E-Fuel = akankah phase out mesin piston dibatalkan ?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7381
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: E-Fuel = akankah phase out mesin piston dibatalkan ?

Post by newrubble »

per judul
makin ke thirdworld (makin ke dansar peradaban) jawabannya makin positiv

makin ke atas peradaban jawabannya adalah makin negativ dlm arti efuel (kata efuel alliance) intinya cuma bridging agar existing production tools bisa lbh dr skadar BEP

kan target 2035 mobil-mobil pake tungku cuma 2% dr total produksi (jepang n zhonghua juga punya deadline sama)

dimanapun disini smua fuel dispenser udah tertulis fosilfri /fossil-free selain yg biogas atau 100% bio
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1056
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: E-Fuel = akankah phase out mesin piston dibatalkan ?

Post by michaelgiri93 »

Kebetulan pas bahas e fuel gini, di Indonesia bisa bikin E85 gak sih?
Kalo saya baca² itu kan 85% ethanol 15% fossil fuel, bahan dasarnya untuk ethanol jagung, kalo bisa keren sih, racing fuel dalam negeri, bisa buat mesin bensin lawan cumi² darat wkwkwk
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: E-Fuel = akankah phase out mesin piston dibatalkan ?

Post by ilhami »

Mungkin gasoline campur ethanol belum. Perlu ada modifikasi di jalur bahan bakar supaya tahan dengan alkohol.
Yang sudah dilakukan adalah dengan bio diesel.
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: E-Fuel = akankah phase out mesin piston dibatalkan ?

Post by ginting »

FR6 wrote: Fri Jan 13, 2023 9:05 Ngg.... anu....
disclaimer dulu, saya nubi soal harga komoditi, gak update banget juga..
tapi yg ada di pikiran saya, Indonesia paling bisa bertahan dari kelangkaan bahan bakar fossil..
Secara Indonesia produsen sawit terbesar di dunia, terlepas pemilik saham terbesar produsennya itu mostly bukan perusahaan Indo *CMIIW*.
Jadi satu2nya yg bisa bertahan sampe kiamat ya mesin Diesel, dengan catatan harus bisa nenggak B100..
bicara soal harga/cost, kayanya 11/12 dengan crude oil:

https://www.indexmundi.com/commodities/ ... =crude-oil

gimana menurut Om-Om sekalian? :big_childish:
saya setuju secara resilience emang diesel paling tahan.
tapi diesel dari Bio juga punya pesaing yaitu kebutuhan konsumsi manusia.
tapi bener sih...ketika barrel minyak terakhir sudah disedot..maka minyak dari nabati akan naek daun.
harga mahal itu bukan issue, kalau udah gak ada pilihan.
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1068
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: E-Fuel = akankah phase out mesin piston dibatalkan ?

Post by Zaxis »

michaelgiri93 wrote: Sat Jan 14, 2023 2:33 Kebetulan pas bahas e fuel gini, di Indonesia bisa bikin E85 gak sih?
Kalo saya baca² itu kan 85% ethanol 15% fossil fuel, bahan dasarnya untuk ethanol jagung, kalo bisa keren sih, racing fuel dalam negeri, bisa buat mesin bensin lawan cumi² darat wkwkwk
Kalo buat etanol dari jagung mah bisa bikin harga pangan naik semua
Hewan ternak kan makan nya jagung
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21994
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: E-Fuel = akankah phase out mesin piston dibatalkan ?

Post by Turboman »

michaelgiri93 wrote:Kebetulan pas bahas e fuel gini, di Indonesia bisa bikin E85 gak sih?
Kalo saya baca² itu kan 85% ethanol 15% fossil fuel, bahan dasarnya untuk ethanol jagung, kalo bisa keren sih, racing fuel dalam negeri, bisa buat mesin bensin lawan cumi² darat wkwkwk
Bisa

pake Nipah Frutycans / Palm Mangrove

pohon palem yg idup di pesisir pantai, dia air payau

buahnya bisa diolah jadi Ethanol

bisa Carbon free tuh karena sekaligus penghijauan + bisa tumpang sari budidaya kepiting
* Bukan ajakan Beli *
mkamil
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 163
Joined: Tue Aug 06, 2019 14:02
Daily Vehicle: 1VD - L15Z - FB25

Re: E-Fuel = akankah phase out mesin piston dibatalkan ?

