Short review : All New BRV Prestige Non HS 2023

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Short review : All New BRV Prestige Non HS 2023

Post by Pboyz97 »

selamat malam semuanya. pada kesempatan kali ini , saya akan kembali mereview kendaraan harian saya, yaitu AN BRV prestige non HS 2023, yang saya beli dari baru bulan mei lalu & saat ini sudah menyentuh odo 4rban km on going. now let's go to the review

background
berawal dari kebutuhan keluarga saya yg sedang mencari LMPV & LSUV 7 seater baru yg memang cocok buat daily & bakal dipake tiap hari untuk gangen , kami melakukan test drive berbagai macem kandidat LMPV & LSUV baru mulai dari AN avxen & veloz FWD, AN BRV, stargazer, xpander, ertiga, xl7 , AN rushter & AN BRV. sudah td semua & diputuskanlah untuk memboyong 1 unit BRV prestige non sensing pada bulan mei lalu di harga 290 jt OTR jakarta after disc, karena punya driving feel, handling & tarikan yg terbaik dikelasnya + akomodasinya jg cukup baik dikelas ini menurut saya. saya ambil yg non hs karena sensingnya buat keluarga kami nggak gitu terpakai & tampilan luar & dalemnya persis plek dengan yg hs setau saya makanya saya ambil yg non hs saja hehehe

history

2016 - 2018
HPM meluncurkan BRV di indonesia, untuk bersaing di kelas lsuv bersama dengan rush terios. hadir dengan pilihan trim s, e & e prestige. serta transmisi manual & cvt

2019
HPM meluncurkan facelift dari BRV , perbedaan paling kentara ada di setir & desain exteriornya yg terlihat lebih elegan

2022 - sekarang
HPM meluncurkan versi all new dari BRV, hadir dalam tipe S, E , prestige & prestige HS. which is merupakan lompatan yg sangat jauh dibanding pendahulunya di segala sisi + menjadi conteder kuat dikelasnya saat itu

sekarang lanjut ke reviewnya ya hehehe

exterior
Image
Image
Image

keliatan simpel tapi terlihat gagah. jauh lebih modern dibanding gen sblmnya serta merupakan salah 1 yg terbaik dikelasnya menurut saya

interior
Image
Image
Image
Image
Image

salah 1 keunggulan dari mobil ini ada di interiornya, desainnya termasuk mewah dikelasnya + lagi2 peningkatan yg sangat signifikan dari pendahulunya, simpel tapi enak dilihat . selain itu, mobil ini jg punya akomodasi & kepraktisan yg cukup baik dikelasnya

fitur
mobil ini dilengkapi fitur keyless entry & start stop engine, HU touchscreen dengan bluetooth, tombol audio disetir , ac digital . serta fitur safety dual srs airbag, abs , ebd

rasa berkendara
Image
salah 1 keunggulan mobil ini ada di driving feel, tarikan dan handlingnya, sekaligus 3 aspek ini yg membuat saya mantap untuk memilih mobil ini dibanding kandidat lain dikelasnya. impresi yg saya rasakan yg pertama posisi duduknya cukup ergonomis. selain itu juga tarikannya enak, cvtnya jg bekerja dengan sigap & smooth. handlingnya juga merupakan yg terbaik dikelasnya, dibawa 150 kpj pun masih stabil & cukup mudah dapetnya hehehe. rasa nyetirnya pun nggak kaya bawa mobil mpv, tapi mirip2 aja kaya bawa mobil kecil seperti jazz or brio :big_biglaugh: . akan tetapi, mobil ini juga ada beberapa kekurangan seperti kualitas audio bawaan , peredaman kabin & bantingan suspensi yg agak keras (walaupun masih dalam batas toleransi saya) . well, memang sudah jauh lebih baik dibanding gen sblmnya. tapi entah knp di 3 aspek tersebut masih blm sebaik rival2 dikelasnya menurut saya

kesimpulan
mobil yg all rounder. cocok buat kalian yg mencari mobil keluarga yg muat banyak ,lega, practical, aftersalesnya terjamin, enak disetir, punya tarikan & handling yg oke , sering nyetir sendiri , tetapi masih cukup nyaman buat dipakai sehari2

plus
- desain exterior & inteiror
- brand & aftersales
- fitur
- driving feel
- tarikan
- handling
- akomodasi & kepraktisan

minus
- road noise agak kurang
- kualitas audio bawaan agak kurang
- masih agak keras walaupun sudah jauh lebih empuk dan nyaman dibanding gen sblmnya

saya cukup puas dengan mobil ini & tidak menyesal sama sekali, selama 3 bulan pakai dan odo sudah 4rb lebih, blm ada masalah yg aneh2, cuma servis rutin dan ganti oli aja. isu karat di dekat pedal gas rem yg sempat ramai dan viral di medsos waktu itu untungnya nggak terjadi di unit saya

sekian dari review saya kali ini. i hope you will enjoy my review. thank you
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Short review : All New BRV Prestige Non HS 2023

Post by kunaskun »

dipikir2 si Honda ini beneran rada ajaib, semua dikorting, tapi nyetirnya enak. padahal kelas harganya berapa banyak yang peduliin juga, untung aja brand-nya Honda, coba Nissan atau merek CDM lain, ga lama tewas. apalagi kalau kena netijen mendang mending cuma taunya ada ini itu tapi belinya toyota juga.

btw, dengan diskon segede gitu, agak tanggung ga ambil yang varian Honda Sensing? lumayan kan buat kalau nanti dijual: barang antik :big_biglaugh:
Supersedan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Wed Jun 15, 2022 9:37
Daily Vehicle: Mobilio

Re: Short review : All New BRV Prestige Non HS 2023

Post by Supersedan »

Selama om mobil barunya.
Memang makin kesini BRV makin laku ya sepertinya.

Pas lebaran kemarin kumpul keluarga, ada 3 keluarga saya saling cerita bingung mau ganti mobil apa budget 300jt, dari obrolan2 itu sepakat 2 mau ambil xpander, satu mau veloz. Karena harga brv prestige di Sumatera paling mahal harganya.

Eh awal bulan Oktober kemarin kumpul keluarga acara arisan, semuanya pada ambil brv rs non hs wkwkwkw.
Begitu diskon besar harganya jadi kurang lebih mirip2 sama yg lain, mereka pada berubah pilihan πŸ˜†
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Short review : All New BRV Prestige Non HS 2023

Post by zonepublic »

kunaskun wrote: ↑Sat Oct 28, 2023 15:17 dipikir2 si Honda ini beneran rada ajaib, semua dikorting, tapi nyetirnya enak. padahal kelas harganya berapa banyak yang peduliin juga, untung aja brand-nya Honda, coba Nissan atau merek CDM lain, ga lama tewas. apalagi kalau kena netijen mendang mending cuma taunya ada ini itu tapi belinya toyota juga.

btw, dengan diskon segede gitu, agak tanggung ga ambil yang varian Honda Sensing? lumayan kan buat kalau nanti dijual: barang antik :big_biglaugh:
Kan harganya udah dimarkup,mana mungkin teknologi udah dipake 20 tahun lebih harganya malah naik terus?
Kalo nanya nyetirnya enak,ya kan udah puluhan tahun laku enak ya sampe sekarang tetep enak asal teknologinya sama
Anda makan ayam kfc sejak tahun 70an sampe sekarang juga tetep enak kan rasanya,tapi harganya 70 tahun lalu sama sekarang pasti udah naik banyak juga meskipun kfc banyak diskon
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1403
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Short review : All New BRV Prestige Non HS 2023

Post by AbdulHakim »

Asumsi saya, seperti halnya brio yang merupakan spiritual successor dari Jazz (mobil murah, anak muda, nyetirnya enak dan akomodasi lega khas honda), pun demikian halnya dengan BRV ini, positioningnya dibuat untuk menggantikan CRV yang harganya makin sulit dijangkau, bandingkan ukuran BRV yang makin melar dengan CRV RE (gen 3) ternyata BRV udah gede ya skrg, banyak minum susu kali ya :big_biglaugh:
mobil brand H tegak harga 200jt-an, kalo dulu Jazz, skgr Brio.
mobil SUV brand H tegak harga mentok 500jt, kalo dulu CRV, skrg BRV.
sedan? apa itu sedan, sebagai gambaran di sekitar tempat tinggal saya, dari 50 rumah, yang melihara sedan cuma 2 (1 sedan accord CM5 jadul dan 1 civic RS), bisa dibayangkan daya minat konsumen terhadap mobil jenis ini.
Realitanya pendapatan pegawai (non-wiraswasta) itu tidak mampu mengejar inflasi, sedangkan biaya produksi mobil itu terkait dengan inflasi.
Untuk sektor mesin, di saat jalan yang dirasa makin menyempit karena mobil-mobil makin banyak, tapi jumlah ruas jalan itu-itu aja, tentu mesin CC besar yang tidak irit bbm tidak dikembangkan lagi oleh pabrikan karena bukanlah prioritas bagi keluarga-keluarga muda saat ini, tapi L15 NA yang 120ps bertenaga namun cukup irit sudah dirasa sangat amat cukuplah untuk wara-wiri di kota dan tol saat mudik.
HPM tinggal poles dikit interiornya BRV facelift/next gen dimirip-miripin sama Civic RS, kasih gimmick-gimmick, bang! BRV Prestige setengah Milyar rupiah yang bermesin 1500cc L15 NA akan menjadi standar baru trade mark pencapaian kesuksesan bagi keluarga muda Indonesia.
Mobil ladderframe diesel ga saya comment karena H-tegak ga ngeluarin.
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1068
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: Short review : All New BRV Prestige Non HS 2023

Post by Zaxis »

5 tahun lagi juga ondah jadi sekelas sujuki dan dayatsu
Jualan nya cuma lcgc lsuv lmpv
Jualan mobil lain ga laku krn over price
Liat aja tuh siarpih dah launching berapa bulan masih jarang keliatan di jalan
Lebih sering liat ioniq baru daripada siarpih
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1403
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Short review : All New BRV Prestige Non HS 2023

Post by AbdulHakim »

Zaxis wrote: ↑Sun Oct 29, 2023 2:22 5 tahun lagi juga ondah jadi sekelas sujuki dan dayatsu
Jualan nya cuma lcgc lsuv lmpv
Jualan mobil lain ga laku krn over price
Liat aja tuh siarpih dah launching berapa bulan masih jarang keliatan di jalan
Lebih sering liat ioniq baru daripada siarpih
klaim di media, All New Honda CRV as per 15 Oktober 2023 telah laku terjual 2.261 unit :big_grin:
https://oto.detik.com/mobil/d-6986433/a ... 00-an-unit
saya siy senang kalo All New CRV laku, tinggal nunggu yg FOMO udahan, tinggal sikat seken mint conditionnya, nilai depreasiasinya sudah ditanggung oleh first buyer :big_peace:
kemalmakbar
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 103
Joined: Tue Oct 10, 2017 12:24
Location: Surabaya, Jawa Timur

Re: Short review : All New BRV Prestige Non HS 2023

Post by kemalmakbar »

Great review, om!

Menurut saya eksterior Brv Prestige terbilang elegan walaupun saya lebih senang tipe E karena lebih clean (pemakaian krom ga sebanyak Prestige)
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Short review : All New BRV Prestige Non HS 2023

Post by zonepublic »

AbdulHakim wrote: ↑Sun Oct 29, 2023 0:37 Asumsi saya, seperti halnya brio yang merupakan spiritual successor dari Jazz (mobil murah, anak muda, nyetirnya enak dan akomodasi lega khas honda), pun demikian halnya dengan BRV ini, positioningnya dibuat untuk menggantikan CRV yang harganya makin sulit dijangkau, bandingkan ukuran BRV yang makin melar dengan CRV RE (gen 3) ternyata BRV udah gede ya skrg, banyak minum susu kali ya :big_biglaugh:
mobil brand H tegak harga 200jt-an, kalo dulu Jazz, skgr Brio.
mobil SUV brand H tegak harga mentok 500jt, kalo dulu CRV, skrg BRV.
sedan? apa itu sedan, sebagai gambaran di sekitar tempat tinggal saya, dari 50 rumah, yang melihara sedan cuma 2 (1 sedan accord CM5 jadul dan 1 civic RS), bisa dibayangkan daya minat konsumen terhadap mobil jenis ini.
Realitanya pendapatan pegawai (non-wiraswasta) itu tidak mampu mengejar inflasi, sedangkan biaya produksi mobil itu terkait dengan inflasi.
Untuk sektor mesin, di saat jalan yang dirasa makin menyempit karena mobil-mobil makin banyak, tapi jumlah ruas jalan itu-itu aja, tentu mesin CC besar yang tidak irit bbm tidak dikembangkan lagi oleh pabrikan karena bukanlah prioritas bagi keluarga-keluarga muda saat ini, tapi L15 NA yang 120ps bertenaga namun cukup irit sudah dirasa sangat amat cukuplah untuk wara-wiri di kota dan tol saat mudik.
HPM tinggal poles dikit interiornya BRV facelift/next gen dimirip-miripin sama Civic RS, kasih gimmick-gimmick, bang! BRV Prestige setengah Milyar rupiah yang bermesin 1500cc L15 NA akan menjadi standar baru trade mark pencapaian kesuksesan bagi keluarga muda Indonesia.
Mobil ladderframe diesel ga saya comment karena H-tegak ga ngeluarin.
Karena pelihara medium atau high class sedan maintenancenya mahal,dulu juga pajaknya lbh mahal
Honda L15 N/A dimuatin orang 4-7 orang ya underpower
Jazz aja dinaikin 4 orang sama 2 orang beda jauh respon tarikannya
Cuma orang mikirnya cc kecil mesti irit,ya memang lbh irit 2-3km/Liter tp jg tarikannya lbh lemot daripada honda K20/K24 klo sama2 dimuatin 5 orang
(Saya ga fanboy H tegak meskipun mobilnya H tegak)
Buat 7 orang mmg enak diesel krn torsinya gede jadi ga gitu berasa ngefek dimuatin banyak orang/sedikit orang
Zaxis wrote: ↑Sun Oct 29, 2023 2:22 5 tahun lagi juga ondah jadi sekelas sujuki dan dayatsu
Jualan nya cuma lcgc lsuv lmpv
Jualan mobil lain ga laku krn over price
Liat aja tuh siarpih dah launching berapa bulan masih jarang keliatan di jalan
Lebih sering liat ioniq baru daripada siarpih
Belum tentu juga aftersales dan harga jual kembali di indonesia sangat berdampak pada penjualan mobil baru,
Merk2 lain seperti korea atau cina banyak kok yg lbh bagus kualitasnya drpd jepang tp tetap ga bisa nyalip honda/toyota
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Short review : All New BRV Prestige Non HS 2023

Post by Pboyz97 »

kunaskun wrote: ↑Sat Oct 28, 2023 15:17 dipikir2 si Honda ini beneran rada ajaib, semua dikorting, tapi nyetirnya enak. padahal kelas harganya berapa banyak yang peduliin juga, untung aja brand-nya Honda, coba Nissan atau merek CDM lain, ga lama tewas. apalagi kalau kena netijen mendang mending cuma taunya ada ini itu tapi belinya toyota juga.

btw, dengan diskon segede gitu, agak tanggung ga ambil yang varian Honda Sensing? lumayan kan buat kalau nanti dijual: barang antik :big_biglaugh:
betul. bagaimanapun memang punya driving feel, handling & tarikan yg terbaik dikelasnya + tetep lega & cukup nyaman juga. jadi all rounder alias dapet semua, ya sesuai lah sm kriteria mayoritas orang indo, blm lg brandnya sudah cukup terkenal & aftersalesnya cukup baik jg diseluruh indo

memang dari awal pengen yg non sensing aja, secara memang buat daily & operasional juga dan yg nyetir gantian antara saya, bapak saya & driver saya dengan berbagai macam driving style & berbagai macam medan jalan jg :big_biglaugh:

Supersedan wrote: ↑Sat Oct 28, 2023 15:27 Selama om mobil barunya.
Memang makin kesini BRV makin laku ya sepertinya.

Pas lebaran kemarin kumpul keluarga, ada 3 keluarga saya saling cerita bingung mau ganti mobil apa budget 300jt, dari obrolan2 itu sepakat 2 mau ambil xpander, satu mau veloz. Karena harga brv prestige di Sumatera paling mahal harganya.

Eh awal bulan Oktober kemarin kumpul keluarga acara arisan, semuanya pada ambil brv rs non hs wkwkwkw.
Begitu diskon besar harganya jadi kurang lebih mirip2 sama yg lain, mereka pada berubah pilihan πŸ˜†
thanks om

memang makin laku, di sekitar komplek tempat tinggal saya jg udh lumayan banyak jg AN BRV , mayoritas tipe prestige baik yg non hs maupun hs. betul. salah 1 pertimbangan saya ambil ini jg karena diskonnya cukup menggiurkan buat saya selain driving feel, tarikan dan handling serta akomodasinya yg memang menurut saya jadi deal breaker buat ambil mobil ini
AbdulHakim wrote: ↑Sun Oct 29, 2023 0:37 Asumsi saya, seperti halnya brio yang merupakan spiritual successor dari Jazz (mobil murah, anak muda, nyetirnya enak dan akomodasi lega khas honda), pun demikian halnya dengan BRV ini, positioningnya dibuat untuk menggantikan CRV yang harganya makin sulit dijangkau, bandingkan ukuran BRV yang makin melar dengan CRV RE (gen 3) ternyata BRV udah gede ya skrg, banyak minum susu kali ya :big_biglaugh:
mobil brand H tegak harga 200jt-an, kalo dulu Jazz, skgr Brio.
mobil SUV brand H tegak harga mentok 500jt, kalo dulu CRV, skrg BRV.
sedan? apa itu sedan, sebagai gambaran di sekitar tempat tinggal saya, dari 50 rumah, yang melihara sedan cuma 2 (1 sedan accord CM5 jadul dan 1 civic RS), bisa dibayangkan daya minat konsumen terhadap mobil jenis ini.
Realitanya pendapatan pegawai (non-wiraswasta) itu tidak mampu mengejar inflasi, sedangkan biaya produksi mobil itu terkait dengan inflasi.
Untuk sektor mesin, di saat jalan yang dirasa makin menyempit karena mobil-mobil makin banyak, tapi jumlah ruas jalan itu-itu aja, tentu mesin CC besar yang tidak irit bbm tidak dikembangkan lagi oleh pabrikan karena bukanlah prioritas bagi keluarga-keluarga muda saat ini, tapi L15 NA yang 120ps bertenaga namun cukup irit sudah dirasa sangat amat cukuplah untuk wara-wiri di kota dan tol saat mudik.
HPM tinggal poles dikit interiornya BRV facelift/next gen dimirip-miripin sama Civic RS, kasih gimmick-gimmick, bang! BRV Prestige setengah Milyar rupiah yang bermesin 1500cc L15 NA akan menjadi standar baru trade mark pencapaian kesuksesan bagi keluarga muda Indonesia.
Mobil ladderframe diesel ga saya comment karena H-tegak ga ngeluarin.


ya realitanya memang gitu, akan tetapi disisi lain, terkompensasi dengan gimmick & fitur yg memang lebih baik dibanding pendahulunya even kelas atasnya di harga yg sama pada masanya hehehe
Zaxis wrote: ↑Sun Oct 29, 2023 2:22 5 tahun lagi juga ondah jadi sekelas sujuki dan dayatsu
Jualan nya cuma lcgc lsuv lmpv
Jualan mobil lain ga laku krn over price
Liat aja tuh siarpih dah launching berapa bulan masih jarang keliatan di jalan
Lebih sering liat ioniq baru daripada siarpih
mungkin karena masih pada inden om. di kota saya, jabodetabek juga crv gen 6 baru nemu 2 biji yg pake plat sementara. masih lebih sering liat ioniq baru & CX5 FL maupun kuro yg pake plat sementara hehehe
kemalmakbar wrote: ↑Sun Oct 29, 2023 6:35 Great review, om!

Menurut saya eksterior Brv Prestige terbilang elegan walaupun saya lebih senang tipe E karena lebih clean (pemakaian krom ga sebanyak Prestige)
thanks om

betul. simpel dan elegan. kalo tipe pres dan tipe e ya menurut saya sama2 bagus, kembali ke selera masing2 lah ya hehehe


zonepublic wrote: ↑Sun Oct 29, 2023 13:43 Karena pelihara medium atau high class sedan maintenancenya mahal,dulu juga pajaknya lbh mahal
Honda L15 N/A dimuatin orang 4-7 orang ya underpower
Jazz aja dinaikin 4 orang sama 2 orang beda jauh respon tarikannya
Cuma orang mikirnya cc kecil mesti irit,ya memang lbh irit 2-3km/Liter tp jg tarikannya lbh lemot daripada honda K20/K24 klo sama2 dimuatin 5 orang
(Saya ga fanboy H tegak meskipun mobilnya H tegak)
Buat 7 orang mmg enak diesel krn torsinya gede jadi ga gitu berasa ngefek dimuatin banyak orang/sedikit orang



Belum tentu juga aftersales dan harga jual kembali di indonesia sangat berdampak pada penjualan mobil baru,
Merk2 lain seperti korea atau cina banyak kok yg lbh bagus kualitasnya drpd jepang tp tetap ga bisa nyalip honda/toyota
betul. buat 7 orang memang lebih enak diesel, apalagi rutenya mayoritas tol atau lukot, apalagi sering lewat tanjakkan turunan sm jalan rusak, saya sendiri jg lebih prefer diesel. tp kalo honda ya buat dalkot jg sebenernya udh cukup or lukot yg jalannya mulus jg udh oke jg, lebih enak disetir dan lebih nyaman jg dibanding diesel or ladder frame (kebetulan saya juga ex user GNKI bensin, anki reborn diesel, ANF VRZ , CRV gen 2,3,5, cx5 gen 1 & gen 2, serta saat ini miara ANPS dakar)

kalo aftersales dan rv ya jelas ngaruh om, apalagi aspek ini jadi bagian yg paling krusial dalam beli mobil baru maupun seken ,terutama diluar jabodetabek. kalo merek korea or tiongkok memang lebih bagus. tp ingat, indonesia gacuma jabodetabek, aftersales dan parts + long termnya terutama durability terutama diluar jabodetabek sorry to say masih blm sekuat brand jepang terutama honda or toyota. walaupun di jabodetabek aftersalesnya sudah cukup baik menurut saya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
KSG88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 362
Joined: Thu Apr 11, 2019 10:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota

Re: Short review : All New BRV Prestige Non HS 2023

Post by KSG88 »

Sensing ini fitur yg jarang benar benar dipakai, trus kalo mobil diatas 5 tahun apakah masih berjalan dengan baik modul modul nya. Jangan2 gantinya susah dan mahal.
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Short review : All New BRV Prestige Non HS 2023

Post by iamwewe »

om, saya lebih penasaran aja nih dengan pengambilan keputusannya.

sebagai pdg mobkas, kok masih beli mobil baru? apalagi brv nih yg resale value nya kalah dibanding sama avz dan xp. kalo kaya kemaren beli AN hrv, okelah, market leader. resale value gk jatoh2 amat.

kalau emang niatnya cari brv, kok gk cari unit 2ndnya aja mint condition?

kalo utk mobilnya..... karena ini 1.5cc NA, sama harusnya ya dgn hrv 2023 si om. fuel cons nya beda jauh gak ya antara brv dan hrv ini?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9683
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Short review : All New BRV Prestige Non HS 2023

Post by Suryaputra »

KSG88 wrote: ↑Sun Oct 29, 2023 16:49 Sensing ini fitur yg jarang benar benar dipakai, trus kalo mobil diatas 5 tahun apakah masih berjalan dengan baik modul modul nya. Jangan2 gantinya susah dan mahal.
Iya jangankan sensing2an, itu modul EPB dan Brake Hold aja randomly bisa ngambek.

Aneh banget itu namanya parking brake kan prinsip dasar safety banget, harusnya dibuat mekanikal, jd bisa override in case of "emergency"

Bingung dah, apa generasi jaman now makin manja dan malas gerak pakai otot dikit...? apa karena demi cuan, buat upsell spare parts...? ntah lah :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
YaS
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: Tue Jan 26, 2016 2:24

Re: Short review : All New BRV Prestige Non HS 2023

Post by YaS »

Sealamat mobil barunya Om. Ane yang termasuk awalnya agak nyesek nglihat harga discount sekarang karena ane termasuk batch batch awal yang minang BRV ini (prestige HS). Tapi kalau dibandingkan harga yang dibayarkan dulu (Beli Feb 2022, delivery Mei 2022) dan sekarang after disc, ternyata sama saja, lebih mahal sekian juta harga sekarang after discount.

Poin plusnya ane setuju semua. Untuk point minusnya, Jok terlalu pendek untuk menopang paha, untuk perjalanan yang lama (sempat ane bawa nyusuri Sumatera -Jawa Timur) lumayan bikin pegel. Tapi mungkin ini subjective karena pembandingnya mobil ane yang lain, Scross sama Xtrail T32, yang kebetulan T32 Joknya yang ternyaman kalau menurut ane.

Ane sempat coba unutk ganti Jok dengan Jok HRV, ternyata ketika mau di ganti, bengkelnya kesulitan melepas jok aslinya. jadi gak percaya diri dengan kemampuan mereka mengganti jok tanpa nanti ada masalah dengan sensor sensor elektrik joknya. akhirnya gak jadi.

Ada cerita agak mengenaskan waktu pertama kali dapat mobil ini, pas ane ambil dari dealer, baru keluar dari parkiran dealer, kisi AC tengah driver lepas. Ane telp Salesnya, langsung dibantu, dimasukkan ke bengkel. bawa pulang, besoknya bawa jalan tipis tipis, eh lepas lagi. Disuruh bawa balik ke Ngondah, diganti kisi AC punya mobil test drive. Dalam waktu beberapa bulan setelahnya kejadian ini muncul lagi, ane cuma pasang lagi, lepas lagi, pasang lagi. Sampai puncaknya pas ane bawa trip ke Jawa, makin gampang lepas, kena jalan rusak saja lepas. akhirnya selama perjalanan kisi AC tersebut ane biarkan terlepas, dan lubang AC ane tutupin pakai Kanebo.

Pas sudah balik ke kota ane, ane ajuhin keluhan lagi, kepala bengkel bantu ajukan klaim berbekal foto, video, dan history keluar masuk bengkel ngondah. Klaimnya penggantian dashboard dan kisi AC. setelah beerapa minggu akhirnya barang datang, dan diganti. Alhamdulillah sampai sekarang aman. Benar benar pengalaman yang wah,

Sekarang sudah 12 ribu lebih kilometernya, so far aman. hanya speaker depan sebelah kiri sudah pecah suaranya.
dan karena driving feelnya yang enak, mobil ini jadi mobil yang paling sering dipakai bini ane. Dan tetap jaid pilihan kami untuk perjalanan jauh karena faktor sensing yang sangat membantu di perjalanan jauh.
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: Short review : All New BRV Prestige Non HS 2023

Post by nyotsaeba »

YanuarS wrote:Sealamat mobil barunya Om. Ane yang termasuk awalnya agak nyesek nglihat harga discount sekarang karena ane termasuk batch batch awal yang minang BRV ini (prestige HS). Tapi kalau dibandingkan harga yang dibayarkan dulu (Beli Feb 2022, delivery Mei 2022) dan sekarang after disc, ternyata sama saja, lebih mahal sekian juta harga sekarang after discount.

Poin plusnya ane setuju semua. Untuk point minusnya, Jok terlalu pendek untuk menopang paha, untuk perjalanan yang lama (sempat ane bawa nyusuri Sumatera -Jawa Timur) lumayan bikin pegel. Tapi mungkin ini subjective karena pembandingnya mobil ane yang lain, Scross sama Xtrail T32, yang kebetulan T32 Joknya yang ternyaman kalau menurut ane.

Ane sempat coba unutk ganti Jok dengan Jok HRV, ternyata ketika mau di ganti, bengkelnya kesulitan melepas jok aslinya. jadi gak percaya diri dengan kemampuan mereka mengganti jok tanpa nanti ada masalah dengan sensor sensor elektrik joknya. akhirnya gak jadi.

Ada cerita agak mengenaskan waktu pertama kali dapat mobil ini, pas ane ambil dari dealer, baru keluar dari parkiran dealer, kisi AC tengah driver lepas. Ane telp Salesnya, langsung dibantu, dimasukkan ke bengkel. bawa pulang, besoknya bawa jalan tipis tipis, eh lepas lagi. Disuruh bawa balik ke Ngondah, diganti kisi AC punya mobil test drive. Dalam waktu beberapa bulan setelahnya kejadian ini muncul lagi, ane cuma pasang lagi, lepas lagi, pasang lagi. Sampai puncaknya pas ane bawa trip ke Jawa, makin gampang lepas, kena jalan rusak saja lepas. akhirnya selama perjalanan kisi AC tersebut ane biarkan terlepas, dan lubang AC ane tutupin pakai Kanebo.

Pas sudah balik ke kota ane, ane ajuhin keluhan lagi, kepala bengkel bantu ajukan klaim berbekal foto, video, dan history keluar masuk bengkel ngondah. Klaimnya penggantian dashboard dan kisi AC. setelah beerapa minggu akhirnya barang datang, dan diganti. Alhamdulillah sampai sekarang aman. Benar benar pengalaman yang wah,

Sekarang sudah 12 ribu lebih kilometernya, so far aman. hanya speaker depan sebelah kiri sudah pecah suaranya.
dan karena driving feelnya yang enak, mobil ini jadi mobil yang paling sering dipakai bini ane. Dan tetap jaid pilihan kami untuk perjalanan jauh karena faktor sensing yang sangat membantu di perjalanan jauh.
Dulu ambil brp om, diskon jg kah? Skrg pres hs after diskon cuma 300an kecil.

Awal launching 348jt kl gasalah
YaS
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: Tue Jan 26, 2016 2:24

Re: Short review : All New BRV Prestige Non HS 2023

Post by YaS »

Diskon cuman 2 juta Om.. indent 2 bulan lebih. Harga pasti lebih mahal dari harga Jawa, total harga yang ane bayar 316 juta kalau gak salah.
RCMN
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 163
Joined: Fri Feb 23, 2018 8:02

Re: Short review : All New BRV Prestige Non HS 2023

Post by RCMN »

Wih ternyata selain ambil AN HRV, ngambil AN BRV juga ya om :D
Gw waktu itu udah hampir SPK BRV sebetulnya, tapi pas ketemu sales & TD terakhir iseng nyobain HRV juga, eh akhirnya malah ambil HRV...

Fuel cons gmn dibandingin HRV om?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short review : All New BRV Prestige Non HS 2023

Post by ChZ »

AbdulHakim wrote: ↑Sun Oct 29, 2023 5:58
Zaxis wrote: ↑Sun Oct 29, 2023 2:22 5 tahun lagi juga ondah jadi sekelas sujuki dan dayatsu
Jualan nya cuma lcgc lsuv lmpv
Jualan mobil lain ga laku krn over price
Liat aja tuh siarpih dah launching berapa bulan masih jarang keliatan di jalan
Lebih sering liat ioniq baru daripada siarpih
klaim di media, All New Honda CRV as per 15 Oktober 2023 telah laku terjual 2.261 unit :big_grin:
https://oto.detik.com/mobil/d-6986433/a ... 00-an-unit
saya siy senang kalo All New CRV laku, tinggal nunggu yg FOMO udahan, tinggal sikat seken mint conditionnya, nilai depreasiasinya sudah ditanggung oleh first buyer :big_peace:
laku kok. kalo di jabodetabek memang banyak ionik maren di BSD ionik dah kayak kacang goreng.

tp di kampung ya tetep banyak ciarpi. ane dah liat 3-4x ada kali di jalan. yg turbo ya yg hybrid kan baru delivery bulan ini harusnya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Short review : All New BRV Prestige Non HS 2023

Post by zonepublic »

iamwewe wrote: ↑Mon Oct 30, 2023 0:17 om, saya lebih penasaran aja nih dengan pengambilan keputusannya.

sebagai pdg mobkas, kok masih beli mobil baru? apalagi brv nih yg resale value nya kalah dibanding sama avz dan xp. kalo kaya kemaren beli AN hrv, okelah, market leader. resale value gk jatoh2 amat.

kalau emang niatnya cari brv, kok gk cari unit 2ndnya aja mint condition?

kalo utk mobilnya..... karena ini 1.5cc NA, sama harusnya ya dgn hrv 2023 si om. fuel cons nya beda jauh gak ya antara brv dan hrv ini?
Saya bantu jawab ya dari sudut pandang temen yg pedagang mokas
Naik mokas itu ga akan feel safe,pasti ada aja insecuritynya
Kalo punya rejeki ya tetap enakan punya 1 mobil yg dibeli dari baru
Karena namanya mokas pasti ada minusnya dari penggunaan user2 sebelumnya,dan klopun beli 2nd rusaknya ntar giliran,jadi bakal sering2 pindah2 bengkel juga
Trus kalau pedagang mokas yg sering belanja mobil umur 10 tahun kebelakang pasti tahu kok kalo kualitas mobil bekas 10 tahun kebelakang apalagi yg banyak elektrikalnya klo udah umur cepat rusak,ditambah lagi kalo anda mau beli mobil matic yg CVT/DCT ambil baru aja lah,itu transmisi punya H tegak sama nissan adalah konsumen terbesar bengkel matic
Dan servis cvt paling murah 30jt dan bisa lebih cuma gara2 belt putus aja
Jangan dikira pedagang mokas suka nungguin perbaikan di bengkel juga atau hunting part
Ditambah pedagang mokas tu beli mobil mikirnya bisa untung dijual lagi,bisa jadi pedagang beli mobil bekas cuma cuci aja langsung jual lagi (bahkan perawatan seremeh ganti oli aja belum tentu dilakuin sama mobil bekas klo buat dagangan)
Rasa memilikinya beda sih
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Short review : All New BRV Prestige Non HS 2023

Post by iamwewe »

zonepublic wrote: ↑Mon Oct 30, 2023 16:28
iamwewe wrote: ↑Mon Oct 30, 2023 0:17 om, saya lebih penasaran aja nih dengan pengambilan keputusannya.

sebagai pdg mobkas, kok masih beli mobil baru? apalagi brv nih yg resale value nya kalah dibanding sama avz dan xp. kalo kaya kemaren beli AN hrv, okelah, market leader. resale value gk jatoh2 amat.

kalau emang niatnya cari brv, kok gk cari unit 2ndnya aja mint condition?

kalo utk mobilnya..... karena ini 1.5cc NA, sama harusnya ya dgn hrv 2023 si om. fuel cons nya beda jauh gak ya antara brv dan hrv ini?
Saya bantu jawab ya dari sudut pandang temen yg pedagang mokas
Naik mokas itu ga akan feel safe,pasti ada aja insecuritynya
Kalo punya rejeki ya tetap enakan punya 1 mobil yg dibeli dari baru
Karena namanya mokas pasti ada minusnya dari penggunaan user2 sebelumnya,dan klopun beli 2nd rusaknya ntar giliran,jadi bakal sering2 pindah2 bengkel juga
Trus kalau pedagang mokas yg sering belanja mobil umur 10 tahun kebelakang pasti tahu kok kalo kualitas mobil bekas 10 tahun kebelakang apalagi yg banyak elektrikalnya klo udah umur cepat rusak,ditambah lagi kalo anda mau beli mobil matic yg CVT/DCT ambil baru aja lah,itu transmisi punya H tegak sama nissan adalah konsumen terbesar bengkel matic
Dan servis cvt paling murah 30jt dan bisa lebih cuma gara2 belt putus aja
Jangan dikira pedagang mokas suka nungguin perbaikan di bengkel juga atau hunting part
Ditambah pedagang mokas tu beli mobil mikirnya bisa untung dijual lagi,bisa jadi pedagang beli mobil bekas cuma cuci aja langsung jual lagi (bahkan perawatan seremeh ganti oli aja belum tentu dilakuin sama mobil bekas klo buat dagangan)
Rasa memilikinya beda sih
buset service cvt paling murah 30jt om? service cvt atau ganti matic nih segelundung?? apa kabar brio kalo divonis transmisi 30jt.......
BriverRGZ
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Sun May 07, 2023 23:12
Location: East Borneo
Daily Vehicle: Brio

Re: Short review : All New BRV Prestige Non HS 2023

Post by BriverRGZ »

Mantap review-nya om
Salam sesama user BRV :big_deal:
Emg enak ride quality nya BRV, jalanan berbukit-bukit di Kaltim bisa dilibas dgn effortless...jauhlah dibanding XP AT d rmh yg mesti lebih sering kick down utk bs nanjak atau nyalip(asli gear huntingnya ngeselin banget, sering ganti gear di saat ga tepat :big_dunno: ), di BRV ga perlu gas terlalu dalem udah ckup, tp mnurut sy mgkn akan jauh lebih enak klo pake AT 5speed+paddleshift...tp yasudlah soalnya ini mobil keluarga yg lebih didesain utk kenyamanan+irit ketimbang performa. Libas tikungan jg lebih pede dibanding rival2 LSUV yg udah sy test drive jg, handlingnya terasa lebih presisi....mirip2 Brio lincahnya :big_exellent: cocok utk libas tikungan2 ala touge jepang kyk rute bukit Soeharto(Bpp-Smd) :mky_02:

Cm utk audio mnurut sy malah lebih enak BRV ini om dibanding Veloz, XP, RushTer, XL7...cm kalah sm SGX yg pake Bose n dilengkapi subwoofer. Tp emg hrs sdikit di setting di HU spy optimal
https://youtu.be/g7wzP0iH1Ec?si=ZKvXCj0wIXhzeZm4
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short review : All New BRV Prestige Non HS 2023

Post by ChZ »

zonepublic wrote: ↑Mon Oct 30, 2023 16:28
Dan servis cvt paling murah 30jt dan bisa lebih cuma gara2 belt putus aja
nggak selalu kali. tergantung case by case apa aja jgn digeneralisir. apalagi nissan jatco repairnya udah murah kok.

CVT klo lendirnya rajin ganti jg paling bearing pulley duluan yang kalah. belt putus mah kayaknya jarang.

apalagi kl cuma body valve mah murah ga perlu overhaul.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
DLM
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: Fri Sep 24, 2021 16:29
Location: BUMI
Daily Vehicle: Vios G

Re: Short review : All New BRV Prestige Non HS 2023

Post by DLM »

Suryaputra wrote: ↑Mon Oct 30, 2023 0:29
KSG88 wrote: ↑Sun Oct 29, 2023 16:49 Sensing ini fitur yg jarang benar benar dipakai, trus kalo mobil diatas 5 tahun apakah masih berjalan dengan baik modul modul nya. Jangan2 gantinya susah dan mahal.
Iya jangankan sensing2an, itu modul EPB dan Brake Hold aja randomly bisa ngambek.

Aneh banget itu namanya parking brake kan prinsip dasar safety banget, harusnya dibuat mekanikal, jd bisa override in case of "emergency"

Bingung dah, apa generasi jaman now makin manja dan malas gerak pakai otot dikit...? apa karena demi cuan, buat upsell spare parts...? ntah lah :ngacir:
Pernah saya bawa br-v yang prestige hs di rumah, dan beberapa kali sensingnya error (dalam trip yang berbeda). Tapi mostly aman sih om
black2345
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 337
Joined: Wed Sep 30, 2015 9:29

Re: Short review : All New BRV Prestige Non HS 2023

Post by black2345 »

iamwewe wrote: ↑Mon Oct 30, 2023 0:17 om, saya lebih penasaran aja nih dengan pengambilan keputusannya.

sebagai pdg mobkas, kok masih beli mobil baru? apalagi brv nih yg resale value nya kalah dibanding sama avz dan xp. kalo kaya kemaren beli AN hrv, okelah, market leader. resale value gk jatoh2 amat.

kalau emang niatnya cari brv, kok gk cari unit 2ndnya aja mint condition?

kalo utk mobilnya..... karena ini 1.5cc NA, sama harusnya ya dgn hrv 2023 si om. fuel cons nya beda jauh gak ya antara brv dan hrv ini?
Bbrp hari ini muncul di fanpage all new hrv, yg rs dijual 350-360jt dengan usia blm setahun & odo masih ribuan km..
Dan kalo beli hrv SE sekarang bakal lebih murah daripada inden pas awal2.. kejadian di saya ini 😭
YaS
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: Tue Jan 26, 2016 2:24

Re: Short review : All New BRV Prestige Non HS 2023

Post by YaS »

DLM wrote: ↑Tue Oct 31, 2023 4:50
Suryaputra wrote: ↑Mon Oct 30, 2023 0:29
KSG88 wrote: ↑Sun Oct 29, 2023 16:49 Sensing ini fitur yg jarang benar benar dipakai, trus kalo mobil diatas 5 tahun apakah masih berjalan dengan baik modul modul nya. Jangan2 gantinya susah dan mahal.
Iya jangankan sensing2an, itu modul EPB dan Brake Hold aja randomly bisa ngambek.

Aneh banget itu namanya parking brake kan prinsip dasar safety banget, harusnya dibuat mekanikal, jd bisa override in case of "emergency"

Bingung dah, apa generasi jaman now makin manja dan malas gerak pakai otot dikit...? apa karena demi cuan, buat upsell spare parts...? ntah lah :ngacir:
Pernah saya bawa br-v yang prestige hs di rumah, dan beberapa kali sensingnya error (dalam trip yang berbeda). Tapi mostly aman sih om
Errornya gimana OM?
Bini yang lebih sering bawa mobil ini juga gak pernah report error.
Gak tahu ini kategori error atau gak, ada 2 kali kejadian selama ane pakai:
sewaktu mulai gerimis dan posisi mobil menghadap ke matahari pagi (silau), kecepatan sekitar 60 km/h tiba tiba muncul warning kendaraan didepan, tapi depan kosong, ane hidupin wiper, dan alhamdulillah gak ada apa apa.
kejadian kedua, di pom bensin dengan posisi masuk pom bensin agak menanjak dan membelok pas di posisi pompa pengisiannya, auto brake nyala bunyi agak keras karena mungkin deteksi pergerakan petugas pom bensin. auto kaget :)

selebihnya aman, untuk perjalanan jauh aman dan adaptive cruise control membantu kaki beristirahat.