Mobil SMers yang paling banyak problem?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3148
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by walid_007 »

Klo oli nya jelek...............
engine roaring!
adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 930
Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by adty »

amfibi wrote:
adty wrote:Pernah miara KIA Carens 2 juara rewelnya. Waktu itu ane masih SD dan pake supir sih tp ane inget banget ini mobil sering mogok dijalan, akhirnya bolak balik bengkel dan ujung2nya ke sekolah naik bajaj atau angkot juga. Tapi kurang tau juga sih penyebab mogoknya belom peduli sama komponen mobil saat itu :wkkk:

Serena C24 juara keduanya. Piara ni mobil 9 tahun lumayan sering overheat. Belom lagi pernah dibobol sama maling di hotel di bandung. Kaca pecah, HU diembat dsb dsb. Belom lagi bunyi jedakk kenceng banget kalo kekencangan lewat poldur di kaki2 belakangan. Tapi ajaibnya almost gaada rattling di mobil ini :mrgreen:
Kalo gitu ngapain dianter jemput kalo ujug ujug naik angkot/bajay :big_slap:
C24 overheat gara2 apa om? Radiator bermasalah? Jarang2 nih denger C24 overheating mulu :mky_01:
Gara2 fannya ada yg mati dan yg terakhir olinya ngerembes dan masuk ke radiator oom :frm_bang_head:
Penikmat roti tawar beroda
User avatar
WongZo
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
Location: Bandung

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by WongZo »

Aduh bokap pernah pny apv, ipah, camry grande tp pakean ga lama <2 taun mulu jdi gaad masalah berarti.
Yg dipelihara smpe sknrg futura '97 lumayan bandel, walaupun gaad perawatan.
Problem:
- Pernah radiator tiap 50km abis, trus pas dicheck ternyata ngunci tutup bawahnya gak kenceng :mky_04:
- Rilai 3-4 taun sekali tewas, ssh starter, diganti beres dah
- Pernah rusak CDI pas umurnya 8 taun, dganti beli second aman smpe 2 taun trus digondol maling, beli second lg aman 5 taun smpe skrng
- Dulu suka ad bunyi tikus, udh ktemu problemnya dri kursi row 2 hrus dioliin dkit. Skrng mobil no rattle sedikit pun :big_smoking:
- Pernah mogok gara" filter bensin kaput, 12 taun ga pernah diganti :big_slap:
- Pernah gbs masuk gigi 2, dikira oli gardan krng, gtwnya kopling udh ampir copot
- Aki 3-5 taun sekali tewas, yh gbs starter
- Sisanya plng body penyok" wong udh tua, masuk bengkel tak pernah :big_slap: .
Puas sih sma nih mobil, mmng jrng pke. Skrng aj lgi lmayan sering dpake 1 bln cmn 80-150km aj jalannya.
Oli terakhir ganti 3 bln yg lalu, sbelumnya 4 taun yg lalu :big_slap: :big_slap: , skrng udh ganti oli jdi enak, FC jg sekitar 1:8-10.
Kondisi mobil ga pernah msk bengkel 1x pun, tp mobil msh oke gaad problem, kondisi body mayan terawat lh, 1 bln sekali cuci, ngegoler di carport mulu :big_grin: .
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1801
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by FRD »

DOHC wrote:
Nightster Guy wrote:Oot, kl yg plg sdikit problem:

- kijang all gen setelah kotak sebelum ipah. Intinya: bodi pasti kalah duluan dibanding kaki, mesin, drivetrain, elektrikal. Abis bodi kalah baru kaki.
.
yg ane quote... ane rada ga stuju mods...

tetangga ane masi make tuh kapsul lgx 1999 seumuran panther ane.... ampe skrg body cuman karat dikit tp ud turun mesin.. OS 0.5 gegara ngebul... mobil ajudan sekda d tempat ane skrg jg sama... kapsul 7K EFI... odo masi 160an rbu ud ngebul...

di ipah jg sama... rata2 body jarang ane liat ampe karatan... malah kaki2 uda tewas duluan...
waaahh kapsul lgx 1999 udah turun mesin :big_chicken: ane di garasi ada kapsul lgx bensin 97, untungnya blm pernah turun mesin sama sekali. baik mesin maupun kaki2 masih enak bgt meskipun udah 17 thn dan perawatan ala kadarnya. odo masih jalan 126.[cencored] km, jarang keluar lebih sering jadi garage queen :mky_03:
:big_smoking:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by amfibi »

FRD wrote:
DOHC wrote:
Nightster Guy wrote:Oot, kl yg plg sdikit problem:

- kijang all gen setelah kotak sebelum ipah. Intinya: bodi pasti kalah duluan dibanding kaki, mesin, drivetrain, elektrikal. Abis bodi kalah baru kaki.
.
yg ane quote... ane rada ga stuju mods...

tetangga ane masi make tuh kapsul lgx 1999 seumuran panther ane.... ampe skrg body cuman karat dikit tp ud turun mesin.. OS 0.5 gegara ngebul... mobil ajudan sekda d tempat ane skrg jg sama... kapsul 7K EFI... odo masi 160an rbu ud ngebul...

di ipah jg sama... rata2 body jarang ane liat ampe karatan... malah kaki2 uda tewas duluan...
waaahh kapsul lgx 1999 udah turun mesin :big_chicken: ane di garasi ada kapsul lgx bensin 97, untungnya blm pernah turun mesin sama sekali. baik mesin maupun kaki2 masih enak bgt meskipun udah 17 thn dan perawatan ala kadarnya. odo masih jalan 126.[cencored] km, jarang keluar lebih sering jadi garage queen :mky_03:
Nahh ini barang langka nih, sulit bgt nemu kijang mulus garage queen nowadays :mky_02: :mky_02: :mky_02:
Share fotonya boleh dong om :mky_03:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11041
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by marmut »

Cuma bisa ngelus dada baca pernyataan mobil-mobil jaman sekarang yang umurnya belum 10 tahun tapi penyakitnya jauh melebihi mobil umur 20 tahun.
Peugeot 505 GR '84 punya saya paling juara banget jajannya sewaktu tahun 1998an silam. Bushing arm depan umurnya nggak sampe 1 tahun.
Karet support shock depan sekitar 1,5 taun umurnya, padahal saat itu harganya nggak bisa dibilang murah.
Karburator asli (solex) selalu melengkung karena meriang kepanasan dan akhirnya ganti aisan punya 5K, masalahpun selesai.
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by ricz »

WongZo wrote:Aduh bokap pernah pny apv, ipah, camry grande tp pakean ga lama <2 taun mulu jdi gaad masalah berarti.
Yg dipelihara smpe sknrg futura '97 lumayan bandel, walaupun gaad perawatan.
Problem:
- Pernah radiator tiap 50km abis, trus pas dicheck ternyata ngunci tutup bawahnya gak kenceng :mky_04:
- Rilai 3-4 taun sekali tewas, ssh starter, diganti beres dah
- Pernah rusak CDI pas umurnya 8 taun, dganti beli second aman smpe 2 taun trus digondol maling, beli second lg aman 5 taun smpe skrng
- Dulu suka ad bunyi tikus, udh ktemu problemnya dri kursi row 2 hrus dioliin dkit. Skrng mobil no rattle sedikit pun :big_smoking:
- Pernah mogok gara" filter bensin kaput, 12 taun ga pernah diganti :big_slap:
- Pernah gbs masuk gigi 2, dikira oli gardan krng, gtwnya kopling udh ampir copot
- Aki 3-5 taun sekali tewas, yh gbs starter
- Sisanya plng body penyok" wong udh tua, masuk bengkel tak pernah :big_slap: .
Puas sih sma nih mobil, mmng jrng pke. Skrng aj lgi lmayan sering dpake 1 bln cmn 80-150km aj jalannya.
Oli terakhir ganti 3 bln yg lalu, sbelumnya 4 taun yg lalu :big_slap: :big_slap: , skrng udh ganti oli jdi enak, FC jg sekitar 1:8-10.
Kondisi mobil ga pernah msk bengkel 1x pun, tp mobil msh oke gaad problem, kondisi body mayan terawat lh, 1 bln sekali cuci, ngegoler di carport mulu :big_grin: .
Ampe olinya berserabut dan blm gnti ban dr baru smpe sekarang.... :mky_03:
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1801
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by FRD »

