Toyota recall 1 JUTA unit

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Toyota recall 1 JUTA unit

Post by Sithlord »

conan, ini berita penting banget, cause ada unit yang di jual di Indo lewat importir umum. Kok lu ngak laporin ? Malah berita kecil seperti Nissan sales turun 11% yang ngak mengancam jiwa lu rajin banget teriak teriak ?
Siapa tau ada SMer yang pegang unit Toyota CBU yang kena penyakit ini ?

Read on...
Toyota recall 1 juta unit


(31/05/2006) - Toyota Motor Corp. mengumumkan rencana recall 1 juta unit diseluruh dunia, Selasa (30/5) untuk mengganti intermediate shafts dan sliding yokes.


Kedua komponen ini bisa terdistorsi atau retak bila mendapat tekanan tinggi, yang menyebabkan pengemudi kehilangan kontrol terhadap mobilnya. Toyota menerima lebih dari 30 keluhan sejak Maret 2004.


Di Jepang, produsen otomotif terbesar di Jepang ini merecall 565,756 unit terdiri dari sembilan model yaitu,Wish, [cencored], Prius, Corolla, Corolla Runx, Corolla Fielder, Corolla Spacio, Allex dan Ractis yang dibuat antara September 2002 dan November 2005. Menurut jubir Toyota, 400,000 unit lainnya tersebar di seluruh dunia.


Menurut Toyota, pihaknya belum menerima laporan kecelakaan yang berkaitan dengan problem itu.
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Oh? Anda berpikir, recall itu = sesuatu yang buruk?

Mungkin lebih baik tidak pernah ada recall seperti Kijang Kapsul? Atau seperti Avanza yang 'recall'nya dilakukan secara diam2 waktu datang service?

Well, kalau Anda berpikir recall = sesuatu yang buruk, jumlah satu juta Toyota di atas belum apa2 dibanding yang pernah dilakukan Nissan, Pak!
Nissan Recalls 2.5 Million Cars

October 30, 2003

Nissan is recalling more than 2.5 million vehicles worldwide to fix an engine revolution-sensor problem. The problem makes some engines hard to start and can cause them to suddenly stop running.

About 700,000 of the recalled models are in North America and include the Infinity G35.

Also involved are some Subaru and Mazda models that use parts provided by Nissan.

The automaker said the sensor, which records engine revolutions, could be deformed by heat from the engine. The vehicle models involved were built between April 21, 1998, and May 28 this year.

The recall announcement was made in Tokyo and did not include information on all U.S. models that would be affected.
Seperti biasa, Anda terlalu bernafsu menyerang kuman di seberang lautan (Toyota), gajah di pelupuk mata sendiri tak kelihatan!

Meminjam gaya bahasa Anda, Koq lu juga gak pernah laporin kalau Nissan pernah recall dua setengah juta mobil? Hmm?
User avatar
skullkid
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 556
Joined: Thu Feb 16, 2006 10:31

Post by skullkid »

Iy, kalo mnurut sy recall tuh ssuatu yang bagus, demi konsumen juga kan?kalo mmg produknya ada cacat di long term using?yang gak bisa dideteksi dari pertama kali produksi or dari bbrapa waktu tes jalan dari produsen..

Saya malah gak pernah denger recall "UMUM" dari Toyota Indo..apakah prduknya udah beres?I doubt it..kalo yang masalah recall diem2 dari toyota INdo saya gak taw deh, tapi pernah denger mmg..

produsen indo lebih bae diem daripada recall2, mnk jga disebabkan persepsi orang indo yang salah tentang recall..

yang saya tahu, dulu galant v6 saya (sebelum hiu) di recall ball jointnya.. mitsubishi kalo gak salah telponin gt deh.. saya cukup appreciate it..
TomS
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 296
Joined: Mon Jul 04, 2005 13:55
Location: Shinjuku

Post by TomS »

skullkid wrote:Iy, kalo mnurut sy recall tuh ssuatu yang bagus, demi konsumen juga kan?kalo mmg produknya ada cacat di long term using?yang gak bisa dideteksi dari pertama kali produksi or dari bbrapa waktu tes jalan dari produsen..

Saya malah gak pernah denger recall "UMUM" dari Toyota Indo..apakah prduknya udah beres?I doubt it..kalo yang masalah recall diem2 dari toyota INdo saya gak taw deh, tapi pernah denger mmg..

produsen indo lebih bae diem daripada recall2, mnk jga disebabkan persepsi orang indo yang salah tentang recall..

yang saya tahu, dulu galant v6 saya (sebelum hiu) di recall ball jointnya.. mitsubishi kalo gak salah telponin gt deh.. saya cukup appreciate it..
Istilah "recall" kalau di luar negeri, contohnya di Jepang, yang mengeluarkan keputusan recall itu adalah MITI (Departemen Perhubungan kalau di Indo).

Mengapa di Indo tidak ada recall ?
Sebab Departemen Perhubungan di Indonesia sampai saat ini kelihatannya belum ada waktu ngurusin yang begituan.

Waktu mobil dijual, mobil itu akan diuji dulu oleh Dephub yg tujuannya apakah mobil itu layak jalan atau tidak, hasilnya muncul yang namanya Surat Uji Type. Tanpa ada Surat Uji Type itu mobil tidak bisa dijual di Indonesia, mirip-mirip istilah KIR (yg ada gambaran tentang spec, test rem, lampu, emisi, dan lain2)

Dan sebagai konsekuensinya kalau memang mobil itu bermasalah dan tidak layak jalan, Dephub-lah yang berhak untuk menariknya kembali, bukan produsen otomotif loh ...

Pada mulanya Dephub yang mengeluarkan ijin, dan pada akhirnya pula Dephub pula yang berhak untuk menariknya.

Jadi benar-benar ada salah kaprah kalau bilang recall dari produsen :)
User avatar
skullkid
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 556
Joined: Thu Feb 16, 2006 10:31

Post by skullkid »

oh, really?hehehe..

brarti kalo yang ngerecall galant bokap dulu Dephub donk?masalahnya dulu kayaknya masalahnya sampe global gt..mungkin dephub juga cma ikut2an orang luar negri?dan karena kijang gak banyak di luar negri jadi dephub jga gak maw tau?

n itu juga brarti produsen tutup mata sma skali sblom dephub kasi taw suru tarik?
User avatar
skullkid
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 556
Joined: Thu Feb 16, 2006 10:31

Post by skullkid »

kalo mnurud sya, kedua belah pihak sharusnya bisa recall mobil tsb donk..kalo nggak bisa dibodohi sama peraturan...sampe ada apa2 dengan pengendara/konsumen yang melibatkan mobil itu?

saya gak taw banyak sih tentang gov. regulation..maklum, msh msti banyak blajar..hehehe
TomS
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 296
Joined: Mon Jul 04, 2005 13:55
Location: Shinjuku

Post by TomS »

skullkid wrote:oh, really?hehehe..

brarti kalo yang ngerecall galant bokap dulu Dephub donk?masalahnya dulu kayaknya masalahnya sampe global gt..mungkin dephub juga cma ikut2an orang luar negri?dan karena kijang gak banyak di luar negri jadi dephub jga gak maw tau?

n itu juga brarti produsen tutup mata sma skali sblom dephub kasi taw suru tarik?
Setahu saya, Dephub Indonesia belum pernah ada waktu ngurusin yang begituan :)
Saya tidak ingat kasusnya, mungkin ada linknya ?

Yg jelas kalau recall itu awal mulanya bukan dari produsen, tapi dari pemerintah sebagai regulator (di Amrik kalau gaks salah yang ngurus recall namanya NHTSA, National Highway Traffic Safety Administration).

Ini link-nya : http://www.nhtsa.dot.gov/
Last edited by TomS on Fri Jun 02, 2006 15:31, edited 1 time in total.
User avatar
skullkid
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 556
Joined: Thu Feb 16, 2006 10:31

Post by skullkid »

ohh.. okay... my bad kalo anda mmg yakin cma dari pihak government yang cma lakukan recall,tapi saya rasa doesn't make sense aja kalo cma dari satu pihak..saya gak taw..hehehe..
TomS
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 296
Joined: Mon Jul 04, 2005 13:55
Location: Shinjuku

Post by TomS »

skullkid wrote:ohh.. okay... my bad kalo anda mmg yakin cma dari pihak government yang cma lakukan recall,tapi saya rasa doesn't make sense aja kalo cma dari satu pihak..saya gak taw..hehehe..
"Recall setengah resmi" yang dari produsen-lah yang umum terjadi di Indonesia, tanpa perlu ada publikasi besar-besaran.
Kalau mau ada "recall secara resmi" mirip di luar negeri, Dephub lah yang harus lebih diaktifkan lagi perannya.

Kalau di nthtsa, kita bisa tahu nomer rangka-nya segala mana mobil yang bermasalah ?

http://www-odi.nhtsa.dot.gov/cars/probl ... search.cfm
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

TomS wrote:
Setahu saya, Dephub Indonesia belum pernah ada waktu ngurusin yang begituan :)
Saya tidak ingat kasusnya, mungkin ada linknya ?
.....
Yup, di Endonesya mah gak akan sempet urus begituan...

kalo disana(baca : Japan, USA dst) , dephub atawa deprin-nya betul2 melindungi warga-nya...
walopun ada juga recall yg berasal dari inisiatip produsen tsb...
Image
User avatar
skullkid
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 556
Joined: Thu Feb 16, 2006 10:31

Post by skullkid »

Mike wrote: walopun ada juga recall yg berasal dari inisiatip produsen tsb...
thats what I mean, produsen yang bae juga sbaiknya ya kasitaw konsumennya lah, kalo ada little problem with their car n need to be checked for their own safety..

masa nunggu sampe government kluarin surat recall..toyota sbagai produsen kendaraan roda 4 nomer atu di indo mstinya gt donk..tapi recall diem2 juga baek sih...gak ngerusak nama besar mereka...
User avatar
jeremyray
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 475
Joined: Sun Jul 10, 2005 16:36
Location: Cideng

Post by jeremyray »

Disini mah gak pusing produk yg dijualnya cacat atau tidak yang penting untung :D
Image
User avatar
skullkid
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 556
Joined: Thu Feb 16, 2006 10:31

Post by skullkid »

jeremyray wrote:Disini mah gak pusing produk yg dijualnya cacat atau tidak yang penting untung :D
stuju gw!coz gw jga ngerasa produsen indo gt seh..
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

Di Indo, kebanyakan recall dilakukan diam2...

dinamain macam2 pula....kaya "service campaign" dll.

Mobil2 di Indo yg pernah di-recall anara lain seinget saya
adalah Opel Blazer, Kia Carnival, Mitsubishi Galant, Suzuki APV, dll.
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
User avatar
ahbeng
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 296
Joined: Wed Jun 29, 2005 0:12
Location: Jakarta Utara

Post by ahbeng »

mobil Mazda 6 wa kena Recall 3 kali:

1. Fog Light Problem : ada berita kalo foglight mazda 6 ada yg pernah kebakar. HASIL = nggak rusak tapi fog wa tetep di ganti :P (untung blon pake xenon di fog waktu itu)

2. Fuel sensor : yg ini wa rada ga jelas pas dapet suratnya, tapi ya wes lah wa bawa aja ke bengkel toh gratis ini, HASIL = nga knp2 juga wa punya :P tapi tetep di replace

3. Antirust recall : ada info kalo bbrp bagian pintu mazda ada yg luput dari pengecatan anti karat
HASIL = orgnya bilang cuman secuil tok yang ga ke paint, alhasil semua bagian dalem pintu mazda wa di lapisi lagi antirust :P


inti dari semua itu : recall itu adalah hal baik bagi wa, krn dia mengantisisapi (eh pasi ) sebelom hal2 yang tidak di inginkan terjadi di kemudian hari IMO
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

WP wrote:Di Indo, kebanyakan recall dilakukan diam2...
tull, dulu kijang kapsul gua 1997 masuk auto 2000 sudirman, kalo gak salah per pintu belakang diganti secara diam2, udah kelar ganti baru dikasih tau saya pada saat kelar servis.
Tapi sama juga kok, tetep aja penyok pintu belakang dekat plat nomor walaupun udah di ganti per nya.
Kelemahan penyok di dekat plat nomor ini gak pernah ditanggulangi dengan serius oleh pihak toyota sampe batas akhir edisi kijang kapsul, sebelum mengeluarkan inova. Plat pintu belakang gampang sekali penyok, padahal bukan ditabrak.
Image
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

This is to all members. Once again, sebelum conan muncul, ada berita Toyota recall, saya sengaja TIDAK MAU post. Kenapa ? I tau semua pabrik mobil secara routine pasti ada recall. Ngak buktikan produsennya jelek kok.


Tapi habis gimana, si conan nakal terus ! Mau ngak mau saya pinjam lagi pedang Toyota. So to all Toyota owners, saya ngak maksut mau seolah Toyota mutunya jelek. Of course NOT !

Mobil itu complicated. Pasti ada recall. Tapi selain pakai pedang Toyota dan hybrids, saya ngak ada senjata lain balas seranggan conan.

Hope all members understand. Look. Dia sampai pakai berita Nissan recall tahun 2003 ! Thats 3 years ago ! Apakah di tahun 2003 Toyota dan merek lain ngak ada recall ?

Kalau mau kumpulin berita recall way back up to 10 years ago, wah, heboh deh. I guess its not necessary.
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

handling wrote:
WP wrote:Di Indo, kebanyakan recall dilakukan diam2...
tull, dulu kijang kapsul gua 1997 masuk auto 2000 sudirman, kalo gak salah per pintu belakang diganti secara diam2, udah kelar ganti baru dikasih tau saya pada saat kelar servis.
Tapi sama juga kok, tetep aja penyok pintu belakang dekat plat nomor walaupun udah di ganti per nya.
Kelemahan penyok di dekat plat nomor ini gak pernah ditanggulangi dengan serius oleh pihak toyota sampe batas akhir edisi kijang kapsul, sebelum mengeluarkan inova. Plat pintu belakang gampang sekali penyok, padahal bukan ditabrak.
Hal itu memang penyakit hampir semua Kijang, tapi saya lihat ada beberapa (sedikit sih) yg masih mulus lho pak....

Kayanya dia penyok karena ditekan waktu mau tarik handle-nya sama pas nutup deh...
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Toyota recall could bolster quality reputation

Toyota’s massive recall of nearly 1 million cars over faulty steering components could actually improve its reputation, says Business Week writer Matt Vella. Analysts say a well-managed recall could be more of an opportunity than a liability. “First of all, well-handled recalls have absolutely no impact on future sales,” says Mark Hass, the former deputy managing editor of the Detroit News and now CEO of the automotive public relations firm Hass MS&L. “Recalls are really customer-relationship issues these days, not marketing. They’re an opportunity to build customer loyalty, brand loyalty.
I rest my case.