Ganti Coolant Radiator

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1297
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by Or4cle »

BronanTheBrobarian wrote: Thu Dec 07, 2023 8:34 Izin tanya, mobil udah 12 tahun, mobil keluarga yang dihibah ke saya. Dari dulu bokap sampe udah di tangan sendiri selalu isi radiator pake air kran (sedot tanah kyknya). Ni tahap2 yang mesti dilakuin apa ya buat kuras sendiri buat ganti ke coolant? Pakai Prestone radiator cleaner dan mobil dipake seharian, terus flushing pake air suling ampe bening cukup kah?
Kalau mobil rutin pakai air keran jgn langsung pakai radiator cleaner, nanti karat rontok menyumbat sistem pendingin malah bikin overheat
Cek dulu water jacket sdh korosi / karat lum. Kalau masih bagus, segera undang tetangga buat acara syukuran :big_biglaugh:
Sisanya bersihin / ganti komponen jalur pendingin lainnya baru ganti ke coolant.
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1397
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by iwing »

BronanTheBrobarian wrote: Thu Dec 07, 2023 8:34 Izin tanya, mobil udah 12 tahun, mobil keluarga yang dihibah ke saya. Dari dulu bokap sampe udah di tangan sendiri selalu isi radiator pake air kran (sedot tanah kyknya). Ni tahap2 yang mesti dilakuin apa ya buat kuras sendiri buat ganti ke coolant? Pakai Prestone radiator cleaner dan mobil dipake seharian, terus flushing pake air suling ampe bening cukup kah?
klo menurut saya, tetap saja pakai air kran om. karena kabarnya, jika sudah lama pakai air kran trus ganti coolant, kerak/karat akan rontok dan timbul bocor
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 361
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by daimler »

iwing wrote: Thu Dec 07, 2023 10:36
BronanTheBrobarian wrote: Thu Dec 07, 2023 8:34 Izin tanya, mobil udah 12 tahun, mobil keluarga yang dihibah ke saya. Dari dulu bokap sampe udah di tangan sendiri selalu isi radiator pake air kran (sedot tanah kyknya). Ni tahap2 yang mesti dilakuin apa ya buat kuras sendiri buat ganti ke coolant? Pakai Prestone radiator cleaner dan mobil dipake seharian, terus flushing pake air suling ampe bening cukup kah?
klo menurut saya, tetap saja pakai air kran om. karena kabarnya, jika sudah lama pakai air kran trus ganti coolant, kerak/karat akan rontok dan timbul bocor
biasanya klo udh lama pakai aer keran, bbrapa rekomen di korek dlu radiatornya, dicopot trs dibersihin jalur selang2nya, sm dicek ada bocor halus ga dr radiatornya. karena aer keran ga ada aditif rust protectionnya, khawatir ketika langsung dituang coolant berbahan IAT/OAT, karat2nya pd rontok trs resiko menyumbat selang radiatornya. tes dlu awal pakai coolant megacools *bukan sales karena katanya bahan aditifnya minim. ntar kalo udh jalan 3bulan aman radiator ga nyumbat atau keropos, bisa diganti pakai prestone atau air coolant yg bagusan ntah ravenol, dll. cek juga tutup radiatornya udh pernah diganti atau belom, klo belom rekomen ganti aja karena karetnya biasanya udh getas, ga kuat nahan tekanan.
btw boilnya mazdut 2 non sky kah?
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
Image
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1494
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by MSU »

BronanTheBrobarian wrote: Thu Dec 07, 2023 8:34 Izin tanya, mobil udah 12 tahun, mobil keluarga yang dihibah ke saya. Dari dulu bokap sampe udah di tangan sendiri selalu isi radiator pake air kran (sedot tanah kyknya). Ni tahap2 yang mesti dilakuin apa ya buat kuras sendiri buat ganti ke coolant? Pakai Prestone radiator cleaner dan mobil dipake seharian, terus flushing pake air suling ampe bening cukup kah?
Kalo ala2 saya...berhubung beli mobil selalu mobkas...
Awalnya misal airnya udh kotor....flush dulu pake air biasa..abis itu buang
Isi lg pake prestone kuning tp diencerin lg ama air aki biru..sktr 50:50...setelah dipake sktr 1000km cek reservoir biasa ada endapan lumpur di bawahnya..rutin aja ganti yg di reservoir sampe ga ada endapan lg...berkala jg cek ada bocor2 dr selang atau radiator ga...
Kl ada rembes2 dr radiator sekalian rojok aja...
Diulangi terus sampe ga ada lumpur lg di reservoir....konsentrasi coolant naikin bertahap sampe bisa 100%
abed666
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Tue Dec 26, 2023 16:40

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by abed666 »

Misi suhu,
Udah kebeli prestone anti-freeze yang ready to use ijo 3 galon berarti total hampir 12liter.
Rencana mau di pakein di fortuner vnt 2015 dan hrv 2018
Yg fortuner udah pernah ganti 2x tapi gak kuras, pake master merah (pink).

Kalo yg hrv ini masih oem warna ijo.

Aman gak yaa 2 mobil ini di pakein coolant aftermarket ini?

Rencana mau kuras tapi udah datengin 2 bengkel radiator mereka gak bisa kuras , cuma ganti di radiator dan isi tabung reservoir aja. Lokasi palembang, ada yang tau bengkel rekomen? Makasih suhu…..
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 705
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by azu »

beberapa bulan lalu baru angkat Nav1, ternyata sudah pakai air karena info dari owner sebelumnya dia ganti radiator terus sesudahnya ga diisi coolant. akhirnya saya coba ganti dengan coolant Toyota SLLC 50/50 dan karena di service manual tercantum kapasitas coolant di 7,8 liter jadi beli 3 galon untuk jaga-jaga.

Tahapan ganti dari air menjadi coolant:
1. Karena radiator gantiannya pakai Trivindo, lubang baut pengikat reservoir ke radiatornya slek dan tidak bisa dilepas :big_slap:
Akhirnya kuras reservoirnya pakai selang terus ditiup tabung reservoirnya biar keluar, terus saya isi pakai amidis dan tabung reservoirnya disikat pakai sikat botol bayi supaya kerak2 di dalamnya bersih, proses ini diulang 3 kali sampai bersih reservoirnya. sesudahnya baru saya isi coolant.

2. Buka baut tap radiator untuk kuras sampai habis, sambil dilihat kondisi air yg keluar. ketika saya lihat sih airnya masih cukup bening, hanya agak keruh tapi tidak ada warna coklat gitu, asumsi saya masih aman. saya tidak buka baut tap yg di head karena posisinya agak susah juga, jadi hanya kuras dari radiator saja.

3. Setelah terkuras, saya isi Amidis tapi dalam kondisi tap radiator masih terbuka, sampai air yg keluarnya jernih. disini saya habis sekitar 5 liter itu amidis. setelah jernih baru saya tutup tap radiator, kemudian isi dengan amidis dengan funnel pengisian coolant sampai penuh.

4. Setelah penuh mesin dinyalakan agar air bersirkulasi dan membuang udaranya, sambil cek suhu coolant menggunakan OBD Reader. Mesin saya nyalakan dengan menyalakan heater tapi tombol AC dimatikan, sampai fan radiator nyala. Kalau di Nav1 ini fan radiator nyala di 96 Celsius dan mati saat coolant di 92 Celsius, untuk mencapai suhu segitu ga bisa stasioner saja jadi sambil digas sampai putaran mesin di 2500-3000 RPM sambil lihat gelembung yang keluar.

Saat lihat dari gelembung yang keluar di funnel ternyata tidak kotor, kalau kotor biasanya dari gelembung itu juga suka ada keraknya, jadi sepertinya kondisi radiator dan jalur coolant masih lumayan bersih.

5. Kalau sudah tidak ada gelembung lagi dan suhunya stabil di maksimal 96 (saat fan menyala langsung turun lagi) sampai beberapa kali kipas menyala, matikan mesin dan tunggu agak mendingin.

6. Ketika suhu coolant sudah cukup turun, waktu itu saya di suhu 60 atau 70an ya, buka kembali tap radiator untuk membuang air. Kalau dari gelembung di tahap 4 dan 5 masih muncul busa dan seperti kerak, bisa diulangi lagi dari tahap 3 sampai 5 sampai air yg bersirkulasi dirasa sudah cukup bersih/tidak berbusa.

7. Setelah air keluar semua/tinggal menetes sedikit, tutup tap kemudian isi radiator dengan coolant menggunakan funnel. Lakukan lagi prosedur yang sama dengan tahap 3 sampai 5 sampai tidak keluar gelembung lagi.

Dengan cara tersebut, saya menghabiskan coolant hampir 4 liter cukup jauh dari spesifikasi di service manual yg 7,8 liter. Tapi karena sebelumnya dikuras menggunakan Amidis, menurut saya sih tidak apa-apa tercampur hanya konsentrasi coolantnya tidak jadi 50% lagi karena sudah tercampur sedikit Amidis, makanya saya pakai yg SLLC 50/50 juga :mky_01:

Sekarang karena pakai coolant, kalau ada tetesan/rembes jadi kelihatan ada yang berkerak putih. sekarang dari selang bypass ke reservoir terlihat ada kerak, sepertinya selangnya sudah kurang ketat. Kalau di Vios saya dulu sama bengkelnya dikasih gasket sealant di konektor bawah tutup radiatornya. Sekarang saya lagi coba beli klip penjepit selang untuk dipasang di sambungan tersebut siapa tahu jadi ga rembes lagi tanpa harus ganti selang, sekarang masih nunggu klipnya dateng :mky_01:

Klip yg saya beli: https://tokopedia.link/1neWoHlcTFb


Sekarang saya jadi ada sisa 2 galon Toyota SLLC :big_biglaugh:

Toyota SLLC ini bisa dipakai di Suzuki ngga ya? Kalau bisa mungkin bisa dipakai untuk kuras radiator Ertiga ibu saya aja
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9685
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by Suryaputra »

azu wrote: Thu Dec 28, 2023 4:59 beberapa bulan lalu baru angkat Nav1, ternyata sudah pakai air karena info dari owner sebelumnya dia ganti radiator terus sesudahnya ga diisi coolant. akhirnya saya coba ganti dengan coolant Toyota SLLC 50/50 dan karena di service manual tercantum kapasitas coolant di 7,8 liter jadi beli 3 galon untuk jaga-jaga.

Tahapan ganti dari air menjadi coolant:
1. Karena radiator gantiannya pakai Trivindo, lubang baut pengikat reservoir ke radiatornya slek dan tidak bisa dilepas :big_slap:
Akhirnya kuras reservoirnya pakai selang terus ditiup tabung reservoirnya biar keluar, terus saya isi pakai amidis dan tabung reservoirnya disikat pakai sikat botol bayi supaya kerak2 di dalamnya bersih, proses ini diulang 3 kali sampai bersih reservoirnya. sesudahnya baru saya isi coolant.

2. Buka baut tap radiator untuk kuras sampai habis, sambil dilihat kondisi air yg keluar. ketika saya lihat sih airnya masih cukup bening, hanya agak keruh tapi tidak ada warna coklat gitu, asumsi saya masih aman. saya tidak buka baut tap yg di head karena posisinya agak susah juga, jadi hanya kuras dari radiator saja.

3. Setelah terkuras, saya isi Amidis tapi dalam kondisi tap radiator masih terbuka, sampai air yg keluarnya jernih. disini saya habis sekitar 5 liter itu amidis. setelah jernih baru saya tutup tap radiator, kemudian isi dengan amidis dengan funnel pengisian coolant sampai penuh.

4. Setelah penuh mesin dinyalakan agar air bersirkulasi dan membuang udaranya, sambil cek suhu coolant menggunakan OBD Reader. Mesin saya nyalakan dengan menyalakan heater tapi tombol AC dimatikan, sampai fan radiator nyala. Kalau di Nav1 ini fan radiator nyala di 96 Celsius dan mati saat coolant di 92 Celsius, untuk mencapai suhu segitu ga bisa stasioner saja jadi sambil digas sampai putaran mesin di 2500-3000 RPM sambil lihat gelembung yang keluar.

Saat lihat dari gelembung yang keluar di funnel ternyata tidak kotor, kalau kotor biasanya dari gelembung itu juga suka ada keraknya, jadi sepertinya kondisi radiator dan jalur coolant masih lumayan bersih.

5. Kalau sudah tidak ada gelembung lagi dan suhunya stabil di maksimal 96 (saat fan menyala langsung turun lagi) sampai beberapa kali kipas menyala, matikan mesin dan tunggu agak mendingin.

6. Ketika suhu coolant sudah cukup turun, waktu itu saya di suhu 60 atau 70an ya, buka kembali tap radiator untuk membuang air. Kalau dari gelembung di tahap 4 dan 5 masih muncul busa dan seperti kerak, bisa diulangi lagi dari tahap 3 sampai 5 sampai air yg bersirkulasi dirasa sudah cukup bersih/tidak berbusa.

7. Setelah air keluar semua/tinggal menetes sedikit, tutup tap kemudian isi radiator dengan coolant menggunakan funnel. Lakukan lagi prosedur yang sama dengan tahap 3 sampai 5 sampai tidak keluar gelembung lagi.

Dengan cara tersebut, saya menghabiskan coolant hampir 4 liter cukup jauh dari spesifikasi di service manual yg 7,8 liter. Tapi karena sebelumnya dikuras menggunakan Amidis, menurut saya sih tidak apa-apa tercampur hanya konsentrasi coolantnya tidak jadi 50% lagi karena sudah tercampur sedikit Amidis, makanya saya pakai yg SLLC 50/50 juga :mky_01:

Sekarang karena pakai coolant, kalau ada tetesan/rembes jadi kelihatan ada yang berkerak putih. sekarang dari selang bypass ke reservoir terlihat ada kerak, sepertinya selangnya sudah kurang ketat. Kalau di Vios saya dulu sama bengkelnya dikasih gasket sealant di konektor bawah tutup radiatornya. Sekarang saya lagi coba beli klip penjepit selang untuk dipasang di sambungan tersebut siapa tahu jadi ga rembes lagi tanpa harus ganti selang, sekarang masih nunggu klipnya dateng :mky_01:

Klip yg saya beli: https://tokopedia.link/1neWoHlcTFb


Sekarang saya jadi ada sisa 2 galon Toyota SLLC :big_biglaugh:

Toyota SLLC ini bisa dipakai di Suzuki ngga ya? Kalau bisa mungkin bisa dipakai untuk kuras radiator Ertiga ibu saya aja
Mantap langkah2 nya :big_exellent:
Appreciate for sharing

Aman beda merk oem mah
Biasanya hanya beda warna dan komposisi aja klo beda merk.

Krn radiator oem jepang kan biasa denso juga yg bikin :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 705
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by azu »

Siap om, nanti saya coba kuras yg Ertiga kalau gitu :mky_02:
Cuma setahu saya coolant Suzuki itu 30/70 sih bukan 50/50 makanya rekomendasi pabrikannya ganti 2 tahun sekali.. tidak seperti Toyota yang pergantian awal di 10 tahun/160rb KM untuk selanjutnya baru setiap 40rb KM


Agak OOT, Sekarang saya lihat yg jual spill proof funnel udah ada ya di marketplace dan harganya juga 200 ribuan aja, dulu saya belinya di Monotaro pas diskon jadi 235rb dari asalnya 500ribu tapi indennya 3 bulan karena impor dulu dari Jepang :big_slap:

Kalau yang suka rawat mobil sendiri, saran saya sih harus punya funnel ini karena membantu banget pas kuras radiator
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9685
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by Suryaputra »

azu wrote: Thu Dec 28, 2023 5:28 Siap om, nanti saya coba kuras yg Ertiga kalau gitu :mky_02:
Cuma setahu saya coolant Suzuki itu 30/70 sih bukan 50/50 makanya rekomendasi pabrikannya ganti 2 tahun sekali.. tidak seperti Toyota yang pergantian awal di 10 tahun/160rb KM untuk selanjutnya baru setiap 40rb KM


Agak OOT, Sekarang saya lihat yg jual spill proof funnel udah ada ya di marketplace dan harganya juga 200 ribuan aja, dulu saya belinya di Monotaro pas diskon jadi 235rb dari asalnya 500ribu tapi indennya 3 bulan karena impor dulu dari Jepang :big_slap:

Kalau yang suka rawat mobil sendiri, saran saya sih harus punya funnel ini karena membantu banget pas kuras radiator
Next nya bisa cobain Denso Super Long Life Coolant,
mantap ini.


*bukan sales Denso :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1404
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by AbdulHakim »

abed666 wrote: Thu Dec 28, 2023 4:59 Misi suhu,
Udah kebeli prestone anti-freeze yang ready to use ijo 3 galon berarti total hampir 12liter.
Rencana mau di pakein di fortuner vnt 2015 dan hrv 2018
Yg fortuner udah pernah ganti 2x tapi gak kuras, pake master merah (pink).

Kalo yg hrv ini masih oem warna ijo.

Aman gak yaa 2 mobil ini di pakein coolant aftermarket ini?

Rencana mau kuras tapi udah datengin 2 bengkel radiator mereka gak bisa kuras , cuma ganti di radiator dan isi tabung reservoir aja. Lokasi palembang, ada yang tau bengkel rekomen? Makasih suhu…..
maksud om radiator dikuras itu seperti apa?

Di Palembang di sepanjang jalan Dr. M. Isa itu banyak bengkel servis AC dan radiator, udah nyoba ke sana?
abed666
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Tue Dec 26, 2023 16:40

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by abed666 »

AbdulHakim wrote: Thu Dec 28, 2023 6:32
abed666 wrote: Thu Dec 28, 2023 4:59 Misi suhu,
Udah kebeli prestone anti-freeze yang ready to use ijo 3 galon berarti total hampir 12liter.
Rencana mau di pakein di fortuner vnt 2015 dan hrv 2018
Yg fortuner udah pernah ganti 2x tapi gak kuras, pake master merah (pink).

Kalo yg hrv ini masih oem warna ijo.

Aman gak yaa 2 mobil ini di pakein coolant aftermarket ini?

Rencana mau kuras tapi udah datengin 2 bengkel radiator mereka gak bisa kuras , cuma ganti di radiator dan isi tabung reservoir aja. Lokasi palembang, ada yang tau bengkel rekomen? Makasih suhu…..
maksud om radiator dikuras itu seperti apa?

Di Palembang di sepanjang jalan Dr. M. Isa itu banyak bengkel servis AC dan radiator, udah nyoba ke sana?
Udah kesana, gak bisa semua.

Kuras maksud nya semua pake coolant baru, jgn sampe ada kesisa lagi. Bukannya di dlm blok mesin tuh masih ada cairan coolant ya??
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11034
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by marmut »

abed666 wrote: Thu Dec 28, 2023 8:19

Kuras maksud nya semua pake coolant baru, jgn sampe ada kesisa lagi. Bukannya di dlm blok mesin tuh masih ada cairan coolant ya??


vnt itu pake mesin 2kd kan? ada drain plug buat coolant deket filter oli mesin bisa dibuka dan aksesnya tidak terlalu sulit.
saat pengisian kembali, jangan lupa bleeding. sudah diajarkan akang
Omnibus
di trit handtools tahapannya dengan lengkap, sila dicari.

hrv mesin L series? ada drain plug untuk coolant tapi tidak disarankan untuk dibuka. jadi cukup buka butterfly plug yg di radiator saja dan isi kembali.

dan tanpa mengurangi rasa hormat, mereka² yg pasang plang "servis radiator" itu nggak ngerti apapun mengenai cooling system mobil jaman skr. jadi sebaiknya hindari datang kesana kecuali anda masih pakai jip mambo.
abed666
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Tue Dec 26, 2023 16:40

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by abed666 »

marmut wrote: Thu Dec 28, 2023 8:54
abed666 wrote: Thu Dec 28, 2023 8:19

Kuras maksud nya semua pake coolant baru, jgn sampe ada kesisa lagi. Bukannya di dlm blok mesin tuh masih ada cairan coolant ya??


vnt itu pake mesin 2kd kan? ada drain plug buat coolant deket filter oli mesin bisa dibuka dan aksesnya tidak terlalu sulit.
saat pengisian kembali, jangan lupa bleeding. sudah diajarkan akang
Omnibus
di trit handtools tahapannya dengan lengkap, sila dicari.

hrv mesin L series? ada drain plug untuk coolant tapi tidak disarankan untuk dibuka. jadi cukup buka butterfly plug yg di radiator saja dan isi kembali.

dan tanpa mengurangi rasa hormat, mereka² yg pasang plang "servis radiator" itu nggak ngerti apapun mengenai cooling system mobil jaman skr. jadi sebaiknya hindari datang kesana kecuali anda masih pakai jip mambo.
tapi gpp kan om pake prestone untuk ke 2 mobil*/.

hrv yg 1500 cc om...
jadi solusi untuk yg hrv bawa coolant ke beres aja ya?
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11034
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by marmut »

abed666 wrote: Thu Dec 28, 2023 10:12
tapi gpp kan om pake prestone untuk ke 2 mobil*/.

hrv yg 1500 cc om...
jadi solusi untuk yg hrv bawa coolant ke beres aja ya?


dibaca saja spec-nya bisa atau tidak.

yg hrv kenapa nggak kerjakan sendiri? paling lama 10 menit selesai.
abed666
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Tue Dec 26, 2023 16:40

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by abed666 »

marmut wrote: Thu Dec 28, 2023 12:07
abed666 wrote: Thu Dec 28, 2023 10:12
tapi gpp kan om pake prestone untuk ke 2 mobil*/.

hrv yg 1500 cc om...
jadi solusi untuk yg hrv bawa coolant ke beres aja ya?


dibaca saja spec-nya bisa atau tidak.

yg hrv kenapa nggak kerjakan sendiri? paling lama 10 menit selesai.
gak bisa om.... gak berani om kalau radiator
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 705
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by azu »

akhirnya klem selangnya datang juga, beli untuk beda-beda ukuran karena harganya juga ga sampai seribuan dan ga sempet ukur dulu selangnya ukuran berapa :mky_01:
IMG_20231229_061714.jpg


berikut kondisi area selang bypass reservoir, terlihat ada bekas coolant yg rembes dari selang tersebut
IMG_20231229_061402.jpg
IMG_20231229_061517.jpg


setelah dicoba, ternyata yang pas ukurannya 12mm. berikut kondisi setelah dibersihkan dan klem terpasang
IMG_20231229_062319.jpg


tinggal dilihat nanti setelah mobilnya dipakai masih ada yg rembes atau tidak.. kalau masih rembes berarti harus ganti selangnya :mky_01:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 850
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by well »

om om apa ada yang pernah coba coolant bost punya amzo*l? apa se efek itu bs menurunkan suhu?
Supersedan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Wed Jun 15, 2022 9:37
Daily Vehicle: Mobilio

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by Supersedan »

well wrote: Thu Jan 04, 2024 4:44 om om apa ada yang pernah coba coolant bost punya amzo*l? apa se efek itu bs menurunkan suhu?
Di mobil saya rata2 bisa turun 2° om.
*Pantau pake obd connect ke hp.
Chr1stm1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 509
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: All New Veloz 2022 ANR 2018 Avanza K3VE 2011 Wuling Confero S ACT 2020

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by Chr1stm1 »

Supersedan wrote: Thu Jan 04, 2024 12:27
well wrote: Thu Jan 04, 2024 4:44 om om apa ada yang pernah coba coolant bost punya amzo*l? apa se efek itu bs menurunkan suhu?
Di mobil saya rata2 bisa turun 2° om.
*Pantau pake obd connect ke hp.
Jeleknya ga bisa longdrain, 1 tahun sekali harus kuras, kalo sy baca di pdsnya
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 850
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by well »

Chr1stm1 wrote: Thu Jan 04, 2024 12:51
Supersedan wrote: Thu Jan 04, 2024 12:27
well wrote: Thu Jan 04, 2024 4:44 om om apa ada yang pernah coba coolant bost punya amzo*l? apa se efek itu bs menurunkan suhu?
Di mobil saya rata2 bisa turun 2° om.
*Pantau pake obd connect ke hp.
Jeleknya ga bisa longdrain, 1 tahun sekali harus kuras, kalo sy baca di pdsnya
efeknya apa kalau tidak dikuras om? apa bisa merusak seal atu bgmn?
Supersedan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Wed Jun 15, 2022 9:37
Daily Vehicle: Mobilio

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by Supersedan »

Chr1stm1 wrote: Thu Jan 04, 2024 12:51
Supersedan wrote: Thu Jan 04, 2024 12:27
well wrote: Thu Jan 04, 2024 4:44 om om apa ada yang pernah coba coolant bost punya amzo*l? apa se efek itu bs menurunkan suhu?
Di mobil saya rata2 bisa turun 2° om.
*Pantau pake obd connect ke hp.
Jeleknya ga bisa longdrain, 1 tahun sekali harus kuras, kalo sy baca di pdsnya
Itu bukannya kalo Coolant boost di mix sama air biasa? Kalo di mix sama cairan coolant setahun sekali di tambah ulang coolant boostnya.
Chr1stm1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 509
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: All New Veloz 2022 ANR 2018 Avanza K3VE 2011 Wuling Confero S ACT 2020

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by Chr1stm1 »

well wrote: Fri Jan 05, 2024 1:13
Chr1stm1 wrote: Thu Jan 04, 2024 12:51
Supersedan wrote: Thu Jan 04, 2024 12:27

Di mobil saya rata2 bisa turun 2° om.
*Pantau pake obd connect ke hp.
Jeleknya ga bisa longdrain, 1 tahun sekali harus kuras, kalo sy baca di pdsnya
efeknya apa kalau tidak dikuras om? apa bisa merusak seal atu bgmn?
Ga merusak Om, cuma lama2 colornya luntur aja, indikasi kemampuannya degradasi
Chr1stm1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 509
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: All New Veloz 2022 ANR 2018 Avanza K3VE 2011 Wuling Confero S ACT 2020

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by Chr1stm1 »

Supersedan wrote: Fri Jan 05, 2024 1:27
Chr1stm1 wrote: Thu Jan 04, 2024 12:51
Supersedan wrote: Thu Jan 04, 2024 12:27

Di mobil saya rata2 bisa turun 2° om.
*Pantau pake obd connect ke hp.
Jeleknya ga bisa longdrain, 1 tahun sekali harus kuras, kalo sy baca di pdsnya
Itu bukannya kalo Coolant boost di mix sama air biasa? Kalo di mix sama cairan coolant setahun sekali di tambah ulang coolant boostnya.
Iya betul om, campur ke coolant jadi pertahun tambah amsoil coolant boost aja, namun jadi kurang maksimal, entah kenapa rasanya pelepasan panas berkurang apalagi pakai yg spec coolant 50/50...atau better kalo mau pakai amsoil coolant boost pakai coolant spec 30/70 yah? Cmiiw
BronanTheBrobarian
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Sun Nov 05, 2023 8:10
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2012 Mazda 2

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by BronanTheBrobarian »

MSU wrote: Thu Dec 28, 2023 1:02
BronanTheBrobarian wrote: Thu Dec 07, 2023 8:34 Izin tanya, mobil udah 12 tahun, mobil keluarga yang dihibah ke saya. Dari dulu bokap sampe udah di tangan sendiri selalu isi radiator pake air kran (sedot tanah kyknya). Ni tahap2 yang mesti dilakuin apa ya buat kuras sendiri buat ganti ke coolant? Pakai Prestone radiator cleaner dan mobil dipake seharian, terus flushing pake air suling ampe bening cukup kah?
Kalo ala2 saya...berhubung beli mobil selalu mobkas...
Awalnya misal airnya udh kotor....flush dulu pake air biasa..abis itu buang
Isi lg pake prestone kuning tp diencerin lg ama air aki biru..sktr 50:50...setelah dipake sktr 1000km cek reservoir biasa ada endapan lumpur di bawahnya..rutin aja ganti yg di reservoir sampe ga ada endapan lg...berkala jg cek ada bocor2 dr selang atau radiator ga...
Kl ada rembes2 dr radiator sekalian rojok aja...
Diulangi terus sampe ga ada lumpur lg di reservoir....konsentrasi coolant naikin bertahap sampe bisa 100%
daimler wrote: Thu Dec 28, 2023 0:06
iwing wrote: Thu Dec 07, 2023 10:36
BronanTheBrobarian wrote: Thu Dec 07, 2023 8:34 Izin tanya, mobil udah 12 tahun, mobil keluarga yang dihibah ke saya. Dari dulu bokap sampe udah di tangan sendiri selalu isi radiator pake air kran (sedot tanah kyknya). Ni tahap2 yang mesti dilakuin apa ya buat kuras sendiri buat ganti ke coolant? Pakai Prestone radiator cleaner dan mobil dipake seharian, terus flushing pake air suling ampe bening cukup kah?
klo menurut saya, tetap saja pakai air kran om. karena kabarnya, jika sudah lama pakai air kran trus ganti coolant, kerak/karat akan rontok dan timbul bocor
biasanya klo udh lama pakai aer keran, bbrapa rekomen di korek dlu radiatornya, dicopot trs dibersihin jalur selang2nya, sm dicek ada bocor halus ga dr radiatornya. karena aer keran ga ada aditif rust protectionnya, khawatir ketika langsung dituang coolant berbahan IAT/OAT, karat2nya pd rontok trs resiko menyumbat selang radiatornya. tes dlu awal pakai coolant megacools *bukan sales karena katanya bahan aditifnya minim. ntar kalo udh jalan 3bulan aman radiator ga nyumbat atau keropos, bisa diganti pakai prestone atau air coolant yg bagusan ntah ravenol, dll. cek juga tutup radiatornya udh pernah diganti atau belom, klo belom rekomen ganti aja karena karetnya biasanya udh getas, ga kuat nahan tekanan.
Noted, apa perlu pake radiator flush? ato korok sama flushing pake air suling aja dan langsung isi coolant cukup?
btw boilnya mazdut 2 non sky kah?
Iya
Shyn16
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Wed Sep 28, 2022 4:23
Location: TangSel
Daily Vehicle: Hyundai Santa Fe TM 18 CRDi

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by Shyn16 »

azu wrote: Thu Dec 28, 2023 23:51 akhirnya klem selangnya datang juga, beli untuk beda-beda ukuran karena harganya juga ga sampai seribuan dan ga sempet ukur dulu selangnya ukuran berapa :mky_01:

IMG_20231229_061714.jpg



berikut kondisi area selang bypass reservoir, terlihat ada bekas coolant yg rembes dari selang tersebut

IMG_20231229_061402.jpg
IMG_20231229_061517.jpg



setelah dicoba, ternyata yang pas ukurannya 12mm. berikut kondisi setelah dibersihkan dan klem terpasang

IMG_20231229_062319.jpg



tinggal dilihat nanti setelah mobilnya dipakai masih ada yg rembes atau tidak.. kalau masih rembes berarti harus ganti selangnya :mky_01:
setelah ganti clamp gimana om, masih rembes g sekarang?

saya juga ada case serupa tapi tak sama nih, kalau saya di selang radiator atas, rembes di ujung juga, udah pakai lem gasket tetep ada keluar dari sela - sela... :big_bored:

opsi terakhir ganti selang, tapi takutnya g solve jg... :big_cry: