Mobil SMers yang paling banyak problem?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by imsus2c »

amfibi wrote:
imsus2c wrote:Pengalaman pribadi/subjektiv, diurutkan dari yang paling badak sampai paling ringkih...
(ringkih = perbaikan berat)

1. Isuzu panther LS Matic, girbox nyerah di odo 370.000an km, overhaul+ganti kopling. Mesin masih joss tapi blok mesin sdh meler oli (mesti turun setengah), onderstel 6 bln sekali servis -> mobil masih dipakaiodo saat ini udah 410.000an
2. Kijang kapsul 1800 & 2000 (thn 2001), mesin nyerah di odo 300.000an, overhaul total (turun mesin), onderstel 6 bulan sekali servis -> hbs turun mesin langsung jual
3. Hyundai Santa Fe SM (gen 1 thn 2001), mesin nyerah harus ganti ring piston dan metal jalan di odo 245.000, parts lain masih superb -> mobil masih dipakai, odo 250.000an
4. Innova D4D (thn 2008/9), mesin nyerah di odo 220.000an, ganti ring piston, metal jalan, blok mesin retak (coolant masuk crankcase), overhaul turbo --> mobil masih dipakai
5. Peugeot 806 (thn 2002/3), mesin nyerah di odo 180.000an, ganti piston+ring, overhaul sinkromesh gearbox dan overhaul turbo --> mobil masih dipakai
6. Honda Odyssey RA (2003), mesin+girbox nyerah di odo 145.000an, turun mesin total ganti piston+ring piston, radiator dll. Relay fan sering mati (rentan overheat)... Girbox ganti kopling dan housing actuator --> mobil masih dipakai odo 155.000an
7. Peugeot 405 sti matic (1995), mesin+girbox nyerah di odo 150.000an, cylinder head kropos, turun stengah mesin dan overhaul matic, relay fan juga sering mati --> masih dipakai

Tidak termasuk rewel karena ganti consumable parts/slow moving parts
Yg odyssey dulu maticnya ga bener2 ya om? :ungg:
Sekarang sih sudah "normal", tapi tetap ngga se smooth aslinya.
Udh jalan 10.000km lebih, ya saya asumsikan "normal"

Dibawah ini bbrp foto boring actuator housing girbox odyssey, ada kelihatan itu gores2.
Bikin atf-nya kehilangan tekanan, yaah analogi kasarnya mirip hilang kompresi kalau di mesin

Yg saya salut justru kegigihan bengkel terakhir ini yg ngurut satu per satu dimana masalahnya.
Padahal sdh beberapa kali naik turun girboks-nya, tetap ngga nyerah.

Di bengkel lain sebelumnya (apalagi BeRes), begitu 1x run masih ngga enak, maunya udh maksa swap gelondongan saja
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by DOHC »

wow... ok noted meneer.. thanks sharing nya...

walaupun ane masi terkaget2 bacanya.. scara dulu waktu baru ngambil janda si 1TR ane ini, ane bawa ke beres toyota pluit... dan waktu itu odo ane ud kisaran 70an nyaris 80rebu km... dan ane nanya2 ama SA dan kabeng nya kapan jadwal top overhaul ini enjin, scara odo ud lumayan.... yg ad ane malah di ktawain dan mreka blg... 1TR mahh panjang umur katanya, 300an rebu kli baru turun mesin bersih2... 2KD malah bsa seumur kaya panther... plus di tambah mods turbo slalu blg ini enjin robust pekerja keras... dan banyak 2KD di modif ckup extreem...

btw, dari segi pemakaian ad noticeable symptoms ga sehh meneer... sperti suara mesin yg exceptionally brisik atau tek2 tambahan atau mesin ada geter2 gmana gt...

ini ipah bensin ane ud odo 150rebu... beberapa bulan lalu baru ane ganti seal2 di timing cover nya... pas ane buka di ring O utk coolant, jalur oli (posisi deket tensioner chain) ud putus... kayanya lg hoki aj ane kebetulan buka, dan coolant pun ud rembes dikit via seal O tsb, kl ga kayanya ud bakal kena nasib sama kaya meneer....krn ud skalian kbuka, skalian ane seal ulang dan ganti seal crankshaft yg depan.... cuman skrg ad prob baru (entah prob atau cuman perasaan ane doank)... kl mesin lg idle, knapa pulley yg crank muter nya koq lebi ogel2 yahh ktimbang pulley2 laen nya... ga ogel2 parah sehh cuman lebi noticeable aj gt dbanding yg laen kl diliat posisi tegak lurus dari atas... atau apa emg smua enjin, pulley crank lebi ogel2 ktimbang pulley laen nya ??
20150331_113704.jpg
yg ane lingkarin itu seal2 oli dan coolant nya... terlihat ud pd putus... yg anak panah tempat seal crank bersemayam... harganya mahal euy.. 300an rebu..
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by DOHC »

sdikit OOT soal timing cover ipah...

