SerayaMotor.com

Indonesian Automotive Discussion Forum
It is currently 23 Apr 2014, 16:12

All times are UTC + 7 hours





Post new topic This topic is locked, you cannot edit posts or make further replies.  [ 666 posts ]  Go to page Previous  1 ... 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9 ... 27  Next
Author Message
 Post subject:
PostMessage posted...: 19 Oct 2007, 14:03 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 14 Feb 2003, 16:05
Posts: 7920
Location: Kebayoran Lama
Puyeng euy baca penjelasan Pakde Penyu. Lebih detail daripada sales oli nih. Ga begitu nyambung bahasa kimia oli.

Kalu gw sih nyari oli simpel aja. Utk merk, liat dulu di F1 atau MotoGP. Liat brand oli yg nempel di kendaraan juara dunia. Ga mungkin perusahaan asal-asalan bisa nempel stiker disitu. Juga ga mungkin perusahaan yg bisa nempel stiker disitu trus punya produk asal-asalan.

Trus spek olinya ya ngikutin spek standar pabrikan. Itu kalau hanya utk pemakaian harian. Kalau ganti oli yang penting rajin-rajin intip label penggantian oli dan odometer aja.

Kalau sampe sludge, ya tinggal bawa ke bengkel. Trus siap-siap jual deh... Hehehe....

Gimana kalau begitu Pakde Penyu. Bener gak?

_________________
Accurate V3&4 Accounting System Consultant

Image <=== Click me to call mods....


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 19 Oct 2007, 14:40 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 11 Jan 2006, 12:21
Posts: 1245
Location: Subang
y_anjasrana wrote:
Puyeng euy baca penjelasan Pakde Penyu. Lebih detail daripada sales oli nih. Ga begitu nyambung bahasa kimia oli.

Kalu gw sih nyari oli simpel aja. Utk merk, liat dulu di F1 atau MotoGP. Liat brand oli yg nempel di kendaraan juara dunia. Ga mungkin perusahaan asal-asalan bisa nempel stiker disitu. Juga ga mungkin perusahaan yg bisa nempel stiker disitu trus punya produk asal-asalan.

Trus spek olinya ya ngikutin spek standar pabrikan. Itu kalau hanya utk pemakaian harian. Kalau ganti oli yang penting rajin-rajin intip label penggantian oli dan odometer aja.

Kalau sampe sludge, ya tinggal bawa ke bengkel. Trus siap-siap jual deh... Hehehe....

Gimana kalau begitu Pakde Penyu. Bener gak?


Huahahahahah ... OK juga gitu ...

Gw lebih simple lagi ... setelah ngebandingin semua jenis oli ... standard pengujiannya sama ... so sekarang tinggal lihat kocek ... ada minim ... ya beli yang murahan ... kocek agak tebal dikit ... cari yang pertengahan ... kocek tebel ... ya ngerasain synthetic ... tapi ya tetep aja ... selalu diganti pada 5000 km ... biar nggak ngebebanin yang beli sekiranya boil dijual .... Betapapun akhirnya balik juga ke mineral oil ... karena sampai 5000 km gak perlu TOP UP ... kalau makai synthetic selalunya pada 3000 km TOP UP setidaknya 1/2 liter.

_________________
Image


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 19 Oct 2007, 16:58 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 11 Jan 2006, 12:21
Posts: 1245
Location: Subang
Kalau mo nyampur dengan metal conditionner bisa juga ... supaya logam gak mudah aus ... karena permukaan logam jadi keras banget ... makai MILITEC-1 ... bisa check di :

P.T. MULTI SARANA TARUNA KRIDA
J1. Raya Taman Asri D-192
Pondok Tjandra Indah
Surabaya 61256, Indonesia
Attn: Mr. Julianto Limopranoto
Tel: 6231 - 866 - 4502
Fax: 6231 - 731 - 7276
E-mail: julianto@multisarana.net

Makai oli 20W50 serasa 0W30 ... hahahahaha.

_________________
Image


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 19 Oct 2007, 17:00 
Offline
Visitor
Visitor

Joined: 26 Sep 2007, 18:42
Posts: 7
pak penyu, saya kan nu bie, daritadi saya baca thread ini makin dibaca makin gak ngerti >_<
jadi saya mau minta tolong summary.. kalo misalnya buat mobil jaguar thn 2000 s type
mendingan langkah2 ganti olinya gemana yah?? thanks banget ^^


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 19 Oct 2007, 21:39 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer

Joined: 05 Jul 2007, 11:21
Posts: 5863
pemula2 wrote:
pak penyu, saya kan nu bie, daritadi saya baca thread ini makin dibaca makin gak ngerti >_<
jadi saya mau minta tolong summary.. kalo misalnya buat mobil jaguar thn 2000 s type
mendingan langkah2 ganti olinya gemana yah?? thanks banget ^^


langkah2 ganti oli? ya sama saja dengan ganti oli mobil lain bro.....cuma perlu diliat spek olinya aja (sesuain sama manual).....dan menurut petunjuk PPT, ganti olinya minimum 5000km sekali. :D


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 19 Oct 2007, 22:39 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 20 Feb 2007, 23:43
Posts: 1881
Location: Sunter
ya kalo dah bisa beli jaguar, masa ga bisa beli shell helix ultra yang botol abu2..
Yang standard buat ferrari katanya...
Ato Mobil 1 yang 0w... Yang gambarnya abu2 ama emas...
He3.. Peace... :e-dance: :e-dance: :lol:

_________________
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 20 Oct 2007, 00:44 
Offline
Visitor
Visitor

Joined: 26 Sep 2007, 18:42
Posts: 7
huhauahuaha. justru itu kira2 yang bagus olinya gemana >_<, pas baca amsoil itu bagus banget sepertinya mobil 1 extended performance juga.. kira2 kalo mau beli oli begitu dimana yah kk2?
maaf kalo pertanyaannya salah T_T masih nubi


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 20 Oct 2007, 23:20 
Offline
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic

Joined: 08 Oct 2007, 23:45
Posts: 248
PPT, saya pake oli full sintetis ganti bulan April 2007. sampe hari ini kilometer baru nambah 1000.. hehe,

sebaiknya ganti oli nya bulan apa yah?

makasih,

_________________
http://www.zapfin.com

ZAPFinance, your way out of Ur financial problems. Get Ur Financial Planner, NOW!

*biar bisa upgrade mobil mulu..


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 21 Oct 2007, 00:05 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 11 Jan 2006, 12:21
Posts: 1245
Location: Subang
alim ulama wrote:
PPT, saya pake oli full sintetis ganti bulan April 2007. sampe hari ini kilometer baru nambah 1000.. hehe,

sebaiknya ganti oli nya bulan apa yah?

makasih,


Dari segi OILSPAN ... untuk sintetis cukup panjang ... dan kalau cuman dipakai jarak pendek aja dan jarang ... ya ... kalau gak keberatan nunggu ampe 3000 km dulu .... Kalau 1000 km aja perlu 6 bulan ... kalau nunggu 3000 km ... bakalan setahun lagi ... emangnya boil simpanan ya ?

_________________
Image


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 21 Oct 2007, 00:33 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 14 Feb 2003, 16:05
Posts: 7920
Location: Kebayoran Lama
Lama bener bro... Ga salah tuh? Jgn lupa sering dipanasin tuh, ntar accu-nya soak. Btw kalu jarang pake gitu, bukannya tetep lebih baik diganti berkala juga walaupun blum sampe kilo-annya Om Penyu?

Btw Om Penyu dah pernah pake Militec blum? Kalu udah jadi pingin nyoba Militec nih. Dulu waktu baru keluar pernah ditawarin pak Robert jadi distributor. Cuma waktu pingin nyoba batal mlulu karena kerjaan. Toko yg jual dimana ya waktu itu. Lupa nih, daerah Buncit kalu ga salah. Om Penyu tau tempat belinya ga ya?

Btw metal conditioner punyanya Griffon pernah nyoba juga ga? Dulu pernah liat di Ace Hardware, cuma sekarang dah ga ada lagi..

_________________
Accurate V3&4 Accounting System Consultant

Image <=== Click me to call mods....


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 21 Oct 2007, 01:22 
Offline
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic

Joined: 08 Oct 2007, 23:45
Posts: 248
PenyuTurbo wrote:
alim ulama wrote:
PPT, saya pake oli full sintetis ganti bulan April 2007. sampe hari ini kilometer baru nambah 1000.. hehe,

sebaiknya ganti oli nya bulan apa yah?

makasih,


Dari segi OILSPAN ... untuk sintetis cukup panjang ... dan kalau cuman dipakai jarak pendek aja dan jarang ... ya ... kalau gak keberatan nunggu ampe 3000 km dulu .... Kalau 1000 km aja perlu 6 bulan ... kalau nunggu 3000 km ... bakalan setahun lagi ... emangnya boil simpanan ya ?

iya, mestinya sih week-end car. cuman kok lama2 jadi monthly-car. huhuhuhu,
oO.. oli sintetis lama jg yah bisa dipake nya? kirain 6 bulan sekali mesti ganti oli. abis si Jay Leno tiap 6 bulan mobil2 simpenannya pada ganti oli tuh. hehehehe,
btw, mesin Merc M112 boleh pake engine flush gak yah? mau ganti viskositas nih.. biasa pake 5W-50, skrg mo nyoba 10W-30 aja.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 21 Oct 2007, 02:27 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 11 Jan 2006, 12:21
Posts: 1245
Location: Subang
y_anjasrana wrote:
Lama bener bro... Ga salah tuh? Jgn lupa sering dipanasin tuh, ntar accu-nya soak. Btw kalu jarang pake gitu, bukannya tetep lebih baik diganti berkala juga walaupun blum sampe kilo-annya Om Penyu?

Btw Om Penyu dah pernah pake Militec blum? Kalu udah jadi pingin nyoba Militec nih. Dulu waktu baru keluar pernah ditawarin pak Robert jadi distributor. Cuma waktu pingin nyoba batal mlulu karena kerjaan. Toko yg jual dimana ya waktu itu. Lupa nih, daerah Buncit kalu ga salah. Om Penyu tau tempat belinya ga ya?

Btw metal conditioner punyanya Griffon pernah nyoba juga ga? Dulu pernah liat di Ace Hardware, cuma sekarang dah ga ada lagi..


Kalau ada uang dan mo diganti tiap 6 bulan ya lebih baik ... karena kalau cuman manasin doang (tanggung) ... malah olinya jadi cepet kotor dengan BBM dan kondensasi air.

Tentang Militec, waktu itu dapet gratisan 1 botol dari thailand ... sekarang udah habis. Mo beli lagi kantong gak nyukupin ... semua udah lari untuk bayar sekolah anak-anak ... hehehehehehe. Alamat yang di Jakarta pun udah lupa ... ntar aku cari lagi (kalau ketemu).

Griffon kagak pernah nyoba dan gak akan nyoba ...

_________________
Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 21 Oct 2007, 06:09 
Offline
Newbie
Newbie

Joined: 21 Oct 2007, 06:00
Posts: 11
salam kenal bagi semua teman2

mohon sarannya Om Penyu & jg teman2 yg lain, mobil saya adalah Honda Civic LX A/T thn 1988:

1. apa oli terbaik utk mobil ini yg paling optimal dlm melindungi mesin & menekan konsumsi BBM?
2. apakah saya sebaiknya menggunakan dino oil atau semi-synthetic?
3. utk mobil dgn yg udah berumur spt ini, jika memakai dino oil atau semi-synthetic sebaiknya diganti tiap berapa km sekali? note: saya setiap hari melakukan perjalanan 25-50 km dgn kondisi jln seringkali macet

terimakasih atas saran teman2 sekalian


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 21 Oct 2007, 06:40 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 11 Jan 2006, 12:21
Posts: 1245
Location: Subang
ryanzaul wrote:
salam kenal bagi semua teman2

mohon sarannya Om Penyu & jg teman2 yg lain, mobil saya adalah Honda Civic LX A/T thn 1988:

1. apa oli terbaik utk mobil ini yg paling optimal dlm melindungi mesin & menekan konsumsi BBM?
2. apakah saya sebaiknya menggunakan dino oil atau semi-synthetic?
3. utk mobil dgn yg udah berumur spt ini, jika memakai dino oil atau semi-synthetic sebaiknya diganti tiap berapa km sekali? note: saya setiap hari melakukan perjalanan 25-50 km dgn kondisi jln seringkali macet

terimakasih atas saran teman2 sekalian


Mengingat umur boilnya udah cukup lumayan berumur ... maka toleransi atau suaian gerak antara satu komponen dengan komponen yang saling bergesekan sudah cukup longgar ... ini berarti perlu menggunakan oli yang molekulnya besar dalam arti kata rantai molekul ikatan atom carbonnya panjang. Ini diterjemahkan dengan Index Viskositas yang tinggi ...

1. Gunakan Oli dengan Grade 20W50 atau xxW60.
2. Dino oli sudah mencukupi.
3. Mengingat perjalanan per harinya cuman antara 25-50 km ... adalah bijaksana sekiranya pergantian dino oli dilakukan pada interval 3000 km.

_________________
Image


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 21 Oct 2007, 07:25 
Offline
Newbie
Newbie

Joined: 21 Oct 2007, 06:00
Posts: 11
wah, tengkyu banget buat jawaban Om Penyu yg cepat & mantap :)

dino oil apa ya yg paling bagus utk melindungi mesin, menekan konsumsi BBM, & ramah di kantong (byk maunya ya, hehehe)


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 21 Oct 2007, 07:39 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 11 Jan 2006, 12:21
Posts: 1245
Location: Subang
ryanzaul wrote:
wah, tengkyu banget buat jawaban Om Penyu yg cepat & mantap :)

dino oil apa ya yg paling bagus utk melindungi mesin, menekan konsumsi BBM, & ramah di kantong (byk maunya ya, hehehe)


Hampir hampir sama mutunya asal yang udah dapet standard API SJ atau SL atau yang terbaru SM. Untuk boil diatas kalau bisa dapet API SJ ... ok kalau gak dapet ya API SL.

_________________
Image


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 21 Oct 2007, 08:17 
Offline
Newbie
Newbie

Joined: 21 Oct 2007, 06:00
Posts: 11
Om, barusan obok2 website para pembuat oli, ada bbrp yg menarik nih:

1. Petronas Mach 5 SM (20W-50; API SM/CF, ACEA A3-98/B3-98, DaimlerChrysler MB 229.1, Volkswagen VW 501/505; VI=124, Flash Point=228 C)
2. Total Quartz 5000 SM (20W-50; API SM/CF, ACEA A2-96 issue 3/B2-98 issue 2, VI=114, Flash Point=220 C)
3. Castrol GTX (20W-50; API SM/CF, gak ada data sertifikasi lainnya)
4. Esso Superflo 20W-50; API SM/CF, gak ada data sertifikasi lainnya, Flash Point = 242 C)

klo sekilas ngeliat siapa yg plg byk dpt sertifikasi, maka pilihannya Petronas, apa bener begini? Atau perlu liat jg data lainnya?
Apa ada pengaruh Flash Point & VI index dlm penentuan pemilihan oli?

sori nih klo kebanyakan nanya :) ilmu gw disini masih cetek banget


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 21 Oct 2007, 10:55 
Offline
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic

Joined: 08 Oct 2007, 23:45
Posts: 248
PenyuTurbo wrote:
y_anjasrana wrote:
Lama bener bro... Ga salah tuh? Jgn lupa sering dipanasin tuh, ntar accu-nya soak. Btw kalu jarang pake gitu, bukannya tetep lebih baik diganti berkala juga walaupun blum sampe kilo-annya Om Penyu?

Btw Om Penyu dah pernah pake Militec blum? Kalu udah jadi pingin nyoba Militec nih. Dulu waktu baru keluar pernah ditawarin pak Robert jadi distributor. Cuma waktu pingin nyoba batal mlulu karena kerjaan. Toko yg jual dimana ya waktu itu. Lupa nih, daerah Buncit kalu ga salah. Om Penyu tau tempat belinya ga ya?

Btw metal conditioner punyanya Griffon pernah nyoba juga ga? Dulu pernah liat di Ace Hardware, cuma sekarang dah ga ada lagi..


Kalau ada uang dan mo diganti tiap 6 bulan ya lebih baik ... karena kalau cuman manasin doang (tanggung) ... malah olinya jadi cepet kotor dengan BBM dan kondensasi air.

ehm.. gak cuman dipanasin sih, malah ini mobil yg paling digeber2. biasa kalo lg kalap di rmh ngabur ke jagorawi ngetes keuber apa enggak sm PJR. hohohoho,
tapi daluwarsa oli yg sudah dituang ke mesin brp lama ya PPT? nanya mbah Google blm dijawab nih.

makasih,

(maaf ya saya kerjaannya nanyaaa.. mulu, blm ada ilmu yg layak diposting nih :p)


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 21 Oct 2007, 14:35 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 11 Jan 2006, 12:21
Posts: 1245
Location: Subang
ryanzaul wrote:
Om, barusan obok2 website para pembuat oli, ada bbrp yg menarik nih:

1. Petronas Mach 5 SM (20W-50; API SM/CF, ACEA A3-98/B3-98, DaimlerChrysler MB 229.1, Volkswagen VW 501/505; VI=124, Flash Point=228 C)
2. Total Quartz 5000 SM (20W-50; API SM/CF, ACEA A2-96 issue 3/B2-98 issue 2, VI=114, Flash Point=220 C)
3. Castrol GTX (20W-50; API SM/CF, gak ada data sertifikasi lainnya)
4. Esso Superflo 20W-50; API SM/CF, gak ada data sertifikasi lainnya, Flash Point = 242 C)

klo sekilas ngeliat siapa yg plg byk dpt sertifikasi, maka pilihannya Petronas, apa bener begini? Atau perlu liat jg data lainnya?

Dengan API aja udah cukup ... yang lain-nya itu cuman bumbu-bumbu marketing.


Apa ada pengaruh Flash Point & VI index dlm penentuan pemilihan oli?

Sebenarnya dengan Flash Point lebih tinggi lebih baik ... cuman ini bukan menjadi sesuatu yang kritis ... yang penting adalah API dan xxWyy ... Flash Point itu hanya salah satu dari hasil beberapa jenis testing yang dilakukan ... standar testingnya adalah ASTM.

sori nih klo kebanyakan nanya :) ilmu gw disini masih cetek banget

_________________
Image


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 21 Oct 2007, 14:50 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 11 Jan 2006, 12:21
Posts: 1245
Location: Subang
alim ulama wrote:
PenyuTurbo wrote:
y_anjasrana wrote:
Lama bener bro... Ga salah tuh? Jgn lupa sering dipanasin tuh, ntar accu-nya soak. Btw kalu jarang pake gitu, bukannya tetep lebih baik diganti berkala juga walaupun blum sampe kilo-annya Om Penyu?

Btw Om Penyu dah pernah pake Militec blum? Kalu udah jadi pingin nyoba Militec nih. Dulu waktu baru keluar pernah ditawarin pak Robert jadi distributor. Cuma waktu pingin nyoba batal mlulu karena kerjaan. Toko yg jual dimana ya waktu itu. Lupa nih, daerah Buncit kalu ga salah. Om Penyu tau tempat belinya ga ya?

Btw metal conditioner punyanya Griffon pernah nyoba juga ga? Dulu pernah liat di Ace Hardware, cuma sekarang dah ga ada lagi..


Kalau ada uang dan mo diganti tiap 6 bulan ya lebih baik ... karena kalau cuman manasin doang (tanggung) ... malah olinya jadi cepet kotor dengan BBM dan kondensasi air.

ehm.. gak cuman dipanasin sih, malah ini mobil yg paling digeber2. biasa kalo lg kalap di rmh ngabur ke jagorawi ngetes keuber apa enggak sm PJR. hohohoho,
tapi daluwarsa oli yg sudah dituang ke mesin brp lama ya PPT? nanya mbah Google blm dijawab nih.

makasih,

(maaf ya saya kerjaannya nanyaaa.. mulu, blm ada ilmu yg layak diposting nih :p)


Oli itu akan berumur panjang dalam mesin jika penggunaannya pada normal Driving Condition ... yang menurut standar definisinya adalah boil berjalan pada 45 MPH (70 km/jam) ... secara kontinu dan testingnya selama 220 jam.

Kalau digeber-geber itu termasuk dalam penggunaan yang sifatnya SEVERE DRIVING CONDITION ... termasuk didalamnya ... stop & go Driving, dipanasin dan dimatiin ... Short daily travel distance (kurang dari 60 km).

Kalau udah dituang dalam mesin, Oli itu sebenarnya gak rusak ... yang rusak itu adalah additivenya ... jadi gak ada yang bisa nentuin kadaluwarsanya ... mengingat gak diketahui laju/kecepatan kontaminasi BBM dan additivenya dalam oli.
Buktinya banyak oli dipasaran yang diambil dari campuran oli bekas ... kemudian disaring lagi kotorannya ... lalu di BLEACHING lagi supaya warnanya jadi kuning/coklat jernih ... masukin dalam kaleng atau jerigen ... tempel sticker dan dijual lagi ....

_________________
Image


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 21 Oct 2007, 16:54 
Offline
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
User avatar

Joined: 24 Feb 2006, 07:24
Posts: 358
Pak Penyu,
Setelah baca penjelasan anda yg luarbiasa gamblangnya (thx atas nice sharingnya), saya mo nanya suppose ada pilihan anrata 5w-30 n 10w-30, unt kondisi Jkt, pilih mana? Lepas dari banyak tidaknya kandungan Polimer antara keduanya. Tks, wass

_________________
My gallery... http://tig0r.multiply.com/
JAUHKAN SUUD'ZON!!

Image


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 21 Oct 2007, 17:20 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 11 Jan 2006, 12:21
Posts: 1245
Location: Subang
tigor wrote:
Pak Penyu,
Setelah baca penjelasan anda yg luarbiasa gamblangnya (thx atas nice sharingnya), saya mo nanya suppose ada pilihan anrata 5w-30 n 10w-30, unt kondisi Jkt, pilih mana? Lepas dari banyak tidaknya kandungan Polimer antara keduanya. Tks, wass


Pilih yang 10W30.

_________________
Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 21 Oct 2007, 17:46 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 20 Feb 2007, 23:43
Posts: 1881
Location: Sunter
ryanzaul wrote:
salam kenal bagi semua teman2

mohon sarannya Om Penyu & jg teman2 yg lain, mobil saya adalah Honda Civic LX A/T thn 1988:

1. apa oli terbaik utk mobil ini yg paling optimal dlm melindungi mesin & menekan konsumsi BBM?
2. apakah saya sebaiknya menggunakan dino oil atau semi-synthetic?
3. utk mobil dgn yg udah berumur spt ini, jika memakai dino oil atau semi-synthetic sebaiknya diganti tiap berapa km sekali? note: saya setiap hari melakukan perjalanan 25-50 km dgn kondisi jln seringkali macet

terimakasih atas saran teman2 sekalian

Hmmm.. saya juga punya grand civic LX taun 89...
saya sekarang memberanikan diri pake shell helix 15W50...
Hasilnya baik... Tarikan enteng...
Memang sih kayaknya komponen masih pada baik, soalny baru sekitar 60rb KM He3... :oops: :oops:

_________________
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 21 Oct 2007, 17:49 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 11 Jan 2006, 12:21
Posts: 1245
Location: Subang
Tahun 89 ... baru 60rb km ... asyiik juga tuh.

_________________
Image


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 21 Oct 2007, 17:50 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 20 Feb 2007, 23:43
Posts: 1881
Location: Sunter
Hue3... Mobil "pajangan"... wekekeke...

_________________
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic This topic is locked, you cannot edit posts or make further replies.  [ 666 posts ]  Go to page Previous  1 ... 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9 ... 27  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: enka and 31 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
Powered by phpBB® Forum Software © phpBB Group