Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

blaksiarpi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Sat Jan 25, 2014 15:50

Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang

Post by blaksiarpi »

waduh...pabriknya pake tutup segala...semoga pemilik spin tidak terimbas dgn sparepart susah deh...
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15602
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Re:

Post by ChZ »

zonepublic wrote: Trus harganya mau disamain sama innova?mana laku?
Kalau production plant dipindah ke India ya wasallam... Mau dijual berapa itu Spin. CKD aja segitu.

Belom mereka harus tutup rugi. Udah makin mahal, makin nggak laku, gali lubang tutup lubang dong.

Kemarin bilangnya mau focus ke SUV aja, kenapa sekarang jadi pindah ke India? Simpang siur neh berita.
zonepublic wrote: Ya namanya usaha disini spt itu donk.wajar lah spt itu,namanya juga dealer,kalo nyabang ya lucu
Toh juga pasti dilernya dikasi pilihan mau jalanin barang astra atau barang lain,kalo memang mau jalanin barang lain dan keluar dari astra ya ga apa2
Kalo mau bebas nyabang ya showroom mobil bekas
Faktanya lho dealernya chevrolet yang ada saat ini ga bisa kasih pelayanan bagus sama pembelinya.beda dibanding diler honda yg tidak dipegang 1 perusahaan juga
In fact, Astra sekarang jualan banyak merek koq, Peugeot, Isuzu, Daihatsu... dan BMW juga (dealer only, bukan ATPMnya).

Chevrolet, gw klaim garansi shock depan aja masalahnya berbelit belit dan baru disetujui claimnya berbulan-bulan kemudian.... gimana mo maju.
zonepublic wrote: Menurut gue honda tidak jual brand doang,jazz memang hatchback paling fun to drive dibanding kompetitor
Mazda 2,fiesta belum bisa nyalip jazz kalo sparepart dan servisnya terkenal susah
Chevy spin mobilnya lumayan bagus di kelasnya,gue sempat tertarik mau beli,abis ketemu ma orang2 diler ya yang busuk kelakuannya bikin gue menjauh ditambah lagi kelakuan user yg ada di forum diskusinya yang sok kaya,sok bener,fanboy fanatik dan bodoh yang cuma bisa syirik tanpa ngaca dulu produknya spt apa,mau bandingin spin disel ma innova diesel?sama avanza aja cuma unggul dikit mau naik2in kelasnya sendiri

Akhirnya gue move ke toyota
Kenapa?pernah gue nyervis gratis innova adik gue di diler toyota,room servisnya enak,pelayanan SAnya tanggap dan bagus,jauh lebih bagus dari beres honda kalo ada keluhan bener2 ditanggapi dan kalo bisa dibenerin gratis ya dikasi gratis,dah gitu ruang tunggunya enak dikasi makan,minum(ga cuma aqua,ada milo,nescafe),sayang belom ada wifinya spt beres motor produk AHM kota gue
Pas gue lagi proses tawar menawar innova gue dikasi undangan aniversary diler toyota di kota gue di hotel bintang 4,dijamu dengan makanan2 yg lezat seperti pesta hajatan
Yg kaya gini yg diler2 dan beres merk lain harus tiru kalo mau ngalahin dominasi toyota
Paling fun to drive sebenernya Mazda2, cuma kekuatan brandingnya belom sebaik Honda. Dan Mazda2 kalah di all-round package karena inferior di akomodasi (plus aftersales dan branding).

All-round package ya Jazz memang paling sesuai selera konsumen indonesia : practical. Mobil kecil dengan kemampuan akomodasi yang sangat fleksibel berkat ultra seatnya, nggak boros tempat tapi bisa angkut banyak. Buat keluarga kecil yang butuh HB serbaguna dan nggak selera ama MPV, ya ini jawabannya.

Kalau nanya di komunitas ya resikonya gitu oom, banyak yang lebay bin alay. Apalagi kalau main di forum sebelah, perang fanboy nggak terelakkan.

Nah dominasi Toyota di Indonesia memang nggak terbendung, cuma mereka yang punya layanan aftersales sebaik itu. Yang lain cukup watch and see aja, mau ngikutin juga susah. Merek lain bisa jadi selevel Honda aja udah bagus banget.

Untuk konsumen "biasa" aja mereka perlakuannya gitu, apalagi untuk premium brand mereka, Lexus? Ah jangan ditanya lah, mau tampang gembel juga dilayani layaknya raja. Salah satu member sini (haristk7) sudah ngerasain gimana nikmatinya dijamu di Lexus Gallery oleh salah satu representative mereka. Brandingnya memang luar biasa ini Toyota.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7398
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang

Post by newrubble »

dulu di thread mobilmobil dgn disain aneh sy mention GM-chevy harabas, GM-chevy harimau yg satu dua level lbh rendah dari vw sakbayan

nah bikin sj yg spt itu n tdk usah buka CKD facility trilyunan rupiah...cukup outsource sekolah sekolah tehnik yg ada di banyak tempat...dan bengkel bengkel kaki lima...sy yakin mrk akan byk kerjaan n husus anak anak sekolah itu akan lupa tempur di jalanan

bisa dijual seharga dua tiga x lbh mahal dr rodatiga ex zhong hua...n sy jamin GM n chevy akan pop di desa desa di hutan hutan spt dulu jaman kakek nenek sy idup org desa desa familiarbdgn DPCD (dodge/fargo, plymouth, chrysler, desoto)

toh indo adalah low compliance market, yg diperlukan u safety feature hanya twin front seatbelts
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7398
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang

Post by newrubble »

smua yg sy sebut ini tdk pernah ada di indo meski tdk sedikit indo contribution dlm manufacturing mrk dulu
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 600
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Re:

Post by zonepublic »

ChZ wrote:
zonepublic wrote: Trus harganya mau disamain sama innova?mana laku?
Kalau production plant dipindah ke India ya wasallam... Mau dijual berapa itu Spin. CKD aja segitu.

Belom mereka harus tutup rugi. Udah makin mahal, makin nggak laku, gali lubang tutup lubang dong.

Kemarin bilangnya mau focus ke SUV aja, kenapa sekarang jadi pindah ke India? Simpang siur neh berita.
zonepublic wrote: Ya namanya usaha disini spt itu donk.wajar lah spt itu,namanya juga dealer,kalo nyabang ya lucu
Toh juga pasti dilernya dikasi pilihan mau jalanin barang astra atau barang lain,kalo memang mau jalanin barang lain dan keluar dari astra ya ga apa2
Kalo mau bebas nyabang ya showroom mobil bekas
Faktanya lho dealernya chevrolet yang ada saat ini ga bisa kasih pelayanan bagus sama pembelinya.beda dibanding diler honda yg tidak dipegang 1 perusahaan juga
In fact, Astra sekarang jualan banyak merek koq, Peugeot, Isuzu, Daihatsu... dan BMW juga (dealer only, bukan ATPMnya).

Chevrolet, gw klaim garansi shock depan aja masalahnya berbelit belit dan baru disetujui claimnya berbulan-bulan kemudian.... gimana mo maju.
zonepublic wrote: Menurut gue honda tidak jual brand doang,jazz memang hatchback paling fun to drive dibanding kompetitor
Mazda 2,fiesta belum bisa nyalip jazz kalo sparepart dan servisnya terkenal susah
Chevy spin mobilnya lumayan bagus di kelasnya,gue sempat tertarik mau beli,abis ketemu ma orang2 diler ya yang busuk kelakuannya bikin gue menjauh ditambah lagi kelakuan user yg ada di forum diskusinya yang sok kaya,sok bener,fanboy fanatik dan bodoh yang cuma bisa syirik tanpa ngaca dulu produknya spt apa,mau bandingin spin disel ma innova diesel?sama avanza aja cuma unggul dikit mau naik2in kelasnya sendiri

Akhirnya gue move ke toyota
Kenapa?pernah gue nyervis gratis innova adik gue di diler toyota,room servisnya enak,pelayanan SAnya tanggap dan bagus,jauh lebih bagus dari beres honda kalo ada keluhan bener2 ditanggapi dan kalo bisa dibenerin gratis ya dikasi gratis,dah gitu ruang tunggunya enak dikasi makan,minum(ga cuma aqua,ada milo,nescafe),sayang belom ada wifinya spt beres motor produk AHM kota gue
Pas gue lagi proses tawar menawar innova gue dikasi undangan aniversary diler toyota di kota gue di hotel bintang 4,dijamu dengan makanan2 yg lezat seperti pesta hajatan
Yg kaya gini yg diler2 dan beres merk lain harus tiru kalo mau ngalahin dominasi toyota
Paling fun to drive sebenernya Mazda2, cuma kekuatan brandingnya belom sebaik Honda. Dan Mazda2 kalah di all-round package karena inferior di akomodasi (plus aftersales dan branding).

All-round package ya Jazz memang paling sesuai selera konsumen indonesia : practical. Mobil kecil dengan kemampuan akomodasi yang sangat fleksibel berkat ultra seatnya, nggak boros tempat tapi bisa angkut banyak. Buat keluarga kecil yang butuh HB serbaguna dan nggak selera ama MPV, ya ini jawabannya.

Kalau nanya di komunitas ya resikonya gitu oom, banyak yang lebay bin alay. Apalagi kalau main di forum sebelah, perang fanboy nggak terelakkan.

Nah dominasi Toyota di Indonesia memang nggak terbendung, cuma mereka yang punya layanan aftersales sebaik itu. Yang lain cukup watch and see aja, mau ngikutin juga susah. Merek lain bisa jadi selevel Honda aja udah bagus banget.

Untuk konsumen "biasa" aja mereka perlakuannya gitu, apalagi untuk premium brand mereka, Lexus? Ah jangan ditanya lah, mau tampang gembel juga dilayani layaknya raja. Salah satu member sini (haristk7) sudah ngerasain gimana nikmatinya dijamu di Lexus Gallery oleh salah satu representative mereka. Brandingnya memang luar biasa ini Toyota.
Kemarin tes drive all new mazda 2 GT 2015 kok tp rasanya akselerasi dan tenaga mesinnya masih kalah sama jazz GE ya?menang terlalu banyak fitur doang rasanya si mazda,tp buat badan segede gue sesak juga kabinnya
Iya coba chevrolet masukin ke astra langsung mungkin gue dah ambil produk chevy.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15602
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Re:

Post by ChZ »

zonepublic wrote: Kemarin tes drive all new mazda 2 GT 2015 kok tp rasanya akselerasi dan tenaga mesinnya masih kalah sama jazz GE ya?menang terlalu banyak fitur doang rasanya si mazda,tp buat badan segede gue sesak juga kabinnya
Iya coba chevrolet masukin ke astra langsung mungkin gue dah ambil produk chevy.
GE Manual/Matik?

Kalau lawannya GE manual ya keras oom... sakti tu manualnya Honda. Precise feeling, Quickshift nya paling enak dari gb MT manapun di kelasnya.

Kalau ATnya justru menurut ane sucks, 120psnya kebuang sia-sia. Sama-sama AT ya AT nya Mazda2 lebih baik jauh dibanding GE AT. Tenaga mesinnya, for me, biasa aja, cuma 115ps tapi karena bodi enteng jadi bikin mobil ini kerasa lincah.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang

Post by nyotnyet »

Setuju sih kalo yang special dari spin itu dia ada varian dieselnya...malah ane sempet apresiasi tuh chevy nguarin LMPV diesel..
Cuma emang jaringan servis dkk yang masih horor..
Temen ane punya fiesta dan focus...kondisi di surabaya buat servis rutin aja harus nginep mobilnya...waktu adik ane mau ganti HBnya yasir ke HB lain, ada fiesta di kandidat dia..berhubung dia di smg, ane lsng suruh coret tuh fiesta..lha di sby aja nginep, gimana di smg?

Soal kenapa ga varian diesel yang ditonjolkam ane juga heran sih...malah kaya sebagai varian pelengkap aja, spin activ juga kuar bensin aja..

Yang lbh lucu, waktu main2 ke dealer, ane minta unit TD, salesnya blg untuk spin ga ada unit TD..wat? PD sekali pikir ane jual unit tanpa TD..
Ga tau emang ga ada, atau liat tampang ane maka ga dikasih TD..hahaha

Soul Red zoom zoom
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 600
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang

Post by zonepublic »

nyotnyet wrote:Setuju sih kalo yang special dari spin itu dia ada varian dieselnya...malah ane sempet apresiasi tuh chevy nguarin LMPV diesel..
Cuma emang jaringan servis dkk yang masih horor..
Temen ane punya fiesta dan focus...kondisi di surabaya buat servis rutin aja harus nginep mobilnya...waktu adik ane mau ganti HBnya yasir ke HB lain, ada fiesta di kandidat dia..berhubung dia di smg, ane lsng suruh coret tuh fiesta..lha di sby aja nginep, gimana di smg?

Soal kenapa ga varian diesel yang ditonjolkam ane juga heran sih...malah kaya sebagai varian pelengkap aja, spin activ juga kuar bensin aja..

Yang lbh lucu, waktu main2 ke dealer, ane minta unit TD, salesnya blg untuk spin ga ada unit TD..wat? PD sekali pikir ane jual unit tanpa TD..
Ga tau emang ga ada, atau liat tampang ane maka ga dikasih TD..hahaha
Kenapa yg ditonjolkan varian bensin?karena yg bensin ga gitu laku.lah saingan lmpv bensin banyak,sedangkan lmpv diesel ga ada saingan
Plg laris yg diesel,ketika gue lihat unit di gudangnya perbandingan stok diesel:bensin bisa 1:10.
Soal TD unit harusnya malah ada yg diesel
Spesial di varian diesel spin cm 1,itu engine udah pake intercooler sehingga mendongkrak tenaga yg cm 1.3L dengan konsumsi bbm 1/2nya diesel innova dan dengan harga segitu lawan diesel punya innova plg murah saat itu dgn harga 260juta
Udah itu aja spesialnya buat yg belom tahu,tapi yang udah tahu kekurangan spin diesel baik mobil maupun mesinnya pasti milih ambil innova/panther 2nd
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang

Post by nyotnyet »

zonepublic wrote:
nyotnyet wrote:Setuju sih kalo yang special dari spin itu dia ada varian dieselnya...malah ane sempet apresiasi tuh chevy nguarin LMPV diesel..
Cuma emang jaringan servis dkk yang masih horor..
Temen ane punya fiesta dan focus...kondisi di surabaya buat servis rutin aja harus nginep mobilnya...waktu adik ane mau ganti HBnya yasir ke HB lain, ada fiesta di kandidat dia..berhubung dia di smg, ane lsng suruh coret tuh fiesta..lha di sby aja nginep, gimana di smg?

Soal kenapa ga varian diesel yang ditonjolkam ane juga heran sih...malah kaya sebagai varian pelengkap aja, spin activ juga kuar bensin aja..

Yang lbh lucu, waktu main2 ke dealer, ane minta unit TD, salesnya blg untuk spin ga ada unit TD..wat? PD sekali pikir ane jual unit tanpa TD..
Ga tau emang ga ada, atau liat tampang ane maka ga dikasih TD..hahaha
Kenapa yg ditonjolkan varian bensin?karena yg bensin ga gitu laku.lah saingan lmpv bensin banyak,sedangkan lmpv diesel ga ada saingan
Plg laris yg diesel,ketika gue lihat unit di gudangnya perbandingan stok diesel:bensin bisa 1:10.
Soal TD unit harusnya malah ada yg diesel
Spesial di varian diesel spin cm 1,itu engine udah pake intercooler sehingga mendongkrak tenaga yg cm 1.3L dengan konsumsi bbm 1/2nya diesel innova dan dengan harga segitu lawan diesel punya innova plg murah saat itu dgn harga 260juta
Udah itu aja spesialnya buat yg belom tahu,tapi yang udah tahu kekurangan spin diesel baik mobil maupun mesinnya pasti milih ambil innova/panther 2nd

Pernah denger kalo jajannya mahal...sparepartnya kali yah mksdnya...bener ga om?

Soul Red zoom zoom
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 600
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang

Post by zonepublic »

nyotnyet wrote:
zonepublic wrote:
nyotnyet wrote:Setuju sih kalo yang special dari spin itu dia ada varian dieselnya...malah ane sempet apresiasi tuh chevy nguarin LMPV diesel..
Cuma emang jaringan servis dkk yang masih horor..
Temen ane punya fiesta dan focus...kondisi di surabaya buat servis rutin aja harus nginep mobilnya...waktu adik ane mau ganti HBnya yasir ke HB lain, ada fiesta di kandidat dia..berhubung dia di smg, ane lsng suruh coret tuh fiesta..lha di sby aja nginep, gimana di smg?

Soal kenapa ga varian diesel yang ditonjolkam ane juga heran sih...malah kaya sebagai varian pelengkap aja, spin activ juga kuar bensin aja..

Yang lbh lucu, waktu main2 ke dealer, ane minta unit TD, salesnya blg untuk spin ga ada unit TD..wat? PD sekali pikir ane jual unit tanpa TD..
Ga tau emang ga ada, atau liat tampang ane maka ga dikasih TD..hahaha
Kenapa yg ditonjolkan varian bensin?karena yg bensin ga gitu laku.lah saingan lmpv bensin banyak,sedangkan lmpv diesel ga ada saingan
Plg laris yg diesel,ketika gue lihat unit di gudangnya perbandingan stok diesel:bensin bisa 1:10.
Soal TD unit harusnya malah ada yg diesel
Spesial di varian diesel spin cm 1,itu engine udah pake intercooler sehingga mendongkrak tenaga yg cm 1.3L dengan konsumsi bbm 1/2nya diesel innova dan dengan harga segitu lawan diesel punya innova plg murah saat itu dgn harga 260juta
Udah itu aja spesialnya buat yg belom tahu,tapi yang udah tahu kekurangan spin diesel baik mobil maupun mesinnya pasti milih ambil innova/panther 2nd

Pernah denger kalo jajannya mahal...sparepartnya kali yah mksdnya...bener ga om?
Iya jajannya mahal tapi lama jajannya
Cuma ya itu kadang suka susah cari sparepartnya
Yg plg ditakutin spin elektrikalnya,rada rumit,sensitif dan susah diutak atik
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang

Post by kunaskun »

hehehe.. pun sebenernya, sudah rahasia umum brand jepang di indo terutama yang besar2 sudah kaya "mafia", konsolidasi maen belakang juga user ga tau kan. makanya produk kosong melompong pun tetap laku, sisanya ya ngais2 rezeki dari user yang lebih "paham" dan "berani" ambil resiko.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang

Post by VanzMatic »

nyotnyet wrote:-cut-

Yang lbh lucu, waktu main2 ke dealer, ane minta unit TD, salesnya blg untuk spin ga ada unit TD..wat? PD sekali pikir ane jual unit tanpa TD..
Ga tau emang ga ada, atau liat tampang ane maka ga dikasih TD..hahaha
Saat mampir ke diler boyota di pd gede untuk liat unit panjah 2010, oleh salesnya malah ane ditawari TD unit punya kacab dia, yg warna nya sama dgn yg saya pilih.


Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21999
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang

Post by Turboman »

GM juga konon akan tutup pabrik di OZ th 2017

http://www.autoblog.com/2013/12/11/gm-m ... -official/

Ini tentu jauh lebih krusial since GM OZ dengan large sedan dari Holden spt Commodore itu merupakan Native product GM OZ yg legendaris

Akankah large sedan Holden punah seiring tutupnya pabrik2 GM di OZ ?
:off_no:
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang

Post by evolution21 »

kunaskun wrote:hehehe.. pun sebenernya, sudah rahasia umum brand jepang di indo terutama yang besar2 sudah kaya "mafia", konsolidasi maen belakang juga user ga tau kan. makanya produk kosong melompong pun tetap laku, sisanya ya ngais2 rezeki dari user yang lebih "paham" dan "berani" ambil resiko.
kalo mazda 6 yg banyak dipake utk polisi itu ada "play play" jg ga?
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7398
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang

Post by newrubble »

holden bkn cuma oz icon tapi juga southafrican dari dulu trutama ute lineups .

Sub brand ini akan relocate southafrica krn cost consideration
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang

Post by kunaskun »

evolution21 wrote:
kunaskun wrote:hehehe.. pun sebenernya, sudah rahasia umum brand jepang di indo terutama yang besar2 sudah kaya "mafia", konsolidasi maen belakang juga user ga tau kan. makanya produk kosong melompong pun tetap laku, sisanya ya ngais2 rezeki dari user yang lebih "paham" dan "berani" ambil resiko.
kalo mazda 6 yg banyak dipake utk polisi itu ada "play play" jg ga?
kalau ini si jangan2 kaya dulu si Kia, "buang" stok untuk CSR :mky_03: :mky_04:
ecoy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 129
Joined: Tue Jun 25, 2013 6:38

Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang

Post by ecoy »

Mau tanya, apa benar spare partnya chevrolet mahal? Atau cm hoax yg d sebar

Mohon bandingan hrg antara spare part resmi dan beli d dealer ya. Dan membandingkannya dgn tipe mobil yg sekelas dan jg teknologi yg sekelas ya.

Krn saya pernah bc d SM thread ttg peugeot dan ada yg upload hrg resmi spare partnya d dealer dan saya bandingkan hrgnya sm dgn spare part ori xenia li saya dulu.

Saya ex pengguna xeli spare part yg pernah saya gnt d BeRes: kopling 1 set 1,5jt, magnetic clucth 500rb, master rem 1,7jt dan saya pernah tnya k SA hrg filter bensin 1,7jt krn jd satu dgn pompanya, rem depan 500rb, shock depan 500rb(entah 1 or sepasang)
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21999
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang

Post by Turboman »

kalo ngeliat dari fenomena ini :

https://www.facebook.com/chevyindonesia ... 1718776722

Berarti GMI saat ngejual Spin pertama ibarat orang ikut audisi "idol contest" tapi tanpa latihan terlebih dahulu....lgs gugur dahh

biar abis itu latihan2 terus sampe bagus tapi udah "basi" di mata dewan juri
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21999
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang

Post by Turboman »

Indonesia

Thailand

Now :
GM to shut Russian plant as sales slide

http://www.reuters.com/article/2015/03/ ... GG20150318

sementara di tengah krisis Rubel, apa yg dilakukan Toyota di sana :
December 2, 2014
November start of production of New Camry at Toyota’s Russian plant was celebrated in an event today in Saint-Petersburg
Two new production processes – plastics injection moulding and steel stamping – were added to the plant’s existing operations
New Camry increases local content from 15 to 30%
Doubling of production capacity planned for 2015, introduction of Toyota RAV4 in 2016

http://www.automotiveworld.com/news-rel ... etersburg/

Jadi teringat lagu :


Memang sih bisnis yg dikatakan hebat itu kalau sukses berhasil melewati masa2 kritis / super kritis

*bukan seles T*
* Bukan ajakan Beli *
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang

Post by kunaskun »

ganti kopling 14 juta mungkin sekalian ganti segelondong kali ya :big_think: jadi ga usah repot2 buka housing ganti matahari dekrup plat, bonus gear box kali :big_think:
User avatar
bestautocare
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Sat Mar 21, 2015 15:59
Location: Jakarta Barat

Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang

Post by bestautocare »

walahhh...ane barusan beli Spin...gimana nih nasibnya....
Desi

:big_think:
:off_ladies:
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang

Post by y_anjasrana »

Kan mw bikin lagi di karawang klu ga salah.....
Accurate V5 Accounting System Consultant
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Post by TUFF Stough »

GMI jamin ketersediaan spare part hingga 10 tahun. Yg di Karawang untuk produksi mobil murah (lcgc), bukan Spin. Spin akan tetap di produksi di India dgn permesinan dan peralatan yg diangkut dari Pondok Ungu.
difaantono
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Tue Mar 12, 2013 6:13

Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang

Post by difaantono »

Sundul ah..

Eutanasia GM Indonesia: Sebuah Proses Pematian Menyakitkan
Wisnu Guntoro Adi - 27 Feb 2015

JAKARTA (DP) — Sembuh tak kunjung datang, sementara rasa sakit terus menjalar. Ada semangat ingin bangkit, tapi tak mengerti obat apa yang harus diminum. Puluhan juta dolar sudah dihabiskan untuk berganti tabib.

Alih-alih bisa menemukan ramuan hebat, namun yang menimpa justru sebaliknya: Peluang hidup semakin tipis. Akhirnya eutanasia dianggap sebagai satu-satu jalan terbaik. Entah benar atau tidak. Tapi setidaknya, itulah cara yang dinilai akan mengurangi siksaan sakit tanpa menyakitkan. Sekalipun harus menghabisi nyawa.

Empat bulan lagi General Motors (GM) akan melakukan eutanasia terhadap satu-satunya pabrik perakitan Chevrolet di Indonesia yang ada di Pondok Ungu, Bekasi. Rencana ini telah diumumkan secara resmi oleh GM Indonesia pada Kamis (26/2) kemarin.

Padahal usia pabrik itu baru genap dua tahun ketika GM Indonesia menghentikan aktivitas produksinya 30 Juni mendatang. Sebelumnya, selama hampir delapan tahun, pabrik ini terbengkalai. Dia tertidur setelah Opel/Chavrolet Blazer yang diproduksi sejak 1995 tak mampu bertahan dari serangan zaman. Blazer pun harus keluar dari kompetisi pada 2005.

Kondisi yang menimpa GM Indonesia ini tentu saja membuat publik, khususnya konsumen Chevrolet serta pemilik dan karyawan dealer Chevrolet di seluruh Indonesia, panik.

Terlebih pabrik yang dibangkitkan dari tidur dengan investasi US$ 150 juta itu digunakan sebagai dapur produksi Chevrolet Spin, produk yang dipilih oleh konsumen yang ingin keluar dari model buatan merek mainstream.

Bagi saya keputusan GM Indonesia menghentikan operasional pabrik di Pondok Ungu bukanlah berita mengejutkan. Sejak pertengahan tahun lalu saya sudah mendengar kabar tentang arah keputusan ini. Malah pada Agustus tahun lalu, usai hari raya Idul Fitri, operasional pabrik GM Indonesia sudah benar-benar dihentikan.

Apalagi saya juga mendapat informasi bahwa sepanjang 2013 GM Indonesia sudah mengalami kerugian sekitar US$ 60 juta dari aktivitas operasionalnya. Malah sepanjang 2014 proses pengurangan karyawan pabrik selalu terjadi hampir saban bulan.

Seorang teman saya, dia pelaku bisnis otomotif, beranggapan bahwa kerugian besar yang dialami GM Indonesia sulit diterima akal pengusaha. Tapi dirinya memaklumi manakala mengetahui GM Indonesia telah terjerumus dalam inefisiensi usaha.

Sebuah kabar yang saya terima, kerugian GM Indonesia merupakan bagian dari penetapan biaya tinggi pada standar pendapatan dan fasilitas bagi para pimpinan perusahaannya yang dijabat orang-orang asing.

Konon biaya sewa rumah untuk managing director yang kala itu dipegang Marcos A. Purty saja bisa mencapai US$ 4.500 per bulan. Ini belum termasuk beban untuk membayar serentetan biaya tunjanggan dan fasilitas lain. Padahal di saat itu, Spin yang menjadi tulang punggung penjualan GM Indonesia sedang berjalan di tempat. Di sisi lain, keterpurukan GM Indonesia terkesan akibat salah mengasuh produk potensial Spin.

Kisah GM Indonesia ini terasa seperti orang sakit demam berdarah kronis yang berharap kesembuhan. Apapun akan dilakukan demi kesehatan. Dia tak lagi menimbang akal sehat. Tabib dari negeri yang tak mengenal demam berdarah pun berani didatangkan sekalipun harus dibayar mahal. Padahal, bagi tabib lokal penyakit negeri tropis itu merupakan perkara biasa.

Ceroboh Sejak Awal
Seorang teman saya yang lama menjalani bidang marketing mengingatkan tentang sebuah pepetah berbunyi, “Don’t change the winning team.” Pepatan ini, setidaknya dalam pandangan saya, sesuai untuk menggambarkan fase bangkit dan terpuruknya GM Indonesia dalam satu dasawarsa terakhir.

Saya pun jadi mengingat kembali tentang sebuah cerita petang di pertengahan 2011. Ketika itu Martin Apfel, presiden operasional GM Asia Tenggara, ingin mengumumkan penunjukkan Marcos A. Purty sebagai pengganti managing director asal Indonesia Mukiat Sutikno. Di kesempatan yang sama Apfel juga menyampaikan rencana GM membangun ulang fasilitas produksi di Pondok Ungu sebagai basis produksi Spin di Asia Tenggara.

Kala itu, usai sesi pertanyaan terakhir saya mengangkat tangan. Dalam forum terbuka saya bertanya kepada Apfel yang duduk di atas panggung besar.

“GM ingin berinvestasi kembali di Indonesia untuk membangun sebuah produk (Spin) untuk menyaingi model (Avanza dan Xenia) yang saat ini dikuasai pemimpin pasar (Toyota dan Daihatsu). Tapi saya tidak melihat satupun orang GM Indonesia yang hadir di sini yang kami kenal memiliki pengalaman otomotif di pemasaran lokal. Orang-orang pemasaran yang kami kenal di GM Indonesia telah pergi. Bagaimana Anda bisa melawan raksasa dengan yang tersisa?” begitu kira-kira bunyi pertanyaan saya kepada Apfel saat itu.

Dengan ringan Apfel menjawab. Katanya, keluar masuk karyawan dalam sebuah perusahaan merupakan hal biasa. Dia pun berkeyakinan mampu menemukan tim marketing baru yang tepat untuk perusahaannya.

Keputusan GM menempatkan Purty sebagai pengganti posisi Mukiat saat itu dinilai beberapa pihak internal GM Indonesia sebagai langkah terlalu berani. Pasalnya, Purty yang terbilang muda tidak berlatar belakang marketing. Sebelum dipindahkan ke Indonesia sebagai direktur manufakturing Purty adalah manajer produksi area Holden Australia yang belum lama ditutup.

Nyatanya, Purty tak mampu mempertahankan posisi GM Indonesia yang naik selama dipegang Mukiat sejak 2007 hingga 2011. Pada 2010 saja Mukiat mengaku telah mendorong GM Indonesia naik ke posisi 12 dari peringkat 30 industri otomotif nasional.

Pada tahun yang sama Mukiat juga berhasil membawa perusahaannya tumbuh 72 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Menurutnya, hal itu bisa dilakukan dengan tim terbaik yang pernah dimiliki GM Indonesia. Ya, sebuah tim yang akhirnya hilang tertelan ombak semangat pembaruan yang datang dari GM Asia Tenggara.

Alhasil, sejak September 2013 Purty pun harus melepaskan jabatannya. Pergantian ini hanya selang sebulan setelah pembawa ombak perubahan di GM Indonesia, Apfel, terhempas daro posisinya di Thailand.

Namun secara mengejutkan posisi Purty sebagai presiden direktur digantikan Michael Dunne. Lelaki ini dikenal luas di kalangan agen pemegang merek di Indonesia sebagai periset data dari Automotive Resources Asia (ARA).

Pendeknya, Dunne bukanlah praktisi marketing di lapangan. Dia memang diakui hebat dalam urusan membaca data riset. Bahkan buku berjudul “American Wheels, Chinese Roads: The Story of General Motors in China” yang ditulisnya bisa menjelaskan siapa Dunne.

Namun faktanya, keahlian membaca riset yang ditawarkan Dunne kepada GM Indonesia tak seindah kenyataan. Dunne pun harus terdepak dari posisinya seiring pengumuman penghentian operasional pabrik Pondok Ungu.

Kini pihak-pihak yang berada di GM Indonesia masih diam seribu bahasa. Hanya kalimat-kalimat pada siaran berita yang mereka ulang kali setiap ditanya media.

Belum jelas bagaimana nasib Spin di masa mendatang. Belum jelas pula akan seperti apa tanggung jawab GM terhadap mitra-mitra bisnisnya, terutama pemilik delaer yang telah menanamkan investasi puluhan hingga ratusan miliar rupiah demi meraih untung dari Spin?

Tapi yang sudah pasti adalah nasib 500 karyawan yang diberhentikan GM Indonesia. Kini mereka harus berpikir keras mencari pekerjaan baru demi menjaga kelangsungan hidup keluarganya. Sebuah ongkos mahal dari ego perusahaan yang percaya bahwa profesional asing bisa lebih memahami kondisi pasar lokal Indonesia. [dp]

Penulis: Wisnu Guntoro Adi, Editor-in-Chief www.dapurpacu.com


Sumber :
http://dapurpacu.com/232265/eutanasia-g ... nyakitkan/
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21999
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang

Post by Turboman »

Setuju banget......

Intinya kalau "berburu" dgn bantuan hewan : "Gunakan hewan yg sudah kenal betul karakter mangsa yg akan diburu"

beburu babi hutan dgn anjing terlatih

Berburu tikus di sawah / kebun sawit dengan bantuan Burung Hantu type Barn Owl
* Bukan ajakan Beli *