kl ane blg kayanya kualitas buatan nya ga begitu bagus sehh... sayang ini SM dilimit post foto cuman bsa ukuran imut2... kl ntuh foto di perbesar bsa diliat permukaan cover tsb ud pd retak2 coating nya... dan pd beberapa ulir lobang utk baut bearing ane perhatikan ud ad yg retak rambut...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by DOHC »

nah kl ini giliran alm lipina XR ane dulu... sesaat sblom di jual dgn odo 100an rebu lebi dikit...

pas ane buka intake dan senter daleman nya... beberapa seal klep ud ckup worn out ampe oli ud rembes banyak ke klep nya... piston 1 masi ok.. tp piston 2 kena seal 2 2 klep nya... piston 3 cuman kena 1 klep doank... piston 4 yg klep pertama ud kena tp yg klep kedua lebi parah ampe sluruh klep ke cover bekas oli kebakar, karbon plaque dll dsb...

ud curiga pas cold start pagi ad suara tek2 yg lebi kenceng... dan bunyi makin parah stelah mesin dipake ngebut atau high rpm lama..
P1080671.JPG
P1080670.JPG
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Crusiodhik
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sun Aug 09, 2015 14:49

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by Crusiodhik »

xtrail t31 xt

mesin brebet
-ganti koil 4 biji pake punya juke 22448 1kt0a,2 beli baru 2 lagi copotan
-1 crankshaft sensor 600rb beli diberes sekalian pasang
-busi 4 biji 1jutaan beli diberes

indikator airbag nyala + tombol setir mati (nyala kalo setirnya di belokin)
-katanya harus ganti kabel spiral di setir 2,5 jutaan,yang ini belum ane ganti :mky_03:

pintu bagasi kendor
-ternyata pengait bagasi kendor,ada bagian pengait yang lepas jatoh kebagian dalem body jadinya susah diambil,ane bawa ke bengkel resmi,beres rada nyerah nanganin boil ane,katanya butuh waktu 3-7 hari,akhirnya ane bawa ke tukang bodi mobil akhirnya selese juga tuh pengait,walau nyobek body dikit buat ngambil bagian pengait bagasi yang nyemplung ke bagian body yang gak bisa di jangkau :big_dunno:

bagian bagasi dan kursi belakang berisik
-ternyata pengait jok belakang xtrail ini bawaanya rada kendor,jadi kalo jalan rusak bunyi gesekan besi + kursi oblak,akhirnya ane ganjel pengait jok pake cable ties
-bagian bagasi diganjel pake busa lumayan rada ngurangin bunyi2an
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by DOHC »

ternyata penyakit kabel spiral setir terjadi jg di t31... kl di lipina mahh ud umum,... pake beberapa taon pasti putus... ganti musti segelondongan...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
GriffinMelet
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Thu Jun 11, 2015 5:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Venturer_Yaris Cross_Vario 125

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by GriffinMelet »

Lancer Dan Gan GTI 1989
dari 3 tahun lalu sampe sekarang masih ngejogrok dibengkel temen babe :big_slap:
Ada aja masalahnya mulai dari oli gak mau naik, v belt sering putus, stationer gak stabil, mesin sering mati , dll :frm_bang_head:

Masih berusaha restorasi mesinya semoga bisa normal kembali :big_peace:
Share the driving pleasure :ngacir:

'10 HR15DE A/T
'21 2GD A/T
'24 XP120 Hybrid
didimmatic
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Sun Apr 12, 2015 9:01

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by didimmatic »

:mky_08: numpang tanya om, kira2 ntar ayla rusaknya di sektor mana ya om? Biar bisa siap2 in dompet :ungg:
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by ak4ng »

Review dikit agya G vin 2016 fl2, karet wiper depan kiri uda menegras jd ada segmen di tengah yg ga kena wiper, power window kiri depan uda seret, central lock kanan belakang suka ga konek jg ngak ngunci, minggu depan mau klaim, kira2 apa bisa semua di klaim ke beres y?
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
Adeltralala
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Tue Jan 12, 2016 7:10

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by Adeltralala »

Kendaraan yg pernah nubi pake :
Zebra 1990, kendaraan yg tdk menyusahin, kec kalo sdh hujan lgs deg.deg an takut mogok krn coil terletak di bwh. Pake 5 thn
Mazda MR 1994, irit, cari sparepart di tempat nubi rada susah. Pake 2 thn
Dangan gti 1993, si jago mogok. Tiap bulan masuk bengkel (benar2 menyusahin, mungkin pas beli rejekinya dpt mobil busuk). Padahal sudah pake acara ganti mesin sgala. Pake setahun
Xenia 1.0 2012, ac kurang dingin, Kopling nyerah di km 45rb
Sirion 2013, problem yg dirasa kopleng keras, suka ndut2.an kl pake slang kuning. Sejak pake pertalite ndut2.annya ilang.
Tp scr keseluruhan yg paling enak dinaiki tu dangan (imho). Maklum nubi yg hanya baru nyoba mobil2 di atas.
kipasangin
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Tue Mar 15, 2016 21:27

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by kipasangin »

batu makam gl 2007 km70k ambil second di combo ex accident,ban blkang sebelah kiri
mengsol g mau lurus.makan separo mo di balancing,disporing ajeg ttep hrus gnti ban tiap
bulan,kalo ujan maks 40 kpj itu aja dah ngepot2
kek ikan sepat mo ditubruk slah satu mod dimari.
kopling jeblos pas odo km 80k.
gnti assy cluth 3,5 jt dberes.
evap ac apkir g lama setelah beli.
gnti di bngkel ac pnggir jalan1,3+jasa.
kipas radiator mati,overheat untung
ga ampe melenting tuh mesin.
oddo meter mati di km 90k+,ga dbetulin males.
User avatar
colai
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 167
Joined: Fri Jan 15, 2016 14:56

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by colai »

suzuki vitara 1995 ..... mesin nya makan oli jadi rutin top up oli padahal knalpot nya gak ngeluarin asep putih .....mobil aneh he3
jalan kaki ............ SEHAT !
danudanu89
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Fri Mar 18, 2016 4:24

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by danudanu89 »

ikutan yah om...
daihatsu hijet 1000 3cyl lupa tahun brp, 80an klo gasalah, penyakitnya overheat ga sembuh2 tapi mesinnya tangguh bgt untuk ukuran minivan...udah dijual lama bgt
corolla dx lupa tahun juga, kaki2nya keropos, pengaruh umur kayaknya, mesinnya lemot, tapi tetep irit, udah dijual juga...
Kijang Super KF50 1991 mesin 5K 4speed, mobil terbandel, dan paling ga rewel selama dipake,,, sudah ratusan ribu KM dipake itu mesin 5K cuman pernah jajan dinamo alternator sm koil, sm radiotor bocor 2x selama dipake,sisanya paling ganti fast moving parts aja selama bertahun2 ga ada keluhan berarti selain sudah mulai boros bensinnya akhirnya dengan terpakasa dijual buat bangun rumah... kalo ketemu lagi pgn gw bayarin lagi tuh mobil.... best toyota ever..
Carry Futura 1997,, cuman dipake sekitar 3thnan sblm akhirnya dijual, selama make ga pernah ada aneh2 mesinnya kecuali fast moving parts karena rawatan beres, kecuali kaki2 belakang yg lama2 turun..
Toyota Soluna 2001 masalah di radiator tank, kopling pernah ganti, sm beberapa kelistrikan yg mesti ngurut kabel, dan kabel speedo pastinya.. sisanya no prolemo...
Datsun Go+ 2014 masih rawatan beres,mesin blm ada keluhan berarti selain ganti fast moving parts,
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1966
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by alvin23 »

DOHC wrote:wow... ok noted meneer.. thanks sharing nya...

walaupun ane masi terkaget2 bacanya.. scara dulu waktu baru ngambil janda si 1TR ane ini, ane bawa ke beres toyota pluit... dan waktu itu odo ane ud kisaran 70an nyaris 80rebu km... dan ane nanya2 ama SA dan kabeng nya kapan jadwal top overhaul ini enjin, scara odo ud lumayan.... yg ad ane malah di ktawain dan mreka blg... 1TR mahh panjang umur katanya, 300an rebu kli baru turun mesin bersih2... 2KD malah bsa seumur kaya panther... plus di tambah mods turbo slalu blg ini enjin robust pekerja keras... dan banyak 2KD di modif ckup extreem...
yaiyalah mod.... lha wong 1TR saya dulu dijual km 150rb (2005-2012) , gapernah turun 1/2 mesin....
olinya prima xp...
tpi seperti sering kita bahas.... kopling keraas
Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
tebeer
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Thu Feb 25, 2016 8:12

