Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 512
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by RezPrat »

alvinnt wrote: Fri Feb 09, 2024 18:09 Mau share pengalaman aja

Kemarin ganti oli evalia (HR15DE) pake Luprom*x 10w40 (cuma lupa seri yang mana, soalnya dia ada yang 7000 ama yang 8000). ini direkomendasikan sama bengkel langganan. Sayangnya, penguapan masih cukup parah, karena kemarin pas ganti radiator (rembes atas bawah), pas cek dipstick, olinya kurang banget (sampe level low). jadinya top-up 10w40 (tapi pake merek lain, gulf, karena stok oli awalnya habis). padahal baru jalan 2k dari ganti oli terakhir. sekarang udah jalan 3k sudah dekat ke low lagi... :big_childish:

Setelah beberapa hari gali info review suhu-suhu di sini, jatuh pilihan ke salah satu dari 4 oli berikut:
  • Fastron Gold 5w30
  • Total Q9000 0w20
  • Total Q9000 5w30
  • Q8 5w30 G/D1

kayaknya sih jadwal gantinya bakal jatuh di bulan depan, jadi beli oli sekarang sepertinya ga mubazir ya
Agak kurang wajar ya penguapan oli nya, sebelum ganti radiator pernah overheat kah? Bisa jadi head gasket udah kena atau Jgn2 ring piston buat oli dah stuck ya om?
Musti d cek k bengkel dl keknya, ane sangsi....pake oli bagus pun seperti nya bakal abis jg.
User avatar
c_adhi_k
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2195
Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by c_adhi_k »

mau nanya dong
kalau brio dikasih oli eneos x prime 0w-16 aman ga ya
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9739
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

c_adhi_k wrote: Tue Feb 13, 2024 7:05 mau nanya dong
kalau brio dikasih oli eneos x prime 0w-16 aman ga ya
selama kondisi stock engine, dan pakai harian, aman2 aja sih sy pikir.

krn gak sedikit jg, oli w20 klo dipakai >5rb km, visconya masuk ke area w16 juga, dan wearnya masih ok.
hahaha.

depends ke cooling systemnya yg paling penting.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
KSG88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 362
Joined: Thu Apr 11, 2019 10:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by KSG88 »

0w16 cocoknya di mesin hybrid yg ngejer efisiensi dan hemat bbm karena lebih encer dan enteng. Toh mesin hybrid bagi tugas motor listrik. Mesin bensin cenderung jadi genset.

Kalo 0w16 dipakai di mobil non hybrid yg cc kecil aman harusnya. Kalau mesin turbo atau mesin 2000cc keatas mungkin lebih cepat penguapan ya. (Maaf hanya pendapat)
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 965
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by vanosz »

Suryaputra wrote: Thu Feb 08, 2024 8:44
vanosz wrote: Tue Feb 06, 2024 23:06
Suryaputra wrote: Mon Jan 22, 2024 4:42

Di bbrp part, pernah dipost om turbo, UOA migor di mesin disel campur oli mesin

Ancurr.
Padahal, komposisi oli mesin klo gak salah; lbh bnyk dr migor nya.

Tp tetap aja; data dan fakta kalah sama orang pintar :big_biglaugh:
om turbo kemana ya,gak keliatan nih brp halaman,

apa lagi terbang nih,ky gajah melayang,

pdhl kmrn mau ane kabarin nih,


oli tmo diesel diatas 10 ribu km,fortuner 2.8 300 hp,sering meleset jarum lewatin angka pojok kanan bawah,harian sih pedal di pencet dalam trs,sensasi pesawat takeoff hal biasa,walo dlm kemacetan,
klo gak salah udah pas lewat 1000km,isi biosolar murni,filter solar harga gocap ceng,




yah klo msh semangat dan berkenan mau dibawa ke laboratorium,


tp klo mau nunggu berikutnya juga gak apa,

skrg sih hampir 44 ribu km,

lumayan masih banyak sisa kilometer,
Klo TMO 5w30 produksi pertamina sih pancen oye mbah.
Asal beli di beres yaa.
:big_think:


nah itu bagusnya harusnya pake tes lab kan ya,

nih ada oli standar dipake lewat dr aturan,

nih ada oli amsiol yg super dipake lewat aturan,


bagusnya nih ada om turbo terbang,

klo gak salah info,


om gajah melayang ada fortuner 2.8 juga dah ya,mungkin sudah modif dah 300 hp,sama harian jarum sepet meleset selip pojok kanan bawah lewatin angka,

biar sama ane main riset risetan,


klo ane sendiri kan gak mudeng baca hasil lab bgtu,


dimaklumi aja orang jadul,

taunya ngibrit kik in yo,
User avatar
c_adhi_k
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2195
Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by c_adhi_k »

Ada yang udah nyobain eneos x prime?
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 512
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by RezPrat »

c_adhi_k wrote: Tue Feb 13, 2024 7:05 mau nanya dong
kalau brio dikasih oli eneos x prime 0w-16 aman ga ya
Kalo buat experiment lanjut aja om,
kalo ane pribadi sih jangan ya, Brio Masi mesin Otto cycle,klo Atkinson cycle sih mungkin relatif aman ya. Dan Honda rata2 engine buat high rpm,jadi jgn pake yg terlalu encer deh .....ini cuma pendapat sotoy ane yA hahaha
Opeakkk
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Fri Apr 14, 2023 17:17
Location: Bandung
Daily Vehicle: Grand Livina

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Opeakkk »

Selamat siang izin share, sesuai rekomendasi rekan2 saya pakai oli Bardahl S9 5w-30 di L10 HR15DE, top up 300ml waktu pemakaian 5000KM. Normal kah ?

Lalu sempat coba Q8 5w-30, tapi tarikan agak berat, lari 160 uda mentok, top up 400ml di 5000KM.

Sekarang coba Motul hi tec 5w-30, baru jalan 2000KM, sudah top up 100ml, lari 170 masi bisa ga berat sewaktu pakai Q8
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9739
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

Opeakkk wrote: Wed Feb 14, 2024 7:57 Selamat siang izin share, sesuai rekomendasi rekan2 saya pakai oli Bardahl S9 5w-30 di L10 HR15DE, top up 300ml waktu pemakaian 5000KM. Normal kah ?

Lalu sempat coba Q8 5w-30, tapi tarikan agak berat, lari 160 uda mentok, top up 400ml di 5000KM.

Sekarang coba Motul hi tec 5w-30, baru jalan 2000KM, sudah top up 100ml, lari 170 masi bisa ga berat sewaktu pakai Q8
Boljug tu Bardahl S9.
Nextnya layak dicoba Fastron Gold 5w30.
Meet dexos2, MB 229.51 dan BMW LL04 :big_exellent:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Supersedan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 182
Joined: Wed Jun 15, 2022 9:37
Daily Vehicle: Mobilio

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Supersedan »

c_adhi_k wrote: Wed Feb 14, 2024 6:30 Ada yang udah nyobain eneos x prime?
Pengen nyobain tapi yg 0w20 gak dijual sama eneos indo :e-doh:
mkamil
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: Tue Aug 06, 2019 14:02
Daily Vehicle: 1VD - L15Z - FB25

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by mkamil »

Supersedan wrote: Wed Feb 14, 2024 11:27
c_adhi_k wrote: Wed Feb 14, 2024 6:30 Ada yang udah nyobain eneos x prime?
Pengen nyobain tapi yg 0w20 gak dijual sama eneos indo :e-doh:
celah 0w20 diisi line up Eneos X Titanium (silver), di official store toko orange ada tuh
User avatar
doko86
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 389
Joined: Fri Jun 05, 2020 7:50
Location: Tajurhalang - Bogor
Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by doko86 »

c_adhi_k wrote: Wed Feb 14, 2024 6:30 Ada yang udah nyobain eneos x prime?
Nah ini.... dulu pakai eneos botol putih 0w20 yg masih api SN, buat ayla 1KR-DE feelnya gak dapet..... padalah mesin habis d tune up itu...
User avatar
doko86
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 389
Joined: Fri Jun 05, 2020 7:50
Location: Tajurhalang - Bogor
Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by doko86 »

Menurut pendapat pribadi, selama melihara ayla 1KR-DE selama 3 tahun, dr feb 2020 sampai sekarang..... dr KM 129 ribu sampai sekarang masih otw 242 ribu
Bbm pertalite

Api SN... feel kurang, mesin masih kasar
Api SN +... feel ada peningkatan dr pada api SN, mesin agak adem
Api SP ... feel ada peningkatan dr api SN +
Dexos 1 gen 1 ... feel hampir sama dengan api SN +
Dexos 1 gen 2 ... feel ada peningkatan dr api SP

Beberapa brand oli yg pernah di gunakan :
1. Ravenol 10w30 api SN
2. Valvoline 5w30 api SN+
3. Ptt eco 0w20 api SN
4. Amsoil 5w20 api SN (curah)
5. Ptt 0w30 api SN+
6. Eneos 0w20 api SN
7. Ptt eco 0w20 api SP
8. Total Quartz 9000 0w20 api SP
9. Aisin 0w20 api SN+
10. Havoline 0w20 api SN+, dexos 1 gen 1 (old stock)
11. SHU 0w20 api SP made in hongkong
12. Havoline 0w20 api sn+, dexos 1 gen 2 (old stock)
esaka
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 97
Joined: Sat Jul 24, 2021 9:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by esaka »

doko86 wrote: Wed Feb 14, 2024 12:57 Menurut pendapat pribadi, selama melihara ayla 1KR-DE selama 3 tahun, dr feb 2020 sampai sekarang..... dr KM 129 ribu sampai sekarang masih otw 242 ribu
Bbm pertalite

Api SN... feel kurang, mesin masih kasar
Api SN +... feel ada peningkatan dr pada api SN, mesin agak adem
Api SP ... feel ada peningkatan dr api SN +
Dexos 1 gen 1 ... feel hampir sama dengan api SN +
Dexos 1 gen 2 ... feel ada peningkatan dr api SP

Beberapa brand oli yg pernah di gunakan :
1. Ravenol 10w30 api SN
2. Valvoline 5w30 api SN+
3. Ptt eco 0w20 api SN
4. Amsoil 5w20 api SN (curah)
5. Ptt 0w30 api SN+
6. Eneos 0w20 api SN
7. Ptt eco 0w20 api SP
8. Total Quartz 9000 0w20 api SP
9. Aisin 0w20 api SN+
10. Havoline 0w20 api SN+, dexos 1 gen 1 (old stock)
11. SHU 0w20 api SP made in hongkong
12. Havoline 0w20 api sn+, dexos 1 gen 2 (old stock)
Gileee, ada oli keraton dan selain itu banyak oli kelas menengah.
Ada common denominator mengapa sampe merk keraton yg API SN masih dirasa kurang.
Yep. Bensinnya masih pake Pertalite.
Percayalah, bensin seperti itu akan membuat oli keraton jadi serasa Meditran SC.
Pertamax aja kalau berdasarkan hasil investigasi suhu Turboman, kualitasnya termasuk 1 bar below par kok dibanding kompetitornya.
Tapi namanya butt-o-meter tiap orang ya emang beda.
Saya pake pertalite, PTT Dynamic Commonrail 5w-30 aja jadi beda tipis ama DelvacMX. (Saya penganut aliran sesat, apapun boilnya pakenya wajib HDEO)
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1156
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by t105erd »

esaka wrote: Wed Feb 14, 2024 13:22
doko86 wrote: Wed Feb 14, 2024 12:57 Menurut pendapat pribadi, selama melihara ayla 1KR-DE selama 3 tahun, dr feb 2020 sampai sekarang..... dr KM 129 ribu sampai sekarang masih otw 242 ribu
Bbm pertalite

Api SN... feel kurang, mesin masih kasar
Api SN +... feel ada peningkatan dr pada api SN, mesin agak adem
Api SP ... feel ada peningkatan dr api SN +
Dexos 1 gen 1 ... feel hampir sama dengan api SN +
Dexos 1 gen 2 ... feel ada peningkatan dr api SP

Beberapa brand oli yg pernah di gunakan :
1. Ravenol 10w30 api SN
2. Valvoline 5w30 api SN+
3. Ptt eco 0w20 api SN
4. Amsoil 5w20 api SN (curah)
5. Ptt 0w30 api SN+
6. Eneos 0w20 api SN
7. Ptt eco 0w20 api SP
8. Total Quartz 9000 0w20 api SP
9. Aisin 0w20 api SN+
10. Havoline 0w20 api SN+, dexos 1 gen 1 (old stock)
11. SHU 0w20 api SP made in hongkong
12. Havoline 0w20 api sn+, dexos 1 gen 2 (old stock)
Gileee, ada oli keraton dan selain itu banyak oli kelas menengah.
Ada common denominator mengapa sampe merk keraton yg API SN masih dirasa kurang.
Yep. Bensinnya masih pake Pertalite.
Percayalah, bensin seperti itu akan membuat oli keraton jadi serasa Meditran SC.
Pertamax aja kalau berdasarkan hasil investigasi suhu Turboman, kualitasnya termasuk 1 bar below par kok dibanding kompetitornya.
Tapi namanya butt-o-meter tiap orang ya emang beda.
Saya pake pertalite, PTT Dynamic Commonrail 5w-30 aja jadi beda tipis ama DelvacMX. (Saya penganut aliran sesat, apapun boilnya pakenya wajib HDEO)
Wah ada lagi ini aliran kepercayaan baru warga SM :big_biglaugh:

kalo di motor yamaha bebek saya sih emang udah sering pakai shell rimula :big_okay:
Chr1stm1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 527
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: All New Veloz 2022 ANR 2018 Avanza K3VE 2011 Wuling Confero S ACT 2020

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Chr1stm1 »

esaka wrote: Wed Feb 14, 2024 13:22
doko86 wrote: Wed Feb 14, 2024 12:57 Menurut pendapat pribadi, selama melihara ayla 1KR-DE selama 3 tahun, dr feb 2020 sampai sekarang..... dr KM 129 ribu sampai sekarang masih otw 242 ribu
Bbm pertalite

Api SN... feel kurang, mesin masih kasar
Api SN +... feel ada peningkatan dr pada api SN, mesin agak adem
Api SP ... feel ada peningkatan dr api SN +
Dexos 1 gen 1 ... feel hampir sama dengan api SN +
Dexos 1 gen 2 ... feel ada peningkatan dr api SP

Beberapa brand oli yg pernah di gunakan :
1. Ravenol 10w30 api SN
2. Valvoline 5w30 api SN+
3. Ptt eco 0w20 api SN
4. Amsoil 5w20 api SN (curah)
5. Ptt 0w30 api SN+
6. Eneos 0w20 api SN
7. Ptt eco 0w20 api SP
8. Total Quartz 9000 0w20 api SP
9. Aisin 0w20 api SN+
10. Havoline 0w20 api SN+, dexos 1 gen 1 (old stock)
11. SHU 0w20 api SP made in hongkong
12. Havoline 0w20 api sn+, dexos 1 gen 2 (old stock)
Gileee, ada oli keraton dan selain itu banyak oli kelas menengah.
Ada common denominator mengapa sampe merk keraton yg API SN masih dirasa kurang.
Yep. Bensinnya masih pake Pertalite.
Percayalah, bensin seperti itu akan membuat oli keraton jadi serasa Meditran SC.
Pertamax aja kalau berdasarkan hasil investigasi suhu Turboman, kualitasnya termasuk 1 bar below par kok dibanding kompetitornya.
Tapi namanya butt-o-meter tiap orang ya emang beda.
Saya pake pertalite, PTT Dynamic Commonrail 5w-30 aja jadi beda tipis ama DelvacMX. (Saya penganut aliran sesat, apapun boilnya pakenya wajib HDEO)

Setuju banget Om
Wuling kantor saya sejak bensinnya gak system reimburse tapi langsung dapat jatah 3 jt perbulan, saya cekokin shell super langsung enak, oli masih bawaan beres merek sinopec 5w30 padahal...udah 1 bulan ini ke shell super lari 100kmh aja enteng mesin ga teriak
User avatar
c_adhi_k
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2195
Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by c_adhi_k »

