Low MPV (Xpander) vs Zenix, Apakah Worth perbedaan harga dibanding kenyamanan?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Low MPV (Xpander) vs Zenix, Apakah Worth perbedaan harga dibanding kenyamanan?

Post by Pboyz97 »

ToraB wrote: Fri Nov 03, 2023 4:05 Terima kasih suhu semua atas masukannya, ga nyangka banyak bgt yg kasih masukan :big_deal: :big_exellent:
Sehari hari ke kantor ga smpe 10km, jdi ane rasa klo ambil zenix yg hybrid ga bisa tuh balik modal, makanya awal kepikiran yg gasoline aja.

Ane jdi kepikiran, ambil xpander aja nanti sisanya buat ganti reborn ortu (sekarang yg bensin manual pula :big_slap: ) ke reborn diesel matic. Jadi klo mo keluar kota jalan2 ke gunung tinggal pinjem aja :big_grin:
Eh cukup gk sih sisa budgetnya :big_slap:

Tambahan tanya lagi, Xpander harga jual kembali gimana ya om kira2 misal pake 5thn jual? Apa bisa stabil?
Klo innova jgn ditanya deh pasti harga jual kembali stabil (karena tuh mobil menurut ane dari baru smpe usia diatas 5thn juga ga berubah sm sekali feelnya, ga ada yg rusak pula :big_exellent: )
nah udh pilihan tepat. ambil xpander terus selisihnya buat gantiin reborn bensin manual ke diesel matic, worthed kok hehehe . kalo sisa budget katakanlah 100 jt + modal reborn bensin manual dapet menurut saya, tergantung reborn bensin manual yg dipake ortunya skrg tipe apa dan tahun berapa hehehe


xpander masih lumayan stabil kok dikelasnya, cari tipe ulti dan warna wajib hitam putih, karena 2 warna itu yg paling laku. ya kalo innova mah jangan ditanya om, apalagi yg diesel at, harga jual kembalinya gaada lawan, jangankan stabil, wong tiap tahun makin naik kok , apalagi peminatnya di luar jabodetabek masih sangat banyak menurut saya hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
ToraB
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Thu Nov 02, 2023 13:06

Re: Low MPV (Xpander) vs Zenix, Apakah Worth perbedaan harga dibanding kenyamanan?

Post by ToraB »

Terima kasih suhu2 atas sarannya.
Sepertinya ane lebih condong ke opsi om dibawah ini.
Pboyz97 wrote: Mon Nov 06, 2023 3:21
nah udh pilihan tepat. ambil xpander terus selisihnya buat gantiin reborn bensin manual ke diesel matic, worthed kok hehehe . kalo sisa budget katakanlah 100 jt + modal reborn bensin manual dapet menurut saya, tergantung reborn bensin manual yg dipake ortunya skrg tipe apa dan tahun berapa hehehe


xpander masih lumayan stabil kok dikelasnya, cari tipe ulti dan warna wajib hitam putih, karena 2 warna itu yg paling laku. ya kalo innova mah jangan ditanya om, apalagi yg diesel at, harga jual kembalinya gaada lawan, jangankan stabil, wong tiap tahun makin naik kok , apalagi peminatnya di luar jabodetabek masih sangat banyak menurut saya hehehe
Ambil lmpv aja.
Tapi kok ada kebingungan lagi setelah beberapa diatas ada yg mention BRV. Ada stargazer juga sih tpi ane cari yg jepang aja deh :big_peace:
Kebetulan mobil yg sekarang City HB. Apa BRV itu naiknya mirip2 sama City ya? Soal NVH sm bantingannya.
Ane pernah nyobain sih BRV yg gen sebelum ini, ampun deh keraasss :big_slap:
Klo city menurut ane enak, keras tpi ga keras (eh gimana sih) :big_think: , pokoknya redamnya tuh enak aja gk gubrak2.
Cma minus nya peredaman suara ban sm hujan aja sih (parah bgt sih :big_dunno: )
Apa bikin thread baru aja yak? :big_peace:
Last edited by ToraB on Mon Nov 06, 2023 13:06, edited 1 time in total.
Chr1stm1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 508
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: All New Veloz 2022 ANR 2018 Avanza K3VE 2011 Wuling Confero S ACT 2020

Re: Low MPV (Xpander) vs Zenix, Apakah Worth perbedaan harga dibanding kenyamanan?

Post by Chr1stm1 »

ToraB wrote: Mon Nov 06, 2023 13:01 Terima kasih suhu2 atas sarannya.
Sepertinya ane lebih condong ke opsi om dibawah ini.
Pboyz97 wrote: Mon Nov 06, 2023 3:21
nah udh pilihan tepat. ambil xpander terus selisihnya buat gantiin reborn bensin manual ke diesel matic, worthed kok hehehe . kalo sisa budget katakanlah 100 jt + modal reborn bensin manual dapet menurut saya, tergantung reborn bensin manual yg dipake ortunya skrg tipe apa dan tahun berapa hehehe


xpander masih lumayan stabil kok dikelasnya, cari tipe ulti dan warna wajib hitam putih, karena 2 warna itu yg paling laku. ya kalo innova mah jangan ditanya om, apalagi yg diesel at, harga jual kembalinya gaada lawan, jangankan stabil, wong tiap tahun makin naik kok , apalagi peminatnya di luar jabodetabek masih sangat banyak menurut saya hehehe
Ambil lmpv aja.
Tapi kok ada kebingungan lagi setelah beberapa diatas ada yg mention BRV. Ada stargazer juga sih tpi ane cari yg jepang aja deh :big_peace:
Kebetulan mobil yg sekarang City HB. Apa BRV itu naiknya mirip2 sama City ya? Soal NVH sm bantingannya.
Ane pernah nyobain sih BRV yg gen sebelum ini, ampun deh keraasss :big_slap:
Klo city menurut ane enak, keras tpi ga keras (eh gimana sih) :big_think: , pokoknya redamnya tuh enak aja gk gubrak2.
Cma minus nya peredaman suara ban sm hujan aja sih (parah bgt sih :big_dunno: )
Apa bikin thread baru aja yak? :big_peace:

Kalo buat sy pribadi, antara BRV atau Xpander sy ambil BRV.
nyetirnya enak BRV, AC adem BRV..tapi drawbacknya BRV itu agak pendek yah perasaan, kalo parkir sampingan sama Rush atau Xpander berasa kap mobilny pendek..yah jadi berasa SUV stunting
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Low MPV (Xpander) vs Zenix, Apakah Worth perbedaan harga dibanding kenyamanan?

Post by ChZ »

ToraB wrote: Mon Nov 06, 2023 13:01 Tapi kok ada kebingungan lagi setelah beberapa diatas ada yg mention BRV. Ada stargazer juga sih tpi ane cari yg jepang aja deh :big_peace:
Kebetulan mobil yg sekarang City HB. Apa BRV itu naiknya mirip2 sama City ya? Soal NVH sm bantingannya.
Ane pernah nyobain sih BRV yg gen sebelum ini, ampun deh keraasss :big_slap:
Klo city menurut ane enak, keras tpi ga keras (eh gimana sih) :big_think: , pokoknya redamnya tuh enak aja gk gubrak2.
Cma minus nya peredaman suara ban sm hujan aja sih (parah bgt sih :big_dunno: )
Apa bikin thread baru aja yak? :big_peace:
BRV dan city ya beda om. City lebih refined naikannya.

kalo g butuh 7 seats sih pake City aja.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ToraB
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Thu Nov 02, 2023 13:06

Re: Low MPV (Xpander) vs Zenix, Apakah Worth perbedaan harga dibanding kenyamanan?

Post by ToraB »

Chr1stm1 wrote: Tue Nov 07, 2023 0:00
Kalo buat sy pribadi, antara BRV atau Xpander sy ambil BRV.
nyetirnya enak BRV, AC adem BRV..tapi drawbacknya BRV itu agak pendek yah perasaan, kalo parkir sampingan sama Rush atau Xpander berasa kap mobilny pendek..yah jadi berasa SUV stunting
Justru itu nilai plus buat ane om, ganteng aja diliatnya.
Simpel juga, dibanding xpander yg kebanyakan lekukan aneh2 menurut ane. :big_peace:
ChZ wrote: Tue Nov 07, 2023 3:27
BRV dan city ya beda om. City lebih refined naikannya.

kalo g butuh 7 seats sih pake City aja.
Maaf om. mksudnya mobil sekarang ane pakai harian itu city.
Jdi apakah BRV ini mirip2 naikannya?
Ane seringnya nyetir sndiri sih. Dan jujur aja ya nyetir honda itu feelnya emng beda dari yg lain. Apalagi dibanding reborn yg kek kapal itu :big_slap:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Low MPV (Xpander) vs Zenix, Apakah Worth perbedaan harga dibanding kenyamanan?

Post by darrelund »

kenop wrote: Sun Nov 05, 2023 17:11
Coba aja kerjain agak di rem dikit, trs om gas pol lagi jamin ngga ngejar itu xpander nya :big_biglaugh:

Lemot om, sy yg ga demen ngebut aja gemes bawa xpander
tapi somehow orang" tuh kenceng" semua um, emang kakinya berat aja kali ya :big_biglaugh:

males ah um ngerjain, dia orang klo setir nempelin mulu. sayang bumper :big_sorry:
DOHC wrote: Mon Nov 06, 2023 0:47
Apa jgn2 itu xpander yg cvt kl yah ?

tp dl waktu pake xpander bentar sehh ngerasa ini mobil agak kurang tenaga yah, bahkan buat lari d tol jg tetep lebi enak pake reborn bensin

cuman kl buat zig zag bner enak xpander ktimbang reborn, bahkan lwan afansa senia fwd pun jg tetep mnang xpander
engga um, justru oe liat" yg agak sembalap itu yg model 4AT punya, yg cvt malah pada santai :big_biglaugh:

mungkin krn creature comfort yg model cvt lebih bagus jadi lebi rilek
gboooster wrote: Mon Nov 06, 2023 3:04
kalau di toll rasanya semua mobil bisa kenceng, dimentokin sampe limit.

bedanya seberapa cepet sampai dapet kecepatan yang ditarget, butuh berapa lama sampe tembus 140 km/h.

coba kalau habis ngerem karena dipotong truk :big_grin: ada yang ngacir ada yang lelet :big_biglaugh:
bener um, semua bisa kencang. cuma memang masalah waktu aja :big_biglaugh:

tapi emg punya mobil lemot tu gemesin, apalagi di situasi tertentu :big_biglaugh:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Low MPV (Xpander) vs Zenix, Apakah Worth perbedaan harga dibanding kenyamanan?

Post by darrelund »

ChZ wrote: Mon Nov 06, 2023 3:16
rasio panjang di toll emang ngebantu sih. ntu espander kalo udah jalan, rasionya kan panjang bener. mesinnya berat klo ngengkol dari nol aja. sama kayak haervi cenggo sese baru.

sama jg kayak BMW 318i M43. lemot2 gitu cuma 110hp tapi 200 nyampe top speednya. ngos ngosan sih nyampenya dgn power segitu tapi kalo udah di toll torsi besar jadi gak relevan makanya rajanya justru mesin2 bensin sese besar atawa hp besar.

ngondah freed juga tuh di kota lemot. tp karakter gearing panjang oondah + VTEC POWAHH nya berasa giliran ngejer top speed. gak yakin modelan elempv baru baru bisa ngadu ama freed di toll.

makanya ane ngga terlalu suka diesel. palised aja mikir mo ambil tp diesel cuy gak keluar V6 3800cc nya. kenceng si palised, tapi gak suka feel mesin diesel di kecepatan tinggi. berisik kratakratkakkratakkratak nya kedengeran ampe kabin. napasnya jg gak sepanjang bengsin 200hp up.
jadi inget kemarin

lagi cruise santai 120 di jagorawee, bawa gajah. tiba" di selipin sama e260 211

maklum krn ego jadi pengen ngintilin tu sedan

ujungnya malu & cape ndiri

kerana sudah kalah napas, body ndak lincah pulak

sedan" tua gtu klo ud ngebut serem, soalnya big enjin semua :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Low MPV (Xpander) vs Zenix, Apakah Worth perbedaan harga dibanding kenyamanan?

Post by ChZ »

ToraB wrote: Wed Nov 08, 2023 7:21
Maaf om. mksudnya mobil sekarang ane pakai harian itu city.
Jdi apakah BRV ini mirip2 naikannya?
Ane seringnya nyetir sndiri sih. Dan jujur aja ya nyetir honda itu feelnya emng beda dari yg lain. Apalagi dibanding reborn yg kek kapal itu :big_slap:
city hatchback om? kalo sama city hatchback ya empuk city om. BRV settingnya agak keras.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 465
Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: Low MPV (Xpander) vs Zenix, Apakah Worth perbedaan harga dibanding kenyamanan?

Post by FR6 »

ChZ wrote: Mon Nov 06, 2023 3:16
darrelund wrote: Sun Nov 05, 2023 15:21
DOHC wrote: Fri Nov 03, 2023 22:48 pecaya ga pecaya, xpander itu tarikan awal sama lemot nya ama rebon bensin metik, cuman napas rebon bensin metik kl yg kita orang rasain jauhhhhh lebi panjang drpd xpander, kl ud ngeglosor di tol transjawabahn, entah knapa lebi enak pake rebon bensin metik
um

tapi xpander biar lemot gitu di jalan tol ganas lho, pada kenceng semua

hari" di jalanan klo ndak ditempelin mulu yah zig zag trus

mungkin jaga momentum?
rasio panjang di toll emang ngebantu sih. ntu espander kalo udah jalan, rasionya kan panjang bener. mesinnya berat klo ngengkol dari nol aja. sama kayak haervi cenggo sese baru.

sama jg kayak BMW 318i M43. lemot2 gitu cuma 110hp tapi 200 nyampe top speednya. ngos ngosan sih nyampenya dgn power segitu tapi kalo udah di toll torsi besar jadi gak relevan makanya rajanya justru mesin2 bensin sese besar atawa hp besar.

ngondah freed juga tuh di kota lemot. tp karakter gearing panjang oondah + VTEC POWAHH nya berasa giliran ngejer top speed. gak yakin modelan elempv baru baru bisa ngadu ama freed di toll.

makanya ane ngga terlalu suka diesel. palised aja mikir mo ambil tp diesel cuy gak keluar V6 3800cc nya. kenceng si palised, tapi gak suka feel mesin diesel di kecepatan tinggi. berisik kratakratkakkratakkratak nya kedengeran ampe kabin. napasnya jg gak sepanjang bengsin 200hp up.
dijel mah menang di rute2 pegunungan Umz, tiap bawa Xpander 4AT di tol Semarang-Solo keok mulu ama Hiace travel wkwkwkw
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Low MPV (Xpander) vs Zenix, Apakah Worth perbedaan harga dibanding kenyamanan?

Post by ChZ »

FR6 wrote: Thu Nov 09, 2023 6:11
dijel mah menang di rute2 pegunungan Umz, tiap bawa Xpander 4AT di tol Semarang-Solo keok mulu ama Hiace travel wkwkwkw
jangankan hiace om.

mo elsape bawa muatan ampe segunung tetep aj kita orang pake civic kalah di tanjakan. klo udah yang curam maen torsi ma gir kasar sih itu elsape tinggal oper gigi 1 aja. speed boleh cuma 10 km/h tapi naik terussss

dl ane pinjem inopa 2KD punya sodara di semarang solo enak. giliran lanjutannya mulai nyesel kena bumpy dikit lompat lompat itu mobil mana shock standar inopa pula :mky_07: mo ngebut kaga brani di atas 120 soalnya mobilnya kg bisa ngerem wkwkwkkwwk kenceng doang rem standar.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ToraB
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Thu Nov 02, 2023 13:06

Re: Low MPV (Xpander) vs Zenix, Apakah Worth perbedaan harga dibanding kenyamanan?

Post by ToraB »

ChZ wrote: Thu Nov 09, 2023 2:48
city hatchback om? kalo sama city hatchback ya empuk city om. BRV settingnya agak keras.
Iya city hatchback.
Oh gitu ya om, thank youu :big_deal: :big_peace:
Jenson
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: Low MPV (Xpander) vs Zenix, Apakah Worth perbedaan harga dibanding kenyamanan?

Post by Jenson »

Chr1stm1 wrote: Tue Nov 07, 2023 0:00
ToraB wrote: Mon Nov 06, 2023 13:01 Terima kasih suhu2 atas sarannya.
Sepertinya ane lebih condong ke opsi om dibawah ini.
Pboyz97 wrote: Mon Nov 06, 2023 3:21
nah udh pilihan tepat. ambil xpander terus selisihnya buat gantiin reborn bensin manual ke diesel matic, worthed kok hehehe . kalo sisa budget katakanlah 100 jt + modal reborn bensin manual dapet menurut saya, tergantung reborn bensin manual yg dipake ortunya skrg tipe apa dan tahun berapa hehehe


xpander masih lumayan stabil kok dikelasnya, cari tipe ulti dan warna wajib hitam putih, karena 2 warna itu yg paling laku. ya kalo innova mah jangan ditanya om, apalagi yg diesel at, harga jual kembalinya gaada lawan, jangankan stabil, wong tiap tahun makin naik kok , apalagi peminatnya di luar jabodetabek masih sangat banyak menurut saya hehehe
Ambil lmpv aja.
Tapi kok ada kebingungan lagi setelah beberapa diatas ada yg mention BRV. Ada stargazer juga sih tpi ane cari yg jepang aja deh :big_peace:
Kebetulan mobil yg sekarang City HB. Apa BRV itu naiknya mirip2 sama City ya? Soal NVH sm bantingannya.
Ane pernah nyobain sih BRV yg gen sebelum ini, ampun deh keraasss :big_slap:
Klo city menurut ane enak, keras tpi ga keras (eh gimana sih) :big_think: , pokoknya redamnya tuh enak aja gk gubrak2.
Cma minus nya peredaman suara ban sm hujan aja sih (parah bgt sih :big_dunno: )
Apa bikin thread baru aja yak? :big_peace:

Kalo buat sy pribadi, antara BRV atau Xpander sy ambil BRV.
nyetirnya enak BRV, AC adem BRV..tapi drawbacknya BRV itu agak pendek yah perasaan, kalo parkir sampingan sama Rush atau Xpander berasa kap mobilny pendek..yah jadi berasa SUV stunting
Kalo suka nyetir sndiri merem ambil brv om. Ane agak nyesel dikit pilih xp over BRV. Ya bener si lebih nyaman dan kedap, cmn limbung buat ditekuk2 dan mesin boyo bikin kurang seru sebenernya. Belon lagi pengalaman ke beres ahond vs mitsu, seancur2nya ahond, masi lebi berasa premium servicenya dr mitsu. 2x servis rasanya mirip servis truk
ToraB
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Thu Nov 02, 2023 13:06

Re: Low MPV (Xpander) vs Zenix, Apakah Worth perbedaan harga dibanding kenyamanan?

Post by ToraB »

Jenson wrote: Thu Nov 09, 2023 11:01 Kalo suka nyetir sndiri merem ambil brv om. Ane agak nyesel dikit pilih xp over BRV. Ya bener si lebih nyaman dan kedap, cmn limbung buat ditekuk2 dan mesin boyo bikin kurang seru sebenernya. Belon lagi pengalaman ke beres ahond vs mitsu, seancur2nya ahond, masi lebi berasa premium servicenya dr mitsu. 2x servis rasanya mirip servis truk
Baik om, ane sbg yg suka nyetir lebih ke BRV, tpi buat penumpang kyknya lebih nyaman xpander. Ya ada plus minus sndiri2.
Ane ajak istri buat TD dulu biar dia yg putusin ambil yg mana, :upss:
Yg penting pertanyaan utama ane (zenix vs lmpv) sdh terjawab
Terima kasih suhu2 SM semua :big_peace:
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1086
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Low MPV (Xpander) vs Zenix, Apakah Worth perbedaan harga dibanding kenyamanan?

Post by kenop »

ToraB wrote: Fri Nov 10, 2023 9:19
Jenson wrote: Thu Nov 09, 2023 11:01 Kalo suka nyetir sndiri merem ambil brv om. Ane agak nyesel dikit pilih xp over BRV. Ya bener si lebih nyaman dan kedap, cmn limbung buat ditekuk2 dan mesin boyo bikin kurang seru sebenernya. Belon lagi pengalaman ke beres ahond vs mitsu, seancur2nya ahond, masi lebi berasa premium servicenya dr mitsu. 2x servis rasanya mirip servis truk
Baik om, ane sbg yg suka nyetir lebih ke BRV, tpi buat penumpang kyknya lebih nyaman xpander. Ya ada plus minus sndiri2.
Ane ajak istri buat TD dulu biar dia yg putusin ambil yg mana, :upss:
Yg penting pertanyaan utama ane (zenix vs lmpv) sdh terjawab
Terima kasih suhu2 SM semua :big_peace:
Nahh yg di bold penting ini :big_biglaugh:
Pemikiran yg bagus ini wkwkwkwk
hlruser
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Tue Jul 15, 2008 15:05

Re: Low MPV (Xpander) vs Zenix, Apakah Worth perbedaan harga dibanding kenyamanan?

Post by hlruser »

Pakai grand livina 1800 cc matic, lumayan kalo lewat tanjakan masih kuat. Harga sudah jauh menurun
Jenson
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: Low MPV (Xpander) vs Zenix, Apakah Worth perbedaan harga dibanding kenyamanan?

Post by Jenson »

ToraB wrote: Fri Nov 10, 2023 9:19
Jenson wrote: Thu Nov 09, 2023 11:01 Kalo suka nyetir sndiri merem ambil brv om. Ane agak nyesel dikit pilih xp over BRV. Ya bener si lebih nyaman dan kedap, cmn limbung buat ditekuk2 dan mesin boyo bikin kurang seru sebenernya. Belon lagi pengalaman ke beres ahond vs mitsu, seancur2nya ahond, masi lebi berasa premium servicenya dr mitsu. 2x servis rasanya mirip servis truk
Baik om, ane sbg yg suka nyetir lebih ke BRV, tpi buat penumpang kyknya lebih nyaman xpander. Ya ada plus minus sndiri2.
Ane ajak istri buat TD dulu biar dia yg putusin ambil yg mana, :upss:
Yg penting pertanyaan utama ane (zenix vs lmpv) sdh terjawab
Terima kasih suhu2 SM semua :big_peace:
Betul om, tinggal dpilih plus min nya. Kalo soal nyaman darri segi empuk dan kekedapan, xpander mantap sih. Lebih ok dri HRV RU bahkan menurit saya. Berhubung dlu saya ambil utk dipake supir, jd aaya pilih ini dd BRV. Tapi pas uda punya, terkadang srrimg bawa sndiri jga mobilmya,, kok gemes ama kelemotan enginemya :ungg:
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Low MPV (Xpander) vs Zenix, Apakah Worth perbedaan harga dibanding kenyamanan?

Post by zonepublic »

Xpander sebelum facelift bantingannya enak tapi lemot&boros karena keberatan bodi
Setelah facelift bantingannya menurut saya kok jauh menurun borosnya berkurang dikit,lemotnya sama aja
Ya kalo anda mau nyenengin penumpang ya ambil zenix,baris ke2nya lega,tp buat yg nyopirin bikin males karena bodinya sangat panjang
Saya sendiri jujur kok males ya mau tes drive zenix sopirin mobil segede itu
Anda ga berminat ambil stargazer x?enak lo buat driver&penumpang apalagi ada yg versi kapten seat
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Low MPV (Xpander) vs Zenix, Apakah Worth perbedaan harga dibanding kenyamanan?

Post by Pboyz97 »

ToraB wrote: Mon Nov 06, 2023 13:01 .
Tapi kok ada kebingungan lagi setelah beberapa diatas ada yg mention BRV. Ada stargazer juga sih tpi ane cari yg jepang aja deh :big_peace:
Kebetulan mobil yg sekarang City HB. Apa BRV itu naiknya mirip2 sama City ya? Soal NVH sm bantingannya.
Ane pernah nyobain sih BRV yg gen sebelum ini, ampun deh keraasss :big_slap:
Klo city menurut ane enak, keras tpi ga keras (eh gimana sih) :big_think: , pokoknya redamnya tuh enak aja gk gubrak2.
Cma minus nya peredaman suara ban sm hujan aja sih (parah bgt sih :big_dunno: )
Apa bikin thread baru aja yak? :big_peace:
kebetulan saya user AN BRV 2023 & pernah td city HB dan brv gen 1 jg . naikkan mirip2, secara mesin dan drivetrainnya jg sama. kalo udh biasa bawa brv lama, yg baru jauh lebih empukkk dan nyaman dibanding yg lama. kalo stargazer ya no komen karena blm pernah td. kalo city ya dibanding AN BRV mirip2, cm emg lbh keras dikit aja menurut saya dibanding brv yg all new
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
winzev
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Wed Mar 25, 2015 7:28

Re: Low MPV (Xpander) vs Zenix, Apakah Worth perbedaan harga dibanding kenyamanan?

Post by winzev »

Izin hidupin thread lama.

Saya juga lagi mikir antara ambil Zenix G CVT atau LMPV (pilihannya BRV Prestige Non HS dan Stargazer Improvement).

Asumsi beda harga persis 100jt, apakah lebih baik hajar Zenix G CVT? Atau turun ke LMPV/LSUV aja?

Btw non hybrid ya karena saya dah ngitung running cost 8 tahun dengan estimasi fuel economy saat ini dan saya ga bisa justify 70 mil increase in acquisition price nya.

Jadi ini mobil akan gantiin Innova Bensin Matic 2012 dan mungkin akan jadi daily driver ganjil genap Jakarta.

Pilihannya wajib 7 seater karena udah punya momongan dan bagasi Mazda dan Raize di rumah ga muat barang bawaan bayi ketika keluar kota. Asumsi saya, mobil 7 seater third row dilipat harusnya cukul lega untuk taroh stroller + koper bayi ortu suster + perlengkapan bayi yang macem2 itu.

Awalnya sempet mau hajar aja gausah mikir ambil Zenix, tapi kok itu row 2 gabisa dilipet padahal kadang mobilnya perlu masuk sepeda. Juga secara ukuran buat macet macetan sepertinya enak yg kecilan dikit.

Kemudian pernah nyetir BRV temen ke Majalengka, rasanya ga berasa bawa mobil gede. Enak, pakem, ga mental mentul, really a good car menurut saya. Sayangnya interiornya bukan selera saya, dan ini mobil kok interiornya keliatan ga niat design nya ketika rival rivalnya sangat modern. Apalagi tuas transmisi nya itu lohhhh…. Cheap bener…..

Kemudian ada Stargazer yang belakangan mulai enak dipandang mata dan bentuk dashboard improvement yang saya lumayan suka. Karena akan masuk sepeda tentu ambil yang non-captain seat.

Kekedeapan bukan masalah karena mungkin mobilnya akan pasang peredam tambahan anyway.

Avanza dan Xpander tidak masuk list karena mobil akan saya bawa sendiri dan dua mobil itu too unrefined menurut saya dari segi driving feel dan tuning shocknya (terutama xpander yang mental mentulnya kacau). Dan mungkin ini jadi mobil utama kalau keluar kota.

Mohon masukan.
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3146
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Low MPV (Xpander) vs Zenix, Apakah Worth perbedaan harga dibanding kenyamanan?

Post by walid_007 »

milih zenix lah omm
lmpv mo dikasi gimick apapun ttp lmpv apalgi sebelomya udah pake inova

tp klo oe ttp pilih reborn disel metic

🍻
engine roaring!
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Low MPV (Xpander) vs Zenix, Apakah Worth perbedaan harga dibanding kenyamanan?

Post by zonepublic »

winzev wrote: Mon Feb 12, 2024 15:33 Izin hidupin thread lama.

Saya juga lagi mikir antara ambil Zenix G CVT atau LMPV (pilihannya BRV Prestige Non HS dan Stargazer Improvement).

Asumsi beda harga persis 100jt, apakah lebih baik hajar Zenix G CVT? Atau turun ke LMPV/LSUV aja?

Btw non hybrid ya karena saya dah ngitung running cost 8 tahun dengan estimasi fuel economy saat ini dan saya ga bisa justify 70 mil increase in acquisition price nya.

Jadi ini mobil akan gantiin Innova Bensin Matic 2012 dan mungkin akan jadi daily driver ganjil genap Jakarta.

Pilihannya wajib 7 seater karena udah punya momongan dan bagasi Mazda dan Raize di rumah ga muat barang bawaan bayi ketika keluar kota. Asumsi saya, mobil 7 seater third row dilipat harusnya cukul lega untuk taroh stroller + koper bayi ortu suster + perlengkapan bayi yang macem2 itu.

Awalnya sempet mau hajar aja gausah mikir ambil Zenix, tapi kok itu row 2 gabisa dilipet padahal kadang mobilnya perlu masuk sepeda. Juga secara ukuran buat macet macetan sepertinya enak yg kecilan dikit.

Kemudian pernah nyetir BRV temen ke Majalengka, rasanya ga berasa bawa mobil gede. Enak, pakem, ga mental mentul, really a good car menurut saya. Sayangnya interiornya bukan selera saya, dan ini mobil kok interiornya keliatan ga niat design nya ketika rival rivalnya sangat modern. Apalagi tuas transmisi nya itu lohhhh…. Cheap bener…..

Kemudian ada Stargazer yang belakangan mulai enak dipandang mata dan bentuk dashboard improvement yang saya lumayan suka. Karena akan masuk sepeda tentu ambil yang non-captain seat.

Kekedeapan bukan masalah karena mungkin mobilnya akan pasang peredam tambahan anyway.

Avanza dan Xpander tidak masuk list karena mobil akan saya bawa sendiri dan dua mobil itu too unrefined menurut saya dari segi driving feel dan tuning shocknya (terutama xpander yang mental mentulnya kacau). Dan mungkin ini jadi mobil utama kalau keluar kota.

Mohon masukan.
anda bisa betah nyetir innova sampe 1 dekade berarti anda bukan tipe driver yg suka kelincahan&respon mesin,anda tipe driver yang menikmati kenyamanan duduk
Kalo avanza&xpander anda bilang unrefined apalagi BRV&stargazer
Jawabannya ya cuma zenix
Lmpv sm high class mpv pasti beda jauh kualitas keseluruhannya
Jenson
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: Low MPV (Xpander) vs Zenix, Apakah Worth perbedaan harga dibanding kenyamanan?

Post by Jenson »

winzev wrote: Mon Feb 12, 2024 15:33 Izin hidupin thread lama.

Saya juga lagi mikir antara ambil Zenix G CVT atau LMPV (pilihannya BRV Prestige Non HS dan Stargazer Improvement).

Asumsi beda harga persis 100jt, apakah lebih baik hajar Zenix G CVT? Atau turun ke LMPV/LSUV aja?

Btw non hybrid ya karena saya dah ngitung running cost 8 tahun dengan estimasi fuel economy saat ini dan saya ga bisa justify 70 mil increase in acquisition price nya.

Jadi ini mobil akan gantiin Innova Bensin Matic 2012 dan mungkin akan jadi daily driver ganjil genap Jakarta.

Pilihannya wajib 7 seater karena udah punya momongan dan bagasi Mazda dan Raize di rumah ga muat barang bawaan bayi ketika keluar kota. Asumsi saya, mobil 7 seater third row dilipat harusnya cukul lega untuk taroh stroller + koper bayi ortu suster + perlengkapan bayi yang macem2 itu.

Awalnya sempet mau hajar aja gausah mikir ambil Zenix, tapi kok itu row 2 gabisa dilipet padahal kadang mobilnya perlu masuk sepeda. Juga secara ukuran buat macet macetan sepertinya enak yg kecilan dikit.

Kemudian pernah nyetir BRV temen ke Majalengka, rasanya ga berasa bawa mobil gede. Enak, pakem, ga mental mentul, really a good car menurut saya. Sayangnya interiornya bukan selera saya, dan ini mobil kok interiornya keliatan ga niat design nya ketika rival rivalnya sangat modern. Apalagi tuas transmisi nya itu lohhhh…. Cheap bener…..

Kemudian ada Stargazer yang belakangan mulai enak dipandang mata dan bentuk dashboard improvement yang saya lumayan suka. Karena akan masuk sepeda tentu ambil yang non-captain seat.

Kekedeapan bukan masalah karena mungkin mobilnya akan pasang peredam tambahan anyway.

Avanza dan Xpander tidak masuk list karena mobil akan saya bawa sendiri dan dua mobil itu too unrefined menurut saya dari segi driving feel dan tuning shocknya (terutama xpander yang mental mentulnya kacau). Dan mungkin ini jadi mobil utama kalau keluar kota.

Mohon masukan.
Kalo suka nyetir sendiri, mgkin ambil zennix cons utamanya menurut saya body gambotnya mayan bikin susah nyelip2 di Jakarta. Nyari parkir aja repot rasanya, pemgalaman saya kalo bawa zennix mertua agak bikin males nyetir dimensinya. Tp utk kenyamanan top sih, jauh lha dbanding lmpv
Chr1stm1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 508
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: All New Veloz 2022 ANR 2018 Avanza K3VE 2011 Wuling Confero S ACT 2020

Re: Low MPV (Xpander) vs Zenix, Apakah Worth perbedaan harga dibanding kenyamanan?

Post by Chr1stm1 »

winzev wrote: Mon Feb 12, 2024 15:33 Izin hidupin thread lama.

Saya juga lagi mikir antara ambil Zenix G CVT atau LMPV (pilihannya BRV Prestige Non HS dan Stargazer Improvement).

Asumsi beda harga persis 100jt, apakah lebih baik hajar Zenix G CVT? Atau turun ke LMPV/LSUV aja?

Btw non hybrid ya karena saya dah ngitung running cost 8 tahun dengan estimasi fuel economy saat ini dan saya ga bisa justify 70 mil increase in acquisition price nya.

Jadi ini mobil akan gantiin Innova Bensin Matic 2012 dan mungkin akan jadi daily driver ganjil genap Jakarta.

Pilihannya wajib 7 seater karena udah punya momongan dan bagasi Mazda dan Raize di rumah ga muat barang bawaan bayi ketika keluar kota. Asumsi saya, mobil 7 seater third row dilipat harusnya cukul lega untuk taroh stroller + koper bayi ortu suster + perlengkapan bayi yang macem2 itu.

Awalnya sempet mau hajar aja gausah mikir ambil Zenix, tapi kok itu row 2 gabisa dilipet padahal kadang mobilnya perlu masuk sepeda. Juga secara ukuran buat macet macetan sepertinya enak yg kecilan dikit.

Kemudian pernah nyetir BRV temen ke Majalengka, rasanya ga berasa bawa mobil gede. Enak, pakem, ga mental mentul, really a good car menurut saya. Sayangnya interiornya bukan selera saya, dan ini mobil kok interiornya keliatan ga niat design nya ketika rival rivalnya sangat modern. Apalagi tuas transmisi nya itu lohhhh…. Cheap bener…..

Kemudian ada Stargazer yang belakangan mulai enak dipandang mata dan bentuk dashboard improvement yang saya lumayan suka. Karena akan masuk sepeda tentu ambil yang non-captain seat.

Kekedeapan bukan masalah karena mungkin mobilnya akan pasang peredam tambahan anyway.

Avanza dan Xpander tidak masuk list karena mobil akan saya bawa sendiri dan dua mobil itu too unrefined menurut saya dari segi driving feel dan tuning shocknya (terutama xpander yang mental mentulnya kacau). Dan mungkin ini jadi mobil utama kalau keluar kota.

Mohon masukan.

Zenix om...
LMPV dan LSUV malah rasa berkendara ampir mirip2 ke kecuali stargazer yg ivtnya lumayan responsif ( cuma body depan mirip espass pro max ).
Kalau bawa zenix terasa naek kelas
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Low MPV (Xpander) vs Zenix, Apakah Worth perbedaan harga dibanding kenyamanan?

Post by Pboyz97 »

winzev wrote: Mon Feb 12, 2024 15:33 Izin hidupin thread lama.

Saya juga lagi mikir antara ambil Zenix G CVT atau LMPV (pilihannya BRV Prestige Non HS dan Stargazer Improvement).

Asumsi beda harga persis 100jt, apakah lebih baik hajar Zenix G CVT? Atau turun ke LMPV/LSUV aja?

Btw non hybrid ya karena saya dah ngitung running cost 8 tahun dengan estimasi fuel economy saat ini dan saya ga bisa justify 70 mil increase in acquisition price nya.

Jadi ini mobil akan gantiin Innova Bensin Matic 2012 dan mungkin akan jadi daily driver ganjil genap Jakarta.

Pilihannya wajib 7 seater karena udah punya momongan dan bagasi Mazda dan Raize di rumah ga muat barang bawaan bayi ketika keluar kota. Asumsi saya, mobil 7 seater third row dilipat harusnya cukul lega untuk taroh stroller + koper bayi ortu suster + perlengkapan bayi yang macem2 itu.

Awalnya sempet mau hajar aja gausah mikir ambil Zenix, tapi kok itu row 2 gabisa dilipet padahal kadang mobilnya perlu masuk sepeda. Juga secara ukuran buat macet macetan sepertinya enak yg kecilan dikit.

Kemudian pernah nyetir BRV temen ke Majalengka, rasanya ga berasa bawa mobil gede. Enak, pakem, ga mental mentul, really a good car menurut saya. Sayangnya interiornya bukan selera saya, dan ini mobil kok interiornya keliatan ga niat design nya ketika rival rivalnya sangat modern. Apalagi tuas transmisi nya itu lohhhh…. Cheap bener…..

Kemudian ada Stargazer yang belakangan mulai enak dipandang mata dan bentuk dashboard improvement yang saya lumayan suka. Karena akan masuk sepeda tentu ambil yang non-captain seat.

Kekedeapan bukan masalah karena mungkin mobilnya akan pasang peredam tambahan anyway.

Avanza dan Xpander tidak masuk list karena mobil akan saya bawa sendiri dan dua mobil itu too unrefined menurut saya dari segi driving feel dan tuning shocknya (terutama xpander yang mental mentulnya kacau). Dan mungkin ini jadi mobil utama kalau keluar kota.

Mohon masukan.
saya kebetulan pernah ada di posisi yg sama & mantep milih AN BRV, waktu itu buat gantiin brio satya 2022 & innova v bensin at 2014 barong. alesannya sama kaya yg om bilang, entah knp lmpv or lsuv selain brv saya kurang sreg, terutama ride quality, handling & tarikannya. tdnya sempet kepikiran zenix ini juga , cm selisihnya lumayan & udh ada voxy yg notabene mesin & drivetrainnya mirip kaya zenix bensin

kl om nya kurang sreg sm BRV ya zenix aja, jelas upgrade dari innova bensin lama , minimal suara mesin, tarikan & konsumsi bbm nya lebih irit + lebih halus . kalo emg peredam bukan masalah, saya bakal pick AN BRV. karena terlepas dari interiornya yg memang agak kurang sm BQ nya, tp driving feel, tarikan dan handling tetep yg terbaik dikelasnya, entah knp lmpv / lsuv jaman now yg saya sreg cuma itu, kalo emg saya merasa interior brv agak kurang, saya bakal pick mobil seken yg seharga itu (innova reborn diesel tipe G, vnt, or ops dakar), jelas lebih enak dibanding lsuv or lmpv baru jaman now apalagi buat lukot (no offence ya) :big_peace: , salah 1 alesan saya pick BRV adalah driving feel, tarikan sm handlingnya, paling enak, kaya yg om bilang, masalah interior & bq + road noise yg agak kurang udh ketutup sm driving feel, tarikan dan handlingnya yg enak buat kelas lsuv / lmpv , jd ya masih bs sy toleransi hehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Low MPV (Xpander) vs Zenix, Apakah Worth perbedaan harga dibanding kenyamanan?

Post by KielConstantine »

Chr1stm1 wrote: Tue Feb 13, 2024 0:11 stargazer yg ivtnya lumayan responsif ( cuma body depan mirip espass pro max )
:mky_07: :mky_07:

Sedih amat disamain sama daihatsu espass

Ane kurang tau skarang hyundie gmn layanan after sales dy, moga2 udah lebih baik ya

BR-V vs Zenix kalo sama2 engine n/a ane lebih condong BR-V aj. Lebih enteng toh, bobot ringan, body lebih kompak. Radius ban jg lebih kecil, di gas lebih gampang ngacir walaupun engine 1.5L doang

Kcuali zenixnya engine hybrid. Langsung all in Znx :big_smoking:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking: