun nya, 90% dari blazer yg mogok di jalan disebabkan fuel pump. Terus AC nya susah dingin, karena evaporator ada diruang mesin. Katenye sih itu buat safety. Tidak ada bagian dari sistem pendinginan yg letaknya dalam kabin penumpang/dashboard. Ntah itu bener, ntah alasan doang..



Kalo ketemu mobil yg "lolos uji" no. 1-7 diatas, nggak usah peduli dgn kilometer. Saya beli blazer dgn odometer sekitar 140 ribu km, gw pake hampir 2 thn dan sekarang 188 ribu km lebih. Selama gw pake 45 ribu km lebih itu yg nama namanya rusak dan perlu diganti "cuman" :

- Fuel pump rp 800 ribu (perbaiki/modif)
- Boster rem Rp 600 ribu (perbaiki)
- Water pump, rp 500 ribu
- oli crank case rembes (lupa)
- Motor fan 1 (rp 450 ribu)
- Packing top mesin (rp 125 ribu)
- Repair kaki2 (ada 3-4 kali ntah T-Road, ball joint atau upper/lower arm lupa gw). Murah pokoke.. :D
- 1 set busi dan kabel gas (Rp 200 ribu)
- Baru aja ganti V belt rp 95 ribu (ini harga bikin gw terkaget-kaget. Mobil lain koq sampe Rp 400-600 ribu..??)

Jgn lupa, itu semua yg diatas diluar biaya "ritual" beli mobil bekas, ganti kopling, timing belt dan tune up.

User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: 30 May 2006, 14:02

Postby uch » 10 Sep 2007, 11:49

Pak, Yg no. 1 itu bukan soal berapa harga memperbaikinya. Kalo nggak salah pompa olie itu "cuman" Rp 500-rp 600 ribu. Tapi itu fungsi yg vital. Pelumasan mesin. Takutnya udah sekian lama mesin tidak mendapat pelumasan yg optimal. Kalo seandainya gw yg hunting sekarang ini, gw akan HINDARI itu. Sing sabar pokoke.. :D

No. 2 & 3, sorry kurang tau harga nya. Yg no. 2 pasti masalah alternator. BUkan aki, grounding or yg lain2. Paling ringan ganti arang/brush nya doang. Lebih parah lagi, ganti IC nya. Paling parah kalo harus ganti alternator. Tapi gw belum copy itu harga2nya. Yg pasti kalo ganti alternator pasti muaaahaall...!!

User avatar
dhani.amannatur
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 113
Joined: 27 Nov 2006, 12:42

Postby dhani.amannatur » 10 Sep 2007, 12:55

Blazy DK wrote:duh setelah baca2 nie treads jadi tambah kangen sama blazie gw yang dikampung...kesian dia g ada yg ngerawat, untuk sekedar ganti oli pun nunggu gw pulang dr Sby bru gw yg urus, klo suru bokap ganti oli pasti katanya g perlu...mibilnya jarang jalan koq... :oops: emang sie blazie gw dirumah jarang jalan th 98 kmnya baru 60000... :roll:
kayaknya temen2 SMers yang lain jadi banyak jg deh yang demen sama blazie setelah baca2 treads ini, tul g??? :lol:

om, di surabaya mana??

User avatar
dhani.amannatur
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 113
Joined: 27 Nov 2006, 12:42

Re: LT or Montera

Postby dhani.amannatur » 10 Sep 2007, 13:05

asepkadek wrote:^^^^makanya itu, kalo boleh pilihin yg mana yg lebih worth it?
seperti gw bilang sbelumnya mungkin bro uch jg setuju, kalo soal interior pilih LT tapi mesin Montera. Dgn perbadaan yg ga jauh untuk harga beli antara LT sama Montera, gw sih memang pengen LT, tapi...........belum denger user reviewnya yg DOHC, kalo yg Montera udah ada sedikit bayangan dari bro uch
:roll:

punya ane sih montera pengen ane upgrade jd LT ;)

londobali
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: 30 Aug 2007, 22:06

Postby londobali » 10 Sep 2007, 14:34

uch wrote:Pak, Yg no. 1 itu bukan soal berapa harga memperbaikinya. Kalo nggak salah pompa olie itu "cuman" Rp 500-rp 600 ribu. Tapi itu fungsi yg vital. Pelumasan mesin. Takutnya udah sekian lama mesin tidak mendapat pelumasan yg optimal. Kalo seandainya gw yg hunting sekarang ini, gw akan HINDARI itu. Sing sabar pokoke.. :D