Supersedan wrote: Wed Feb 14, 2024 11:27
c_adhi_k wrote: Wed Feb 14, 2024 6:30 Ada yang udah nyobain eneos x prime?
Pengen nyobain tapi yg 0w20 gak dijual sama eneos indo :e-doh:
adanya 0w-16
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
esaka
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 97
Joined: Sat Jul 24, 2021 9:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by esaka »

t105erd wrote: Wed Feb 14, 2024 14:24
esaka wrote: Wed Feb 14, 2024 13:22
Gileee, ada oli keraton dan selain itu banyak oli kelas menengah.
Ada common denominator mengapa sampe merk keraton yg API SN masih dirasa kurang.
Yep. Bensinnya masih pake Pertalite.
Percayalah, bensin seperti itu akan membuat oli keraton jadi serasa Meditran SC.
Pertamax aja kalau berdasarkan hasil investigasi suhu Turboman, kualitasnya termasuk 1 bar below par kok dibanding kompetitornya.
Tapi namanya butt-o-meter tiap orang ya emang beda.
Saya pake pertalite, PTT Dynamic Commonrail 5w-30 aja jadi beda tipis ama DelvacMX. (Saya penganut aliran sesat, apapun boilnya pakenya wajib HDEO)
Wah ada lagi ini aliran kepercayaan baru warga SM :big_biglaugh:

kalo di motor yamaha bebek saya sih emang udah sering pakai shell rimula :big_okay:
Sebenarnya bukan aliran baru di SM om... :big_biglaugh:
Suhu GajahTerbang alias Turboman itu dulu juga jadi edukator sepuh di kaskus trit oli sesat...
PCMO ama HDEO di lokalan sini spek-nya sama dengan spek global, jadinya ya lebih superior daripada MCO (Motor Cycle Oil) kayak MPX, Castrol, dan YLube. MCO di luar negeri tuh malah lebih murah dengan spek yg mirip ama PCMO, makanya kadang di luaran ada aliran sesat pake oli motor buat mobil. :big_biglaugh:
Buat penghuni baru SM yg kebetulan baca posting ini, saya mau berbagi info terkait oli mesin yg masih saya ingat dari postingan lama suhu Turbo :
>>Penguapan oli tidak selamanya karena olinya jelek. Karakter mesin cukup menentukan, contohnya di mesin-mesin motor Yamaha dan BMW.
>>Inreyen mesin dengan oli sembarangan bisa bikin enjin jadi vampir oli. Terlebih jika mesinnya pake teknologi coating khusus kayak SCAM eh SCEM, Diasil, Nikasil, dll disarankan pake oli dengan kandungan Mo (Molybdenum) yg cukup.
>>Mesin tradisional yg masih pake boring silinder dari baja merupakan mesin yg gak pilih-pilih oli tapi kalau pake PCMO/HDEO akan sangat membantu peningkatan kehalusan mesin, tingkat penguapan oli hingga pengiritan biaya.
>>Kalau dengan oli sekarang kok dirasa masih banyak penguapan, coba pake HDEO (Heavy Duty Engine Oil) dulu alias oli buat mesin diesel yg memang dirancang tahan penguapan. Biasanya sih penguapan akan terobati. Tapi kalau nggak terobati juga ya kemungkinannya antara mesinnya emang gitu atau udah saatnya overhaul enjin. :big_biglaugh:

Sejauh ini saya baru pernah pake PCMO Pertamina Fastron Techno 10w-40. Itupun di motor harian dan hanya sekali.
Setelahnya ya cuma pake HDEO dengan alasan harga HDEO ritel lebih murah daripada PCMO sekelas Fastron.
User avatar
c_adhi_k
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2195
Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by c_adhi_k »

esaka wrote: Thu Feb 15, 2024 2:47
t105erd wrote: Wed Feb 14, 2024 14:24
esaka wrote: Wed Feb 14, 2024 13:22
Gileee, ada oli keraton dan selain itu banyak oli kelas menengah.
Ada common denominator mengapa sampe merk keraton yg API SN masih dirasa kurang.
Yep. Bensinnya masih pake Pertalite.
Percayalah, bensin seperti itu akan membuat oli keraton jadi serasa Meditran SC.
Pertamax aja kalau berdasarkan hasil investigasi suhu Turboman, kualitasnya termasuk 1 bar below par kok dibanding kompetitornya.
Tapi namanya butt-o-meter tiap orang ya emang beda.
Saya pake pertalite, PTT Dynamic Commonrail 5w-30 aja jadi beda tipis ama DelvacMX. (Saya penganut aliran sesat, apapun boilnya pakenya wajib HDEO)
Wah ada lagi ini aliran kepercayaan baru warga SM :big_biglaugh:

kalo di motor yamaha bebek saya sih emang udah sering pakai shell rimula :big_okay:
Sebenarnya bukan aliran baru di SM om... :big_biglaugh:
Suhu GajahTerbang alias Turboman itu dulu juga jadi edukator sepuh di kaskus trit oli sesat...
PCMO ama HDEO di lokalan sini spek-nya sama dengan spek global, jadinya ya lebih superior daripada MCO (Motor Cycle Oil) kayak MPX, Castrol, dan YLube. MCO di luar negeri tuh malah lebih murah dengan spek yg mirip ama PCMO, makanya kadang di luaran ada aliran sesat pake oli motor buat mobil. :big_biglaugh:
Buat penghuni baru SM yg kebetulan baca posting ini, saya mau berbagi info terkait oli mesin yg masih saya ingat dari postingan lama suhu Turbo :
>>Penguapan oli tidak selamanya karena olinya jelek. Karakter mesin cukup menentukan, contohnya di mesin-mesin motor Yamaha dan BMW.
>>Inreyen mesin dengan oli sembarangan bisa bikin enjin jadi vampir oli. Terlebih jika mesinnya pake teknologi coating khusus kayak SCAM eh SCEM, Diasil, Nikasil, dll disarankan pake oli dengan kandungan Mo (Molybdenum) yg cukup.
>>Mesin tradisional yg masih pake boring silinder dari baja merupakan mesin yg gak pilih-pilih oli tapi kalau pake PCMO/HDEO akan sangat membantu peningkatan kehalusan mesin, tingkat penguapan oli hingga pengiritan biaya.
>>Kalau dengan oli sekarang kok dirasa masih banyak penguapan, coba pake HDEO (Heavy Duty Engine Oil) dulu alias oli buat mesin diesel yg memang dirancang tahan penguapan. Biasanya sih penguapan akan terobati. Tapi kalau nggak terobati juga ya kemungkinannya antara mesinnya emang gitu atau udah saatnya overhaul enjin. :big_biglaugh:

Sejauh ini saya baru pernah pake PCMO Pertamina Fastron Techno 10w-40. Itupun di motor harian dan hanya sekali.
Setelahnya ya cuma pake HDEO dengan alasan harga HDEO ritel lebih murah daripada PCMO sekelas Fastron.
kalau motor bebek yang butuh jaso ma pakai hdeo atau pcmo gimana om?
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9739
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

c_adhi_k wrote: Thu Feb 15, 2024 3:21
esaka wrote: Thu Feb 15, 2024 2:47
t105erd wrote: Wed Feb 14, 2024 14:24

Wah ada lagi ini aliran kepercayaan baru warga SM :big_biglaugh:

kalo di motor yamaha bebek saya sih emang udah sering pakai shell rimula :big_okay:
Sebenarnya bukan aliran baru di SM om... :big_biglaugh:
Suhu GajahTerbang alias Turboman itu dulu juga jadi edukator sepuh di kaskus trit oli sesat...
PCMO ama HDEO di lokalan sini spek-nya sama dengan spek global, jadinya ya lebih superior daripada MCO (Motor Cycle Oil) kayak MPX, Castrol, dan YLube. MCO di luar negeri tuh malah lebih murah dengan spek yg mirip ama PCMO, makanya kadang di luaran ada aliran sesat pake oli motor buat mobil. :big_biglaugh:
Buat penghuni baru SM yg kebetulan baca posting ini, saya mau berbagi info terkait oli mesin yg masih saya ingat dari postingan lama suhu Turbo :
>>Penguapan oli tidak selamanya karena olinya jelek. Karakter mesin cukup menentukan, contohnya di mesin-mesin motor Yamaha dan BMW.
>>Inreyen mesin dengan oli sembarangan bisa bikin enjin jadi vampir oli. Terlebih jika mesinnya pake teknologi coating khusus kayak SCAM eh SCEM, Diasil, Nikasil, dll disarankan pake oli dengan kandungan Mo (Molybdenum) yg cukup.
>>Mesin tradisional yg masih pake boring silinder dari baja merupakan mesin yg gak pilih-pilih oli tapi kalau pake PCMO/HDEO akan sangat membantu peningkatan kehalusan mesin, tingkat penguapan oli hingga pengiritan biaya.
>>Kalau dengan oli sekarang kok dirasa masih banyak penguapan, coba pake HDEO (Heavy Duty Engine Oil) dulu alias oli buat mesin diesel yg memang dirancang tahan penguapan. Biasanya sih penguapan akan terobati. Tapi kalau nggak terobati juga ya kemungkinannya antara mesinnya emang gitu atau udah saatnya overhaul enjin. :big_biglaugh:

Sejauh ini saya baru pernah pake PCMO Pertamina Fastron Techno 10w-40. Itupun di motor harian dan hanya sekali.
Setelahnya ya cuma pake HDEO dengan alasan harga HDEO ritel lebih murah daripada PCMO sekelas Fastron.
kalau motor bebek yang butuh jaso ma pakai hdeo atau pcmo gimana om?
bisa aja,
lihat sertifikasinya yg juga comply ke Jaso MA.

contohnya ini kyukyu PCMO 5w40 tp comply ke motor kopling.
https://www.q8oils.com/wp-content/uploa ... 0_en-2.pdf
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1156
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by t105erd »

c_adhi_k wrote: Thu Feb 15, 2024 3:21
esaka wrote: Thu Feb 15, 2024 2:47
t105erd wrote: Wed Feb 14, 2024 14:24

Wah ada lagi ini aliran kepercayaan baru warga SM :big_biglaugh:

kalo di motor yamaha bebek saya sih emang udah sering pakai shell rimula :big_okay:
Sebenarnya bukan aliran baru di SM om... :big_biglaugh:
Suhu GajahTerbang alias Turboman itu dulu juga jadi edukator sepuh di kaskus trit oli sesat...
PCMO ama HDEO di lokalan sini spek-nya sama dengan spek global, jadinya ya lebih superior daripada MCO (Motor Cycle Oil) kayak MPX, Castrol, dan YLube. MCO di luar negeri tuh malah lebih murah dengan spek yg mirip ama PCMO, makanya kadang di luaran ada aliran sesat pake oli motor buat mobil. :big_biglaugh:
Buat penghuni baru SM yg kebetulan baca posting ini, saya mau berbagi info terkait oli mesin yg masih saya ingat dari postingan lama suhu Turbo :
>>Penguapan oli tidak selamanya karena olinya jelek. Karakter mesin cukup menentukan, contohnya di mesin-mesin motor Yamaha dan BMW.
>>Inreyen mesin dengan oli sembarangan bisa bikin enjin jadi vampir oli. Terlebih jika mesinnya pake teknologi coating khusus kayak SCAM eh SCEM, Diasil, Nikasil, dll disarankan pake oli dengan kandungan Mo (Molybdenum) yg cukup.
>>Mesin tradisional yg masih pake boring silinder dari baja merupakan mesin yg gak pilih-pilih oli tapi kalau pake PCMO/HDEO akan sangat membantu peningkatan kehalusan mesin, tingkat penguapan oli hingga pengiritan biaya.
>>Kalau dengan oli sekarang kok dirasa masih banyak penguapan, coba pake HDEO (Heavy Duty Engine Oil) dulu alias oli buat mesin diesel yg memang dirancang tahan penguapan. Biasanya sih penguapan akan terobati. Tapi kalau nggak terobati juga ya kemungkinannya antara mesinnya emang gitu atau udah saatnya overhaul enjin. :big_biglaugh:

Sejauh ini saya baru pernah pake PCMO Pertamina Fastron Techno 10w-40. Itupun di motor harian dan hanya sekali.
Setelahnya ya cuma pake HDEO dengan alasan harga HDEO ritel lebih murah daripada PCMO sekelas Fastron.
kalau motor bebek yang butuh jaso ma pakai hdeo atau pcmo gimana om?
pakai oli diesel aja, atau sekarang kan ada sertifikasi ACEA tuh bisa di pakai juga yg A3/B4 kalo ga salah. PCMO juga boleh, baca2 yang ga boleh yg ada ilsac nya.
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1156
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by t105erd »

esaka wrote: Thu Feb 15, 2024 2:47
t105erd wrote: Wed Feb 14, 2024 14:24
esaka wrote: Wed Feb 14, 2024 13:22
Gileee, ada oli keraton dan selain itu banyak oli kelas menengah.
Ada common denominator mengapa sampe merk keraton yg API SN masih dirasa kurang.
Yep. Bensinnya masih pake Pertalite.
Percayalah, bensin seperti itu akan membuat oli keraton jadi serasa Meditran SC.
Pertamax aja kalau berdasarkan hasil investigasi suhu Turboman, kualitasnya termasuk 1 bar below par kok dibanding kompetitornya.
Tapi namanya butt-o-meter tiap orang ya emang beda.
Saya pake pertalite, PTT Dynamic Commonrail 5w-30 aja jadi beda tipis ama DelvacMX. (Saya penganut aliran sesat, apapun boilnya pakenya wajib HDEO)
Wah ada lagi ini aliran kepercayaan baru warga SM :big_biglaugh:

kalo di motor yamaha bebek saya sih emang udah sering pakai shell rimula :big_okay:
Sebenarnya bukan aliran baru di SM om... :big_biglaugh:
Suhu GajahTerbang alias Turboman itu dulu juga jadi edukator sepuh di kaskus trit oli sesat...
PCMO ama HDEO di lokalan sini spek-nya sama dengan spek global, jadinya ya lebih superior daripada MCO (Motor Cycle Oil) kayak MPX, Castrol, dan YLube. MCO di luar negeri tuh malah lebih murah dengan spek yg mirip ama PCMO, makanya kadang di luaran ada aliran sesat pake oli motor buat mobil. :big_biglaugh:
Buat penghuni baru SM yg kebetulan baca posting ini, saya mau berbagi info terkait oli mesin yg masih saya ingat dari postingan lama suhu Turbo :
>>Penguapan oli tidak selamanya karena olinya jelek. Karakter mesin cukup menentukan, contohnya di mesin-mesin motor Yamaha dan BMW.
>>Inreyen mesin dengan oli sembarangan bisa bikin enjin jadi vampir oli. Terlebih jika mesinnya pake teknologi coating khusus kayak SCAM eh SCEM, Diasil, Nikasil, dll disarankan pake oli dengan kandungan Mo (Molybdenum) yg cukup.
>>Mesin tradisional yg masih pake boring silinder dari baja merupakan mesin yg gak pilih-pilih oli tapi kalau pake PCMO/HDEO akan sangat membantu peningkatan kehalusan mesin, tingkat penguapan oli hingga pengiritan biaya.
>>Kalau dengan oli sekarang kok dirasa masih banyak penguapan, coba pake HDEO (Heavy Duty Engine Oil) dulu alias oli buat mesin diesel yg memang dirancang tahan penguapan. Biasanya sih penguapan akan terobati. Tapi kalau nggak terobati juga ya kemungkinannya antara mesinnya emang gitu atau udah saatnya overhaul enjin. :big_biglaugh:

Sejauh ini saya baru pernah pake PCMO Pertamina Fastron Techno 10w-40. Itupun di motor harian dan hanya sekali.
Setelahnya ya cuma pake HDEO dengan alasan harga HDEO ritel lebih murah daripada PCMO sekelas Fastron.
padahal Yamaha Jupiter Z1 saya ga pakai diasil, tapi kok tetep aja nyusut olinya, apa karena piston nya model forged yah? dan km juga udah tinggi (hampir 90rb km). Mana kemarin sempet mogok mati total gara loss kompresi :big_biglaugh:
AGSA
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Fri Jan 10, 2014 18:26

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by AGSA »

Mau minta saran dan pendapat dengan range harga yg sama lebih rekomen mana antara bardahl s9 5w-30 dengan total quartz 9000 5w-30?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9739
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

AGSA wrote: Thu Feb 15, 2024 4:22 Mau minta saran dan pendapat dengan range harga yg sama lebih rekomen mana antara bardahl s9 5w-30 dengan total quartz 9000 5w-30?
untuk mesin apa?

klo non turbo bensin, atau diesel turbo
Fastron Gold 5w30.

10rb km lalin mixed, gass.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Chr1stm1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 527
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: All New Veloz 2022 ANR 2018 Avanza K3VE 2011 Wuling Confero S ACT 2020

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Chr1stm1 »

AGSA wrote: Thu Feb 15, 2024 4:22 Mau minta saran dan pendapat dengan range harga yg sama lebih rekomen mana antara bardahl s9 5w-30 dengan total quartz 9000 5w-30?
Pertimbangkan jg shell ultra 5w30 api SP, v100 9,8cst jadi enteng