amfibi wrote:
FRD wrote: waaahh kapsul lgx 1999 udah turun mesin :big_chicken: ane di garasi ada kapsul lgx bensin 97, untungnya blm pernah turun mesin sama sekali. baik mesin maupun kaki2 masih enak bgt meskipun udah 17 thn dan perawatan ala kadarnya. odo masih jalan 126.[cencored] km, jarang keluar lebih sering jadi garage queen :mky_03:
Nahh ini barang langka nih, sulit bgt nemu kijang mulus garage queen nowadays :mky_02: :mky_02: :mky_02:
Share fotonya boleh dong om :mky_03:
mulus apanya modfib, iya jd garage queen cuma gara2 boros kalo dipake dalkot :big_slap: mesin ama kaki2 masih enak, tp bodynya udah banyak baretnya :big_slap:

exterior:
Image

interior, masih dipertahankan originalnya :big_smoking:
Image

sorry kalo gambarnya jelek, masih nyoba2 upload foto :big_peace:
:big_smoking:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by amfibi »

Waduh, mulusnya amit amit om :big_chicken:

Pertahankan teruuuus :mky_02:
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3148
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by walid_007 »

Bagus dash nya


Kapsul gen 1 ...
engine roaring!
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1801
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by FRD »

amfibi wrote:Waduh, mulusnya amit amit om :big_chicken:

Pertahankan teruuuus :mky_02:
eheehehe makasih modfib, ini di foto aja yg keliatan mulus, aslinya sih kalo liat langsung ya gitu deh :big_sorry:
walid_007 wrote:Bagus dash nya


Kapsul gen 1 ...
hehehe emg bagus om ini dashnya, ane malah lebih suka ini daripada dash lgx 2000 up :mky_01:
:big_smoking:
adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 930
Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by adty »

Wah setir legendaris, dulu waktu masih kecil suka bgt mainin setir kijang. Sama dulu sukanya kijang rangga yg SUV look a like. Model two tone dan konde ban serepnya bikin beda. Kemana ya itu model, walaupun kayak karoseri :wkkk:
Penikmat roti tawar beroda
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1801
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by FRD »

adty wrote:Wah setir legendaris, dulu waktu masih kecil suka bgt mainin setir kijang. Sama dulu sukanya kijang rangga yg SUV look a like. Model two tone dan konde ban serepnya bikin beda. Kemana ya itu model, walaupun kayak karoseri :wkkk:
kijang rangga? :big_chicken: sering liat di tulungagung tp plat nomernya sama terus :big_slap: warnanya hitam trus yg over fender warna abu2 cakep bener :mky_02:
:big_smoking:
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by Nightster Guy »

Rangga trim tertinggi utk kapsul short.
Krista trim tertinggi utk kapsul long.

Cm aneh sih tampang rangga, imho, minibus kok pake konde kayak jip..

:mky_05:

Om FRD itu HU nya msh bawaan asli ya, alpine.. nyala ijo2 di tombol putih susunya hehehe...
Das Beste oder nichts.
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1801
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by FRD »

Nightster Guy wrote:Rangga trim tertinggi utk kapsul short.
Krista trim tertinggi utk kapsul long.

Cm aneh sih tampang rangga, imho, minibus kok pake konde kayak jip..

:mky_05:

Om FRD itu HU nya msh bawaan asli ya, alpine.. nyala ijo2 di tombol putih susunya hehehe...
yap bener om enji, itu HU masih bawaan dan sampe skrg masih bisa nyala normal :big_exellent:
:big_smoking:
tiara245
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Mon Feb 03, 2014 14:31

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by tiara245 »

Mobil bermasalah yang pernah gw punya ;

Pertama Mitsu Galant V6 Th 94 (saya pake sekitar 2 Tahun dari 2005-2007)
Problem pertama layar LCD climate control mati (katanya penyakit lazim di mobil model ini), harga unit barunya sekitar 6 jutaan akhirnya beli copotan seharga 2,5 jt tapi gak kelar penyakitnya. Akhirnya bisa sembuh setelah di bawa ke tukang service elektronik pinggir jalan dengan biaya 100 ribu saja
Problem kedua setelah habis di pake ngebut gila-gilaan diatas 200 km/j mesin bunyi klotok-klotok, ternyata metal jalan dan metal duduk kena. Karena mesin gak bisa di oversize akhirnya swap mesin pake 6A12TT twin turbo, habis biaya sekitar 25 jt sekalian pasang dan setting.
Problem ketiga dan yg gak pernah selesai adalah kaki-kaki, mobil ini bushing karetnya banyak bener. Karena males bolak-balik beli bushing, akhirnya nyetok di rumah, sampe sekarang masih ada tuh sisa stock bushing dirumah padahal mobilnya sudah dijual tahun 2007 :wkkk:

Kedua Volvo 740TI Th. 90 (saya pake 3 tahun dari 2010-2013)
Begitu dapet langsung dibawa konvoi Jambore Volvo di Bandung, Alhamdulillah aman sentosa
Problem pertama air radiator habis karena selang bocor padahal lagi di Semarang untung di tolong teman VCOI Semarang (thx mas Mesakh) akhirnya selamat bisa dibawa pulang ke Jakarta dan langsung dibelikan selang pengganti
Problem kedua lagi enak-enak full throttel di tol simatupang, tiba tiba kedengeran suara letupan dan mobil langsung tidak bertenaga. Ternyata selang turbo pecah. Karena cari susah dan kalo ada harganya mahal, akhirnya diakalin pakai pipa besi.
Problem ketiga tiba tiba keluar asap putih dari knalpot. Ternyata laher turbo kena, sekalian aja ganti turbo Garrett brand new di Vota kecil
Problem keempat mika lampu belakang kusam dan retak halus karena usia. Sampai mobilnya di jual problemnya unsolved, karena cari dimana-mana gak ada yng jual ada yg nawarin barang copotan tapi harganya gak masuk akal
Problem kelima kualitas interior phatetic, dashboard getar, jok kulit gampang sobek, cover speaker lepas, setir dan shift knob gompal, trim pintu kaya mau copot
Problem keenam dop velg gak ada, gak tau kenapa kayanya semua mobil volvo yg saya temui sebagian besar dopnya bikinan atau tanpa dop. Kayanya selain penimbun BBM ada juga penimbun dop Volvo :wkkk:

Ketiga dan never ending problem Volvo 960 3000cc eks KTT 92 (pakai 1 tahun 2012-2013)
Waktu dapat kondisi body mulus, cat aseli, dop velg lengkap dan ori (langka nih) interior so so lah khas volvo
Problem pertama begitu dipakai kok mentul-mentul, ternyata shock Nivomat koit dan pernya juga sudah di ganti bukan orinya. Untung nemu shock nivomat bnrand new dan harga miring di stand volvo tumplek bleg, sekalian beli per orinya. Habis uang sekitar 8 Jutaan.
Problem kedua overheat waktu kena macet di Pancoran, ternyata waterpump jebol.
Problem ketiga overheat juga waktu macet ternyata relay ekstra fan kebakar karena gak ori. Ganti pakai relay ori beli di dtmf sekitar 400 ribu (relay doang harganya segitu) :big_dunno:
Problem ketiga transmisi lompat-lompat dan lampu indikator kedip-kedip, akhirnya ganti segelondong eks singapur seharga 6 jt di vota kecil
Poblem keempat speedometer suka lompat sendiri, kadang suka nyender terus di angka nol, kadang suka lompat gak jelas (katanya penyakit bawaan volvo jenis ini) problem unsolved.
Problem keempat odometer tiba-tiba macet gak jalan, jadi kalo ganti oli gak pake kilometer tapi tanya ke ahli nujum :wkkk:
Problem kelima mesin gak bisa langsam (padahal harusnya inline six tenang menghanyutkan), scan komputer, urut kabel tapi tetap unsolved
Problem keenam khas volvo, interior phatetic. Plastik gampang pecah, tutup sepeaker lepas, krey belakang sobek, etc etc
Problem ketujuh elektrik seat ngaco
Tapi ada hikmahnya lho, hampir diangkat jadi anak pemilik bengkel gara-gara keseringan di bengkel daripada di rumah :wkkk:

Bukan bermaksud menjelekkan merk tertentu, cuma itu faktanya
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by amfibi »

adty wrote:Wah setir legendaris, dulu waktu masih kecil suka bgt mainin setir kijang. Sama dulu sukanya kijang rangga yg SUV look a like. Model two tone dan konde ban serepnya bikin beda. Kemana ya itu model, walaupun kayak karoseri :wkkk:
Ane juga belajar nyetir pertamaa banget pas kelas 3sd (nyetir doang, gas rem dsb bokap yg kontrol, itu jg di komplek :mky_03: ), pake kijang ini, tp LSX diesel 97 sih :mky_02: :upss:
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1801
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by FRD »

amfibi wrote:
adty wrote:Wah setir legendaris, dulu waktu masih kecil suka bgt mainin setir kijang. Sama dulu sukanya kijang rangga yg SUV look a like. Model two tone dan konde ban serepnya bikin beda. Kemana ya itu model, walaupun kayak karoseri :wkkk:
Ane juga belajar nyetir pertamaa banget pas kelas 3sd (nyetir doang, gas rem dsb bokap yg kontrol, itu jg di komplek :mky_03: ), pake kijang ini, tp LSX diesel 97 sih :mky_02: :upss:
aahhh mobil penuh kenangan :big_comfort:
:big_smoking:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by amfibi »

marmut wrote:Cuma bisa ngelus dada baca pernyataan mobil-mobil jaman sekarang yang umurnya belum 10 tahun tapi penyakitnya jauh melebihi mobil umur 20 tahun.
Peugeot 505 GR '84 punya saya paling juara banget jajannya sewaktu tahun 1998an silam. Bushing arm depan umurnya nggak sampe 1 tahun.
Karet support shock depan sekitar 1,5 taun umurnya, padahal saat itu harganya nggak bisa dibilang murah.
Karburator asli (solex) selalu melengkung karena meriang kepanasan dan akhirnya ganti aisan punya 5K, masalahpun selesai.
Sama, ane juga kaget hahaha...
Yg paling hebat sih livina ya, ngalah2in mobil eropah tua rewelnya ... Ex owner livina lama pasti kuat miara eropah :mky_03:

505GR suspensinya ajib banget ya om... Empuk gila :big_comfort:
ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by ween »

Nightster Guy wrote:Rangga trim tertinggi utk kapsul short.
Krista trim tertinggi utk kapsul long.

Cm aneh sih tampang rangga, imho, minibus kok pake konde kayak jip..

:mky_05:

Om FRD itu HU nya msh bawaan asli ya, alpine.. nyala ijo2 di tombol putih susunya hehehe...
Bukannya masih ada sgx 1.8 yg lbh mahal yah, oom?
Soalnya tetangga ane masih punya sgx 1.8 efi gen terakhir kapsul yg ada "lampu palsu" di pintu bagasinya....
Setau ane rangga masih based on ssx,msh blm pwr window k?
User avatar
gils
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 532
Joined: Mon Jun 03, 2013 18:49
Location: Jakarta-Bandung (via Tol)
Daily Vehicle: 2009 Toyota Vellfire

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by gils »

Mobil ane yang paling parah Hyundai Trajet '00, beli dari baru. masalah nya buanyaaak juga.. taun ke 3 power steering jebol, kompresor AC jebol, pencetan AC pada patah,kaki kaki bunyi ga karuan,dan bbrp masalah lain nya yang bikin jengkel kepala.padahal service rutin selalu di BeRes. setelah itu sampe skrg masih kapok beli mobil korea..taun '06 tuh trajet dijual ganti Innova VVT-i, bahagia nya dipake 4 thn sampe hampir 200rb kilometer gada masalah berarti, cuman ganti shock karena udh mati..
For everything, there is a season, there is a reason...

2009 Toyota Vellfire
2010 Honda Jazz RS
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1801
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by FRD »

ween wrote:
Nightster Guy wrote:Rangga trim tertinggi utk kapsul short.
Krista trim tertinggi utk kapsul long.

Cm aneh sih tampang rangga, imho, minibus kok pake konde kayak jip..

:mky_05:

Om FRD itu HU nya msh bawaan asli ya, alpine.. nyala ijo2 di tombol putih susunya hehehe...
Bukannya masih ada sgx 1.8 yg lbh mahal yah, oom?
Soalnya tetangga ane masih punya sgx 1.8 efi gen terakhir kapsul yg ada "lampu palsu" di pintu bagasinya....
Setau ane rangga masih based on ssx,msh blm pwr window k?
sgx itu sama kyk lgx bro, cuma dia versi short. kalo rangga ane blm tau secara detail :big_peace:
kalo sgx 1.8 efi last gen emg ada lampu tambahan model segitiga di pintu bagasi
:big_smoking:
User avatar
hanhan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 49
Joined: Mon Nov 26, 2007 8:56
Location: Surabaya

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by hanhan »

Ini fiesta 1.6 ya sist? :mky_01:
Waduh mobilnya masih 23 ribu km udah rusak TCM ya... Bahaya banget :big_childish:
Sejauh ini masih jalan normal mobilnya biarpun TCM rusak?
Awal jalannya normal, bawa ke beres disuruh update software. Seminggu notifikasi ilang.
Abis gt indicator malfunction muncul lagi, kondisi mobil agak endut endutan, balik ke beres, reset software lagi, selesai.
Minggu depannya, keluar indicator malfunction, kondisi porslening di D tapi mobil ga bisa langsung maju, nunggu 1 menit baru jalan.
Langsung aku bawa beres, divonis harus ganti TCM biaya 15jtan nunggu partsnya 1 bulanan :big_cry:

Aku jual saat itu juga di beres, kondisi rusak. Selesai.
Sekarang ganti Honda deh
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by amfibi »

tiara245 wrote:Mobil bermasalah yang pernah gw punya ;

Pertama Mitsu Galant V6 Th 94 (saya pake sekitar 2 Tahun dari 2005-2007)
Problem pertama layar LCD climate control mati (katanya penyakit lazim di mobil model ini), harga unit barunya sekitar 6 jutaan akhirnya beli copotan seharga 2,5 jt tapi gak kelar penyakitnya. Akhirnya bisa sembuh setelah di bawa ke tukang service elektronik pinggir jalan dengan biaya 100 ribu saja
Problem kedua setelah habis di pake ngebut gila-gilaan diatas 200 km/j mesin bunyi klotok-klotok, ternyata metal jalan dan metal duduk kena. Karena mesin gak bisa di oversize akhirnya swap mesin pake 6A12TT twin turbo, habis biaya sekitar 25 jt sekalian pasang dan setting.
Problem ketiga dan yg gak pernah selesai adalah kaki-kaki, mobil ini bushing karetnya banyak bener. Karena males bolak-balik beli bushing, akhirnya nyetok di rumah, sampe sekarang masih ada tuh sisa stock bushing dirumah padahal mobilnya sudah dijual tahun 2007 :wkkk:

Kedua Volvo 740TI Th. 90 (saya pake 3 tahun dari 2010-2013)
Begitu dapet langsung dibawa konvoi Jambore Volvo di Bandung, Alhamdulillah aman sentosa
Problem pertama air radiator habis karena selang bocor padahal lagi di Semarang untung di tolong teman VCOI Semarang (thx mas Mesakh) akhirnya selamat bisa dibawa pulang ke Jakarta dan langsung dibelikan selang pengganti
Problem kedua lagi enak-enak full throttel di tol simatupang, tiba tiba kedengeran suara letupan dan mobil langsung tidak bertenaga. Ternyata selang turbo pecah. Karena cari susah dan kalo ada harganya mahal, akhirnya diakalin pakai pipa besi.
Problem ketiga tiba tiba keluar asap putih dari knalpot. Ternyata laher turbo kena, sekalian aja ganti turbo Garrett brand new di Vota kecil
Problem keempat mika lampu belakang kusam dan retak halus karena usia. Sampai mobilnya di jual problemnya unsolved, karena cari dimana-mana gak ada yng jual ada yg nawarin barang copotan tapi harganya gak masuk akal
Problem kelima kualitas interior phatetic, dashboard getar, jok kulit gampang sobek, cover speaker lepas, setir dan shift knob gompal, trim pintu kaya mau copot
Problem keenam dop velg gak ada, gak tau kenapa kayanya semua mobil volvo yg saya temui sebagian besar dopnya bikinan atau tanpa dop. Kayanya selain penimbun BBM ada juga penimbun dop Volvo :wkkk:

Ketiga dan never ending problem Volvo 960 3000cc eks KTT 92 (pakai 1 tahun 2012-2013)
Waktu dapat kondisi body mulus, cat aseli, dop velg lengkap dan ori (langka nih) interior so so lah khas volvo
Problem pertama begitu dipakai kok mentul-mentul, ternyata shock Nivomat koit dan pernya juga sudah di ganti bukan orinya. Untung nemu shock nivomat bnrand new dan harga miring di stand volvo tumplek bleg, sekalian beli per orinya. Habis uang sekitar 8 Jutaan.
Problem kedua overheat waktu kena macet di Pancoran, ternyata waterpump jebol.
Problem ketiga overheat juga waktu macet ternyata relay ekstra fan kebakar karena gak ori. Ganti pakai relay ori beli di dtmf sekitar 400 ribu (relay doang harganya segitu) :big_dunno:
Problem ketiga transmisi lompat-lompat dan lampu indikator kedip-kedip, akhirnya ganti segelondong eks singapur seharga 6 jt di vota kecil
Poblem keempat speedometer suka lompat sendiri, kadang suka nyender terus di angka nol, kadang suka lompat gak jelas (katanya penyakit bawaan volvo jenis ini) problem unsolved.
Problem keempat odometer tiba-tiba macet gak jalan, jadi kalo ganti oli gak pake kilometer tapi tanya ke ahli nujum :wkkk:
Problem kelima mesin gak bisa langsam (padahal harusnya inline six tenang menghanyutkan), scan komputer, urut kabel tapi tetap unsolved
Problem keenam khas volvo, interior phatetic. Plastik gampang pecah, tutup sepeaker lepas, krey belakang sobek, etc etc
Problem ketujuh elektrik seat ngaco
Tapi ada hikmahnya lho, hampir diangkat jadi anak pemilik bengkel gara-gara keseringan di bengkel daripada di rumah :wkkk:

Bukan bermaksud menjelekkan merk tertentu, cuma itu faktanya
Aduh interior volvo mah dari jaman 740 sampe S series juga ga ada yang becus hahaha, ane punya S90 V70 dulu juga interior wis pada pecah2/copot, untung mekanikal baik2 aja selama dipiara :mky_03:
mungkin interiornya dirancang buat iklim Swedia yang suhunya kaya freezer :big_childish:

Nampaknya abis dibeli butuh restorasi total ya biar ga ngasih surprise dadakan di jalan :mky_01:
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by b8099ok »

hanhan wrote:
Ini fiesta 1.6 ya sist? :mky_01:
Waduh mobilnya masih 23 ribu km udah rusak TCM ya... Bahaya banget :big_childish:
Sejauh ini masih jalan normal mobilnya biarpun TCM rusak?
Awal jalannya normal, bawa ke beres disuruh update software. Seminggu notifikasi ilang.
Abis gt indicator malfunction muncul lagi, kondisi mobil agak endut endutan, balik ke beres, reset software lagi, selesai.
Minggu depannya, keluar indicator malfunction, kondisi porslening di D tapi mobil ga bisa langsung maju, nunggu 1 menit baru jalan.
Langsung aku bawa beres, divonis harus ganti TCM biaya 15jtan nunggu partsnya 1 bulanan :big_cry:

Aku jual saat itu juga di beres, kondisi rusak. Selesai.
Sekarang ganti Honda deh
Wah, klo gw sih ngotot minta replace free.

Fiesta tu mobil enak, cm sayangnya atpm'nya rada busuk dan keparat. Jg krn namanya mirip karet bungkus helm,... :ngacir: :big_slap:
Last edited by b8099ok on Fri Dec 19, 2014 4:43, edited 1 time in total.
FWD + eRWD + 4WD + 4WD = :big_cat: