Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin
waduh.. ini jadi ngomongin merk lagi, dan mulai lagi dengan tuh oli...
waduh2... jangan ya.. hahaha...
eiya, buat hansen:
viscosity ga bisa diliat dari situ..
itu cuma suatu index... keknya waktu itu dah pernah dijelasin deh ama PPT...
silahnkan liat2 lagi, ini juga buat yang lain..
banyak yang salah kaprah..
emang sih biasanya yang 20W50 ama 10W40 biasa lebih encer 10W40...
Tapi blom pasti juga...
waduh2... jangan ya.. hahaha...
eiya, buat hansen:
viscosity ga bisa diliat dari situ..
itu cuma suatu index... keknya waktu itu dah pernah dijelasin deh ama PPT...
silahnkan liat2 lagi, ini juga buat yang lain..
banyak yang salah kaprah..
emang sih biasanya yang 20W50 ama 10W40 biasa lebih encer 10W40...
Tapi blom pasti juga...
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Mon Jun 04, 2007 14:03
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin
maaf ane newbie nih, baru beberapa kali porting disini, mau nanya kalo untuk oli motor (mineral, semi ataw sintetik), yang notabene panasnya bisa lebih tinggi dengan putaran mesin yang rata - rata lebih tinggi dibanding mobil dan ada pergerakan dan tekanan dari roda gigi dan sistem kopling sentrifugal maupun tekan, sebaiknya berapa jam pemakaian oli untuk motor ini?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin
hm... kalo menurut gw sama aja...
soalnya untuk motor udah ada aditif2 khusus buat menahan semuanya...
Pabrikan dah mikirin itu.. makanya dibagi2 dah tuh oli2.. biar ga mubazir/kurang...
soalnya untuk motor udah ada aditif2 khusus buat menahan semuanya...
Pabrikan dah mikirin itu.. makanya dibagi2 dah tuh oli2.. biar ga mubazir/kurang...
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Mon Jun 04, 2007 14:03
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin
berdasarkan rekomendasi pabrikan saja sudah beda, misalnya suzuki motor yang hanya menganjurkan penggantian oli sampai 2500km, sedangkan yamaha sampai 3000km, bahkan dalam beberapa kasus untuk seputar pengendaraan di jakarta, oli motor saat sampai 1500km saja udah sangat hitam olinya, entah itu oli yang mahal ataupun yang biasa, hampir sama, inilah yang mendasari ane untuk bertanya lebih lanjut.
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Mon Jun 04, 2007 14:03
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin
oh ya ada lagi, banyak juga loh bengkel - bengkel atau mekanik yang biasa ngoprek motor menyarankan pergantian oli motor hanya sampai 1000km untuk pengendaraan di kota jakarta (sering macet) dan dengan memakai oli biasa (biasa oli mineral).
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin
Hm.. bersyukurlah olinya cepet item...
Berarti cleaningnya baik tuh...
kalo pakenya normal sih seharusnya bisa sampa 5000Km.
cuma sayang, di sini kan jalan macet, udara kotor, panasin motor lama, bensin jelek...
Ya jadinya begitulah... 1000 Km ya ganti...
gitu...
Berarti cleaningnya baik tuh...
kalo pakenya normal sih seharusnya bisa sampa 5000Km.
cuma sayang, di sini kan jalan macet, udara kotor, panasin motor lama, bensin jelek...
Ya jadinya begitulah... 1000 Km ya ganti...
gitu...
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Tue Nov 30, 2004 19:38
- Location: surabaya
Re:
Hansen wrote:standar/biasanya pake yg viskositas berapa?adisantosa wrote:Kalo escudo 2.0 dipakein 15w50 gmn??? agak ngelitik dikit saat mau nge-gas abis ngerem di persneling 2 kayaknya
abisnya waktu itu 10w50 lagi kosong...
OOh kalo itu sih kan udah disebut diatas 10w50...
Emangnya yang beneran bagus buat escudo vis brp neh???