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by tebeer »

newrubble wrote:buat brand yg lineups sering kena multi-complex symptom n masih mau jualan di indo...satu solusi u image recovery adalah issuing buy-back guarantee dan bikin trade-in official program in single package deal

pt alun (saat gs-1300 in production), astra (renault 21gtx), starsauto (daewoo espero) pernah lakukan itu dan cukup menolong sales output lifting mrk. gs-1300 dari 8 ke 30 units per month, 1990-93; r-21gtx dari 50 ke 80 units per mth, 1991-92; daewoo tdk diketahui hasilnya tapi mmg ada improvement), hyundai juga pernah tapi biar bulgogi lover sj yg bahas

itu biasanya u perpanjang respiratory life support sblm mati beneran
setuju, om NR
bahkan kalo bisa dibudayakan tidak saja untuk yang cacat produksi
semacam program recycle gitu
ini bisa menekan angka penambahan kendaraan bekas
cmiiw
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by amfibi »

kipasangin wrote:batu makam gl 2007 km70k ambil second di combo ex accident,ban blkang sebelah kiri
mengsol g mau lurus.makan separo mo di balancing,disporing ajeg ttep hrus gnti ban tiap
bulan,kalo ujan maks 40 kpj itu aja dah ngepot2
kek ikan sepat mo ditubruk slah satu mod dimari.
kopling jeblos pas odo km 80k.
gnti assy cluth 3,5 jt dberes.
evap ac apkir g lama setelah beli.
gnti di bngkel ac pnggir jalan1,3+jasa.
kipas radiator mati,overheat untung
ga ampe melenting tuh mesin.
oddo meter mati di km 90k+,ga dbetulin males.
Haah terus masih dipake terus tuh om roda udh error gt? :big_chicken:
User avatar
Rampaiger
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Fri Mar 18, 2016 10:45

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by Rampaiger »

Land Rover Serie 2 196x (lupa). Jaman saya masih SD tahun 2000an awal, Bapak saya piara ini. Memang dasarnya beliau hobi Landy dari kecil. Jangankan AC, power steering, saya saja tidak ingat ada secuil plastik pun di dalam interior. Semua logam. Belt mesin tiba-tiba putus, karburator malfungsi,dan overheat mendadak jadi makanan sehari-hari. Tapi butut begitu sering dipakai trip bersama klub, yang paling jauh Surabaya-Banyuwangi (tentu dengan penuh keringat dan doa) Paling ngangeni juga :big_biglaugh:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4590
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by Profith83 »

kipasangin wrote:batu makam gl 2007 km70k ambil second di combo ex accident,ban blkang sebelah kiri
mengsol g mau lurus.makan separo mo di balancing,disporing ajeg ttep hrus gnti ban tiap
bulan,kalo ujan maks 40 kpj itu aja dah ngepot2
kek ikan sepat mo ditubruk slah satu mod dimari.
kopling jeblos pas odo km 80k.
gnti assy cluth 3,5 jt dberes.
evap ac apkir g lama setelah beli.
gnti di bngkel ac pnggir jalan1,3+jasa.
kipas radiator mati,overheat untung
ga ampe melenting tuh mesin.
oddo meter mati di km 90k+,ga dbetulin males.
Om kalau boleh saran cepat dilego saja.
Sekedar share yah pengalaman. GL Th 2012 XV manual. Jual di thn 2015 belum laku, akhirnya thn 2016 barusan laku.
KM 45,000 rusak shock belakang di thn ke 2.5 karena service berkala telat maka tidak diganti. habis 2 jtan
KM 50,000 rusak shock depan + bearing roda satu set di thn ke 3, habis 4 jt an
KM 55,000 rusak oxygen sensor habis 1 jt an
KM 58,000 brake pad depan dan belakang semua habis 1 jt entahlah

Melihat baru 3.5 thn sudah rusak banyak MAKANYA gue jual takut rusak yg lain misal AC, kopling, kaki kaki (tier road, member, support shock, bearing, damper, etc), steering rack, etc. Semuanya kok jadi fast moving makanya takut terus dijual saja.

Selama piara mobil ini paling rugi ...
Panther pernah pakai 4 thn dari 2005 jual di 2008 jual pas seperti harga beli baru 178 jt.
Innova diesel manual beli baru thn 2008 jual thn 2012 rugi cuma 20 jt an
GL beli 2008 jual 2012 rugi 70 jt (rugi 63 + part 7 jt)
Innova 2012 diesel matic beli 265 kayanya kalau sekarang jual masih di 240 an. alias rugi 25 jt an

Saya belum punya waktu dan uang berlebih untuk pelihara mobil batu makam
User avatar
ipat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 679
Joined: Thu Oct 29, 2015 17:33

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by ipat »

Zebra 03,brebet parah kalo ditanjakan dan abis nerjang genangan air,ternyata kabel busi bocor,ganti 500rb sembuh,trus kalo abis kena jalan ga rata lampu2 langsung mati,dan tiba2 nyala lgi,ga dibenerin akhirnya dijual,
LGX 03,lampu2 suka eror sendiri,mati idup kalo kena goncangan,
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3051
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by solar_kerosen »

kalau mobil gak mau banyak problem solusinya mobnas , raw material dari tambang lokal, spare part buat sendiri . kalau rusak tinggal ganti satu gelondong gak pake ketengan kaya rokok
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
kipasangin
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Tue Mar 15, 2016 21:27

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by kipasangin »

Profith83 wrote:
kipasangin wrote:batu makam gl 2007 km70k ambil second di combo ex accident,ban blkang sebelah kiri
mengsol g mau lurus.makan separo mo di balancing,disporing ajeg ttep hrus gnti ban tiap
bulan,kalo ujan maks 40 kpj itu aja dah ngepot2
kek ikan sepat mo ditubruk slah satu mod dimari.
kopling jeblos pas odo km 80k.
gnti assy cluth 3,5 jt dberes.
evap ac apkir g lama setelah beli.
gnti di bngkel ac pnggir jalan1,3+jasa.
kipas radiator mati,overheat untung
ga ampe melenting tuh mesin.
oddo meter mati di km 90k+,ga dbetulin males.
Om kalau boleh saran cepat dilego saja.
Sekedar share yah pengalaman. GL Th 2012 XV manual. Jual di thn 2015 belum laku, akhirnya thn 2016 barusan laku.
KM 45,000 rusak shock belakang di thn ke 2.5 karena service berkala telat maka tidak diganti. habis 2 jtan
KM 50,000 rusak shock depan + bearing roda satu set di thn ke 3, habis 4 jt an
KM 55,000 rusak oxygen sensor habis 1 jt an
KM 58,000 brake pad depan dan belakang semua habis 1 jt entahlah

Melihat baru 3.5 thn sudah rusak banyak MAKANYA gue jual takut rusak yg lain misal AC, kopling, kaki kaki (tier road, member, support shock, bearing, damper, etc), steering rack, etc. Semuanya kok jadi fast moving makanya takut terus dijual saja.

Selama piara mobil ini paling rugi ...
Panther pernah pakai 4 thn dari 2005 jual di 2008 jual pas seperti harga beli baru 178 jt.
Innova diesel manual beli baru thn 2008 jual thn 2012 rugi cuma 20 jt an
GL beli 2008 jual 2012 rugi 70 jt (rugi 63 + part 7 jt)
Innova 2012 diesel matic beli 265 kayanya kalau sekarang jual masih di 240 an. alias rugi 25 jt an

Saya belum punya waktu dan uang berlebih untuk pelihara mobil batu makam
Sudah saya jual om dthun 2013.
dharga under 100.ke pemakai langsung.
muter2 kshoowroom mobkas dri jkt,bgor,karawang kaga ada nyang brani nawar.
nawar sadis pun emoh kayanya.
problem mekanis sih kyanya cuman yang
diatas seingat saya.mungkin dah drapiin ma
pemilik sebelumnya.
Crusiodhik
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sun Aug 09, 2015 14:49

Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?

Post by Crusiodhik »

DOHC wrote:ternyata penyakit kabel spiral setir terjadi jg di t31... kl di lipina mahh ud umum,... pake beberapa taon pasti putus... ganti musti segelondongan...
nih masalah kabel spiral blm ane beresin

kira2 klo gak ganti segelondong bisa gak ya?