Long term review Avanza 2010 110k
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 620
- Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Gojek
Long term review Avanza 2010 110k
Mobil ini dibeli baru di tahun 2010, waktu itu saya sempet pengen yaris bakpao karena discnya luar biasa besar sampai 40jt untuk yg S Limited.
tp karena alm. papa seneng avanza jadilah kita beli avanza.
sekarang kmnya sudah 110k. spet hanya di bumper depan dan bodykit samping blkg. masih full ori untuk yg bagian metalnya.
Saya pernah piara banyak mobil, tapi Avanza paling berkesan buat saya. Karena mobil ini tidak pernah komplain dan bunyi apapun dari kakinya.
bahkan ketika empat sokrebekernya sudah mati total, dan kesisa pernya saja. setirnya jg sudah mulai agak speleng dan tie rodnya sudah agak loss.
Saya hampir beli rack steer assy, tp atas rekomendasi bengkel akastra mereka lebih rekomen saya ganti long dan end tie rod karena kondisi rack steernya masih sangat bagus
mobil ini juga cukup lama diam di garasi setelah papa ga ada, dan sudah 2 minggu ini saya restorasi full supaya bisa enak lagi dibawa.
Pelan2 saya restorasi bumper depannya yg penyok dan beli jaring ram bumper depan yg kiri bawah ilang. foglamp baru, sedang inden headlamp baru kiri kanan.
555 Japan (karena setelah saya liat barangnya justru lebih bagus drpd ori dan steeringnya berasa lebih "padat"):
End Tie Rod
Long Tie Rod
Link Stabilizer
Ori Toyota
Support depan
Bearing Roda
Bushing stabilizer (karet roti)
Lower Arm assy kiri kanan
Sok Tokico 4 roda, ini sok thanks to forum seraya. kalau anda jarang isi baris ketiga, ini sok the best sih. ga keras ga lembut, pas aja. kalau ber6, sayangnya ini amblas bgt. menurut saya ride qualitynya skrg lebih bagus drpd kondisi barunya dulu
Kondisi mesin juga masih sangat baik dengan 5w-30 masih jalan tanpa ada issue. tidak ada ngelitik karena mobil ini cuma minum oktan 95 dulu dan skrg selalu 98. mobil ini jg masih ada record di bengkel resmi dan sering menjadi pertanyaan orang2, kenapa masih mau servis ke bengkel resmi.
penggantian di sektor ini cuma selang power steering, engine mounting baru, motor fan baru, kopling set ori dan throttle body assy (idlenya sudah agak aneh, dan saya mau mobil ini perfect.)
13thn lalu saya benci sekali avanza, karena ride qualitynya sampah, sasisnya lentur kayak karet kolor, bising, dan tidak ada refinement. Tapi sekarang saya mengerti sekali kenapa almarhum papa paling suka pakai mobil ini buat harian walaupun dia ada mobil yg jauh lebih enak dan lebih bagus. Memang Toyota reliabilitynya luar biasa dan bikin papa demen sama toyota buat jadi "kaki", walaupun sebenarnya dia adalah fans honda (karena dia pasti ada piara honda civic sampai akhir hayatnya).
dan semoga saya tetap diberikan rejeki untuk maintain mobil ini untuk bisa mengenang papa yg sudah tenang disana.
+ Reliabilitynya luar biasa
+ Sparepartnya mau kelas kaki lima sampai bintang lima ada
+ Harga Jualnya sangat baik
+ Lampu depannya surprisingly bagus dan terang, salah satu foglamp terbaik yang saya pernah temukan di mobil. (ternyata bohlamnya hb4
+ Radius putarnya luar biasa
+ walaupun kecil, baris ketiganya cukup lumayan dibanding misal kia yg panjangnya mirip2 tapi 7 seater
+ Owning experience yg menyenangkan karena biayanya murah dan tidak banyak issue
- Ride Quality sampah
- Refinement yg nyaris nol
- sepertinya desainernya berpikir owner avanza itu tidak ada yg 170 apalagi 180, jarak setirnya terlalu dekat dari dashboard (reachnya busuk), pedal yg terlalu menonjol ke belakang. saya yang 180 sangat menderita bawa avanza untuk berlama2.
- ada kalanya masuk ke gigi 1 cukup sulit, ini saya temukan dari baru.
- Desainer mobil ini juga jelas tidak berpikir mobil ini untuk masuk tol, gearnya seperti mobil drag race. jalan 100 di tol mesin serasa mau meledak.
High speed stabilitynya juga busuk, rasanya mau take off
tp karena alm. papa seneng avanza jadilah kita beli avanza.
sekarang kmnya sudah 110k. spet hanya di bumper depan dan bodykit samping blkg. masih full ori untuk yg bagian metalnya.
Saya pernah piara banyak mobil, tapi Avanza paling berkesan buat saya. Karena mobil ini tidak pernah komplain dan bunyi apapun dari kakinya.
bahkan ketika empat sokrebekernya sudah mati total, dan kesisa pernya saja. setirnya jg sudah mulai agak speleng dan tie rodnya sudah agak loss.
Saya hampir beli rack steer assy, tp atas rekomendasi bengkel akastra mereka lebih rekomen saya ganti long dan end tie rod karena kondisi rack steernya masih sangat bagus
mobil ini juga cukup lama diam di garasi setelah papa ga ada, dan sudah 2 minggu ini saya restorasi full supaya bisa enak lagi dibawa.
Pelan2 saya restorasi bumper depannya yg penyok dan beli jaring ram bumper depan yg kiri bawah ilang. foglamp baru, sedang inden headlamp baru kiri kanan.
555 Japan (karena setelah saya liat barangnya justru lebih bagus drpd ori dan steeringnya berasa lebih "padat"):
End Tie Rod
Long Tie Rod
Link Stabilizer
Ori Toyota
Support depan
Bearing Roda
Bushing stabilizer (karet roti)
Lower Arm assy kiri kanan
Sok Tokico 4 roda, ini sok thanks to forum seraya. kalau anda jarang isi baris ketiga, ini sok the best sih. ga keras ga lembut, pas aja. kalau ber6, sayangnya ini amblas bgt. menurut saya ride qualitynya skrg lebih bagus drpd kondisi barunya dulu
Kondisi mesin juga masih sangat baik dengan 5w-30 masih jalan tanpa ada issue. tidak ada ngelitik karena mobil ini cuma minum oktan 95 dulu dan skrg selalu 98. mobil ini jg masih ada record di bengkel resmi dan sering menjadi pertanyaan orang2, kenapa masih mau servis ke bengkel resmi.
penggantian di sektor ini cuma selang power steering, engine mounting baru, motor fan baru, kopling set ori dan throttle body assy (idlenya sudah agak aneh, dan saya mau mobil ini perfect.)
13thn lalu saya benci sekali avanza, karena ride qualitynya sampah, sasisnya lentur kayak karet kolor, bising, dan tidak ada refinement. Tapi sekarang saya mengerti sekali kenapa almarhum papa paling suka pakai mobil ini buat harian walaupun dia ada mobil yg jauh lebih enak dan lebih bagus. Memang Toyota reliabilitynya luar biasa dan bikin papa demen sama toyota buat jadi "kaki", walaupun sebenarnya dia adalah fans honda (karena dia pasti ada piara honda civic sampai akhir hayatnya).
dan semoga saya tetap diberikan rejeki untuk maintain mobil ini untuk bisa mengenang papa yg sudah tenang disana.
+ Reliabilitynya luar biasa
+ Sparepartnya mau kelas kaki lima sampai bintang lima ada
+ Harga Jualnya sangat baik
+ Lampu depannya surprisingly bagus dan terang, salah satu foglamp terbaik yang saya pernah temukan di mobil. (ternyata bohlamnya hb4
+ Radius putarnya luar biasa
+ walaupun kecil, baris ketiganya cukup lumayan dibanding misal kia yg panjangnya mirip2 tapi 7 seater
+ Owning experience yg menyenangkan karena biayanya murah dan tidak banyak issue
- Ride Quality sampah
- Refinement yg nyaris nol
- sepertinya desainernya berpikir owner avanza itu tidak ada yg 170 apalagi 180, jarak setirnya terlalu dekat dari dashboard (reachnya busuk), pedal yg terlalu menonjol ke belakang. saya yang 180 sangat menderita bawa avanza untuk berlama2.
- ada kalanya masuk ke gigi 1 cukup sulit, ini saya temukan dari baru.
- Desainer mobil ini juga jelas tidak berpikir mobil ini untuk masuk tol, gearnya seperti mobil drag race. jalan 100 di tol mesin serasa mau meledak.
High speed stabilitynya juga busuk, rasanya mau take off
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1278
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: Long term review Avanza 2010 110k
Wah mobil berkesan dengan nilai sentimental tinggi yaa
13 tahun 110k juga rendah banget buat suatu avanza
Ini yg 1.3 apa 1.5 om? Masih generasi 1 facelift terakhir yah
13 tahun 110k juga rendah banget buat suatu avanza
Ini yg 1.3 apa 1.5 om? Masih generasi 1 facelift terakhir yah
Smileage lebih penting dari mileage
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 526
- Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
- Location: jakarta
Re: Long term review Avanza 2010 110k
Wah mobilnya samaan nih sama punya kakak saya yg saya pinjem pakai sehari2 selama 5 tahun ini. Tipe S th 2010. Tp saya punya matic, om punya manual ya?
Klo soal badak ga usah diragukan lagi, makanya itu th 2010 bokap sampe beli 3 avanza (tipe s, tipe g, tipe e semua tipe matic) buat ketiga anaknya. Kakak tertua dapat tipe s, kakak kedua dpt tipe g, dan ane dapet tipe e, sesuai kasta lah ya wkwkwk. Yg masih ada skrg cm yg tipe s aja. Yg lain udah dijual.
Klo soal badak ga usah diragukan lagi, makanya itu th 2010 bokap sampe beli 3 avanza (tipe s, tipe g, tipe e semua tipe matic) buat ketiga anaknya. Kakak tertua dapat tipe s, kakak kedua dpt tipe g, dan ane dapet tipe e, sesuai kasta lah ya wkwkwk. Yg masih ada skrg cm yg tipe s aja. Yg lain udah dijual.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Choose yours
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 278
- Joined: Mon Sep 08, 2008 8:01
Re: Long term review Avanza 2010 110k
Si kukut abu, kami panggil,,, umur sama, lebih sehat Krn sudah 170K. Dikukut Krn sayang, menemani perjuangan dari nol. Ga banyak nuntut. Saat perlu upscale Krn bocil mkn besar, bahkan dia tak tergantikan.
-
- SM Specialist
- Posts: 15572
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Long term review Avanza 2010 110k
Bused tampilannya mbl intel. Wakakakak. Full black
Thn 2011 dulu bokap jg beli xenia metik. Emang mobilnya ampas segala galanya yang aneh ada love hate relationshipnya. Krn terlalu ampas jd dipake grabyakan berantakan gak sayang sayang bgt.
Berujung jd mobil rebutan serumah bokap kerja sukanya pake xenia pdhl ada grand vitara.
Dimarain nyokap dibilang tar dikira orang bangkrut u tetiba bawanya xenia doang
Thn 2011 dulu bokap jg beli xenia metik. Emang mobilnya ampas segala galanya yang aneh ada love hate relationshipnya. Krn terlalu ampas jd dipake grabyakan berantakan gak sayang sayang bgt.
Berujung jd mobil rebutan serumah bokap kerja sukanya pake xenia pdhl ada grand vitara.
Dimarain nyokap dibilang tar dikira orang bangkrut u tetiba bawanya xenia doang
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 790
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: Long term review Avanza 2010 110k
Salam dari mantan sesama user duo kaleng oom. Ane sblmnya ada make xenia nya yg 1.0, tahun 2005 jd yg msh belum FL vvti. Baru aja bulan lalu kejual di odo sekitar 130k...
Kaki2 nya hebat juga ya yg punya TS walau bermasalah tp ga bunyi2. Yg punya ane udah pada gluduk2 dari kira2 semenjak 110an ribu km lah. Mungkin pengalaman tiap orang beda2 kali ya, buat ane kaki2nya avxen ini ga sampe sebadak yg diagung2kan orang2. Lebih awet mungkin iya, tapi gak hebat2 banget ahh... Punya ane kira2 di 90-100 ribu km shock nya udah berasa mati. Meanwhile skrg ane pake er3 udah 80k km masih enak2 aja tuh kaki2nya...
Btw selama pake pernah ngukur atau ngira2 konsumsi BBM nya gak oom?
Kalo mau adu nasib, pake yg versi 1.0 nya ini mungkin boleh dibilang lebih menderita lagi, karena selain naikan yg super ga enak, ditambah lagi mesin yang lemottt parah... Entah apa yg ada dipikiran enjinir diehasut waktu nyiptain varian 1.0 ini karena beneran berasa gak cocok banget ini mobil dipasangin mesin 1.0. Buat mengkompensasi lemotnya tenaga biar masih tetep kuat nanjak, yg dikorbankan adalah rasio giginya. Kalo menurut oom TS versi 1.5 ini lari 100 mesin serasa mau meledak, mungkin di versi 1.0 ini boleh dibilang mesin serasa bom atom Gimana enggak, lari 100 di gigi 5 putaran mesin udah 4300 rpm donggg... Kalo di versi 1.3 seinget ane lari 100 putaran mesin kayanya msh bisa di bawah 4000 rpm dikit. Entah kalo yg di 1.5 tepatnya di brp rpm. Dan gara2 ini efeknya kalo dibawa ngetol bukannya irit malah itungannya borosss buat rute tol. Paling dapet cuma 1:12-13 km/L doang... Definisi sesungguhnya boros dan boyo
Kalo ngomongin ride quality emang gausa dibahas lah mobil ini. Udah terkenal banget soal keras tapi limbungnya. Lari di atas 80 km/h mobil berasa udah gak napak aspal lagi. Ditambah lagi steeringnya bener2 nol feedback dari jalan, berasa kopong bangettt... Makanya ane paling salut sama orang2 yang hobi mentokin speedo pake mobil ini, entah apa yang ada di pikirannya
Kaki2 nya hebat juga ya yg punya TS walau bermasalah tp ga bunyi2. Yg punya ane udah pada gluduk2 dari kira2 semenjak 110an ribu km lah. Mungkin pengalaman tiap orang beda2 kali ya, buat ane kaki2nya avxen ini ga sampe sebadak yg diagung2kan orang2. Lebih awet mungkin iya, tapi gak hebat2 banget ahh... Punya ane kira2 di 90-100 ribu km shock nya udah berasa mati. Meanwhile skrg ane pake er3 udah 80k km masih enak2 aja tuh kaki2nya...
Btw selama pake pernah ngukur atau ngira2 konsumsi BBM nya gak oom?
Kalo mau adu nasib, pake yg versi 1.0 nya ini mungkin boleh dibilang lebih menderita lagi, karena selain naikan yg super ga enak, ditambah lagi mesin yang lemottt parah... Entah apa yg ada dipikiran enjinir diehasut waktu nyiptain varian 1.0 ini karena beneran berasa gak cocok banget ini mobil dipasangin mesin 1.0. Buat mengkompensasi lemotnya tenaga biar masih tetep kuat nanjak, yg dikorbankan adalah rasio giginya. Kalo menurut oom TS versi 1.5 ini lari 100 mesin serasa mau meledak, mungkin di versi 1.0 ini boleh dibilang mesin serasa bom atom Gimana enggak, lari 100 di gigi 5 putaran mesin udah 4300 rpm donggg... Kalo di versi 1.3 seinget ane lari 100 putaran mesin kayanya msh bisa di bawah 4000 rpm dikit. Entah kalo yg di 1.5 tepatnya di brp rpm. Dan gara2 ini efeknya kalo dibawa ngetol bukannya irit malah itungannya borosss buat rute tol. Paling dapet cuma 1:12-13 km/L doang... Definisi sesungguhnya boros dan boyo
Kalo ngomongin ride quality emang gausa dibahas lah mobil ini. Udah terkenal banget soal keras tapi limbungnya. Lari di atas 80 km/h mobil berasa udah gak napak aspal lagi. Ditambah lagi steeringnya bener2 nol feedback dari jalan, berasa kopong bangettt... Makanya ane paling salut sama orang2 yang hobi mentokin speedo pake mobil ini, entah apa yang ada di pikirannya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 750
- Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54
Re: Long term review Avanza 2010 110k
di era awal xenia 1.0 keluar itu kan utk nyaingin suzuki carry 1.0, yg mana lmyn berhasil (avxen itu imo carry bermoncong full tjap tyt dai)rakyatwkwkland wrote: βSun Jun 25, 2023 6:20 Salam dari mantan sesama user duo kaleng oom. Ane sblmnya ada make xenia nya yg 1.0, tahun 2005 jd yg msh belum FL vvti. Baru aja bulan lalu kejual di odo sekitar 130k...
Kaki2 nya hebat juga ya yg punya TS walau bermasalah tp ga bunyi2. Yg punya ane udah pada gluduk2 dari kira2 semenjak 110an ribu km lah. Mungkin pengalaman tiap orang beda2 kali ya, buat ane kaki2nya avxen ini ga sampe sebadak yg diagung2kan orang2. Lebih awet mungkin iya, tapi gak hebat2 banget ahh... Punya ane kira2 di 90-100 ribu km shock nya udah berasa mati. Meanwhile skrg ane pake er3 udah 80k km masih enak2 aja tuh kaki2nya...
Btw selama pake pernah ngukur atau ngira2 konsumsi BBM nya gak oom?
Kalo mau adu nasib, pake yg versi 1.0 nya ini mungkin boleh dibilang lebih menderita lagi, karena selain naikan yg super ga enak, ditambah lagi mesin yang lemottt parah... Entah apa yg ada dipikiran enjinir diehasut waktu nyiptain varian 1.0 ini karena beneran berasa gak cocok banget ini mobil dipasangin mesin 1.0. Buat mengkompensasi lemotnya tenaga biar masih tetep kuat nanjak, yg dikorbankan adalah rasio giginya. Kalo menurut oom TS versi 1.5 ini lari 100 mesin serasa mau meledak, mungkin di versi 1.0 ini boleh dibilang mesin serasa bom atom Gimana enggak, lari 100 di gigi 5 putaran mesin udah 4300 rpm donggg... Kalo di versi 1.3 seinget ane lari 100 putaran mesin kayanya msh bisa di bawah 4000 rpm dikit. Entah kalo yg di 1.5 tepatnya di brp rpm. Dan gara2 ini efeknya kalo dibawa ngetol bukannya irit malah itungannya borosss buat rute tol. Paling dapet cuma 1:12-13 km/L doang... Definisi sesungguhnya boros dan boyo
Kalo ngomongin ride quality emang gausa dibahas lah mobil ini. Udah terkenal banget soal keras tapi limbungnya. Lari di atas 80 km/h mobil berasa udah gak napak aspal lagi. Ditambah lagi steeringnya bener2 nol feedback dari jalan, berasa kopong bangettt... Makanya ane paling salut sama orang2 yang hobi mentokin speedo pake mobil ini, entah apa yang ada di pikirannya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4585
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Long term review Avanza 2010 110k
nice review om. salah 1 gen avanza favorit saya, secara desainnya termasuk timeless & gak kalah sm keluaran terbaru sekalipun. + odonya & kondisinya masih cukup low + masih cukup bagus buat ukuran avanza & mobil yg umurnya udh diatas 10 tahun. gaheran harga sekennya bertahan karena di daerah peminatnya masih banyak serta kelebihannya cocok buat mayoritas orang indo which is muat banyak, irit, lega, perawatan murah, part gampang dan banyak mau ori mau kw gampang, bengkel banyak mau spesialis mau beres, aftersales terjamin, pake oli dan bbm apa aja ayo + dijual lagi harganya ngga jatoh2 amat. terakhir kantor bapak saya pernah make kembarannya tahun 2008 xenia tipe xi deluxe mt sampe dijual 2 bulan lalu di km 360rb ngga ada masalah yg aneh2, paling peremajaan body aja sm kaki2. sisanya aman, dibejek 140 kpj di tol jg masih gampang dapetnya + mesin jg blm pernah bongkaran alias blm pernah turun mesin jg dari baru, padahal bbm selalu premium / pertalite + oli rata2 jg pake drum2an wakakak
sama kaya TS nya, mobil ini punya sentimental value buat saya secara saya mulai main mobekas dari mobil ini. mulai dari mobil pertama yg saya beli secara seken + suka duka bisnis mobekas + sedih senang, asam garam + nyari koneksi dll dimulai dari mobil jenis ini. semua gen udh pernah saya piara kecuali yg gen 1 kek punya om ini yg manual wakaka. secara cari yg kondisinya bagus susah bgt, karena banyak dipake AKAP, PT ,rental , travel + sekalinya ada jg biarpun mahal udh keburu di DP pedagang luar jabodetabek . intinya udh banyak pengalaman di dunia mobekas yg saya lalui dengan mobil ini, mulai dari g manual 2012 nonairbag, g manual pra GNA 2015, veloz 1.5 MT 2015 pra GNV, gna g mt 2017 2x, gna g mt 2018 , gna g mt last fl 2x ( 2019, 2021) sm terakhir xenia r at 2021
sama kaya TS nya, mobil ini punya sentimental value buat saya secara saya mulai main mobekas dari mobil ini. mulai dari mobil pertama yg saya beli secara seken + suka duka bisnis mobekas + sedih senang, asam garam + nyari koneksi dll dimulai dari mobil jenis ini. semua gen udh pernah saya piara kecuali yg gen 1 kek punya om ini yg manual wakaka. secara cari yg kondisinya bagus susah bgt, karena banyak dipake AKAP, PT ,rental , travel + sekalinya ada jg biarpun mahal udh keburu di DP pedagang luar jabodetabek . intinya udh banyak pengalaman di dunia mobekas yg saya lalui dengan mobil ini, mulai dari g manual 2012 nonairbag, g manual pra GNA 2015, veloz 1.5 MT 2015 pra GNV, gna g mt 2017 2x, gna g mt 2018 , gna g mt last fl 2x ( 2019, 2021) sm terakhir xenia r at 2021
Last edited by Pboyz97 on Sun Jun 25, 2023 14:30, edited 1 time in total.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4585
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Long term review Avanza 2010 110k
yes, secara banyak dipake AKAP, PT , rental ,travel, jadi kmnya gondrong2 hehehe. yes termasuk rendah. pertahun nggak sampe 20 rb, dimana jenis avanza saya perhatiin rata2 km nya per tahun minimal 20rb hehehe. kalo dari body sm spionnya kayanya yg 1.5 deh. soalnya kalo yg 1.3 nggak pake bodykit, grillnya beda + spionnya jg beda kaya yg difoto + emg fl terakhir jg dari 2008 akhir bulan september - oktober 2011 hehehe
sm kaya keluarga besar saya, dulu sempet punya 3 avanza ( s at 2009, s mt 2010 sm g at 2010), yg masih ada skrg cuma yg tipe g aja, jarang dipake saking disayangnya, odo jg sampe skrg masih 48rb asli record beres toyota + first hand from new jg , yg tipe s udh dijual semua. malah sekarang tante saya masih miara xenia 1.0 D MT 2013 airbag sm GNA E MT 2016 barenganthe-mantal wrote: βSat Jun 24, 2023 12:19 Wah mobilnya samaan nih sama punya kakak saya yg saya pinjem pakai sehari2 selama 5 tahun ini. Tipe S th 2010. Tp saya punya matic, om punya manual ya?
Klo soal badak ga usah diragukan lagi, makanya itu th 2010 bokap sampe beli 3 avanza (tipe s, tipe g, tipe e semua tipe matic) buat ketiga anaknya. Kakak tertua dapat tipe s, kakak kedua dpt tipe g, dan ane dapet tipe e, sesuai kasta lah ya wkwkwk. Yg masih ada skrg cm yg tipe s aja. Yg lain udah dijual.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 620
- Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Gojek
Re: Long term review Avanza 2010 110k
dulu maticnya disc besar pas saya beli baru. ada disc 15jt. karena dijaman itu mayoritas org masi beli manual.the-mantal wrote: βSat Jun 24, 2023 12:19 Wah mobilnya samaan nih sama punya kakak saya yg saya pinjem pakai sehari2 selama 5 tahun ini. Tipe S th 2010. Tp saya punya matic, om punya manual ya?
Klo soal badak ga usah diragukan lagi, makanya itu th 2010 bokap sampe beli 3 avanza (tipe s, tipe g, tipe e semua tipe matic) buat ketiga anaknya. Kakak tertua dapat tipe s, kakak kedua dpt tipe g, dan ane dapet tipe e, sesuai kasta lah ya wkwkwk. Yg masih ada skrg cm yg tipe s aja. Yg lain udah dijual.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 620
- Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Gojek
Re: Long term review Avanza 2010 110k
ini aslinya klewat bling bling om, banyak chromenya dan emblemnya, menurut saya norak bgt.ChZ wrote: βSun Jun 25, 2023 4:39 Bused tampilannya mbl intel. Wakakakak. Full black
Thn 2011 dulu bokap jg beli xenia metik. Emang mobilnya ampas segala galanya yang aneh ada love hate relationshipnya. Krn terlalu ampas jd dipake grabyakan berantakan gak sayang sayang bgt.
Berujung jd mobil rebutan serumah bokap kerja sukanya pake xenia pdhl ada grand vitara.
Dimarain nyokap dibilang tar dikira orang bangkrut u tetiba bawanya xenia doang
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 620
- Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Gojek
Re: Long term review Avanza 2010 110k
mobil ini hanya dalam kota (kebanyakan 60) dan ga pernah lari lebih dari 100. ga pernah keluar kota jg hehe.rakyatwkwkland wrote: βSun Jun 25, 2023 6:20 Salam dari mantan sesama user duo kaleng oom. Ane sblmnya ada make xenia nya yg 1.0, tahun 2005 jd yg msh belum FL vvti. Baru aja bulan lalu kejual di odo sekitar 130k...
Kaki2 nya hebat juga ya yg punya TS walau bermasalah tp ga bunyi2. Yg punya ane udah pada gluduk2 dari kira2 semenjak 110an ribu km lah. Mungkin pengalaman tiap orang beda2 kali ya, buat ane kaki2nya avxen ini ga sampe sebadak yg diagung2kan orang2. Lebih awet mungkin iya, tapi gak hebat2 banget ahh... Punya ane kira2 di 90-100 ribu km shock nya udah berasa mati. Meanwhile skrg ane pake er3 udah 80k km masih enak2 aja tuh kaki2nya...
Btw selama pake pernah ngukur atau ngira2 konsumsi BBM nya gak oom?
Kalo mau adu nasib, pake yg versi 1.0 nya ini mungkin boleh dibilang lebih menderita lagi, karena selain naikan yg super ga enak, ditambah lagi mesin yang lemottt parah... Entah apa yg ada dipikiran enjinir diehasut waktu nyiptain varian 1.0 ini karena beneran berasa gak cocok banget ini mobil dipasangin mesin 1.0. Buat mengkompensasi lemotnya tenaga biar masih tetep kuat nanjak, yg dikorbankan adalah rasio giginya. Kalo menurut oom TS versi 1.5 ini lari 100 mesin serasa mau meledak, mungkin di versi 1.0 ini boleh dibilang mesin serasa bom atom Gimana enggak, lari 100 di gigi 5 putaran mesin udah 4300 rpm donggg... Kalo di versi 1.3 seinget ane lari 100 putaran mesin kayanya msh bisa di bawah 4000 rpm dikit. Entah kalo yg di 1.5 tepatnya di brp rpm. Dan gara2 ini efeknya kalo dibawa ngetol bukannya irit malah itungannya borosss buat rute tol. Paling dapet cuma 1:12-13 km/L doang... Definisi sesungguhnya boros dan boyo
Kalo ngomongin ride quality emang gausa dibahas lah mobil ini. Udah terkenal banget soal keras tapi limbungnya. Lari di atas 80 km/h mobil berasa udah gak napak aspal lagi. Ditambah lagi steeringnya bener2 nol feedback dari jalan, berasa kopong bangettt... Makanya ane paling salut sama orang2 yang hobi mentokin speedo pake mobil ini, entah apa yang ada di pikirannya
saya jg bingung selama pakai bbrp toyota, kaki2nya nyaris ga pernah bunyi. suzuki saya ada piara 2x, pengalaman pribadi masi bandel toyota sih.
cuma jauh deh enak suzuki dipakenya.
jd keinget pas di trans jawa sekitaran solo arah ngawi, saya bawa altis lagi lari 120, ada avanza mirip py saya lg balapan sama datsun go di lajur kanan. yg ngeselin saya di lajur kiri koq di dim suruh minggir coba
mau minggir kemana coba? lajur darurat?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1403
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: Long term review Avanza 2010 110k
haha kocak itu om
kalo saya mencoba memahami pola pikir mobil yg nge-dim, itu sebagai isyarat signal dari mereka agar awas dan hati-hati jangan masuk ke lajur mereka yg lagi dalam kondisi high speed, dan bukan nyuruh buat minggir lagi atau menepi
eits jangan salah om, pada zaman tsb, bling-bling chrome adalah symbol dari kemewahan, more chrome more luxury
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 790
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: Long term review Avanza 2010 110k
The real orang edannn
Mobil situ yg lemot gabisa ngedahuluin mobil lawan ko malah ngedim2 nyuruh minggir yak wkwkwkwkwk
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 790
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: Long term review Avanza 2010 110k
Biasanya yg kaya gitu mah dia di lajur kiri jg oom, mo nyalip boil lawannya tp gadapet akhirnya nyoba2 keberutungan aja ngedim orang lain yg lagi jalan santai di lajur kiri Beneran pure orang edan biasanya ituAbdulHakim wrote: βSun Jun 25, 2023 14:52haha kocak itu om
kalo saya mencoba memahami pola pikir mobil yg nge-dim, itu sebagai isyarat signal dari mereka agar awas dan hati-hati jangan masuk ke lajur mereka yg lagi dalam kondisi high speed, dan bukan nyuruh buat minggir lagi atau menepi
Hahaha bener banget iniAbdulHakim wrote: βSun Jun 25, 2023 14:52eits jangan salah om, pada zaman tsb, bling-bling chrome adalah symbol dari kemewahan, more chrome more luxury
Yg punya oom TS ini kayanya yg 1.5 S last FL last improvement ya. Seinget ane aslinya krum2annya itu ada di :
1. Grill (kalo gasalah ada dicampur aksen hitam2 juga jadi krumnya tipis doang yg tipe S ini)
2. Garnish foglamp
3. Lis kaca pintu bagasi
4. Handle pintu
Itu belum kalau jatuh ke tangan bapack2 yg hobi pasang semua aksesoris. Kalo udah full dipasang, bisa nambah lagi krum di rear combination lamp, di batok lampu depan, ada juga yang sampe wiper belakangnya dikasih chrome, handle pintu udah chrome masih lagi housingnya ditambahin chrome juga, gak lupa spion dikasih chrome dll dll... Mana dulu kayanya salah satu brand aksesoris yg terkenal dadone ya kumplit set semuanya ada
Terus kalo sekarang tren nya pasang towing bar ARB di belakang biar ga bonyok kalo disundul motor atau mobil lain, kalo dulu ada yang suka masang besi silinder warna stainless steel yg kaya gini : Atau gak kayanya di tipe G suka dapet bonus yg warna item begini ya : Malah di xenia yg trim Li/Xi sporty seinget ane dapet tanduk depannya juga
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 163
- Joined: Fri Feb 23, 2018 8:02
Re: Long term review Avanza 2010 110k
Dari jaman pacaran naik mobil ini karena ane cuma modal motor, sampe sekarang mobil ini masih dipake rutin ama keluarga doi.
Waktu kami baru punya anak pertama ane sempat sering pakai mobil ini karena belum punya mobil sendiri, jd ikut ngalamin juga tuh keras tapi limbung-nya, mesin meraung2 di tol padahal cuma 100kpj-nya, tapi hebatnya AC masih dingin menggigil ampe sekarang.
Pantesan lah dulu sernig orang bilang, mobil ini adalah mobil yang gak bisa disalip di jalanan (karena abis nyalip di depan ketemu Avanza lain lagi).
Waktu kami baru punya anak pertama ane sempat sering pakai mobil ini karena belum punya mobil sendiri, jd ikut ngalamin juga tuh keras tapi limbung-nya, mesin meraung2 di tol padahal cuma 100kpj-nya, tapi hebatnya AC masih dingin menggigil ampe sekarang.
Pantesan lah dulu sernig orang bilang, mobil ini adalah mobil yang gak bisa disalip di jalanan (karena abis nyalip di depan ketemu Avanza lain lagi).
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 446
- Joined: Tue Jan 09, 2018 1:09
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2023 27 kWh powerbank on a wheel
Re: Long term review Avanza 2010 110k
wah mobil yg sama persis dengan operasional kantor di bogor, sering pp keliling jawa barat untuk urusan kerjaan, mulai jalan pelosok yg penuh ranjau kawah sampai adu balap sama vios bluebird gede2an nyali...ganti oli matic tiap 10k krn bos royal banget sama perawatan, bbm selalu pertamax, still pristine dan wangi, km udah jalan 210K
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 521
- Joined: Mon Aug 26, 2013 5:50
Re: Long term review Avanza 2010 110k
hahaha jadi inget pernah miara Xenia Li 1.000cc tahun, tahun 2010 beli unit seken buatan 2009, baru 5.000km.
maintenance gampang, sparepart murah. beli pistol buat pintu sopir, cuman 25rb.
minusnya lari 90kph, kayak gempa & serasa body mau lepas semua hahaha. maklum 3 cylinder kalo ngga salah.
kenangan manis 4 tahun bersama Xenia Li 1.000cc ...
maintenance gampang, sparepart murah. beli pistol buat pintu sopir, cuman 25rb.
minusnya lari 90kph, kayak gempa & serasa body mau lepas semua hahaha. maklum 3 cylinder kalo ngga salah.
kenangan manis 4 tahun bersama Xenia Li 1.000cc ...
Santai dijalan, nikmati hidup.
-
- SM Specialist
- Posts: 15572
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Long term review Avanza 2010 110k
ini kek aksesoris wajib avanza dan innova gen 1 pada zamannya garnish2 lampu dan handle pintu krom. blm bumper guard dan roof rail kalo mau maximal.
avanza gen sekarang udah ga ada. pindah ke sigra/calya. wakakakkaka.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1494
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Long term review Avanza 2010 110k
tp anehnya xenia Li ini kayaknya torsi cukup okpatrickstar wrote: βTue Jun 27, 2023 2:37 hahaha jadi inget pernah miara Xenia Li 1.000cc tahun, tahun 2010 beli unit seken buatan 2009, baru 5.000km.
maintenance gampang, sparepart murah. beli pistol buat pintu sopir, cuman 25rb.
minusnya lari 90kph, kayak gempa & serasa body mau lepas semua hahaha. maklum 3 cylinder kalo ngga salah.
kenangan manis 4 tahun bersama Xenia Li 1.000cc ...
jaman dulu pernah ngikuti xenia Li di jalur subang ke arah lembang
sy pake kijang efi...edun lincah banget
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 465
- Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: LMPV
Re: Long term review Avanza 2010 110k
dulu pernah bawa Avanza Veloz 2012 MT 1500, di 100 @3500 RPM.rakyatwkwkland wrote: βSun Jun 25, 2023 6:20 Salam dari mantan sesama user duo kaleng oom. Ane sblmnya ada make xenia nya yg 1.0, tahun 2005 jd yg msh belum FL vvti. Baru aja bulan lalu kejual di odo sekitar 130k...
Kaki2 nya hebat juga ya yg punya TS walau bermasalah tp ga bunyi2. Yg punya ane udah pada gluduk2 dari kira2 semenjak 110an ribu km lah. Mungkin pengalaman tiap orang beda2 kali ya, buat ane kaki2nya avxen ini ga sampe sebadak yg diagung2kan orang2. Lebih awet mungkin iya, tapi gak hebat2 banget ahh... Punya ane kira2 di 90-100 ribu km shock nya udah berasa mati. Meanwhile skrg ane pake er3 udah 80k km masih enak2 aja tuh kaki2nya...
Btw selama pake pernah ngukur atau ngira2 konsumsi BBM nya gak oom?
Kalo mau adu nasib, pake yg versi 1.0 nya ini mungkin boleh dibilang lebih menderita lagi, karena selain naikan yg super ga enak, ditambah lagi mesin yang lemottt parah... Entah apa yg ada dipikiran enjinir diehasut waktu nyiptain varian 1.0 ini karena beneran berasa gak cocok banget ini mobil dipasangin mesin 1.0. Buat mengkompensasi lemotnya tenaga biar masih tetep kuat nanjak, yg dikorbankan adalah rasio giginya. Kalo menurut oom TS versi 1.5 ini lari 100 mesin serasa mau meledak, mungkin di versi 1.0 ini boleh dibilang mesin serasa bom atom Gimana enggak, lari 100 di gigi 5 putaran mesin udah 4300 rpm donggg... Kalo di versi 1.3 seinget ane lari 100 putaran mesin kayanya msh bisa di bawah 4000 rpm dikit. Entah kalo yg di 1.5 tepatnya di brp rpm. Dan gara2 ini efeknya kalo dibawa ngetol bukannya irit malah itungannya borosss buat rute tol. Paling dapet cuma 1:12-13 km/L doang... Definisi sesungguhnya boros dan boyo
Kalo ngomongin ride quality emang gausa dibahas lah mobil ini. Udah terkenal banget soal keras tapi limbungnya. Lari di atas 80 km/h mobil berasa udah gak napak aspal lagi. Ditambah lagi steeringnya bener2 nol feedback dari jalan, berasa kopong bangettt... Makanya ane paling salut sama orang2 yang hobi mentokin speedo pake mobil ini, entah apa yang ada di pikirannya
Avanza 1.3 G MT 2020, di 100 @3800 RPM.
Pernah juga bawa Xenia 1.0 MT 2012, di 100 lupa brp, yg jelas 4000 lebih
skrg masih pake Avanza 1.3 G MT 2020, emg love hate bgt ama mobil ini.
peredaman ampas, irit jg kaga, masih berasa gedubrak2an..
tapi sisi love nya, ini mobil dinas, bener2 peace of mind
dalkot lumayan irit, bisa 1:12-13, di tol kalo konstan 100-120 juga kena segitu
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 620
- Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Gojek
Re: Long term review Avanza 2010 110k
Pernah di cucian mobil ktemu bapak2 pake mobil yg sama nanya saya. Koq dicabut2in chromenya jd jelek bgt ktnya.
Saya jawab aj, chromenya butek pak, jd saya stickerin item. Wkwkwk.
Saya cukup kaget ternyata banyak bgt member sini yg punya kenangan sama mobil ini ya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 790
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: Long term review Avanza 2010 110k
Ehh tapi kalo ngomongin peredaman jangan terlalu berkecil hati oom. Asalkan yg udah gen 1 facelift vvti ke atas, atau apalagi yg udah pake mesin dual vvti NR series, itu peredaman dan keheningan kabinnya udah lumayan. At least masih ada kompetitornya yg jauh lebih parah, yaitu tidak lain tidak bukan liomobi Itu liomobi beneran berasa mobil tanpa peredam samsek. NVH nya bersaing dengan avxen gen 1 awal2 yg msh model PFL kaya punya aneFR6 wrote: βTue Jun 27, 2023 7:06
dulu pernah bawa Avanza Veloz 2012 MT 1500, di 100 @3500 RPM.
Avanza 1.3 G MT 2020, di 100 @3800 RPM.
Pernah juga bawa Xenia 1.0 MT 2012, di 100 lupa brp, yg jelas 4000 lebih
skrg masih pake Avanza 1.3 G MT 2020, emg love hate bgt ama mobil ini.
peredaman ampas, irit jg kaga, masih berasa gedubrak2an..
tapi sisi love nya, ini mobil dinas, bener2 peace of mind
dalkot lumayan irit, bisa 1:12-13, di tol kalo konstan 100-120 juga kena segitu
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1558
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Long term review Avanza 2010 110k
klo menurut saya scr teknis. mobil gini berasa lincah krna rasio gear kasar jd main rpm 2500-3000rpm dan krna main d rpm segitu udah 70%-80% dr torsi mesin plus bikin AC terasa dingin krna putaran kompresor ikut kencang. yg khas dr mobil ini suara dengungan kopel n untuk yg cc 1.0 atau 1.3 klo ac nyala berasa banget lonjakan RPM krna idle-up
mobil skg rata2 cvt mesin running d 1500rpm bikin rasanya boyo/lemot klo dibejek krna masih jauh dr RPM di torsi maksimalnya
klo mobil yg sentimental d saya masih kijang LGX 1.8 MT km 120rb. setelah lewat 20 tahun baru nemu sweet spotnya: ganti rotor clurit setting + pengapian maju dan ganti Final Gear kijang diesel. bener2 berasa beda torsi di RPM rendah khas mesin OHV dikombinasi napas panjang final gearnya
mobil skg rata2 cvt mesin running d 1500rpm bikin rasanya boyo/lemot klo dibejek krna masih jauh dr RPM di torsi maksimalnya
klo mobil yg sentimental d saya masih kijang LGX 1.8 MT km 120rb. setelah lewat 20 tahun baru nemu sweet spotnya: ganti rotor clurit setting + pengapian maju dan ganti Final Gear kijang diesel. bener2 berasa beda torsi di RPM rendah khas mesin OHV dikombinasi napas panjang final gearnya
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT
predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT
predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 620
- Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Gojek
Re: Long term review Avanza 2010 110k
Wkwkwk pernah temen saya ada yg nebeng pas saya pasang cc6 di avanza ini. Skrg sincera 832.rakyatwkwkland wrote: βTue Jun 27, 2023 18:23Ehh tapi kalo ngomongin peredaman jangan terlalu berkecil hati oom. Asalkan yg udah gen 1 facelift vvti ke atas, atau apalagi yg udah pake mesin dual vvti NR series, itu peredaman dan keheningan kabinnya udah lumayan. At least masih ada kompetitornya yg jauh lebih parah, yaitu tidak lain tidak bukan liomobi Itu liomobi beneran berasa mobil tanpa peredam samsek. NVH nya bersaing dengan avxen gen 1 awal2 yg msh model PFL kaya punya aneFR6 wrote: βTue Jun 27, 2023 7:06
dulu pernah bawa Avanza Veloz 2012 MT 1500, di 100 @3500 RPM.
Avanza 1.3 G MT 2020, di 100 @3800 RPM.
Pernah juga bawa Xenia 1.0 MT 2012, di 100 lupa brp, yg jelas 4000 lebih
skrg masih pake Avanza 1.3 G MT 2020, emg love hate bgt ama mobil ini.
peredaman ampas, irit jg kaga, masih berasa gedubrak2an..
tapi sisi love nya, ini mobil dinas, bener2 peace of mind
dalkot lumayan irit, bisa 1:12-13, di tol kalo konstan 100-120 juga kena segitu
Dia bilang anjrit koq sunyi amat yak, kalah mobilio gw padahal mobil gw 2018.