2023 Mitsubishi XForce Ultimate - Short Review

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: 2023 Mitsubishi XForce Ultimate - Short Review

Post by iamwewe »

ChZ wrote: Mon Oct 23, 2023 2:55
Alvez nurut saya ni malah bingung kok review2 bilang bagus, padahal ancur banget kemarin naik rasanya. thn 2023, CVTnya ngga lebih baik dari honda jazz i-DSI. digeber ngga da tenaga, transmisi selip, jerky pula kalo low speed. kirain almaz udah paling gak enak ternyata alvez lebih gak enak.

untung hari itu malemnya ditawarin jajal E280 W211 temen. ngebantu kurangin rasa kesel.
nah om.. numpang belajar lagi nih. tau darimana sih kita kalo digeber gak ada tenaga, vonisnya karena cvt nya yang jelek? kenapa nggak dibilang mesinnya yang jelek? atau bisa jadi kan oli bawaannya kurang bagus nih. entah oli mesinnya, entah oli maticnya. knp spesifik ngomongnya karena cvt nya jelek?

oh.. disini sy juga gak bela alvez ya. kalo punya duit segitu juga nggak bakal beli alvez juga sih soalnya karena satu dan lain hal. gak tega ngomong alasannya wkwkw

xforce sendiri, rasanya nilai jualnya ya memang built quality, fabric2 yang di dashboard, drive mode yang gimmick, dan tentunya yamaha audionya.

th depan kan katanya keluar xforce yang lengkap dengan ADAS nya ya
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: 2023 Mitsubishi XForce Ultimate - Short Review

Post by kendibocor »

iamwewe wrote: Mon Oct 23, 2023 6:55
ChZ wrote: Mon Oct 23, 2023 2:55
Alvez nurut saya ni malah bingung kok review2 bilang bagus, padahal ancur banget kemarin naik rasanya. thn 2023, CVTnya ngga lebih baik dari honda jazz i-DSI. digeber ngga da tenaga, transmisi selip, jerky pula kalo low speed. kirain almaz udah paling gak enak ternyata alvez lebih gak enak.

untung hari itu malemnya ditawarin jajal E280 W211 temen. ngebantu kurangin rasa kesel.
nah om.. numpang belajar lagi nih. tau darimana sih kita kalo digeber gak ada tenaga, vonisnya karena cvt nya yang jelek? kenapa nggak dibilang mesinnya yang jelek? atau bisa jadi kan oli bawaannya kurang bagus nih. entah oli mesinnya, entah oli maticnya. knp spesifik ngomongnya karena cvt nya jelek?

oh.. disini sy juga gak bela alvez ya. kalo punya duit segitu juga nggak bakal beli alvez juga sih soalnya karena satu dan lain hal. gak tega ngomong alasannya wkwkw

xforce sendiri, rasanya nilai jualnya ya memang built quality, fabric2 yang di dashboard, drive mode yang gimmick, dan tentunya yamaha audionya.

th depan kan katanya keluar xforce yang lengkap dengan ADAS nya ya
Kalo cvt mungkin berasa enak/nggaknya dari rubberband effectnya kali ya. Kaya hondo2 pake cvt awal2 tuh di gd3 segala itu cvtnya ga enak bener. Beda sama cvt modern di haervi sekarang.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9683
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2023 Mitsubishi XForce Ultimate - Short Review

Post by Suryaputra »

kendibocor wrote: Mon Oct 23, 2023 7:24
iamwewe wrote: Mon Oct 23, 2023 6:55
ChZ wrote: Mon Oct 23, 2023 2:55
Alvez nurut saya ni malah bingung kok review2 bilang bagus, padahal ancur banget kemarin naik rasanya. thn 2023, CVTnya ngga lebih baik dari honda jazz i-DSI. digeber ngga da tenaga, transmisi selip, jerky pula kalo low speed. kirain almaz udah paling gak enak ternyata alvez lebih gak enak.

untung hari itu malemnya ditawarin jajal E280 W211 temen. ngebantu kurangin rasa kesel.
nah om.. numpang belajar lagi nih. tau darimana sih kita kalo digeber gak ada tenaga, vonisnya karena cvt nya yang jelek? kenapa nggak dibilang mesinnya yang jelek? atau bisa jadi kan oli bawaannya kurang bagus nih. entah oli mesinnya, entah oli maticnya. knp spesifik ngomongnya karena cvt nya jelek?

oh.. disini sy juga gak bela alvez ya. kalo punya duit segitu juga nggak bakal beli alvez juga sih soalnya karena satu dan lain hal. gak tega ngomong alasannya wkwkw

xforce sendiri, rasanya nilai jualnya ya memang built quality, fabric2 yang di dashboard, drive mode yang gimmick, dan tentunya yamaha audionya.

th depan kan katanya keluar xforce yang lengkap dengan ADAS nya ya
Kalo cvt mungkin berasa enak/nggaknya dari rubberband effectnya kali ya. Kaya hondo2 pake cvt awal2 tuh di gd3 segala itu cvtnya ga enak bener. Beda sama cvt modern di haervi sekarang.
sy pernah miara GD3 i-DSI setahun
dan tukeran sm sepupu GD3 Vtec juga, penasaran bedanya..

cvtnya GD3 emg rada jerky dan lemot di bawah,
tapi begitu gas poll... naik ke 160 gak sulit loh.
Bahkan lebih effortless dibanding Swift GL CBU 2005 4-at :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: 2023 Mitsubishi XForce Ultimate - Short Review

Post by darrelund »

kendibocor wrote: Mon Oct 23, 2023 6:45 Kebayang sih kalo body mirip2 crv gen 3 dikasi mesin eslendir. Dlu gw pake RM 2.0 aja naek darah mulu bawaanya :big_biglaugh:

Itu mode wet gravel mud segala yg berubah apanya mbah? Throttle responsnya aja?
throttle response, tcs, torque vectoring paling um
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: 2023 Mitsubishi XForce Ultimate - Short Review

Post by darrelund »

kendibocor wrote: Mon Oct 23, 2023 7:24 Kalo cvt mungkin berasa enak/nggaknya dari rubberband effectnya kali ya. Kaya hondo2 pake cvt awal2 tuh di gd3 segala itu cvtnya ga enak bener. Beda sama cvt modern di haervi sekarang.
selain rubberband, bisa juga efek FG yg kelewat halus & lockup clutch nya lambat

kek di oonda" modern kan kerasa tuh, pas dia loss / locknya. ud ngelock ya ngacir

di hrv baru jg kan kasusnya lemot jg, ya itu.

sudah enjin di nerf, FG halus, ban besar. lemot lah :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Mitsubishi XForce Ultimate - Short Review

Post by ChZ »

iamwewe wrote: Mon Oct 23, 2023 6:55
nah om.. numpang belajar lagi nih. tau darimana sih kita kalo digeber gak ada tenaga, vonisnya karena cvt nya yang jelek? kenapa nggak dibilang mesinnya yang jelek? atau bisa jadi kan oli bawaannya kurang bagus nih. entah oli mesinnya, entah oli maticnya. knp spesifik ngomongnya karena cvt nya jelek?

oh.. disini sy juga gak bela alvez ya. kalo punya duit segitu juga nggak bakal beli alvez juga sih soalnya karena satu dan lain hal. gak tega ngomong alasannya wkwkw

xforce sendiri, rasanya nilai jualnya ya memang built quality, fabric2 yang di dashboard, drive mode yang gimmick, dan tentunya yamaha audionya.

th depan kan katanya keluar xforce yang lengkap dengan ADAS nya ya
fun factnya : hampir 80% behavior mobil di jalan itu ditentukan sama response transmisinya (setup gearing, software tuning, dll) om.

nggak peduli itu transmisi dari manual (manual modern udah computerized juga sih sebenernya ngebuka koplingnya diatur komputer juga), auto biasa DSG CVT semua prinsipnya sama. makanya ini penting nih orang paham mobil biasa harus bisa bawa transmisi manual karena paling gampang ngejelasin istilah2 kayak lockup dan selip kopling.

di transmisi automatic itu fungsi kopling digantikan sama torque converter (di dual clutch digantikan multiplate clutch).

nah bayangin aja om kita nyetir mobil manual, sebelum nge-release kopling udah pasti kita nambah gas. itu belum 100% tenaga mesin disalurkan. rpm akan naik dulu sebelum speed nambah, ini selip kopling, rasanya kayak udah ngegas tapi mobilnya belom kita kasih maju karena kalo tiba-tiba dilepas antara mesin mati (putarannya mesin dan transmisi nggak sama jadi dilepas ngga mau ngelock ke flywheel) atau mobilnya maju tapi kasar karena kaget.

tapi dalam proses selip kopling itu kita kira-kira kan mau ngelepas nya segimana. kita naikin putaran mesin ke rpm tertentu sesuai kebutuhan. dalam transmisi automatic fungsi ini dilakukan oleh torque converter via fluid coupling. ini namanya multiplikasi torsi.

dalam contoh kasus alvez aja om, imo alvez ini waktu jalan kayak orang belajar nyetir tapi gak berani lepas pedal kopling takut mesin mati. alhasil apa? ya istilahnya mesin mau kasih tenaga tapi sama transmisinya gak dikasih ngelock mungkin gak pede transmisinya sama torsi mesinnya. selip selip doang kita dapetnya. giliran lepas gas, loh transmisinya malah kasih engine brake berlebih padahal kita mau gliding, waktu kita tambah gas supaya dia mau gliding eh dia nangkepnya kita mau akselerasi. jadinya jerky abis.

tapi kalo mau penjelasan sederhana dari semua istilah teknikal di atas :

kalo mobil ngga berjalan sesuai apa yang kita mau, hampir pasti itu ulah transmisinya. mau cruising malah jadi akselerasi, mau pelan halus malah jerky jerky nggak jelas, mau akselerasi malah selip melulu. mobil yang tuningnya bagus buat butt o meter ane harus tau supirnya mau apa.

pada prinsipnya cars are tools. tools gunanya harus bisa menerjemahkan gerakan kaki supirnya mau ngapain.

kalau mesinnya yang lemot ... rata-rata kelas ini rate powernya mirip. biasa ketauannya kalo udah posisi lock-up rasio (atau gigi) itu mesin underpower (mesinnya nambah tenaga tapi mobilnya gak tambah lari) atau enggak. krn dimana-mana mesin di-rate dari daya (hp/kW) yang diraih pada putaran tertentu. jadi kalo ngebejek lari ditempat, ya itu mesinnya lemot.

tp kalo kayak alvez transmisinya aja bingung mau ngapain ya makin susah lagi menilai mesinnya lemot apa kaga :upss: mungkin harus bawa di toll. tapi kalo 104 ps sih harusnya mirip-mirip sama kompetitor. cuma 0-100 pasti paling lamban liat respon transmisinya begitu.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: 2023 Mitsubishi XForce Ultimate - Short Review

Post by b0ku »

ChZ wrote: Mon Oct 23, 2023 2:55
golf tsi kayaknya dulu ngehitsnya waktu 2010-2011 ya. banyak temen ganti ke TSI soalnya dulu. cuma sejak isu mechatronic breakdown yang mahal itu jadi salesnya turun. di MK7 TSI juga jadi mahal banget.

omoda ntah kenapa lantainya tinggi banget. row 2 nya ane rada jongkok duduknya, bagasi juga kemakan lantai akhirnya tinggi banget.

Alvez nurut saya ni malah bingung kok review2 bilang bagus, padahal ancur banget kemarin naik rasanya. thn 2023, CVTnya ngga lebih baik dari honda jazz i-DSI. digeber ngga da tenaga, transmisi selip, jerky pula kalo low speed. kirain almaz udah paling gak enak ternyata alvez lebih gak enak.

untung hari itu malemnya ditawarin jajal E280 W211 temen. ngebantu kurangin rasa kesel.
nah kemaren baru kejadian om customer kita jual malaz 2019 160jt eh dia beli GE8 2013 155jt padahal itu malaz ud plat putih artinya dia baru bbn konon abis 10jt gak tau napa ud nafsu banget nyingkirin tuh malaz keluhannya sih turbonya lag cuma saya lebih curiga sama CVTnya keknya gak di tuning proper kek cased LIVINA l11 dulu ud seneng2x kebagian bawa yang baru 115hp eh dia ngeden tau gitu mendingan bawa yang lama lebih responsive....... :big_biglaugh:
black2345
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 337
Joined: Wed Sep 30, 2015 9:29

Re: 2023 Mitsubishi XForce Ultimate - Short Review

Post by black2345 »

Uummm HRV SE & RS ban bawaannya bs alenza sih om, kalo yg S & E kurang tau, goodyear kalo ga salah
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: 2023 Mitsubishi XForce Ultimate - Short Review

Post by iamwewe »

kendibocor wrote: Mon Oct 23, 2023 7:24

Kalo cvt mungkin berasa enak/nggaknya dari rubberband effectnya kali ya. Kaya hondo2 pake cvt awal2 tuh di gd3 segala itu cvtnya ga enak bener. Beda sama cvt modern di haervi sekarang.
soalnya sy pake honda cvt cuma di era sekarang2 ini aja nih. hrv RU kemari. jadi ya emang gak ada gambaran samsek om cvt jaman dulu kaya gimana
ChZ wrote: Mon Oct 23, 2023 8:23
fun factnya : hampir 80% behavior mobil di jalan itu ditentukan sama response transmisinya (setup gearing, software tuning, dll) om.

nggak peduli itu transmisi dari manual (manual modern udah computerized juga sih sebenernya ngebuka koplingnya diatur komputer juga), auto biasa DSG CVT semua prinsipnya sama. makanya ini penting nih orang paham mobil biasa harus bisa bawa transmisi manual karena paling gampang ngejelasin istilah2 kayak lockup dan selip kopling.

di transmisi automatic itu fungsi kopling digantikan sama torque converter (di dual clutch digantikan multiplate clutch).

nah bayangin aja om kita nyetir mobil manual, sebelum nge-release kopling udah pasti kita nambah gas. itu belum 100% tenaga mesin disalurkan. rpm akan naik dulu sebelum speed nambah, ini selip kopling, rasanya kayak udah ngegas tapi mobilnya belom kita kasih maju karena kalo tiba-tiba dilepas antara mesin mati (putarannya mesin dan transmisi nggak sama jadi dilepas ngga mau ngelock ke flywheel) atau mobilnya maju tapi kasar karena kaget.

tapi dalam proses selip kopling itu kita kira-kira kan mau ngelepas nya segimana. kita naikin putaran mesin ke rpm tertentu sesuai kebutuhan. dalam transmisi automatic fungsi ini dilakukan oleh torque converter via fluid coupling. ini namanya multiplikasi torsi.

dalam contoh kasus alvez aja om, imo alvez ini waktu jalan kayak orang belajar nyetir tapi gak berani lepas pedal kopling takut mesin mati. alhasil apa? ya istilahnya mesin mau kasih tenaga tapi sama transmisinya gak dikasih ngelock mungkin gak pede transmisinya sama torsi mesinnya. selip selip doang kita dapetnya. giliran lepas gas, loh transmisinya malah kasih engine brake berlebih padahal kita mau gliding, waktu kita tambah gas supaya dia mau gliding eh dia nangkepnya kita mau akselerasi. jadinya jerky abis.

tapi kalo mau penjelasan sederhana dari semua istilah teknikal di atas :

kalo mobil ngga berjalan sesuai apa yang kita mau, hampir pasti itu ulah transmisinya. mau cruising malah jadi akselerasi, mau pelan halus malah jerky jerky nggak jelas, mau akselerasi malah selip melulu. mobil yang tuningnya bagus buat butt o meter ane harus tau supirnya mau apa.

pada prinsipnya cars are tools. tools gunanya harus bisa menerjemahkan gerakan kaki supirnya mau ngapain.

kalau mesinnya yang lemot ... rata-rata kelas ini rate powernya mirip. biasa ketauannya kalo udah posisi lock-up rasio (atau gigi) itu mesin underpower (mesinnya nambah tenaga tapi mobilnya gak tambah lari) atau enggak. krn dimana-mana mesin di-rate dari daya (hp/kW) yang diraih pada putaran tertentu. jadi kalo ngebejek lari ditempat, ya itu mesinnya lemot.

tp kalo kayak alvez transmisinya aja bingung mau ngapain ya makin susah lagi menilai mesinnya lemot apa kaga :upss: mungkin harus bawa di toll. tapi kalo 104 ps sih harusnya mirip-mirip sama kompetitor. cuma 0-100 pasti paling lamban liat respon transmisinya begitu.
paham om. yang saya bold, ini cara termudah buat bikin spin penggerak roda. full injek kopling. masuk gigi 1. input gas kenceng, lalu lepas sesuai takeran, nanti bisa spin pendek ato spin panjang itu penggerak roda nya. ngerti nih ada gambaran banget.

mungkin ini feelnya kaya kita kalo bawa mobil manual, feel setengah kopling gitu?? ato mungkin kaya org2 yg kaki nya suka ngegantung diatas kopling kali ya? jadi kaya tenaga ngga tersalurkan full gitu ya, ketahan sedikit di kopling?

kenapa sih jadi bahas transmisi matic gini? karena akhir2 ini si FE kerasa nya kalo misalnya udh bekas dipake ngebut2.. itu bener2 kerasa banget performance turun. maksudnya gimana? se simple kita kalo gas, rpm naik, tapi speed nya nggak naik se kenceng itu. yeap, mungkin ini yg dinamain selip kali ya cvt nya. curiga nya sih di oli cvt. mau ganti yg bagusan kaya si om pake FK, tapi kok sayang masih 5000km skrg. hadehhh. sori om jadi bahas civic di thread xforce. mumpung lagi bahas selip di matic.
vankryie
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Wed May 18, 2016 3:48

Re: 2023 Mitsubishi XForce Ultimate - Short Review

Post by vankryie »

iamwewe wrote: Mon Oct 23, 2023 12:48
kendibocor wrote: Mon Oct 23, 2023 7:24

Kalo cvt mungkin berasa enak/nggaknya dari rubberband effectnya kali ya. Kaya hondo2 pake cvt awal2 tuh di gd3 segala itu cvtnya ga enak bener. Beda sama cvt modern di haervi sekarang.
soalnya sy pake honda cvt cuma di era sekarang2 ini aja nih. hrv RU kemari. jadi ya emang gak ada gambaran samsek om cvt jaman dulu kaya gimana
ChZ wrote: Mon Oct 23, 2023 8:23
fun factnya : hampir 80% behavior mobil di jalan itu ditentukan sama response transmisinya (setup gearing, software tuning, dll) om.

nggak peduli itu transmisi dari manual (manual modern udah computerized juga sih sebenernya ngebuka koplingnya diatur komputer juga), auto biasa DSG CVT semua prinsipnya sama. makanya ini penting nih orang paham mobil biasa harus bisa bawa transmisi manual karena paling gampang ngejelasin istilah2 kayak lockup dan selip kopling.

di transmisi automatic itu fungsi kopling digantikan sama torque converter (di dual clutch digantikan multiplate clutch).

nah bayangin aja om kita nyetir mobil manual, sebelum nge-release kopling udah pasti kita nambah gas. itu belum 100% tenaga mesin disalurkan. rpm akan naik dulu sebelum speed nambah, ini selip kopling, rasanya kayak udah ngegas tapi mobilnya belom kita kasih maju karena kalo tiba-tiba dilepas antara mesin mati (putarannya mesin dan transmisi nggak sama jadi dilepas ngga mau ngelock ke flywheel) atau mobilnya maju tapi kasar karena kaget.

tapi dalam proses selip kopling itu kita kira-kira kan mau ngelepas nya segimana. kita naikin putaran mesin ke rpm tertentu sesuai kebutuhan. dalam transmisi automatic fungsi ini dilakukan oleh torque converter via fluid coupling. ini namanya multiplikasi torsi.

dalam contoh kasus alvez aja om, imo alvez ini waktu jalan kayak orang belajar nyetir tapi gak berani lepas pedal kopling takut mesin mati. alhasil apa? ya istilahnya mesin mau kasih tenaga tapi sama transmisinya gak dikasih ngelock mungkin gak pede transmisinya sama torsi mesinnya. selip selip doang kita dapetnya. giliran lepas gas, loh transmisinya malah kasih engine brake berlebih padahal kita mau gliding, waktu kita tambah gas supaya dia mau gliding eh dia nangkepnya kita mau akselerasi. jadinya jerky abis.

tapi kalo mau penjelasan sederhana dari semua istilah teknikal di atas :

kalo mobil ngga berjalan sesuai apa yang kita mau, hampir pasti itu ulah transmisinya. mau cruising malah jadi akselerasi, mau pelan halus malah jerky jerky nggak jelas, mau akselerasi malah selip melulu. mobil yang tuningnya bagus buat butt o meter ane harus tau supirnya mau apa.

pada prinsipnya cars are tools. tools gunanya harus bisa menerjemahkan gerakan kaki supirnya mau ngapain.

kalau mesinnya yang lemot ... rata-rata kelas ini rate powernya mirip. biasa ketauannya kalo udah posisi lock-up rasio (atau gigi) itu mesin underpower (mesinnya nambah tenaga tapi mobilnya gak tambah lari) atau enggak. krn dimana-mana mesin di-rate dari daya (hp/kW) yang diraih pada putaran tertentu. jadi kalo ngebejek lari ditempat, ya itu mesinnya lemot.

tp kalo kayak alvez transmisinya aja bingung mau ngapain ya makin susah lagi menilai mesinnya lemot apa kaga :upss: mungkin harus bawa di toll. tapi kalo 104 ps sih harusnya mirip-mirip sama kompetitor. cuma 0-100 pasti paling lamban liat respon transmisinya begitu.
paham om. yang saya bold, ini cara termudah buat bikin spin penggerak roda. full injek kopling. masuk gigi 1. input gas kenceng, lalu lepas sesuai takeran, nanti bisa spin pendek ato spin panjang itu penggerak roda nya. ngerti nih ada gambaran banget.

mungkin ini feelnya kaya kita kalo bawa mobil manual, feel setengah kopling gitu?? ato mungkin kaya org2 yg kaki nya suka ngegantung diatas kopling kali ya? jadi kaya tenaga ngga tersalurkan full gitu ya, ketahan sedikit di kopling?

kenapa sih jadi bahas transmisi matic gini? karena akhir2 ini si FE kerasa nya kalo misalnya udh bekas dipake ngebut2.. itu bener2 kerasa banget performance turun. maksudnya gimana? se simple kita kalo gas, rpm naik, tapi speed nya nggak naik se kenceng itu. yeap, mungkin ini yg dinamain selip kali ya cvt nya. curiga nya sih di oli cvt. mau ganti yg bagusan kaya si om pake FK, tapi kok sayang masih 5000km skrg. hadehhh. sori om jadi bahas civic di thread xforce. mumpung lagi bahas selip di matic.
Fix sama ama FC sedan, org awam kaya saya mikirnya di ECU ni. Kadang smooth enak, kadang berasa lemotnya. Apa krn hawa, entahlah.. bgitu juga kejadian di SantaFe.
piggypig77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 634
Joined: Tue Feb 11, 2014 13:33
Location: Jakarta

Re: 2023 Mitsubishi XForce Ultimate - Short Review

Post by piggypig77 »

Waktu di giias bsd coba masuk dan duduk ke xforce ga enak banget duduknya tinggi commanding padahal jok udah setting paling rendah

Entah kenapa bbrp mobil mitsubishi skrg posisi duduknya lebih tinggi dibandingkan rival sejenis (xpander, xforce dan pajero sport)
black2345
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 337
Joined: Wed Sep 30, 2015 9:29

Re: 2023 Mitsubishi XForce Ultimate - Short Review

Post by black2345 »

piggypig77 wrote: Mon Oct 23, 2023 16:28 Waktu di giias bsd coba masuk dan duduk ke xforce ga enak banget duduknya tinggi commanding padahal jok udah setting paling rendah

Entah kenapa bbrp mobil mitsubishi skrg posisi duduknya lebih tinggi dibandingkan rival sejenis (xpander, xforce dan pajero sport)
Tuntutan konsumen & reviewer mungkin om, ntar kalo uda ada full reviewnya bakal begini: posisi mengendarai sangat ergonomis, view kedepan sangat luas & commanding, ujung kap mesin terlihat jelas sehingga membuat percaya diri mengendarainya..

:big_biglaugh:

Padahal ya, sy pribadi demen yg modelan agak mendelep, kerasa di dalam mobil, bukan diatasnya..
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Mitsubishi XForce Ultimate - Short Review

Post by ChZ »

iamwewe wrote: Mon Oct 23, 2023 12:48
soalnya sy pake honda cvt cuma di era sekarang2 ini aja nih. hrv RU kemari. jadi ya emang gak ada gambaran samsek om cvt jaman dulu kaya gimana


paham om. yang saya bold, ini cara termudah buat bikin spin penggerak roda. full injek kopling. masuk gigi 1. input gas kenceng, lalu lepas sesuai takeran, nanti bisa spin pendek ato spin panjang itu penggerak roda nya. ngerti nih ada gambaran banget.

mungkin ini feelnya kaya kita kalo bawa mobil manual, feel setengah kopling gitu?? ato mungkin kaya org2 yg kaki nya suka ngegantung diatas kopling kali ya? jadi kaya tenaga ngga tersalurkan full gitu ya, ketahan sedikit di kopling?

kenapa sih jadi bahas transmisi matic gini? karena akhir2 ini si FE kerasa nya kalo misalnya udh bekas dipake ngebut2.. itu bener2 kerasa banget performance turun. maksudnya gimana? se simple kita kalo gas, rpm naik, tapi speed nya nggak naik se kenceng itu. yeap, mungkin ini yg dinamain selip kali ya cvt nya. curiga nya sih di oli cvt. mau ganti yg bagusan kaya si om pake FK, tapi kok sayang masih 5000km skrg. hadehhh. sori om jadi bahas civic di thread xforce. mumpung lagi bahas selip di matic.
CVT jaman dulu gampang om, kalo ada temen bawa beat vario apa sebangsanya pinjem aja terus geber. Nah tuh rasanya begitu. Selip melulu :upss:

Betul banget om, jadi kayak orang belajar nyetir kan. Takut lepas kopling. Tp nyetirnya jadi ndut ndutan karena transmisinya jadi nggak bisa ngelock :upss:

Wah kalo oem hcf2 pengalaman dipake udah kondisi remap sih jelek bener om... Selipnya keterlaluan. Lebih sedih lagi waktu ditap langsung bau sangit. Pdhl pake blom ada 20ribu kilo. Saran kalo suka geber2 ganti aja atau ya tahan tahanin sampe servis gratis kelar baru deh :big_grin:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Mitsubishi XForce Ultimate - Short Review

Post by ChZ »

vankryie wrote: Mon Oct 23, 2023 14:47 Fix sama ama FC sedan, org awam kaya saya mikirnya di ECU ni. Kadang smooth enak, kadang berasa lemotnya. Apa krn hawa, entahlah.. bgitu juga kejadian di SantaFe.
Cuaca dan kondisi traffic sangat ngaruh om. Apalagi turbocharged. Kalau abis macet macetan coba aja vs abis ngebut di toll. Respon mesinnya beda banget.

Siang siang terik sama tengah malem juga beda banget.
piggypig77 wrote: Mon Oct 23, 2023 16:28 Waktu di giias bsd coba masuk dan duduk ke xforce ga enak banget duduknya tinggi commanding padahal jok udah setting paling rendah

Entah kenapa bbrp mobil mitsubishi skrg posisi duduknya lebih tinggi dibandingkan rival sejenis (xpander, xforce dan pajero sport)
Emang kalo suka posisi rendah dan sedan-like HRV udah paling bener :mky_03:

Masalahnya kadang desain dasbor juga udah tinggi sih ini mitsu. Ane kadang gak ngebayangin Xpander posisi duduknya pendekan dikit yang nyetir cewek ya makin susah liat pasti.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Mitsubishi XForce Ultimate - Short Review

Post by ChZ »

black2345 wrote: Mon Oct 23, 2023 12:29 Uummm HRV SE & RS ban bawaannya bs alenza sih om, kalo yg S & E kurang tau, goodyear kalo ga salah
Oh iya sorry maksudnya alenza hl33. Ingetnya turanza terus :ungg:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: 2023 Mitsubishi XForce Ultimate - Short Review

Post by iamwewe »

vankryie wrote: Mon Oct 23, 2023 14:47
Fix sama ama FC sedan, org awam kaya saya mikirnya di ECU ni. Kadang smooth enak, kadang berasa lemotnya. Apa krn hawa, entahlah.. bgitu juga kejadian di SantaFe.
lah.. sama ya si FC juga gitu. nggak om, kayanya bukan ecu nih.. coba dulu dah paling gampang mgkn ganti oli matic bagusan kaya tmn2 disini saranin.

btw santafe juga gitu?? santafe padahal geared AT yak.
ChZ wrote: Mon Oct 23, 2023 23:24
CVT jaman dulu gampang om, kalo ada temen bawa beat vario apa sebangsanya pinjem aja terus geber. Nah tuh rasanya begitu. Selip melulu :upss:

Betul banget om, jadi kayak orang belajar nyetir kan. Takut lepas kopling. Tp nyetirnya jadi ndut ndutan karena transmisinya jadi nggak bisa ngelock :upss:

Wah kalo oem hcf2 pengalaman dipake udah kondisi remap sih jelek bener om... Selipnya keterlaluan. Lebih sedih lagi waktu ditap langsung bau sangit. Pdhl pake blom ada 20ribu kilo. Saran kalo suka geber2 ganti aja atau ya tahan tahanin sampe servis gratis kelar baru deh :big_grin:
oh, kebetulan team member ada yang masih punya mio 1st gen standard nih. kebayang nih rasanya kalo di betot gas full gimana. raungan mesin kaya mau nambah speed, tapi speednya naiknya gak se cepet itu. walo lama2 sih ya dapet juga speed nya. mantep emang nih penjelasannya om :emo-flowerforyou:
ChZ wrote: Mon Oct 23, 2023 23:29
Cuaca dan kondisi traffic sangat ngaruh om. Apalagi turbocharged. Kalau abis macet macetan coba aja vs abis ngebut di toll. Respon mesinnya beda banget.

Siang siang terik sama tengah malem juga beda banget.
kalo case gini, yg pengaruhin apa? suhu mesin? apa suhu transmisi?
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: 2023 Mitsubishi XForce Ultimate - Short Review

Post by peterming77 »

kunaskun wrote: Sun Oct 22, 2023 11:44
Suryaputra wrote: Sun Oct 22, 2023 11:33 Ini neh..
Yg bikin Honda bisa berbenah fitur
Minimal premium sound system lah

4 tweeter + 4 mid-woofer + 1 sub-bass
Head Unit yg bigger screen :big_biglaugh:
jadi RS BLACK EDITION, nambah 50 jeti :big_biglaugh:
RS e-HEV BLACK EDITION JBL PREMIUM AUDIO LIMITED EDITION WITH MODULO, nambah 80jt dari RS normal, tembus 600jt dah :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9683
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2023 Mitsubishi XForce Ultimate - Short Review

Post by Suryaputra »

peterming77 wrote: Tue Oct 24, 2023 3:00
kunaskun wrote: Sun Oct 22, 2023 11:44
Suryaputra wrote: Sun Oct 22, 2023 11:33 Ini neh..
Yg bikin Honda bisa berbenah fitur
Minimal premium sound system lah

4 tweeter + 4 mid-woofer + 1 sub-bass
Head Unit yg bigger screen :big_biglaugh:
jadi RS BLACK EDITION, nambah 50 jeti :big_biglaugh:
RS e-HEV BLACK EDITION JBL PREMIUM AUDIO LIMITED EDITION WITH MODULO, nambah 80jt dari RS normal, tembus 600jt dah :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
asli saya mah (subjektif pribadi)... bodykit modulo, GR sport, TRD sportivo, itu kayak lihat mobil pakai Rok, benci banget...
nyenggol batu atau keserempet copot langsung, ngewer ngewer :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Mitsubishi XForce Ultimate - Short Review

Post by ChZ »

iamwewe wrote: Tue Oct 24, 2023 1:09

lah.. sama ya si FC juga gitu. nggak om, kayanya bukan ecu nih.. coba dulu dah paling gampang mgkn ganti oli matic bagusan kaya tmn2 disini saranin.

btw santafe juga gitu?? santafe padahal geared AT yak.


kalo case gini, yg pengaruhin apa? suhu mesin? apa suhu transmisi?
nah di mobil modern agak sulit ni om soalnya ECUnya udah "pinter" dan integrated ke semua sistem, modul modul nya lebih banyak juga. ginian nggak cuma single factor soalnya.

parameter processingnya lebih banyak berdasarkan input itungannya bisa per milisekon. acclaimed hp di brosur itu juga sebenernya t&c applied, alias tergantung temperatur dan humidity nya serta tentu saja bbm dan oli yang dipake.

simpelnya gini :

kalo ECU ngebaca kita macet-macetan panas terik kenapa kok ndut-ndutan dan mobil terkesan lambat dan laggy - dia ngebaca input kaki kita lagi nggak mau ngebut, logika nya dia ya semprot bensinnya dikurangin, terus belom lagi panas kan, jadi timing pasti dimundurin supaya nggak knocking. outputnya di kita jelas mobilnya jadi lemot ngga da tenaga.

dan berlaku sebaliknya waktu habis bejek bejekan di tol. terus kalo malem udara adem jadi lebih dense / padet kandungan O2 nya. dari mesin berani naikin timing boost dll.

kalau transmisi biasa parameternya lebih ke panas/dingin aja. cuaca panas pasti lebih selip juga kecenderungannya apalagi stop and go. bebannya lebih berat stop and go karena siklus release-lockupnya lebih banyak.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: 2023 Mitsubishi XForce Ultimate - Short Review

Post by peterming77 »

b0ku wrote: Sun Oct 22, 2023 22:30
soalnya omoda DCTnya menurut saya jadi deal breaker ud banyak historynya mobil kayak gini murah performa bagus ujung2xnya cuma jadi pemanis aja contohnya dulu golf TSI aja gak kurang bagus apa itu mana harganya juga gak mahal2x banget tetep aja kalah ma civic :big_bored:

adalagi ford 1.0 ecobosst sama polo tetep aja gak bisa ngalahain jazz sama yaris :mky_03:

apalagi bagasi omoda bukannya sempit ya :big_think:

alvez ampun om saya baru jual bekasnya model EX 2023 yang jualan showroom mereka saking tegang jual tuh unit buka 265 lepas 240 :big_biglaugh:

ngeri banget harga bekasnya....... :big_biglaugh:
Ya bener krn DCT itu memang ga enak buat jalanan macet + musuh utama DCT terutama yg dry clutch kan panas, lah di sini udah macet + kalo musim panas gini di SBY panasnya bisa kayak tinggal di sebelah matahari (bukan mall), udah lah itu kombinasi jerky sama lama2 aus itu koplingnya, belum lagi yg namanya TCM lah, mecha lah (curcol pernah punya Fiesta 1.5). Apalagi mobil Eropa yg ga di aklimasi buat cuaca tropis gini, yg disana keluarnya very reliable car, sampe Indonesia jadinya sheer repairing pleasure :big_biglaugh:

Kalo Ford 1.0 Ecoboost ditambah bonus keluar di akhir umur Ford di Asia, ya udah belum sempat laris manis udah ga jualan lagi, padahal asli itu mobil terenak handlingnya (buat sopir) diantara temen sekelasnya, beneran nempel di aspal kalo diajak ngepot2. :big_exellent:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9683
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2023 Mitsubishi XForce Ultimate - Short Review

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Tue Oct 24, 2023 3:18
iamwewe wrote: Tue Oct 24, 2023 1:09

lah.. sama ya si FC juga gitu. nggak om, kayanya bukan ecu nih.. coba dulu dah paling gampang mgkn ganti oli matic bagusan kaya tmn2 disini saranin.

btw santafe juga gitu?? santafe padahal geared AT yak.


kalo case gini, yg pengaruhin apa? suhu mesin? apa suhu transmisi?
nah di mobil modern agak sulit ni om soalnya ECUnya udah "pinter" dan integrated ke semua sistem, modul modul nya lebih banyak juga. ginian nggak cuma single factor soalnya.

parameter processingnya lebih banyak berdasarkan input itungannya bisa per milisekon. acclaimed hp di brosur itu juga sebenernya t&c applied, alias tergantung temperatur dan humidity nya serta tentu saja bbm dan oli yang dipake.

simpelnya gini :

kalo ECU ngebaca kita macet-macetan panas terik kenapa kok ndut-ndutan dan mobil terkesan lambat dan laggy - dia ngebaca input kaki kita lagi nggak mau ngebut, logika nya dia ya semprot bensinnya dikurangin, terus belom lagi panas kan, jadi timing pasti dimundurin supaya nggak knocking. outputnya di kita jelas mobilnya jadi lemot ngga da tenaga.

dan berlaku sebaliknya waktu habis bejek bejekan di tol. terus kalo malem udara adem jadi lebih dense / padet kandungan O2 nya. dari mesin berani naikin timing boost dll.

kalau transmisi biasa parameternya lebih ke panas/dingin aja. cuaca panas pasti lebih selip juga kecenderungannya apalagi stop and go. bebannya lebih berat stop and go karena siklus release-lockupnya lebih banyak.
nah ini... semua mesin, dari jenis inline sampai ke turbojet,
makin dingin suhu, makin dense kandungan oksigen nya dan performa lbh maksimal.

Contoh lbh extreme lagi, knowledge dari pilot airbus... itu pesawat klo mau take off di gurun arab vs di eropa,
power mesin maximal throttle nya udah diatur sama FMC (flight management computer).

jadi walaupun posisi throttle poll ke depan, tetap FMC ngebatasin max powah nya.
gak akan bisa nyentuh 100% di suhu ambience panas / tropis.

Prinsipnya sama spt mesin mobil, ECU dan TCM ngebatasin powahnya, supaya tetap efisien kerjanya.

tp ini bisa dicrack dan minimalin efek nya, dengan cara di-remap.. makanya ketika dilakukan remap, garansi gugur
Last edited by Suryaputra on Tue Oct 24, 2023 3:37, edited 2 times in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9683
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2023 Mitsubishi XForce Ultimate - Short Review

Post by Suryaputra »

peterming77 wrote: Tue Oct 24, 2023 3:26
b0ku wrote: Sun Oct 22, 2023 22:30
soalnya omoda DCTnya menurut saya jadi deal breaker ud banyak historynya mobil kayak gini murah performa bagus ujung2xnya cuma jadi pemanis aja contohnya dulu golf TSI aja gak kurang bagus apa itu mana harganya juga gak mahal2x banget tetep aja kalah ma civic :big_bored:

adalagi ford 1.0 ecobosst sama polo tetep aja gak bisa ngalahain jazz sama yaris :mky_03:

apalagi bagasi omoda bukannya sempit ya :big_think:

alvez ampun om saya baru jual bekasnya model EX 2023 yang jualan showroom mereka saking tegang jual tuh unit buka 265 lepas 240 :big_biglaugh:

ngeri banget harga bekasnya....... :big_biglaugh:
Ya bener krn DCT itu memang ga enak buat jalanan macet + musuh utama DCT terutama yg dry clutch kan panas, lah di sini udah macet + kalo musim panas gini di SBY panasnya bisa kayak tinggal di sebelah matahari (bukan mall), udah lah itu kombinasi jerky sama lama2 aus itu koplingnya, belum lagi yg namanya TCM lah, mecha lah (curcol pernah punya Fiesta 1.5). Apalagi mobil Eropa yg ga di aklimasi buat cuaca tropis gini, yg disana keluarnya very reliable car, sampe Indonesia jadinya sheer repairing pleasure :big_biglaugh:

Kalo Ford 1.0 Ecoboost ditambah bonus keluar di akhir umur Ford di Asia, ya udah belum sempat laris manis udah ga jualan lagi, padahal asli itu mobil terenak handlingnya (buat sopir) diantara temen sekelasnya, beneran nempel di aspal kalo diajak ngepot2. :big_exellent:
iya prinsip kerja DCT, dsb kan mirip spt mobil manual.. mobil manual jg gtu, ketika merayap, jerkynya ampun2an.
karena putaran roda, selaras dengan putaran mesin, yg membuat halus, ya gear rationya dipanjangin atau upshift :big_biglaugh:

kecuali mesin disel, itu minim jerky, krn torsi nya lbh efisien dari rpm bawah.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Mitsubishi XForce Ultimate - Short Review

Post by ChZ »

peterming77 wrote: Tue Oct 24, 2023 3:26
Ya bener krn DCT itu memang ga enak buat jalanan macet + musuh utama DCT terutama yg dry clutch kan panas, lah di sini udah macet + kalo musim panas gini di SBY panasnya bisa kayak tinggal di sebelah matahari (bukan mall), udah lah itu kombinasi jerky sama lama2 aus itu koplingnya, belum lagi yg namanya TCM lah, mecha lah (curcol pernah punya Fiesta 1.5). Apalagi mobil Eropa yg ga di aklimasi buat cuaca tropis gini, yg disana keluarnya very reliable car, sampe Indonesia jadinya sheer repairing pleasure :big_biglaugh:

Kalo Ford 1.0 Ecoboost ditambah bonus keluar di akhir umur Ford di Asia, ya udah belum sempat laris manis udah ga jualan lagi, padahal asli itu mobil terenak handlingnya (buat sopir) diantara temen sekelasnya, beneran nempel di aspal kalo diajak ngepot2. :big_exellent:
faktor utama DCT - dry clutch tidak awet di indonesia itu menurut ane lebih ke combo panas terik dengan macet-macetan, serta mayoritas pembelinya jujur nggak tau gimana prinsip operasional DCT atau transmisi dengan konstruksi mechatronic termasuk BMW ZF6HP.

krn protip di grup VW, kalau mau DSGnya awet, creeping di kemacetan jangan pakai D, harus engage manual supaya clutch nya nggak panas.

semua masalah transmisi itu akar masalahnya selalu panas.
Suryaputra wrote: Tue Oct 24, 2023 3:31
tp ini bisa dicrack dan minimalin efek nya, dengan cara di-remap.. makanya ketika dilakukan remap, garansi gugur
makanya kalo remap ke bengkel remap, jangan ke dukun remap.

dukun remap itu bablasin semua safety parameter. modal map copy paste, kalo CEL nyala ya yang dihapus CELnya karena males troubleshoot (atau ngga da ilmunya aja). boost cutoff, throttle cutoff dihajar semua. limp mode aja kadang dibablasin. mobil solar hajar terusss semprot solar segede gedenya supaya tenaga kenceng EGT terbang bye bye.

besok2 blok melenting, gasket meleduk, turbo ambrol. bodo amat. salahin kaki supir aja kok ugal ugalan.

ane lbh suka tuner yang kasi safety margin dan bisa jelasin safety margin artinya paham gimana remap yang betul.

percuma mobil mentok tenaganya tp bentaran ambrol.
Last edited by ChZ on Tue Oct 24, 2023 3:43, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9683
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2023 Mitsubishi XForce Ultimate - Short Review

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Tue Oct 24, 2023 3:40
peterming77 wrote: Tue Oct 24, 2023 3:26
Ya bener krn DCT itu memang ga enak buat jalanan macet + musuh utama DCT terutama yg dry clutch kan panas, lah di sini udah macet + kalo musim panas gini di SBY panasnya bisa kayak tinggal di sebelah matahari (bukan mall), udah lah itu kombinasi jerky sama lama2 aus itu koplingnya, belum lagi yg namanya TCM lah, mecha lah (curcol pernah punya Fiesta 1.5). Apalagi mobil Eropa yg ga di aklimasi buat cuaca tropis gini, yg disana keluarnya very reliable car, sampe Indonesia jadinya sheer repairing pleasure :big_biglaugh:

Kalo Ford 1.0 Ecoboost ditambah bonus keluar di akhir umur Ford di Asia, ya udah belum sempat laris manis udah ga jualan lagi, padahal asli itu mobil terenak handlingnya (buat sopir) diantara temen sekelasnya, beneran nempel di aspal kalo diajak ngepot2. :big_exellent:
faktor utama DCT - dry clutch tidak awet di indonesia itu menurut ane lebih ke combo panas terik dengan macet-macetan, serta mayoritas pembelinya jujur nggak tau gimana prinsip operasional DCT atau transmisi dengan konstruksi mechatronic termasuk BMW ZF6HP.

krn protip di grup VW, kalau mau DSGnya awet, creeping di kemacetan jangan pakai D, harus engage manual supaya clutch nya nggak panas.

semua masalah transmisi itu akar masalahnya selalu panas.
Suryaputra wrote: Tue Oct 24, 2023 3:31
tp ini bisa dicrack dan minimalin efek nya, dengan cara di-remap.. makanya ketika dilakukan remap, garansi gugur
makanya kalo remap ke bengkel remap, jangan ke dukun remap.

dukun remap itu bablasin semua safety parameter. modal map copy paste, kalo CEL nyala ya yang dihapus CELnya karena males troubleshoot (atau ngga da ilmunya aja). boost cutoff, throttle cutoff dihajar semua. limp mode aja kadang dibablasin.

besok2 blok melenting, gasket meleduk, turbo ambrol. bodo amat. salahin kaki supir aja kok ugal ugalan.

ane lbh suka tuner yang kasi safety margin dan bisa jelasin safety margin artinya paham gimana remap yang betul.

percuma mobil mentok tenaganya tp bentaran ambrol.
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
vankryie
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Wed May 18, 2016 3:48

Re: 2023 Mitsubishi XForce Ultimate - Short Review

Post by vankryie »

ChZ wrote: Tue Oct 24, 2023 3:18
iamwewe wrote: Tue Oct 24, 2023 1:09

lah.. sama ya si FC juga gitu. nggak om, kayanya bukan ecu nih.. coba dulu dah paling gampang mgkn ganti oli matic bagusan kaya tmn2 disini saranin.

btw santafe juga gitu?? santafe padahal geared AT yak.


kalo case gini, yg pengaruhin apa? suhu mesin? apa suhu transmisi?
nah di mobil modern agak sulit ni om soalnya ECUnya udah "pinter" dan integrated ke semua sistem, modul modul nya lebih banyak juga. ginian nggak cuma single factor soalnya.

parameter processingnya lebih banyak berdasarkan input itungannya bisa per milisekon. acclaimed hp di brosur itu juga sebenernya t&c applied, alias tergantung temperatur dan humidity nya serta tentu saja bbm dan oli yang dipake.

simpelnya gini :

kalo ECU ngebaca kita macet-macetan panas terik kenapa kok ndut-ndutan dan mobil terkesan lambat dan laggy - dia ngebaca input kaki kita lagi nggak mau ngebut, logika nya dia ya semprot bensinnya dikurangin, terus belom lagi panas kan, jadi timing pasti dimundurin supaya nggak knocking. outputnya di kita jelas mobilnya jadi lemot ngga da tenaga.

dan berlaku sebaliknya waktu habis bejek bejekan di tol. terus kalo malem udara adem jadi lebih dense / padet kandungan O2 nya. dari mesin berani naikin timing boost dll.

kalau transmisi biasa parameternya lebih ke panas/dingin aja. cuaca panas pasti lebih selip juga kecenderungannya apalagi stop and go. bebannya lebih berat stop and go karena siklus release-lockupnya lebih banyak.
Jempol, make sense nih penjelasannya, kadang penasaran ama EV i5 apakah stabil "enaknya".. atau sama aja tergntung ECU n Suhu.