Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin

Post by r1210g »

waduh.. ini jadi ngomongin merk lagi, dan mulai lagi dengan tuh oli...
waduh2... jangan ya.. hahaha...
eiya, buat hansen:
viscosity ga bisa diliat dari situ..
itu cuma suatu index... keknya waktu itu dah pernah dijelasin deh ama PPT...
silahnkan liat2 lagi, ini juga buat yang lain..
banyak yang salah kaprah..
emang sih biasanya yang 20W50 ama 10W40 biasa lebih encer 10W40...
Tapi blom pasti juga...
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
harisu
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Mon Jun 04, 2007 14:03

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin

Post by harisu »

maaf ane newbie nih, baru beberapa kali porting disini, mau nanya kalo untuk oli motor (mineral, semi ataw sintetik), yang notabene panasnya bisa lebih tinggi dengan putaran mesin yang rata - rata lebih tinggi dibanding mobil dan ada pergerakan dan tekanan dari roda gigi dan sistem kopling sentrifugal maupun tekan, sebaiknya berapa jam pemakaian oli untuk motor ini? :|
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin

Post by r1210g »

hm... kalo menurut gw sama aja...
soalnya untuk motor udah ada aditif2 khusus buat menahan semuanya...
Pabrikan dah mikirin itu.. makanya dibagi2 dah tuh oli2.. biar ga mubazir/kurang...
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
harisu
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Mon Jun 04, 2007 14:03

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin

Post by harisu »

berdasarkan rekomendasi pabrikan saja sudah beda, misalnya suzuki motor yang hanya menganjurkan penggantian oli sampai 2500km, sedangkan yamaha sampai 3000km, bahkan dalam beberapa kasus untuk seputar pengendaraan di jakarta, oli motor saat sampai 1500km saja udah sangat hitam olinya, entah itu oli yang mahal ataupun yang biasa, hampir sama, inilah yang mendasari ane untuk bertanya lebih lanjut.
harisu
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Mon Jun 04, 2007 14:03

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin

Post by harisu »

oh ya ada lagi, banyak juga loh bengkel - bengkel atau mekanik yang biasa ngoprek motor menyarankan pergantian oli motor hanya sampai 1000km untuk pengendaraan di kota jakarta (sering macet) dan dengan memakai oli biasa (biasa oli mineral).
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin

Post by r1210g »

Hm.. bersyukurlah olinya cepet item...
Berarti cleaningnya baik tuh...
kalo pakenya normal sih seharusnya bisa sampa 5000Km.
cuma sayang, di sini kan jalan macet, udara kotor, panasin motor lama, bensin jelek...
Ya jadinya begitulah... 1000 Km ya ganti...
gitu...
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
adisantosa
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Tue Nov 30, 2004 19:38
Location: surabaya

Re:

Post by adisantosa »

Hansen wrote:
adisantosa wrote:Kalo escudo 2.0 dipakein 15w50 gmn??? agak ngelitik dikit saat mau nge-gas abis ngerem di persneling 2 kayaknya


abisnya waktu itu 10w50 lagi kosong... :(
standar/biasanya pake yg viskositas berapa? :roll:


OOh kalo itu sih kan udah disebut diatas 10w50... :mrgreen:


Emangnya yang beneran bagus buat escudo vis brp neh??? :P
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3455
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin

Post by TUFF Stough »

r1210g wrote:Hm.. bersyukurlah olinya cepet item...
Berarti cleaningnya baik tuh...
kalo pakenya normal sih seharusnya bisa sampa 5000Km.
cuma sayang, di sini kan jalan macet, udara kotor, panasin motor lama, bensin jelek...
Ya jadinya begitulah... 1000 Km ya ganti...
gitu...
AFAIK, anjuran utk mengganti oli setiap 1000km pada motor dikhususkan pada pemakaian oli dgn SAE rendah spt SAE10W40, karena oli tersebut lebih encer dan cenderung lbh mudah menguap. Tapi tentu saja juga tergantung pada kualitas oli yg digunakan.