No. 2 & 3, sorry kurang tau harga nya. Yg no. 2 pasti masalah alternator. BUkan aki, grounding or yg lain2. Paling ringan ganti arang/brush nya doang. Lebih parah lagi, ganti IC nya. Paling parah kalo harus ganti alternator. Tapi gw belum copy itu harga2nya. Yg pasti kalo ganti alternator pasti muaaahaall...!!


thank u om uch..
saya sedang berburu blazer nih.. dari dulu naksir, tapi baru cukup tabungannya.. makanya takut2 bgt kalau dpt yg harus di benerinnya banyak.. duitnya pas2an euy..
kalau di balikpapan ada kenalan ga om, biar saya bisa nanya2 tempat servis blazer yg oke di luar chevroletnya.. yaa semacam bengkel donie kalau di jakarta gitu dee...

thx om uch...

salam,
wayan
-perawan blazer-

Blazy DK
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 146
Joined: 02 Jul 2007, 12:24

Postby Blazy DK » 10 Sep 2007, 14:41

dhani.amannatur wrote:
Blazy DK wrote:duh setelah baca2 nie treads jadi tambah kangen sama blazie gw yang dikampung...kesian dia g ada yg ngerawat, untuk sekedar ganti oli pun nunggu gw pulang dr Sby bru gw yg urus, klo suru bokap ganti oli pasti katanya g perlu...mibilnya jarang jalan koq... :oops: emang sie blazie gw dirumah jarang jalan th 98 kmnya baru 60000... :roll:
kayaknya temen2 SMers yang lain jadi banyak jg deh yang demen sama blazie setelah baca2 treads ini, tul g??? :lol:

om, di surabaya mana??

dhani sby jg??
di sby selatan daerah rungkut

User avatar
dhani.amannatur
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 113
Joined: 27 Nov 2006, 12:42

Postby dhani.amannatur » 10 Sep 2007, 14:47

Blazy DK wrote:dhani sby jg??
di sby selatan daerah rungkut

aku gawe di Pemuda Surabaya
rumah di Taman Sidoarjo

User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: 30 May 2006, 14:02

Postby uch » 11 Sep 2007, 12:53

londobali wrote:
uch wrote:Pak, Yg no. 1 itu bukan soal berapa harga memperbaikinya. Kalo nggak salah pompa olie itu "cuman" Rp 500-rp 600 ribu. Tapi itu fungsi yg vital. Pelumasan mesin. Takutnya udah sekian lama mesin tidak mendapat pelumasan yg optimal. Kalo seandainya gw yg hunting sekarang ini, gw akan HINDARI itu. Sing sabar pokoke.. :D

No. 2 & 3, sorry kurang tau harga nya. Yg no. 2 pasti masalah alternator. BUkan aki, grounding or yg lain2. Paling ringan ganti arang/brush nya doang. Lebih parah lagi, ganti IC nya. Paling parah kalo harus ganti alternator. Tapi gw belum copy itu harga2nya. Yg pasti kalo ganti alternator pasti muaaahaall...!!


thank u om uch..
saya sedang berburu blazer nih.. dari dulu naksir, tapi baru cukup tabungannya.. makanya takut2 bgt kalau dpt yg harus di benerinnya banyak.. duitnya pas2an euy..
kalau di balikpapan ada kenalan ga om, biar saya bisa nanya2 tempat servis blazer yg oke di luar chevroletnya.. yaa semacam bengkel donie kalau di jakarta gitu dee...

thx om uch...

salam,
wayan
-perawan blazer-


Walah.. IKalo balikpapan udah jelas gw gelap bro.. :D

User avatar
Sugie
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 494
Joined: 22 Sep 2006, 16:54

Postby Sugie » 11 Sep 2007, 16:10

Jadi bro uch, apa ada Blazer untuk keluaran tahun tertentu yg lbh baik dr yg lain ? Ato semua sama ( kecuali SOHC / DOHC ) tergantung dr kejelian kita milih ? Thank's.

User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: 30 May 2006, 14:02

Postby uch » 11 Sep 2007, 16:36

Kurang paham jg Bro. Yg gitu2 biasanya susah bedain apakah fakta or mitos. Yg pasti, makin muda tahun nya makin tinggi kandungan lokalnya. Blazer generasi pertama setau gw (menurut kabar angin jg.. :D) cuman aki dan ban, yg lokal. BOdy bulat dari USA, Engine dari Australia. Makin lama makin "terlokalisasi". Tapi apakah itu berarti yg tahun tua lebih bagus..?? Ntah lah... :lol:


Return to “SUV (2WD/4WD) Types”

Who is online

Users browsing this forum: Michaelktp and 11 guests