Short Drive Kijang 2.4 G km 3xx.[cencored]

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Rasuano
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Thu Jan 31, 2019 14:18
Location: Jkt

Short Drive Kijang 2.4 G km 3xx.[cencored]

Post by Rasuano »

Selamat sore suhu semua..

Saya rutin dinas ke sumatera utara setiap bulan. Setiap dinas selalu rental mobil, seringnya lepas kunci (udah kenal lama ownernya makanya dikasih LK). Kalau rute lintas timur (langkat, siantar, rantau kebawah) biasa sewa VRZ/dakar, tapi kalau kearah barat (sibolga/kabanjahe/aceh selatan/dairi) selalu request kijang reborn mt karena zigzag naik turun bukit. Rute dines skrg kearah barat, jadi lah saya request unit mt. Unlucky unit yg 2022 keatas lagi keluar semua, jadi lah saya dikasih unit 2018. Awalnya skeptis unitnya ngga enak, tp yaudah lah dines kali ini saya cuma 2 hari.

Liat mobil, physically biasa aja cenderung kaya mobil jarang dicuci. Masuk ke mobil, jok doortrim retriman warna oranye. Setir ud dibungkus. Shift knob super licin. HU sama spido udah agak burem. Saya liat km nya udah 6 digit kepala 3. Wow... mobil capek nih, pikir saya. Saya nyalain mobil, ternyata mesinnya halus! Ga sempet cek2 yg lain, karena ngejar waktu saya langsung ngacir ke kabanjahe dr kualanamu.

Driving impression.
Ternyata mesinnya halus, tarikan masih jengat2 seperti reborn mt diesel pada umumnya. Kopling ga berat. Bener2 kaya reborn keluaran terbaru. AC dingin ga berisik. Rem pakem. Tapi tuas perseneling agak oblak dan visco fan lebih sering kerja, mati nya cuma pas jalan merayap, sepertinya harus diganti. FC sekitar 1:9 pake solbus rute medan-kabanjahe nyetir seruntulan nempel travel medan-aceh sama minibus medan-kabanjahe. Sempet saya tes di tol 180 masih enteng. Bener2 diluar ekspektasi. Infonya blm pernah turun mesin, maintenance cuma oli 15w40 setiap 10k km, rutin tune up dan ganti filsol. Kopling set harusnya sih udah ganti minimal sekali.

Conclusion
Badaknya kijang memang tidak diragukan lagi selama maintenance rutin dilakukan. Apakah zenix bisa setangguh abang2nya? Lets see.

Thank you!
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Lajur paling kanan HANYA UNTUK MENDAHULUI
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 790
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Short Drive Kijang 2.4 G km 3xx.[cencored]

Post by rakyatwkwkland »

Kl adu gondrong odometer yah, kalo kata nubi kuncinya di perawatan sih...

300k km tp kalo memang owner rental rutin ngerawat mobilnya mah ya gamasalah... biasa aja...

Tau mobil toyota limo (vios) taksi yg banyak dipake burung biru? Itu biasanya kalo dah masuk umur 4-6 tahun mah 300k km tembusss... Malah ane pernah liat sendiri yg udh sampe 400-500k km. Masih pada enak2 aja. Yg mesinnya masih alus, kaki2 msh senyap, interior kinclong, AC dingin juga banyak2 aja. Jangankan burungbiru, dulu waktu si putih sebelum taksol menyerang msh banyak keliaran di jkt juga mobilnya pada enak2 aja walau dah ratusan ribu km...

Malah ane pernah naik taksol pake batumakam OGL MT yg katanya mobil jepun dgn durability rada menyedihkan, ditambah lagi drivernya bu ibu pulak yg mana imagenya katanya ciwi2 mending wang ganti oli buat beli skinker aja... Mobilnya masih nyaman puolll... Mesin juga masih alus dan ajibnya malah minim nggelitik. Kaki2 senyap nyaman, interior juga kinclong...

Intinya mah perawatan aja, niscaya 300k km buat asian cars kekinian cuma geli2 doang :D
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Short Drive Kijang 2.4 G km 3xx.[cencored]

Post by KielConstantine »

Buat usaha rentalan aj masih enak bgitu kan om.

Apalagi klo kita punya trus rawatnya bener2… kasih oli & fluid cap keraton sama ban bagus kelas micin. Beuhhh makin josss..

Cuman kadang kitanya aj suka kurang bersyukur. Makanya tetep aj dibilang kagak enak tuh ladder diesel mau ud diapain jg kek :big_biglaugh:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Short Drive Kijang 2.4 G km 3xx.[cencored]

Post by darrelund »

KielConstantine wrote: Wed Jun 21, 2023 15:59 Cuman kadang kitanya aj suka kurang bersyukur. Makanya tetep aj dibilang kagak enak tuh ladder diesel mau ud diapain jg kek :big_biglaugh:
bukan ndak bersyukur um, kan memang faktanya begitu toh :big_biglaugh:

cuma ya tinggal milih

mau nyaman 5thn kedepan/ badak sampe apocalypse nanti :big_biglaugh:

tapi seh memang confidence hajar jalan jelek, ladder gada lawan um

pernah kapan lalu di cipali, oe gegayaan mau lewat bahu jalan pke ladder

kena instant karma, hajar lobang gede

mobil sampe loncat dikit, aman" aja tuh kaki". badak memang :big_biglaugh:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Short Drive Kijang 2.4 G km 3xx.[cencored]

Post by darrelund »

zenix bisa lahhhhh badak gitu






asal jalanan mulus / oprud ringan :big_weee:
fansdiesel
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 300
Joined: Thu Jul 19, 2018 5:30

Re: Short Drive Kijang 2.4 G km 3xx.[cencored]

Post by fansdiesel »

Pernah dapat grab old Mobilio matik km 340k .... Masi enak juga mobilnya kaki2 senyap , matiknya juga masih responsif buat selap selip
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4588
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Short Drive Kijang 2.4 G km 3xx.[cencored]

Post by Profith83 »

fansdiesel wrote: Thu Jun 22, 2023 1:12 Pernah dapat grab old Mobilio matik km 340k .... Masi enak juga mobilnya kaki2 senyap , matiknya juga masih responsif buat selap selip
Mobilio 340k senyap. Itu cuma diantara 2.
1. Tiap 80rb KM ganti lower arm dan shock atau
2. Yang setir alusan, polisi tidur melambat.

Saya pengalaman sendiri mobil dipakai istri yang suka hajar polisi tidur.
80rb KM 4.5 thn, sudah letoy
1. lower arm
2, shock
3. Support shock atas dan bawah

Pemakai yang sama dan rute yang sama Innova diesel 2012 matic. Kaki2x senyap sampai sekarang.

Semua mobil tergantung carai pakai nya juga.
Kalau monokok jangan sering hajar jalanan jelek, apalagi penggerak roda depan, monokok dan hanya pakai lower arm atas saja.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Short Drive Kijang 2.4 G km 3xx.[cencored]

Post by Pboyz97 »

nice review om. reborn diesel emg badak mesin & kaki2nya. pernah piara jg yg maticnya selama make dari beli di km 39 rb & dijual di km 64 rb gaada masalah yg aneh2, cuma servis rutin & ganti oli aja. sm kalo di daerah , apalagi buat travel mah kagak heran. km nya rata2 gondrong, karena buat AKAP. asal perawatan telaten, rutin sm kagak pernah telat ganti oli mah awet2 aja kok. dulu aja pas ke jogja tahun 2013 lalu saya pernah rental innova 2.5 G diesel manual 2009 FL1 km 400rb sm gnki 2.5 g diesel manual mobil baru 6 bulan km udh 60rb aja mesinnya masih halus & naikkannya masih enak + kaki2nya jg masih senyap + temen saya jg ada innova g diesel mt 2018 di kalimantan km udh 380rb kondisinya masih sama kaya yg oom ceritain . kaki2 enak, mesin halus sm di tol masih gampang dapet 120 kpj heheh
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Short Drive Kijang 2.4 G km 3xx.[cencored]

Post by ilhami »

setiap hari harus ganti baju. Kalau naik mobil diesel, jaket nya terasa bau solar.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26926
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Short Drive Kijang 2.4 G km 3xx.[cencored]

Post by DOHC »

300 rebu km sebenernya belom seberapa seh, kliatan aj gede karena satuan nya kilometer

kl di luar sana yg pake miles, angka sgitu baru 186 rbu miles, bsa di ktawain kita ama dia orang kl blg itu high milleage, wong mreka mobil 200 rebu miles ud rusak aj pd ngoceh ga awet sgala
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
alexand
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: Thu Apr 25, 2013 20:47
Location: jakarta
Daily Vehicle: xpander sport AT 2020

Re: Short Drive Kijang 2.4 G km 3xx.[cencored]

Post by alexand »

Reborn 2GD kalo blom 100rb mungkin bisa di bilang masih inreyen kali yah 😂

BTW saya ada beli 2GD 2018 bekas, semua perlendiran di ganti pake merk PTT berasanya masih galak banget tarikan mesin dieselnya padahal di isinya solbus + racun HSS EDT

Di mid sih nulisnya 1:10,7 km/Liter
Dengan harga solar cuma 6800 jadinya berasa ngecheat bisa murah banget dah
User avatar
gils
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 532
Joined: Mon Jun 03, 2013 18:49
Location: Jakarta-Bandung (via Tol)
Daily Vehicle: 2009 Toyota Vellfire

Re: Short Drive Kijang 2.4 G km 3xx.[cencored]

Post by gils »

Ortu saya masih pake fortie vnt 2014, km udah 230rb ++ dipakai tiap hari, full solbus ga pernah pakai campuran2 sampai sekarang masih joss... terakhir 2 minggu lalu pas long weekend dipakai ke sby full muatan dr jkt, aman semua.. emang susah lawan reliability mobil ginian, kudu punya satu emang di garasi buat mobil tempur :big_grin:
For everything, there is a season, there is a reason...

2009 Toyota Vellfire
2010 Honda Jazz RS