Daihatsu Ayla

Segala jenis Hatchback dan tipe - tipe mobil lainnya.
(Jazz, Yaris, Swift, xover dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Daihatsu Ayla

Post by sucahyo »

didimmatic wrote::big_sorry: missi oomm, saya baru break in ayla, baru 4 hari, type x elegant matic om, FC dalam kotanya cuman dapet 12 km per liter :big_cry: masih newbie sih, ehehehe minta tips ngendaliin matic dong oommm, hehe
Kalau matik dari yang saya baca kebanyakan juga dapat segitu kok om, apalagi dalam kota. rasanya masih lumayan daripada yang lain yang dapat 1:9. Mungkin harus lebih dicicil gasnya. ngegas dikit saja, yang penting bisa maju dulu mobilnya. Kalau bensinnya premium, maka bisa lebih boros juga.

kalau break in, saya acuannya pakai rpm. rpm saya batasi hingga maksimum 2000. tidak tahu bisa diterapkan di matik atau tidak.

atau barangkali mau coba alat saya :).
bubble
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Thu Feb 09, 2012 4:56
Location: DKI

Re: Daihatsu Ayla

Post by bubble »

permisi sharing, FC sejak baru s/d skrg Ayla nubi rata2 12km/l, paling irit pernah 15 km/l, itu semua pake metode full to full, BBM shell super, sekali2 V Power. Pake harian, menu dalkot komplit, gak terlalu pusingin indicator eco nyala/gak. Nubi cenderung abaikan info FC di MID, karena imho bnyk faktor variable dan gak pernah sama dengan metode full to full. Btw, di MID malah pernah nongol FC rata2 18 km/l, tp ya itu ujung2nya FC spt info awal.

Kondisi mesin sutandar abis, Ayla X AT MI 2014 akhir. Utk tenaga rasanya gak ada komplain utk mobil 1000cc, malah cenderung ngacir mobil ini, mgkn karena bobot enteng. AC berasa keseluruh kabin, cenderung dingin biarpun cuma disetel 1/2 cool.
Setir berasa enteng banget, tp masih ada sedikit feel interaksi dgn permukaan jalan, mgkn karena PS nya msh cenderung konvensional.
Minusnya posisi duduk bangku belakang kurang nyaman karena sandaran bangku belakang terlalu tegak, imho, walaupun ruang kaki belakang lumayan lega ya utk mobil sekecil ini. PW di semua pintu ditambah sandaran kepala bangku belakang yg bisa disetel naik turun merupakan nilai plus dan membantu penumpang merasa lbh nyaman, jarang2 LCGC ada fasilitas ini, imho.
djia
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
Daily Vehicle: laptop_dan_hape

Re: Daihatsu Ayla

Post by djia »

didimmatic wrote::big_sorry: missi oomm, saya baru break in ayla, baru 4 hari, type x elegant matic om, FC dalam kotanya cuman dapet 12 km per liter :big_cry: masih newbie sih, ehehehe minta tips ngendaliin matic dong oommm, hehe
kemarin nyoba bawa sodaranya ayla, agya matic.
enak ya bawa mobil kecil matic gini ... :big_comfort:

kalo fc dalkot 12km/l udah bagus lha om. apalagi masih matic jadul.

bangku baris ke-2 untuk perjalanan jauh (>5 jam) nyaman gak ya bwt penumpang?
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Daihatsu Ayla

Post by sucahyo »

bubble wrote:permisi sharing, FC sejak baru s/d skrg Ayla nubi rata2 12km/l, paling irit pernah 15 km/l, itu semua pake metode full to full, BBM shell super, sekali2 V Power. Pake harian, menu dalkot komplit, gak terlalu pusingin indicator eco nyala/gak. Nubi cenderung abaikan info FC di MID, karena imho bnyk faktor variable dan gak pernah sama dengan metode full to full. Btw, di MID malah pernah nongol FC rata2 18 km/l, tp ya itu ujung2nya FC spt info awal.

Kondisi mesin sutandar abis, Ayla X AT MI 2014 akhir. Utk tenaga rasanya gak ada komplain utk mobil 1000cc, malah cenderung ngacir mobil ini, mgkn karena bobot enteng. AC berasa keseluruh kabin, cenderung dingin biarpun cuma disetel 1/2 cool.
Setir berasa enteng banget, tp masih ada sedikit feel interaksi dgn permukaan jalan, mgkn karena PS nya msh cenderung konvensional.
Minusnya posisi duduk bangku belakang kurang nyaman karena sandaran bangku belakang terlalu tegak, imho, walaupun ruang kaki belakang lumayan lega ya utk mobil sekecil ini. PW di semua pintu ditambah sandaran kepala bangku belakang yg bisa disetel naik turun merupakan nilai plus dan membantu penumpang merasa lbh nyaman, jarang2 LCGC ada fasilitas ini, imho.
Sip sharingnya.

Untuk irit, memang susah kalau harus menghadapi banyak lampu merah dan polisi tidur, angka nggak akan bisa tinggi. Soal akselerasi, rasanya memang Ayla cukup bisa bersaing dengan yang mesin 1500cc.

Kalau modif penambah tenaga, menurut saya pribadi yang paling penting adalah menangani efek pengurangan tenaga di 2500rpm. Solusinya adalah dengan memberikan treatment pada kabel sensor oli mesin dibawah cadangan minyak rem.

Setelah kabel sensor oli dikasih treatment, di 2500rpm tenaga terasa sama kuatnya dengan di 3000rpm. Bila sebelumnya tenaga terasa meningkat dari 2500 rpm, maka setelah di treatment tenaga di 2500 rpm terasa penuh juga sehingga dari 2500rpm ke 3000rpm tenaga terasa stabil.

Kalau cara gratisan, semestinya bisa pakai magnet, pakai ferrit atau dililiti kabel yang terhubung ke kutub negatif aki. Kalau yang saya sudah coba dengan hasil diatas adalah dengan pro capacitor. Ada yang coba pakai ferrite, namun sayangnya tidak sharing hasilnya. Kalau pakai cara yang beneran pakai thehulleffect, agak ribet kalau diterapkan dan bisa mengugurkan garansi.
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Daihatsu Ayla

Post by sucahyo »

djia wrote:bangku baris ke-2 untuk perjalanan jauh (>5 jam) nyaman gak ya bwt penumpang?
Kalau saya biasanya dibelakang cuma anak kecil, dikasih bantal pada tiduran semua selama perjalanan. Sampai di tujuan biasanya masih harus membangunkan. Mestinya kalau agak jauh juga cukup nyaman. Entah lagi kalau dewasa.
didimmatic
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Sun Apr 12, 2015 9:01

Re: Daihatsu Ayla

Post by didimmatic »

:big_smile]
sucahyo wrote:
djia wrote:bangku baris ke-2 untuk perjalanan jauh (>5 jam) nyaman gak ya bwt penumpang?
Kalau saya biasanya dibelakang cuma anak kecil, dikasih bantal pada tiduran semua selama perjalanan. Sampai di tujuan biasanya masih harus membangunkan. Mestinya kalau agak jauh juga cukup nyaman. Entah lagi kalau dewasa.
:big_smile] btw sekarang di odometer yg nyentuh angka 445 km, FC MID udah naek jadi 13.5 km per liter, padahal bawa nya agak ganas :big_smoking:
didimmatic
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Sun Apr 12, 2015 9:01

Re: Daihatsu Ayla

Post by didimmatic »

:mky_01:
djia wrote:
didimmatic wrote::big_sorry: missi oomm, saya baru break in ayla, baru 4 hari, type x elegant matic om, FC dalam kotanya cuman dapet 12 km per liter :big_cry: masih newbie sih, ehehehe minta tips ngendaliin matic dong oommm, hehe
kemarin nyoba bawa sodaranya ayla, agya matic.
enak ya bawa mobil kecil matic gini ... :big_comfort:

kalo fc dalkot 12km/l udah bagus lha om. apalagi masih matic jadul.

bangku baris ke-2 untuk perjalanan jauh (>5 jam) nyaman gak ya bwt penumpang?
:mky_01: nah itu, saya baru sekali isi 5 penumpang, 3 dewasa 2 anak anak, masih mumpuni kok suspensinya, terutama bagi saya yg obesitas :big_biglaugh: so far still comfortable with the suspension, still thinking about ganti ban yg agak besar 1 inch lah :ungg:
didimmatic
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Sun Apr 12, 2015 9:01

Re: Daihatsu Ayla

Post by didimmatic »

:mky_01:
djia wrote:
didimmatic wrote::big_sorry: missi oomm, saya baru break in ayla, baru 4 hari, type x elegant matic om, FC dalam kotanya cuman dapet 12 km per liter :big_cry: masih newbie sih, ehehehe minta tips ngendaliin matic dong oommm, hehe
kemarin nyoba bawa sodaranya ayla, agya matic.
enak ya bawa mobil kecil matic gini ... :big_comfort:

kalo fc dalkot 12km/l udah bagus lha om. apalagi masih matic jadul.

bangku baris ke-2 untuk perjalanan jauh (>5 jam) nyaman gak ya bwt penumpang?
:mky_01: nah itu, saya baru sekali isi 5 penumpang, 3 dewasa 2 anak anak, masih mumpuni kok suspensinya, terutama bagi saya yg obesitas :big_biglaugh: so far still comfortable with the suspension, still thinking about ganti ban yg agak besar 1 inch lah :ungg:
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Daihatsu Ayla

Post by sucahyo »

didimmatic wrote::big_smile]
:big_smile] btw sekarang di odometer yg nyentuh angka 445 km, FC MID udah naek jadi 13.5 km per liter, padahal bawa nya agak ganas :big_smoking:
Wah lumayan tuh.
didimmatic wrote::mky_01:

:mky_01: nah itu, saya baru sekali isi 5 penumpang, 3 dewasa 2 anak anak, masih mumpuni kok suspensinya, terutama bagi saya yg obesitas :big_biglaugh: so far still comfortable with the suspension, still thinking about ganti ban yg agak besar 1 inch lah :ungg:
Kalau saya kepikiran beli besar/lebar untuk keamanan. Mungkin mencoba masih tetap pakai velg kaleng bawaan, kalau nggak nemu OEM 14". Rencana 185/70R13.
didimmatic
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Sun Apr 12, 2015 9:01

Re: Daihatsu Ayla

Post by didimmatic »

sucahyo wrote:
didimmatic wrote::big_smile]
:big_smile] btw sekarang di odometer yg nyentuh angka 445 km, FC MID udah naek jadi 13.5 km per liter, padahal bawa nya agak ganas :big_smoking:
Wah lumayan tuh.
didimmatic wrote::mky_01:

:mky_01: nah itu, saya baru sekali isi 5 penumpang, 3 dewasa 2 anak anak, masih mumpuni kok suspensinya, terutama bagi saya yg obesitas :big_biglaugh: so far still comfortable with the suspension, still thinking about ganti ban yg agak besar 1 inch lah :ungg:
Kalau saya kepikiran beli besar/lebar untuk keamanan. Mungkin mencoba masih tetap pakai velg kaleng bawaan, kalau nggak nemu OEM 14". Rencana 185/70R13.
Om, yg bener itu masukin ke P baru matiin mesin atau matiin mesin baru masukkin ke P? Nah ayla matic ini kan ada 3 sama D4, yg sering dipakai harusnya yg mana ya om? :big_childish: :mky_01:
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Daihatsu Ayla

Post by sucahyo »

didimmatic wrote:Om, yg bener itu masukin ke P baru matiin mesin atau matiin mesin baru masukkin ke P? Nah ayla matic ini kan ada 3 sama D4, yg sering dipakai harusnya yg mana ya om? :big_childish: :mky_01:
Rasanya yang harus dilakukan adalah dimasukkan ke P dulu baru matikan mesin.

Seandainya butuh parkir paralel atau agar mobil bisa didorong saat mesin mati, transmisi di pindah ke N pakai shift lock saat mesin sudah mati.

Pemakaian normal mestinya cukup pakai D4. Kalau ditanjakan transmisi sering pindah pindah, baru dipaksa pakai D3 atau D2. Kalau normal, katanya cukup injak gas dalam secara mendadak kalau mau akselerasi cepat (kick down).
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11041
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Daihatsu Ayla

Post by marmut »

didimmatic wrote:
Om, yg bener itu masukin ke P baru matiin mesin atau matiin mesin baru masukkin ke P? Nah ayla matic ini kan ada 3 sama D4, yg sering dipakai harusnya yg mana ya om? :big_childish: :mky_01:
injak pedal rem, pindah tuas transmisi ke P lalu matikan mesin. jawaban untuk pertanyaan sisanya silahkan baca manual book.

selamat mencoba.
didimmatic
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Sun Apr 12, 2015 9:01

Re: Daihatsu Ayla

Post by didimmatic »

sucahyo wrote:
didimmatic wrote:Om, yg bener itu masukin ke P baru matiin mesin atau matiin mesin baru masukkin ke P? Nah ayla matic ini kan ada 3 sama D4, yg sering dipakai harusnya yg mana ya om? :big_childish: :mky_01:
Rasanya yang harus dilakukan adalah dimasukkan ke P dulu baru matikan mesin.

Seandainya butuh parkir paralel atau agar mobil bisa didorong saat mesin mati, transmisi di pindah ke N pakai shift lock saat mesin sudah mati.

Pemakaian normal mestinya cukup pakai D4. Kalau ditanjakan transmisi sering pindah pindah, baru dipaksa pakai D3 atau D2. Kalau normal, katanya cukup injak gas dalam secara mendadak kalau mau akselerasi cepat (kick down).
Waahh, oke oke om, saya sering pakai D3 kalau santai terus kalau mau ngebut baru masukkin ke D4 dan gaya seperti itu saya dapat FC 13,5 kmpl di MID nya neng ayla saya :mky_02:
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Daihatsu Ayla

Post by sucahyo »

didimmatic wrote:Waahh, oke oke om, saya sering pakai D3 kalau santai terus kalau mau ngebut baru masukkin ke D4 dan gaya seperti itu saya dapat FC 13,5 kmpl di MID nya neng ayla saya :mky_02:
Ok, mungkin kalau pakai D4 dipaksa pakai gigi2 ya. Katanya kalau mau irit di otomatis, harus injak gassnya seringan kapas.
didimmatic
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Sun Apr 12, 2015 9:01

Re: Daihatsu Ayla

Post by didimmatic »

sucahyo wrote:
didimmatic wrote:Waahh, oke oke om, saya sering pakai D3 kalau santai terus kalau mau ngebut baru masukkin ke D4 dan gaya seperti itu saya dapat FC 13,5 kmpl di MID nya neng ayla saya :mky_02:
Ok, mungkin kalau pakai D4 dipaksa pakai gigi2 ya. Katanya kalau mau irit di otomatis, harus injak gassnya seringan kapas.
:wkkk:
Perbedaan besar terjadi tadi, ketika nyokap yg bawa ayla nya, FC cuman dapet 10 kmpl, pas gantian ane yg nyetir, eh malah dapet 18 kmpl, huehehehehehuehehehehe :big_comfort:

Om, nyampur pertamax plus sama premium gapapa kan ya? :big_think:
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Daihatsu Ayla

Post by sucahyo »

didimmatic wrote: :wkkk:
Perbedaan besar terjadi tadi, ketika nyokap yg bawa ayla nya, FC cuman dapet 10 kmpl, pas gantian ane yg nyetir, eh malah dapet 18 kmpl, huehehehehehuehehehehe :big_comfort:

Om, nyampur pertamax plus sama premium gapapa kan ya? :big_think:
Sama seperti kalau istri yang bawa :).

Saya pakai premium saja kok, yang lain juga banyak yang pakai premium. tambah pertamax mestinya lebih ok.
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Daihatsu Ayla

Post by sucahyo »

Sekedar sharing. Kalau idle, rpm idle dari Ayla cenderung tinggi. Bisa sampai 1200 rpm. tapi kalau mesin sudah suhu optimal, turun sampai 800rpm.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11041
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Daihatsu Ayla

Post by marmut »

bukan cuma ayla oom sucahyo, semua mobil tanpa kecuali kalo mesinnya baru nyala (terutama saat suhu ideal mesin belum tercapai) ya seperti itu.............. dan memang harus seperti itu pakdhe........................
andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: Daihatsu Ayla

Post by andrijet »

Autochoke, hehehe..
Apa kabar choke?
Apa kabar yg msh doyan buang2 bensin dan racunin orang-orang di rumah manasin mobil pagi2?

Zaman sekarang mobil 1 menit aja dah suhu optimal siap jalan.
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Daihatsu Ayla

Post by sucahyo »

marmut wrote:bukan cuma ayla oom sucahyo, semua mobil tanpa kecuali kalo mesinnya baru nyala (terutama saat suhu ideal mesin belum tercapai) ya seperti itu.............. dan memang harus seperti itu pakdhe........................
ok om.
andrijet wrote:Autochoke, hehehe..
Apa kabar choke?
Apa kabar yg msh doyan buang2 bensin dan racunin orang-orang di rumah manasin mobil pagi2?

Zaman sekarang mobil 1 menit aja dah suhu optimal siap jalan.
he he he. Saya yang termasuk nyalakan langsung berangkat tapi pelan - pelan.

soal bau, jadi ingat dulu knalpot bau sekali kaya comberan, setelah di bawa ke tanjakan malang sekali setelah pulang bau knalpot jadi jauh lebih harum.
didimmatic
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Sun Apr 12, 2015 9:01

Re: Daihatsu Ayla

Post by didimmatic »

sucahyo wrote:
marmut wrote:bukan cuma ayla oom sucahyo, semua mobil tanpa kecuali kalo mesinnya baru nyala (terutama saat suhu ideal mesin belum tercapai) ya seperti itu.............. dan memang harus seperti itu pakdhe........................
ok om.
andrijet wrote:Autochoke, hehehe..
Apa kabar choke?
Apa kabar yg msh doyan buang2 bensin dan racunin orang-orang di rumah manasin mobil pagi2?

Zaman sekarang mobil 1 menit aja dah suhu optimal siap jalan.
he he he. Saya yang termasuk nyalakan langsung berangkat tapi pelan - pelan.

soal bau, jadi ingat dulu knalpot bau sekali kaya comberan, setelah di bawa ke tanjakan malang sekali setelah pulang bau knalpot jadi jauh lebih harum.
Waah, kalau saya tiap mau berangkat pagi pasti tak panesin dulu sampe rpm nya balik ke 800 lagi om, biar siap aylanyaa
Eh iya om mau nanya, stir saya kalau diputar ke kanan itu ada bunyi klek klek klek gitu, kalau ke kiri kagak ada, apa masalahnya ya tu om? :big_think:
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Daihatsu Ayla

Post by sucahyo »

didimmatic wrote:Waah, kalau saya tiap mau berangkat pagi pasti tak panesin dulu sampe rpm nya balik ke 800 lagi om, biar siap aylanyaa
Eh iya om mau nanya, stir saya kalau diputar ke kanan itu ada bunyi klek klek klek gitu, kalau ke kiri kagak ada, apa masalahnya ya tu om? :big_think:
Kok seperti masalah di power steering ya? sebaiknya di tanyakan ke bengkel resmi untuk di cek.

untuk memanaskan mesin, saya lebih takut kebablasan.

Kalau tujuannya cuma mau memanaskan mesin, saya gas sampai 3000 rpm sebentar biar olinya pada ngangkat lebih cepat lalu didiamkan. melihat banyaknya keluaran air saat memanaskan jadi sempat kepikiran bahwa mungkin saja kalau memanaskan nggak dipakai airnya pada ngendon di knalpot.

Efek lain bagian knalpot berkarat walau masih beberapa bulan:
Image
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Daihatsu Ayla

Post by sucahyo »

Coba coba akselerasi, bisanya cuma 0-80kpj. kalah saat dibandingkan dengan video akselerasi ayla matik. Kecepatan 80kpj saat mentok rev limiter dicapai saat yang matik mencapai 85kpj.

Mungkin bisa seimbang bila ganti giginya dipercepat. tapi terus terang masih sayang sama kampas kopling.

didimmatic
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Sun Apr 12, 2015 9:01

Re: Daihatsu Ayla

Post by didimmatic »

Kalau masalah akselerasi sih eneng ayla udh pas kok om, cuman ya belom berani aja ngangkat sampe 100 selain masih break in, juga nggak berani, kagak ada ABS nya hehe, lagian belom nikah
didimmatic
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Sun Apr 12, 2015 9:01

Re: Daihatsu Ayla

Post by didimmatic »

:big_comfort: btw om, itu kan udah di TUSS sama di optik, beda lah dengan yg ori dan standar mesinnya om :wkkk: