Mobil Baru, Matic, 2 Baris di bawah 225 juta

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Mobil Baru, Matic, 2 Baris di bawah 225 juta

Post by y_anjasrana »

Melanjutkan pembahasan di grup wasem1, coba bahas lagi di forum biar tambah banyak infonya.
Kebutuhan mobil baru, transmisi automatic, jok 2 baris dengan budget 225juta sebelum diskon. Kalau sebelum diskon agak2 burem, soalnya besarnya dikson bisa berubah2. Tapi kalau ada diskon yg lebih pasti, mestinya bisa jadi pertimbangan. Rute jalan yang akan dilalui antara jalan perumahan, tol, kawasan industri, dan kadang jalur jalan rusak dan berbatu. Mohon info mana yg rekomen dr sisi kenyamanan, kemudahan perawatan. Performa, fun to drive anggap aja bonus. Soalnya budget segitu mau ngarep dapat yang kayak apaan sih? :mky_01: Lebih disukai ada pilihan warna merah atau oren :big_childish:

Daftar pilihan sementara (boleh tambahin) :
1. Ayla 1.2 R CVT (185jt)
2. Rocky 1.2 M CVT (227jt) - masa sih diskon 2jt ga dapet sih :mky_03:
3. Agya 1.2 G CVT (191jt) - agak kurang nyaman waktu tes duduk di giias kemarin.
4. Brio Satya E CVT (193jt) - model cakep, tp khawatir takut mentok kalau lewat poldur di kawasan industri :mky_04:
5. Spresso AGS (178jt) - krn ada warna orennya :mky_03:
6. Ignis GX AGS (222jt) - krn ada warna orennya :mky_03:

yg 3 baris seperti calya, sigra, xenia, ertiga ga dulu ya. mobil listrik jg ga dulu, krn masih gelap perawatannya. trus mobil2 manual kyk alvez, c3 atau confero ga jd pilihan juga. :big_peace:
Accurate V5 Accounting System Consultant
bejosupangat
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 160
Joined: Sat Jan 12, 2013 6:48

Re: Mobil Baru, Matic, 2 Baris di bawah 225 juta

Post by bejosupangat »

Mungkin bisa pertimbangkan Suzuki Baleno. 4-speed auto gearbox.
Sepertinya discount nya sedang menarik, after disc. sekitar 25x mio. Memang agak over budget sedikit tapi bisa dapat B-segment.
Kalau suka candy colour bisa ambil yang merah atau biru.

Kalau Ignis & S-Presso lebih baik manual.

Atau ada juga Daihatsu Sirion, B-segment juga. Price list 22x before disc.

Sepertinya B-segment yang harganya reasonable ya tinggal kedua mobil ini. Langka sudah.
Dulu punya uang 200 juta-an tinggal pilih mau B-segment dari merek apapun pasti punya, Japanese, Korean, American, Malaysian. Trim pun lengkap dari base trim s/d fully-loaded.

Saya baru ambil Ignis manual brand new VIN23, warna tinggal orange, harga 19x. The last global car in Suzuki line-up today. Yang lain sudah mostly regional market-model, mungkin sisa Jimny saja, sama Baleno meskipun yang sekarang masih pakai chassis yang sama dari 2018 (WB) tapi yang facelift ini tidak ada di European market (mereka lebih prefer Swift).
Last edited by bejosupangat on Fri Sep 29, 2023 7:42, edited 3 times in total.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil Baru, Matic, 2 Baris di bawah 225 juta

Post by ChZ »

mbah...

coba dulu metik AGSnya spresso dan ignis. kalo dipake sendiri mungkin bisa menyesuaikan tp kalo bini atau siapa yang pake ntar di tanjakan melorot panik.

kalo datar2 aj si aman. ignis paling mending di antara semuanya. ayla agya safetynya agak mengkhawatirkan dan overhangnya agak panjang takutnya mentok. berio jg sama.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
carlzeiss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
Daily Vehicle: Reborn Bensin

Re: Mobil Baru, Matic, 2 Baris di bawah 225 juta

Post by carlzeiss »

kalo dari seluruhnya sih pilihan saya cuman rocky atau brio E , rocky menang ground clearance, brio e menang driving feelnya yg ga serasa bawa LCGC. Kandidat sisanya sih coret klo di saya, pernah masuk agay alay yg model baru nih tapi interiornya plastikannya ga lebih baik dibanding brio sih klo menurut saya, si kopi espresso masih beliom bs mencerna modelnya si
Now : Reborn Bensin Musuh SMers
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil Baru, Matic, 2 Baris di bawah 225 juta

Post by ChZ »

carlzeiss wrote: Fri Sep 29, 2023 7:20 kalo dari seluruhnya sih pilihan saya cuman rocky atau brio E , rocky menang ground clearance, brio e menang driving feelnya yg ga serasa bawa LCGC. Kandidat sisanya sih coret klo di saya, pernah masuk agay alay yg model baru nih tapi interiornya plastikannya ga lebih baik dibanding brio sih klo menurut saya, si kopi espresso masih beliom bs mencerna modelnya si
oiya bener kalo ada parameter kenyamanan, nurut saya dari semua itu (surprisingly) brio paling nyaman. wkwkwk. nyaman bukan sekedar empuk empukan mgkn masih kalah ma espresso / agya / rocky. tp kualitas dampingnya udah beda level.

ama brio setrika aja jauh.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Mobil Baru, Matic, 2 Baris di bawah 225 juta

Post by zonepublic »

Kalo saya sih ignis krn 4 silinder,ground clearance cukup tinggi,selama saya make sih ga pernah masalah yg ptg tiap 10rb km ganti oli mesin&gardan aja
Menurut saya AGSnya cukup awet sih saya pake 30ribu km ga pernah ada kendala berarti
Sebenernya rocky raize bisa masuk tp kayanya built qualitynya bagusan ignis jauh deh dan mesin 3 silinder saya kurang suka getarannya
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 779
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Mobil Baru, Matic, 2 Baris di bawah 225 juta

Post by Kaleng »

Rocky saja yang paling tinggi GC nya. WRV menarik tapi mgkn gak masuk budget, tapi mana tahu akhir tahun ada diskon super.
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Mobil Baru, Matic, 2 Baris di bawah 225 juta

Post by y_anjasrana »

zonepublic wrote: Fri Sep 29, 2023 7:33 Kalo saya sih ignis krn 4 silinder,ground clearance cukup tinggi,selama saya make sih ga pernah masalah yg ptg tiap 10rb km ganti oli mesin&gardan aja
Menurut saya AGSnya cukup awet sih saya pake 30ribu km ga pernah ada kendala berarti
Sebenernya rocky raize bisa masuk tp kayanya built qualitynya bagusan ignis jauh deh dan mesin 3 silinder saya kurang suka getarannya
Memang AGSnya ada masalah apa ya? Koq kyk pada seperti sentimen dgn metiknya ya? Tapi ga ada yg bisa jelasin detail? :big_think:
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Mobil Baru, Matic, 2 Baris di bawah 225 juta

Post by y_anjasrana »

ChZ wrote: Fri Sep 29, 2023 7:18 mbah...

coba dulu metik AGSnya spresso dan ignis. kalo dipake sendiri mungkin bisa menyesuaikan tp kalo bini atau siapa yang pake ntar di tanjakan melorot panik.

kalo datar2 aj si aman. ignis paling mending di antara semuanya. ayla agya safetynya agak mengkhawatirkan dan overhangnya agak panjang takutnya mentok. berio jg sama.
Udah pernah nyoba bawa brio ke kawasan industri blom? Yg poldurnya gede2 atau jalannya berlubang2 kyk kubangan? Kalau miras pernah, dan gasruk2 dikit sih.... :upss:
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: Mobil Baru, Matic, 2 Baris di bawah 225 juta

Post by pendoli »

Rocky mayan nyaman lah… kalo di jalan jelek rada ngocok2 perut si tapi saingannya ga jauh beda la
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Mobil Baru, Matic, 2 Baris di bawah 225 juta

Post by zonepublic »

y_anjasrana wrote: Fri Sep 29, 2023 9:58
zonepublic wrote: Fri Sep 29, 2023 7:33 Kalo saya sih ignis krn 4 silinder,ground clearance cukup tinggi,selama saya make sih ga pernah masalah yg ptg tiap 10rb km ganti oli mesin&gardan aja
Menurut saya AGSnya cukup awet sih saya pake 30ribu km ga pernah ada kendala berarti
Sebenernya rocky raize bisa masuk tp kayanya built qualitynya bagusan ignis jauh deh dan mesin 3 silinder saya kurang suka getarannya
Memang AGSnya ada masalah apa ya? Koq kyk pada seperti sentimen dgn metiknya ya? Tapi ga ada yg bisa jelasin detail? :big_think:
Relatif sih ada orang yang tidak suka ada rasa hentakan2 ketika perpindahan transmisi ,dan ags memang perpindahan transmisinya terasa sekali
Kalau saya sih malah suka AGS karena perawatannya murah bahkan jauh lbh murah dari transmisi matic biasa atau CVT
(Oli transmisi matic per 20ribu km 400ribu gantinya,cvt juga kurleb sama,kalo AGS oli transmisinya cm 80ribu yg harus diganti per 20rb,tp klo.saya per 15ribu udah ganti oli transmisinya+oli pelumas motor aktuator tp lama plg ngga 100ribu km tuh baru ganti)
DLM
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: Fri Sep 24, 2021 16:29
Location: BUMI
Daily Vehicle: Vios G

Re: Mobil Baru, Matic, 2 Baris di bawah 225 juta

Post by DLM »

y_anjasrana wrote: Fri Sep 29, 2023 5:56 Melanjutkan pembahasan di grup wasem1, coba bahas lagi di forum biar tambah banyak infonya.
Kebutuhan mobil baru, transmisi automatic, jok 2 baris dengan budget 225juta sebelum diskon. Kalau sebelum diskon agak2 burem, soalnya besarnya dikson bisa berubah2. Tapi kalau ada diskon yg lebih pasti, mestinya bisa jadi pertimbangan. Rute jalan yang akan dilalui antara jalan perumahan, tol, kawasan industri, dan kadang jalur jalan rusak dan berbatu. Mohon info mana yg rekomen dr sisi kenyamanan, kemudahan perawatan. Performa, fun to drive anggap aja bonus. Soalnya budget segitu mau ngarep dapat yang kayak apaan sih? :mky_01: Lebih disukai ada pilihan warna merah atau oren :big_childish:

Daftar pilihan sementara (boleh tambahin) :
1. Ayla 1.2 R CVT (185jt)
2. Rocky 1.2 M CVT (227jt) - masa sih diskon 2jt ga dapet sih :mky_03:
3. Agya 1.2 G CVT (191jt) - agak kurang nyaman waktu tes duduk di giias kemarin.
4. Brio Satya E CVT (193jt) - model cakep, tp khawatir takut mentok kalau lewat poldur di kawasan industri :mky_04:
5. Spresso AGS (178jt) - krn ada warna orennya :mky_03:
6. Ignis GX AGS (222jt) - krn ada warna orennya :mky_03:

yg 3 baris seperti calya, sigra, xenia, ertiga ga dulu ya. mobil listrik jg ga dulu, krn masih gelap perawatannya. trus mobil2 manual kyk alvez, c3 atau confero ga jd pilihan juga. :big_peace:
ambil Agya G CVT / Brio Satya E CVT aja om.

Kalau lihat dari tipenya, semua mobil diatas termasuk fun to drive (kecil, kompak, lincah). Enak juga buat jadi kandidat "slow car driven fast". Ane cuma pernah test drive Ignis, Agya, sama Raize (saudaranya Rocky) dari semua list di atas. Ignis sama Agya termasuk fun-to-drive (Ignis lebih kerasa soalnya ane td di jalanan yang kelak-kelok). Tapi AGSnya itu bakal banyak wheelspin kalau start di tanjakan. Agya G CVT platform DNGA, tapi CVTnya bisa pake paddleshift. Brio ane belum pernah nyoba, tapi sasisnya 11/12 sama Jazz gen 2, mesin termasuk enak. Tinggal milih aja om.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil Baru, Matic, 2 Baris di bawah 225 juta

Post by ChZ »

y_anjasrana wrote: Fri Sep 29, 2023 10:01
Udah pernah nyoba bawa brio ke kawasan industri blom? Yg poldurnya gede2 atau jalannya berlubang2 kyk kubangan? Kalau miras pernah, dan gasruk2 dikit sih.... :upss:
blm mbah, tapi kayaknya kalo miras gasruk2 dikit berio mungkin lebih parah wakakak.

bibir depan bumpernya brio agak pendek.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Mobil Baru, Matic, 2 Baris di bawah 225 juta

Post by y_anjasrana »

zonepublic wrote: Fri Sep 29, 2023 11:38
y_anjasrana wrote: Fri Sep 29, 2023 9:58
zonepublic wrote: Fri Sep 29, 2023 7:33 Kalo saya sih ignis krn 4 silinder,ground clearance cukup tinggi,selama saya make sih ga pernah masalah yg ptg tiap 10rb km ganti oli mesin&gardan aja
Menurut saya AGSnya cukup awet sih saya pake 30ribu km ga pernah ada kendala berarti
Sebenernya rocky raize bisa masuk tp kayanya built qualitynya bagusan ignis jauh deh dan mesin 3 silinder saya kurang suka getarannya
Memang AGSnya ada masalah apa ya? Koq kyk pada seperti sentimen dgn metiknya ya? Tapi ga ada yg bisa jelasin detail? :big_think:
Relatif sih ada orang yang tidak suka ada rasa hentakan2 ketika perpindahan transmisi ,dan ags memang perpindahan transmisinya terasa sekali
Kalau saya sih malah suka AGS karena perawatannya murah bahkan jauh lbh murah dari transmisi matic biasa atau CVT
(Oli transmisi matic per 20ribu km 400ribu gantinya,cvt juga kurleb sama,kalo AGS oli transmisinya cm 80ribu yg harus diganti per 20rb,tp klo.saya per 15ribu udah ganti oli transmisinya+oli pelumas motor aktuator tp lama plg ngga 100ribu km tuh baru ganti)
sekali ganti berapa liter oli transmisi AGSnya om? kalau oli mesin standardnya sijuki berapa km ya? maklum blom pernah punya sijuki n mobil ber-ags :big_think:
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Mobil Baru, Matic, 2 Baris di bawah 225 juta

Post by y_anjasrana »

ChZ wrote: Sat Sep 30, 2023 2:39
y_anjasrana wrote: Fri Sep 29, 2023 10:01
Udah pernah nyoba bawa brio ke kawasan industri blom? Yg poldurnya gede2 atau jalannya berlubang2 kyk kubangan? Kalau miras pernah, dan gasruk2 dikit sih.... :upss:
blm mbah, tapi kayaknya kalo miras gasruk2 dikit berio mungkin lebih parah wakakak.

bibir depan bumpernya brio agak pendek.
Nah ini yg ngeri2 sedap kalau pakai brio. poldur, jalan berlubang, tanjakan di pintu masuk pabrik2 dan kawasan industri rada2 sadis. kadang truk panjang aja bisa nyangkut. :upss: yang rada2 aman sebetulnya spresso n ignis ya, kalau dibuatin kategori baru mungkin masuk city suv :mky_03:
Accurate V5 Accounting System Consultant
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Mobil Baru, Matic, 2 Baris di bawah 225 juta

Post by zonepublic »

y_anjasrana wrote: Mon Oct 02, 2023 3:42
zonepublic wrote: Fri Sep 29, 2023 11:38
y_anjasrana wrote: Fri Sep 29, 2023 9:58

Memang AGSnya ada masalah apa ya? Koq kyk pada seperti sentimen dgn metiknya ya? Tapi ga ada yg bisa jelasin detail? :big_think:
Relatif sih ada orang yang tidak suka ada rasa hentakan2 ketika perpindahan transmisi ,dan ags memang perpindahan transmisinya terasa sekali
Kalau saya sih malah suka AGS karena perawatannya murah bahkan jauh lbh murah dari transmisi matic biasa atau CVT
(Oli transmisi matic per 20ribu km 400ribu gantinya,cvt juga kurleb sama,kalo AGS oli transmisinya cm 80ribu yg harus diganti per 20rb,tp klo.saya per 15ribu udah ganti oli transmisinya+oli pelumas motor aktuator tp lama plg ngga 100ribu km tuh baru ganti)
sekali ganti berapa liter oli transmisi AGSnya om? kalau oli mesin standardnya sijuki berapa km ya? maklum blom pernah punya sijuki n mobil ber-ags :big_think:
1,6 liter kalo ga salah oli transmisi manualnya,coba cek di manual book
Oli mesin+filter 3,5liter
Ganti oli per 5ribu km pake yg bagusan klo.bisa jangan pake olinya suzuki
ransyah1234
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sun Nov 23, 2014 5:25

Re: Mobil Baru, Matic, 2 Baris di bawah 225 juta

Post by ransyah1234 »

y_anjasrana wrote: Fri Sep 29, 2023 9:58 Memang AGSnya ada masalah apa ya? Koq kyk pada seperti sentimen dgn metiknya ya? Tapi ga ada yg bisa jelasin detail? :big_think:
ndut2 gimanalah gitu
coba test drive di area yang trafficnya macet2 ringan merayap stop n go
kalau mau alus pas waktunya shift, angkat gas dikit...tapi ya nyetir matic kok pake mikir saya males
suspensinya juga bukan selera saya untuk kenyamanan, saya capek nyetir maupun duduk belakang kalau jkt-bandung gitu, apalagi pas lewat mbz

dibanding splash pendahulunya, enakan splash

brio enak
rocky lebih keras dikit rasa2nya tapi masih enak lah

lainnya blom pernah nyoba
User avatar
r12qiSonH4ji
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 811
Joined: Thu Jul 17, 2014 5:10
Location: Mampang Prapatan
Daily Vehicle: Gerobak sayur

Re: Mobil Baru, Matic, 2 Baris di bawah 225 juta

Post by r12qiSonH4ji »

y_anjasrana wrote: Fri Sep 29, 2023 5:56 Melanjutkan pembahasan di grup wasem1, coba bahas lagi di forum biar tambah banyak infonya.
Kebutuhan mobil baru, transmisi automatic, jok 2 baris dengan budget 225juta sebelum diskon. Kalau sebelum diskon agak2 burem, soalnya besarnya dikson bisa berubah2. Tapi kalau ada diskon yg lebih pasti, mestinya bisa jadi pertimbangan. Rute jalan yang akan dilalui antara jalan perumahan, tol, kawasan industri, dan kadang jalur jalan rusak dan berbatu. Mohon info mana yg rekomen dr sisi kenyamanan, kemudahan perawatan. Performa, fun to drive anggap aja bonus. Soalnya budget segitu mau ngarep dapat yang kayak apaan sih? :mky_01: Lebih disukai ada pilihan warna merah atau oren :big_childish:

Daftar pilihan sementara (boleh tambahin) :
1. Ayla 1.2 R CVT (185jt)
2. Rocky 1.2 M CVT (227jt) - masa sih diskon 2jt ga dapet sih :mky_03:
3. Agya 1.2 G CVT (191jt) - agak kurang nyaman waktu tes duduk di giias kemarin.
4. Brio Satya E CVT (193jt) - model cakep, tp khawatir takut mentok kalau lewat poldur di kawasan industri :mky_04:
5. Spresso AGS (178jt) - krn ada warna orennya :mky_03:
6. Ignis GX AGS (222jt) - krn ada warna orennya :mky_03:

yg 3 baris seperti calya, sigra, xenia, ertiga ga dulu ya. mobil listrik jg ga dulu, krn masih gelap perawatannya. trus mobil2 manual kyk alvez, c3 atau confero ga jd pilihan juga. :big_peace:
Ikut meramaikan ya om Yun,
klo ane sh lebih pilih Rocky apalagi yg CVT
lumayan tinggi dibanding para pesaingnya yg di list
jadi aman klo dibawa ke kawasan industri

:big_peace:
---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------
User avatar
r12qiSonH4ji
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 811
Joined: Thu Jul 17, 2014 5:10
Location: Mampang Prapatan
Daily Vehicle: Gerobak sayur

Re: Mobil Baru, Matic, 2 Baris di bawah 225 juta

Post by r12qiSonH4ji »

ransyah1234 wrote: Mon Oct 02, 2023 4:58
ndut2 gimanalah gitu
coba test drive di area yang trafficnya macet2 ringan merayap stop n go
kalau mau alus pas waktunya shift, angkat gas dikit...tapi ya nyetir matic kok pake mikir saya males
suspensinya juga bukan selera saya untuk kenyamanan, saya capek nyetir maupun duduk belakang kalau jkt-bandung gitu, apalagi pas lewat mbz

dibanding splash pendahulunya, enakan splash

brio enak
rocky lebih keras dikit rasa2nya tapi masih enak lah

lainnya blom pernah nyoba
Wuihhh ini ada penboy suzuki, untung RRR gak AGS ya
:big_blushing:

oia kenapa gak ditawarin T31 aja mas
nyaman sekali itu mobil
:big_love:
---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------
dany_pos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Mon Jun 18, 2012 7:22

Re: Mobil Baru, Matic, 2 Baris di bawah 225 juta

Post by dany_pos »

Klo pilihannya cuman itu ane vote ignis, soalnya satu2nya yg dijual di eropah dari list itu. Mengenai ags, secara keawetan soh kurang tau, asumsi ane sih awet atau klo pun ada masalah sih ga mahal mungkin, ini cuman pendapat yg ga au bener atau ga. Tapi buat kenyamanan pake sih ane bbrp waktu lalu sempet nyewa 3 hari ignis ags, awalnya emang butuh penyesuaian, tapi begitu biasa enak jg kok, kakinya yg harus pinter2 mainin pedal gas n jadinya malah cukup fun. Yg ga enak malh feedback setirnya yg ringan bgt, man setirnya kurus pulak n grip pegangnya kurang enak, mgkn bisa dilapis kulit lagi buat yg ini. Ohiya transmisi ags nya berasa bodohnya pas naik di ramp parkiran mall yg spiral itu, kayak bingung mau pake gigi 1 trus pindah lagi ke gigi 2 tapi ternyata ga kuat balik lagi ke gigi 1, gitu terus, bikin ga nyaman n ga asik bgt. Solusinya pindahin ke mode manual biarin anteng di gigi 1. Secara design walau kata org blkng nya aneh, tapi masih dpt faktor uniknya. Klo brio biasa aja sih designnya, masuk selera semua org. Klo agya/ayla sih meskipun keliatan modern, tapi bener2 keliatan kekecilan ban kyk zenix n ini kayaknya ga ketolong jg walau diganti pake velg gedean, ukuran wheel arch vs komposisi desain lainnya udah ga nyambung soalnya.
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Mobil Baru, Matic, 2 Baris di bawah 225 juta

Post by zonepublic »

dany_pos wrote: Mon Oct 02, 2023 7:11 Klo pilihannya cuman itu ane vote ignis, soalnya satu2nya yg dijual di eropah dari list itu. Mengenai ags, secara keawetan soh kurang tau, asumsi ane sih awet atau klo pun ada masalah sih ga mahal mungkin, ini cuman pendapat yg ga au bener atau ga. Tapi buat kenyamanan pake sih ane bbrp waktu lalu sempet nyewa 3 hari ignis ags, awalnya emang butuh penyesuaian, tapi begitu biasa enak jg kok, kakinya yg harus pinter2 mainin pedal gas n jadinya malah cukup fun. Yg ga enak malh feedback setirnya yg ringan bgt, man setirnya kurus pulak n grip pegangnya kurang enak, mgkn bisa dilapis kulit lagi buat yg ini. Ohiya transmisi ags nya berasa bodohnya pas naik di ramp parkiran mall yg spiral itu, kayak bingung mau pake gigi 1 trus pindah lagi ke gigi 2 tapi ternyata ga kuat balik lagi ke gigi 1, gitu terus, bikin ga nyaman n ga asik bgt. Solusinya pindahin ke mode manual biarin anteng di gigi 1. Secara design walau kata org blkng nya aneh, tapi masih dpt faktor uniknya. Klo brio biasa aja sih designnya, masuk selera semua org. Klo agya/ayla sih meskipun keliatan modern, tapi bener2 keliatan kekecilan ban kyk zenix n ini kayaknya ga ketolong jg walau diganti pake velg gedean, ukuran wheel arch vs komposisi desain lainnya udah ga nyambung soalnya.
Saya jujur juga prefer AGS daripada CVT diluar matic konvensional
Alasannya
1 perawatan murah
2 ketahanan sama dengan transmisi manual
3 kons bbm paling irit daripada matic konvensional/cvt
4 kemampuan bawa beban berat/torsi besar paling kuat,mau dibuat betot2 juga aman (kan konstruksinya transmisi manual yg pake gigi2 bukan kawat besi biasa yang dikasih pengikat)
Kalopun terpaksa saya sendiri prefer matic konvensional meskipun harus bayar kons bbm yg lebih boros daripada cvt
Ya memang kurangnya itu tadi rasa perpindahan giginya terasa sekali
ransyah1234
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sun Nov 23, 2014 5:25

Re: Mobil Baru, Matic, 2 Baris di bawah 225 juta

Post by ransyah1234 »

r12qiSonH4ji wrote: Mon Oct 02, 2023 7:11 oia kenapa gak ditawarin T31 aja mas
nyaman sekali itu mobil
:big_love:
gausah lah mas
mas y_anjas ingin mobil baru kok nawarin mobil bekas

tidaklah sesuai khasanah perbincangan

:upss:
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 609
Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: Mobil Baru, Matic, 2 Baris di bawah 225 juta

Post by 3mul »

y_anjasrana wrote: Fri Sep 29, 2023 5:56
Kebetulan sebulan lalu ane sewa New Ayla 1.2 CVT n Brio E CVT di Bali, dipake di daerah Kuta - Ubud - Gn. Batur di hari yg berbeda.
IMHO, Brio lebih enak dipake dalkot (lebih agile, smooth, n sedikit lbh senyap) dibanding Ayla tapi agak loyo kalo ketemu tanjakan basement atau di lukot.
Ayla agak aneh waktu dipake dalkot, mesinnya revving kalo digas dikit. suaranya "ngegerung" keras tapi mobil gak lari. Tapi karakter ini kerasa efektif waktu dipake lukot, torsinya berisi dan bikin confident buat nyusul di tanjakan.
saran ane, rental dulu mobil yg jadi kandidat trus bawa ke habitatnya nanti.
Ibet
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: Mobil Baru, Matic, 2 Baris di bawah 225 juta

Post by Ibet »

y_anjasrana wrote: Fri Sep 29, 2023 5:56 Melanjutkan pembahasan di grup wasem1, coba bahas lagi di forum biar tambah banyak infonya.
Kebutuhan mobil baru, transmisi automatic, jok 2 baris dengan budget 225juta sebelum diskon. Kalau sebelum diskon agak2 burem, soalnya besarnya dikson bisa berubah2. Tapi kalau ada diskon yg lebih pasti, mestinya bisa jadi pertimbangan. Rute jalan yang akan dilalui antara jalan perumahan, tol, kawasan industri, dan kadang jalur jalan rusak dan berbatu. Mohon info mana yg rekomen dr sisi kenyamanan, kemudahan perawatan. Performa, fun to drive anggap aja bonus. Soalnya budget segitu mau ngarep dapat yang kayak apaan sih? :mky_01: Lebih disukai ada pilihan warna merah atau oren :big_childish:

Daftar pilihan sementara (boleh tambahin) :
1. Ayla 1.2 R CVT (185jt)
2. Rocky 1.2 M CVT (227jt) - masa sih diskon 2jt ga dapet sih :mky_03:
3. Agya 1.2 G CVT (191jt) - agak kurang nyaman waktu tes duduk di giias kemarin.
4. Brio Satya E CVT (193jt) - model cakep, tp khawatir takut mentok kalau lewat poldur di kawasan industri :mky_04:
5. Spresso AGS (178jt) - krn ada warna orennya :mky_03:
6. Ignis GX AGS (222jt) - krn ada warna orennya :mky_03:

yg 3 baris seperti calya, sigra, xenia, ertiga ga dulu ya. mobil listrik jg ga dulu, krn masih gelap perawatannya. trus mobil2 manual kyk alvez, c3 atau confero ga jd pilihan juga. :big_peace:
saya pribadi pilih Rocky pak, GC nya udah ketauan paling tinggi, siap bablas Cikarang / Karawang industrial area lah ini
mesin juga oke 1200cc, tenaga cukup, dalemnya juga berasa lebih gede kalo mau angkut - angkut parts ..
parts juga harusnya udah ga terlalu mahal, seinget saya mobil ini parts TKDN nya gede hehe
sammyjimun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 207
Joined: Tue Jul 12, 2016 0:38

Re: Mobil Baru, Matic, 2 Baris di bawah 225 juta

Post by sammyjimun »

Nitip pertanyaan, dari kandidat diatas, mana row 2 nya yang "manusiawi" untuk orang dewasa, thx