Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by DOHC »

marmut wrote:abis dibersihin lah, kalo baru aja diangkat masih basah bleberan oli dan sisa-sisa air radiator.
dibersihkan dalam arti abis di carbon clean atau abis di amplas gt head nya om....

btw om marmut, mampir ke tret sebelah ttg busi donk... ad yg mau ane konsul nehh... :upss: :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11041
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by marmut »

Jambangan wrote:Mau ganti oli ah
tadi pas buka tutup oli kyk ada kerak warna coklat kopi susu gitu
jadi takut :upss:
pake oli SGO nih. Ga beres kyknya oli drum2an bengkel resmi
kalo kerak coklat kopi susu ga masalah, asal jangan olinya yang coklat kopi susu.
kalo sampe ada kerak atau banyak endapan seperti lumpur biasanya mobil jarang jalan.
DOHC wrote:dibersihkan dalam arti abis di carbon clean atau abis di amplas gt head nya om....

btw om marmut, mampir ke tret sebelah ttg busi donk... ad yg mau ane konsul nehh...
eh buset dah, masa profesor konsul ama anak esde?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by DOHC »

ngaku nya anak esde tp ud gape bongkar head ama HLA.... apalagi kalo ud jd profesor... :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Jambangan »

marmut wrote:
Jambangan wrote:Mau ganti oli ah
tadi pas buka tutup oli kyk ada kerak warna coklat kopi susu gitu
jadi takut :upss:
pake oli SGO nih. Ga beres kyknya oli drum2an bengkel resmi
kalo kerak coklat kopi susu ga masalah, asal jangan olinya yang coklat kopi susu.
kalo sampe ada kerak atau banyak endapan seperti lumpur biasanya mobil jarang jalan.
DOHC wrote:dibersihkan dalam arti abis di carbon clean atau abis di amplas gt head nya om....

btw om marmut, mampir ke tret sebelah ttg busi donk... ad yg mau ane konsul nehh...
eh buset dah, masa profesor konsul ama anak esde?
Iya om mobil cuma jarak deket doang
Udh ga ada kuliah soalnya tinggal skripsi doang banyakan di rumah [emoji28]
Paling sehari jalan 10-15 KM ngantar adik ke sekolah
Paling ke kampus seminggu sekali 75-80 KM PP

Sent from my CROSS A66 using Tapatalk
User avatar
ALX7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 379
Joined: Wed May 01, 2013 4:43
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by ALX7 »

imsus2c wrote: Kuncinya:
- jangan pelit ngerawat
- ngga rugi pakai oli bagus, jgn telat ganti (dan filternya)
- ngga rugi pakai bbm lux, saya selalu pakai bensin merah ditambah Redline S1-1 dengan dosis 1ml per 1 L bensin
Weww..., gimana ga bersih jeroannya... :big_exellent:
I am a Driver... not a Racer...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21998
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Turboman »

@imsus

M1 - 0W40 itu mesin bensin Turbo / Diesel CRD ?

Kalo utk Santa Fe tetap rekomen buntut 30, kalo mau enak cobain oli 0W30

Krn kondisi mesin masih prima
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by imsus2c »

Turboman wrote:Om imsus mantap bener

Inilah benar2 penggemar automotive sejati

Penggemar automotive sejati = menikmati proses reparasi / maintenance dari dekat (bahkan DIY)

Btw soal M1 - 0W40 :
Standard saya di Jkt maximum Rp 145 rb / L

Malah dulu pernah ikut kloteran dgn teman yg kenal baik ama supplier, dapat harga cuman 120 rb / L, barang asli
Tq pak Turbo... :mky_01:

Memang saya seneng otak-atik mesin dan nongkrong di bengkel buat hobby & refreshing

Btw, kok bisa murah banget harga M1 disana ya :e-doh:

Saya kira waktu beli M1 kemarin disini (Sby) overpricing karena merk. Tapi setelah tanya2 harga Castrol Edge dan SHU-AB, beda-beda tipis saja. Dan saya nanya di beberapa toko...

Kalau gitu, misal besok ada kloter collective buying, boleh numpang nih :mky_01:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by imsus2c »

Turboman wrote:@imsus

M1 - 0W40 itu mesin bensin Turbo / Diesel CRD ?

Kalo utk Santa Fe tetap rekomen buntut 30, kalo mau enak cobain oli 0W30

Krn kondisi mesin masih prima
Bensin NA pak Turboman

Iya, kalau saya buka web-nya Castrol, Mobil, Motul dan banyak pabrikan oli lainnya, rekomendasi utk mesin ini memang buntut w-30

Kemarin di toko yg saya beli sih ada juga M1 5w-30, label hijau dan ada tambahan tulisan DEXOS/NASCAR

Habis ini nanti pak, saya coba lagi yg buntut kecil
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21998
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Turboman »

bensin NA dikasih buntut 40 mah berat atuh

Mending 0w-40 nya buat 806 HDi

Santi kasih 0W30 Full synth kalau coba

Jamin gak akan nyesal deh

0w40 buat Diesel lgs suara jadi aluussssssss
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by imsus2c »

Jambangan wrote: ga ada sludge sama sekali :big_exellent:
Itu combustion chambernya mengkilat :big_chicken:
make dari baru ya om?


Btw kalo mobil cuma dipake jarak pendek aja bikin sludge ya? :e-think:
Dari barus gress sih engga, saya tangan ke-2
Tapi saya pakainya lamaaaa...lebih lama dari tgn 1.
Bersamaan turun head ini, berarti di tangan saya ini sudah ganti timing belt yg ke-4 :drinking:

Konon sih memang katanya yg suka short-trip, memang potensi bikin endapan
gobale wrote:edun bersihnya......ngilerrrrr..bener kata om turbo saya sangat setuju...ini baru penggemar otomotif sejati....

memang terbukti, bahan bakar sama olie bagus ga pernah bohong ma jeroan....

btw selama pemakaian sering carbon clean kah om ?

kalau mobil diesel walaupun make solar mahal plus olie bagus ga kan pernah bisa bersih begitu kali yah ?
Betul, oli+bbm bagus ngga bohong sama mesin (keawetan+performa)

Carbon clean kayaknya hanya sekedar disemprot engine conditioner/injector cleaner kalau tune up. Di setiap 7500-10.000km

Kalau yg dimaksud carbon clean nya yg nuang cairan ke ruang bakar, saya belum pernah

Utk mesin diesel, yg bikin kelihatan hitam itu rasanya cuma soot (jelaga), bukan sludge (lumpur). Kalau olin+bbm bagus, rasanya bisa terbilas dengan baik saat pergantian oli.
DOHC wrote:
marmut wrote:abis dibersihin lah, kalo baru aja diangkat masih basah bleberan oli dan sisa-sisa air radiator.
dibersihkan dalam arti abis di carbon clean atau abis di amplas gt head nya om....

btw om marmut, mampir ke tret sebelah ttg busi donk... ad yg mau ane konsul nehh... :upss: :upss:
Belum di apa-apain Meneer...

Habis dicopot, cuma bersihin sisa2 packing, lap oli dan coolant. Jadi kondis chamber dan klep2-nya masih apa adanya setelah turun
ALX7 wrote:
imsus2c wrote: Kuncinya:
- jangan pelit ngerawat
- ngga rugi pakai oli bagus, jgn telat ganti (dan filternya)
- ngga rugi pakai bbm lux, saya selalu pakai bensin merah ditambah Redline S1-1 dengan dosis 1ml per 1 L bensin
Weww..., gimana ga bersih jeroannya... :big_exellent:
Ngga rugi dan ngga kerasa mahal kok...makainya sedikit2, sepadan sama hasilnya :D
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by imsus2c »

Turboman wrote:bensin NA dikasih buntut 40 mah berat atuh

Mending 0w-40 nya buat 806 HDi

Santi kasih 0W30 Full synth kalau coba

Jamin gak akan nyesal deh

0w40 buat Diesel lgs suara jadi aluussssssss
Siap pak Turboman

Memang awalnya rada ragu2 antara buntut 30 atau 40

Ragunya gegara mobil odo sdh banyak, mobilnya besar, sering angkut banyak orang dan yg jelas sering luar kota/jalan jauh
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Jambangan »

imsus2c wrote:
Turboman wrote:bensin NA dikasih buntut 40 mah berat atuh

Mending 0w-40 nya buat 806 HDi

Santi kasih 0W30 Full synth kalau coba

Jamin gak akan nyesal deh

0w40 buat Diesel lgs suara jadi aluussssssss
Siap pak Turboman

Memang awalnya rada ragu2 antara buntut 30 atau 40

Ragunya gegara mobil odo sdh banyak, mobilnya besar, sering angkut banyak orang dan yg jelas sering luar kota/jalan jauh
Om, kalo boleh tau top OH ngabisin biaya brp? [emoji28]

Sent from my CROSS A66 using Tapatalk
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by imsus2c »

Jambangan wrote:
imsus2c wrote:
Turboman wrote:bensin NA dikasih buntut 40 mah berat atuh

Mending 0w-40 nya buat 806 HDi

Santi kasih 0W30 Full synth kalau coba

Jamin gak akan nyesal deh

0w40 buat Diesel lgs suara jadi aluussssssss
Siap pak Turboman

Memang awalnya rada ragu2 antara buntut 30 atau 40

Ragunya gegara mobil odo sdh banyak, mobilnya besar, sering angkut banyak orang dan yg jelas sering luar kota/jalan jauh
Om, kalo boleh tau top OH ngabisin biaya brp? [emoji28]

Sent from my CROSS A66 using Tapatalk
Relatif sih...

Untuk mesin 4 silinder, ongkos kerjanya saja berkisar 800rb-2.5juta diluar spare parts

Yg bikin ngaruh ongkos kerja:
- berapa jumlah silinder-nya
- berapa jumlah katup nya
- ada kerusakan head apa engga (misalnya keropos)
- seberapa kotor :mrgreen:
- perlu diratakan/skrap atau engga
- perlu porting+polished ngga
- dll...

Yg jelas kelihatan mata mesti ganti spare parts ya packing head-nya

Punya saya belum selesai dikerjakan, tapi all in bakal banyak. Mungkin sekitar 8-10 jutaan lebih :e-doh:

Soalnya sekalian yang diganti
- belt set
- timing belt set
- tensioner
- katup adjuster (HLA) 16 biji, padahal sebenarnya ngga perlu :e-wall: :e-wall: :e-wall:
- kemungkinan ganti kopling, soalnya dah ngga enak
- modif dan upgrade header

Belum lagi oli M1 0w-40; 5x210rb :frm_bang_head:

Gapapa...yang penting puasssss dan peace of mind dipakai jangka panjang. Minimal 100.000-120.000 km kedepan cuma ganti oli saja (dan timing belt 1x lagi)

Maklum hobby dan sudah terlanjur sayang sama si santi :upss:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
keretalaut
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: Wed Jul 30, 2014 16:05

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by keretalaut »

om imsus kenapa per 120ribu km turun head/mesin ?

kalau pakai oli mending yg bagus atau yg biasa jg boleh tapi rajin rutin.. memang sih oli bagus isa tahan sampai 10rb km

bila oli biasa sperti repsol elite 10w-40 tapi rutin ganti di 5000km bagaimana om ?

AMS oil OE 5w-30 cocok gak ya utk cuaca panas sperti jakarta.. dan tahan sampai 9000km kah ?

bila sering jarak pendek, banyak sludge, italian tune up cocok tidak...
Last edited by keretalaut on Thu Nov 13, 2014 15:01, edited 1 time in total.
It's more fun to drive a slow car fast than to drive a fast car slow. #Perney
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by imsus2c »

keretalaut wrote:om imsus kenapa per 120ribu km turun head/mesin ?

kalau pakai oli mending yg bagus atau yg biasa jg boleh tapi rajin rutin.. memang sih oli bagus isa tahan sampai 10rb km

bila oli biasa sperti repsol elite 10w-40 tapi rutin ganti di 5000km bagaimana om ?

AMS oil OE 5w-30 cocok gak ya utk cuaca panas sperti jakarta.. dan tahan sampai 9000km kah ?
Seperti yg di postkan Pak Turboman...

Murni karena iseng & penasaran (setengah hobby), sekalian myth-buster amatiran buat stigma mobil korea itu ringkih

Mobilnya engga rewel...orangnya yg punya yg bawel :upss:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
andyz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Tue Feb 04, 2014 7:57

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by andyz »

Halo Pak Imsus,

Gimana review 806 HDI nya pakai unil opal?

Maaf kalo udah di review, tks.
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by imsus2c »

andyz wrote:Halo Pak Imsus,

Gimana review 806 HDI nya pakai unil opal?

Maaf kalo udah di review, tks.
Ini yg dimaksud Opaljet 24s 5w-40 kan?

Enak pak...

Tapi ini penilaian butt-o-meter saya yah
Tarikan ringan dan mesin halus

Selain di 806, saya juga coba di santi

Tapi tempohari, tanya2 harganya sdh mulai naik lagi. Sekarang sdh bukan harga 120k/L
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
hendrabig
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Tue Mar 25, 2014 7:21

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by hendrabig »

Selamat siang.. Apa ada yg pernah coba oli deltalube ultra engine 15w-40? karna harganya lumayan mahal untuk grade SAE segitu, apa kelebihannya ya?

ini ada spesifikasi nya saya copas dr web nya, dan dikemasannya juga gak ada penjelasan spek2 seperti pada kemasan oli umumnya.. jd penasaran..

Deltalube ULTRA ENGINE OIL memenuhi dan melampaui Spesifikasi-spesifikasi sebagai berikut:
API SJ/CH-4
MIL – L – 46152E
Cummins
Mack EO – L & Mack EO – L Pws
MIL – L – 2104E
CCMC G-4, D – 4, D – 5, PD – 2
Mercedez-Benz 226.1 & 227.4

Test Result
SAE GRADE : 15W40
Color : Dark Green
Density @ 15,6 (degree) Celcius (ASTM D – 1298) : 0,886
Kinematic Viscosity
@40 (degree) Celcius cSt (ASTM D – 445) : 120,73
@100 (degree) Celcius cSt (ASTM D – 445) : 15,55
Viscosity Index ( ASTM D2270) : 135
Pour point (ASTM D-97), degree Celciuss : -26
Flash Point ( ASTM D-92) COC, degree Celcius : 220
Total Base Number, mgKOH/g ( ASTM D-664) : 10,0
Ash Sulphated, mass % (ASTM D-874) : 0,82
Zn % wt : Nil
Ca % wt : 0,003

sumbernya di sini
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21998
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Turboman »

hendrabig wrote:Selamat siang.. Apa ada yg pernah coba oli deltalube ultra engine 15w-40? karna harganya lumayan mahal untuk grade SAE segitu, apa kelebihannya ya?

ini ada spesifikasi nya saya copas dr web nya, dan dikemasannya juga gak ada penjelasan spek2 seperti pada kemasan oli umumnya.. jd penasaran..

Deltalube ULTRA ENGINE OIL memenuhi dan melampaui Spesifikasi-spesifikasi sebagai berikut:
API SJ/CH-4
MIL – L – 46152E
Cummins
Mack EO – L & Mack EO – L Pws
MIL – L – 2104E
CCMC G-4, D – 4, D – 5, PD – 2
Mercedez-Benz 226.1 & 227.4

Test Result
SAE GRADE : 15W40
Color : Dark Green
Density @ 15,6 (degree) Celcius (ASTM D – 1298) : 0,886
Kinematic Viscosity
@40 (degree) Celcius cSt (ASTM D – 445) : 120,73
@100 (degree) Celcius cSt (ASTM D – 445) : 15,55
Viscosity Index ( ASTM D2270) : 135
Pour point (ASTM D-97), degree Celciuss : -26
Flash Point ( ASTM D-92) COC, degree Celcius : 220
Total Base Number, mgKOH/g ( ASTM D-664) : 10,0
Ash Sulphated, mass % (ASTM D-874) : 0,82
Zn % wt : Nil
Ca % wt : 0,003

sumbernya di sini
Standard aja spt oli oli 15W40 lain pada umumnya

AFAIK :
15W40 yg spec sgt tinggi yg pernah ane lihat selama ini hanya Amsoil AME dgn VI 153

*Bukan seles amsoil*
* Bukan ajakan Beli *
hendrabig
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Tue Mar 25, 2014 7:21

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by hendrabig »

Turboman wrote:
hendrabig wrote:Selamat siang.. Apa ada yg pernah coba oli deltalube ultra engine 15w-40? karna harganya lumayan mahal untuk grade SAE segitu, apa kelebihannya ya?

ini ada spesifikasi nya saya copas dr web nya, dan dikemasannya juga gak ada penjelasan spek2 seperti pada kemasan oli umumnya.. jd penasaran..

Deltalube ULTRA ENGINE OIL memenuhi dan melampaui Spesifikasi-spesifikasi sebagai berikut:
API SJ/CH-4
MIL – L – 46152E
Cummins
Mack EO – L & Mack EO – L Pws
MIL – L – 2104E
CCMC G-4, D – 4, D – 5, PD – 2
Mercedez-Benz 226.1 & 227.4

Test Result
SAE GRADE : 15W40
Color : Dark Green
Density @ 15,6 (degree) Celcius (ASTM D – 1298) : 0,886
Kinematic Viscosity
@40 (degree) Celcius cSt (ASTM D – 445) : 120,73
@100 (degree) Celcius cSt (ASTM D – 445) : 15,55
Viscosity Index ( ASTM D2270) : 135
Pour point (ASTM D-97), degree Celciuss : -26
Flash Point ( ASTM D-92) COC, degree Celcius : 220
Total Base Number, mgKOH/g ( ASTM D-664) : 10,0
Ash Sulphated, mass % (ASTM D-874) : 0,82
Zn % wt : Nil
Ca % wt : 0,003

sumbernya di sini
Standard aja spt oli oli 15W40 lain pada umumnya

AFAIK :
15W40 yg spec sgt tinggi yg pernah ane lihat selama ini hanya Amsoil AME dgn VI 153

*Bukan seles amsoil*
Thanks Om Turbo untuk tanggapannya.. berarti overprice sekali yah oli ini, tak kirain ada kelebihannya dr oli lain.. hampir kebeli.. hehehe..

oh ya, ini saya nyari di thread ini mulai part 1 sampai 5 ini saya belum menemukan jawaban yg sreg tentang SAE,

sebenarnya spek mesin minta minimal SAE 15w-40 itu kalau dikasi cuma SAE 40 aja bisa gak sih?
karna dr yg saya baca kondisi 15w itu untuk di suhu sekitar -10C sedangkan di indonesia suhu rata2 gak di bawah 0C, jd kondisi kekentalan oli nya kan gak sampai butuh 15w.
dan apakah kekentalan oli pada suhu2 berbeda itu terlihat secara fisik oli nya atau harus cek lab ya? karena saya lihat sewaktu ganti oli dr mesin yg baru di matikan(mesin dalam suhu kerja) itu keluarnya lebih encer dari oli yg br keluar dari botol..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21998
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Turboman »

hendrabig wrote: oh ya, ini saya nyari di thread ini mulai part 1 sampai 5 ini saya belum menemukan jawaban yg sreg tentang SAE,

1. sebenarnya spek mesin minta minimal SAE 15w-40 itu kalau dikasi cuma SAE 40 aja bisa gak sih?

2. karna dr yg saya baca kondisi 15w itu untuk di suhu sekitar -10C sedangkan di indonesia suhu rata2 gak di bawah 0C, jd kondisi kekentalan oli nya kan gak sampai butuh 15w.

3. dan apakah kekentalan oli pada suhu2 berbeda itu terlihat secara fisik oli nya atau harus cek lab ya? karena saya lihat sewaktu ganti oli dr mesin yg baru di matikan(mesin dalam suhu kerja) itu keluarnya lebih encer dari oli yg br keluar dari botol..
1. Bisa
Kalo utk mesin stationer / beban ga masalah. Tapi kalau mesin High speed Diesel / passenger Diesel / rentang main RPM lebar ya lebih enak pakai yg kepalanya sekecil mungkin walau buntut 40.

2. Oli multi viscosity saat suhu panas yg dilihat ya buntutnya pak. Oli 0W40 / 5W40 / 10W40 / 15W40 / 20W40 di suhu 100 deg C kekentalan semua masuk di range SAE 40

3. Kekentalan oli pada suhu yg berbeda beda ada sih hasil risetnya dlm bentuk tabel, coba google2 aja

Maka itu kenapa kalau mesin2 yg sangat panas spt mesin supercar biasanya pake oli buntut 60 (misal 10W60) bila dipakai utk Track Day / balapan, karena saat suhu mesin sgt panas, oli menjadi panas, kekentalan oli tsb menjadi sama spt oli buntut 40 or 30 pada mesin dgn suhu kerja rata2.


Utk SAE :
Zaman skg beda dgn zaman dulu

Zaman skg produsen mobil berlomba2 menggunakan oli encer sbg standard demi mengejar efisiensi BBM yg lebih baik / CAFE std yg lebih baik

Juga saat warming up / aplikasi Start - Stop sistem, oli encer cepet naiknya / ber sirkulasinya

gak heran mesin2 bensin NA zaman skg byk yg pake 0W20 sekalipun utk iklim panas / summer
* Bukan ajakan Beli *
andyz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Tue Feb 04, 2014 7:57

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by andyz »

Pak Imsus...

iya pak, opal jet 24s...

Sy coba pake juga.
Udah jalan 6,500 km...
mesin halus, tarikan enteng, cuma.... udah top up 1 lt di i20 crdi sy..
apakah normal itu Pak, top up 1 lt?
sy rencana mau pake 10,000 km baru ganti, apakah aman Pak?

TQ.
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1561
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by lemonadelovers »

om mau nanya nih, bbrp waktu lalu waktu servis rutin di beres (KM70rb), ditawarin oli honda 0-20w untuk honda civic FD2 (K20z) kira2 aman ga ya pake oli seencer itu?

makasih
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21998
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Turboman »

aman sih asal ganti oli jgn lewat dr 7 bulan

Tapi kalau sering keluar kota / maen RPM tinggi, better pakai 0W30 / 5W30 aja

Kalau seringnya short trip driving / nyetir santai dalkot, cocok pake 0W20

*pengguna 0W20 di R20A*
* Bukan ajakan Beli *
hendrabig
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Tue Mar 25, 2014 7:21

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by hendrabig »

Turboman wrote:
1. Bisa
Kalo utk mesin stationer / beban ga masalah. Tapi kalau mesin High speed Diesel / passenger Diesel / rentang main RPM lebar ya lebih enak pakai yg kepalanya sekecil mungkin walau buntut 40.

2. Oli multi viscosity saat suhu panas yg dilihat ya buntutnya pak. Oli 0W40 / 5W40 / 10W40 / 15W40 / 20W40 di suhu 100 deg C kekentalan semua masuk di range SAE 40

3. Kekentalan oli pada suhu yg berbeda beda ada sih hasil risetnya dlm bentuk tabel, coba google2 aja

Maka itu kenapa kalau mesin2 yg sangat panas spt mesin supercar biasanya pake oli buntut 60 (misal 10W60) bila dipakai utk Track Day / balapan, karena saat suhu mesin sgt panas, oli menjadi panas, kekentalan oli tsb menjadi sama spt oli buntut 40 or 30 pada mesin dgn suhu kerja rata2.


Utk SAE :
Zaman skg beda dgn zaman dulu

Zaman skg produsen mobil berlomba2 menggunakan oli encer sbg standard demi mengejar efisiensi BBM yg lebih baik / CAFE std yg lebih baik

Juga saat warming up / aplikasi Start - Stop sistem, oli encer cepet naiknya / ber sirkulasinya

gak heran mesin2 bensin NA zaman skg byk yg pake 0W20 sekalipun utk iklim panas / summer
Terima kasih untuk penjelasannya om turboman, ternyata selama ini saya salah paham tentang SAE.. :mky_01:

pas ini oli sudah 6 bulan dan mau di ganti, saya lagi pengen coba oli lain buat 1hdt ini, makanya cari2 info yg bener disini.. selama ini pake oli toyota, cuma kadang suka kosong di tempat saya.. jd mau coba merk2 lain..