Saran ganti ke voxy

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 583
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Saran ganti ke voxy

Post by timbermaniac123 »

GC lebih tinggi dibanding city ane yang selalu gasruk masuk parkiran rumah. Mungkin bias jadi masukan untuk pertimbangan mengenai pajak dan harga sparepart alphard dibanding voxy. Pajak voxy 2019 saya sekitar 7 juta. alphard di tahun yang sama bisa sekitar 15 ? alphard tahun 2012 yang seskitar 7an kalau ga salah.

Yang pasti kalau udah biasa bawa diesel, trus bawa voxy pasti berasa berat di tanjakan. Tapi ini mobil si masih enak dipake buat daily dalam kota. Mau dipake angkut sepeda mtb bisa, mau dipake emergency angkut barang usaha / ke pasar belanja bulanan bisa, dipake ke kondangan atau anter jemput anak masih berasa mewah, masuk komplek rumah mewah untuk bertamu kadang ga usah diminta ktp, dipake ketemu klien masih ga malu2in (malah dianggep family man banget) / bawa alphard kalau tanpa supir rasanya gimana gitu. Voxy lebih ke practical si dibanding suv, tapi rasa nyetirnya ya biasa aja.
Last edited by timbermaniac123 on Thu Aug 24, 2023 7:30, edited 1 time in total.
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2941
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Saran ganti ke voxy

Post by Salvanost »

timbermaniac123 wrote: Wed Aug 23, 2023 10:54 Bulan lalu saya baru kee lembang lewat perumahan yang masih stengah jadi jalananannya (lupa lewat mana karena yg arahin sodara). Itu udah cukup ngeri takut ga nanjak pake voxy 80, isi 4 orang dewasa + 2 anak. Akhirnya nanjak2 aja sih, tapi ya gitu ngeden merayap nanjaknya. Itu itungannya bawaan ringan nginap 2 malam dan dewasanya pun juga 2 pria + 2 wanita bobotnya ringan ringan.

Saran saya idem antara diesel atau ga ya alphard 3.5. Venturer juga oke tuh udah captain seat. Atau h1
Punya voxy 2021
Iya pengalaman puncak full isi 7 plus 2 anak
Rada ngeden

Ada masalah? Ga ada cuma ngeden aja

Ga tau ya voxy baru gimana tenaga lebih oke soalnya

Voxy 2021 dipake ngebut 120++ ga pernah om
Body rollnya kerasa juga...
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2941
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Saran ganti ke voxy

Post by Salvanost »

Pengalaman saya ke Bandung pake mitsubishi outlander mentok2 170km/jam
Itupun masih enak

Voxy limbung udah mulai kerasa di atas 100an
Sama saya pernah pengalaman hpir water planning di kecepatan 80km ketika nerabas genangan air

Jadi kalau demen ngebut saya ga saranin ini mobil...

Takutnya lupa sama limbung dan resiko water planningnya pas hujan

Tapi kalau adaptasi enak2 aja om
Saya no komplain dari SUV fun to drive ke voxy
Beneran jadi family man soalnya

Nyetir lebih lambat dari biasanya :big_biglaugh:
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Saran ganti ke voxy

Post by farizfsa »

Salvanost wrote: Thu Aug 24, 2023 6:50
timbermaniac123 wrote: Wed Aug 23, 2023 10:54 Bulan lalu saya baru kee lembang lewat perumahan yang masih stengah jadi jalananannya (lupa lewat mana karena yg arahin sodara). Itu udah cukup ngeri takut ga nanjak pake voxy 80, isi 4 orang dewasa + 2 anak. Akhirnya nanjak2 aja sih, tapi ya gitu ngeden merayap nanjaknya. Itu itungannya bawaan ringan nginap 2 malam dan dewasanya pun juga 2 pria + 2 wanita bobotnya ringan ringan.

Saran saya idem antara diesel atau ga ya alphard 3.5. Venturer juga oke tuh udah captain seat. Atau h1
Punya voxy 2021
Iya pengalaman puncak full isi 7 plus 2 anak
Rada ngeden

Ada masalah? Ga ada cuma ngeden aja

Ga tau ya voxy baru gimana tenaga lebih oke soalnya

Voxy 2021 dipake ngebut 120++ ga pernah om
Body rollnya kerasa juga...
haha mau alphard 2.5 juga kalo tanjakan puncak doang mah udah ngeden, ga bakal bisa lincah bawa begini kl udah di tanjakan.
mana cc beda 500 doang sama voxy, body jd udh lebih besar.

cuma kadang jempol jg si buat driver2 silver bird alphard bisa gesit bawa mobilnua kalo di dalkot.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Saran ganti ke voxy

Post by Pboyz97 »

Fahriamirullah wrote: Wed Aug 23, 2023 9:39 Salam om,

Mau minta masukan untuk yang pengalaman ganti mobil.

saat ini saya pake santa fe DM diesel 2015 untuk perjalanan luar kota, sebulan sekali ke bandung tempat mertua yang agak nanjak.
saat pandemi kemarin sering banget roadtrip naik santa fe dari bekasi ke NTT, aceh dll. dan sangat reliable. ban 19, powernya juga oke karena diesel, pokonya mantap lah.

tapi sekarang udah jarang banget roadtrip, jadi ini mobil kadang 2 minggu sekali baru jalan, cuma dipanasin aja. untuk daily PP kantor pake brio karena lebih simple.

nah kebetulan dikantor sering nebeng voxy temen, ini enak banget kalau jadi penumpang bisa nyender sampe kayak tiduran.
dan kadang anak2 liat youtube campervan, mereka bilang kayak seru yah kl ada mobil bisa tidur didalem gitu hhe

mau tanya worthed ga ya kl ganti santa fe ke voxy?

yang masih bikin bingung adalah

1) tarikannya.
saya belum pernah TD, tapi dari supir yang bawa voxy temen bilang ini kadang agak lemot. jalan ke bandung aja kadang agak berat untuk sampe 120km. terus dia cerita juga emang seberat ini apa gmn ya?

2) power.
kebetulan rumah mertua di bandungnya daerah yang agak naik, dan saya sendiri sering bawa keluarga besar isi 7 bahkan bisa sampe 8 orang kl santa fe dengan kondisi banyak anak2. apakah ada masalah kalau diajak naik2 ketempat yang rada extrem?

3) kededapan.
kalau santa fe emang kedap banget si pengalaman pake, pernah pake voxy ke cirebon jadi penumpang. bagian depan rodanya berisik banget, ini apa bisa di solve gt kekedapanya? atau kalau yang pengalaman kira2 gimana ya?

4) limbung
saya paham si namanya mobil boxy pasti beda sama monococ kayak santa fe, tapi selimbung apa ya?
oya saya juga suka ngebut sedikit, kl ke jawatimur toll pake santa fe bisa 180-190an walaupun jarang.
pernah pake terios duh limbung banget 100kmpj kayak udah goyang.

apakah worthed kalau ke voxy, rencananya ambil yang R80 aja biar ga nambah kejauahan. atau ada solusi lain ya?

terima kasih masukannya om.
kebetulan saat ini piara anps dakar 2018 & all new voxy r90 2023 & pernah miara brio satya e cvt 2022 + td santa fe . kalo saya tergantung buat apa. kalo rutenya mayoritas lukot & bakal sering nyetir sendiri gak worthed. tapi kalo sering duduk di row 2, apalagi bakal sering bawa lansia, sering disopirin + mayoritas dalkot, coba saya jabarkan ya per pointnya hehehe

1) tarikannya.
saya belum pernah TD, tapi dari supir yang bawa voxy temen bilang ini kadang agak lemot. jalan ke bandung aja kadang agak berat untuk sampe 120km. terus dia cerita juga emang seberat ini apa gmn ya?
jawaban:
memang lemot, pake bgt. apalagi biasa make diesel + sering lukot & lewat tanjakkan turunan dan bawa muatan full load walaupun perpindahan giginya cukup smooth . kebetulan sebelum voxy kami pakai reborn g diesel at 2018 & crv prestige turbo 2019, kedua mobil tersebut kami jual buat dilipat menjadi voxy ini dengan kembalian kurleb 100jtan dari hasil penjualan 2 mobil tersebut. alasan kami beli voxy karena mobil mayoritas akan dipakai oleh ibu & nenek saya yg 80% disopirin & duduk di row 2, perlu akses masuk yg gampang & mayoritas dipake dalkot. makanya kami pilih voxy karena 3 hal itu ada di voxy. hingga sesekali kami coba bawa mobil ini ke puncak & bandung dalam kondisi full load barang dan penumpang. impresi yg saya rasakan lemot, lemot pake bgt. tarikan bengek ngek ngekkk dan kalo mau nyalip mesti digas dalem dulu dan "NGUUUUUUUNGGGGGGGGGGG" , mesin meraung kenceng tapi responnya nggak ada cenderung lelet, sementara jaman dulu ketika kami pakai crv turbo & reborn diesel , di rute sama dan kondisi sama jauh lebih effortless, nyaman juga nggak nyaman2 amat, walaupun dibanding voxy lama lebih empuk dikit tp bantingannya menurut saya masih agak keras buat mpv sliding door which is masih lebih empuk dan nyaman serena c26 & c27 yg sudah pernah saya coba jg

oleh karena itu, buat lukot makanya saya beli lg ANPS dakar 2018 seken. jadi dalkot pake voxy dan di sopirin, kalo tol or lukot saya pake ANPS dakar + AN BRV buat gangen hehehe , salah 1 saya beli 1 lg diesel adalah tarikannya yg enak bgt + lari 120 kpj juga effortless bgt, serta perlu mobil yg bisa diandalkan buat kemana aja, apalagi rute kantor bapak saya lumayan banyak jalan yg kurang bagus and poldur jd perlu mobil gc tinggi hehehe, pake voxy takut gesrot :big_biglaugh: . voxy saya saat ini cuma jadi mobil dalkot doang, saya jujur aja nggak pernah mau bawa mobil ini sendiri, kecuali terpaksa nggak ada mobil lain dirumah or diminta buat anter jemput ibu & nenek saya yg memang perlu mobil yg lega dan akses masuk gampang karena sliding door hehehe + rasanya kalo di tol, saya pernah bawa di kecepatan 150 KPJ karena memang waktu itu lg buru2, bokongnya lari kanan kiri, masih jauh lebih stabil crv turbo saya dulu yg sama2 CVT jg hehehe


2) power.
kebetulan rumah mertua di bandungnya daerah yang agak naik, dan saya sendiri sering bawa keluarga besar isi 7 bahkan bisa sampe 8 orang kl santa fe dengan kondisi banyak anak2. apakah ada masalah kalau diajak naik2 ketempat yang rada extrem?
jawaban:
throw away this car if you want more power. believe me, powernya jauh bgt kalo benchmarkingnya santa fe diesel, wong sm crv turbo, reborn diesel & anps dakar saya aja mobil ini paling lemot kok, apalagi buat tanjakkan (saya berani ngomong gini karena saya pernah pake dan piara semua bukan katanya katanya) :big_biglaugh: . mobil ini is suitable for you if you want comfort, features, design, pemakaian dalkot & sering duduk di row 2, perlu mobil lega, perlu akses masuk yg gampang karena sliding door + aftersales terjamin because it's toyota hehehe . tapi kalo mau mobil dengan tenaga gede. bisa consider crv turbo pres, cx5, santa fe yg mudaan yg model tm or keep santa fe yg sekarang or kalo mau ladder bisa pilih trio anf anps anki hehehe

3) kededapan.
kalau santa fe emang kedap banget si pengalaman pake, pernah pake voxy ke cirebon jadi penumpang. bagian depan rodanya berisik banget, ini apa bisa di solve gt kekedapanya? atau kalau yang pengalaman kira2 gimana ya?
jawaban:
pake peredam tambahan or ganti ban yg bagusan , susah memang kalo benchmarkingnya santa fe. buat saya pribadi yg biasa make mobil jepang kaya T, H tegak, mazda, mitsu, voxy ini termasuk kedap buat saya, apalagi dibanding sm crv turbo & reborn diesel yg digantikannya hehehe. cuma kalah kedap sm cx5 2 generasi yg tahun 2013 & 2018 aja yg saya pernah punya juga hehehe

4) limbung
saya paham si namanya mobil boxy pasti beda sama monococ kayak santa fe, tapi selimbung apa ya?
oya saya juga suka ngebut sedikit, kl ke jawatimur toll pake santa fe bisa 180-190an walaupun jarang.
pernah pake terios duh limbung banget 100kmpj kayak udah goyang.

apakah worthed kalau ke voxy, rencananya ambil yang R80 aja biar ga nambah kejauahan. atau ada solusi lain ya?
jawaban:
kalo dibanding santa fe, parah, apalagi dibawa diatas 120. saya aja pernah bawa mobil ini sampe 150 kpj di jalan tol aja bokongnya udh lari kanan kiri & limbungnya berasa bgt walaupun udh mendingan dibanding voxy lama & nggak separah serena . kalo mau lari segitu di transjawa bisa consider cx5, crv turbo or trio ladder diesel. sepertinya masuk kriteria. saya sendiri , berdasarkan mobil yg saat ini ada di garasi, kalo mau lukot apalagi lewat transjawa merem pake ANPS dakar or kalo mau yg lebih kompak tp 7 seater saya bakal bawa AN BRV saya or kalo mau yg 5 seater saya bawa AN HRV SE hehehe. mobil voxy ini bener2 jadi last option kecuali saya bawa lansia or gaada mobil lain dirumah :big_peace:

kesimpulannya ya gak worthed, apalagi buat gantiin santa fe, kecuali santa fenya dikeep / perlu mobil yg gampang masuknya karena sliding door/ sering duduk di row 2 / cari kenyamanan / pemakaian mayoritas dalkot baru worthed. apalagi ada rencana mau dijadiin 1 mobil dari santa fe dan brio

kalo saya bakal vote the one and only innova diesel matic, tipe v or venturer diesel, paling sesuai kriteria . or kalo mau monokok bisa consider crv turbo pres / cx5 hehehe. or saran lain bisa pertimbangkan alphvell 2008 akhir - 2014
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9684
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Saran ganti ke voxy

Post by Suryaputra »

wakakakaka
ipah dijel matic memang masih primadona :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Fahriamirullah
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Sun Jun 02, 2019 6:39
Location: Jakarta Selatan
Daily Vehicle: Mirage

Re: Saran ganti ke voxy

Post by Fahriamirullah »

Salvanost wrote: Thu Aug 24, 2023 6:59 Pengalaman saya ke Bandung pake mitsubishi outlander mentok2 170km/jam
Itupun masih enak

Voxy limbung udah mulai kerasa di atas 100an
Sama saya pernah pengalaman hpir water planning di kecepatan 80km ketika nerabas genangan air

Jadi kalau demen ngebut saya ga saranin ini mobil...

Takutnya lupa sama limbung dan resiko water planningnya pas hujan

Tapi kalau adaptasi enak2 aja om
Saya no komplain dari SUV fun to drive ke voxy
Beneran jadi family man soalnya

Nyetir lebih lambat dari biasanya :big_biglaugh:
Istri sy smpt mention outlander krn agak beda exteriorny om, mantep jg kl 170 masih stabil ya

Noted on family man ny hha
Fahriamirullah
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Sun Jun 02, 2019 6:39
Location: Jakarta Selatan
Daily Vehicle: Mirage

Re: Saran ganti ke voxy

Post by Fahriamirullah »

Pboyz97 wrote: Thu Aug 24, 2023 9:03
Fahriamirullah wrote: Wed Aug 23, 2023 9:39 Salam om,

Mau minta masukan untuk yang pengalaman ganti mobil.

saat ini saya pake santa fe DM diesel 2015 untuk perjalanan luar kota, sebulan sekali ke bandung tempat mertua yang agak nanjak.
saat pandemi kemarin sering banget roadtrip naik santa fe dari bekasi ke NTT, aceh dll. dan sangat reliable. ban 19, powernya juga oke karena diesel, pokonya mantap lah.

tapi sekarang udah jarang banget roadtrip, jadi ini mobil kadang 2 minggu sekali baru jalan, cuma dipanasin aja. untuk daily PP kantor pake brio karena lebih simple.

nah kebetulan dikantor sering nebeng voxy temen, ini enak banget kalau jadi penumpang bisa nyender sampe kayak tiduran.
dan kadang anak2 liat youtube campervan, mereka bilang kayak seru yah kl ada mobil bisa tidur didalem gitu hhe

mau tanya worthed ga ya kl ganti santa fe ke voxy?

yang masih bikin bingung adalah

1) tarikannya.
saya belum pernah TD, tapi dari supir yang bawa voxy temen bilang ini kadang agak lemot. jalan ke bandung aja kadang agak berat untuk sampe 120km. terus dia cerita juga emang seberat ini apa gmn ya?

2) power.
kebetulan rumah mertua di bandungnya daerah yang agak naik, dan saya sendiri sering bawa keluarga besar isi 7 bahkan bisa sampe 8 orang kl santa fe dengan kondisi banyak anak2. apakah ada masalah kalau diajak naik2 ketempat yang rada extrem?

3) kededapan.
kalau santa fe emang kedap banget si pengalaman pake, pernah pake voxy ke cirebon jadi penumpang. bagian depan rodanya berisik banget, ini apa bisa di solve gt kekedapanya? atau kalau yang pengalaman kira2 gimana ya?

4) limbung
saya paham si namanya mobil boxy pasti beda sama monococ kayak santa fe, tapi selimbung apa ya?
oya saya juga suka ngebut sedikit, kl ke jawatimur toll pake santa fe bisa 180-190an walaupun jarang.
pernah pake terios duh limbung banget 100kmpj kayak udah goyang.

apakah worthed kalau ke voxy, rencananya ambil yang R80 aja biar ga nambah kejauahan. atau ada solusi lain ya?

terima kasih masukannya om.
kebetulan saat ini piara anps dakar 2018 & all new voxy r90 2023 & pernah miara brio satya e cvt 2022 + td santa fe . kalo saya tergantung buat apa. kalo rutenya mayoritas lukot & bakal sering nyetir sendiri gak worthed. tapi kalo sering duduk di row 2, apalagi bakal sering bawa lansia, sering disopirin + mayoritas dalkot, coba saya jabarkan ya per pointnya hehehe

1) tarikannya.
saya belum pernah TD, tapi dari supir yang bawa voxy temen bilang ini kadang agak lemot. jalan ke bandung aja kadang agak berat untuk sampe 120km. terus dia cerita juga emang seberat ini apa gmn ya?
jawaban:
memang lemot, pake bgt. apalagi biasa make diesel + sering lukot & lewat tanjakkan turunan dan bawa muatan full load walaupun perpindahan giginya cukup smooth . kebetulan sebelum voxy kami pakai reborn g diesel at 2018 & crv prestige turbo 2019, kedua mobil tersebut kami jual buat dilipat menjadi voxy ini dengan kembalian kurleb 100jtan dari hasil penjualan 2 mobil tersebut. alasan kami beli voxy karena mobil mayoritas akan dipakai oleh ibu & nenek saya yg 80% disopirin & duduk di row 2, perlu akses masuk yg gampang & mayoritas dipake dalkot. makanya kami pilih voxy karena 3 hal itu ada di voxy. hingga sesekali kami coba bawa mobil ini ke puncak & bandung dalam kondisi full load barang dan penumpang. impresi yg saya rasakan lemot, lemot pake bgt. tarikan bengek ngek ngekkk dan kalo mau nyalip mesti digas dalem dulu dan "NGUUUUUUUNGGGGGGGGGGG" , mesin meraung kenceng tapi responnya nggak ada cenderung lelet, sementara jaman dulu ketika kami pakai crv turbo & reborn diesel , di rute sama dan kondisi sama jauh lebih effortless, nyaman juga nggak nyaman2 amat, walaupun dibanding voxy lama lebih empuk dikit tp bantingannya menurut saya masih agak keras buat mpv sliding door which is masih lebih empuk dan nyaman serena c26 & c27 yg sudah pernah saya coba jg

oleh karena itu, buat lukot makanya saya beli lg ANPS dakar 2018 seken. jadi dalkot pake voxy dan di sopirin, kalo tol or lukot saya pake ANPS dakar + AN BRV buat gangen hehehe , salah 1 saya beli 1 lg diesel adalah tarikannya yg enak bgt + lari 120 kpj juga effortless bgt, serta perlu mobil yg bisa diandalkan buat kemana aja, apalagi rute kantor bapak saya lumayan banyak jalan yg kurang bagus and poldur jd perlu mobil gc tinggi hehehe, pake voxy takut gesrot :big_biglaugh: . voxy saya saat ini cuma jadi mobil dalkot doang, saya jujur aja nggak pernah mau bawa mobil ini sendiri, kecuali terpaksa nggak ada mobil lain dirumah or diminta buat anter jemput ibu & nenek saya yg memang perlu mobil yg lega dan akses masuk gampang karena sliding door hehehe + rasanya kalo di tol, saya pernah bawa di kecepatan 150 KPJ karena memang waktu itu lg buru2, bokongnya lari kanan kiri, masih jauh lebih stabil crv turbo saya dulu yg sama2 CVT jg hehehe


2) power.
kebetulan rumah mertua di bandungnya daerah yang agak naik, dan saya sendiri sering bawa keluarga besar isi 7 bahkan bisa sampe 8 orang kl santa fe dengan kondisi banyak anak2. apakah ada masalah kalau diajak naik2 ketempat yang rada extrem?
jawaban:
throw away this car if you want more power. believe me, powernya jauh bgt kalo benchmarkingnya santa fe diesel, wong sm crv turbo, reborn diesel & anps dakar saya aja mobil ini paling lemot kok, apalagi buat tanjakkan (saya berani ngomong gini karena saya pernah pake dan piara semua bukan katanya katanya) :big_biglaugh: . mobil ini is suitable for you if you want comfort, features, design, pemakaian dalkot & sering duduk di row 2, perlu mobil lega, perlu akses masuk yg gampang karena sliding door + aftersales terjamin because it's toyota hehehe . tapi kalo mau mobil dengan tenaga gede. bisa consider crv turbo pres, cx5, santa fe yg mudaan yg model tm or keep santa fe yg sekarang or kalo mau ladder bisa pilih trio anf anps anki hehehe

3) kededapan.
kalau santa fe emang kedap banget si pengalaman pake, pernah pake voxy ke cirebon jadi penumpang. bagian depan rodanya berisik banget, ini apa bisa di solve gt kekedapanya? atau kalau yang pengalaman kira2 gimana ya?
jawaban:
pake peredam tambahan or ganti ban yg bagusan , susah memang kalo benchmarkingnya santa fe. buat saya pribadi yg biasa make mobil jepang kaya T, H tegak, mazda, mitsu, voxy ini termasuk kedap buat saya, apalagi dibanding sm crv turbo & reborn diesel yg digantikannya hehehe. cuma kalah kedap sm cx5 2 generasi yg tahun 2013 & 2018 aja yg saya pernah punya juga hehehe

4) limbung
saya paham si namanya mobil boxy pasti beda sama monococ kayak santa fe, tapi selimbung apa ya?
oya saya juga suka ngebut sedikit, kl ke jawatimur toll pake santa fe bisa 180-190an walaupun jarang.
pernah pake terios duh limbung banget 100kmpj kayak udah goyang.

apakah worthed kalau ke voxy, rencananya ambil yang R80 aja biar ga nambah kejauahan. atau ada solusi lain ya?
jawaban:
kalo dibanding santa fe, parah, apalagi dibawa diatas 120. saya aja pernah bawa mobil ini sampe 150 kpj di jalan tol aja bokongnya udh lari kanan kiri & limbungnya berasa bgt walaupun udh mendingan dibanding voxy lama & nggak separah serena . kalo mau lari segitu di transjawa bisa consider cx5, crv turbo or trio ladder diesel. sepertinya masuk kriteria. saya sendiri , berdasarkan mobil yg saat ini ada di garasi, kalo mau lukot apalagi lewat transjawa merem pake ANPS dakar or kalo mau yg lebih kompak tp 7 seater saya bakal bawa AN BRV saya or kalo mau yg 5 seater saya bawa AN HRV SE hehehe. mobil voxy ini bener2 jadi last option kecuali saya bawa lansia or gaada mobil lain dirumah :big_peace:

kesimpulannya ya gak worthed, apalagi buat gantiin santa fe, kecuali santa fenya dikeep / perlu mobil yg gampang masuknya karena sliding door/ sering duduk di row 2 / cari kenyamanan / pemakaian mayoritas dalkot baru worthed. apalagi ada rencana mau dijadiin 1 mobil dari santa fe dan brio

kalo saya bakal vote the one and only innova diesel matic, tipe v or venturer diesel, paling sesuai kriteria . or kalo mau monokok bisa consider crv turbo pres / cx5 hehehe. or saran lain bisa pertimbangkan alphvell 2008 akhir - 2014


Hatur nuhun pisan om, jawabannya sangat sangat lengkap dan mencerahkan. Hhe

Sprtny emang agak sulit ya kl udh biasa naik suv ke voxy, beda karakter. Rncana mau ambil gantiin brio dn santafe malah jadi nambah juga ujung2nya nanti karena ga sesuai kebutuhan.

Kl dengan penjelasan diatas malah mikir keep santafe dn brionya ni wkw

Atau ya penyegaran santa fe mngkn ya yg TM FL.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Saran ganti ke voxy

Post by ChZ »

Fahriamirullah wrote: Thu Aug 24, 2023 16:02
Hatur nuhun pisan om, jawabannya sangat sangat lengkap dan mencerahkan. Hhe

Sprtny emang agak sulit ya kl udh biasa naik suv ke voxy, beda karakter. Rncana mau ambil gantiin brio dn santafe malah jadi nambah juga ujung2nya nanti karena ga sesuai kebutuhan.

Kl dengan penjelasan diatas malah mikir keep santafe dn brionya ni wkw

Atau ya penyegaran santa fe mngkn ya yg TM FL.
Nah ini ide bagus :mky_03: prnah coba santafe TM FL emang karakternya enak buat jalan jauh. Skrg kalo baru value bgt lagi.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 346
Joined: Mon Dec 20, 2021 17:17

Re: Saran ganti ke voxy

Post by ExorT »

ChZ wrote: Fri Aug 25, 2023 0:09
Fahriamirullah wrote: Thu Aug 24, 2023 16:02
Hatur nuhun pisan om, jawabannya sangat sangat lengkap dan mencerahkan. Hhe

Sprtny emang agak sulit ya kl udh biasa naik suv ke voxy, beda karakter. Rncana mau ambil gantiin brio dn santafe malah jadi nambah juga ujung2nya nanti karena ga sesuai kebutuhan.

Kl dengan penjelasan diatas malah mikir keep santafe dn brionya ni wkw

Atau ya penyegaran santa fe mngkn ya yg TM FL.
Nah ini ide bagus :mky_03: prnah coba santafe TM FL emang karakternya enak buat jalan jauh. Skrg kalo baru value bgt lagi.
Harusnya kalo ke TM FL lompat 2 generasi ini. Secara TM FL whole new platform dibanding non FL-nya. Konon dari reviewer di Korea, naikannya lebih halus di kontur jalan tidak rata dibanding palisade.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Saran ganti ke voxy

Post by ChZ »

ExorT wrote: Fri Aug 25, 2023 1:50
Harusnya kalo ke TM FL lompat 2 generasi ini. Secara TM FL whole new platform dibanding non FL-nya. Konon dari reviewer di Korea, naikannya lebih halus di kontur jalan tidak rata dibanding palisade.
iya buat akomodir hybrid platformnya om :mky_03: enak si ni mobil DCT wet pulak.

kalo takut DCT bisa beli yang pre-FL aja seken. 8-speed AT mekanikal persis sama ma palised :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 346
Joined: Mon Dec 20, 2021 17:17

Re: Saran ganti ke voxy

Post by ExorT »

ChZ wrote: Fri Aug 25, 2023 2:20
ExorT wrote: Fri Aug 25, 2023 1:50
Harusnya kalo ke TM FL lompat 2 generasi ini. Secara TM FL whole new platform dibanding non FL-nya. Konon dari reviewer di Korea, naikannya lebih halus di kontur jalan tidak rata dibanding palisade.
iya buat akomodir hybrid platformnya om :mky_03: enak si ni mobil DCT wet pulak.

kalo takut DCT bisa beli yang pre-FL aja seken. 8-speed AT mekanikal persis sama ma palised :mky_03:
Bau-bau ganti TM FL ini. :mky_03:

Buat upgrade dari RW sepertinya sebanding dengan value for money nya.

CRV RS Turbo malah lebih lemot dibanding yang RW. Bisa2 dibawah 10 detik aja ga tembus itu :mky_03:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Saran ganti ke voxy

Post by ChZ »

ExorT wrote: Fri Aug 25, 2023 3:12 Bau-bau ganti TM FL ini. :mky_03:

Buat upgrade dari RW sepertinya sebanding dengan value for money nya.

CRV RS Turbo malah lebih lemot dibanding yang RW. Bisa2 dibawah 10 detik aja ga tembus itu :mky_03:
masalahnya liat RW kemaren di general check masih bagus semua, ngejualnya makin sayang om :big_biglaugh: laku paling 370-400. paling kalo santi TM FL bekas gopek ya masih sebanding. kalo baru blom rela dikerjain atpm H miring :mky_03:
With an 8.3-second run to 60 mph, though, the 1.5-liter has lost some spring in its step compared with the previous-gen CR-V we last tested with this powertrain, a 2020 model that managed a 7.6-second time.
https://www.caranddriver.com/reviews/a4 ... e-numbers/

ni pengetesan di luar lebih lambat 0.5s buat versi AWD. biasa di luar akselerasi mobil lebih kenceng sekitar 1s mungkin faktor cuaca dan bensin lbh bagus. yang lama 8.7s indo spec.

ya expect 9 detik besar aja dapet di bawah 9.5 udah bagus. :mky_03: apalagi mengingat honda belakangan gak terlalu fokus ke performa ngejer MPG melulu irit tapi tenaga dikebiri :big_bored:

mungkin kalo di remap gain nya bisa lebih gede sih. ada VTEC exhaust camnya. yang lama gak ada. istilahnya mesin honda sekarang hardware bagus tp spek bawaan jadi cupu. musti dituning biar lebih enak.

L15ZF DOHC itu contoh paling jelas. soalnya banyak yg buktiin juga L15ZF di tuning gak kalah sama L15Z1 malah potensi gain gede dan power curve lebih padat.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1283
Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
Location: Jakarta

Re: Saran ganti ke voxy

Post by krniawnhdr »

ga lirik stargazer X kah om?
dengn segala fitur ok nya. haha
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 346
Joined: Mon Dec 20, 2021 17:17

Re: Saran ganti ke voxy

Post by ExorT »

ChZ wrote: Fri Aug 25, 2023 3:18
masalahnya liat RW kemaren di general check masih bagus semua, ngejualnya makin sayang om :big_biglaugh: laku paling 370-400. paling kalo santi TM FL bekas gopek ya masih sebanding. kalo baru blom rela dikerjain atpm H miring :mky_03:
With an 8.3-second run to 60 mph, though, the 1.5-liter has lost some spring in its step compared with the previous-gen CR-V we last tested with this powertrain, a 2020 model that managed a 7.6-second time.
https://www.caranddriver.com/reviews/a4 ... e-numbers/

ni pengetesan di luar lebih lambat 0.5s buat versi AWD. biasa di luar akselerasi mobil lebih kenceng sekitar 1s mungkin faktor cuaca dan bensin lbh bagus. yang lama 8.7s indo spec.

ya expect 9 detik besar aja dapet di bawah 9.5 udah bagus. :mky_03: apalagi mengingat honda belakangan gak terlalu fokus ke performa ngejer MPG melulu irit tapi tenaga dikebiri :big_bored:

mungkin kalo di remap gain nya bisa lebih gede sih. ada VTEC exhaust camnya. yang lama gak ada. istilahnya mesin honda sekarang hardware bagus tp spek bawaan jadi cupu. musti dituning biar lebih enak.

L15ZF DOHC itu contoh paling jelas. soalnya banyak yg buktiin juga L15ZF di tuning gak kalah sama L15Z1 malah potensi gain gede dan power curve lebih padat.
Kalau ambil data akselarasi jangan patokan US Om, setau saya mereka startnya dirolling. Tidak benar2 dari dead stop.

Versi thailand cuman dapat 10.7 yang AWD :big_sorry:

Dikurangi 0.5s buat FWD. Cuman ngepas di 10 detik sih.

Biasanya yang cantumin angka claim pabrikan untuk 0-100 di honda Malaysia.

Untuk yang versi hybrid di 9 detik flat.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Saran ganti ke voxy

Post by ChZ »

ExorT wrote: Fri Aug 25, 2023 3:36
Kalau ambil data akselarasi jangan patokan US Om, setau saya mereka startnya dirolling. Tidak benar2 dari dead stop.

Versi thailand cuman dapat 10.7 yang AWD :big_sorry:

Dikurangi 0.5s buat FWD. Cuman ngepas di 10 detik sih.

Biasanya yang cantumin angka claim pabrikan untuk 0-100 di honda Malaysia.

Untuk yang versi hybrid di 9 detik flat.
di thailand yg lama berapa yah soalnya dimari kan om pembalap ngetes bisa dapet 8.7 :big_think:

kalau dari 8.7 ke 10.2, ada penurunan sekitar 15% di akselerasi. kayak RE dan RM kencengan RE. tapi top speed mungkin lebih tinggi daripada RW itu new CRV RS (RS kode bodynya, ane jg baru tau wakakaka).

makin gak seksi ni new CRV :ungg: ya buat kaum pecinta pedal to the kampret kayak ane wkwkwk. apalagi udah remap bisa 6 detikan gede mobil ane om dr dead stop.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 346
Joined: Mon Dec 20, 2021 17:17

Re: Saran ganti ke voxy

Post by ExorT »

ChZ wrote: Fri Aug 25, 2023 3:42
di thailand yg lama berapa yah soalnya dimari kan om pembalap ngetes bisa dapet 8.7 :big_think:

kalau dari 8.7 ke 10.2, ada penurunan sekitar 15% di akselerasi. kayak RE dan RM. tapi top speed mungkin lebih tinggi daripada RW itu new CRV (kodenya apaan yak wkwkwkw).

makin gak seksi ni new CRV :ungg: ya buat kaum pedal to the kampret kayak ane wkwkwk. apalagi udah remap bisa 6 detikan gede mobil ane om dr dead stop.
Nah, di thailand ga ada versi 1.5T di RW :big_biglaugh:

Kalau di honda malayia 8.9s FWD dan 9.3 AWD.

Kodenya CRV RS. Wkwkakaka. Bikin bingung karena sama dengan nama variannya. :big_biglaugh:

TM FL masih bisa 8 detikan :mky_03:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Saran ganti ke voxy

Post by ChZ »

ExorT wrote: Fri Aug 25, 2023 3:47 Nah, di thailand ga ada versi 1.5T di RW :big_biglaugh:

Kalau di honda malayia 8.9s FWD dan 9.3 AWD.

Kodenya CRV RS. Wkwkakaka. Bikin bingung karena sama dengan nama variannya. :big_biglaugh:

TM FL masih bisa 8 detikan :mky_03:
oh iya 1.5T ga dijual RW nya masih pake 2.4 earthdreams :mky_07:

soalnya RW aja udah loyo bawahnya terus berarti RS dialusin lagi giginya kalo lebih pelan, meski ya pasti ada tambahan berat dari luxuries dan amenities :ungg:

tp masuk akal kalo 10s, Accord CV1 aja 9.2s spec 190hp/260Nm. CRV masih 190hp/240Nm.

ujungnya kalo mau SUV kenceng ya dijel yak, kalo enggak beli bensin tapi jerman.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 346
Joined: Mon Dec 20, 2021 17:17

Re: Saran ganti ke voxy

Post by ExorT »

ChZ wrote: Fri Aug 25, 2023 3:50
oh iya 1.5T ga dijual RW nya masih pake 2.4 earthdreams :mky_07:

soalnya RW aja udah loyo bawahnya terus berarti RS dialusin lagi giginya kalo lebih pelan, meski ya pasti ada tambahan berat dari luxuries dan amenities :ungg:

tp masuk akal kalo 10s, Accord CV1 aja 9.2s spec 190hp/260Nm. CRV masih 190hp/240Nm.

ujungnya kalo mau SUV kenceng ya dijel yak, kalo enggak beli bensin tapi jerman.
Iya setuju. Seketika mobil2 yang belum naik harga ini, seperti TM FL dan 2.8 GR, kalo sekedar cari kencang dan heavy duty (fortuner) terlihat menarik. Malah 2.8 dapet dibawah 600 ini. :big_grin:

Ane pribadi ga mau lagi pakai 1.5 turbo honda, di body SUV. Dikondisi tertentu, torsi bawahnya sebelum spool ga ketolong dah lemotnya.

Kalau-pun upgrade suatu saat nanti, pasti coba yang 2.0 hybridnya. Baik SUV maupun sedannya.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Saran ganti ke voxy

Post by ChZ »

ExorT wrote: Fri Aug 25, 2023 4:01
Iya setuju. Seketika mobil2 yang belum naik harga ini, seperti TM FL dan 2.8 GR, kalo sekedar cari kencang dan heavy duty (fortuner) terlihat menarik. Malah 2.8 dapet dibawah 600 ini. :big_grin:

Ane pribadi ga mau lagi pakai 1.5 turbo honda, di body SUV. Dikondisi tertentu, torsi bawahnya sebelum spool ga ketolong dah lemotnya.

Kalau-pun upgrade suatu saat nanti, pasti coba yang 2.0 hybridnya. Baik SUV maupun sedannya.
Emang ga bisa lawan takdir yak. Bobot berat ban besar perlu torsi.

Kalo bensin mau turbo minim harus 2.0 twin scroll macem jerman... Wakakkakaa.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Saran ganti ke voxy

Post by Pboyz97 »

Fahriamirullah wrote: Thu Aug 24, 2023 16:02


Hatur nuhun pisan om, jawabannya sangat sangat lengkap dan mencerahkan. Hhe

Sprtny emang agak sulit ya kl udh biasa naik suv ke voxy, beda karakter. Rncana mau ambil gantiin brio dn santafe malah jadi nambah juga ujung2nya nanti karena ga sesuai kebutuhan.

Kl dengan penjelasan diatas malah mikir keep santafe dn brionya ni wkw

Atau ya penyegaran santa fe mngkn ya yg TM FL.
itu aja om , yg model tm menurut saya sudah lumayan improve jg daripada gen sblmnya, cukup worthed, apalagi kalo udh biasa miara santa fe harusnya nggak ada masalah hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1137
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Saran ganti ke voxy

Post by t105erd »

Ga mau hilux aja?
Bisa itu gantiin brio dan santa fe, bisa buat road trip keliling nusantara. Dalam kota/luar kota di libas, cuma paling ga bisa bawa orang banyak. Cukup di isi solar bisa gas pol.

Mau bawa orang banyak? Pake versi van nya, Hiace. Mesin bisa lah di tuning ala2 thailand supaya ngebut kaya mobil travel jkt - bandung.
Fahriamirullah
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Sun Jun 02, 2019 6:39
Location: Jakarta Selatan
Daily Vehicle: Mirage

Re: Saran ganti ke voxy

Post by Fahriamirullah »

ChZ wrote: Fri Aug 25, 2023 5:28
ExorT wrote: Fri Aug 25, 2023 4:01
Iya setuju. Seketika mobil2 yang belum naik harga ini, seperti TM FL dan 2.8 GR, kalo sekedar cari kencang dan heavy duty (fortuner) terlihat menarik. Malah 2.8 dapet dibawah 600 ini. :big_grin:

Ane pribadi ga mau lagi pakai 1.5 turbo honda, di body SUV. Dikondisi tertentu, torsi bawahnya sebelum spool ga ketolong dah lemotnya.

Kalau-pun upgrade suatu saat nanti, pasti coba yang 2.0 hybridnya. Baik SUV maupun sedannya.
Emang ga bisa lawan takdir yak. Bobot berat ban besar perlu torsi.

Kalo bensin mau turbo minim harus 2.0 twin scroll macem jerman... Wakakkakaa.
Om sory nny lagi ni jd penasaran sm CiTo wkw
Sy baca di thread om kn radius putarny kurang oke ya, separah apa om kira2?

Sama klo masuk jalan2 kampung lebarny pede ga ya apa biasa aja.
Fahriamirullah
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Sun Jun 02, 2019 6:39
Location: Jakarta Selatan
Daily Vehicle: Mirage

Re: Saran ganti ke voxy

Post by Fahriamirullah »

t105erd wrote: Fri Aug 25, 2023 11:02 Ga mau hilux aja?
Bisa itu gantiin brio dan santa fe, bisa buat road trip keliling nusantara. Dalam kota/luar kota di libas, cuma paling ga bisa bawa orang banyak. Cukup di isi solar bisa gas pol.

Mau bawa orang banyak? Pake versi van nya, Hiace. Mesin bisa lah di tuning ala2 thailand supaya ngebut kaya mobil travel jkt - bandung.
Tmn deket ada yg pnya om hillux, dibawa keliling sulawesi jg. Tp kykny kurang praktikal kl dibawa sehari2.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Saran ganti ke voxy

Post by ChZ »

Fahriamirullah wrote: Sat Aug 26, 2023 11:45 Om sory nny lagi ni jd penasaran sm CiTo wkw
Sy baca di thread om kn radius putarny kurang oke ya, separah apa om kira2?

Sama klo masuk jalan2 kampung lebarny pede ga ya apa biasa aja.
Kalo dari brio si pasti beda.

Tp ni civic/CRV itu racknya pake variable gear jadi kalo udah puteran terakhir bisa nekuk banget.

Kalo masuk kampung2 ya tetep musti waspada. Wkwkwkw
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7