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3455
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin
AFAIK, anjuran utk mengganti oli setiap 1000km pada motor dikhususkan pada pemakaian oli dgn SAE rendah spt SAE10W40, karena oli tersebut lebih encer dan cenderung lbh mudah menguap. Tapi tentu saja juga tergantung pada kualitas oli yg digunakan.r1210g wrote:Hm.. bersyukurlah olinya cepet item...
Berarti cleaningnya baik tuh...
kalo pakenya normal sih seharusnya bisa sampa 5000Km.
cuma sayang, di sini kan jalan macet, udara kotor, panasin motor lama, bensin jelek...
Ya jadinya begitulah... 1000 Km ya ganti...
gitu...
Dgn SAE yg lbh tinggi seharusnya bisa lebih dari itu (spt SAE15W40 atau SAE20W50). CMIIW.
Aku sendiri sdg tes oli Repsol Moto-4T SAE20W50 pada Shogun SP (2006) dan hingga saat ini sudah membukukan 4rb km, dan belum ada gejala mesin rewel atau cepat panas (hidupkan mesin pagi2 juga masih gampang). Belum tahu kondisi olinya sendiri, baru mau cek lagi saat servis 2 minggu lagi.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3455
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin
Tambahan informasi, rute yg aku lalui jarang macet dan jarak yg ditempuh setiap harinya tercatat sekitar 16km (kecuali Sabtu-Minggu bisa 30km).
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 126
- Joined: Tue May 01, 2007 14:30
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin
kijang taon 97,tp umur mesin masih seumur jagung (taon 2003 masih baru jalan 80ribu km an)Hansen wrote:mobilnya apa bro?eternorockstar wrote:iya neehhh aku ada pengalaman buruk waktu pake top1, dua kali lg......pertama sebelum waktu ganti oli datang (5000 km) tarikan mesin udah beratnya minta aammppuunnn......udah ga ada larinya Yg kedua jg gara2 salah aku sendiri sih benernya,kelupaan ga ganti oli padahal udah kelewat 5000km,waktu itu kira2 udah 7500an km,itu aja baru nyadar stlh lampu indikator oli nyala.waktu d bawa k bengkel,mekanik bilang olinya tinggal 1,5 lt an ckckck.....gawat bgt. abis gt ganti mobil1 (jd promosi neehhh....) sampe kelewat 9000 km oli masih utuh (jml oli kira2 tetap 3,5 lt an) n peforma mobil masih bagus meskipun udah rada berat tarikannya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 936
- Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
- Location: BROQUET cuma 70rb!!
Re:
bukannya lebih baik pakai mesran aja, tapi tiap 2000km ganti, kan pertamina untung, direkturnya lebih untung.... eh bangsa juga untung.....PenyuTurbo wrote:Mobil saya ini mobil yang udah kuno (high mileage), yang udah biasa pakai DINO OIL (Dinosaurus, sebagai sebutan mineral oil). Kalau saya switch ke synthetic oil, salah satu sifat dari oli synthetic ini adalah mengikis deposit pada seal, akibatnya minyak pelumas akan bocor. Jadi ya tetap pakai Dino Oil saja supaya nggak pusing kepala.frontier wrote:Pak PenyuTurbo lebih suka menggunakan Mineral Oil daripada Synthetic Oil ? Apakah tidak lebih baik pakai Synthetic tapi jarak pergantian pendek... misalnya direkomendasikan 10.000 km, namun kita menggantinya saat odometer sampai pada 7500 ?
Sekiranya mobil baru, setelah break-in period (1000 km) dengan menggunakan Dino Oil (synthetic nggak bisa dijadikan untuk Break-In), lalu terus switch dengan synthetic oil, ya nggak jadi masalah dan ini yang lebih baik.
Itu saja Bung Frontier .....
SALE SALE SALE!! BROQUET cuma 70rb!!! BARU! SEGEL!!
broquet.bandung et yahoo dot com
broquet.bandung et yahoo dot com
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: Re:
setuju!kutkuy wrote:bukannya lebih baik pakai mesran aja, tapi tiap 2000km ganti, kan pertamina untung, direkturnya lebih untung.... eh bangsa juga untung.....PenyuTurbo wrote:Mobil saya ini mobil yang udah kuno (high mileage), yang udah biasa pakai DINO OIL (Dinosaurus, sebagai sebutan mineral oil). Kalau saya switch ke synthetic oil, salah satu sifat dari oli synthetic ini adalah mengikis deposit pada seal, akibatnya minyak pelumas akan bocor. Jadi ya tetap pakai Dino Oil saja supaya nggak pusing kepala.frontier wrote:Pak PenyuTurbo lebih suka menggunakan Mineral Oil daripada Synthetic Oil ? Apakah tidak lebih baik pakai Synthetic tapi jarak pergantian pendek... misalnya direkomendasikan 10.000 km, namun kita menggantinya saat odometer sampai pada 7500 ?
Sekiranya mobil baru, setelah break-in period (1000 km) dengan menggunakan Dino Oil (synthetic nggak bisa dijadikan untuk Break-In), lalu terus switch dengan synthetic oil, ya nggak jadi masalah dan ini yang lebih baik.
Itu saja Bung Frontier .....
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Sun Dec 23, 2007 17:41
- Location: Petaling
Re:
tepatnya doski bilang...frontier wrote:Untuk mobil-mobil baru mendingan pakai yang SM, kata bung PenyuTurbo...
Itu berarti TOP1 Zenzation masuk itungan dong? pas dah kayak testingnya majalah Auto Bild...maaansstab!PenyuTurbo wrote:.
The SM standard apllied to all type of oil, mineral or semi-syn or fully-syn.
Waaaduuuuh??? itu berarti team marketingnya memble tuuh 0ooomm...!!PenyuTurbo wrote:Oli artis hampir nggak dikenal di sini, walaupun ada yang menjualnya. Ditulisnya fully synthetic tapi kok harganya miring banget, jadi orang was-was.
Menilik menimbang dan menyimak tulisan2 si 0m Penyu....awak jadi gak salah lagi dah menjatuhkan pilihan ke TOP1....makasih Om atas penyuluhannya...mongngomong...ainte lagi pulang kampung nih? koq kagak nongol2???
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Sun Dec 23, 2007 17:41
- Location: Petaling
Re: Re: Amiit amit la yaaawww!!!
Amiiit aaaamiiit la yaaawww! semangkin pertamina untung semangkin sengsara ra'yat!!!
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Sun Dec 23, 2007 17:41
- Location: Petaling
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin
SBY: Berantas Korupsi di Pertamina
Budiono Darsono - detikfinance
Jakarta - Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono memberi instruksi langsung kepada Meneg BUMN Sugiharto dan Dirut Pertamina Ari Soemarno untuk mempercepat proses restrukturisasi dan reformasi di tubuh Pertamina. Pertamina harus menjadi perusahaan kelas dunia.
"Cegah dan berantas korupsi di Pertamina. Ini adalah era baru," tandas Presiden SBY kepada wartawan. Jumpa pers SBY yang diikuti wartawan detikcom Budiono Darsono ini digelar di atas pesawat Kepresidenan Airbus A-330 Garuda Indonesia, Kamis (4/5/2006) dalam penerbangan dari Yordania menuju Jakarta.
Hal lain yang diinstruksi langsung oleh Presiden SBY ke Pertamina itu antara lain Pertamina diminta untuk mengubah cara berpikir dan kultur yang selama ini melekat di tubuh Pertamina. Pertamina, seperti ditekan SBY, harus mampu menjalankan roda bisnis secara profesional, efektif dan efisien.
"Di dalam berbisnis Pertamina harus memperoleh margin yang pantas. Tinggalkan bisnis yang hanya menghasilkan margin yang kecil," kata SBY.
Sebab, menurut SBY, jika Pertamina masih menjalankan pola-pola lama, yang hanya mampu menghasilkan margin yang kecil, Pertamina akan lumpuh. "Pertamina besar tapi lumpuh jadinya," tandas SBY.
Instruksi Presiden SBY tersebut berkaitan dengan rencana pemerintah memberikan peran yang besar kepada Pertamina. Peran itu antara lain diberikan dalam rangka kemitraan dengan perusahaan perusahaan minyak Timur Tengah. Berbagai kesepatan membangun kilang minyak di Indonesia, sudah dikantongi Presiden SBY dalam kawatannya ke Timur Tengah kali ini.
Kemitraan yang nilai investasinya berkisar US$ 7-8 miliar itu, dari pihak Indonesia akan melibatkan Pertamina. Oleh sebab itu, Pertamina diminta SBY untuk mempercepat proses restrukturisasi dan reformasi di tubuh Pertamina. "Jangan sia-siakan peluang besar yang sudah ada di tangan kita," tandas SBY. (bdi/)
Budiono Darsono - detikfinance
Jakarta - Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono memberi instruksi langsung kepada Meneg BUMN Sugiharto dan Dirut Pertamina Ari Soemarno untuk mempercepat proses restrukturisasi dan reformasi di tubuh Pertamina. Pertamina harus menjadi perusahaan kelas dunia.
"Cegah dan berantas korupsi di Pertamina. Ini adalah era baru," tandas Presiden SBY kepada wartawan. Jumpa pers SBY yang diikuti wartawan detikcom Budiono Darsono ini digelar di atas pesawat Kepresidenan Airbus A-330 Garuda Indonesia, Kamis (4/5/2006) dalam penerbangan dari Yordania menuju Jakarta.
Hal lain yang diinstruksi langsung oleh Presiden SBY ke Pertamina itu antara lain Pertamina diminta untuk mengubah cara berpikir dan kultur yang selama ini melekat di tubuh Pertamina. Pertamina, seperti ditekan SBY, harus mampu menjalankan roda bisnis secara profesional, efektif dan efisien.
"Di dalam berbisnis Pertamina harus memperoleh margin yang pantas. Tinggalkan bisnis yang hanya menghasilkan margin yang kecil," kata SBY.
Sebab, menurut SBY, jika Pertamina masih menjalankan pola-pola lama, yang hanya mampu menghasilkan margin yang kecil, Pertamina akan lumpuh. "Pertamina besar tapi lumpuh jadinya," tandas SBY.
Instruksi Presiden SBY tersebut berkaitan dengan rencana pemerintah memberikan peran yang besar kepada Pertamina. Peran itu antara lain diberikan dalam rangka kemitraan dengan perusahaan perusahaan minyak Timur Tengah. Berbagai kesepatan membangun kilang minyak di Indonesia, sudah dikantongi Presiden SBY dalam kawatannya ke Timur Tengah kali ini.
Kemitraan yang nilai investasinya berkisar US$ 7-8 miliar itu, dari pihak Indonesia akan melibatkan Pertamina. Oleh sebab itu, Pertamina diminta SBY untuk mempercepat proses restrukturisasi dan reformasi di tubuh Pertamina. "Jangan sia-siakan peluang besar yang sudah ada di tangan kita," tandas SBY. (bdi/)
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Sun Dec 23, 2007 17:41
- Location: Petaling
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin
2/01/2007 17:07 WIB
KPK Akui Sulit Ungkap Korupsi Penjualan Tanker Pertamina
Arry Anggadha - detikcom
Jakarta - Setelah dua tahun mengendap, KPK mengaku menemukan hambatan dalam mengungkap dugaan korupsi penjualan 2 tanker VLCC milik Pertamina.
"Kami belum dapat membuktikan kerugian negara mengingat belum diperolehnya harga pasar atau pembanding dan sampai sekarang kami belum memperoleh informasi tentang adanya kickback," kata Ketua KPK Taufiequrachman Ruki.
Hal ini disampaikan Ruki dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi III DPR di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (22/1/2006). Rapat dipimpin Ketua Komisi III Trimedya Panjaitan.
Dijelaskan dia, KPK sudah pernah meminta kepada PT Hyundai Heave Industries (HHI) untuk memperoleh harga kapal tanker yang dibuatnya. Padahal 2004 lalu, HHI telah melakukan kontrak pembangunan kapal tanker VLCC untuk pihak lain senilai US$ 105 juta.
"Masalahnya VLCC itu belum dapat dipastikan adalah barang yang sama dengan VLCC milik Pertamina," ujarnya.
Selain masalah kerugian negara, lanjut dia, KPK mengalami kesulitan meminta keterangan dari pihak terkait dalam penjualan kapal tanker VLCC seperti Goldman Sach, Frontline, dan HHI.
"Mereka semua berkewarganegaraan asing dan berdomisili di luar negeri," kata Ruki.
Dalam kesempatan itu, KPK mengeluhkan keputusan KPPU dan MA yang tidak menyebutkan adanya kerugian negara dalam kasus itu.
Dalam keputusan KPPU hanya disebutkan direksi Pertamina telah mengabaikan surat Dirjen Anggaran Departemen Keuangan untuk menjual 2 kapal VLCC tanpa tender. ( aan / nrl )
KPK Akui Sulit Ungkap Korupsi Penjualan Tanker Pertamina
Arry Anggadha - detikcom
Jakarta - Setelah dua tahun mengendap, KPK mengaku menemukan hambatan dalam mengungkap dugaan korupsi penjualan 2 tanker VLCC milik Pertamina.
"Kami belum dapat membuktikan kerugian negara mengingat belum diperolehnya harga pasar atau pembanding dan sampai sekarang kami belum memperoleh informasi tentang adanya kickback," kata Ketua KPK Taufiequrachman Ruki.
Hal ini disampaikan Ruki dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi III DPR di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (22/1/2006). Rapat dipimpin Ketua Komisi III Trimedya Panjaitan.
Dijelaskan dia, KPK sudah pernah meminta kepada PT Hyundai Heave Industries (HHI) untuk memperoleh harga kapal tanker yang dibuatnya. Padahal 2004 lalu, HHI telah melakukan kontrak pembangunan kapal tanker VLCC untuk pihak lain senilai US$ 105 juta.
"Masalahnya VLCC itu belum dapat dipastikan adalah barang yang sama dengan VLCC milik Pertamina," ujarnya.
Selain masalah kerugian negara, lanjut dia, KPK mengalami kesulitan meminta keterangan dari pihak terkait dalam penjualan kapal tanker VLCC seperti Goldman Sach, Frontline, dan HHI.
"Mereka semua berkewarganegaraan asing dan berdomisili di luar negeri," kata Ruki.
Dalam kesempatan itu, KPK mengeluhkan keputusan KPPU dan MA yang tidak menyebutkan adanya kerugian negara dalam kasus itu.
Dalam keputusan KPPU hanya disebutkan direksi Pertamina telah mengabaikan surat Dirjen Anggaran Departemen Keuangan untuk menjual 2 kapal VLCC tanpa tender. ( aan / nrl )
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3455
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin
Yang di atas kayanya postingannya familiar.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin
jangan2 ini si dorokdok nih...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 299
- Joined: Thu Sep 15, 2005 16:51
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin
kalo dr dialeknya kayaknya bener....Hansen wrote:jangan2 ini si dorokdok nih...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin
emang knp?
gw ga ngudeng...
gw ga ngudeng...
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3455
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin
Masih belum ngerti? Sudah baca link di halaman sebelah ttg diskusi di forum modifikasi?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin
mana linknya?
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin
Sniff.. sniff....
hmmm.. IYA, familiar, invasi dari sebelah yah.
"di web tetangga, seru, ada yg arguing terus, nih (mulai dari page ini dst):
http://www.modifikasi.com/forum/viewtop ... &start=580
hmmm.. IYA, familiar, invasi dari sebelah yah.
"di web tetangga, seru, ada yg arguing terus, nih (mulai dari page ini dst):
http://www.modifikasi.com/forum/viewtop ... &start=580
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 19
- Joined: Wed Nov 14, 2007 18:38
- Location: Bandung
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin
wah ati2 neh bro2 semua, sepertinya ada virus DOROKDOK si dongo pindahan dr tetangga....