Tanya soal Mazda 2 2009-2012

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

hnfaz
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Wed Jul 19, 2023 12:47

Tanya soal Mazda 2 2009-2012

Post by hnfaz »

Halo guys, aku mau tanya2 tentang mazda 2 untuk tahun sekitar 2009-2012. Jadi aku ada rencana untuk beli mobil pertama, kebetulan aku seneng sama mazda 2. Kira2 boleh sharing pengalaman nya tentang mazda 2?

1. penyakit umum dari mazda 2 apa saja?
2. nyari part biasanya dimana utk jakarta/tangsel?
3. harga part jika dibanding kaya jazz/yaris dsb apakah lebih mahal?
4. lebih baik service di beres atau non beres?
5. apakah masih worthy beli mobil lebih dari 10 tahun?

Thanks..!
bimzbim
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Wed Dec 06, 2017 6:43
Location: surabaya
Daily Vehicle: ANF

Re: Tanya soal Mazda 2 2009-2012

Post by bimzbim »

no 4 : beres ama non beres ada kelebihan masing masing. Menurut saya buat yg awam soal permobilan, untuk service rutin mending ke beres. Karena disana servicenya paketnya lengkap. Udah jelas standarnya disana kapan harus kuras minyak rem, kapan ganti air filter, kapan ganti busi, dll. Tapi...... kadang kadang kena charge item lucu lucu. Lucu ini maksudnya item itu emang ada manfaatnya, tapi perlu atau nggak nya itu yg bisa beda beda tiap customer. Dan harganya di beres biasanya lebih mahal, karena komponen jasa dan pajak.

Untuk service yang sifatnya penggantian part, diberes biasanya lebih mahal, apalagi yg sifatnya assy, itu diganti utuh semuanya. Seringnya juga material indent, dan kadang" bisa itungan mingguan nunggu barangnya dateng. Tapi di beres dapet jaminan partnya itu ori.
Non beres biasanya ngasi kelebihan di harganya yg lebih murah, dan mereka bisa cepet banget dapetin partnya. Non beres ngebuka opsi pake barang kw, atau dibuat sendiri soale. Service di non beres sebaiknya di bengkel yang udah terkenal dan punya nama, non beres ga punya standar macem beres (meskipun ada juga ya satu dua beres yg asal asalan layanannya). Jadi ada bengkel yg asal asalan, ada yg emang beneran proffesional kerja dan bisnisnya.
Pengalaman pribadi service kaki kaki di bengkel spesialis, emang lebih murah dengan perbandingan biaya lebih dari stengahnya. Tapi cuma bertahan 1 tahunan, abis itu kumat lagi.

no 5.
Beli mobil second kalo diliat dari umur, sebenernya cukup liat di 3 hal aja (pertama record servicenya, populasinya, domisili kita).
Mobil umur 10 tahun dengan km pemakaian asumsi per tahun 10.000 km, artinya baru jalan sekitar 100.000 km. Itu mobilnya kalo dirawat dengan baik, mobilnya masih nyaman dan aman. BTW saya pakai ertiga, dan km nya udah diatas 100.000. No problem sama sekali mobilnya.
Populasinya.... Mazda 2 termasuk series yang banyak keliatan dijalanan ya (jabodetabek), series yg pupuler.
Domisili...... selama kuta tinggal di jabodetabek, mobil setua seaneh apapun ada yg bisa ngerjain selama ada dananya