Dgn SAE yg lbh tinggi seharusnya bisa lebih dari itu (spt SAE15W40 atau SAE20W50). CMIIW.

Aku sendiri sdg tes oli Repsol Moto-4T SAE20W50 pada Shogun SP (2006) dan hingga saat ini sudah membukukan 4rb km, dan belum ada gejala mesin rewel atau cepat panas (hidupkan mesin pagi2 juga masih gampang). Belum tahu kondisi olinya sendiri, baru mau cek lagi saat servis 2 minggu lagi.
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3455
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin

Post by TUFF Stough »

Tambahan informasi, rute yg aku lalui jarang macet dan jarak yg ditempuh setiap harinya tercatat sekitar 16km (kecuali Sabtu-Minggu bisa 30km).
eternorockstar
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 126
Joined: Tue May 01, 2007 14:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin

Post by eternorockstar »

Hansen wrote:
eternorockstar wrote:iya neehhh aku ada pengalaman buruk waktu pake top1, dua kali lg......pertama sebelum waktu ganti oli datang (5000 km) tarikan mesin udah beratnya minta aammppuunnn......udah ga ada larinya Yg kedua jg gara2 salah aku sendiri sih benernya,kelupaan ga ganti oli padahal udah kelewat 5000km,waktu itu kira2 udah 7500an km,itu aja baru nyadar stlh lampu indikator oli nyala.waktu d bawa k bengkel,mekanik bilang olinya tinggal 1,5 lt an ckckck.....gawat bgt. abis gt ganti mobil1 (jd promosi neehhh....) sampe kelewat 9000 km oli masih utuh (jml oli kira2 tetap 3,5 lt an) n peforma mobil masih bagus meskipun udah rada berat tarikannya :e-clap:
mobilnya apa bro? :shock:
kijang taon 97,tp umur mesin masih seumur jagung (taon 2003 masih baru jalan 80ribu km an)
User avatar
kutkuy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 936
Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
Location: BROQUET cuma 70rb!!

Re:

Post by kutkuy »

PenyuTurbo wrote:
frontier wrote:Pak PenyuTurbo lebih suka menggunakan Mineral Oil daripada Synthetic Oil ? Apakah tidak lebih baik pakai Synthetic tapi jarak pergantian pendek... misalnya direkomendasikan 10.000 km, namun kita menggantinya saat odometer sampai pada 7500 ?
Mobil saya ini mobil yang udah kuno (high mileage), yang udah biasa pakai DINO OIL (Dinosaurus, sebagai sebutan mineral oil). Kalau saya switch ke synthetic oil, salah satu sifat dari oli synthetic ini adalah mengikis deposit pada seal, akibatnya minyak pelumas akan bocor. Jadi ya tetap pakai Dino Oil saja supaya nggak pusing kepala.

Sekiranya mobil baru, setelah break-in period (1000 km) dengan menggunakan Dino Oil (synthetic nggak bisa dijadikan untuk Break-In), lalu terus switch dengan synthetic oil, ya nggak jadi masalah dan ini yang lebih baik.

Itu saja Bung Frontier .....
bukannya lebih baik pakai mesran aja, tapi tiap 2000km ganti, kan pertamina untung, direkturnya lebih untung.... eh bangsa juga untung..... :P
SALE SALE SALE!! BROQUET cuma 70rb!!! BARU! SEGEL!!
broquet.bandung et yahoo dot com
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Re: Re:

Post by r1210g »

kutkuy wrote:
PenyuTurbo wrote:
frontier wrote:Pak PenyuTurbo lebih suka menggunakan Mineral Oil daripada Synthetic Oil ? Apakah tidak lebih baik pakai Synthetic tapi jarak pergantian pendek... misalnya direkomendasikan 10.000 km, namun kita menggantinya saat odometer sampai pada 7500 ?
Mobil saya ini mobil yang udah kuno (high mileage), yang udah biasa pakai DINO OIL (Dinosaurus, sebagai sebutan mineral oil). Kalau saya switch ke synthetic oil, salah satu sifat dari oli synthetic ini adalah mengikis deposit pada seal, akibatnya minyak pelumas akan bocor. Jadi ya tetap pakai Dino Oil saja supaya nggak pusing kepala.

Sekiranya mobil baru, setelah break-in period (1000 km) dengan menggunakan Dino Oil (synthetic nggak bisa dijadikan untuk Break-In), lalu terus switch dengan synthetic oil, ya nggak jadi masalah dan ini yang lebih baik.

Itu saja Bung Frontier .....
bukannya lebih baik pakai mesran aja, tapi tiap 2000km ganti, kan pertamina untung, direkturnya lebih untung.... eh bangsa juga untung..... :P
setuju!
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Re:

Post by Hansen »

r1210g wrote:
kutkuy wrote: bukannya lebih baik pakai mesran aja, tapi tiap 2000km ganti, kan pertamina untung, direkturnya lebih untung.... eh bangsa juga untung..... :P
setuju!
trus masuk ke kantong oknum... :P :mrgreen: :roll: :drinking:
Image
Agust0t
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Sun Dec 23, 2007 17:41
Location: Petaling

Re:

Post by Agust0t »

frontier wrote:Untuk mobil-mobil baru mendingan pakai yang SM, kata bung PenyuTurbo...
tepatnya doski bilang...
PenyuTurbo wrote:.

The SM standard apllied to all type of oil, mineral or semi-syn or fully-syn.
Itu berarti TOP1 Zenzation masuk itungan dong? pas dah kayak testingnya majalah Auto Bild...maaansstab!
PenyuTurbo wrote:Oli artis hampir nggak dikenal di sini, walaupun ada yang menjualnya. Ditulisnya fully synthetic tapi kok harganya miring banget, jadi orang was-was.
Waaaduuuuh??? itu berarti team marketingnya memble tuuh 0ooomm...!!
Menilik menimbang dan menyimak tulisan2 si 0m Penyu....awak jadi gak salah lagi dah menjatuhkan pilihan ke TOP1....makasih Om atas penyuluhannya...mongngomong...ainte lagi pulang kampung nih? koq kagak nongol2???
Agust0t
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Sun Dec 23, 2007 17:41
Location: Petaling

Re: Re: Amiit amit la yaaawww!!!

Post by Agust0t »

Amiiit aaaamiiit la yaaawww! semangkin pertamina untung semangkin sengsara ra'yat!!!
Agust0t
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Sun Dec 23, 2007 17:41
Location: Petaling

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin

Post by Agust0t »

SBY: Berantas Korupsi di Pertamina
Budiono Darsono - detikfinance

Jakarta - Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono memberi instruksi langsung kepada Meneg BUMN Sugiharto dan Dirut Pertamina Ari Soemarno untuk mempercepat proses restrukturisasi dan reformasi di tubuh Pertamina. Pertamina harus menjadi perusahaan kelas dunia.

"Cegah dan berantas korupsi di Pertamina. Ini adalah era baru," tandas Presiden SBY kepada wartawan. Jumpa pers SBY yang diikuti wartawan detikcom Budiono Darsono ini digelar di atas pesawat Kepresidenan Airbus A-330 Garuda Indonesia, Kamis (4/5/2006) dalam penerbangan dari Yordania menuju Jakarta.

Hal lain yang diinstruksi langsung oleh Presiden SBY ke Pertamina itu antara lain Pertamina diminta untuk mengubah cara berpikir dan kultur yang selama ini melekat di tubuh Pertamina. Pertamina, seperti ditekan SBY, harus mampu menjalankan roda bisnis secara profesional, efektif dan efisien.

"Di dalam berbisnis Pertamina harus memperoleh margin yang pantas. Tinggalkan bisnis yang hanya menghasilkan margin yang kecil," kata SBY.

Sebab, menurut SBY, jika Pertamina masih menjalankan pola-pola lama, yang hanya mampu menghasilkan margin yang kecil, Pertamina akan lumpuh. "Pertamina besar tapi lumpuh jadinya," tandas SBY.

Instruksi Presiden SBY tersebut berkaitan dengan rencana pemerintah memberikan peran yang besar kepada Pertamina. Peran itu antara lain diberikan dalam rangka kemitraan dengan perusahaan perusahaan minyak Timur Tengah. Berbagai kesepatan membangun kilang minyak di Indonesia, sudah dikantongi Presiden SBY dalam kawatannya ke Timur Tengah kali ini.

Kemitraan yang nilai investasinya berkisar US$ 7-8 miliar itu, dari pihak Indonesia akan melibatkan Pertamina. Oleh sebab itu, Pertamina diminta SBY untuk mempercepat proses restrukturisasi dan reformasi di tubuh Pertamina. "Jangan sia-siakan peluang besar yang sudah ada di tangan kita," tandas SBY. (bdi/)
Agust0t
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Sun Dec 23, 2007 17:41
Location: Petaling

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin

Post by Agust0t »

2/01/2007 17:07 WIB
KPK Akui Sulit Ungkap Korupsi Penjualan Tanker Pertamina

Arry Anggadha - detikcom

Jakarta - Setelah dua tahun mengendap, KPK mengaku menemukan hambatan dalam mengungkap dugaan korupsi penjualan 2 tanker VLCC milik Pertamina.

"Kami belum dapat membuktikan kerugian negara mengingat belum diperolehnya harga pasar atau pembanding dan sampai sekarang kami belum memperoleh informasi tentang adanya kickback," kata Ketua KPK Taufiequrachman Ruki.

Hal ini disampaikan Ruki dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi III DPR di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (22/1/2006). Rapat dipimpin Ketua Komisi III Trimedya Panjaitan.

Dijelaskan dia, KPK sudah pernah meminta kepada PT Hyundai Heave Industries (HHI) untuk memperoleh harga kapal tanker yang dibuatnya. Padahal 2004 lalu, HHI telah melakukan kontrak pembangunan kapal tanker VLCC untuk pihak lain senilai US$ 105 juta.

"Masalahnya VLCC itu belum dapat dipastikan adalah barang yang sama dengan VLCC milik Pertamina," ujarnya.

Selain masalah kerugian negara, lanjut dia, KPK mengalami kesulitan meminta keterangan dari pihak terkait dalam penjualan kapal tanker VLCC seperti Goldman Sach, Frontline, dan HHI.

"Mereka semua berkewarganegaraan asing dan berdomisili di luar negeri," kata Ruki.

Dalam kesempatan itu, KPK mengeluhkan keputusan KPPU dan MA yang tidak menyebutkan adanya kerugian negara dalam kasus itu.

Dalam keputusan KPPU hanya disebutkan direksi Pertamina telah mengabaikan surat Dirjen Anggaran Departemen Keuangan untuk menjual 2 kapal VLCC tanpa tender. ( aan / nrl )
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3455
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin

Post by TUFF Stough »

Yang di atas kayanya postingannya familiar.
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin

Post by Hansen »

jangan2 ini si dorokdok nih... :?
Image
Danny
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 299
Joined: Thu Sep 15, 2005 16:51

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin

Post by Danny »

Hansen wrote:jangan2 ini si dorokdok nih... :?
kalo dr dialeknya kayaknya bener.... :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin

Post by r1210g »

emang knp?
gw ga ngudeng...
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3455
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin

Post by TUFF Stough »

Masih belum ngerti? Sudah baca link di halaman sebelah ttg diskusi di forum modifikasi?
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin

Post by r1210g »

mana linknya?
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin

Post by GTR »

Sniff.. sniff....
hmmm.. IYA, familiar, invasi dari sebelah yah.

"di web tetangga, seru, ada yg arguing terus, nih (mulai dari page ini dst):
http://www.modifikasi.com/forum/viewtop ... &start=580
vincentius
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Wed Nov 14, 2007 18:38
Location: Bandung

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin

Post by vincentius »

wah ati2 neh bro2 semua, sepertinya ada virus DOROKDOK si dongo pindahan dr tetangga....