Post by mkamil »

ilhami wrote: Mon Jan 16, 2023 8:09 Mungkin gasoline campur ethanol belum. Perlu ada modifikasi di jalur bahan bakar supaya tahan dengan alkohol.
Yang sudah dilakukan adalah dengan bio diesel.
pertamina akan mengeluarkan pertamax bio atau pertamax green dengan blend e5 setara ron 95. Walaupun bagus untuk pengurangan emisi (sedikit), Makin banyak aja variasi fuel pertamina, logistic cost pertamina makin tinggi, seharusnya mulai dipikirkan penyederhanaan variasi fuel.

Kalau baca artikel di internet sekilas, mobil2 modern sudah compatible dan tidak perlu modifikasi
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: E-Fuel = akankah phase out mesin piston dibatalkan ?

Post by r1409 »

mkamil wrote: Sat Jun 24, 2023 3:04
ilhami wrote: Mon Jan 16, 2023 8:09 Mungkin gasoline campur ethanol belum. Perlu ada modifikasi di jalur bahan bakar supaya tahan dengan alkohol.
Yang sudah dilakukan adalah dengan bio diesel.
pertamina akan mengeluarkan pertamax bio atau pertamax green dengan blend e5 setara ron 95. Walaupun bagus untuk pengurangan emisi (sedikit), Makin banyak aja variasi fuel pertamina, logistic cost pertamina makin tinggi, seharusnya mulai dipikirkan penyederhanaan variasi fuel.

Kalau baca artikel di internet sekilas, mobil2 modern sudah compatible dan tidak perlu modifikasi
baca komen di insta, banyak yg bilang penggunaan ethanol ini bisa memicu karat di tangki karena sifat ethanol yg menimbulkan "keringat" berupa air. jadi tangki ga boleh dibiarkan low fuel terlalu lama.
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 693
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: E-Fuel = akankah phase out mesin piston dibatalkan ?

Post by hackers11 »

r1409 wrote:
mkamil wrote: Sat Jun 24, 2023 3:04
ilhami wrote: Mon Jan 16, 2023 8:09 Mungkin gasoline campur ethanol belum. Perlu ada modifikasi di jalur bahan bakar supaya tahan dengan alkohol.
Yang sudah dilakukan adalah dengan bio diesel.
pertamina akan mengeluarkan pertamax bio atau pertamax green dengan blend e5 setara ron 95. Walaupun bagus untuk pengurangan emisi (sedikit), Makin banyak aja variasi fuel pertamina, logistic cost pertamina makin tinggi, seharusnya mulai dipikirkan penyederhanaan variasi fuel.

Kalau baca artikel di internet sekilas, mobil2 modern sudah compatible dan tidak perlu modifikasi
baca komen di insta, banyak yg bilang penggunaan ethanol ini bisa memicu karat di tangki karena sifat ethanol yg menimbulkan "keringat" berupa air. jadi tangki ga boleh dibiarkan low fuel terlalu lama.
Dan kalo ga salah kalo ada etanol juga ga boleh disimpan terlalu lama juga ya dibtangki karena cenderung misah. Banyak drawback sepertinya.
Kecuali harga setara Pertamax dan yakin seminggu sekali abis itu bensin.
Richardusjames
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Sun Jul 30, 2017 0:11

Re: E-Fuel = akankah phase out mesin piston dibatalkan ?

Post by Richardusjames »

r1409 wrote:
mkamil wrote: Sat Jun 24, 2023 3:04
ilhami wrote: Mon Jan 16, 2023 8:09 Mungkin gasoline campur ethanol belum. Perlu ada modifikasi di jalur bahan bakar supaya tahan dengan alkohol.
Yang sudah dilakukan adalah dengan bio diesel.
pertamina akan mengeluarkan pertamax bio atau pertamax green dengan blend e5 setara ron 95. Walaupun bagus untuk pengurangan emisi (sedikit), Makin banyak aja variasi fuel pertamina, logistic cost pertamina makin tinggi, seharusnya mulai dipikirkan penyederhanaan variasi fuel.

Kalau baca artikel di internet sekilas, mobil2 modern sudah compatible dan tidak perlu modifikasi
baca komen di insta, banyak yg bilang penggunaan ethanol ini bisa memicu karat di tangki karena sifat ethanol yg menimbulkan "keringat" berupa air. jadi tangki ga boleh dibiarkan low fuel terlalu lama.
Makin byk pabrikan sprtinya pake tangki bahan plastik tapi sangat kuat. Coba cek zenix. Apa itu alasan pabrikan ya?
mkamil
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 163
Joined: Tue Aug 06, 2019 14:02
Daily Vehicle: 1VD - L15Z - FB25

Re: E-Fuel = akankah phase out mesin piston dibatalkan ?

Post by mkamil »

r1409 wrote: Sat Jun 24, 2023 3:40
mkamil wrote: Sat Jun 24, 2023 3:04
ilhami wrote: Mon Jan 16, 2023 8:09 Mungkin gasoline campur ethanol belum. Perlu ada modifikasi di jalur bahan bakar supaya tahan dengan alkohol.
Yang sudah dilakukan adalah dengan bio diesel.
pertamina akan mengeluarkan pertamax bio atau pertamax green dengan blend e5 setara ron 95. Walaupun bagus untuk pengurangan emisi (sedikit), Makin banyak aja variasi fuel pertamina, logistic cost pertamina makin tinggi, seharusnya mulai dipikirkan penyederhanaan variasi fuel.

Kalau baca artikel di internet sekilas, mobil2 modern sudah compatible dan tidak perlu modifikasi
baca komen di insta, banyak yg bilang penggunaan ethanol ini bisa memicu karat di tangki karena sifat ethanol yg menimbulkan "keringat" berupa air. jadi tangki ga boleh dibiarkan low fuel terlalu lama.
iya beberapa artikel merekomendasikan untuk tidak menyimpan dlm waktu lama, lebih dari 4 minggu disarankan menggunakan fuel stabilizer
KSG88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 362
Joined: Thu Apr 11, 2019 10:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota

Re: E-Fuel = akankah phase out mesin piston dibatalkan ?

Post by KSG88 »

Karena mesin zaman sekarang banyak berturbo / hybrid yg notabene kompresi tinggi jualnya RON 95 dan 98 saja. Yg RON 90 tetap dijual, ron 92 hilangkan ajalah uda nanggung belum euro 4 juga. Jadi tetep efisien hanya jual 3 produk gasoline.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: E-Fuel = akankah phase out mesin piston dibatalkan ?

Post by kunaskun »

r1409 wrote: Sat Jun 24, 2023 3:40 baca komen di insta, banyak yg bilang penggunaan ethanol ini bisa memicu karat di tangki karena sifat ethanol yg menimbulkan "keringat" berupa air. jadi tangki ga boleh dibiarkan low fuel terlalu lama.
menyerap kelembaban. tangki si ga masalah, karena mobil modern biasanya sudah support E-fuel sekian persen.
yang jadi masalah, kalau pemakaian low mileage atau mobil yang irit2 itu bensin sudah keburu basi, dan ethanol dari tebu ini punya masalah di performa lebih rendah, low power dengan oktan sama.
Richardusjames wrote: Sat Jun 24, 2023 5:16 Makin byk pabrikan sprtinya pake tangki bahan plastik tapi sangat kuat. Coba cek zenix. Apa itu alasan pabrikan ya?
sudah lama tangki bbm plastik, terutama merek eropa, alasan utama tentu saja weight and cost saving.

sifat ethanol dari tebu ini jadi rada mirip dengan biosolar sekarang. ya mesti tambah aditif lagi.
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 509
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: E-Fuel = akankah phase out mesin piston dibatalkan ?

Post by RezPrat »

Pake etanol bakal lebih rentan korosi, bukan hanya masalah fuel tank, tapi jalur BBM ke mesin itu kan ada yg pake metal, fuel rail gak ada yg plastik kan. Trus si etanol itu jiga attract water, jadi kalo kelamaan d tank (baik mobil/SPBU) bisa mengandung kadar air dia dan it's bad for engine.

Trus 10% etanol itu reduce mileage by 10%, karena energy destiny nya lebih jelek dari pure gasoline.
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 361
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: E-Fuel = akankah phase out mesin piston dibatalkan ?

Post by daimler »

Kalo di US onoh ethanol sudah cukup lama digunakan buat campuran bbm dr olahan jagung karena pertanian jagung di sana sangat surplus sekali. biasanya mobil2 yg ada emblem 'flexFuel' bisa nenggak e85 85%ethanol 15%sisanya gasoline. Cm udh banyak yg review kalo energy density si ethanol ini ga sebaik bensin, di mana misalnya perlu 10ltr bensin bisa buat nempuh 80km di mesin 1500cc, sedangkan e85 perlu lebih dr 10ltr buat nempuh jarak yg sama. CMIIW
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
Image
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 965
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: E-Fuel = akankah phase out mesin piston dibatalkan ?

Post by vanosz »

b0ku wrote: Fri Jan 13, 2023 6:16
Suryaputra wrote: Fri Jan 13, 2023 3:50
Honda Hybrid aja sampai bikin artificial engine sound...
Buat simulasi gear shift engine note nya :mky_01:

Suaranya keluar dr speaker yg sdh didesign untuk artificial sound tsb :big_biglaugh:
semua di plasuin cocok sama kaum SJW sukanya yang palsu2x sampe anggota tubuhnya pun di plasuin :ngacir:
mknya agans boku dan agans suryaputra sebagai fans fakboi oonda harus rasain suara lengkingan mesin vtec kik in you turun gigi langsung tempelin pedal ke karpet lantai sampe mentok redline,


beuhhhhhh,eargasm gans,berasa jiwa kembali muda lagi,

klo ane kan udah puas,jantung udah gak kuat,dengkul gampang gemetaran,maklum udah umur gak bisa boong,

ane dengan ikhlas mau lepasin aja dah tuh mobil untuk fans fakboi sejati oonda,
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4206
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: E-Fuel = akankah phase out mesin piston dibatalkan ?

Post by b0ku »

vanosz wrote: Thu Oct 05, 2023 22:55
b0ku wrote: Fri Jan 13, 2023 6:16
Suryaputra wrote: Fri Jan 13, 2023 3:50
Honda Hybrid aja sampai bikin artificial engine sound...
Buat simulasi gear shift engine note nya :mky_01:

Suaranya keluar dr speaker yg sdh didesign untuk artificial sound tsb :big_biglaugh:
semua di plasuin cocok sama kaum SJW sukanya yang palsu2x sampe anggota tubuhnya pun di plasuin :ngacir:
mknya agans boku dan agans suryaputra sebagai fans fakboi oonda harus rasain suara lengkingan mesin vtec kik in you turun gigi langsung tempelin pedal ke karpet lantai sampe mentok redline,


beuhhhhhh,eargasm gans,berasa jiwa kembali muda lagi,

klo ane kan udah puas,jantung udah gak kuat,dengkul gampang gemetaran,maklum udah umur gak bisa boong,

ane dengan ikhlas mau lepasin aja dah tuh mobil untuk fans fakboi sejati oonda,
KALO kayak gitu ai mendingan beli ESMILO b18 ud gak ada yang ngalahin suara lengkingannya K20A type R aja rada alus suaranya :big_grin:
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 965
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: E-Fuel = akankah phase out mesin piston dibatalkan ?

Post by vanosz »

b0ku wrote: Fri Jan 13, 2023 3:10

ya dulu harga battery kemry juga cuma 48jt sekarang ud 70jt :wkkk:

innova katanya 35jt ya liatin aja naek berapa makanya mendingan jgn2x banyak2x di jalan ntar batrenya makin mahal karena minning bahannya tuh gak gampang :mky_03:

terutama cobalt nambangnya sangat ramah lingkungan kok gak pake alat berat nih saya kasih contohnya :mky_03:



:wkkk:
wah ngerik x ya baterenya tambah mahal,jadi itungannya tambah boros ya,kan awalnya mau hemat,klo mobil dipake harian jalan jauh mungkin berasa x ya minimal tiap ari 100km,

klo cuma jarak dekat kan pemborosan isi dompet dong ya,

pertabo itu mahal amirr loh,masa isi pertamak,mesin canggih kok dikasi oktan rendah,

coba dah yang biasa disini rajin itungin biaya jangka panjang dan jangka pendek coba di bikin rumusnya sekalian pitagoras,

atau mungkin yang penting terutama pake hibrid itu bnyk buat eksis di medsos x ya,keren gitu loh,

gak salah ane pernah liat yutub siapa gitu oooo ya famili men,

ioniG 5 masa konsumsinya 1:5,tes di tol,

coba dah sercing,

itu sih pelo,udah dibikin ribet hariannya,ehhh boros juga,



biar irit hemat ane pake diesel aja dah,namanya juga truk diesel buat kaum pekerja kuli ky ane yang harian puter puter keliling ancol monas,
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4206
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: E-Fuel = akankah phase out mesin piston dibatalkan ?

Post by b0ku »

vanosz wrote: Thu Oct 05, 2023 23:16
wah ngerik x ya baterenya tambah mahal,jadi itungannya tambah boros ya,kan awalnya mau hemat,klo mobil dipake harian jalan jauh mungkin berasa x ya minimal tiap ari 100km,

klo cuma jarak dekat kan pemborosan isi dompet dong ya,

pertabo itu mahal amirr loh,masa isi pertamak,mesin canggih kok dikasi oktan rendah,

coba dah yang biasa disini rajin itungin biaya jangka panjang dan jangka pendek coba di bikin rumusnya sekalian pitagoras,

atau mungkin yang penting terutama pake hibrid itu bnyk buat eksis di medsos x ya,keren gitu loh,

gak salah ane pernah liat yutub siapa gitu oooo ya famili men,

ioniG 5 masa konsumsinya 1:5,tes di tol,

coba dah sercing,

itu sih pelo,udah dibikin ribet hariannya,ehhh boros juga,



biar irit hemat ane pake diesel aja dah,namanya juga truk diesel buat kaum pekerja kuli ky ane yang harian puter puter keliling ancol monas,
percuma biaya jangka panjang pun EV hybrid itu kalah wong orang di surh bayar di awal sedangkan satunya lagi ud kayak cicilan 0% itupun gak di pake pun kan kagak keluar duit..... kayak kita aja jalan gak sampe 5000km setaon 2 unit satu isi DEX satu isi Turbo sebulan paling cuma abis 1jt :big_biglaugh:

rusak??? benerin gearbox 30jt paling turun mesin lah itu pajero ud 2x aja cuma abis 24jtan :mky_07:

kebeli batre hybridnya kapan ??? :mky_07:

belom ioniq batre 300-400jt ya ud beli VNT aja 260jt sisa 40jt-140jt modif cumi2x pasang rotator wuing2x sama sogok aparat pake plat bintang2x sama beli beceng sekalian bebas ganjil genap bebas macet deh :big_smoking:

kalo ada yang gak seneng tinggal PLOTOtin aja sambil kokang pestol bilang "APE LOE!!!!" :big_smoking:

atau cara gampang beli 2 unit kembar 150-200jt ganjil genap :big_grin:
Ibet
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: E-Fuel = akankah phase out mesin piston dibatalkan ?

Post by Ibet »

darrelund wrote: Fri Jan 13, 2023 2:22 bukan cuma grgr e-fuel aja

tp emg pindah total ke EV di 2030 ga realistis, itu eropa jg ud pada minta mundurin deadline

dia org yg atur, dia org jg yg ngeluh :big_biglaugh:
kaget tiba - tiba digempur EV murah dan oke dari Tiongkok,
trus bisnis ni tanah sendiri jadi kena dampak wkwk

:big_childish:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4206
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: E-Fuel = akankah phase out mesin piston dibatalkan ?

Post by b0ku »



hati2x lah sama merek china :big_bored:
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1787
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: E-Fuel = akankah phase out mesin piston dibatalkan ?

Post by sahabatq8 »

mkamil wrote: Sat Jun 24, 2023 3:04
ilhami wrote: Mon Jan 16, 2023 8:09 Mungkin gasoline campur ethanol belum. Perlu ada modifikasi di jalur bahan bakar supaya tahan dengan alkohol.
Yang sudah dilakukan adalah dengan bio diesel.
pertamina akan mengeluarkan pertamax bio atau pertamax green dengan blend e5 setara ron 95. Walaupun bagus untuk pengurangan emisi (sedikit), Makin banyak aja variasi fuel pertamina, logistic cost pertamina makin tinggi, seharusnya mulai dipikirkan penyederhanaan variasi fuel.

Kalau baca artikel di internet sekilas, mobil2 modern sudah compatible dan tidak perlu modifikasi
Mobil² modern biasa bisa up to E10.

Tapi memang apa aja yang harus di upgrade?

Yang saya tau cuma flexfuel sensor/system untuk settingan si ecu biar pembakaran optimal dan fuel pump dan injector kalo sampe E85 (karena energy capacity ethanol lebih sedikit dari bensin biasa jadi nyemprotnya harys lebih banyak. Kalo pake injector standard gak keuber.)

Ada lagi ya?
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 965
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: E-Fuel = akankah phase out mesin piston dibatalkan ?

Post by vanosz »

b0ku wrote: Thu Oct 05, 2023 23:11
vanosz wrote: Thu Oct 05, 2023 22:55
b0ku wrote: Fri Jan 13, 2023 6:16

semua di plasuin cocok sama kaum SJW sukanya yang palsu2x sampe anggota tubuhnya pun di plasuin :ngacir:
mknya agans boku dan agans suryaputra sebagai fans fakboi oonda harus rasain suara lengkingan mesin vtec kik in you turun gigi langsung tempelin pedal ke karpet lantai sampe mentok redline,


beuhhhhhh,eargasm gans,berasa jiwa kembali muda lagi,

klo ane kan udah puas,jantung udah gak kuat,dengkul gampang gemetaran,maklum udah umur gak bisa boong,

ane dengan ikhlas mau lepasin aja dah tuh mobil untuk fans fakboi sejati oonda,
KALO kayak gitu ai mendingan beli ESMILO b18 ud gak ada yang ngalahin suara lengkingannya K20A type R aja rada alus suaranya :big_grin:
beuhhhhh

suara lengkingan + fun drive gak bisa kalahin ane punya,


rekor sirkuit itu,ini raja vtek kik in yo ke kinian,


cobain dulu pake yg ane punya,


esmilo mah gak usah diliat,tar di gas bunyi kriet kriet,

itu era zaman ane sekolah,

pernah ane minta beliin ortu,tp ortu ane dompetnya masih bokeh,


ane sangat jarang pake,ini aja oli belum ganti udah lewat 6 bulan,udah seminggu nih gak idup panasin,

terakhir ke brakeshop ukur piringan rem muat gak ukuran mentokin velg,

malah mau keluarin mesin boxer udah 3 minggu gak gerak,udah lama gak rasain mobil bom bom car,THE ART OF DRIVING,


maklum harian ane pake diesel sih,gubrak gabruk ngasssspolllll,sudah nyemplung ke got,di tabrak bajaj,bodi pintu karatan ditabrak emak emak bawa avanza,
tetap kencang irit hemat awetttt,biosolar,

stronggggg,
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4206
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: E-Fuel = akankah phase out mesin piston dibatalkan ?

Post by b0ku »

vanosz wrote: Fri Oct 06, 2023 22:55
beuhhhhh

suara lengkingan + fun drive gak bisa kalahin ane punya,


rekor sirkuit itu,ini raja vtek kik in yo ke kinian,


cobain dulu pake yg ane punya,


esmilo mah gak usah diliat,tar di gas bunyi kriet kriet,

itu era zaman ane sekolah,

pernah ane minta beliin ortu,tp ortu ane dompetnya masih bokeh,


ane sangat jarang pake,ini aja oli belum ganti udah lewat 6 bulan,udah seminggu nih gak idup panasin,

terakhir ke brakeshop ukur piringan rem muat gak ukuran mentokin velg,

malah mau keluarin mesin boxer udah 3 minggu gak gerak,udah lama gak rasain mobil bom bom car,THE ART OF DRIVING,


maklum harian ane pake diesel sih,gubrak gabruk ngasssspolllll,sudah nyemplung ke got,di tabrak bajaj,bodi pintu karatan ditabrak emak emak bawa avanza,
tetap kencang irit hemat awetttt,biosolar,

stronggggg,
BARU Kriet2x om jazz ane kalo nikung kenceng suaranya duk duk duk duk kenceng lagi..... masih misteri itu suara apaan mungkin suara dudukan plat nomer atau barang2x di bagasi pada geser gak jelas deh tiap di cariiin gak ketemu :big_biglaugh:
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 965
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: E-Fuel = akankah phase out mesin piston dibatalkan ?

Post by vanosz »

b0ku wrote: Fri Oct 06, 2023 0:04
vanosz wrote: Thu Oct 05, 2023 23:16
wah ngerik x ya baterenya tambah mahal,jadi itungannya tambah boros ya,kan awalnya mau hemat,klo mobil dipake harian jalan jauh mungkin berasa x ya minimal tiap ari 100km,

klo cuma jarak dekat kan pemborosan isi dompet dong ya,

pertabo itu mahal amirr loh,masa isi pertamak,mesin canggih kok dikasi oktan rendah,

coba dah yang biasa disini rajin itungin biaya jangka panjang dan jangka pendek coba di bikin rumusnya sekalian pitagoras,

atau mungkin yang penting terutama pake hibrid itu bnyk buat eksis di medsos x ya,keren gitu loh,

gak salah ane pernah liat yutub siapa gitu oooo ya famili men,

ioniG 5 masa konsumsinya 1:5,tes di tol,

coba dah sercing,

itu sih pelo,udah dibikin ribet hariannya,ehhh boros juga,



biar irit hemat ane pake diesel aja dah,namanya juga truk diesel buat kaum pekerja kuli ky ane yang harian puter puter keliling ancol monas,
percuma biaya jangka panjang pun EV hybrid itu kalah wong orang di surh bayar di awal sedangkan satunya lagi ud kayak cicilan 0% itupun gak di pake pun kan kagak keluar duit..... kayak kita aja jalan gak sampe 5000km setaon 2 unit satu isi DEX satu isi Turbo sebulan paling cuma abis 1jt :big_biglaugh:

rusak??? benerin gearbox 30jt paling turun mesin lah itu pajero ud 2x aja cuma abis 24jtan :mky_07:

kebeli batre hybridnya kapan ??? :mky_07:

belom ioniq batre 300-400jt ya ud beli VNT aja 260jt sisa 40jt-140jt modif cumi2x pasang rotator wuing2x sama sogok aparat pake plat bintang2x sama beli beceng sekalian bebas ganjil genap bebas macet deh :big_smoking:

kalo ada yang gak seneng tinggal PLOTOtin aja sambil kokang pestol bilang "APE LOE!!!!" :big_smoking:

atau cara gampang beli 2 unit kembar 150-200jt ganjil genap :big_grin:
yah itu x ya,

mungkin biar kekinian ,pajang instagram,eksis gitu loh,ktnya teman sih,

ane sih gak punya instgram,cuma main forum mobil aja,

sakit mata ane,kbanyakan medsos,

grup wat ap aja cuma 1,isinya 6 orang aja,itu juga aliran modif balap masa lalu,

klo ev sih ane malas mikirnya krn ribet segala cas tarik kabel lah,

klo ane pulang tengah malam batere krisis, trs cas ktiduran tiba tiba konssleet kluar fire wah kan ngerijjjjjkk,
ane orgnya pulang kerumah lgsg istirahat,malas cek ricek mobil,


ane lagi demen liat mitsui triton,

ane beli itu aja ah,


kcuali hilux keluar model baru ya ane beli hiluk aja dah,biasanya lebih bagus toyota sih,

mknya geblek juga itu mitsui dagang kelamaan,