Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Berita atau peristiwa yang berhubungan dengan dunia otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 466
Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by FR6 »

b0ku wrote: Thu Jan 04, 2024 1:43
peterming77 wrote: Thu Jan 04, 2024 1:41
"Kami sudah memastikan kepada prinsipal bahwa semua kendaraan Daihatsu yang diproduksi, didistribusi, dan dipasarkan di Indonesia tidak memiliki masalah kualitas dan keselamatan," kata Corporate Planning and Communication Director ADM Sri Agung.

Ya bener sih, acuan keselamatan dan kualitas kan ditentukan dari regulasi. Di Indo emang ada regulasi keselamatan yg detail? Aturan wajib NCAP minimal berapa? Wajib punya airbag berapa? Wajib ada alarm seatbelt? DILARANG PASANG PROJIE JEJER SETENGAH LUSIN YANG LEBIH TERANG DARI MATAHARI DAN/ATAU CUT OFF SEMBARANGAN?

Ga salah lah produksi lokal tetap lanjut untuk pasar domestik, kalo ga bisa ekspor itu kan MASALAH negara tujuan ekspor nya, bukan masalah pabrik di sini :big_weee:
sebenernya unitnya gak ada masalah om yang masalah mereka curangnya itu ngakalin prosedur jd test yang di kerjain di mereka datanya jadi kagak valid semua makannya gak layak dijual sebelom di test lagi dengan prosedur yang bener......... :big_bored:

jadi paperworksnya aja yang kagak bener unitnya harusnya kagak ada masalah kalo dari omongan gubenur mah :big_biglaugh:

dan kalo indo you knows lah gak salah kok disini karena gak ada std jadi emang masih layak jual :mky_07:
detail beritanya pun saya gak jelas Om di curanginnya seperti apa.
apakah khusus mobil tes di tambahkan stiffener pada titik2 tertentu sehingga "seakan-akan" jadi kuat.
harusnya ada laporan detail juga sih, berapa perbedaan kekuatan konstruksinya..
ane mau nyari2 detailnya jg gak sempet wkwkw
carlzeiss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
Daily Vehicle: Reborn Bensin

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by carlzeiss »

kmarin saya baru nyobain rental avxen FWD cvt dan kaget jg kualitasnya ga sebagus model sebelumnya, enginenya rasanya kurang reliable, cvtnya kaya kagok atur transmisinya, dan sukses bikin penumpang baris kedua mabok padahal perjalanan cuman 1 jam dari semarang ke ambarawa
biasanya naik mobiloyo dan reborn baik baik aja
Now : Reborn Bensin Musuh SMers
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3438
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by kendibocor »

Btw, itu influenza yg berani ngangkat cuman si gubernur doang. Yg laen2 terutama si 177cm ma si topeng diem2 aja, ga ngebahas sama sekali. Skandal otomotif seheboh ini diem2 aja, keliatan banget biasnya :mky_03:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
YaS
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: Tue Jan 26, 2016 2:24

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by YaS »

setelah kasusk rangka motor, sekarang kasus ini. Semakin gampang jelasin tentang pengaruh korporasi ke kebijakan publik ...
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4250
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by b0ku »

kendibocor wrote: Thu Jan 04, 2024 1:56
Gw baru ntn brp menit om, bukannya kalo ga salah dia blg airbag segala ga nyambung ke ecu ya? Tp pake macem timer gitu? Selebihnya blm ntn sih.
JADI yang di test protoypenya gitu karena buru2x gak sempet bikin ecu buat airbagnya dan cuma mau liat strukturnya bener apa kagak, tapi di jadiin acuan buat laporan ke lembaga yang ngawasin gituan, tapi pas barang produksi airbagnya ud nyambung sama ecu, jadi mereka mobil belom jadi ud di bikin crash test duluan lapor ke pemerintah nah data yang di pake data yang asal2xan alias yang penting ud di test tapi gak jelas prosedurnya gimana yang penting itu formalitas jalan dulu :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4250
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by b0ku »

YaS wrote: Thu Jan 04, 2024 4:07 setelah kasusk rangka motor, sekarang kasus ini. Semakin gampang jelasin tentang pengaruh korporasi ke kebijakan publik ...
rangka motor saya sih yakin budaya toyota di bawa2x ke honda via astra :mky_07:

yang tukang sunat chasis itu toyota sama antek2xnya pokoknya :mky_07:

nah bayangin gak si jadi jepang ngadepin maunya perusahaan yang megang market terbesar produknya di bumi, mungkin aja si jepang hondanya aware cuma astra maunya gitu mereka nurut2x aja :mky_07:

lagian kasus rangka esaf itu fatal flawsnya cuma dari dek yang bukannya buang aer malah nampung aer rangkanya emang busuk cuma pas tuh rangka patah kalo deknya buang aernya proper harusnya tuh motor keburu di buang,

kalo saya liat2x dengan kualitas gitu harusnya minimal tahan 10-20thn seblom beneran keropos bikin patah tapi karena si deknya malah ngerendem rangka ya ud deh kelar apes itu namanya,

saya curiga yang ngerancang cuma anak2x kuliah tau teori ipknya tinggi tapi gak tau praktek lapangan kalo tuh motor di pake gimana salah satu budaya astra juga kan bukanya nyari yang pengalaman dan pinter tapi nyari yang kuliahnya nilainya bagus2x :mky_03:

buktinya merek tetangga lobang buang aernya dimana2x :big_biglaugh:
YaS
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: Tue Jan 26, 2016 2:24

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by YaS »

sempat ikutin kasus Ghoshn di Nissan, dibalik teori konspirasi yang dikambinghitamkan atas kasus itu, Budaya juga jadi backfire dari kasus tersebut.

Nah yang ini kalau ngikuti pemaparan si Gub tentang kasus Daihatsu ini lebih ngeri lagi, bagaimana bisa lewat dan disetujui langkah langkah manipulatif, baik data atau instant engineering untuk dapat hasil bagus test.
Kalau untuk test saja di manipulasi, bagaimana dengan produksi yang perubahan satu jig atau fixture saja bisa berakibat sekian banyak cost avoidance.
fansdiesel
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 304
Joined: Thu Jul 19, 2018 5:30

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by fansdiesel »

zulhas juga sudah berstatemeng dan sudah ditebak

https://finance.detik.com/industri/d-71 ... k-masuk-ri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9731
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by Suryaputra »

sudah SNI certified

aman :big_exellent:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15615
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by ChZ »

YaS wrote: Thu Jan 04, 2024 6:34 sempat ikutin kasus Ghoshn di Nissan, dibalik teori konspirasi yang dikambinghitamkan atas kasus itu, Budaya juga jadi backfire dari kasus tersebut.

Nah yang ini kalau ngikuti pemaparan si Gub tentang kasus Daihatsu ini lebih ngeri lagi, bagaimana bisa lewat dan disetujui langkah langkah manipulatif, baik data atau instant engineering untuk dapat hasil bagus test.
Kalau untuk test saja di manipulasi, bagaimana dengan produksi yang perubahan satu jig atau fixture saja bisa berakibat sekian banyak cost avoidance.
emang ngomongin corporate culture ini rumit. otomotif ini nggak asing sama skandal hampir semua pabrikan kena.

kalo liat budaya kerja orang jepang yang etos kerjanya tinggi, mereka punya standar tinggi dan kadang kadang ini yang jadi korban adalah bawahan yang di pressure terus dan ditarget deadline kadang-kadang nggak masuk akal.

atasan nggak mau tau, pokoknya besok harus jadi, pokoknya begini pokoknya begitu. apalagi budaya senioritas dan asal bapak senang kayaknya tinggi di perush2 jepang. apa kata senior atau atasan adalah sabda. besok jadi ya harus jadi. gimana caranya ya akhirnya banyak praktek2 manipulasi data. dlm case ini ya udah kita buat test kasih dummy yang bener, diem diem bae tapi kalo produksi kita pasang barangnya beda.

macem kita orang kalo kerjain skripsi udah mepet ya manipulasi tipis2 lah.

ane yakin dieselgate dan daihatsu-gate sama sama punya akar masalah yang mirip...

sad reality. kalo nggak digituin perusahaan growth nya lambat, tapi digituin jadi banyak skandal.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1655
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by darrelund »

b0ku wrote: Thu Jan 04, 2024 1:43
sebenernya unitnya gak ada masalah om yang masalah mereka curangnya itu ngakalin prosedur jd test yang di kerjain di mereka datanya jadi kagak valid semua makannya gak layak dijual sebelom di test lagi dengan prosedur yang bener......... :big_bored:

jadi paperworksnya aja yang kagak bener unitnya harusnya kagak ada masalah kalo dari omongan gubenur mah :big_biglaugh:

dan kalo indo you knows lah gak salah kok disini karena gak ada std jadi emang masih layak jual :mky_07:
justru dgn prosedur diakalin gitu kan mana tau um tu barang kualitinya gmn, conform ama standar ap kg

semisal paperworks diakalin tapi di tes proper hasilnya lebi bagus ya sukur, klo sebaliknya ya manyun aja liatin :big_biglaugh:

paperworks gabener aplg unitnya :big_biglaugh:

justru dgn kasus ini oe mempertanyakan fungsi DNGA sebagai unified platform tuh apa klo gak jelas standarisasinya selain cost efficiency, soalnya yg curang semua model DNGA kan :big_biglaugh:

klo dibilang krn deadline, bukannya pke unified platform tuh buat ngirit waktu & duit?
Last edited by darrelund on Thu Jan 04, 2024 13:02, edited 1 time in total.
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1655
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by darrelund »

ChZ wrote: Thu Jan 04, 2024 7:04
YaS wrote: Thu Jan 04, 2024 6:34 sempat ikutin kasus Ghoshn di Nissan, dibalik teori konspirasi yang dikambinghitamkan atas kasus itu, Budaya juga jadi backfire dari kasus tersebut.

Nah yang ini kalau ngikuti pemaparan si Gub tentang kasus Daihatsu ini lebih ngeri lagi, bagaimana bisa lewat dan disetujui langkah langkah manipulatif, baik data atau instant engineering untuk dapat hasil bagus test.
Kalau untuk test saja di manipulasi, bagaimana dengan produksi yang perubahan satu jig atau fixture saja bisa berakibat sekian banyak cost avoidance.
emang ngomongin corporate culture ini rumit. otomotif ini nggak asing sama skandal hampir semua pabrikan kena.

kalo liat budaya kerja orang jepang yang etos kerjanya tinggi, mereka punya standar tinggi dan kadang kadang ini yang jadi korban adalah bawahan yang di pressure terus dan ditarget deadline kadang-kadang nggak masuk akal.

atasan nggak mau tau, pokoknya besok harus jadi, pokoknya begini pokoknya begitu. apalagi budaya senioritas dan asal bapak senang kayaknya tinggi di perush2 jepang. apa kata senior atau atasan adalah sabda. besok jadi ya harus jadi. gimana caranya ya akhirnya banyak praktek2 manipulasi data. dlm case ini ya udah kita buat test kasih dummy yang bener, diem diem bae tapi kalo produksi kita pasang barangnya beda.

macem kita orang kalo kerjain skripsi udah mepet ya manipulasi tipis2 lah.

ane yakin dieselgate dan daihatsu-gate sama sama punya akar masalah yang mirip...

sad reality. kalo nggak digituin perusahaan growth nya lambat, tapi digituin jadi banyak skandal.
ato bisa jadi kyk kasusnya ghosn / dieselgate

atas bawah ud aware sama manipulasi, cuma ya diem" bae
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4250
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by b0ku »

darrelund wrote: Thu Jan 04, 2024 12:56 justru dgn prosedur diakalin gitu kan mana tau um tu barang kualitinya gmn, conform ama standar ap kg

semisal paperworks diakalin tapi di tes proper hasilnya lebi bagus ya sukur, klo sebaliknya ya manyun aja liatin :big_biglaugh:

paperworks gabener aplg unitnya :big_biglaugh:

justru dgn kasus ini oe mempertanyakan fungsi DNGA sebagai unified platform tuh apa klo gak jelas standarisasinya selain cost efficiency, soalnya yg curang semua model DNGA kan :big_biglaugh:

klo dibilang krn deadline, bukannya pke unified platform tuh buat ngirit waktu & duit?
gak ada masalah maksudnya mobilnya ya gelinding2x aja om gak ada malfunction kek dulu skandal mitsu ban bisa copot, atau skandal takata airbag malah bikin cedera kalo ini si saya nangkepnya mungkin speknya jepang tapi karena di manipulasi mungkin jadi kualitas pridavan safetynya :big_biglaugh:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9731
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by Suryaputra »

Yah intinya di Indonesia ini "belum ada" standard safety minimal:
- Metric dan Parameternya apa aja?
- Kapan masa berlakunya?
- Kenapa harus ada standad safety minimal?
- Siapa aja yang bertanggung jawab dalam menetapkan aturan tsb dr level pemerintah dan pihak independen nya?
- Bagaimana prosedur nya?
Dsb

Karena kita masih negara berflower, sama spt di negara berflower lainnya, mobil crash test bintang 0 atau 1 aja msh boleh dijual.

Lihat aja mobil espr*sso, dutsan go, dkk
crash testnya bintang brp?

Cuma... setidaknya mereka jujur :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11048
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by marmut »

Suryaputra wrote: Thu Jan 04, 2024 13:47 Yah intinya di Indonesia ini "belum ada" standard safety minimal:
- Metric dan Parameternya apa aja?
- Kapan masa berlakunya?
- Kenapa harus ada standad safety minimal?
- Siapa aja yang bertanggung jawab dalam menetapkan aturan tsb dr level pemerintah dan pihak independen nya?
- Bagaimana prosedur nya?
Dsb

Karena kita masih negara berflower, sama spt di negara berflower lainnya, mobil crash test bintang 0 atau 1 aja msh boleh dijual.

Lihat aja mobil espr*sso, dutsan go, dkk
crash testnya bintang brp?

Cuma... setidaknya mereka jujur :big_peace:


saya suka baca tulisan seperti ini. :frm_tumbright: :frm_tumbleft:

tanda baca lengkap dan ada paragraf, jadi mudah membacanya dan mudah mengerti apa yg dimaksud oleh penulis.

:beer:
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 603
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by zonepublic »

fansdiesel wrote: Thu Jan 04, 2024 6:55 zulhas juga sudah berstatemeng dan sudah ditebak

https://finance.detik.com/industri/d-71 ... k-masuk-ri
Pemerintah mana berani sama a*t*a?ingat rangka patah brand sayap market sharenya berapa tuh >50% lho yg hilang klo sampe bangkrut/pailit perusahaan besar itu kalo sampe recall,daihatsu stop market share kepangkas banyak lho bisa diatas 30 persen turunnya penjualan mobil baru karena dalam negeri aja daihatsu jg supply toyota,belum lagi bakal banyak phk yg efeknya nambah angka pengangguran,dan kepercayaan luar negeri untuk investasi disini kan lagi digoreng,kalo sampe konsorsium gede yg punya negara tetangga diganggu bakal makin banyak yg ragu investasi
Ditambah lagi pajak gimana ,gede lho pemasukan pajak dr penjualan mobil,sparepart&penggunaan mobil
Jadi itulah yg bikin brand mobil lain susah bersaing sama anak emas satu itu
Jadi jangan heran keselamatan dinomerduakan
Waktu covid aja sampe dikasi insentif supaya penjualan kendaraan tetap kenceng,jadi maaf keseriusan ngurangi polusi omong kosong lah,ekonomi lbh penting
User avatar
rajapb
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 430
Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by rajapb »

ChZ wrote: Thu Jan 04, 2024 2:57
Suryaputra wrote: Thu Jan 04, 2024 2:50
di sini sasis berguna.

di luar forum?
mayoritas 99 koma sekian persen user, yg penting FITUR :big_weee:
gakpapa...

udah fitrahnya SM jadi forum otomotif yang anti mainsetrim dan bahas teknikal.

di luar sibuk ngomongin fitar fitur di sini kita ngomong sasis engineering dll. lebih afdol :mky_03:
di luar masih banyak banget yg lebih percaya body bemper tebel dibanding chassis yg kuat. Padahal chassis kuat jauh lebih penting. Alasan kenapa mobil balap pakai rollcage ya kan biar rigid. Atau supercar yang keliatan ancur parah pas crash tapi kabin masih utuh. Ya di sini lebih percaya mobil keliatan masih utuh dari luar pas crash tapi gak tau kalau penumpang kegencet.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9731
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by Suryaputra »

marmut wrote: Thu Jan 04, 2024 14:34
Suryaputra wrote: Thu Jan 04, 2024 13:47 Yah intinya di Indonesia ini "belum ada" standard safety minimal:
- Metric dan Parameternya apa aja?
- Kapan masa berlakunya?
- Kenapa harus ada standad safety minimal?
- Siapa aja yang bertanggung jawab dalam menetapkan aturan tsb dr level pemerintah dan pihak independen nya?
- Bagaimana prosedur nya?
Dsb

Karena kita masih negara berflower, sama spt di negara berflower lainnya, mobil crash test bintang 0 atau 1 aja msh boleh dijual.

Lihat aja mobil espr*sso, dutsan go, dkk
crash testnya bintang brp?

Cuma... setidaknya mereka jujur :big_peace:


saya suka baca tulisan seperti ini. :frm_tumbright: :frm_tumbleft:

tanda baca lengkap dan ada paragraf, jadi mudah membacanya dan mudah mengerti apa yg dimaksud oleh penulis.

:beer:
:beer:

Image
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15615
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by ChZ »

darrelund wrote: Thu Jan 04, 2024 12:59
ato bisa jadi kyk kasusnya ghosn / dieselgate

atas bawah ud aware sama manipulasi, cuma ya diem" bae
harus diakui hampir semua corporate besar yg pegang "dirty little secrets" perusahaan adalah justru bawahan yang eksekusi :mky_03: karena atasan memang maunya tau beres dan baca laporan statistik penjualan naik semua oke.

apalagi corporate dengan skala joint brand macem toyota/VW/nissan-renault dgn ribuan karyawan dan ratusan divisi udah pasti nggak asing dengan praktek manipulasi.

mereka diem supaya gak dicopot atau mutasi. sama kayak PNS dimari tau rahasia bossnya ya diem diem bae supaya gak dicopot. cuma yah diem diem resign terus jadi whistleblower, dan sayangnya di negara maju kayak ginian ada lembaga independennya denger sentilan sentilun gini pasti kepo juga :mky_07: apalagi lembaga independen gini instingnya pasti kuat.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15615
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by ChZ »

rajapb wrote: Thu Jan 04, 2024 18:00 di luar masih banyak banget yg lebih percaya body bemper tebel dibanding chassis yg kuat. Padahal chassis kuat jauh lebih penting. Alasan kenapa mobil balap pakai rollcage ya kan biar rigid. Atau supercar yang keliatan ancur parah pas crash tapi kabin masih utuh. Ya di sini lebih percaya mobil keliatan masih utuh dari luar pas crash tapi gak tau kalau penumpang kegencet.
boro boro ngerti om, denger istilah tensile strength dan welding spots aja paling udah planga plongo. atau yang lebih konyol bilang mobil makin berat makin empuk naikannya.

kalo denger gimana kompleksnya material jaman skrg si udah space engineering levelnya dibanding 30-40 tahun lalu :mky_03: lha material serat karbon dan aluminium udah umum dipake di mobil jalanan (bukan supercar), dulu honda mau pake full aluminium aja diketawain mana bisa sasis full aluminium.

high tensile steel juga umum jadi rangka nggak perlu plat tebel tebel krn sudah ringan dan kuat. mobil jadi easy to control krn sasisnya rigid.

ini pake data bukan feeling atau sugesti.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 512
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by RezPrat »

Bagaimana dgn mobil ladder frame macam reborn or portuner...apa secara crash mereka lebih kokoh d bandingkan mobil monocoque, secara ladder frame itu ada batang baja melintang buat nahan/serap benturan?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15615
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by ChZ »

RezPrat wrote: Fri Jan 05, 2024 3:26 Bagaimana dgn mobil ladder frame macam reborn or portuner...apa secara crash mereka lebih kokoh d bandingkan mobil monocoque, secara ladder frame itu ada batang baja melintang buat nahan/serap benturan?
justru lebih nggak aman.

itu batang melintang nggak bisa berfungsi jadi penyerap benturan / crumple zone.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4250
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by b0ku »

RezPrat wrote: Fri Jan 05, 2024 3:26 Bagaimana dgn mobil ladder frame macam reborn or portuner...apa secara crash mereka lebih kokoh d bandingkan mobil monocoque, secara ladder frame itu ada batang baja melintang buat nahan/serap benturan?
LADDER frame itu kalo low speed accident ud kayak tank kebal jgn fatal accident isinya amsiong semua :mky_07:

soalnya saya pake pajero sama jazz naek pajero itu lebih ngeri daripada naek jazz kalo mikiran resiko celakanya :mky_07:
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1080
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by Zaxis »

RezPrat wrote: Fri Jan 05, 2024 3:26 Bagaimana dgn mobil ladder frame macam reborn or portuner...apa secara crash mereka lebih kokoh d bandingkan mobil monocoque, secara ladder frame itu ada batang baja melintang buat nahan/serap benturan?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by Zaxis on Fri Jan 05, 2024 4:22, edited 3 times in total.
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 441
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by Bibieight »

ChZ wrote: Fri Jan 05, 2024 3:07
boro boro ngerti om, denger istilah tensile strength dan welding spots aja paling udah planga plongo. atau yang lebih konyol bilang mobil makin berat makin empuk naikannya.

kalo denger gimana kompleksnya material jaman skrg si udah space engineering levelnya dibanding 30-40 tahun lalu :mky_03: lha material serat karbon dan aluminium udah umum dipake di mobil jalanan (bukan supercar), dulu honda mau pake full aluminium aja diketawain mana bisa sasis full aluminium.

high tensile steel juga umum jadi rangka nggak perlu plat tebel tebel krn sudah ringan dan kuat. mobil jadi easy to control krn sasisnya rigid.

ini pake data bukan feeling atau sugesti.
Lha Tesla chassisnya pake single piece cast alumunium dihujat habis2an oom :big_peace: :big_peace: :big_peace: . Omong2 chassis rigid, mobil disini apa memang las2an sama pelat-nya kurang semua yak ?, 12 hari pake Polestar 2 sama Tesla enak banget chassisnya, si Camry jadi berasa kayak chassis Velos :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: , apalagi pas balik, naik Transmover-nya BB, bujubunengbuseeet :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken:

BTW, si esaf itu benernya udah pake high tensile strength steel, terus las2annya butt welding pake laser weld lho. Masalahnya yang bebal desainer-nya, lupa kalo di Indonesia motor itu dipake berenang, terus nyuci-nya suka disteam.....