Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

lonelyguy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 184
Joined: Thu Mar 13, 2008 12:27

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin

Post by lonelyguy »

^^

klo "oli artis" ikutan...bukan baret lagi... tapi retak :ngacir:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin

Post by Hansen »

lonelyguy wrote:^^

klo "oli artis" ikutan...bukan baret lagi... tapi retak :ngacir:
langsung terbang mesinnya... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Image
lonelyguy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 184
Joined: Thu Mar 13, 2008 12:27

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin

Post by lonelyguy »

^^

anyway.. The 2nd best is Valvoline Durablend :mrgreen:

Valvoline Durablend brp duit ya ?? :roll:
takehito
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Tue Nov 20, 2007 5:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin

Post by takehito »

Buat temen2 sekalian, itu hasil test majalah amerika, dan oli yg di test-pun juga oli yg dijual di amerika. Maksudnya adalah oli dengan merek yg sama dgn yg di indo, belom tentu isi-nya juga sama. Kan bisa dilihat dari kemasannya sudah laen, apalagi isinya???
kalau mau membandingkan oli yg fair, harus pake sample oli yg sudah di Indonesia. gitu gw baru percaya....
Soalnya gw merasa oli yg beredar di Indonesia kualitasnya tidak sebagus yg di luar negri, mungkin para importir atau pemegang merek "bermain di contain" supaya harganya masih bisa terjangkau market.
lonelyguy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 184
Joined: Thu Mar 13, 2008 12:27

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin

Post by lonelyguy »

^^^

trus... klo oli luar begitu.. gmn dgn oli yg ada indonesia ??

IMHO.. hasilnya gak akan jauh berbeda

pantesan mobil2 sini yg pake oli2 tsb (Shell / Mobil) paling umurnya antara 5-10thn udah hrs turun mesin...

mungkin..mungkin loh ya :roll: klo pake Valvoline / Royal Purple.. jadi jauh lebih awet :mrgreen:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin

Post by ZombiEE »

semua jg mungkin bro...turun ga turun mesin masih byk parameter laen yg mempengaruhi...tentunya oli jg vital..tapi parameter2 laen ga bisa di eliminasi lho:)
ediwarsito
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Sun Aug 24, 2008 12:44

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin

Post by ediwarsito »

Wah, pingin numpang tanya di topik ini.
Begini, saya punya Suzuki ST20 buatan tahun 1983. karena pake mesin 2 tak, tentunya pelumasan seluruh mesin hanya mengandalkan oli samping. Sejauh ini saya masih bertanya-tanya harus pake oli apa kira-kira yang paling tepat.
Saya pernah coba pakai castrol low smoke, lalu produknya Pertamina, penzoil dan evalube (oli baru). sejauh ini sih tidak ada kelebihan dan kekurangan dari setiap merk oli yang pernah saya coba (kecuali hanya dari harganya hehehe.....)
Tetapi untuk jangka panjang saya tidak tahu efeknya. Saya hanya berpikir dengan hanya sedikit volume oli yang tersemprot ketika mesin harus berputar kencang dan membawa beban yang cukup berat, pastinya harus didukung dengan oli yang memiliki kualitas lebih baik. Mohon pencerahan dari rekan-rekan semua.

Salam,
Edi warsito
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin

Post by GTR »

Royal Purple pernah banyak barang di kemayoran, tapi gatau sekarang masih ada apa ngga.
mana ada yg super encer 0W20.
takehito
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Tue Nov 20, 2007 5:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin

Post by takehito »

lonelyguy wrote:^^^

trus... klo oli luar begitu.. gmn dgn oli yg ada indonesia ??

IMHO.. hasilnya gak akan jauh berbeda

pantesan mobil2 sini yg pake oli2 tsb (Shell / Mobil) paling umurnya antara 5-10thn udah hrs turun mesin...

mungkin..mungkin loh ya :roll: klo pake Valvoline / Royal Purple.. jadi jauh lebih awet :mrgreen:
Sudah pasti 100% kok oli yg beredar di Indonesia dan originalnya beda banget, makanya di jkt banyak oli merek A yg asli buatan negara asalnya dan merek A yg di edarkan di Indonesia, kualitasnya sudah beda, makanya buat temen2 harus hati2 jangan asal beli merek aja, yang penting kan isinya bukan mereknya.

Makanya gw usul kalo mau bandingin oli, ambil sampel oli yg sdh dipasaran Indonesia trus di test, itu yg paling bisa dipercaya.
Soal awet tidaknya mesin, sometimes, pemakai kendaraan kurang tau mobilnya cocoknya pake oli yg SAE brp yah??? contoh, mobil sdh 10 taon dan sdh km 150000, tapi pakai oli yg encer SAE 5W-30, nah ini malah akan menyebabkan kehabisan oli trus rusak mesinnya trus nyalahin olinya.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin

Post by GTR »

kalo require specnya sesuai encer gitu yah gapapa, memang seharusnya.
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin

Post by TUFF Stough »

Bukannya tiap2 negara dah pasti beda? Tergantung sikon jalanan di negara tsb dan juga iklimnya?
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin

Post by ZombiEE »

one thing for sure...major corp macam exxon mobil ga mgkn keluarin oli busuk di pasaran...untung bisa dicari..reputasi..it took many years to build..stujuh rekan2?:)
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin

Post by imsus2c »

setuju...

reputation speaks for itself!

jadi agak janggal juga kalo ada olie "spec-down" dalam 1 merk dan tipe terutama dari branded-ones, kecuali dapet barang "aspal"
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin

Post by ZombiEE »

yeap...perlu ditambah..exxon mobil dan shell dll bkn merk national saja..tapi uda merk global..
User avatar
HyundaiTucson
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Sun Dec 30, 2007 11:56
Location: Pejaten - Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin

Post by HyundaiTucson »

GTR wrote:Royal Purple pernah banyak barang di kemayoran, tapi gatau sekarang masih ada apa ngga.
mana ada yg super encer 0W20.
Skrg Royal Purple (RP) sudah ada distributor nya di Indonesia. Saya sudah beli oli mesin nya yang 5W30 full synthetic, tapi saya belum sempat saya masukin ke mobil. Kalau ada yang tertarik dgn oli RP, silahkan PM saya
Cheers,
HT
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin

Post by evolution21 »

dimana yang jual royal purple? harga brapa pak?
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin

Post by sjamsul »

ZombiEE wrote:one thing for sure...major corp macam exxon mobil ga mgkn keluarin oli busuk di pasaran...untung bisa dicari..reputasi..it took many years to build..stujuh rekan2?:)
Setujuuuuuuuuuuuuuuhhhhhhhhh...............
Klo menurut ane sih yg penting ganti olinya harus teratur mo dari merk apapun en dari harga berapapun en oli nya harus asli (bukan masakan). :mrgreen: :mrgreen: ....
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin

Post by sjamsul »

HyundaiTucson wrote:
GTR wrote:Royal Purple pernah banyak barang di kemayoran, tapi gatau sekarang masih ada apa ngga.
mana ada yg super encer 0W20.
Skrg Royal Purple (RP) sudah ada distributor nya di Indonesia. Saya sudah beli oli mesin nya yang 5W30 full synthetic, tapi saya belum sempat saya masukin ke mobil. Kalau ada yang tertarik dgn oli RP, silahkan PM saya
klo harga per liternya di bawah 100 rb, gw kaga yakin tuh oli asli synthetic. Klo harga per liternya di atas 300 rb / ltr, gw baru yakin tuh oli full synthetic.


btw ada yg tau ngak perbedaan oli synthetic dg oli biasa. :e-think: ...
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin

Post by imsus2c »

sjamsul wrote:
HyundaiTucson wrote:
GTR wrote:Royal Purple pernah banyak barang di kemayoran, tapi gatau sekarang masih ada apa ngga.
mana ada yg super encer 0W20.
Skrg Royal Purple (RP) sudah ada distributor nya di Indonesia. Saya sudah beli oli mesin nya yang 5W30 full synthetic, tapi saya belum sempat saya masukin ke mobil. Kalau ada yang tertarik dgn oli RP, silahkan PM saya
klo harga per liternya di bawah 100 rb, gw kaga yakin tuh oli asli synthetic. Klo harga per liternya di atas 300 rb / ltr, gw baru yakin tuh oli full synthetic.


btw ada yg tau ngak perbedaan oli synthetic dg oli biasa. :e-think: ...
pak sjamsul, pertanyaan anda tuh jawabannya ada di thread ini juga kok...tapi coba bacanya diurutkan dari halaman 1 s.d. halaman ini (hal.25) hehehehe..... :e-wall: :e-wall: :e-wall: :mrgreen:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin

Post by sjamsul »

@imsus2c:
sorry bro ane kaga baca2 dulu seh. :thanks:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re:

Post by sjamsul »

PenyuTurbo wrote:
avansa wrote:kalau Seseorang punya mobil di atas tahun96 lalu keliru memakai oil dengan kode SG bukan SJ dampaknya gimana...?


Secara teknis untuk kode SG dan SJ tidak direkomendasikan untuk digunakan, nggak berarti nggak bisa dipakai, bisa saja dipakai. Standard ini hanya mengurangi jumlah Phosphor ketimbang standard yang terdahulu (SA, SB, SC, dsb) yang bertujuan untuk mengurangi emisi yang nggak ramah lingkungan. Tentang dampaknya, jika pergantian oli dilakukan secara teratur untuk jarak tempuh yang nggak begitu tinggi … oke2 aja.

Standard SL, mengurangi jumlah ZDDP dan Phosphor dalam kandungan oli mesin yang ada pada standard SG dan SJ. Sedang Standard SM (yang paling baru - sejak 2004), disamping mengurangkan jumlah kandungan ZDDP dan Phosphor, ada tambahan untuk meningkatkan additive "Anti-Foaming" dan juga menaikkan "Detergent Level".

Walaupun tidak dipakai dalam mesin, oli mempunyai waktu kadaluwarsa (shelf-life). Untuk Dino Oil masa kadaluwarsanya antara 1 ke 2 tahun, sedangkan fully-synthetic oil masa kadaluwarsanya antara 2 sampai 3 tahun.

Dikhawatirkan oli yang dijual dengan standard SG dan SJ adalah oli stok lama. Ini bukanlah satu kepastian, hanya was-was saja. Ketimbang ada rasa was-was, adalah lebih baik menggunakan standard yang baru (SM).
avansa wrote:kalau Pensoil Di minum per 10000Km jadi irit apa malah bikin cepet rusak mesin...?
Ada satu ketidak sesuaian antara TESTING dengan REKOMENDASI Penggunaan oli. Testing oli berdasarkan JAM TERBANG yaitu sekitar 200 jam (atau tepatnya 212 jam), yang mana fungsi oli sudah mengalami degradasi. Sedang pemakaian oli direkomendasikan dalam JARAK TEMPUH (5000 km, 10000 km atau bahkan ada yang lebih sampai 20000 km).

Oleh karena kondisi berkendaraan adalah bermacam-macam (Start, jalan pelan, macet si jalan, ngebut, nunggu di traffic Light, nunggu keluar belanja dari mall dsb…dsb), maka dibuatlah satu Standard kondisi “NORMAL DRIVING” yang didasarkan pada “Kecepatan Konstan/Tetap pada kelajuan 45 MPH (70 km/jam)”. Maka dengan kondisi kecepatan konstan 70 km/jam dan lama perjalanan adalah 200 jam, diatas kertas umur oli adalah = 200 jam x 70 km/jam = 14 000 km.

Kondisi riil berkendara tidaklah sama dengan kondisi test laboratorium, atau kondisi yang diasumsi oleh para pembuat mobil. Untuk patokan memperpanjang umur mesin maka pergantian oli dilakukan secara teratur :

1.Dino oil : antara 2000 km s/d 3000 km
2.Synthetic Based Oil (Semi Synthetic) : antara 3000 km s/d 5000 km
3.Fully-Synthetic Oil : antara 5000 km s/d 7000 km

Penggunaan oli lebih dari yang diatas tidaklah dilarang, dan menjadi tanggung jawab diri masing-masing. Rekomendasi pembuat oli akan berlindung dibalik pembuat mobil (sering dikatakan “See your Owner Manual for Engine Oil Change Interval”). Sedang pembuat mobil sendiri juga nggak mau kalau mobilnya bertahan lama sekali, sehingga pada umumnya jika menggunakan DINO OIL (sebutan dari Mineral Oil), pembuat mobil akan menuliskan dalam manualnya pada interval 5000 km (apa dasarnya ? hanya asumsi mereka pada kebanyakan cara berkendara konsumen, diasumsikan rata rata 25 km/jam).

Untuk mobil-mobil generasi terbaru, nggak ada kerisauan tentang pergantian oli, karena ada computer yang akan memberikan peringatan “CHANGE OIL”. Komputer ini bekerja dengan inputan :

1. Jumlah Stop and Go (Start dan Jalan)
2. Lama kelajuan dibawah kecepatan 70 km/jam
3. Lama kelajuan antara 70 s/d 110 km/jam
4. Lama kelajuan diatas 110 km/jam
5. Kemacetan di jalan dan di traffic Light.
6. Dsb … dsb …

Dari semua inputan itu komputer akan menghitung waktu penggunaan oli, sehingga pada 200 jam penggunaan oli, computer akan display “CHANGE OIL” di screen dashboard mobil. Jadi nggak lagi ada rekomendasi dalam berapa km penggunaan oli, karena memang nggak sesuai. Test-nya dalam Jam Terbang, pemakaian dalam Jarak Tempuh.

Coba dipikirkan, dalam kondisi kemacetan di Jakarta, katakan bahwa kecepatan rata-rata yang dapat dilakukan adalah 15 km/jam selama 200 jam pengendaraan (hasil rata-rata dari pemanasan mesin, jalan, macet, nunggu di traffic light, masuk tempat parkir, mobil dimatiin, …. Demikian seterusnya hingga kalau dijumlahkan akan menjadi 200 jam), maka umur oli kalau mengikuti standard test adalah = 15 km/jam x 200 jam = 3000 km – kagak sampai 14,000 km jek !
- Pemanasan mesin (idle) : 0 km/jam
- Kemacetan Traffic Light : 0 km/jam
- Kemacetan lalu lintas : 0 km/jam s/d 20 km/jam
- Nunggu Bapak/Ibu belanja di mall (mesin hidup ber AC) : 0 km/jam
- Dst … dst …

Kalau dipaksakan sampai 10,000 km, dikhawatirklan sudah banyak penumpukan Sludge pada komponen dalam mesin, viskositas sudah mengalami degradasi, oli sudah banyak oksidasi, sudah banyak kotoran (soot), sudah banyak terbentuk asam – oli mesin jadi terkontaminasi, yang tentunya nggak bisa kita lihat dengan mata kasat (visual). Jika ini terus berlangsung, pemakaian BBM akan boros, saluran pelumasan dalam mesin lambat laun akan tersumbat, aliran oli jadi nggak lancar, cepat atau lambat mesin mobil akan rusak. Yang bertepuk tangan adalah Pembuat Mobil, karena model barunya akan segera laku … hehehehehe …

Walaupun pembuat oli merekomendasikan penggunaan oli sampai dengan 10,000 km atau lebih, yang perlu diperhatikan mereka TIDAK MEMBERIKAN JAMINAN. Resiko tanggung sendiri.
Yang paling bagus adalah jika ada timer (macam Lexus RX300 atau Toyota Harrier). Timer hanya sebatas lamanya mesin bunyi sampai mati ... bunyi .... mati ... itu saja, dan kita sendiri yang mesti ngejumlahin, kalau udah 200 jam, mesti ganti oli ... km kagak dilihat lagi.
ada bro namanye " time counter", merk omron, tapi kaga bisa bunyi, cuma hitung jam aja
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin

Post by ZombiEE »

lho..mobil I yg full synth bukannya pas 100rb/liter?
User avatar
HyundaiTucson
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Sun Dec 30, 2007 11:56
Location: Pejaten - Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin

Post by HyundaiTucson »

evolution21 wrote:dimana yang jual royal purple? harga brapa pak?
Untuk yang 5W30, saya beli dengan harga 152rb/liter (608rb per 4 liter). Tapi sekarang harga nya sudah naik.
Cheers,
HT
Johntol
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Wed Apr 25, 2007 12:06

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin

Post by Johntol »

ZombiEE wrote:lho..mobil I yg full synth bukannya pas 100rb/liter?
yg 5W50 kan? sekitar 180 ribu bang di tempat gw...:e-wall:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin

Post by ZombiEE »

lho..ane baru ganti oli..4 liter..400rb..ntah lhar..kenapa bisa?hehehe