Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Post by JESKONENG »

apakah yang dimaksud adalah Shell Helix Ultra ?
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
takehito
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Tue Nov 20, 2007 5:12

Post by takehito »

Takumi wrote:dari gw.. yg dah gw coba..

Shell: recomended buat harian..., bagus dan bersih... buat maintenance ok banget...

Mobil1S (yg gw pake skrg): buat dialy use yah standar.. buat perfomance sih bener2 recomended...

FK Massimo N/A beat: Bah ini oli buat performance sih tob abiss.., ga ada matinya..., cuman buat maintenance ya lebih cepet kotor.. otomatis harus rajin2 ganti oli.. , dan sifatnya Mineral.
terakhir sih gw beli 350ribu 4 liter.., karena sekarang naek... balik ke mobil 1.. , blun coba yg laen2 lg nih.. ntar deh kalo mo ganti oli lg..

catatan tiap ganti oli beda mrk gw pasti ganti filter..,( tp gr2 filter oli gw mentok ma header jadi susah di buka , makanya kmrn gw pake oli yg sama lg...)
Sorry nih Bos Takumi, setahu saya yg penting bagian internal mesinnya yang bersih, bukan olinya yg bersih. Artinya oli yg baik seharusnya selain sebagai pelumas, oli jg harus membersihkan internal mesin dari sisa2 pembakaran (gara2 bhan bakar kita yg kurang bagus), jadi pada waktu oli diganti sdh seharusnya oli bekasnya harus kotor, lebih kotor kan berarti internal mesin kita jadi lebih bersih???
BudiDarmawan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 303
Joined: Thu Sep 27, 2007 4:41

Post by BudiDarmawan »

Olie 10-30 yang bagus merk apa yah ? dan harga berapa ?

Apakah benar bahwa 10-30 bisa dipakai sampai 10.000 KM ?

Pemakaian yang seharusnya berapa yah ? apakah sampai 10.000 KM atau 5.000 KM ?

Terima kasih sebelumnya jika ada yang sharing
koolrider
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 235
Joined: Tue Nov 27, 2007 4:29

Post by koolrider »

sharing aja: klo pelumas yg lebih tahan lama/bagus itu yg synthetic base. paling bagus ya yg 100% synthetic base oilnya krn klo yg disebut semi synth itu bisa2 cmn 20% aja kadar synth basenya. knapa lbh bgs : penjelasan singkat teknisnya begini:krn klo synth. base itu secara molekular panjang rantai atom carbonnya dibuat sama shg lebih tahan dr pada yg mineral oil. Secara umum milih pelumas berdasarkan API servicenya aja. mis utk pelumas gasoline engine/bensin: SH/ SM dstnya yg lebih tinggi( std yg paling mutakhir) ditandai sama abjad kedua yg makin kebelakang. jadi yg sm lebih tinggi dr Sh gtu. saran ane sih pilih merk oli yg bener international lalu liat spec yg ditulis dikalengnya. Klo merk2 pelumas jepang yg bener2 punya pabrik al: Idemitsu, nippon oil , FK=Fujikosan. klo spt HKS ,Mugen dll biasanya cmn branding aja dr pabrik pelumas yg lain. klo ada yg salah2 tlg dikoreksi yak.
Last edited by koolrider on Tue Nov 27, 2007 8:00, edited 1 time in total.
Danny
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 299
Joined: Thu Sep 15, 2005 16:51

Post by Danny »

Gundul wrote:
Takumi wrote:dari gw.. yg dah gw coba..

Shell: recomended buat harian..., bagus dan bersih... buat maintenance ok banget...

Mobil1S (yg gw pake skrg): buat dialy use yah standar.. buat perfomance sih bener2 recomended...

FK Massimo N/A beat: Bah ini oli buat performance sih tob abiss.., ga ada matinya..., cuman buat maintenance ya lebih cepet kotor.. otomatis harus rajin2 ganti oli.. , dan sifatnya Mineral.
terakhir sih gw beli 350ribu 4 liter.., karena sekarang naek... balik ke mobil 1.. , blun coba yg laen2 lg nih.. ntar deh kalo mo ganti oli lg..

catatan tiap ganti oli beda mrk gw pasti ganti filter..,( tp gr2 filter oli gw mentok ma header jadi susah di buka , makanya kmrn gw pake oli yg sama lg...)
Bro Takumi....
Maksudnya shell: recomende buat harian itu gmn? Apakah jika kita gunakan merk ini perawatan mesin sudah pasti jaminanya ok? Dan shell yang jenis apa?
Sekedar info sekarang gw pake Mazda Lantis. Tolong pencerahanya......Thx......
maksudnya buat d pakai harian ga buat tarik2an,.
koolrider
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 235
Joined: Tue Nov 27, 2007 4:29

Post by koolrider »

saran aja Bro Danny. liat di spec Mzd Lantis aja minta API servnya yg apa. trus klo ane siy biasa pk yg full synth ganti 10rb sekaligus sama2 filternya. tp klo sering dijalan macet mdg dipercepat aja gntinya jd 5rb-7rb aja gtu.
BudiDarmawan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 303
Joined: Thu Sep 27, 2007 4:41

Post by BudiDarmawan »

Full Syntetic itu yang type apa ? ada yah yang 10-30 ? merk apa yang biasa dipakai? harga berapa ?
koolrider wrote:saran aja Bro Danny. liat di spec Mzd Lantis aja minta API servnya yg apa. trus klo ane siy biasa pk yg full synth ganti 10rb sekaligus sama2 filternya. tp klo sering dijalan macet mdg dipercepat aja gntinya jd 5rb-7rb aja gtu.
takehito
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Tue Nov 20, 2007 5:12

Post by takehito »

BudiDarmawan wrote:Olie 10-30 yang bagus merk apa yah ? dan harga berapa ?

Apakah benar bahwa 10-30 bisa dipakai sampai 10.000 KM ?

Pemakaian yang seharusnya berapa yah ? apakah sampai 10.000 KM atau 5.000 KM ?

Terima kasih sebelumnya jika ada yang sharing
Yang gw tau dan pernah coba yah oli FK/Massimo ada 2 type FK/Massimo SSX 10W-30 dan yang satu lagi FK/Massimo Freshing 5W-30. Soal harga kira2 270 rb an 390 rb per 4 liter..

Type2 oli ini lebih dikenal sbg energy conserving oil... tapi hanya dipakai utk mobil keluaran baru 2004 keatas. soal kilometer semua oli bisa kok dipakai sampai 10000 cuman kemampuan pelumasannya pasti menurun, dan internal mesin jg engga bisa bersih, karena oli sudah tidak mampu membersihkan ruang bakar dari sisa pembakaran, dan tdiak bisa menetralisir sulfur. jadi lebih baik dipakai paling maks 7000 km. Kecuali negara kita bersih udaranya (tdk bnyk debu), dan yg plg penting punya standard bhn bakar spt luar negri.
alim ulama
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45

Post by alim ulama »

BudiDarmawan wrote:Olie 10-30 yang bagus merk apa yah ? dan harga berapa ?

Apakah benar bahwa 10-30 bisa dipakai sampai 10.000 KM ?

Pemakaian yang seharusnya berapa yah ? apakah sampai 10.000 KM atau 5.000 KM ?

Terima kasih sebelumnya jika ada yang sharing
ane sih pake Amsoil 10W-30, mestinya sih full sintetis. ganti tiap 5000km biar mobil enak terus. oia, biar mantep sblm ganti oli yg bisa dibilang bagus mending engine flush dulu. caranya udah dijabarin sm bos PenyuTurbo di page2 sblmnya.

untuk harga biasanya distributornya suka nongol nih kalo nyebut2 Amsoil. tanya langsung aja. dulu beli kardus-an sih, ancer2 per quartz diatas 100rb.
BudiDarmawan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 303
Joined: Thu Sep 27, 2007 4:41

Post by BudiDarmawan »

Pak Penyu,

Mau tanya, mobil saya Grand Livina, menurut BeRes memakai olie 10W-30 sampai 10.000 KM.
Itupun dari awal tidak perlu ganti olie sampai 10.000 KM.
Nah padahal kan mesinnya baru apa gak rusak semua ? atau umurnya menurun nantinya

Sebaiknya mobil dari baru ganti olie di KM berapa yah ? (saya ingin mobil saya terawat)

Pemakain sehari hari di Surabaya pulang pergi kantor (jam 08:00 dan jam 17:00) kecepatan variasi 20 KM - 60 KM / jam, terkadang sih 70-80 tapi cuman bentar

Saya inginnya memakai olie sampai 5.000 KM saja, kalau dari pemakain seperti saya jelaskan diatas 5.000 KM atau setahun(mana yg lebih dulu) cukup yah ?
Kalau disuruh memilih olie amsoil 10w-30 atau Massimo 10w-30 pilih yg mana ? atau ada pilihan lain ?

Apakah olie yang dari Nissan 10-30 yang katanya buatan idemitsu sudah termasuk full synthetic ? sehingga kalau sudah masa garansi lewat bisa saya ganti langsung ke amsoil atau massimo tanpa perlu flush ..

Terima kasih banyak ... dan mohon maaf pertanyaan saya banyak sekali
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Post by JESKONENG »

Kalo gak masalah dengan harga, ya Amsoil lah....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
BudiDarmawan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 303
Joined: Thu Sep 27, 2007 4:41

Post by BudiDarmawan »

Berapa yah harganya ? dab kalau di Surabaya belinya dimana ?
JESKONENG wrote:Kalo gak masalah dengan harga, ya Amsoil lah....
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

BudiDarmawan wrote:Berapa yah harganya ? dab kalau di Surabaya belinya dimana ?
JESKONENG wrote:Kalo gak masalah dengan harga, ya Amsoil lah....
ada bandarnya... :D :D
Image
author
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 160
Joined: Fri Nov 02, 2007 14:26

Post by author »

bandar jkt yummy
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Post by JESKONENG »

Telp aja si Jimmy, penjual Amsoil di mbandung... 081320333333....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
BudiDarmawan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 303
Joined: Thu Sep 27, 2007 4:41

Post by BudiDarmawan »

Saya barusan mengganti OLI GL di KM 1400, olinya warnanya sudah coklat agak gelap padahal barunya kuning muda dan bening.

