Kalau mobil mazda 2 2014 diganti wrv terbaru sih uda pasti menang wrv, pasti lebih kencang, lebih canggih, lebih tinggi, lebih lapang, lebih pede libas jalanan, lebih terang juga lampu.
Kalau mau sekelas dan lebih bagus lagi ya ada yaris dan city hatchback, lalu hrv xforce omoda yarcross. Asal mau nambah cepek dari wrv baru.
Pengganti Mazda 2 Skyactive 2014 (DJ)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 362
- Joined: Thu Apr 11, 2019 10:26
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2916
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Pengganti Mazda 2 Skyactive 2014 (DJ)
Izin share yak 2 bulan lalu saya juga cari pengganti mazda 2. Mobil saya juga mirip sih umur 8 tahun/ odo mendekati 140rb KM. Mazda 2 tipe R yg basically relatip kopong yak untuk gimmick, cuman tambah cruise control doang. Ga ada kerusakan, tp bini merasa selama ini duduknya kek jongkok + jok keras. Bagasi memang mulai terasa kecil juga. Maklum beli sebelum nikah, pas abis nikah, mau ke bandung aja koper 2 biji aja ngepas .
Sempet coba2 test drive juga ama bini. Wrv, yaris cross hybrid, grand vitara, cx3 1.5.
(1) Wrv - feel berkendaranya mirip sih sejujurnya ama mazda 2. Akomodasi n kelegaan kabin sih oke pas buat ane. Tarikan mesin not bad, tp tetep pas agak merayap, lebih sip akselerasinya si mazda 2. Ya mungkin disini efek cvt vs geared at? Skip akhirnya
(2) Yaris cross hybrid - saya pribadi sih suka2 saja dengan ni mobil. Memang feedback setirnya seperti kurang, tp tarikan dll oke lah. Bantingan juga cukup. Memang pas agak di keramaian, kek sensor2nya mayan berisik. Tp saya dr mobil yg basically kopong juga untuk gimmick, ya sempet ngiler juga sih. Haha. Tp harga paling mahal sendiri n di luar budget untuk yg hybrid ini. Sekip juga (terpaksa)
(3) Grand Vitara - ini karena panoramic roofnya cuman model semacem kain/fabric tipis, jd panas dan sinar tembus ke dalem kabin banget yak. Bini ampe migrain karena berasa "kejemur". Bantingan jujur ni mobil sih enak ya, tp akselerasinya kek ga konsisten. Ane perhatiin di MID-nya, kalau batere lg "habis", akselerasinya bolot. Kalau lg keisi tu baterai baru mendingan akselerasinya. Apa memang begini atau ane halu ya?
(4) cx3 1.5 - test drive paling terakhir karena ane pikir ahh palingan sama aja lah ama mazda 2. Pernah nyetir cx3 2.0 punya temen, bantingan mayan mirip cmn lebih narik aja kalau yg cx3 2.0.
Tapi yaudin tetep lah coba test drive. Baru ngeh kalau cx3 1.5 layar HU di tengah lebih gede dan udah support android auto + wireless carplay buat yg produksi 2023 ini. Nyari rem tangan, oiya baru ngeh udah pake pencet2 ga kek mazda 2 ane. Keluar showroom coba bejek2, ya memang agak berasa bolotnya. 1.5 mazda 2 disuruh gendong body lebih gede + velg 18". Halu apa ndak, tp yg cx3 1.5 ini kok berasa lebih empuk sedikit bantingannya ketimbang mazda 2 owe. Lewat rumble strip depan showroom, juga lebih anteng. Bini juga blg berasa lebih enak n duduk juga ga jongkok.
Pada akhirnya, yowes cx3 jadinya yg dipilih. Mata sih jujur ga gitu bosen dengan dashboardnya yg basically sama ama mazda 2. Blind spot monitoring memang cukup bantu. Bagasi oke lah jd gedean, 2 koper kecil muat + masih ada space lg. So far sih cukup puas 2 bulan ini. Belum masuk periode kaki orkestra. Tp karena dah kenyang dengan orkestra kaki di mobil dulu, jd sudah bisa mengantisipasi.
Sempet coba2 test drive juga ama bini. Wrv, yaris cross hybrid, grand vitara, cx3 1.5.
(1) Wrv - feel berkendaranya mirip sih sejujurnya ama mazda 2. Akomodasi n kelegaan kabin sih oke pas buat ane. Tarikan mesin not bad, tp tetep pas agak merayap, lebih sip akselerasinya si mazda 2. Ya mungkin disini efek cvt vs geared at? Skip akhirnya
(2) Yaris cross hybrid - saya pribadi sih suka2 saja dengan ni mobil. Memang feedback setirnya seperti kurang, tp tarikan dll oke lah. Bantingan juga cukup. Memang pas agak di keramaian, kek sensor2nya mayan berisik. Tp saya dr mobil yg basically kopong juga untuk gimmick, ya sempet ngiler juga sih. Haha. Tp harga paling mahal sendiri n di luar budget untuk yg hybrid ini. Sekip juga (terpaksa)
(3) Grand Vitara - ini karena panoramic roofnya cuman model semacem kain/fabric tipis, jd panas dan sinar tembus ke dalem kabin banget yak. Bini ampe migrain karena berasa "kejemur". Bantingan jujur ni mobil sih enak ya, tp akselerasinya kek ga konsisten. Ane perhatiin di MID-nya, kalau batere lg "habis", akselerasinya bolot. Kalau lg keisi tu baterai baru mendingan akselerasinya. Apa memang begini atau ane halu ya?
(4) cx3 1.5 - test drive paling terakhir karena ane pikir ahh palingan sama aja lah ama mazda 2. Pernah nyetir cx3 2.0 punya temen, bantingan mayan mirip cmn lebih narik aja kalau yg cx3 2.0.
Tapi yaudin tetep lah coba test drive. Baru ngeh kalau cx3 1.5 layar HU di tengah lebih gede dan udah support android auto + wireless carplay buat yg produksi 2023 ini. Nyari rem tangan, oiya baru ngeh udah pake pencet2 ga kek mazda 2 ane. Keluar showroom coba bejek2, ya memang agak berasa bolotnya. 1.5 mazda 2 disuruh gendong body lebih gede + velg 18". Halu apa ndak, tp yg cx3 1.5 ini kok berasa lebih empuk sedikit bantingannya ketimbang mazda 2 owe. Lewat rumble strip depan showroom, juga lebih anteng. Bini juga blg berasa lebih enak n duduk juga ga jongkok.
Pada akhirnya, yowes cx3 jadinya yg dipilih. Mata sih jujur ga gitu bosen dengan dashboardnya yg basically sama ama mazda 2. Blind spot monitoring memang cukup bantu. Bagasi oke lah jd gedean, 2 koper kecil muat + masih ada space lg. So far sih cukup puas 2 bulan ini. Belum masuk periode kaki orkestra. Tp karena dah kenyang dengan orkestra kaki di mobil dulu, jd sudah bisa mengantisipasi.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 163
- Joined: Fri Feb 23, 2018 8:02
Re: Pengganti Mazda 2 Skyactive 2014 (DJ)
Iya juga ya... Gw merasa bahkan di HRV pun sebetulnya gak terlalu full menopang sih (dibanding Captiva misalnya).
Sempet waktu itu tes drive BRV juga gw merasa lebih parah daripada HRV.
Jadi kalo WRV lebih parah lagi dari kedua kakaknya ya keknya gak aneh juga.
Gw sempet juga mempertimbangkan upgrade ke CX-3 waktu itu... Tapi pas lihat dashboardnya langsung balik badan, soalnya miriiiip banget ama Mazda2.josomba wrote: ↑Sat Oct 28, 2023 5:40 ...
Pada akhirnya, yowes cx3 jadinya yg dipilih. Mata sih jujur ga gitu bosen dengan dashboardnya yg basically sama ama mazda 2. Blind spot monitoring memang cukup bantu. Bagasi oke lah jd gedean, 2 koper kecil muat + masih ada space lg. So far sih cukup puas 2 bulan ini. Belum masuk periode kaki orkestra. Tp karena dah kenyang dengan orkestra kaki di mobil dulu, jd sudah bisa mengantisipasi.
Sebetulnya bukan hal yg buruk sih. Tapi kami memang waktu itu pengen ganti suasana.
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Fri Dec 19, 2014 7:58
Re: Pengganti Mazda 2 Skyactive 2014 (DJ)
Wah mirip mirip nih situasinyajosomba wrote: ↑Sat Oct 28, 2023 5:40 Izin share yak 2 bulan lalu saya juga cari pengganti mazda 2. Mobil saya juga mirip sih umur 8 tahun/ odo mendekati 140rb KM. Mazda 2 tipe R yg basically relatip kopong yak untuk gimmick, cuman tambah cruise control doang. Ga ada kerusakan, tp bini merasa selama ini duduknya kek jongkok + jok keras. Bagasi memang mulai terasa kecil juga. Maklum beli sebelum nikah, pas abis nikah, mau ke bandung aja koper 2 biji aja ngepas .
Sempet coba2 test drive juga ama bini. Wrv, yaris cross hybrid, grand vitara, cx3 1.5.
(1) Wrv - feel berkendaranya mirip sih sejujurnya ama mazda 2. Akomodasi n kelegaan kabin sih oke pas buat ane. Tarikan mesin not bad, tp tetep pas agak merayap, lebih sip akselerasinya si mazda 2. Ya mungkin disini efek cvt vs geared at? Skip akhirnya
(2) Yaris cross hybrid - saya pribadi sih suka2 saja dengan ni mobil. Memang feedback setirnya seperti kurang, tp tarikan dll oke lah. Bantingan juga cukup. Memang pas agak di keramaian, kek sensor2nya mayan berisik. Tp saya dr mobil yg basically kopong juga untuk gimmick, ya sempet ngiler juga sih. Haha. Tp harga paling mahal sendiri n di luar budget untuk yg hybrid ini. Sekip juga (terpaksa)
(3) Grand Vitara - ini karena panoramic roofnya cuman model semacem kain/fabric tipis, jd panas dan sinar tembus ke dalem kabin banget yak. Bini ampe migrain karena berasa "kejemur". Bantingan jujur ni mobil sih enak ya, tp akselerasinya kek ga konsisten. Ane perhatiin di MID-nya, kalau batere lg "habis", akselerasinya bolot. Kalau lg keisi tu baterai baru mendingan akselerasinya. Apa memang begini atau ane halu ya?
(4) cx3 1.5 - test drive paling terakhir karena ane pikir ahh palingan sama aja lah ama mazda 2. Pernah nyetir cx3 2.0 punya temen, bantingan mayan mirip cmn lebih narik aja kalau yg cx3 2.0.
Tapi yaudin tetep lah coba test drive. Baru ngeh kalau cx3 1.5 layar HU di tengah lebih gede dan udah support android auto + wireless carplay buat yg produksi 2023 ini. Nyari rem tangan, oiya baru ngeh udah pake pencet2 ga kek mazda 2 ane. Keluar showroom coba bejek2, ya memang agak berasa bolotnya. 1.5 mazda 2 disuruh gendong body lebih gede + velg 18". Halu apa ndak, tp yg cx3 1.5 ini kok berasa lebih empuk sedikit bantingannya ketimbang mazda 2 owe. Lewat rumble strip depan showroom, juga lebih anteng. Bini juga blg berasa lebih enak n duduk juga ga jongkok.
Pada akhirnya, yowes cx3 jadinya yg dipilih. Mata sih jujur ga gitu bosen dengan dashboardnya yg basically sama ama mazda 2. Blind spot monitoring memang cukup bantu. Bagasi oke lah jd gedean, 2 koper kecil muat + masih ada space lg. So far sih cukup puas 2 bulan ini. Belum masuk periode kaki orkestra. Tp karena dah kenyang dengan orkestra kaki di mobil dulu, jd sudah bisa mengantisipasi.
20231028_114841.jpg
CX3 ini memang jadi pilihan juga sih, untuk dashboard saya juga gak masalah, karena banyak printilan kecil yg beda dengan Mazda 2 overall nuansanya jadi lebih fresh apalagi kalau dari Mazda 2 Skyactive 2014, banyak printilan yg udah berubah.
CX3 ini emang suka bikin kecele, palingan sama plek dengan Mazda 2 karena satu platform, tapi pas udah dicoba ternyata racikan tuningnya beda.
Mazda cukup sukses membedakan positioning antara Mazda 2 dan CX3. CX3 lebih refined dan setau saya memang CX3 saat facelift 2018 ubahan tuningnya cukup banyak.
ditambah juga, setau saya tuning suspensinya diubah juga agar lebih nyaman, belum lagi improvement diem-diem yg dilakukan setiap tahun. Overall pasti kerasa bedanya dengan Mazda 2 2014.thicker door panels, rear-door glass, headliner and upgraded door seams were added to improve NVH