OOT : Membuat mobil diesel "tuwe" menjadi oke spt

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: ricz, y_anjasrana, imingwahyudi, madcat015, ChZ, billyd1773dz, amfibi, imsus2c, ZombiEE, Turboman

User avatar
Turboman
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 9459
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: OOT : Membuat mobil diesel "tuwe" menjadi oke spt

Postby Turboman » 04 Feb 2009, 01:17

qjank2L wrote:Terdengar kabar , bahwa ada merk oli mesin diesel baru yaitu "Syntex" . Produk Lokal / USA ?
Disebutkan produk ini lebih bagus dan Prof. Turboman MsD sdh mencoba nya.
1. Apakah memang oli Syntex ini berbeda dgn oli lainnya ?
2. Apakah cocok untuk mobil diesel "tuwe" yang masih indirect injection atau pakai KM tinggi?
3. Dimana (toko/bengkel) yang jual oli Syntex diesel di Serpong ato Jakarta Barat/Pusat ?
4. Apakah harganya mahal ?


Sebetulnya sih Syntex dulu sebelum harganya naik, harga jual mereka cukup miring, dan kinerja olinya yg 10W-40 (Syn Evo) itu nyaris setara Aral Extra Turboral 10W-40 yg harganya jauh lebih mahal. (Tapi lately naeknya cukup banyak :( )

Distronya : www.autosinergi.com

Coba aja om telpon ke sana en cek harga mereka berapa (minta harga member aja)

User avatar
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14267
Joined: 01 Feb 2009, 00:48

Re: OOT : Membuat mobil diesel "tuwe" menjadi oke spt

Postby DOHC » 08 Feb 2009, 12:28

bro turboman, sorry tanya lagi nigh, kira2 pertanda mobil diesel musti ganti timing gear atau musti turun mesin (overhaul) tuh darimana yah tau nya ??
panther kotak saya (taon 99 akhir) so far uda jalan lebih dari 200an rebu km, nyaris 300 rebu, blom perna turun mesin dan servis injector, servis besar yg perna cuman ganti kopling doank ama las radiator. dari baru ampe skrg ganti oli kaga perna telat tiap 5000 km dan menggunakan shell rimula atau shell super diesel

level oli jg tidak perna berkurang dan warna oli nya kehitaman
TOYOTA 1TR-FE silver top

clutch, shift, pedal to the floor...

foomy
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: 12 Apr 2007, 13:14

Re: OOT : Membuat mobil diesel "tuwe" menjadi oke spt

Postby foomy » 09 Feb 2009, 16:26

Barusan ke cihampelas motor ganti saringan solar. Sekalian aja diesel purge. Taunya harganya skrg 90 ribu untuk setengah tabung.

qjank2L
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 06 Oct 2008, 17:30

Re: OOT : Membuat mobil diesel "tuwe" menjadi oke spt

Postby qjank2L » 10 Feb 2009, 05:19

Diesel purge di Synergi Daan Mogot : Liquimolly 1 tabung 500 ml = Rp.95,000 (17 Jan 2009).

menurut pengalaman :
Ciri mesin perlu overhaul :
- mesin hidupkan
- buka tutup pengisian oli mesin. Jika keluar asap putih, itu mesin perlu di overhaul.

Untuk mesin yang pakai Timing Belt : perlu waspada jika telat ganti , karena timing belt bisa putus terbuat dari bahan karet (seperti V belt). Jika putus, klep & piston bisa tabrakan , bengkok. Turun mesin deh.
Untuk mesin yang pakai timing chain : agak aman. karena tidak mudah putus seperti timing belt.

foomy
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: 12 Apr 2007, 13:14

Re: OOT : Membuat mobil diesel "tuwe" menjadi oke spt

Postby foomy » 10 Feb 2009, 11:34

o, ternyata ada yg ukuran 500 ml ya. Di cihampelas liat pajangannya semuanya ukuran 1 liter semua. Jadi kalo gitu harganya kurang lebih emang segitu skrg.

User avatar
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14267
Joined: 01 Feb 2009, 00:48

Re: OOT : Membuat mobil diesel "tuwe" menjadi oke spt

Postby DOHC » 10 Feb 2009, 14:46

@ bro qjank2L : kalo di panther saya tuh pas mesin nyala lalu tutup oli di mesin dibuka, yg ada cuman kluar muncratan oli mesin aja tuh, kaga pake asep2 sgala
TOYOTA 1TR-FE silver top

clutch, shift, pedal to the floor...

qjank2L
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 06 Oct 2008, 17:30

Re: OOT : Membuat mobil diesel "tuwe" menjadi oke spt

Postby qjank2L » 10 Feb 2009, 22:45

Bro DOHC :
kalo rutin ganti oli 5000 KM , dgn shell rimula, nggak pernah kurang level oli nya > spt nya mesin panther nya sehat lah. 300KM sdh pakai dari baru atau 2nd hand ?.

Oli diesel memang langsung berubah hitam , langsung saat baru start setelah ganti oli. Beda dgn oli mesin bensin/gasoline : masih kuning spt oli barunya. Dan baru hitam setelah jangka waktu lama pakai.
Oli mesin bensin nggak bisa dipakai untuk mesin diesel. Tetapi oli mesin diesel dipakai untuk mesin bensin ok, malah sip lebih halus dan jangka waktu ganti bisa lebih lama.

Timing gear mesin Panther :
menurut info nya bengkel diesel injektor salah satu kelemahan mesin panther yaitu timing gear yang "mudah rusak" (lupa nih , mesin yg 2300 cc ato yg 2500cc). Ciri nya : mesin susah hidup atau nggak ada tenaga (Dikoreksi yah oleh bro panther lainnya).

Turun mesin : setelah pakai 200rb - 300rb KM >
tergantung cara pakai & disiplin perawatan saja (utamanya ganti oli + filter, ganti saringan solar, bersihkan / ganti saringan udara).
Juga keausan ring piston pasti ada.
Mesin diesel sensitif ama kualitas oli. High Compression Engine.
Kalo sudah megang banget sama mobil nya , ntar terasa koq tarikan & suara/getaran mesin dieselnya bahwa sptnya sdh perlu ganti oli mesin (-/+ 4500-5000KM)

Service injektor :
tiap 100rb - 150rb perlu lah cek / service injektor + kalibrasi.

Yang sebaiknya juga rutin tiap 20rb : test nozzel (4 buah yg di cylinder head). Ntar lihat saat di test (dipompa tekanan tinggi) semprotan solar dari nozzel nya "spray / berkabut" atau spt menetes.
Yang semprotan berkabut itu yang OK. Nozzel masih baik.
Satu saja nozzel nya spt menetes > pasti suara mesin pincang atau getaran mesin lebih besar atau mesin agak susah hidup jika mesin masih dingin.
Test Nozzel 4 buah : 44rb rp.
Performance nozzel tergantung disiplin ganti filter solar dan kualitas bbm solar.

Diesel purge menurut saya nggak terlalu efektif untuk "gurah" nozzel / injektor & ruang bakar jika mesin diesel tsb sebelumnya nggak terawat baik . Setelah "overhaul" / kalibrasi injektor / ganti nozzel > baru nih untuk perawatan rutin 20-25rb KM pake diesel purge (simple, cepat).

Untuk Innova Diesel :
diesel purge menguntungkan juga dari segi biaya service / perawatan nozzle/injektor. Karena jika nozzle nya rusak , 1 buahnya +/- 570 rb Rp. Belum lagi karena teknologi diesel common rail nya service nya spt nya masih harus bongkar pasang di Auto2000.

Bandingkan dgn mesin diesel "tuwe" misal : kijang kapsul diesel yang nozzel nya (produk Nippondenso) Rp. 110-125 rb / buah, dan banyak tempat service injektor di luar Auto2000 (Banyak juga sih malah Auto2000 malah bawa keluar untuk service injektor).

Tetap semangat lah dgn "diesel tuwe" dan siap menghadapi banjir jalur lintas pantura he...he....he...

User avatar
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14267
Joined: 01 Feb 2009, 00:48

Re: OOT : Membuat mobil diesel "tuwe" menjadi oke spt

Postby DOHC » 11 Feb 2009, 15:04

bro qjank : saya pakai panther tsb dari baru... panther saya sigh kalo tiap pagi dinyalain kaga masalah dan kalau lari pun jg masi ada tenaga nya.... cuman yg jadi masalah tuh kalo mesin masih dingin atau pagi hari tuh pas lagi panasin mesin pasti setelah beberapa menit dia mati sendiri, sperti pasokan solarnya ga masuk gt ke injector nya, tapi kalo dinyalain lagi sigh gampang dan kalo uda panas pun ga ada masalah...

slama ini sigh kalo utk oli dan filter2 ga perna absen yah, oli mesin tiap 5 rebu km, perseneling, gardan tiap 15 rebu, filter solar tiap 15 rebu, filter oli jg 15 rebu
TOYOTA 1TR-FE silver top

clutch, shift, pedal to the floor...

User avatar
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14267
Joined: 01 Feb 2009, 00:48

Re: OOT : Membuat mobil diesel "tuwe" menjadi oke spt

Postby DOHC » 11 Feb 2009, 15:05

oh iya tambahin, fc panther saya pun utk dalkot 1 :11
TOYOTA 1TR-FE silver top

clutch, shift, pedal to the floor...

wrx
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 75
Joined: 27 Mar 2008, 12:24

Re: OOT : Membuat mobil diesel "tuwe" menjadi oke spt

Postby wrx » 18 Feb 2009, 13:39

kalo istilah bengkel diesel "bosspump" itu apa yea??

User avatar
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14267
Joined: 01 Feb 2009, 00:48

Re: OOT : Membuat mobil diesel "tuwe" menjadi oke spt

Postby DOHC » 18 Feb 2009, 15:39

bengkel boospump itu bengkel injector bukan yah ??
TOYOTA 1TR-FE silver top

clutch, shift, pedal to the floor...

Profith83
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 779
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: OOT : Membuat mobil diesel "tuwe" menjadi oke spt

Postby Profith83 » 18 Feb 2009, 15:47

Bung TurboMan,

Bagus yg mana ?
Caltex Delo Gold 15W-40 juga oke kok utk kelas 15W-40 atau
Shell Helix 10W-40 --> harga seliternya di ACE sekitar 60.000 an

Profith83
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 779
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: OOT : Membuat mobil diesel "tuwe" menjadi oke spt

Postby Profith83 » 18 Feb 2009, 15:52

Bung TurboMan,

Bagus yg mana ?
Caltex Delo Gold 15W-40 atau
Shell Helix Plus 10W-40 --> harga seliternya di ACE sekitar 60.000 an

Stalin1901
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 342
Joined: 15 Sep 2008, 11:34

Re: OOT : Membuat mobil diesel "tuwe" menjadi oke spt

Postby Stalin1901 » 21 Feb 2009, 15:11

Ane hari ini bawa mobil everest ke Synergy buat purging pake Liqui Moly. Paginya bawa ke Beres buat servis 15000km.

Alhasil gebrak meja karena gak ada satupun teknisi nya yang tau cara pake tuh liqui moly. Kedua teknisi memakai mobil ane buat coba2 alias belajar. Udah itu gak mau ngaku lagi pas salah masang selang, pas nyabut, saya tanya: salah ya mas? Dia jawab, enggak , kita test dulu asap kanlpot.

Panggil tkenisi kedua, juga bilang,coba konek ke sini, baru coba ke sini. Beh.....

Yah udah saya tinggalin aja. Saya mau bayar tuh LiquiMoly karna udah dibuka, tapi Ci nya bilang gak usah. Ya udah. Ini kali pertama saya ke SYnergy, first impression, toke nya gak mencintai pekerjaan mereka makanya kualitas teknisi gak diperhatiin. Kalo mobil meleduk, paling cuman bilang: Maaf pak, kita servis aja pokoknya sampe beres.


I

User avatar
kutkuy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 936
Joined: 10 Dec 2007, 19:53

Re: OOT : Membuat mobil diesel "tuwe" menjadi oke spt

Postby kutkuy » 13 Apr 2009, 22:14

Stalin1901 wrote:Ane hari ini bawa mobil everest ke Synergy buat purging pake Liqui Moly. Paginya bawa ke Beres buat servis 15000km.

Alhasil gebrak meja karena gak ada satupun teknisi nya yang tau cara pake tuh liqui moly. Kedua teknisi memakai mobil ane buat coba2 alias belajar. Udah itu gak mau ngaku lagi pas salah masang selang, pas nyabut, saya tanya: salah ya mas? Dia jawab, enggak , kita test dulu asap kanlpot.

Panggil tkenisi kedua, juga bilang,coba konek ke sini, baru coba ke sini. Beh.....

Yah udah saya tinggalin aja. Saya mau bayar tuh LiquiMoly karna udah dibuka, tapi Ci nya bilang gak usah. Ya udah. Ini kali pertama saya ke SYnergy, first impression, toke nya gak mencintai pekerjaan mereka makanya kualitas teknisi gak diperhatiin. Kalo mobil meleduk, paling cuman bilang: Maaf pak, kita servis aja pokoknya sampe beres.

wah wah wah ..... jadi kalo mau purging dimana jadinya bos? pusing juga yah....

I
SALE SALE SALE!! BROQUET cuma 70rb!!! BARU! SEGEL!!
broquet.bandung et yahoo dot com

User avatar
Turboman
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 9459
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: OOT : Membuat mobil diesel "tuwe" menjadi oke spt

Postby Turboman » 16 Apr 2009, 00:37

Stalin1901 wrote:Ane hari ini bawa mobil everest ke Synergy buat purging pake Liqui Moly. Paginya bawa ke Beres buat servis 15000km.

Alhasil gebrak meja karena gak ada satupun teknisi nya yang tau cara pake tuh liqui moly. Kedua teknisi memakai mobil ane buat coba2 alias belajar. Udah itu gak mau ngaku lagi pas salah masang selang, pas nyabut, saya tanya: salah ya mas? Dia jawab, enggak , kita test dulu asap kanlpot.


Spt. nya mereka belum pernah nge-purging Everest, selama ini kalo nge-purging Panther / Ipah D4 D / TokiDis sih ga pernah masalah.

Kalo gitu coba join milis [email protected], mereka ada bengkel rekanan milis di Tegal Rotan & sering gath / bongkar2 bareng2 di sana.

Om bisa konsultasi ama pak Firman Gunadi (Joe Black) di milis FCI tentang bagaimana cara purging di Everest TDCi maupun Everest bermesin MZ-DE.

filament
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: 20 May 2009, 14:11

Re: OOT : Membuat mobil diesel "tuwe" menjadi oke spt

Postby filament » 13 Jul 2009, 11:18

senior2 yang berpengalaman semua saya mau nanya nih pake kijang kapsul LGX 2001 diesel. mau nanya kok sekarang mesinnya kayak ada suara ngegelitik ? itu kenapa ya mesin udah 122705 km.
trus kalo bengkel2 yang bisa perbaikinya yang bagus n terpercaya dmana ya sekitar jakarta barat n utara ?
trus mesin ngak pernah diapa2in kec. servis rutin seperti ganti oli, filter oli n solar, ganti timing belt, ganti saringan udara.
trus misalnya kalo udah mesin lama, perlu diapain ya mesinnya supaya bisa lebih matap lagi soalnya sekarang sepertinya tenaganya menurun.

Thanks

siinoi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: 15 Oct 2008, 16:26

Re: OOT : Membuat mobil diesel "tuwe" menjadi oke spt

Postby siinoi » 14 Jul 2009, 09:11

@ filament : beneran ngelitik? ternyata diesel bisa ngelitik yah? mohon pencerahan dong ke senior-senior disini.

filament
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: 20 May 2009, 14:11

Re: OOT : Membuat mobil diesel "tuwe" menjadi oke spt

Postby filament » 14 Jul 2009, 09:37

ngak pernah denger suara ngegelitik sebenarnya gmana sih.
cuma suara mesin g kayak ada angin bercampur suara besi gitu ngak tahu tuh ngegelitik atau ngak.
baik lagi jalan maupun diam tapi kalau di gas lebih kedengaran lagi suaranya.
mohon pencerahannya soalnya ngak ngerti mesin nih.

User avatar
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14267
Joined: 01 Feb 2009, 00:48

Re: OOT : Membuat mobil diesel "tuwe" menjadi oke spt

Postby DOHC » 14 Jul 2009, 10:24

kalo panther ane sigh biasa kalo tenaga uda mulai jeblok, ane ganti filter udara nya dan ane purging... nahh lalu ganti oli mesin dan stel klep... biasanya sigh lgs pulih lagi tenaga nya
TOYOTA 1TR-FE silver top

clutch, shift, pedal to the floor...

panthermdo
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 09 Aug 2010, 23:29

Re: OOT : Membuat mobil diesel "tuwe" menjadi oke spt

Postby panthermdo » 09 Aug 2010, 23:43

brooo turbo man anggota baru niiih mo joinan... sklian mo nanya, klo bersiihin turbo utk kategori mesin normal holden gemini 89 ada saran...? :weekk:

User avatar
Turboman
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 9459
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: OOT : Membuat mobil diesel "tuwe" menjadi oke spt

Postby Turboman » 10 Aug 2010, 10:28

panthermdo wrote:brooo turbo man anggota baru niiih mo joinan... sklian mo nanya, klo bersiihin turbo utk kategori mesin normal holden gemini 89 ada saran...? :weekk:


Utk bersihin total kerak2 di daerah housing Turbine bisa ke Delta Tehnik di Jl I Gusti Ngurah Rai - Klender (pak Mendy)

*Bukan sales Delta Tehnik*

User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16234
Joined: 03 Apr 2007, 21:24

Re: OOT : Membuat mobil diesel "tuwe" menjadi oke spt

Postby Hansen » 10 Aug 2010, 13:18

Ehm......delta speed yah...:e-think: :mrgreen:
Image

panthermdo
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 09 Aug 2010, 23:29

Re: OOT : Membuat mobil diesel "tuwe" menjadi oke spt

Postby panthermdo » 10 Aug 2010, 19:51

nah bung turboman aye lokasinya ada di manado....sama kaya yang laen apalagi manado rada susah cari bengkel diesel yg oke punya, apa daya kayanya gue harus bersihin sendiri nih.....bole tau caranya bung turboman..

User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5767
Joined: 21 Dec 2007, 11:45

Re: OOT : Membuat mobil diesel "tuwe" menjadi oke spt

Postby BADAK » 10 Aug 2010, 20:34

Om turboman mo nanya jg, turbo innova diesel ama Grand Touring besar mana?
Torsinya gedean mana? Max speed tinggi mana?
Sorry banyak nanya suhu :e-pray:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today


Return to “Minibus / Station Types”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest