Serba serbi anti karat

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ortimus
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Tue Sep 30, 2003 6:45

Serba serbi anti karat

Post by ortimus »

Mau nanya nih, anti karat kan ada yg model elektronik, ada yg model dicat, trus model apa lagi saya kagak tau, nah yg bagus tuh model yg bagaimana yah? Dan merk nya apa?

Thanks
Trid gabungan dari berbagai macam trid dengan bahasan serupa, karena timeline antar trid/post berjauhan, memang jadi kurang nyaman
Last edited by imsus2c on Tue Mar 15, 2016 13:59, edited 1 time in total.
Equalizer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 570
Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
Location: 600km away

Post by Equalizer »

Umm biasanya kan sudah include kalau kita repainting mobil jadi enggak banyak tau, tapi yang pasti semua produk antikarat pasti ada masanya.

Jadi yaa kalau udah ada abis harus di anti karat lagi
Landie
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38

Post by Landie »

Sebenarnya yg elektronik dan yg non-elektronik sama bagusnya, kalo yg elektronik kelemahannya: banyak faktor yg bisa menyebabkan perangkat eletronik gak bekerja (contohnya: tersiram air, kabel longgar, dll), karena itu harus dicek setiap 6 bulan sekali, tapi kalo kartu garansinya hilang (kayak aku) ya kita gak bisa minta di cek gratis....nasib deh. Yg model non-eletronik kelemahannya: Kalo mobil serempetan sampe catnya terkelupas, kemungkinan anti karat di bagian tersebut hilang. Tapi aku saranin pake yg non-elektronik aja deh (dengan syarat anda gak sering serempetan). Merk yg bagus untuk non-eletronik: Ziebart, untuk yg elektronik: rust evader. Sebagai tambahan: kalo yg non-elektronik pemasangan rada lama bisa 1 hari atau lebih dan sebaiknya 2-3 hari sesudahnya mobil didiamkan di garasi dulu.
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Kalu yg electronic itu cara kerjanya gimana ya? :o
Accurate V5 Accounting System Consultant
Landie
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38

Post by Landie »

Perangkat elektroniknya akan menyebarkan elektron2 ke seluruh permukaan body mobil untuk mencegah proses oksidasi yg bisa menyebabkan karat...gak pasti juga, tapi ya, kira2 begitu deh.

kalo yg non-elektronik dengan cara melekatkan zat-zat kimia di body mobil yg bisa mencegah proses oksidasi.
Landie
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38

Post by Landie »

Untuk tambahan, anti karat elektronik juga bisa mencegah karat pada aksesoris2 berbahan logam seperti bingkai plat nomer, cover tutup tangki bensin, foot step, tanduk, dll (dengan catatan aksesoris tersebut menempel pada bagian body mobil yg berbahan logam, jadi aksesoris seperti pengaman spion tidak bisa dilindungi karena pada umumnya rumah spion berbahan plastik/ non-logam). Kalo anti karat non-elektronik gak bisa melindungi aksesoris2 kecuali pas mau masang anti karatnya, aksesoris tersebut sudah terpasang (jangan lupa bilang sama orangnya untuk meng-cover aksesoris2)
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

saya pake rust evader dari tahun 1992 dan mobilnya sampe saat ini belom dijual ,cara ngeceknya bisa dilakukan sendiri karena hanya butuh multiteser dan kabel panjang.....pertama2 stel ke pengukuran DCvolt 0,5v kabel positip kita tempelkan ke pad yg menempel pada body dan negatipnya kita tempelkan ke salah satu baut dekat situ misal baut pegangan sokbreker depan,bila lampu indikator pada rust evadernya berkedip2 dari merah ke hijau dan jarum multiteser bereaksi naek turun berarti rustevadernya masih ok ,maka saya lanjutkan dengan mengikat kabel bekas speaker ( butuh kira2 4 meter) ke kabel negatif ( hitam ) dari multitester dan mengikatnya ke ujung kenalpot, lalu mengulangi lagi prosedur diatas, bedanya sekarang bukan di baut sokbreker lagi tapi di knalpot bila gerakan jarum kembali sesuai dengan kedipan lampu indikator maka bisa dipastikan elektron2 itu benar2 menyebar pada seluruh body ,
ada sedikit pengalaman menarik waktu saya servis motor power window...pada saat dibongkar semua kelihatan bagian bawah pintu begitu bersih ...biasanya mobil lama pasti ada karatnya di bagian ini.....ato kalo pake ziebart atau tuff kote dinnol akan terlihat hitam pekat....si tukang servis bilang: "wah mas mobilnya masih baru ya?".....saya bilang " baru mbahmu, ini mobil udah 10 taun tauk".......hehehehe belum tau dia...........
boplang
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: Thu Aug 28, 2003 7:51
Location: Depan Karfur MT

Post by boplang »

wahh !!! ..... menarik neh ! .... klo mo masang dimana Om ? .... trus berapa biayanya ?

Rust Evader tuh pake arus aki ya Om ? ........ klo mobil lagi standby gimana? arus aki jalan terus ? tekor nggak akinya klo mobil parkir 1~2 hari ?
kumpul ora kumpul ... seng penting mangan ben ora kaliren
Landie
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38

Post by Landie »

Kalo rust evader bisa panggil ke rumah, kalo ziebart aku udah lupa, kayaknya di deket Toyota di jalan Pramuka deh. Soal pemakaian aki gak tau juga deh, tapi biasa didiemin di garasi 3-4 hari gak apa2 tuh.
Landie
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38

Post by Landie »

Oh iya, biaya pemasangannya rp 1 - 1.5 jt.
boplang
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: Thu Aug 28, 2003 7:51
Location: Depan Karfur MT

Post by boplang »

sekalian dunk klo punya nama agentnya, phone, contact person ? gw mo nanya langsung ke agent .... kale harga udah naek belipet

anw, menarik banget tuh ........ thanks !!!
kumpul ora kumpul ... seng penting mangan ben ora kaliren
Landie
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38

Post by Landie »

Saya udah gak punya no.telpnya, tapi silahkan cari di Yellow Pages, pasti ada. Harga sih kayaknya belom naik banyak, dulu tahun 2001 saya pasang rust evader rp 1.2jt, untuk yg elektronik harga untuk semua mobil sama.
Equalizer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 570
Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
Location: 600km away

Post by Equalizer »

Mas Landie kasi nomer tepon agent yg di OZ aja :lol:
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

wah saya dulu masangnya taun 1992 pas mobil baru2 nya dari showroom, tokonya di daerah pluit tapi orangnya dateng ke rumah di cililitan ,harganya waktu itu rp500.000 jadi kalo sekarang jadi 1,2-1,5 jt ya wajar lah...soal aki mobil kadang gak jalan sama sekali sampe 2 minggu aki gak tekor kok....yg penting aki dalam kondisi bagus.....
boplang
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: Thu Aug 28, 2003 7:51
Location: Depan Karfur MT

Post by boplang »

thanks all ... one more question, pegimane klo pake keduanya ( electronic & konvensional ) ? ..... lebih bagusan lagi kale yah ? ....... yg jelas boros di ongkos ........... hehehehehe

sebagai perbandingan aja ..... gw juga ingat waktu 1991 masang antikarat konvensional Tufe Kote Dinol untuk Carry minibus dg ongkos 150 ribu.
Landie
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38

Post by Landie »

Kayaknya gak perlu pake 2-2nya, salah satu aja cukup, asal bekerja dengan baik, tapi kalo dana anda kuat sih silahkan aja :lol:
ortimus
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Tue Sep 30, 2003 6:45

Post by ortimus »

Bung Is, saya juga pake rust-evader, udah setahun buat mobil Hyundai Matrix, tiap bulan saya pasti cek, dan sampai sekarang itu lampu masih kedap-kedip, berarti masih berfungsi kan?

Tapi kok dipintu belakang, bagian dalamnya, ada karat ukuran segi-empat kira-kira 1 cm, kok masih bisa karat yah.....?

Thanks
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

wah ini gak wajar harus ditanyakan ke dealer rust evadernya...pasangnya harus pas mobil baru dari dealer looh kalo enggak si rust evader gak mo jamin...
sejauh ini rust evader hanya jamin body thok,kalo knalpot gak dijamin..dan memang saya udah mengalami berkali2 knalpot kropos, tapi bodynya gak apa apa...........


karat di pintu belakang itu saya curigai sudah ada sebelum rust evader dipasang ,mungkin saja terjadinya pada saat kendaraan lama digudang pabrik............
ortimus
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Tue Sep 30, 2003 6:45

Post by ortimus »

Ngak kok bung Is, itu pasang dari beli baru, kan sebelum pasang diperiksa dulu sama teknisi nya.....

Saya jadi kecewa sama rust-evader, makanya saya tanya Anti Karat yg bagus karena saya kagak mau pasang rust-evader lagi dimobil yang lain.

Thx.
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

jaminanya gimana? dulu sih kendaraan saya dijamin 8 tahun.....kalo bener2 karatnya muncul setelah pasang rust evader ya dia harus bisa kasi jawaban donk.........jangan2 gelombang elektronya gak nyampe bagian itu...............coba deh adakan komplain...........
ortimus
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Tue Sep 30, 2003 6:45

Post by ortimus »

ok, makasih atas sarannya.....
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Rasanya semua merek anti karat hampir sama bagusnya. Apalagi kalo yang sudah bermerek, spt Ziebart, Tuff Kote Dinol dll ...

Yah karena anti karat juga ada umurnya, maka harus secara reguler di cat anti karat mobilnya. Atau berkala gitu... Biar mobil ngga karatan.
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Perihal anti karat Livina

Post by ichsan_n »

Nih baru dapet balasannya untuk yang masalah anti karat.




Dengan hormat,

Nissan Grand Livina telah memberikan lapisan anti karat pada setiap
kendaraan yang diproduksinya. Proses anti karat ini melalui 7 tahapan
termasuk tahap dicelup seluruh body kedalam bak yang berisi cairan
khusus kemudian digetarkan agar cairan tersebut masuk hingga celah
terkecil sekalipun. Bagian bawah kendaraan diberikan tambahan pelapis
agar kuat saat kena percikkan batu saat kendaraan jalan.

Bila digunakan secara normal dalam arti sbb:
1. Tidak melalui banjir yang menyebabkan air masuk dalam kabin.
2. Tidak menerabas air laut.
3. Tidak menerabas banjir akibat air laut pasang.
4. Tidak menerabas genangan air yang mengandung bahan kimia yang
korosif.
5. Tidak di poles setiap hari dengan alasan mobil baru baru harus tetap kinclong
6. Tidak membuat iri tetangga anda karena indend livina anda dapat lebih singkat sehingga disumpahin "cepet karatan"

Terima kasih.

Hormat kami,
B. Ronny Tjahjadi
__________________________________________
Customer Relation Senior Manager
PT NISSAN MOTOR INDONESIA
Jl. MT Haryono Kav. 10
Jakarta 13330, Indonesia
Telp. +62-21-8582323 ext. 3018
Direct +62-21-8584914
Fax. +62-21-8584928
e-mail : [email protected]
http://www.nissan.co.id


Note : point 5 & 6 adalah versi penulis ihihihihhi... orisinalnya dari point 1-4.. anti karat? no problem
Last edited by ichsan_n on Mon Apr 23, 2007 8:54, edited 1 time in total.
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Wah ! Hati hati loh. Mending dari awal jelaskan dulu point 5 dan 6 bukan dari NMI. Sebab saya sempat terkejut biasanya jawab ATPM ngak sampai begitu kok.... Kasihan nanti Pak Ronny di tuduh " bercanda berlebihan.... " Hehe...
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

Heheh.. emang sengaja ditaro dibawah bung lord.. buktinya sampean aja terkejut kan? kekekekke... Btw, saya salut juga loh, customer service kantor saya yang sizenya lebih kecil dari Nissan saja tidak se responsif ini menjawab pertanyaan. lah ini hanya dalam beberapa jam langsung dijawab. emang hebat duet carlos ghosn and toshiyuki shiga ini mimpin nissan. perubahannya terasa banget. Nissan tidak seperti dulu lagi.
Sithlord wrote:Wah ! Hati hati loh. Mending dari awal jelaskan dulu point 5 dan 6 bukan dari NMI. Sebab saya sempat terkejut biasanya jawab ATPM ngak sampai begitu kok.... Kasihan nanti Pak Ronny di tuduh " bercanda berlebihan.... " Hehe...