All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11031
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by marmut »

Vai0907 wrote: Sat Jan 27, 2024 17:16

Kalo kasus di mbl saya itu kira2 krn apa y om?yg ada geter di kecepatan 60-70 dan matic delay..


paling enak diperiksa dulu kemudian tes bareng supaya makin jelas.
krn delay yg dimaksud apakah delay dari N ke D/R atau delay shifting-nya (dari 1 ke 2 dst)?
kemungkinannya bisa dari volume atf, bisa dari gangguan di valve body, atau bisa jadi hal lain seputaran transmisi.
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 509
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by RezPrat »

marmut wrote: Sat Jan 27, 2024 16:00



flush manual 20 liter bisa jadi ketipu bisa juga tidak.
flush 9 liter dengan mesin bisa jadi cukup bisa jadi kurang.

semua tergantung kondisi transmisi mobil bersangkutan saat itu, dan tiap mobil tidak bisa disamaratakan sekian liter sudah cukup.

anda pernah proses sendiri flush atf? kalau sudah pernah pasti bisa ngerti kondisinya sangat² dinamis untuk kebutuhan atf-nya.
Kapasitas oli ATF reborn 9 ltr. Menurut ane sih 20 ltr masi terlalu berlebihan om, ane paham kenapa si bengkel tuang 20 ltr (5 galon), pake cara buang isi buang isi sampe si bengkel lihat kira2 udah ngga hitam bener2 kinclong pink (ATF WS), ya ttp aja gak efisien secara ekonomi, apa s customer udah d made aware dgn tindakan yg diambil s bengkel?
Apa kita2 mau k bengkel kalo ganti oli mesin d suruh beli oli diesel 15 liter, karena bilang oli isian pertama Masi ada jejak2 oli lama? Ngga kan....

Menurut ane yg paling efisien itu tetap pake ATF changer, 9 liter itu cukup, tp kalo mau lanjut ke 12 ltr lebih baik dan bersih.

Atau sekalian aja d drain biasa, lakukan tiap 20rb K, cuma abis segalon.

Dan yg seperti om bilang dulu2, prosedur ganti ATF ini mesti bener, suhu dan shifting2 nya sebelum, waktu dan setelah ganti agar d dapat hasil yg optimal. Peace
Vai0907
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Sun Mar 12, 2023 16:00
Location: Palembang
Daily Vehicle: Innova reborn G diesel 2022

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by Vai0907 »

marmut wrote: Sun Jan 28, 2024 4:55
Vai0907 wrote: Sat Jan 27, 2024 17:16

Kalo kasus di mbl saya itu kira2 krn apa y om?yg ada geter di kecepatan 60-70 dan matic delay..


paling enak diperiksa dulu kemudian tes bareng supaya makin jelas.
krn delay yg dimaksud apakah delay dari N ke D/R atau delay shifting-nya (dari 1 ke 2 dst)?
kemungkinannya bisa dari volume atf, bisa dari gangguan di valve body, atau bisa jadi hal lain seputaran transmisi.
Delay shiftingnya om dari 1 ke 2 dst
Vai0907
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Sun Mar 12, 2023 16:00
Location: Palembang
Daily Vehicle: Innova reborn G diesel 2022

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by Vai0907 »

gwsecretc wrote: Sat Jan 27, 2024 23:44
Vai0907 wrote: Sat Jan 27, 2024 15:34 Makasih om

PTT yg 5w40 rekom ga om?

Terakhir saya flushing pake ptt lv1 om,tp msh ada geter..
Siap om..nanti saya cek volume atf nya..
Ptt dyn commonrail 5w40 ok kok, sy jg pake so far puas. Alternatif ada mobil delvac1, amsoil, motul crdi..

Nah buntut 40 ini lebi enak jika sering rute lukot.. Kalo sering dalkot lebih enak 10w/5w30 cuma ya suara mesin lebih garing aja.. ntar dicoba aja sendiri soalnya di ane gitu.
Siap om..nanti saya coba..
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11031
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by marmut »

RezPrat wrote: Sun Jan 28, 2024 5:32

Kapasitas oli ATF reborn 9 ltr. Menurut ane sih 20 ltr masi terlalu berlebihan om, ane paham kenapa si bengkel tuang 20 ltr (5 galon), pake cara buang isi buang isi sampe si bengkel lihat kira2 udah ngga hitam bener2 kinclong pink (ATF WS), ya ttp aja gak efisien secara ekonomi, apa s customer udah d made aware dgn tindakan yg diambil s bengkel?
Apa kita2 mau k bengkel kalo ganti oli mesin d suruh beli oli diesel 15 liter, karena bilang oli isian pertama Masi ada jejak2 oli lama? Ngga kan....

Menurut ane yg paling efisien itu tetap pake ATF changer, 9 liter itu cukup, tp kalo mau lanjut ke 12 ltr lebih baik dan bersih.

Atau sekalian aja d drain biasa, lakukan tiap 20rb K, cuma abis segalon.

Dan yg seperti om bilang dulu2, prosedur ganti ATF ini mesti bener, suhu dan shifting2 nya sebelum, waktu dan setelah ganti agar d dapat hasil yg optimal. Peace



bisa jadi 9 ltr pake atf changer berhasil di mobil om.
kita berdua kan ngga tau persis mbl om vai spt apa perawatannya? setelah masa break in dibuang apa enggak itu atf? trus gaya nyetirnya gimana, itu kan jg pengaruh ke atf.

ya memang di satu sisi nge-flush atf ampe 20 liter terdengar konyol. tp di sisi lain, harus ada alasan kuat ngapain pake atf sampe 1 pail.
krn saya pernah nge-flush atf xv40 sudah jalan 10 liter, warna atf yg keluar masih hitam pekat.

serba susah memang kalo bahas perawatan mbl, kalo berlebihan nanti ada yg bilang diperbudak mobil. kalo ngga dirawat, yaaa...... gitu lah....

:big_grin:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11031
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by marmut »

Vai0907 wrote: Sun Jan 28, 2024 12:37

Delay shiftingnya om dari 1 ke 2 dst


antara volume atf atau ada yg nyumbat di valve body.
itu mbl pake dari baru? waktu habis masa break in kuras/buang atf nggak?
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 509
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by RezPrat »

marmut wrote: Sun Jan 28, 2024 14:42
RezPrat wrote: Sun Jan 28, 2024 5:32

Kapasitas oli ATF reborn 9 ltr. Menurut ane sih 20 ltr masi terlalu berlebihan om, ane paham kenapa si bengkel tuang 20 ltr (5 galon), pake cara buang isi buang isi sampe si bengkel lihat kira2 udah ngga hitam bener2 kinclong pink (ATF WS), ya ttp aja gak efisien secara ekonomi, apa s customer udah d made aware dgn tindakan yg diambil s bengkel?
Apa kita2 mau k bengkel kalo ganti oli mesin d suruh beli oli diesel 15 liter, karena bilang oli isian pertama Masi ada jejak2 oli lama? Ngga kan....

Menurut ane yg paling efisien itu tetap pake ATF changer, 9 liter itu cukup, tp kalo mau lanjut ke 12 ltr lebih baik dan bersih.

Atau sekalian aja d drain biasa, lakukan tiap 20rb K, cuma abis segalon.

Dan yg seperti om bilang dulu2, prosedur ganti ATF ini mesti bener, suhu dan shifting2 nya sebelum, waktu dan setelah ganti agar d dapat hasil yg optimal. Peace



bisa jadi 9 ltr pake atf changer berhasil di mobil om.
kita berdua kan ngga tau persis mbl om vai spt apa perawatannya? setelah masa break in dibuang apa enggak itu atf? trus gaya nyetirnya gimana, itu kan jg pengaruh ke atf.

ya memang di satu sisi nge-flush atf ampe 20 liter terdengar konyol. tp di sisi lain, harus ada alasan kuat ngapain pake atf sampe 1 pail.
krn saya pernah nge-flush atf xv40 sudah jalan 10 liter, warna atf yg keluar masih hitam pekat.

serba susah memang kalo bahas perawatan mbl, kalo berlebihan nanti ada yg bilang diperbudak mobil. kalo ngga dirawat, yaaa...... gitu lah....

:big_grin:
Ya om marmut, disesuaikan dgn kondisi masing :big_okay:
Mrvin
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 182
Joined: Tue Dec 29, 2015 1:59

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by Mrvin »

Vai0907 wrote: Wed Jan 24, 2024 19:51 Suhu2 mohon izin bertanya..

1. Masih bingung soal putu turbo itu yg gmn?suara putu saat idle kah?atau suara putu saat rpm tertentu?reborn saya abis remap di BUK ada suara turbo yg lebih jelas terdengar,kaya turbo ANPS..apkah normal?
2. Reborn saya tahun 2022 KM skrg 53rb..suaranya skrg terdengar lebih kasar dari sebelumnya..oli mesin pake TMO 5w30..apakah ada faktor remap?
3. Saya pernah ganti oli matic dg flushing manual pake TMO di KM 40rb..wktu itu olinya sudah hitam sekali..flushing manual 20 liter..setelah itu ada jedug wktu P ke R,cm 1 hari,besoknya jedug hilang tp seperti ada delay..ada geter di kecepatan 60-70..KM 50rb saya ganti ke oli matic PTT flushing pake mesin,hitam pekat lg..awalnya delay berkurang,tp makin kesini terasa delay lg..getar msh ada di kecepatan 60-70..mohon masukan suhu2 masalahnya apa?
Untuk matic geter, coba cabut accu dulu selama 30 menit, supaya TCU nya learning lagi om. Ane biasa gituin supaya shifting nya enak lg ga njedut

Atau klo punya techstream/scan tools bisa reset memory aja biar TCU learning lg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9679
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by Suryaputra »

marmut wrote: Sun Jan 28, 2024 14:42
RezPrat wrote: Sun Jan 28, 2024 5:32

Kapasitas oli ATF reborn 9 ltr. Menurut ane sih 20 ltr masi terlalu berlebihan om, ane paham kenapa si bengkel tuang 20 ltr (5 galon), pake cara buang isi buang isi sampe si bengkel lihat kira2 udah ngga hitam bener2 kinclong pink (ATF WS), ya ttp aja gak efisien secara ekonomi, apa s customer udah d made aware dgn tindakan yg diambil s bengkel?
Apa kita2 mau k bengkel kalo ganti oli mesin d suruh beli oli diesel 15 liter, karena bilang oli isian pertama Masi ada jejak2 oli lama? Ngga kan....

Menurut ane yg paling efisien itu tetap pake ATF changer, 9 liter itu cukup, tp kalo mau lanjut ke 12 ltr lebih baik dan bersih.

Atau sekalian aja d drain biasa, lakukan tiap 20rb K, cuma abis segalon.

Dan yg seperti om bilang dulu2, prosedur ganti ATF ini mesti bener, suhu dan shifting2 nya sebelum, waktu dan setelah ganti agar d dapat hasil yg optimal. Peace



bisa jadi 9 ltr pake atf changer berhasil di mobil om.
kita berdua kan ngga tau persis mbl om vai spt apa perawatannya? setelah masa break in dibuang apa enggak itu atf? trus gaya nyetirnya gimana, itu kan jg pengaruh ke atf.

ya memang di satu sisi nge-flush atf ampe 20 liter terdengar konyol. tp di sisi lain, harus ada alasan kuat ngapain pake atf sampe 1 pail.
krn saya pernah nge-flush atf xv40 sudah jalan 10 liter, warna atf yg keluar masih hitam pekat.

serba susah memang kalo bahas perawatan mbl, kalo berlebihan nanti ada yg bilang diperbudak mobil. kalo ngga dirawat, yaaa...... gitu lah....

:big_grin:
konon:
- "gak usah diperbudak mobil" = orangnya punya duit tinggal metik, rusak ya ganti aja segelondong, receh doang
- "merawat mobil kudu telaten dsb" = orangnya tau bahwa duit itu sulit dipetik, hari ini beda dengan hari esok, lebih hati-hati

depends ke org nya lagi :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Vai0907
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Sun Mar 12, 2023 16:00
Location: Palembang
Daily Vehicle: Innova reborn G diesel 2022

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by Vai0907 »

marmut wrote: Sun Jan 28, 2024 14:43
Vai0907 wrote: Sun Jan 28, 2024 12:37

Delay shiftingnya om dari 1 ke 2 dst


antara volume atf atau ada yg nyumbat di valve body.
itu mbl pake dari baru? waktu habis masa break in kuras/buang atf nggak?
Iya om pake dari baru tahun 2022..
Sdh kuras 2x om..KM 40rb kuras manual,ini pertama kali muncul delay..krn delay ada yg nyaranin flushing pake mesin,jd saya flush di km 50rb
Vai0907
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Sun Mar 12, 2023 16:00
Location: Palembang
Daily Vehicle: Innova reborn G diesel 2022

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by Vai0907 »

marmut wrote: Sun Jan 28, 2024 14:42
RezPrat wrote: Sun Jan 28, 2024 5:32

Kapasitas oli ATF reborn 9 ltr. Menurut ane sih 20 ltr masi terlalu berlebihan om, ane paham kenapa si bengkel tuang 20 ltr (5 galon), pake cara buang isi buang isi sampe si bengkel lihat kira2 udah ngga hitam bener2 kinclong pink (ATF WS), ya ttp aja gak efisien secara ekonomi, apa s customer udah d made aware dgn tindakan yg diambil s bengkel?
Apa kita2 mau k bengkel kalo ganti oli mesin d suruh beli oli diesel 15 liter, karena bilang oli isian pertama Masi ada jejak2 oli lama? Ngga kan....

Menurut ane yg paling efisien itu tetap pake ATF changer, 9 liter itu cukup, tp kalo mau lanjut ke 12 ltr lebih baik dan bersih.

Atau sekalian aja d drain biasa, lakukan tiap 20rb K, cuma abis segalon.

Dan yg seperti om bilang dulu2, prosedur ganti ATF ini mesti bener, suhu dan shifting2 nya sebelum, waktu dan setelah ganti agar d dapat hasil yg optimal. Peace



bisa jadi 9 ltr pake atf changer berhasil di mobil om.
kita berdua kan ngga tau persis mbl om vai spt apa perawatannya? setelah masa break in dibuang apa enggak itu atf? trus gaya nyetirnya gimana, itu kan jg pengaruh ke atf.

ya memang di satu sisi nge-flush atf ampe 20 liter terdengar konyol. tp di sisi lain, harus ada alasan kuat ngapain pake atf sampe 1 pail.
krn saya pernah nge-flush atf xv40 sudah jalan 10 liter, warna atf yg keluar masih hitam pekat.

serba susah memang kalo bahas perawatan mbl, kalo berlebihan nanti ada yg bilang diperbudak mobil. kalo ngga dirawat, yaaa...... gitu lah....

:big_grin:
Sebenarnya ga masalah om kalo kuras sampe 20 liter asal hasilnya bagus..yg jadi mslh usah kuras 20 liter malah jedug dan matic delay..dikomplain katanya sementara aja itu gejalanya krn ada gram2 di valve body..kalo krn itu knp ga sekalian aja dibuka valve body nya pas kuras
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11031
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by marmut »

Vai0907 wrote: Mon Jan 29, 2024 5:43
Sebenarnya ga masalah om kalo kuras sampe 20 liter asal hasilnya bagus..yg jadi mslh usah kuras 20 liter malah jedug dan matic delay..dikomplain katanya sementara aja itu gejalanya krn ada gram2 di valve body..kalo krn itu knp ga sekalian aja dibuka valve body nya pas kuras


saran dari bung
Mrvin
dicoba dulu.
kalo persoalan beres, ya sudah.
kalo belum beres, baru pikirin langkah selanjutnya untuk bongkar valve body.
Vai0907
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Sun Mar 12, 2023 16:00
Location: Palembang
Daily Vehicle: Innova reborn G diesel 2022

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by Vai0907 »

marmut wrote: Mon Jan 29, 2024 6:00
Vai0907 wrote: Mon Jan 29, 2024 5:43
Sebenarnya ga masalah om kalo kuras sampe 20 liter asal hasilnya bagus..yg jadi mslh usah kuras 20 liter malah jedug dan matic delay..dikomplain katanya sementara aja itu gejalanya krn ada gram2 di valve body..kalo krn itu knp ga sekalian aja dibuka valve body nya pas kuras


saran dari bung
Mrvin
dicoba dulu.
kalo persoalan beres, ya sudah.
kalo belum beres, baru pikirin langkah selanjutnya untuk bongkar valve body.
Siap om
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26924
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by DOHC »

marmut wrote: Sun Jan 28, 2024 14:42
RezPrat wrote: Sun Jan 28, 2024 5:32

Kapasitas oli ATF reborn 9 ltr. Menurut ane sih 20 ltr masi terlalu berlebihan om, ane paham kenapa si bengkel tuang 20 ltr (5 galon), pake cara buang isi buang isi sampe si bengkel lihat kira2 udah ngga hitam bener2 kinclong pink (ATF WS), ya ttp aja gak efisien secara ekonomi, apa s customer udah d made aware dgn tindakan yg diambil s bengkel?
Apa kita2 mau k bengkel kalo ganti oli mesin d suruh beli oli diesel 15 liter, karena bilang oli isian pertama Masi ada jejak2 oli lama? Ngga kan....

Menurut ane yg paling efisien itu tetap pake ATF changer, 9 liter itu cukup, tp kalo mau lanjut ke 12 ltr lebih baik dan bersih.

Atau sekalian aja d drain biasa, lakukan tiap 20rb K, cuma abis segalon.

Dan yg seperti om bilang dulu2, prosedur ganti ATF ini mesti bener, suhu dan shifting2 nya sebelum, waktu dan setelah ganti agar d dapat hasil yg optimal. Peace



bisa jadi 9 ltr pake atf changer berhasil di mobil om.
kita berdua kan ngga tau persis mbl om vai spt apa perawatannya? setelah masa break in dibuang apa enggak itu atf? trus gaya nyetirnya gimana, itu kan jg pengaruh ke atf.

ya memang di satu sisi nge-flush atf ampe 20 liter terdengar konyol. tp di sisi lain, harus ada alasan kuat ngapain pake atf sampe 1 pail.
krn saya pernah nge-flush atf xv40 sudah jalan 10 liter, warna atf yg keluar masih hitam pekat.

serba susah memang kalo bahas perawatan mbl, kalo berlebihan nanti ada yg bilang diperbudak mobil. kalo ngga dirawat, yaaa...... gitu lah....

:big_grin:
ajegile flushing ampe satu pail

tepok tangan tu pada sales2 oli

jangan mau dikibulin ama bengkel, atau sales2 oli .. ngetap trus isi tiap noban aj ud ckup koq, kita orang slama ini di mobil2 kita orang slalu gtu, aman2 aj

btw

blom lama kita orang ngangkat 1NZ-FE, cuman abis 2 kaleng 4 liter atf nya si asinan, ud lgs bening koq mbah, padahal bawaan nya ud 11 12 ama angur tjap orang tua campur kopi
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11031
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by marmut »

DOHC wrote: Mon Jan 29, 2024 11:02

btw

blom lama kita orang ngangkat 1NZ-FE, cuman abis 2 kaleng 4 liter atf nya si asinan, ud lgs bening koq mbah, padahal bawaan nya ud 11 12 ama angur tjap orang tua campur kopi


wah, ngana kena ratjoen mbah tugel? apa malah beli dia punya mobil? yaris merah resing twin supercharger non rem.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26924
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by DOHC »

marmut wrote: Mon Jan 29, 2024 14:31
DOHC wrote: Mon Jan 29, 2024 11:02

btw

blom lama kita orang ngangkat 1NZ-FE, cuman abis 2 kaleng 4 liter atf nya si asinan, ud lgs bening koq mbah, padahal bawaan nya ud 11 12 ama angur tjap orang tua campur kopi


wah, ngana kena ratjoen mbah tugel? apa malah beli dia punya mobil? yaris merah resing twin supercharger non rem.
beda mbah

dia orang punya yaris baut nya tugel smua, gegara di torsi kenceng ybs

kl yg kita orang punya malah kendor smua baut nya, masa baut tutup deksel bsa kendor smua, meler oli lah tu smua
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11031
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by marmut »

DOHC wrote: Mon Jan 29, 2024 23:31
beda mbah

dia orang punya yaris baut nya tugel smua, gegara di torsi kenceng ybs

kl yg kita orang punya malah kendor smua baut nya, masa baut tutup deksel bsa kendor smua, meler oli lah tu smua


saya hawatir yg ngencengin tempo hari belum makan..... kasian.... :big_cry:
setiabk
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: Wed Apr 28, 2021 1:27
Daily Vehicle: Innova Reborn

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by setiabk »

saturday wrote: Fri Jan 26, 2024 0:22
setiabk wrote: Sat Jan 13, 2024 22:46 Met pagi rekan²... saya adalah user reborn 2gd matic thn 2016, beli dari baru, saat ini km 86 rb.

Mohon pencerahan nya mengenai filter reborn yg kedua, yg posisi nya dibawah atau ada yg nyebut pressurized filter.. karena sepertinya belum pernah diganti.

Saya cek di buku service kok sepertinya nggak ada ya, apakah di bengkel resmi melayani penggantian nya? Saya selalu service ke beres, tapi nggak pernah disarankam untuk diganti.

Apakah ada filter pengganti oem nya? Saya cari² di tokped sepertinya nggak ada.

Terima kasih 🙏👍
Sakura F-11170, 200 ribuan. Infonya untuk pakai sekitar 40 ribu km.
Atau beli original 23390-0E010 1.6 jutaan.

Saya pribadi sudah ganti menggunakan yang original waktu odometer 96 ribu
Trims brother... infonya sangat membantu.

Trus sama mau tanya juga, boleh diinfokan rekomendasi bengkel non resmi di jabodetabek untuk anki :
- bengkel service general (ganti oli dll)
- bengkel kaki-kaki

Trims...
pitikkobong
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: Thu Sep 30, 2021 7:39
Daily Vehicle: mlampah

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by pitikkobong »

carlzeiss wrote: Mon Jan 15, 2024 4:39
thankyou om untuk responsenya, setelah saya hitung bensinnya bs diangka 3,2 jutaan PP + Cadangan 1 tangki, masih lebih irit dibanding harus naik pesawat buat ber 4 hehe, btw mobilnya paling jauh pernah dibawa ke mana om ? apakah pernah ada problem dijalanan ?
kl ber empat (sekeluarga) selama bisa dijangkau mobil pasti lebih irit dibanding naik pesawat om. cm ya paling extra cost yaitu pijet refleksi untuk sopir om hehe. kl ga ngejar waktu (santai) dan ingin menikmati perjalanan enak bawa sendiri om, fleksibel mau kemana aja.

paling jauh baru cibubur - gunung kidul om, kira² total PP 1300 KM-an, liburan akhir tahun kemarin. blm jauh² jg sih om hehe.

alhamdulillah lancar om, ga ada trouble. reborn matic bensin 2018, odo 30rban. paling persiapan service tune up aja om, cek/ganti oli mesin + oli transmisi + radiator coolant + oli rem + busi + ban dll (kalo ud saatnya sebaiknya ganti). jgn lp berdoa om, cek cuaca jg + syukur punya kenalan di tiap kota yg dituju (just in case). enjoy trip nya om :big_exellent:
2kdpelan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Wed May 13, 2020 15:29
Location: INDONESIA
Daily Vehicle: 2012 Fortuner VNT

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by 2kdpelan »

marmut wrote: Sun Jan 28, 2024 14:42
RezPrat wrote: Sun Jan 28, 2024 5:32

Kapasitas oli ATF reborn 9 ltr. Menurut ane sih 20 ltr masi terlalu berlebihan om, ane paham kenapa si bengkel tuang 20 ltr (5 galon), pake cara buang isi buang isi sampe si bengkel lihat kira2 udah ngga hitam bener2 kinclong pink (ATF WS), ya ttp aja gak efisien secara ekonomi, apa s customer udah d made aware dgn tindakan yg diambil s bengkel?
Apa kita2 mau k bengkel kalo ganti oli mesin d suruh beli oli diesel 15 liter, karena bilang oli isian pertama Masi ada jejak2 oli lama? Ngga kan....

Menurut ane yg paling efisien itu tetap pake ATF changer, 9 liter itu cukup, tp kalo mau lanjut ke 12 ltr lebih baik dan bersih.

Atau sekalian aja d drain biasa, lakukan tiap 20rb K, cuma abis segalon.

Dan yg seperti om bilang dulu2, prosedur ganti ATF ini mesti bener, suhu dan shifting2 nya sebelum, waktu dan setelah ganti agar d dapat hasil yg optimal. Peace



bisa jadi 9 ltr pake atf changer berhasil di mobil om.
kita berdua kan ngga tau persis mbl om vai spt apa perawatannya? setelah masa break in dibuang apa enggak itu atf? trus gaya nyetirnya gimana, itu kan jg pengaruh ke atf.

ya memang di satu sisi nge-flush atf ampe 20 liter terdengar konyol. tp di sisi lain, harus ada alasan kuat ngapain pake atf sampe 1 pail.
krn saya pernah nge-flush atf xv40 sudah jalan 10 liter, warna atf yg keluar masih hitam pekat.

serba susah memang kalo bahas perawatan mbl, kalo berlebihan nanti ada yg bilang diperbudak mobil. kalo ngga dirawat, yaaa...... gitu lah....

:big_grin:
Yg pake gearbox u660?
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11031
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by marmut »

2kdpelan wrote: Sun Feb 04, 2024 14:53
Yg pake gearbox u660?


ganti girbok kereta api biar awet.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26924
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by DOHC »

setiabk wrote: Tue Jan 30, 2024 3:46
saturday wrote: Fri Jan 26, 2024 0:22
setiabk wrote: Sat Jan 13, 2024 22:46 Met pagi rekan²... saya adalah user reborn 2gd matic thn 2016, beli dari baru, saat ini km 86 rb.

Mohon pencerahan nya mengenai filter reborn yg kedua, yg posisi nya dibawah atau ada yg nyebut pressurized filter.. karena sepertinya belum pernah diganti.

Saya cek di buku service kok sepertinya nggak ada ya, apakah di bengkel resmi melayani penggantian nya? Saya selalu service ke beres, tapi nggak pernah disarankam untuk diganti.

Apakah ada filter pengganti oem nya? Saya cari² di tokped sepertinya nggak ada.

Terima kasih 🙏👍
Sakura F-11170, 200 ribuan. Infonya untuk pakai sekitar 40 ribu km.
Atau beli original 23390-0E010 1.6 jutaan.

Saya pribadi sudah ganti menggunakan yang original waktu odometer 96 ribu
Trims brother... infonya sangat membantu.

Trus sama mau tanya juga, boleh diinfokan rekomendasi bengkel non resmi di jabodetabek untuk anki :
- bengkel service general (ganti oli dll)
- bengkel kaki-kaki

Trims...
bawa aj ke gerasi 58 (atau 69, terserah mau2 nya si owner nya)

penunggu bengkel nya jg member sini (namanya mbah marmut)

sekedar btulin inofa mah bsa sambil ngopi dia
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
saturday
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 453
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by saturday »

DOHC wrote: Sun Feb 04, 2024 23:52
setiabk wrote: Tue Jan 30, 2024 3:46
saturday wrote: Fri Jan 26, 2024 0:22

Sakura F-11170, 200 ribuan. Infonya untuk pakai sekitar 40 ribu km.
Atau beli original 23390-0E010 1.6 jutaan.

Saya pribadi sudah ganti menggunakan yang original waktu odometer 96 ribu
Trims brother... infonya sangat membantu.

Trus sama mau tanya juga, boleh diinfokan rekomendasi bengkel non resmi di jabodetabek untuk anki :
- bengkel service general (ganti oli dll)
- bengkel kaki-kaki

Trims...
bawa aj ke gerasi 58 (atau 69, terserah mau2 nya si owner nya)

penunggu bengkel nya jg member sini (namanya mbah marmut)

sekedar btulin inofa mah bsa sambil ngopi dia
Jadi bengkel sepid-sepid juga bisa gerasi58
IMG-20240202-WA0027.jpg
Turbo hybrid 1GD yang dipasang oleh mbah
marmut wrote:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26924
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by DOHC »

saturday wrote: Mon Feb 05, 2024 0:06
DOHC wrote: Sun Feb 04, 2024 23:52
setiabk wrote: Tue Jan 30, 2024 3:46

Trims brother... infonya sangat membantu.

Trus sama mau tanya juga, boleh diinfokan rekomendasi bengkel non resmi di jabodetabek untuk anki :
- bengkel service general (ganti oli dll)
- bengkel kaki-kaki

Trims...
bawa aj ke gerasi 58 (atau 69, terserah mau2 nya si owner nya)

penunggu bengkel nya jg member sini (namanya mbah marmut)

sekedar btulin inofa mah bsa sambil ngopi dia
Jadi bengkel sepid-sepid juga bisa gerasi58

IMG-20240202-WA0027.jpg

Turbo hybrid 1GD yang dipasang oleh mbah
marmut wrote:
wah uda upgred ya, bagus lah

tapi jangan mentang ud ktularan bengkel sepit sepit an resing resing an enjinering enjinering an..


awas aj kl ybs ampe ngetes mobil cuman blayer2 ga karuan kaya alay

trus lgs blg "wahh mesin elu jelek neh, musti turun mesin"


ta paranin ama 1 kompi anak2 parkiran asemreges musatek
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
setiabk
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: Wed Apr 28, 2021 1:27
Daily Vehicle: Innova Reborn

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by setiabk »

DOHC wrote: Sun Feb 04, 2024 23:52
setiabk wrote: Tue Jan 30, 2024 3:46
Trims brother... infonya sangat membantu.

Trus sama mau tanya juga, boleh diinfokan rekomendasi bengkel non resmi di jabodetabek untuk anki :
- bengkel service general (ganti oli dll)
- bengkel kaki-kaki

Trims...
bawa aj ke gerasi 58 (atau 69, terserah mau2 nya si owner nya)

penunggu bengkel nya jg member sini (namanya mbah marmut)

sekedar btulin inofa mah bsa sambil ngopi dia
Trims bro.. lokasi nya di tangsel yah?