Berarti cleansing nya bagus,

Menurut saya Olie Semi Synthetic kurang bagus kalau dipakai lebih dari 5.000 apalagi sampai 10.000 KM dengan kondisi macet dan banyak STOP and GO
takehito
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Tue Nov 20, 2007 5:12

Post by takehito »

BudiDarmawan wrote:Saya barusan mengganti OLI GL di KM 1400, olinya warnanya sudah coklat agak gelap padahal barunya kuning muda dan bening.

Berarti cleansing nya bagus,

Menurut saya Olie Semi Synthetic kurang bagus kalau dipakai lebih dari 5.000 apalagi sampai 10.000 KM dengan kondisi macet dan banyak STOP and GO
Pake bahan bkr apa nih? soalnya kotor tidaknya oli tgt bhn bkr...
Dan juga tergantung merek olinya, kalo yg bener2 semi synthetic dan olinya dpt di pertanggung jawabkan sehrsnya mampu sampai 5000.
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

takehito wrote:
BudiDarmawan wrote:Saya barusan mengganti OLI GL di KM 1400, olinya warnanya sudah coklat agak gelap padahal barunya kuning muda dan bening.

Berarti cleansing nya bagus,

Menurut saya Olie Semi Synthetic kurang bagus kalau dipakai lebih dari 5.000 apalagi sampai 10.000 KM dengan kondisi macet dan banyak STOP and GO
Pake bahan bkr apa nih? soalnya kotor tidaknya oli tgt bhn bkr...
Dan juga tergantung merek olinya, kalo yg bener2 semi synthetic dan olinya dpt di pertanggung jawabkan sehrsnya mampu sampai 5000.
mobilnya Pak Budi itu baru lewat masa inreyen 1000 km, makanya olinya cepet kotor... :D btul ga? :roll:
Image
eternorockstar
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 126
Joined: Tue May 01, 2007 14:30

Post by eternorockstar »

mobil aku honda estilo taon 95,biasanya aku pake mobil1 super XHP (15W-50)kl aku ganti dgn yg lebih encer (10W-40 ato 7,5W-30)apa ada pengaruh jangka panjang buat mesin???
takehito
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Tue Nov 20, 2007 5:12

Post by takehito »

eternorockstar wrote:mobil aku honda estilo taon 95,biasanya aku pake mobil1 super XHP (15W-50)kl aku ganti dgn yg lebih encer (10W-40 ato 7,5W-30)apa ada pengaruh jangka panjang buat mesin???
Tergantung kondisi mesinnya, sampai sejauh mana ausnya.. sebenarnya sih bisa dicoba pake 10W-40, kaga mungkin rusak kok, tetapi konsekuensinya harus rajin cek level olinya, jgn sampai kehabisan. Nah kalo selama 5000 km, pengurangan olinya minimum (masih dlm batas toleransi) berarti kaga ada masalah. Artinya mobil bapak masih dalam kondisi FIT. bisa pake oli yg 10W-40...
eternorockstar
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 126
Joined: Tue May 01, 2007 14:30

Post by eternorockstar »

sebenaernya,kl ngukur level oli waktu mesin udah nyala ato sewaktu mesin masih mati dan dlm kondisi dingin??
User avatar
tonie
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 702
Joined: Sat May 05, 2007 3:07

Post by tonie »

eternorockstar wrote:sebenaernya,kl ngukur level oli waktu mesin udah nyala ato sewaktu mesin masih mati dan dlm kondisi dingin??
mestinya kondisi dingin... klo menurut primbom.... :lol:
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

tul.. kalo dah nyala, oli dah sirkulasi, kena dipsticknya juga dah diatas batasnya...
Kan nyiprat2...
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

gw udah pake Castrol Magnatec 10W-40 nih, gw puas banget...molekul pintarnya bener2 bekerja... :D


biasanya waktu pagi2 nge-start mobil gw, suaranya kasar banget... (sebelumnya gw pake oli dari BeRes 20W-50).....sekarang dah pake Castrol Magnatec 10W-40, suaranya mesinnya tambah kecil & halus walaupun di-start pagi2, suaranya tetep kalem... :D :D
Image
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Post by JESKONENG »

Sori bro Hansen, yang pake Castrol Magnatec itu mobilnya apa taun brapa ?
Last edited by JESKONENG on Sat Dec 08, 2007 14:11, edited 1 time in total.