All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Muhalafta
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Fri Jan 06, 2023 5:42
Location: sukoharjo
Daily Vehicle: innova reborn diesel type G

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Muhalafta »

well wrote: ↑Thu Jul 27, 2023 1:46
Muhalafta wrote: ↑Tue Jul 25, 2023 3:14 Selamat pagi mbah, izin bergabung dan bertanya

Beberapa bulan ini anki(diesel MT 2019) jarang saya pakai, seminggu 2x kadang 2minggu sekali, jarang saya panasin juga, sebulan ini jadi susah di starter, terakhir kemarin pagi aman, setelah ganti oli, jam 12 siang mau d starter tidak bisa harus di dorong
Kecurigaan ada di aki nya tapi belum saya cek

Bila memang aki, mungkin ada saran aki yg cukup ekonomis untuk pelajar

Matur sembah nuwun πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»
kalau saya suka pakai incoe hybrid. harga ckp ekonomis, kualitas lumayan, cuma mesti rutin cek air aki 3 bln sekali
Okeyy terima kasih mbah masukannya, ada temen ngasi saran incoe juga
Coba saya cari cari refrensi antara yg mf dan hybrid ini, kemarin jadinya tetep make gs mf 😒
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 850
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by well »

Muhalafta wrote: ↑Fri Jul 28, 2023 0:46
well wrote: ↑Thu Jul 27, 2023 1:46
Muhalafta wrote: ↑Tue Jul 25, 2023 3:14 Selamat pagi mbah, izin bergabung dan bertanya

Beberapa bulan ini anki(diesel MT 2019) jarang saya pakai, seminggu 2x kadang 2minggu sekali, jarang saya panasin juga, sebulan ini jadi susah di starter, terakhir kemarin pagi aman, setelah ganti oli, jam 12 siang mau d starter tidak bisa harus di dorong
Kecurigaan ada di aki nya tapi belum saya cek

Bila memang aki, mungkin ada saran aki yg cukup ekonomis untuk pelajar

Matur sembah nuwun πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»
kalau saya suka pakai incoe hybrid. harga ckp ekonomis, kualitas lumayan, cuma mesti rutin cek air aki 3 bln sekali
Okeyy terima kasih mbah masukannya, ada temen ngasi saran incoe juga
Coba saya cari cari refrensi antara yg mf dan hybrid ini, kemarin jadinya tetep make gs mf 😒
kalau mf tidak perlu tambah air (harga lbh mahal)
kalau hybrid tetep perlu tambah air
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by nyotsaeba »

Muhalafta wrote:
well wrote: ↑Thu Jul 27, 2023 1:46
Muhalafta wrote: ↑Tue Jul 25, 2023 3:14 Selamat pagi mbah, izin bergabung dan bertanya

Beberapa bulan ini anki(diesel MT 2019) jarang saya pakai, seminggu 2x kadang 2minggu sekali, jarang saya panasin juga, sebulan ini jadi susah di starter, terakhir kemarin pagi aman, setelah ganti oli, jam 12 siang mau d starter tidak bisa harus di dorong
Kecurigaan ada di aki nya tapi belum saya cek

Bila memang aki, mungkin ada saran aki yg cukup ekonomis untuk pelajar

Matur sembah nuwun [emoji1317][emoji1317][emoji1317]
kalau saya suka pakai incoe hybrid. harga ckp ekonomis, kualitas lumayan, cuma mesti rutin cek air aki 3 bln sekali
Okeyy terima kasih mbah masukannya, ada temen ngasi saran incoe juga
Coba saya cari cari refrensi antara yg mf dan hybrid ini, kemarin jadinya tetep make gs mf [emoji22]
Pake bosch mf, uda 2x pake, diatas 2 tahun masih greng. Harga jg 70% nya GS MF
Muhalafta
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Fri Jan 06, 2023 5:42
Location: sukoharjo
Daily Vehicle: innova reborn diesel type G

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Muhalafta »

well wrote: ↑Fri Jul 28, 2023 1:38
Muhalafta wrote: ↑Fri Jul 28, 2023 0:46
well wrote: ↑Thu Jul 27, 2023 1:46

kalau saya suka pakai incoe hybrid. harga ckp ekonomis, kualitas lumayan, cuma mesti rutin cek air aki 3 bln sekali
Okeyy terima kasih mbah masukannya, ada temen ngasi saran incoe juga
Coba saya cari cari refrensi antara yg mf dan hybrid ini, kemarin jadinya tetep make gs mf 😒
kalau mf tidak perlu tambah air (harga lbh mahal)
kalau hybrid tetep perlu tambah air
Hoo brarti aman ya pakai yg hybrid itu, saya pikir harus aki khusus (katany)
Okey untuk optional berikutnya
Muhalafta
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Fri Jan 06, 2023 5:42
Location: sukoharjo
Daily Vehicle: innova reborn diesel type G

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Muhalafta »

nyotsaeba wrote: ↑Fri Jul 28, 2023 1:40
Muhalafta wrote:
well wrote: ↑Thu Jul 27, 2023 1:46

kalau saya suka pakai incoe hybrid. harga ckp ekonomis, kualitas lumayan, cuma mesti rutin cek air aki 3 bln sekali
Okeyy terima kasih mbah masukannya, ada temen ngasi saran incoe juga
Coba saya cari cari refrensi antara yg mf dan hybrid ini, kemarin jadinya tetep make gs mf [emoji22]
Pake bosch mf, uda 2x pake, diatas 2 tahun masih greng. Harga jg 70% nya GS MF
Menggiurkan harganya, kalau bisa 3 tahun, patut di coba ini
Vai0907
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Sun Mar 12, 2023 16:00
Location: Palembang
Daily Vehicle: Innova reborn G diesel 2022

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Vai0907 »

sapi12 wrote: ↑Thu Apr 22, 2021 21:22
Clonz wrote: ↑Thu Apr 22, 2021 16:23
kuyaninja wrote:
Ini dengan per standar ya om?
Akhirnya dipake terus shock profendernya atau diganti?
Pake per eibach for venturer diesel + shock profender 4step adjustable + ban michelin primacy4 235 50 r18. Setup idaman kata orang2. Tp kalau di reborn diesel G AT, kok terlalu keras ya.

Udah dijual semua itu per dan shock nya om [emoji1787][emoji2960]

Sisa ban aja masih saya simpen...mau dijual kok rugi banyak, kapan2 dipake lagi aja.
Aneh yaa om... Padahal venturer ama innova G beda berapa kilogram sih yaa?
Iya om..saya pake yss dtg plus + per jamex standar..sebelum pasang peredam lantai dan pintu enak,empuk..eh setelah pasang peredam malah keras,lobang kecil aja terasa mau lepas semua..
McLaren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 501
Joined: Sun Nov 24, 2019 6:23

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by McLaren »

lyxz wrote: ↑Wed Jul 26, 2023 13:52
McLaren wrote: ↑Tue Jul 25, 2023 14:46
lyxz wrote: ↑Tue Jul 25, 2023 12:50

malam om. kejadian di anki 2019 saya juga gitu. bunyi tiap kali ac nyala. terdengar sekali pas idle dan ac nyala. bunyi seperti relay. ac tetep dingin. mohon saran. uda di cek ke tukang ac dan toyota msh blm ada solusi.
Aman itu om, ada yg dapat magnetic clutchnya keras suaranya, ada yg lebih halus.
Variasi dari pabrikan aja, namanya juga mass product.
Klo ndak puas, bisa ganti magnetic clutch.
Siap om. Pada umumnya selalu sasaran ke magnetic clutch tp bunyi berasal dari bawah dashboard sisi penumpang bukan dari kap mesin. Suara seperti bunyi relay. "Cetuk cetuk" tiap kali kompressor ac nyala. Ac tetep dingin kyk kulkas tp risih aja uda 6 bulan ini. Uda bawa ke 3 bengkel untuk servis ac tp rata2 ga berani garansi bisa hilang setelah pengerjaan.
Iya om, itu beneran magnetic clutch.
Dl ada beberapa 2gd di kantor, itu ada satu yg bunyi cetuk cetuk di dashboard kiri, manual 2017 apa 2018 gitu. Yg laen ngga sekeras itu.

Klo ndak tahan, ganti aja om.. ga mahal kok magnetic clutch
Tp semua normal semua acnya, ga ada masalah.
noenk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Fri Feb 05, 2016 2:18

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by noenk »

Setelah 7,5 tahun dan km masih 93rban..perbaiki dinamo stater nya... Perkiraan awal dapet AKI jelek, selang 1minggu dibeliin AKI masih sulit start, coba k bengkel langsung dilepas n dibawa ke tukang dinamo.. 450rb dh..
Topenk
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Tue Aug 22, 2023 17:05

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Topenk »

Salam kenal om2 dan suhu2 di SM.ijin bergabung dan bertanya.anki ane diesel matic 2gd 2018..setelah ane ganti pakai coolant tmo sendiri..temperatur jadi naik sekitar 10 derajat..awalnya sekitar 84-85 C di jalan tol biasa ane lewatin.sekarang sampe 94-95 C.padahal di reservoir levelnya sudah ngga turun lagi..sebelumnya beberapa kali ketika mesin dingin level coolant di reservoir turun.sekarang sudah ngga lagi.tetapi temp masih tinggi..mohon saran dari om2 dan suhu2 disini
krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1283
Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
Location: Jakarta

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by krniawnhdr »

Topenk wrote: ↑Tue Aug 22, 2023 23:37 Salam kenal om2 dan suhu2 di SM.ijin bergabung dan bertanya.anki ane diesel matic 2gd 2018..setelah ane ganti pakai coolant tmo sendiri..temperatur jadi naik sekitar 10 derajat..awalnya sekitar 84-85 C di jalan tol biasa ane lewatin.sekarang sampe 94-95 C.padahal di reservoir levelnya sudah ngga turun lagi..sebelumnya beberapa kali ketika mesin dingin level coolant di reservoir turun.sekarang sudah ngga lagi.tetapi temp masih tinggi..mohon saran dari om2 dan suhu2 disini
coolant tmo nya sudah sesuai spek? kan ada variannya lagi soalnya tmo.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9683
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Suryaputra »

Topenk wrote: ↑Tue Aug 22, 2023 23:37 Salam kenal om2 dan suhu2 di SM.ijin bergabung dan bertanya.anki ane diesel matic 2gd 2018..setelah ane ganti pakai coolant tmo sendiri..temperatur jadi naik sekitar 10 derajat..awalnya sekitar 84-85 C di jalan tol biasa ane lewatin.sekarang sampe 94-95 C.padahal di reservoir levelnya sudah ngga turun lagi..sebelumnya beberapa kali ketika mesin dingin level coolant di reservoir turun.sekarang sudah ngga lagi.tetapi temp masih tinggi..mohon saran dari om2 dan suhu2 disini
Waktu ganti coolant, udh proses ngeluarin kantong udara?
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Topenk
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Tue Aug 22, 2023 17:05

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Topenk »

krniawnhdr wrote: ↑Wed Aug 23, 2023 1:47
Topenk wrote: ↑Tue Aug 22, 2023 23:37 Salam kenal om2 dan suhu2 di SM.ijin bergabung dan bertanya.anki ane diesel matic 2gd 2018..setelah ane ganti pakai coolant tmo sendiri..temperatur jadi naik sekitar 10 derajat..awalnya sekitar 84-85 C di jalan tol biasa ane lewatin.sekarang sampe 94-95 C.padahal di reservoir levelnya sudah ngga turun lagi..sebelumnya beberapa kali ketika mesin dingin level coolant di reservoir turun.sekarang sudah ngga lagi.tetapi temp masih tinggi..mohon saran dari om2 dan suhu2 disini
coolant tmo nya sudah sesuai spek? kan ada variannya lagi soalnya tmo.
Sudah om sudah coba yang premix 50/50 dan juga yang 30/70 juga..masih ngga balik seperti awal om
Topenk
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Tue Aug 22, 2023 17:05

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Topenk »

Suryaputra wrote: ↑Wed Aug 23, 2023 2:18
Topenk wrote: ↑Tue Aug 22, 2023 23:37 Salam kenal om2 dan suhu2 di SM.ijin bergabung dan bertanya.anki ane diesel matic 2gd 2018..setelah ane ganti pakai coolant tmo sendiri..temperatur jadi naik sekitar 10 derajat..awalnya sekitar 84-85 C di jalan tol biasa ane lewatin.sekarang sampe 94-95 C.padahal di reservoir levelnya sudah ngga turun lagi..sebelumnya beberapa kali ketika mesin dingin level coolant di reservoir turun.sekarang sudah ngga lagi.tetapi temp masih tinggi..mohon saran dari om2 dan suhu2 disini
Waktu ganti coolant, udh proses ngeluarin kantong udara?
Kalo yang di maksud proses ngeluarin udaranya sama dengan nginjek gas sampe 3000 rpm trus tutup reservoir dibuka sampai level coolantnya turun sudah om..
Topenk
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Tue Aug 22, 2023 17:05

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Topenk »

Sebetulnya mobil masih aman kalo liat jarum suhu di speedometer,masih di tengah posisinya..cuma penasaran aja apa yang salah dari proses gantinya. Karena sebelum ganti coolent dah mantengin banyak channel di utub untuk cara ganti..dan dah sempet nyontek temen ganti coolant sendiri..pada fine aja..pas ane coba eh malah naik suhu enginenya
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9683
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Suryaputra »

Topenk wrote: ↑Wed Aug 23, 2023 14:59
Suryaputra wrote: ↑Wed Aug 23, 2023 2:18
Topenk wrote: ↑Tue Aug 22, 2023 23:37 Salam kenal om2 dan suhu2 di SM.ijin bergabung dan bertanya.anki ane diesel matic 2gd 2018..setelah ane ganti pakai coolant tmo sendiri..temperatur jadi naik sekitar 10 derajat..awalnya sekitar 84-85 C di jalan tol biasa ane lewatin.sekarang sampe 94-95 C.padahal di reservoir levelnya sudah ngga turun lagi..sebelumnya beberapa kali ketika mesin dingin level coolant di reservoir turun.sekarang sudah ngga lagi.tetapi temp masih tinggi..mohon saran dari om2 dan suhu2 disini
Waktu ganti coolant, udh proses ngeluarin kantong udara?
Kalo yang di maksud proses ngeluarin udaranya sama dengan nginjek gas sampe 3000 rpm trus tutup reservoir dibuka sampai level coolantnya turun sudah om..
1. Buka tutup radiator nya mbah & nyalakan mesin

2. pantau suhu coolant dah mencapai 90C

3. Biarin gelembung muncul, sampai gelembung udaranya hilang
(Ini proses bleed air out)

4. Habis tu, tutup radiatornya cap nya

Bisa pakai tools ini
https://s.lazada.co.id/s.OB7Wv

Atau cara ekonomis?.. pakai lilitan handuk di sekeliling radiator cap dalam keadaan terbuka, karena coolant yg ada pasti luber ketika ngeluarin kantong udara dalam radiator dan water-engine-block :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Topenk
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Tue Aug 22, 2023 17:05

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Topenk »

Suryaputra wrote: ↑Wed Aug 23, 2023 15:52
Topenk wrote: ↑Wed Aug 23, 2023 14:59
Suryaputra wrote: ↑Wed Aug 23, 2023 2:18

Waktu ganti coolant, udh proses ngeluarin kantong udara?
Kalo yang di maksud proses ngeluarin udaranya sama dengan nginjek gas sampe 3000 rpm trus tutup reservoir dibuka sampai level coolantnya turun sudah om..
1. Buka tutup radiator nya mbah & nyalakan mesin

2. pantau suhu coolant dah mencapai 90C

3. Biarin gelembung muncul, sampai gelembung udaranya hilang
(Ini proses bleed air out)

4. Habis tu, tutup radiatornya cap nya

Bisa pakai tools ini
https://s.lazada.co.id/s.OB7Wv

Atau cara ekonomis?.. pakai lilitan handuk di sekeliling radiator cap dalam keadaan terbuka, karena coolant yg ada pasti luber ketika ngeluarin kantong udara dalam radiator dan water-engine-block :big_biglaugh:
:big_okay: yang ekonimis pernah di coba om..tapi seyem..kek muntahan gunung merapi..wkwk.btw yang mantengin sampe ada buble sih blm ane lakuin..nanti ane coba om..
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9683
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Suryaputra »

Topenk wrote: ↑Wed Aug 23, 2023 23:23
Suryaputra wrote: ↑Wed Aug 23, 2023 15:52
Topenk wrote: ↑Wed Aug 23, 2023 14:59
Kalo yang di maksud proses ngeluarin udaranya sama dengan nginjek gas sampe 3000 rpm trus tutup reservoir dibuka sampai level coolantnya turun sudah om..
1. Buka tutup radiator nya mbah & nyalakan mesin

2. pantau suhu coolant dah mencapai 90C

3. Biarin gelembung muncul, sampai gelembung udaranya hilang
(Ini proses bleed air out)

4. Habis tu, tutup radiatornya cap nya

Bisa pakai tools ini
https://s.lazada.co.id/s.OB7Wv

Atau cara ekonomis?.. pakai lilitan handuk di sekeliling radiator cap dalam keadaan terbuka, karena coolant yg ada pasti luber ketika ngeluarin kantong udara dalam radiator dan water-engine-block :big_biglaugh:
:big_okay: yang ekonimis pernah di coba om..tapi seyem..kek muntahan gunung merapi..wkwk.btw yang mantengin sampe ada buble sih blm ane lakuin..nanti ane coba om..
Iyaa mbah
Gelembung itu tanda kantong udara.
Jd kudu dikeluarin sampai gelembungnya hilang.

Klo pk alat anti spill coolant, dia bisa topup coolant sampai radiator penuh, sambil habisin kantong udara.

Biasanya dalam keadaan radiator cap terbuka, butuh waktu 20-30 menitan dr mesin dingin sampai gelembung hilang, untuk sistem cooling electric fan.

Klo kijang kan pakai visco fan, nah itu blm prnh nyoba saya brp lamanya :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Topenk
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Tue Aug 22, 2023 17:05

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Topenk »

Suryaputra wrote: ↑Thu Aug 24, 2023 0:40
Topenk wrote: ↑Wed Aug 23, 2023 23:23
Suryaputra wrote: ↑Wed Aug 23, 2023 15:52

1. Buka tutup radiator nya mbah & nyalakan mesin

2. pantau suhu coolant dah mencapai 90C

3. Biarin gelembung muncul, sampai gelembung udaranya hilang
(Ini proses bleed air out)

4. Habis tu, tutup radiatornya cap nya

Bisa pakai tools ini
https://s.lazada.co.id/s.OB7Wv

Atau cara ekonomis?.. pakai lilitan handuk di sekeliling radiator cap dalam keadaan terbuka, karena coolant yg ada pasti luber ketika ngeluarin kantong udara dalam radiator dan water-engine-block :big_biglaugh:
:big_okay: yang ekonimis pernah di coba om..tapi seyem..kek muntahan gunung merapi..wkwk.btw yang mantengin sampe ada buble sih blm ane lakuin..nanti ane coba om..
Iyaa mbah
Gelembung itu tanda kantong udara.
Jd kudu dikeluarin sampai gelembungnya hilang.

Klo pk alat anti spill coolant, dia bisa topup coolant sampai radiator penuh, sambil habisin kantong udara.

Biasanya dalam keadaan radiator cap terbuka, butuh waktu 20-30 menitan dr mesin dingin sampai gelembung hilang, untuk sistem cooling electric fan.

Klo kijang kan pakai visco fan, nah itu blm prnh nyoba saya brp lamanya :big_biglaugh:
Masih blm mudeng sih om untuk cara tools itu..tapi kalo pakai cara manual mantengin temp sambil nungguin kantong udara sih mudeng.he..he..he
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9683
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Suryaputra »

Topenk wrote: ↑Thu Aug 24, 2023 1:03
Suryaputra wrote: ↑Thu Aug 24, 2023 0:40
Topenk wrote: ↑Wed Aug 23, 2023 23:23
:big_okay: yang ekonimis pernah di coba om..tapi seyem..kek muntahan gunung merapi..wkwk.btw yang mantengin sampe ada buble sih blm ane lakuin..nanti ane coba om..
Iyaa mbah
Gelembung itu tanda kantong udara.
Jd kudu dikeluarin sampai gelembungnya hilang.

Klo pk alat anti spill coolant, dia bisa topup coolant sampai radiator penuh, sambil habisin kantong udara.

Biasanya dalam keadaan radiator cap terbuka, butuh waktu 20-30 menitan dr mesin dingin sampai gelembung hilang, untuk sistem cooling electric fan.

Klo kijang kan pakai visco fan, nah itu blm prnh nyoba saya brp lamanya :big_biglaugh:
Masih blm mudeng sih om untuk cara tools itu..tapi kalo pakai cara manual mantengin temp sambil nungguin kantong udara sih mudeng.he..he..he
Iya cuma kudu ngelilit pk handuk gede, wakakakaka

Klo pakai tools tsb
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Topenk
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Tue Aug 22, 2023 17:05

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Topenk »

Suryaputra wrote: ↑Thu Aug 24, 2023 2:39
Topenk wrote: ↑Thu Aug 24, 2023 1:03
Suryaputra wrote: ↑Thu Aug 24, 2023 0:40

Iyaa mbah
Gelembung itu tanda kantong udara.
Jd kudu dikeluarin sampai gelembungnya hilang.

Klo pk alat anti spill coolant, dia bisa topup coolant sampai radiator penuh, sambil habisin kantong udara.

Biasanya dalam keadaan radiator cap terbuka, butuh waktu 20-30 menitan dr mesin dingin sampai gelembung hilang, untuk sistem cooling electric fan.

Klo kijang kan pakai visco fan, nah itu blm prnh nyoba saya brp lamanya :big_biglaugh:
Masih blm mudeng sih om untuk cara tools itu..tapi kalo pakai cara manual mantengin temp sambil nungguin kantong udara sih mudeng.he..he..he
Iya cuma kudu ngelilit pk handuk gede, wakakakaka

Klo pakai tools tsb
Makasih om video dan infonya. Kemarin masukin coolantnya lebih murah sih om pake botol aqua di potong stengah..wkwk.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9683
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Suryaputra »

Topenk wrote: ↑Thu Aug 24, 2023 2:56
Suryaputra wrote: ↑Thu Aug 24, 2023 2:39
Topenk wrote: ↑Thu Aug 24, 2023 1:03
Masih blm mudeng sih om untuk cara tools itu..tapi kalo pakai cara manual mantengin temp sambil nungguin kantong udara sih mudeng.he..he..he
Iya cuma kudu ngelilit pk handuk gede, wakakakaka

Klo pakai tools tsb
Makasih om video dan infonya. Kemarin masukin coolantnya lebih murah sih om pake botol aqua di potong stengah..wkwk.
hoyaa
tp klo kelebihan coolantnya / ada sisa di botolnya,
bikin valve sendiri yaa? spy gak belepetan :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 509
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by RezPrat »

Topenk wrote: ↑Wed Aug 23, 2023 23:23
Suryaputra wrote: ↑Wed Aug 23, 2023 15:52
Topenk wrote: ↑Wed Aug 23, 2023 14:59
Kalo yang di maksud proses ngeluarin udaranya sama dengan nginjek gas sampe 3000 rpm trus tutup reservoir dibuka sampai level coolantnya turun sudah om..
1. Buka tutup radiator nya mbah & nyalakan mesin

2. pantau suhu coolant dah mencapai 90C

3. Biarin gelembung muncul, sampai gelembung udaranya hilang
(Ini proses bleed air out)

4. Habis tu, tutup radiatornya cap nya

Bisa pakai tools ini
https://s.lazada.co.id/s.OB7Wv

Atau cara ekonomis?.. pakai lilitan handuk di sekeliling radiator cap dalam keadaan terbuka, karena coolant yg ada pasti luber ketika ngeluarin kantong udara dalam radiator dan water-engine-block :big_biglaugh:
:big_okay: yang ekonimis pernah di coba om..tapi seyem..kek muntahan gunung merapi..wkwk.btw yang mantengin sampe ada buble sih blm ane lakuin..nanti ane coba om..
Om, d Innova reborn/Fortuner ada trik nya buat buang angin nya, agak beda dikit. Dia ada tutup sumbat airflow(yg kepala baut plastik kotak) d tabung radiatornya. Ikuti langkah2 d yutube ini buat buang angin nya, step2 nya kudu bener.gak perlu alat aneh2, cuma kunci ratchet aja, butuh kepala kotaknya itu. Pake tang jg bisa.
Total perlu sekitar 1.5 galon coolant Toyota.
Topenk
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Tue Aug 22, 2023 17:05

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Topenk »

Suryaputra wrote: ↑Thu Aug 24, 2023 3:18
Topenk wrote: ↑Thu Aug 24, 2023 2:56
Suryaputra wrote: ↑Thu Aug 24, 2023 2:39

Iya cuma kudu ngelilit pk handuk gede, wakakakaka

Klo pakai tools tsb
Makasih om video dan infonya. Kemarin masukin coolantnya lebih murah sih om pake botol aqua di potong stengah..wkwk.
hoyaa
tp klo kelebihan coolantnya / ada sisa di botolnya,
bikin valve sendiri yaa? spy gak belepetan :big_biglaugh:
Ngga pake valve om..cuma mantau dari tabung reservoir aja
Topenk
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Tue Aug 22, 2023 17:05

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Topenk »

RezPrat wrote: ↑Thu Aug 24, 2023 3:28
Topenk wrote: ↑Wed Aug 23, 2023 23:23
Suryaputra wrote: ↑Wed Aug 23, 2023 15:52

1. Buka tutup radiator nya mbah & nyalakan mesin

2. pantau suhu coolant dah mencapai 90C

3. Biarin gelembung muncul, sampai gelembung udaranya hilang
(Ini proses bleed air out)

4. Habis tu, tutup radiatornya cap nya

Bisa pakai tools ini
https://s.lazada.co.id/s.OB7Wv

Atau cara ekonomis?.. pakai lilitan handuk di sekeliling radiator cap dalam keadaan terbuka, karena coolant yg ada pasti luber ketika ngeluarin kantong udara dalam radiator dan water-engine-block :big_biglaugh:
:big_okay: yang ekonimis pernah di coba om..tapi seyem..kek muntahan gunung merapi..wkwk.btw yang mantengin sampe ada buble sih blm ane lakuin..nanti ane coba om..
Om, d Innova reborn/Fortuner ada trik nya buat buang angin nya, agak beda dikit. Dia ada tutup sumbat airflow(yg kepala baut plastik kotak) d tabung radiatornya. Ikuti langkah2 d yutube ini buat buang angin nya, step2 nya kudu bener.gak perlu alat aneh2, cuma kunci ratchet aja, butuh kepala kotaknya itu. Pake tang jg bisa.
Total perlu sekitar 1.5 galon coolant Toyota.
Nah om..yang kedua pas saya coba pakai coolant 30/70 saya jiplak video ini om..
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9683
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Suryaputra »

Topenk wrote: ↑Thu Aug 24, 2023 4:08
Suryaputra wrote: ↑Thu Aug 24, 2023 3:18
Topenk wrote: ↑Thu Aug 24, 2023 2:56
Makasih om video dan infonya. Kemarin masukin coolantnya lebih murah sih om pake botol aqua di potong stengah..wkwk.
hoyaa
tp klo kelebihan coolantnya / ada sisa di botolnya,
bikin valve sendiri yaa? spy gak belepetan :big_biglaugh:
Ngga pake valve om..cuma mantau dari tabung reservoir aja
hoya keliatan soalnya ya
klopun belepetan dikit doang, bisa dilap pk tisu basah.. eh handuk :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri