[Tanya] Rush G A/T Mundur Jedug
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Sat Jan 13, 2024 1:33
[Tanya] Rush G A/T Mundur Jedug
Sungkem sama suhu2 di sini,
Baru ngangkut mobil lama tahun 2015an Toyota Rush A/T
Pas ane angkut service recordnya di beres sampai tahun 2020an
Setelah itu mungkin ganti pemiliknya,
Pas ane angkut nggak ada masalah yg gimana-gimana, kecuali rembes di oli karter mesin
Singkat cerita, ane bawa ke carfix, alhamdulilah si oli sekarang gak rembes2 lagi, bocornya di pipa deket oli karter mesin, ane kira seal karternya yg udah usang
Ane geret itu mobil ke carfix buat benerin rembes sama tune up, karena oli mesin udah kotor jadinya di gurah tu, terus oli matic kata SA carfix masih bisa buat 10k km lagi, ane belum ngerti 10k km berapa lama itu, maklum masih belajar
Nah gara2 nunggu balik nama sama mutasi luar daerah, sekitar 1 mingguan, mobilnya cuma ane panasin, gak dibawa kemana-mana, ane takut ditangkep soalnya stnk belum jadi
Eh setelah itu pas ane nyalain, pindah gigi dari P ke R, atau dari N ke R, atau dari D ke R
ada bunyi dulu, 'uiiiiiitttt' sekitar 3 detik, baru lah mobil mundur,
dan pas mundur ane kaget, berasa nyentak gitu sedikit, pas mesin masih 2-3 menit nyala
ane bawa jalan-jalan keliling komplek buat nyoba mastiin, dan kalau mesin udah panas, nyentak pindah ke gigi R berasa parah, ampe kayak goyang
tapi pindah antar gigi lainnya nggak ada masalah, tetep responsive, cuma pindah ke gigi R aja, ada suara uiiiiiiittttttt, terus nyentak ngagetin
suhu-suhu di sini bisa minta tolong diramal, kira2 yang perlu diperbaiki apanya ya?
ane udah coba googling sini googling sana
1. katanya gara2 rembes oli matic, oli jadi berkurang, bisa buat jedug mundur, atau oli matic udah kotor, soalnya data service los dar 2020an, ane tau dari carfix, ini oli matic gak usah di flush, tunggu 10k km lagi katanya
2. katanya dari sikring buat pindah ke gigi mundur?
3. kata (istri ane) ane kurang smooth ganti gigi, pas di bawa ke puncak kan nanjak tuh, ganti gigi ke D 3 L S grasak grusuk
4. apa seal di dalem maticnya udah harus diganti?
5. apa maticnya yang udah kena? sekitar 1.5 bulan semenjak ane angkut, maticnya baik2 aja gak ngagetin
cara ane parkir, depan rumah ane agak nanjak sikit, pas ane parkir, selalu pindah ke gigi N dulu, tarik tuas rem tangan sama injek rem kaki, lepasin rem kaki, kalau udah berasa 'ngek sikit' baru pindah ke P
kira-kira dari suhu2 yang sudah berpengalaman ane musti ganti apa ya, dan kira2 perbaikannya berapa
kalau penyebabnya dari nomor 1, bisa nggak kalau kita ke bengkel cuma tambah oli, nggak full ganti 3-4 liter, sama nggak flushing
terima kasih suhu2 mohon petunjuk buat newbie ini
Baru ngangkut mobil lama tahun 2015an Toyota Rush A/T
Pas ane angkut service recordnya di beres sampai tahun 2020an
Setelah itu mungkin ganti pemiliknya,
Pas ane angkut nggak ada masalah yg gimana-gimana, kecuali rembes di oli karter mesin
Singkat cerita, ane bawa ke carfix, alhamdulilah si oli sekarang gak rembes2 lagi, bocornya di pipa deket oli karter mesin, ane kira seal karternya yg udah usang
Ane geret itu mobil ke carfix buat benerin rembes sama tune up, karena oli mesin udah kotor jadinya di gurah tu, terus oli matic kata SA carfix masih bisa buat 10k km lagi, ane belum ngerti 10k km berapa lama itu, maklum masih belajar
Nah gara2 nunggu balik nama sama mutasi luar daerah, sekitar 1 mingguan, mobilnya cuma ane panasin, gak dibawa kemana-mana, ane takut ditangkep soalnya stnk belum jadi
Eh setelah itu pas ane nyalain, pindah gigi dari P ke R, atau dari N ke R, atau dari D ke R
ada bunyi dulu, 'uiiiiiitttt' sekitar 3 detik, baru lah mobil mundur,
dan pas mundur ane kaget, berasa nyentak gitu sedikit, pas mesin masih 2-3 menit nyala
ane bawa jalan-jalan keliling komplek buat nyoba mastiin, dan kalau mesin udah panas, nyentak pindah ke gigi R berasa parah, ampe kayak goyang
tapi pindah antar gigi lainnya nggak ada masalah, tetep responsive, cuma pindah ke gigi R aja, ada suara uiiiiiiittttttt, terus nyentak ngagetin
suhu-suhu di sini bisa minta tolong diramal, kira2 yang perlu diperbaiki apanya ya?
ane udah coba googling sini googling sana
1. katanya gara2 rembes oli matic, oli jadi berkurang, bisa buat jedug mundur, atau oli matic udah kotor, soalnya data service los dar 2020an, ane tau dari carfix, ini oli matic gak usah di flush, tunggu 10k km lagi katanya
2. katanya dari sikring buat pindah ke gigi mundur?
3. kata (istri ane) ane kurang smooth ganti gigi, pas di bawa ke puncak kan nanjak tuh, ganti gigi ke D 3 L S grasak grusuk
4. apa seal di dalem maticnya udah harus diganti?
5. apa maticnya yang udah kena? sekitar 1.5 bulan semenjak ane angkut, maticnya baik2 aja gak ngagetin
cara ane parkir, depan rumah ane agak nanjak sikit, pas ane parkir, selalu pindah ke gigi N dulu, tarik tuas rem tangan sama injek rem kaki, lepasin rem kaki, kalau udah berasa 'ngek sikit' baru pindah ke P
kira-kira dari suhu2 yang sudah berpengalaman ane musti ganti apa ya, dan kira2 perbaikannya berapa
kalau penyebabnya dari nomor 1, bisa nggak kalau kita ke bengkel cuma tambah oli, nggak full ganti 3-4 liter, sama nggak flushing
terima kasih suhu2 mohon petunjuk buat newbie ini
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2555
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: [Tanya] Rush G A/T Mundur Jedug
Artinya mobilnya minta duuuuuiiittttt
Bcanda om.. wkwkwkw
itu coba aja cek dulu oli maticnya ud pernah diganti dari baru beli (sama pemilik lama) apa belom. Klo blom ya di kuras smua ganti baru biar fresh lagi
Odonya udah brp memang ?
Atau bawa ke auto2000 klo kg paham. Minta check full inspection supaya ketauan apa aja kondisi minus2 yg perlu di restore, seinget ane skitar 300 ribuan deh .. pengerjaan 2-3 jam
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Sat Jan 13, 2024 1:33
Re: [Tanya] Rush G A/T Mundur Jedug
aduh minta jajan ya ini,KielConstantine wrote: ↑Sat Jan 13, 2024 5:54Artinya mobilnya minta duuuuuiiittttt
Bcanda om.. wkwkwkw
itu coba aja cek dulu oli maticnya ud pernah diganti dari baru beli (sama pemilik lama) apa belom. Klo blom ya di kuras smua ganti baru biar fresh lagi
Odonya udah brp memang ?
Atau bawa ke auto2000 klo kg paham. Minta check full inspection supaya ketauan apa aja kondisi minus2 yg perlu di restore, seinget ane skitar 300 ribuan deh .. pengerjaan 2-3 jam
odonya 150ribuan suhu, padahal pas pertama kali ngangkut baik2 aja
berarti mending ke auto2000 aja ya buat scan2
siap suhu, terima kasih sarannya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 540
- Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
- Location: Bandung & Jakarta
- Daily Vehicle: All New Veloz 2022 ANR 2018 Avanza K3VE 2011 Wuling Confero S ACT 2020
Re: [Tanya] Rush G A/T Mundur Jedug
4AT Toyota jarang ngelunjak Om, coba aja cek dipstick, volume oli apakah sesuai? Warna dan aroma apakah masih merah dan tdk bau hangus?kotahujan wrote: ↑Sat Jan 13, 2024 5:07 Sungkem sama suhu2 di sini,
Baru ngangkut mobil lama tahun 2015an Toyota Rush A/T
Pas ane angkut service recordnya di beres sampai tahun 2020an
Setelah itu mungkin ganti pemiliknya,
Pas ane angkut nggak ada masalah yg gimana-gimana, kecuali rembes di oli karter mesin
Singkat cerita, ane bawa ke carfix, alhamdulilah si oli sekarang gak rembes2 lagi, bocornya di pipa deket oli karter mesin, ane kira seal karternya yg udah usang
Ane geret itu mobil ke carfix buat benerin rembes sama tune up, karena oli mesin udah kotor jadinya di gurah tu, terus oli matic kata SA carfix masih bisa buat 10k km lagi, ane belum ngerti 10k km berapa lama itu, maklum masih belajar
Nah gara2 nunggu balik nama sama mutasi luar daerah, sekitar 1 mingguan, mobilnya cuma ane panasin, gak dibawa kemana-mana, ane takut ditangkep soalnya stnk belum jadi
Eh setelah itu pas ane nyalain, pindah gigi dari P ke R, atau dari N ke R, atau dari D ke R
ada bunyi dulu, 'uiiiiiitttt' sekitar 3 detik, baru lah mobil mundur,
dan pas mundur ane kaget, berasa nyentak gitu sedikit, pas mesin masih 2-3 menit nyala
ane bawa jalan-jalan keliling komplek buat nyoba mastiin, dan kalau mesin udah panas, nyentak pindah ke gigi R berasa parah, ampe kayak goyang
tapi pindah antar gigi lainnya nggak ada masalah, tetep responsive, cuma pindah ke gigi R aja, ada suara uiiiiiiittttttt, terus nyentak ngagetin
suhu-suhu di sini bisa minta tolong diramal, kira2 yang perlu diperbaiki apanya ya?
ane udah coba googling sini googling sana
1. katanya gara2 rembes oli matic, oli jadi berkurang, bisa buat jedug mundur, atau oli matic udah kotor, soalnya data service los dar 2020an, ane tau dari carfix, ini oli matic gak usah di flush, tunggu 10k km lagi katanya
2. katanya dari sikring buat pindah ke gigi mundur?
3. kata (istri ane) ane kurang smooth ganti gigi, pas di bawa ke puncak kan nanjak tuh, ganti gigi ke D 3 L S grasak grusuk
4. apa seal di dalem maticnya udah harus diganti?
5. apa maticnya yang udah kena? sekitar 1.5 bulan semenjak ane angkut, maticnya baik2 aja gak ngagetin
cara ane parkir, depan rumah ane agak nanjak sikit, pas ane parkir, selalu pindah ke gigi N dulu, tarik tuas rem tangan sama injek rem kaki, lepasin rem kaki, kalau udah berasa 'ngek sikit' baru pindah ke P
kira-kira dari suhu2 yang sudah berpengalaman ane musti ganti apa ya, dan kira2 perbaikannya berapa
kalau penyebabnya dari nomor 1, bisa nggak kalau kita ke bengkel cuma tambah oli, nggak full ganti 3-4 liter, sama nggak flushing
terima kasih suhu2 mohon petunjuk buat newbie ini
Hal pertama kalau sy sih flush oli maticnya aja..kalau masih jedug cek body valve, biasanya ada mampet
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11068
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1279
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: [Tanya] Rush G A/T Mundur Jedug
Mungkin dah berkurang volumenya
Coba flush/top up dulu aja
Tapi dah 150rb ya ga ada ruginya overhaul matic sekalian
Coba flush/top up dulu aja
Tapi dah 150rb ya ga ada ruginya overhaul matic sekalian
Smileage lebih penting dari mileage
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1524
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: [Tanya] Rush G A/T Mundur Jedug
Kalo odo-nya bener 150rb...feeling sy koq blm perlu overhaul transmisi ya....matik jadul toyota ni setau sy kuat
Drpd flush...mgkn kl sy akan coba bersihin body valve plus ganti filter dl....atau paling bener konsul bengkel matik mgkn suhu2 di sini ada rekomendasi
Drpd flush...mgkn kl sy akan coba bersihin body valve plus ganti filter dl....atau paling bener konsul bengkel matik mgkn suhu2 di sini ada rekomendasi
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Sat Jan 13, 2024 1:33
Re: [Tanya] Rush G A/T Mundur Jedug
siap suhu,sy coba dulu yang ini, terima kasih sarannya
rencana besok mau ke bengkel sekalian di scan2
semoga bukan maticnya yg kena
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Sat Jan 13, 2024 1:33
Re: [Tanya] Rush G A/T Mundur Jedug
siap suhu, rencana besok sekalian mau di bawa ke bengkel, mudah2an dari oli aja yg kurang, memang pernah rembes sebelumnya
terima kasih suhu sarannya
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Sat Jan 13, 2024 1:33
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 547
- Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12
Re: [Tanya] Rush G A/T Mundur Jedug
Setuju. Overhaul / turun matic itunlangkah terakhir. Girbox matic itu kuat, tidak mudah rusak, harus pastikan memang maticnya bermasalah baru turun matic. Saya pernah ada kejadian bunyi klatak kalau pindah gigi dari N ke D atau N ke R di grand livina, sama sama 4AT juga maticnya, penyebabnya engine mounting dan transmisi mountingnya yang sudah rusak, setelah ganti engine mounting dan transmisi mounting masalah hilang sampai skrg.
Kalau saya
1. Pastikan volume oli matic sesuai seperti saran suhu suhu diatas.
2. Kalai volume oli sdh sesuai dan masih jedug beli aditif matic merk autopro atau merk lain., banyak dijual di toped kisaran harga 75rb per botol.
Teman saya di grand livina maticnya delay sembuh dengan pakai 2 botol aditif matic. Ini solusi paling murah untuk di coba
3. Periksa engine mounting dan transmisi mounting
4. Kalau tidak sembuh dengan semua langkah diatas : flushing oli matic + bersihkan strainer (filter oli matic) kira kira total biaya 1.5 jutaan
5. Ke beberapa spesialis matic, jgn hanya ke 1 tempat saja untuk memastikan tidak salah diagnosa.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 547
- Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12
Re: [Tanya] Rush G A/T Mundur Jedug
Saya sdh kasih saran diatas itu om, berdasarkan pengalaman sendiri dan pengalaman temen deket sendiri. Jangan gampang gampangan turun matic, overhaul matic itu adalah langkah terakhir.kotahujan wrote: ↑Sat Jan 13, 2024 5:07 Sungkem sama suhu2 di sini,
Baru ngangkut mobil lama tahun 2015an Toyota Rush A/T
Pas ane angkut service recordnya di beres sampai tahun 2020an
Setelah itu mungkin ganti pemiliknya,
Pas ane angkut nggak ada masalah yg gimana-gimana, kecuali rembes di oli karter mesin
Singkat cerita, ane bawa ke carfix, alhamdulilah si oli sekarang gak rembes2 lagi, bocornya di pipa deket oli karter mesin, ane kira seal karternya yg udah usang
Ane geret itu mobil ke carfix buat benerin rembes sama tune up, karena oli mesin udah kotor jadinya di gurah tu, terus oli matic kata SA carfix masih bisa buat 10k km lagi, ane belum ngerti 10k km berapa lama itu, maklum masih belajar
Nah gara2 nunggu balik nama sama mutasi luar daerah, sekitar 1 mingguan, mobilnya cuma ane panasin, gak dibawa kemana-mana, ane takut ditangkep soalnya stnk belum jadi
Eh setelah itu pas ane nyalain, pindah gigi dari P ke R, atau dari N ke R, atau dari D ke R
ada bunyi dulu, 'uiiiiiitttt' sekitar 3 detik, baru lah mobil mundur,
dan pas mundur ane kaget, berasa nyentak gitu sedikit, pas mesin masih 2-3 menit nyala
ane bawa jalan-jalan keliling komplek buat nyoba mastiin, dan kalau mesin udah panas, nyentak pindah ke gigi R berasa parah, ampe kayak goyang
tapi pindah antar gigi lainnya nggak ada masalah, tetep responsive, cuma pindah ke gigi R aja, ada suara uiiiiiiittttttt, terus nyentak ngagetin
suhu-suhu di sini bisa minta tolong diramal, kira2 yang perlu diperbaiki apanya ya?
ane udah coba googling sini googling sana
1. katanya gara2 rembes oli matic, oli jadi berkurang, bisa buat jedug mundur, atau oli matic udah kotor, soalnya data service los dar 2020an, ane tau dari carfix, ini oli matic gak usah di flush, tunggu 10k km lagi katanya
2. katanya dari sikring buat pindah ke gigi mundur?
3. kata (istri ane) ane kurang smooth ganti gigi, pas di bawa ke puncak kan nanjak tuh, ganti gigi ke D 3 L S grasak grusuk
4. apa seal di dalem maticnya udah harus diganti?
5. apa maticnya yang udah kena? sekitar 1.5 bulan semenjak ane angkut, maticnya baik2 aja gak ngagetin
cara ane parkir, depan rumah ane agak nanjak sikit, pas ane parkir, selalu pindah ke gigi N dulu, tarik tuas rem tangan sama injek rem kaki, lepasin rem kaki, kalau udah berasa 'ngek sikit' baru pindah ke P
kira-kira dari suhu2 yang sudah berpengalaman ane musti ganti apa ya, dan kira2 perbaikannya berapa
kalau penyebabnya dari nomor 1, bisa nggak kalau kita ke bengkel cuma tambah oli, nggak full ganti 3-4 liter, sama nggak flushing
terima kasih suhu2 mohon petunjuk buat newbie ini
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Sat Jan 13, 2024 1:33
Re: [Tanya] Rush G A/T Mundur Jedug
siap suhu, hari ini ane melaksanakan beberapa saran suhukotahujan wrote: ↑Sat Jan 13, 2024 5:07 Setuju. Overhaul / turun matic itunlangkah terakhir. Girbox matic itu kuat, tidak mudah rusak, harus pastikan memang maticnya bermasalah baru turun matic. Saya pernah ada kejadian bunyi klatak kalau pindah gigi dari N ke D atau N ke R di grand livina, sama sama 4AT juga maticnya, penyebabnya engine mounting dan transmisi mountingnya yang sudah rusak, setelah ganti engine mounting dan transmisi mounting masalah hilang sampai skrg.
Kalau saya
1. Pastikan volume oli matic sesuai seperti saran suhu suhu diatas.
2. Kalai volume oli sdh sesuai dan masih jedug beli aditif matic merk autopro atau merk lain., banyak dijual di toped kisaran harga 75rb per botol.
Teman saya di grand livina maticnya delay sembuh dengan pakai 2 botol aditif matic. Ini solusi paling murah untuk di coba
3. Periksa engine mounting dan transmisi mounting
4. Kalau tidak sembuh dengan semua langkah diatas : flushing oli matic + bersihkan strainer (filter oli matic) kira kira total biaya 1.5 jutaan
5. Ke beberapa spesialis matic, jgn hanya ke 1 tempat saja untuk memastikan tidak salah diagnosa.
Saya sdh kasih saran diatas itu om, berdasarkan pengalaman sendiri dan pengalaman temen deket sendiri. Jangan gampang gampangan turun matic, overhaul matic itu adalah langkah terakhir.
ini hasil setelah ke beberapa bengkel
oli udah ane cek sendiri, masih merah dan nggak ada bau gosong , volumenya masih normal nggak kurang,1. Pastikan volume oli matic sesuai seperti saran suhu suhu diatas.
udah coba ane bawa ke shop n drive buat jaga2 oli kurang atau perlu diganti, mereka bilang masi bagus
ini udah dicek di carfix sama bengkel, nggak ada masalah sama ini3. Periksa engine mounting dan transmisi mounting
ini udah ane mau coba ke shop n drive, mereka bilang belum perlu buat di flushing, tapi nanti ane coba kalau setelah nomor 2 belum berhasil4. Kalau tidak sembuh dengan semua langkah diatas : flushing oli matic + bersihkan strainer (filter oli matic) kira kira total biaya 1.5 jutaan
yang ini ane masi nunggu barangnya sampai ke rumah suhu, langsung dicoba nanti2. Kalai volume oli sdh sesuai dan masih jedug beli aditif matic merk autopro atau merk lain., banyak dijual di toped kisaran harga 75rb per botol.
Teman saya di grand livina maticnya delay sembuh dengan pakai 2 botol aditif matic. Ini solusi paling murah untuk di coba
ane hari ini coba ke carfix, shopndrive, 2 bengkel,
mereka bilang maticnya musti turun, biayanya beragam mulai dari 7.5 sampai 8.5
mudah2an setelah cairan ADDITIVEnya sampai, bisa sembuh mobilnya,
terima kasih suhu saran2nya
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 175
- Joined: Sun Sep 11, 2016 17:37
Re: [Tanya] Rush G A/T Mundur Jedug
Saya pernah di 2KD sampai setiap kali masuk D, mesin langsung mati, mirip seperti mobil manual yang koplingnya dilepas mendadak.
Ke bengkel matik disarankan bongkar total.
Kemudian ke bengkel teman, disarankan bongkar body valve saja, bersihkan, ganti gasket, ganti oli.
Setelah dibersihkan, transmisi jedug, jadi dibongkar lagi.
Semua lubang di body valve dibersihkan lagi dan pegas, dicek semua.
Setelah dipasang ulang, baru lancar.
Moral of the story, jangan cepat bongkar total, mulai dari yang sederhana dulu...
Ke bengkel matik disarankan bongkar total.
Kemudian ke bengkel teman, disarankan bongkar body valve saja, bersihkan, ganti gasket, ganti oli.
Setelah dibersihkan, transmisi jedug, jadi dibongkar lagi.
Semua lubang di body valve dibersihkan lagi dan pegas, dicek semua.
Setelah dipasang ulang, baru lancar.
Moral of the story, jangan cepat bongkar total, mulai dari yang sederhana dulu...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 625
- Joined: Sun Jun 14, 2020 6:46
- Location: Jkt
- Daily Vehicle: honda
Re: [Tanya] Rush G A/T Mundur Jedug
*ga menjawab tp saran sedikit aja*
kalo ke bengkel, sekalian ganti cairan yg lain aja om
oli transmisi, brake fluid, coolant, oli gardan dll....
btw emon masi bagus?
kalo ke bengkel, sekalian ganti cairan yg lain aja om
oli transmisi, brake fluid, coolant, oli gardan dll....
btw emon masi bagus?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 302
- Joined: Wed May 11, 2016 8:40
Re: [Tanya] Rush G A/T Mundur Jedug
Coba ganti oli maticnya om. Curiganya belom pernah diganti lagi dari 2020 (padahal harusnya ganti tiap 20k/setahun) atau mau langsung kuras juga gapapa. Kalau masih begitu setelah flush coba pake aditif matic. Dulu grand livina saya delay pas pagi, dikasih aditif langsung sehat
-
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Sat Jan 13, 2024 1:33
Re: [Tanya] Rush G A/T Mundur Jedug
aditif matic udah sampai tadi sore, langsung ane jejelin ke mobilGreenhunter wrote: ↑Sat Jan 13, 2024 14:06Setuju. Overhaul / turun matic itunlangkah terakhir. Girbox matic itu kuat, tidak mudah rusak, harus pastikan memang maticnya bermasalah baru turun matic. Saya pernah ada kejadian bunyi klatak kalau pindah gigi dari N ke D atau N ke R di grand livina, sama sama 4AT juga maticnya, penyebabnya engine mounting dan transmisi mountingnya yang sudah rusak, setelah ganti engine mounting dan transmisi mounting masalah hilang sampai skrg.
Kalau saya
1. Pastikan volume oli matic sesuai seperti saran suhu suhu diatas.
2. Kalai volume oli sdh sesuai dan masih jedug beli aditif matic merk autopro atau merk lain., banyak dijual di toped kisaran harga 75rb per botol.
Teman saya di grand livina maticnya delay sembuh dengan pakai 2 botol aditif matic. Ini solusi paling murah untuk di coba
3. Periksa engine mounting dan transmisi mounting
4. Kalau tidak sembuh dengan semua langkah diatas : flushing oli matic + bersihkan strainer (filter oli matic) kira kira total biaya 1.5 jutaan
5. Ke beberapa spesialis matic, jgn hanya ke 1 tempat saja untuk memastikan tidak salah diagnosa.
tunggu 20 menitan sambil nunggu ibu negara pulang, terus diajak jalan2 nyari bakso
delay sama jedugnya masih ada tapi udah berkurang
pas mau udahan makan bakso, mundur udah lancar lagi,
masuk garasi di rumah, dicoba mundur2 beberapa kali gak ada delay sama jedug lagi dong
makasi banyak suhu sarannya, , mudah2an normal seterusnya
nyelametin 8jeti keluar, sungkem sama suhu
pas pertama ngangkut udah ane bawa ke bengkel om, minta ditune up lengkap, cairan yg kuras oli mesin aja, yg lainnya masih bagus sama full kata om2 dibengkelnyadiidoot wrote: ↑Mon Jan 15, 2024 7:01 Coba ganti oli maticnya om. Curiganya belom pernah diganti lagi dari 2020 (padahal harusnya ganti tiap 20k/setahun) atau mau langsung kuras juga gapapa. Kalau masih begitu setelah flush coba pake aditif matic. Dulu grand livina saya delay pas pagi, dikasih aditif langsung sehat
kemarin ane minta ganti oli matic di snd sama c*rfix, pas diperiksa masi bagus sama full volumenya
siap suhu, cairan2 yg lain aman, udah ke bengkel pas kemarin pertama kali angkut
berhubung oli matic masi bagus, jadi belum ane kuras suhu, oli mesin aja yg dikuras pas tuneup pertama kali angkut ini atoyotdiidoot wrote: ↑Mon Jan 15, 2024 7:01 Coba ganti oli maticnya om. Curiganya belom pernah diganti lagi dari 2020 (padahal harusnya ganti tiap 20k/setahun) atau mau langsung kuras juga gapapa. Kalau masih begitu setelah flush coba pake aditif matic. Dulu grand livina saya delay pas pagi, dikasih aditif langsung sehat
bener suhu, hari ini aditif matic baru sampai, udah ane isi, dan nggak butuh waktu lama
normal lagi, pas pindah ke gigi R, biasanya ada suara dulu, makin panas mesin makin parah jedugnya
tadi pas pindah ke gigi R, nggak ada delay lagi, jedug juga ilang, langsung mundur pas dilepas rem kaki
terima kasih suhu2 semuanya, jadi pengalaman buat ane yg masih newbie
ane nanti update lagi kalau kenapa2,
tapi mudah2an normal seterusnya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 547
- Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12
Re: [Tanya] Rush G A/T Mundur Jedug
Senang mendengar update hasilnya dan bisa menghindari jebakan betmen turun matic. Kalimat ajaib bengkel : "turun matic"kotahujan wrote: ↑Tue Jan 16, 2024 14:22 aditif matic udah sampai tadi sore, langsung ane jejelin ke mobil
tunggu 20 menitan sambil nunggu ibu negara pulang, terus diajak jalan2 nyari bakso
delay sama jedugnya masih ada tapi udah berkurang
pas mau udahan makan bakso, mundur udah lancar lagi,
masuk garasi di rumah, dicoba mundur2 beberapa kali gak ada delay sama jedug lagi dong
makasi banyak suhu sarannya, , mudah2an normal seterusnya
nyelametin 8jeti keluar, sungkem sama suhu
BTW, akhirnya pakai aditif merk apa dan pemakaian berapa botol ? Buat tambahan referensi teman² semua disini.
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Sat Jan 13, 2024 1:33
Re: [Tanya] Rush G A/T Mundur Jedug
bikin dompet teriak2 suhu denger kata turun maticGreenhunter wrote: ↑Tue Jan 16, 2024 23:30Senang mendengar update hasilnya dan bisa menghindari jebakan betmen turun matic. Kalimat ajaib bengkel : "turun matic"kotahujan wrote: ↑Tue Jan 16, 2024 14:22 aditif matic udah sampai tadi sore, langsung ane jejelin ke mobil
tunggu 20 menitan sambil nunggu ibu negara pulang, terus diajak jalan2 nyari bakso
delay sama jedugnya masih ada tapi udah berkurang
pas mau udahan makan bakso, mundur udah lancar lagi,
masuk garasi di rumah, dicoba mundur2 beberapa kali gak ada delay sama jedug lagi dong
makasi banyak suhu sarannya, , mudah2an normal seterusnya
nyelametin 8jeti keluar, sungkem sama suhu
BTW, akhirnya pakai aditif merk apa dan pemakaian berapa botol ? Buat tambahan referensi teman² semua disini.
ane kemarin beli di toko oren, ane nyari yg reviewnya bagus, jumlah yg beli udah ribuan
mereknya GC Max Pro yang botolnya warna ijo,
kemarin ane langsung masukin 2 botol,
sebenernya cara masukinnya beda2 kalau liat di yutub, kemarin ane panasin bentar 10menit-an,
dimatiin tunggu mesinnya agak dingin, terus ane masukin 2 botol, ane diemin dulu nunggu ibu negara pulang sekitar 20 menitan,
abis itu ane coba jalan2 nyari bakso, sambil dicoba2 mundur beberapa kali, nggak langsung lancar
tapi pas udah beres makan bakso, udah, langsung normal lagi, ajaib suhu
pagi ini ane bawa kuli, lancar langsung mundur, diparkiran ane coba2 mundur2 beberapa kali, delay sama jedug udah nggak ada
mantep banget suhu, terima kasih banyak suhu, bener2 sungkem ane
Last edited by kotahujan on Wed Jan 17, 2024 2:34, edited 5 times in total.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 547
- Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12
Re: [Tanya] Rush G A/T Mundur Jedug
siap bang, sama sama berbagi kalau ada pengalaman dlm ngerawat mobil supaya kita bnyk pengalaman dan tidak mudah jatuh oleh jebakan betmen yang disiapkan oleh bengkel. saya juga hampir kena turun matic dengan biaya yg sama dengan yg abang dapatkan, kisaran 7.5 jt, akhirnya sembuh dengan ganti engine & trans mounting total biaya 1 juta aja.kotahujan wrote: ↑Wed Jan 17, 2024 2:24bikin dompet teriak2 suhu denger kata turun maticGreenhunter wrote: ↑Tue Jan 16, 2024 23:30Senang mendengar update hasilnya dan bisa menghindari jebakan betmen turun matic. Kalimat ajaib bengkel : "turun matic"kotahujan wrote: ↑Tue Jan 16, 2024 14:22 aditif matic udah sampai tadi sore, langsung ane jejelin ke mobil
tunggu 20 menitan sambil nunggu ibu negara pulang, terus diajak jalan2 nyari bakso
delay sama jedugnya masih ada tapi udah berkurang
pas mau udahan makan bakso, mundur udah lancar lagi,
masuk garasi di rumah, dicoba mundur2 beberapa kali gak ada delay sama jedug lagi dong
makasi banyak suhu sarannya, , mudah2an normal seterusnya
nyelametin 8jeti keluar, sungkem sama suhu
BTW, akhirnya pakai aditif merk apa dan pemakaian berapa botol ? Buat tambahan referensi teman² semua disini.
ane kemarin beli di toko oren, ane nyari yg reviewnya bagus, jumlah yg beli udah ribuan
mereknya GC Max Pro yang botolnya warna ijo,
kemarin ane langsung masukin 2 botol,
sebenernya cara masukinnya beda2 kalau liat di yutub, kemarin ane panasin bentar 10menit-an,
dimatiin tunggu mesinnya agak dingin, terus ane masukin 2 botol, ane diemin dulu nunggu ibu negara pulang sekitar 20 menitan,
abis itu ane coba jalan2 nyari bakso, sambil dicoba2 mundur beberapa kali, nggak langsung lancar
tapi pas udah beres makan bakso, udah, langsung normal lagi, ajaib suhu
pagi ini ane bawa kuli, lancar langsung mundur, diparkiran ane coba2 mundur2 beberapa kali, delay sama jedug udah nggak ada
mantep banget suhu, terima kasih banyak suhu, bener2 sungkem ane
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Wed Jan 17, 2024 4:14
- Location: Padang
- Daily Vehicle: Daihatsu Xenia R Sporty 2016
Re: [Tanya] Rush G A/T Mundur Jedug
saya ada problem yang kurang lebih sama,
mohon pencerahannya rekan-rekan semua
saya punya mobil matic Daihatsu Xenia R Sporty tahun 2016, jarak tempuhnya 80.000an kilometer. permasalahannya, terkadang lampu indikator check engine di speedometer menyala dan transmisinya jadi bermasalah, kalo pindah dari P ke R bunyi jedug, terus dari R atau N ke D juga jedug. tapi kalo saya lepas kabel negatif dan postif akinya sekitar 1 menit, lampu check enginenya mati dan transmisinya normal kembali, dari P ke R normal tidak jedug, dari N atau R ke D juga normal dan tidak jedug.
kira-kira apa ya penyebab dan solusinya?
saya mau buat post baru tapi tidak tau caranya, akhirnya saya buat post lewat reply atau balasan ke post-an milik orang
terima kasih
mohon pencerahannya rekan-rekan semua
saya punya mobil matic Daihatsu Xenia R Sporty tahun 2016, jarak tempuhnya 80.000an kilometer. permasalahannya, terkadang lampu indikator check engine di speedometer menyala dan transmisinya jadi bermasalah, kalo pindah dari P ke R bunyi jedug, terus dari R atau N ke D juga jedug. tapi kalo saya lepas kabel negatif dan postif akinya sekitar 1 menit, lampu check enginenya mati dan transmisinya normal kembali, dari P ke R normal tidak jedug, dari N atau R ke D juga normal dan tidak jedug.
kira-kira apa ya penyebab dan solusinya?
saya mau buat post baru tapi tidak tau caranya, akhirnya saya buat post lewat reply atau balasan ke post-an milik orang
terima kasih
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 547
- Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12
Re: [Tanya] Rush G A/T Mundur Jedug
kalau dari langkah awal yang bapak lakukan lepas kabel ground itu kelihatan masalahnya berhubungan dengan software pada mobil bapak, entah ada sensor yang kotor/rusak. misalnya ketahuan error karena sensor X rusak, jgn buru2 ganti, bisa jadi soketnya kendor / kotor / soketnya saja yg rusak atau memang sensornya yg rusak.banyakbantal wrote: ↑Wed Jan 17, 2024 4:27 saya ada problem yang kurang lebih sama,
mohon pencerahannya rekan-rekan semua
saya punya mobil matic Daihatsu Xenia R Sporty tahun 2016, jarak tempuhnya 80.000an kilometer. permasalahannya, terkadang lampu indikator check engine di speedometer menyala dan transmisinya jadi bermasalah, kalo pindah dari P ke R bunyi jedug, terus dari R atau N ke D juga jedug. tapi kalo saya lepas kabel negatif dan postif akinya sekitar 1 menit, lampu check enginenya mati dan transmisinya normal kembali, dari P ke R normal tidak jedug, dari N atau R ke D juga normal dan tidak jedug.
kira-kira apa ya penyebab dan solusinya?
saya mau buat post baru tapi tidak tau caranya, akhirnya saya buat post lewat reply atau balasan ke post-an milik orang
terima kasih
Coba ke bengkel resmi dahulu atau ke bengkel lain yang punya engine scanner, tanya mereka lampu check engine menyala itu kenapa ?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1524
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: [Tanya] Rush G A/T Mundur Jedug
menurut saya scan dulu krn kalo check engine nyala mgkn ada terkait sensor tertentu..banyakbantal wrote: ↑Wed Jan 17, 2024 4:27 saya ada problem yang kurang lebih sama,
mohon pencerahannya rekan-rekan semua
saya punya mobil matic Daihatsu Xenia R Sporty tahun 2016, jarak tempuhnya 80.000an kilometer. permasalahannya, terkadang lampu indikator check engine di speedometer menyala dan transmisinya jadi bermasalah, kalo pindah dari P ke R bunyi jedug, terus dari R atau N ke D juga jedug. tapi kalo saya lepas kabel negatif dan postif akinya sekitar 1 menit, lampu check enginenya mati dan transmisinya normal kembali, dari P ke R normal tidak jedug, dari N atau R ke D juga normal dan tidak jedug.
kira-kira apa ya penyebab dan solusinya?
saya mau buat post baru tapi tidak tau caranya, akhirnya saya buat post lewat reply atau balasan ke post-an milik orang
terima kasih
cmiiw lepas kabel aki memang check engine mati krn seolah2 clear fault...tp ga lama mestinya nyala lg
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Wed Jan 17, 2024 4:14
- Location: Padang
- Daily Vehicle: Daihatsu Xenia R Sporty 2016
Re: [Tanya] Rush G A/T Mundur Jedug
iya memang hilang kalo lepas aki.MSU wrote: ↑Wed Jan 17, 2024 5:33menurut saya scan dulu krn kalo check engine nyala mgkn ada terkait sensor tertentu..banyakbantal wrote: ↑Wed Jan 17, 2024 4:27 saya ada problem yang kurang lebih sama,
mohon pencerahannya rekan-rekan semua
saya punya mobil matic Daihatsu Xenia R Sporty tahun 2016, jarak tempuhnya 80.000an kilometer. permasalahannya, terkadang lampu indikator check engine di speedometer menyala dan transmisinya jadi bermasalah, kalo pindah dari P ke R bunyi jedug, terus dari R atau N ke D juga jedug. tapi kalo saya lepas kabel negatif dan postif akinya sekitar 1 menit, lampu check enginenya mati dan transmisinya normal kembali, dari P ke R normal tidak jedug, dari N atau R ke D juga normal dan tidak jedug.
kira-kira apa ya penyebab dan solusinya?
saya mau buat post baru tapi tidak tau caranya, akhirnya saya buat post lewat reply atau balasan ke post-an milik orang
terima kasih
cmiiw lepas kabel aki memang check engine mati krn seolah2 clear fault...tp ga lama mestinya nyala lg
tapi kalo habis lepas aki, problemnya kadang sampe setahun gk muncul, kadang seminggu udah muncul lagi. tapi sekarang ini udah 2 minggu gk muncul.
kalo saya amati, munculnya itu biasanya pas lagi dipakai saat hujan
Last edited by banyakbantal on Thu Jan 18, 2024 6:54, edited 2 times in total.