Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

bungle
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Wed Jan 27, 2016 18:17

Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya

Post by bungle »

Fitur honda sensing atau toyota safety sense yang saya bakal non aktifkan:
COLLISION MITIGATION BRAKE SYSTEM (Honda) / Pre-Collision System (Toyota)

Resiko ditabrak dari belakang karena mobil rem mendadak.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya

Post by ChZ »

brzkr wrote: Wed Aug 09, 2023 8:30
wah berarti w kurang jauh mainnya ya om, soalnya di kota asal w lebih tertib dibanding Jabodetabek.
Gile motong dan nyebrang begitu, rasanya sebagian driver/rider yg ngaco cuma mengandalkan nasib aja sehari-hari, ga ada skill+mitigasi :big_dunno:
Pdhl di provinsi yang orangnya ngomong alus. Ngomong unggah ungguh alus, di jalan kek orang barbar :big_bored:

80% orang nyetir boro boro ada sim tembak om :big_bored: keknya punya sim aja kaga. Nyetir kanan kiri gak diliat pokoknya gw mau belok, giliran ketabrak drama orang miskinnya mulai.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya

Post by Asfur »

Terlepas dari carut marut lalin jkt, tentunya yg plg bikin kecewa adalah ke institusi plokis. Gmn ngk kecewa, udah jelas2 itu motor2 (mau ojol kek mau pribadi kek) kelakuannya udah jelas2 melanggar lalin, tanpa helm, lawan arus, sradak sruduk, tp kagak ada yg mau nangkep, mestinya kan yg kyk gitu dipukat harimau aja sekalian dan simnya di cabut kalo emang ngk layak punya sim, kalo yg ngk ada sim, motornya tahan 1 taon kek di polda. Biar ada efek jeranya.
gboooster
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Mon May 17, 2021 7:59
Location: Surabaya

Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya

Post by gboooster »

Asfur wrote: Thu Aug 10, 2023 2:12 Terlepas dari carut marut lalin jkt, tentunya yg plg bikin kecewa adalah ke institusi plokis. Gmn ngk kecewa, udah jelas2 itu motor2 (mau ojol kek mau pribadi kek) kelakuannya udah jelas2 melanggar lalin, tanpa helm, lawan arus, sradak sruduk, tp kagak ada yg mau nangkep, mestinya kan yg kyk gitu dipukat harimau aja sekalian dan simnya di cabut kalo emang ngk layak punya sim, kalo yg ngk ada sim, motornya tahan 1 taon kek di polda. Biar ada efek jeranya.
parkiran polda ga cukup om :big_biglaugh:
Dari data BPS ada 120juta motor, jumlah SIM C yang diterbitkan baru 9 juta.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya

Post by ChZ »

Asfur wrote: Thu Aug 10, 2023 2:12 Terlepas dari carut marut lalin jkt, tentunya yg plg bikin kecewa adalah ke institusi plokis. Gmn ngk kecewa, udah jelas2 itu motor2 (mau ojol kek mau pribadi kek) kelakuannya udah jelas2 melanggar lalin, tanpa helm, lawan arus, sradak sruduk, tp kagak ada yg mau nangkep, mestinya kan yg kyk gitu dipukat harimau aja sekalian dan simnya di cabut kalo emang ngk layak punya sim, kalo yg ngk ada sim, motornya tahan 1 taon kek di polda. Biar ada efek jeranya.
susah om ada ribuan mungkin skrg jutaan motor di jakarta mang mau ditilang semua yg cape plokisnya om :big_bored: STNKnya aja blom tentu masih hidup om :big_bored:

ane aja pernah sekali ambil tilang manual kaget jg tiap hari jumlah pelanggar segini itu aja ud banyak kelolosan kan berarti aslinya jauh lebih banyak :big_bored:

ya aturan bener kok DP motor tuh dipersulit eh skrg yang dipersulit malah orang mau beli cash kan ngelawak. DPnya makin rendah ya makin buanyak yang mampu beli. :big_bored: bisnis jualan mobil/motor lama lama cuma bisnis bank dan ATPM belaka.

tp serba susah, krn kalo tinggal di pinggiran jakarta jg public transportnya nggak proper pdhl targetnya punya public transport kan commuter yg tiap hari motoran ini. ditambah ud overpopulated sih jakarta ini mau nambah public transport kek manapun gak bakal cukup :big_bored:

ud dari DP motor murah, skrg DP mobil murah, ada ojol/taksol, dulu ane udah mikir makin carut-marut jalanan. skrg bener kan carut-marut beneran. lah gimana orang baru belajar nyetir motor / mobil seminggu udah bisa narik ojol/taksol asal punya SIM.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
lexnic
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya

Post by lexnic »

ChZ wrote: Thu Aug 10, 2023 3:20
Asfur wrote: Thu Aug 10, 2023 2:12 Terlepas dari carut marut lalin jkt, tentunya yg plg bikin kecewa adalah ke institusi plokis. Gmn ngk kecewa, udah jelas2 itu motor2 (mau ojol kek mau pribadi kek) kelakuannya udah jelas2 melanggar lalin, tanpa helm, lawan arus, sradak sruduk, tp kagak ada yg mau nangkep, mestinya kan yg kyk gitu dipukat harimau aja sekalian dan simnya di cabut kalo emang ngk layak punya sim, kalo yg ngk ada sim, motornya tahan 1 taon kek di polda. Biar ada efek jeranya.
susah om ada ribuan mungkin skrg jutaan motor di jakarta mang mau ditilang semua yg cape plokisnya om :big_bored: STNKnya aja blom tentu masih hidup om :big_bored:

ane aja pernah sekali ambil tilang manual kaget jg tiap hari jumlah pelanggar segini itu aja ud banyak kelolosan kan berarti aslinya jauh lebih banyak :big_bored:

ya aturan bener kok DP motor tuh dipersulit eh skrg yang dipersulit malah orang mau beli cash kan ngelawak. DPnya makin rendah ya makin buanyak yang mampu beli. :big_bored: bisnis jualan mobil/motor lama lama cuma bisnis bank dan ATPM belaka.

tp serba susah, krn kalo tinggal di pinggiran jakarta jg public transportnya nggak proper pdhl targetnya punya public transport kan commuter yg tiap hari motoran ini. ditambah ud overpopulated sih jakarta ini mau nambah public transport kek manapun gak bakal cukup :big_bored:

ud dari DP motor murah, skrg DP mobil murah, ada ojol/taksol, dulu ane udah mikir makin carut-marut jalanan. skrg bener kan carut-marut beneran. lah gimana orang baru belajar nyetir motor / mobil seminggu udah bisa narik ojol/taksol asal punya SIM.
bener om, mnurut saya masalahnya terlalu kompleks. gabungan dri tata kota yg ngaco; transportasi publik yg gk merata; watak manusianya sndiri yg "sak karep e dewe", "ada duit ada kuasa"; dll. mngkin emg kudu di "hard reset" ke setelan pabrik klo mau benerin semuanya ahahaha :big_biglaugh:
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya

Post by ChZ »

lexnic wrote: Thu Aug 10, 2023 3:47 bener om, mnurut saya masalahnya terlalu kompleks. gabungan dri tata kota yg ngaco; transportasi publik yg gk merata; watak manusianya sndiri yg "sak karep e dewe", "ada duit ada kuasa"; dll. mngkin emg kudu di "hard reset" ke setelan pabrik klo mau benerin semuanya ahahaha :big_biglaugh:
overpopulatednya gila sih abis gimana om orang mo kaya mo miskin pada urbanisasi cari kerja ke jakarta, yang lulusan kampus beken pun ngelamarnya ke jakarta. gmn gak sesek tuh kota :big_bored: pantesan sekarang AQI nya merah mulu.

gampangnya transjawa aja ampe nyerah dibuat 1 arah tiap mudik dan jalannya jd lancar di kota. udah ada bayangan betapa overpopulatednya tuh jakarta.

kalo ud gini benernya gak salah loh pemerintah mau pindah IKN :big_biglaugh: nyerah keknya sama jakarta. butuh space yg lebih sehat buat kewarasan mental jadi bangun IKN ga di pulau jawa :mky_07:

pake mobil listrik pun gak bikin selesai masalah wong PLTU nya ngelilingin jakarta :upss:
Last edited by ChZ on Thu Aug 10, 2023 4:01, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
c4b13
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 382
Joined: Wed Feb 01, 2017 3:23

Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya

Post by c4b13 »

Saya pribadi lebih memilih non-sensing.
Tapi demi mengikuti perkembangan jaman, sah2 aja mobil baru punya fitur sensing seperti itu tetapi sebaiknya harus bisa di non-aktifkan... jadi win-win solution aja, yg merasa mau pakai yah silahkan yang merasa terganggu juga bisa matikan. :big_okay:
lexnic
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya

Post by lexnic »

ChZ wrote: Thu Aug 10, 2023 3:57 overpopulatednya gila sih abis gimana om orang mo kaya mo miskin pada urbanisasi cari kerja ke jakarta, yang lulusan kampus beken pun ngelamarnya ke jakarta. gmn gak sesek tuh kota :big_bored: pantesan sekarang AQI nya merah mulu.

gampangnya transjawa aja ampe nyerah dibuat 1 arah tiap mudik dan jalannya jd lancar di kota. udah ada bayangan betapa overpopulatednya tuh jakarta.

kalo ud gini benernya gak salah loh pemerintah mau pindah IKN :big_biglaugh: nyerah keknya sama jakarta. butuh space yg lebih sehat buat kewarasan mental jadi bangun IKN ga di pulau jawa :mky_07:

pake mobil listrik pun gak bikin selesai masalah wong PLTU nya ngelilingin jakarta :upss:
pernah baca dmana gitu, awalnya orang2 belanda mendesain jakarta supaya kyk kota2 di eropa. mkanya dulu ada trem trus jalannya gk terlalu lebar. tapi entah kenapa tiba2 konsepnya diganti jdi ala US yg lebih car-oriented.

mobil listrik? yah, saya netral aja deh. anggap aja mobil listrik itu alternatif lain dri mobil ICE. toh mobil ICE sndiri kan ada yg bensin & ada jga yg diesel (bahkan ada yg hybrid jga kan). biar masyarakat aja yg menilai, toh klo misal ternyata gk sesuai kebutuhan psti gk laku. :big_peace:

klo soal sensing2 an, ini kan sifatnya sebagai pelengkap. jdi kita jga jgn terlalu tergantung sama sistemnya, karena gmana2 udh jdi kewajiban dri si pengemudi utk selalu konsentrasi penuh dlm mengendalikan kendaraannya. :mky_01:
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
Ryukent
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: Sun Jan 03, 2016 4:40

Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya

Post by Ryukent »

Terima kasih ya masukan nya, setelah membaca semua, saya putuh kan ambil yang non sensing, rasa nya terlalu beresiko ya menyerahkan nyawa ke sistim otonom yang cuma mengandalkan camera :big_smile]
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya

Post by ChZ »

lexnic wrote: Thu Aug 10, 2023 4:21
pernah baca dmana gitu, awalnya orang2 belanda mendesain jakarta supaya kyk kota2 di eropa. mkanya dulu ada trem trus jalannya gk terlalu lebar. tapi entah kenapa tiba2 konsepnya diganti jdi ala US yg lebih car-oriented.

mobil listrik? yah, saya netral aja deh. anggap aja mobil listrik itu alternatif lain dri mobil ICE. toh mobil ICE sndiri kan ada yg bensin & ada jga yg diesel (bahkan ada yg hybrid jga kan). biar masyarakat aja yg menilai, toh klo misal ternyata gk sesuai kebutuhan psti gk laku. :big_peace:

klo soal sensing2 an, ini kan sifatnya sebagai pelengkap. jdi kita jga jgn terlalu tergantung sama sistemnya, karena gmana2 udh jdi kewajiban dri si pengemudi utk selalu konsentrasi penuh dlm mengendalikan kendaraannya. :mky_01:
Gak heran, mbah harto pan temen baek sama amrik :mky_03: trs car-centric development bikin investasi asing jg liat prospeknya bagus buat otomotif jd jor joran khan ampe bikin kijang :mky_03:

Makanya yg digemborin kan masyarakat disuruh ganti listrik buat kendaliin polusi, lah PLTUnya aja keliling gitu :mky_07:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya

Post by darrelund »

lexnic wrote: Thu Aug 10, 2023 4:21
pernah baca dmana gitu, awalnya orang2 belanda mendesain jakarta supaya kyk kota2 di eropa. mkanya dulu ada trem trus jalannya gk terlalu lebar. tapi entah kenapa tiba2 konsepnya diganti jdi ala US yg lebih car-oriented.
lajur trem ditimbun

jalan dilebarin

abistu sempitin jalan lagi

bangun LRT layang

kesannya kyk pemikiran short term sahaja :big_biglaugh:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya

Post by darrelund »

ChZ wrote: Thu Aug 10, 2023 5:55
Gak heran, mbah harto pan temen baek sama amrik :mky_03: trs car-centric development bikin investasi asing jg liat prospeknya bagus buat otomotif jd jor joran khan ampe bikin kijang :mky_03:

Makanya yg digemborin kan masyarakat disuruh ganti listrik buat kendaliin polusi, lah PLTUnya aja keliling gitu :mky_07:
yg lucunya eropaan biar jalan kecil" gitu mobil tetep laku um :big_biglaugh:

disana yg ga laku malah motor :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya

Post by ChZ »

darrelund wrote: Thu Aug 10, 2023 6:35 yg lucunya eropaan biar jalan kecil" gitu mobil tetep laku um :big_biglaugh:

disana yg ga laku malah motor :big_biglaugh:
ya laku om ke luar kotanya cross border tetep harus pake mobil :mky_03:

makanya targetnya urban planning dan public transport kan sebenernya pengguna motor ini om. kesannya mobil lebih boros space tp motor jumlahnya berkali-kali lipet lebih banyak ya sama aja :ungg:

di tokyo aslinya liat macetnya ya sama-sama aja kek jakarta tp gak ada motor jd lebih rapi. males jg kali commute pake mobil pribadi :mky_03: trus bocah sekolah sekolahnya deket rumah tinggal jalan kaki ud dibiasain dari kecil, gak ada tuh abis nganter sekolah terus ngantor sorenya jemput anak di sekolah dst.

ane pertama kali ngalamin lewat work hours di jakarta tempo ari, ngeri banget lah, liat motor berduselan kayak gitu :ungg:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya

Post by KielConstantine »

ChZ wrote: Thu Aug 10, 2023 5:55 Gak heran, mbah harto pan temen baek sama amrik :mky_03: trs car-centric development bikin investasi asing jg liat prospeknya bagus buat otomotif jd jor joran khan ampe bikin kijang :mky_03:

Makanya yg digemborin kan masyarakat disuruh ganti listrik buat kendaliin polusi, lah PLTUnya aja keliling gitu :mky_07:
Car centric sih iyee chriss.. cuman yg bikin gedek tuh mobil2 yg di lepas ke pasar low quality smua kebanyakan. Skalinya beneran bagus harga overprice :big_biglaugh:

Bener tuh dulu om NR pernah bilang. Indo jadi raja the king of low compliance market. Jadi tiap ada mobil world premier dunia; pasti kelas low low bgitu. Contoh mobilio pas jaman dulu yg rame bener, trus expandirr, trus skarang HFC concept lah world premier :mky_07:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya

Post by ChZ »

KielConstantine wrote: Thu Aug 10, 2023 7:00 Car centric sih iyee chriss.. cuman yg bikin gedek tuh mobil2 yg di lepas ke pasar low quality smua kebanyakan. Skalinya beneran bagus harga overprice :big_biglaugh:

Bener tuh dulu om NR pernah bilang. Indo jadi raja the king of low compliance market. Jadi tiap ada mobil world premier dunia; pasti kelas low low bgitu. Contoh mobilio pas jaman dulu yg rame bener, trus expandirr, trus skarang HFC concept lah world premier :mky_07:
ya dianggepnya kayak india mbah.

car centric tapi masih kere :mky_03: jadinya versi low quality atau malah motorbike-centric :mky_03:

bener deh, di indo tuh sebenernya gaji UMR cukup-cukup aja buat nabung beli motor cash sisanya buat makan dll.

kota-kota kecil jg banyak yg lebih didesain buat pake motor :mky_03: ada yang gang seuprit cuma muat mobil 1 aja udah mepet. ada yg tinggal di rumah masuk gang muat 1 motor doank.
Last edited by ChZ on Thu Aug 10, 2023 7:08, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya

Post by peterming77 »

bungle wrote: Wed Aug 09, 2023 10:17 Fitur honda sensing atau toyota safety sense yang saya bakal non aktifkan:
COLLISION MITIGATION BRAKE SYSTEM (Honda) / Pre-Collision System (Toyota)

Resiko ditabrak dari belakang karena mobil rem mendadak.
Ini yg harus dimatikan manual setiap kali start mobil soalnya begitu mesin mati reset on lagi :big_bored: udah pengalaman 2x bemper belakang kena cium tipis2 gara2 di rem sama sistem.
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya

Post by ginting »

KielConstantine wrote: Thu Aug 10, 2023 7:00
ChZ wrote: Thu Aug 10, 2023 5:55 Gak heran, mbah harto pan temen baek sama amrik :mky_03: trs car-centric development bikin investasi asing jg liat prospeknya bagus buat otomotif jd jor joran khan ampe bikin kijang :mky_03:

Makanya yg digemborin kan masyarakat disuruh ganti listrik buat kendaliin polusi, lah PLTUnya aja keliling gitu :mky_07:
Car centric sih iyee chriss.. cuman yg bikin gedek tuh mobil2 yg di lepas ke pasar low quality smua kebanyakan. Skalinya beneran bagus harga overprice :big_biglaugh:

Bener tuh dulu om NR pernah bilang. Indo jadi raja the king of low compliance market. Jadi tiap ada mobil world premier dunia; pasti kelas low low bgitu. Contoh mobilio pas jaman dulu yg rame bener, trus expandirr, trus skarang HFC concept lah world premier :mky_07:
Karena Daya beli masih rendah, oom
diperberat lagi Pajak.

saya yakin kalau mobil dibuat pajak seperti di LN (jangan liat SG dan MY yaak), maka akan banyak mobil bagus under USD 30K di Indo.
bungle
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Wed Jan 27, 2016 18:17

Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya

Post by bungle »

darrelund wrote: Thu Aug 10, 2023 6:35 yg lucunya eropaan biar jalan kecil" gitu mobil tetep laku um :big_biglaugh:

disana yg ga laku malah motor :big_biglaugh:
Yah bayangin aja pas lagi winter naik motor.
Maknyus banget motoran kalau cuaca kaya gitu.
lexnic
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya

Post by lexnic »

darrelund wrote: Thu Aug 10, 2023 6:33
lexnic wrote: Thu Aug 10, 2023 4:21
pernah baca dmana gitu, awalnya orang2 belanda mendesain jakarta supaya kyk kota2 di eropa. mkanya dulu ada trem trus jalannya gk terlalu lebar. tapi entah kenapa tiba2 konsepnya diganti jdi ala US yg lebih car-oriented.
lajur trem ditimbun

jalan dilebarin

abistu sempitin jalan lagi

bangun LRT layang

kesannya kyk pemikiran short term sahaja :big_biglaugh:
klo gk bgtu, gk dianggap kerja om. lagian aneh, parameter utk ngeliat suatu pencapaian masa dri seberapa banyak anggaran yg terserap. klo gitu ya gmpng, bikin pake spek rendah aja biar proyeknya slalu ada tiap tahun ahahaha :mky_01:
ginting wrote: Thu Aug 10, 2023 8:19
KielConstantine wrote: Thu Aug 10, 2023 7:00
ChZ wrote: Thu Aug 10, 2023 5:55 Gak heran, mbah harto pan temen baek sama amrik :mky_03: trs car-centric development bikin investasi asing jg liat prospeknya bagus buat otomotif jd jor joran khan ampe bikin kijang :mky_03:

Makanya yg digemborin kan masyarakat disuruh ganti listrik buat kendaliin polusi, lah PLTUnya aja keliling gitu :mky_07:
Car centric sih iyee chriss.. cuman yg bikin gedek tuh mobil2 yg di lepas ke pasar low quality smua kebanyakan. Skalinya beneran bagus harga overprice :big_biglaugh:

Bener tuh dulu om NR pernah bilang. Indo jadi raja the king of low compliance market. Jadi tiap ada mobil world premier dunia; pasti kelas low low bgitu. Contoh mobilio pas jaman dulu yg rame bener, trus expandirr, trus skarang HFC concept lah world premier :mky_07:
Karena Daya beli masih rendah, oom
diperberat lagi Pajak.

saya yakin kalau mobil dibuat pajak seperti di LN (jangan liat SG dan MY yaak), maka akan banyak mobil bagus under USD 30K di Indo.
faktor daya beli rendah ini jga secara gk lngsung berefek ke hal2 lain kyk perawatan kendaraan maupun administrasi kendaraan tsb. lha pendapatan blm bener2 cukup tapi maksain nyicil (entah motor ato mobil), trus ambil tenor yg panjang biar cicilannya ringan. karena dananya mepet, akhirnya perawatan dilakukan ala kadarnya (BBM kualitas rendah, ganti oli gk teratur, servis jga ala kadarnya). kadang smpe pajaknya mati pun dibiarin asal mobil / motornya msh gelinding. sekuat2nya mesin, klo dirawat ala kadarnya terus2an psti jga jebol. nah klo udh jebol, bermunculanlah omongan miring yg katanya gk awet, rewelan, ringkih, dll. mkanya spek kendaraan yg beredar ya begitu2 aja, dripada susah2 bikin yg proper tapi kena omongan miring konsumen sini (pdhl yg salah ya si konsumen itu jga) :big_peace:
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya

Post by darrelund »

lexnic wrote: Thu Aug 10, 2023 10:21
darrelund wrote: Thu Aug 10, 2023 6:33
lexnic wrote: Thu Aug 10, 2023 4:21
pernah baca dmana gitu, awalnya orang2 belanda mendesain jakarta supaya kyk kota2 di eropa. mkanya dulu ada trem trus jalannya gk terlalu lebar. tapi entah kenapa tiba2 konsepnya diganti jdi ala US yg lebih car-oriented.
lajur trem ditimbun

jalan dilebarin

abistu sempitin jalan lagi

bangun LRT layang

kesannya kyk pemikiran short term sahaja :big_biglaugh:
klo gk bgtu, gk dianggap kerja om. lagian aneh, parameter utk ngeliat suatu pencapaian masa dri seberapa banyak anggaran yg terserap. klo gitu ya gmpng, bikin pake spek rendah aja biar proyeknya slalu ada tiap tahun ahahaha :mky_01:
bener sih, emg begitu kan kenyataannya :big_biglaugh:

cuma ya disayangkan aja, duitnya buat gali lubang tutup lubang disitu situ aja

dahal duitnya bisa dipake buat bangun yg laen
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya

Post by darrelund »

lexnic wrote: Thu Aug 10, 2023 10:21
darrelund wrote: Thu Aug 10, 2023 6:33
lexnic wrote: Thu Aug 10, 2023 4:21
pernah baca dmana gitu, awalnya orang2 belanda mendesain jakarta supaya kyk kota2 di eropa. mkanya dulu ada trem trus jalannya gk terlalu lebar. tapi entah kenapa tiba2 konsepnya diganti jdi ala US yg lebih car-oriented.
lajur trem ditimbun

jalan dilebarin

abistu sempitin jalan lagi

bangun LRT layang

kesannya kyk pemikiran short term sahaja :big_biglaugh:
klo gk bgtu, gk dianggap kerja om. lagian aneh, parameter utk ngeliat suatu pencapaian masa dri seberapa banyak anggaran yg terserap. klo gitu ya gmpng, bikin pake spek rendah aja biar proyeknya slalu ada tiap tahun ahahaha :mky_01:
bener sih, emg begitu kan kenyataannya :big_biglaugh:

cuma ya disayangkan aja, duitnya buat gali lubang tutup lubang disitu situ aja

dahal duitnya bisa dipake buat bangun yg laen

dan jalanan jg jadi makin sempit grgr ada tiang LRT

tuh jalanan mt haryono aja ruwetnya ampun"an grgr ada tiang segala macem :big_biglaugh:
DLM
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: Fri Sep 24, 2021 16:29
Location: BUMI
Daily Vehicle: Vios G

Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya

Post by DLM »

ChZ wrote: Thu Aug 10, 2023 5:55
lexnic wrote: Thu Aug 10, 2023 4:21
pernah baca dmana gitu, awalnya orang2 belanda mendesain jakarta supaya kyk kota2 di eropa. mkanya dulu ada trem trus jalannya gk terlalu lebar. tapi entah kenapa tiba2 konsepnya diganti jdi ala US yg lebih car-oriented.

mobil listrik? yah, saya netral aja deh. anggap aja mobil listrik itu alternatif lain dri mobil ICE. toh mobil ICE sndiri kan ada yg bensin & ada jga yg diesel (bahkan ada yg hybrid jga kan). biar masyarakat aja yg menilai, toh klo misal ternyata gk sesuai kebutuhan psti gk laku. :big_peace:

klo soal sensing2 an, ini kan sifatnya sebagai pelengkap. jdi kita jga jgn terlalu tergantung sama sistemnya, karena gmana2 udh jdi kewajiban dri si pengemudi utk selalu konsentrasi penuh dlm mengendalikan kendaraannya. :mky_01:
Gak heran, mbah harto pan temen baek sama amrik :mky_03: trs car-centric development bikin investasi asing jg liat prospeknya bagus buat otomotif jd jor joran khan ampe bikin kijang :mky_03:

Makanya yg digemborin kan masyarakat disuruh ganti listrik buat kendaliin polusi, lah PLTUnya aja keliling gitu :mky_07:
Mulai diubah jadi kaya keamrik-amrikan sejak zaman bung karno, zaman beliau trem dihapus. zaman pak harto makin kenceng
DLM
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: Fri Sep 24, 2021 16:29
Location: BUMI
Daily Vehicle: Vios G

Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya

Post by DLM »

Pengalaman ane:
Di rumah ada 3 mobil, 2 ga pake sensing-sensingan yang satu pake sensing-sensingan. Daily biasa bawa yang ga pake sensing pp kurleb 40-80 km, tapi pernah pake yang sensing. Yang sensing biasa dibawa pp bapak ane Bandung-Jakarta mingguan 300 km+++. Yang non-sensing Alhamdulillah belum pernah tiba2 ngaco sistem active safetynya (cuma ABS+EBD aja sih). Yang sensing, kadang-kadang suka tiba2 error dan harus direset system dulu baru bener 💀💀💀. Tapi untungnya belum pernah phantom braking.
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1299
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya

Post by mr_mytplx »

DLM wrote: Thu Aug 10, 2023 13:38 Pengalaman ane:
Di rumah ada 3 mobil, 2 ga pake sensing-sensingan yang satu pake sensing-sensingan. Daily biasa bawa yang ga pake sensing pp kurleb 40-80 km, tapi pernah pake yang sensing. Yang sensing biasa dibawa pp bapak ane Bandung-Jakarta mingguan 300 km+++. Yang non-sensing Alhamdulillah belum pernah tiba2 ngaco sistem active safetynya (cuma ABS+EBD aja sih). Yang sensing, kadang-kadang suka tiba2 error dan harus direset system dulu baru bener 💀💀💀. Tapi untungnya belum pernah phantom braking.
Yg kadang kadang error dan harus di reset produknya H tegak y om?