Berdasarkan angka penjualan bulan Mei 2006 :
1. Toyota : 9.073 unit (39.4%)
2. Mitsubishi : 3.131 unit (13.6%) -> mayoritas kendaraan niaga
3. Suzuki : 2.716 unit (11.8%)
4. Honda : 2.310 unit (10.03%)
Sepanjang tahun 2006, the big 3 masih tetap Toyota, kedua Mitsubishi dan ketiga Suzuki.
Angka penjualan Honda hingga bulan kelima 2006 = 13.425 unit atau 10.7% pangsa pasar nasional.
Terdiri dari 7.874 unit Jazz, 2.635 unit City, 1.081 unit CRV, 755 unit Civic, 691 unit Stream dan 389 unit Accord.
Yang mencolok adalah Nissan yang turun sangat drastis, angka penjualan hingga bulan April 2006 = hanya 754 unit, terdiri dari 360 unit X-Trail, 187 unit Terrano, 152 unit Serena, dan 55 unit Teana.
Ranking model2 Toyota dan Honda pada bulan Mei 2006 (tidak ada data untuk Suzuki, Daihatsu dan Nissan) :
1. Toyota Avanza : 3.458 unit
2. Toyota Innova : 3.023 unit
3. Toyota Yaris : 1.079 unit
4. Honda Jazz : 1.043 unit
5. Honda City : 706 unit
6. Honda CRV : 201 unit
7. Toyota Vios : 200 unit
8. Honda Civic : 160 unit
9. Honda Stream : 119 unit
10. Toyota Altis : 90 unit
11. Honda Accord : 81 unit
12. Toyota Camry : 44 unit
Terlihat di atas bahwa selain model2 'hot' seperti Avanza, Innova dan Yaris, tampaknya Honda bisa mengungguli Toyota karena menang image keiritan bahan bakar (mungkin promosi lomba keiritan Jazz ada hasilnya juga?). Bahkan Accord yang padahal belum facelift, terjual 81 unit, hanya berbeda 9 unit dengan Altis yang 90 unit, padahal baru saja facelift (terlalu tidak terlihat bedanya).
Yang seru adalah pertarungan Yaris vs Jazz : 1.079 vs 1.043 unit, hanya berbeda tipis. Pertarungan akan semakin seru setelah Jazz facelifted diluncurkan.
Sedangkan pertarungan CRV vs X-Trail, sama sekali tidak seketat tahun2 terakhir : 1.081 unit (per Mei) vs 360 unit (per April), perbandingannya lebih dari 2 : 1.
Sumber2 (dari mobilku.com dan oto.co.id) :
Teana Tampil Lebih Segar
Nissan Teana segera menyapa penggemarnya dengan menghadirkan tampilan yang lebih segar
Pasar boleh lesu, namun usaha-usaha untuk menggalakkan pasar terus dijalankan sejumlah ATPM. Salah satunya dilakukan PT. Nissan Motor Indonesia pada Rabu mendatang (14 Juni 2006) dengan menampilkan New Nissan Teana yang hadir lebih segar.
Teana yang mengusung tag line “Smart Modern Living†itu masih menggunakan depot tenaga V6 berkapasitas 2300 cc. Namun seiring dengan perkembangan dan kebutuhan di segment mobil premium, maka Nissan memandang perlu melakukan sejumlah penyesuaian dengan kebutuhan konsumennya itu.
Menurut informasi resmi dari Nissan, tampilan baru itu salah satunya akan terlihat pada eksterior. Desain grill dan lampu depan benar-benar akan lebih fresh. Sementara interiornya? â€ÂInteriornya semakin mewah dan nyaman,†kata Dinne Musu, Public Relation Manager PT. Nissan Motor Indonesia.
Hingga April 2006 lalu Nissan Teana sudah berhasil menyumbang penjualan sebanyak 55 unit sepanjang 2006 itu. Sementara penjualan sedan kelas premium ini pada tahun 2005 lalu mencapai jumlah 317 unit. Menurut data Gaikindo, kontribusi Teana pada penjualan Nissan secara keseluruhan pada tahun 2006 tergolong tinggi.
Memang dibanding penjualan X-Trail yang mencapai 360 unit hingga April 2006, atau penjualan Nissan Terrano (187 unit) dan Nissan Serena (152 unit), penjualan Teana masih kecil. Namun sejumlah ubahan yang ditawarkan Nissan pada Teana membuktikan segmen yang dijalani Teana terus bergerak naik.
Honda catat pertumbuhan pangsa pasar
(13/06/2006) - Hingga bulan kelima di tahun 2006, Honda telah meraih penjualan sebanyak 13.425 unit mobil di seluruh Indonesia dengan pangsa pasar sebesar 10,7% dari total pasar otomotif nasional. Pangsa pasar tersebut meningkat dibanding periode yang sama di tahun 2005, yang tercatat 10,1%. Di bulan Mei sendiri, penjualan Honda di Indonesia tercatat sebanyak 2.310 unit. Demikian rilis PT Honda Prospect Motor
Honda juga mencetak rekor penjualan bulanan tertinggi untuk mobil di segmen sedan pada tahun 2006. Di bulan Mei, Honda berhasil menjual sebanyak 947 unit sedan di seluruh wilayah Indonesia. Dengan jumlah tersebut, secara total angka penjualan sedan Honda di sepanjang tahun 2006 ini telah mencapai 3.779 unit, dan menjadi market leader di segmennya dengan pangsa pasar sebesar 51,7%.
Penjualan sedan Honda di bulan Mei lalu dipimpin oleh Honda City dengan penjualan sebesar 706 unit. Jumlah tersebut meningkat 69,3% dibanding penjualan di bulan April yang tercatat sebanyak 417 unit. Honda City kini telah jauh meninggalkan pesaing-pesaingnya di kelas mini sedan dengan total penjualan sebesar 2.635 unit sepanjang tahun 2006, dan memimpin di kelas ini dengan pangsa pasar sebesar 67,2%*.
Seperti halnya Honda City, Honda Civic juga mengulang prestasinya menjadi market leader di kelas small sedan dengan pangsa pasar sebesar 57%. Penjualan sebanyak 160 unit di bulan Mei menambah total penjualan generasi kedelapan dari Honda Civic menjadi 755 unit di tahun 2006.
Honda Accord melengkapi kesuksesan Honda di segmen sedan dengan penjualan sebanyak 389 unit sepanjang tahun 2006 dan menjadi yang teratas di kelas medium sedan dengan pangsa pasar sebesar 38%. Pada bulan Mei sendiri, Honda Accord mencatat angka penjualan sebesar 81 unit di seluruh Indonesia.
Mengenai pencapaian Honda di segmen sedan tersebut, Jonfis Fandy, Sales & Marketing General Manager PT Honda Prospect Motor, mengatakan “Meski kondisi pasar otomotif belum juga membaik saat ini, pencapaian yang diraih produk-produk Honda membuat kami optimis untuk meraih peningkatan market share dibanding tahun lalu. Hal tersebut terutama disebabkan produk-produk seperti Honda Jazz dan Honda City terbukti masih menjadi favorit masyarakat saat ini.â€Â
Honda Jazz hingga bulan Mei lalu terus menjadi yang teratas dalam penjualan di antara produk-produk Honda. Honda Jazz Rocks, edisi spesial dari Honda Jazz VTEC yang dilengkapi head unit dengan USB Port dan top panel speaker, juga telah diterima dengan baik oleh masyarakat sejak diluncurkan pada 3 Juni lalu. Terbukti secara total Honda Jazz mampu meraih angka penjualan sebesar 1.043 unit pada bulan Mei 2006. Dengan demikian, sepanjang tahun ini sebanyak 7.874 Honda Jazz unit telah terjual dengan pangsa pasar 16% di kelas low MPV.
Untuk kategori medium SUV, Honda CR-V mencapai penjualan 201 unit di bulan Mei 2006. Dengan demikian, Honda CR-V pada tahun ini telah mencatat angka penjualan 1.081 unit dengan pangsa pasar 22% di kelasnya. Sementara untuk kategori MPV, Honda Stream telah terjual sebanyak 691 unit di sepanjang tahun 2006. Untuk bulan Mei sendiri, Honda Stream mencatat penjualan sebesar 119 unit.
Toyota kuasai hampir 40% pangsa pasar otomotif nasional
(10/06/2006) - Toyota berhasil menjual 9,073 unit atau menguasai 39.4% pangsa pasar otomotif nasional. Mitsubishi tetap berada diposisi kedua (13.6%) dan Suzuki di posisi ketiga (11.8%), seperti dirilis PT Toyota-Astra Motor.
Kendati total penjualan pasar nasional menunjukkan peningkatan dibandingkan bulan sebelumnya, kenaikan tersebut masih tipis dan belum signifikan, yaitu menjadi 23.022 unit dari angka 22.576 unit di bulan April.
“Peluncuran improvement terbaru New Corolla Altis dan layanan after sales langsung kepada konsumen seperti PLD (Pusat Layanan Dyna) Caravan yang kami lakukan pada bulan Mei lalu merupakan sebagian upaya TAM untuk mengatasi kondisi pasar kita saat ini,†demikian komentar Presiden Direktur PT TAM, Johnny Darmawan.
Bulan Mei lalu Toyota menguasai 24,9% pangsa pasar sedan dengan angka penjualan sebesar 384 unit. Peluncuran improvement terbaru New Corolla Altis berhasil menaikkan penjualan Toyota sebesar 25,1% pada subsegmen ini. Di kelas sedan mini, penjualan Vios naik menjadi 200 unit, sedangkan Toyota Limo terjual sebanyak 50 unit. Di kelas sedan small, Corolla Altis mencatatkan penjualan sebesar 90 unit kendaraan, sedangkan di kelas sedan medium, Toyota Camry berhasil terjual 44 unit.
Dari total penjualan nasional sebesar 14.306 unit pada subsegmen ini, Toyota tetap menunjukkan dominasinya dengan menguasai 54,9% pangsa pasar atau terjual 7.847 unit. Di kelas 4x2 low, Toyota Avanza terus memimpin dengan jumlah penjualan sebanyak 3.458 atau 55,6% pangsa pasar.
Demikian pula dengan Toyota Yaris. Hatcback ini tetap memimpin kelas Medium Mini MPV dengan penguasaan pasar sebesar 43,8% dan angka penjualan 1.079 unit. Sedangkan di kelas 4x2 medium MPV, Kijang Innova berada di posisi teratas dengan pangsa pasar 70.6% atau terjual 3.023 unit.