Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1086
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by kenop »

Turboman wrote:
Jambangan wrote:Om turbo, TGO 5W-30 udah jalan 8500 KM/7 bulan
Sebaiknya diganti atau lanjut aja sampe 10rb KM/10 bulan???
Penguapan sangat minim cuma pernah top up sekali pas 6rb KM itupun level oli cuma turun dikit dari tanda FULL
TGMO 5W30 di Gasoline sampe 10 rb km bisa, sy pernah test lab yg jalan 10.500 km - 10 bulan

Dgn catatan mesinnya roller rocker arm
om turbo,, jadi klo misal nya mesin nya masih flat tappet apa ngga disaranin pake oli sampe 10rb km?
ato khusus si TMO 5w30 ini?
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by kunaskun »

kalau mau cari oli murah tapi ga murahan dan jelas kualitasnya bisa cobain: NISSAN FULL SYNTHETIC 5W30 API SN. cocok buat yang pakenya jarak deket kaya saya jadi ga rugi untuk ganti di interval 5 ribu km atau 9 bulan mana lebih dulu. harga ekonomis: 87 ribu saja per liter. Buatan idemitsu. kebetulan suadh pake ke 3x ini, tiap 5-6 ribu km ganti atau max 9 bulan mana duluan. Penguapan minim pula. malah bisa dibilang saya ga berasa.

uji coba di: nissan march 1.2.

alasan kenapa pake oli ini? kapasitas oli march biarpun pake mesin vacuum buat ganti (SOP di beres Nissan) maksimum yang bsia disedot hanya 2,6 liter kurang lebih, dengan penggatian filter oli pun penggunaan oli max 2,7 liter itu di dipstick pagi hari sudah di atas L. alias sudah agak penuh :mky_03: nah karena ga tega juga pake oli full synth sekelas redline sampe 10 ribu km dengan jumlah oli hanya segitu, jadi saya ganti dengan interval pendekan dengan harga oli lebih murah :mky_01:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26934
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by DOHC »

kunaskun wrote:kalau mau cari oli murah tapi ga murahan dan jelas kualitasnya bisa cobain: NISSAN FULL SYNTHETIC 5W30 API SN. cocok buat yang pakenya jarak deket kaya saya jadi ga rugi untuk ganti di interval 5 ribu km atau 9 bulan mana lebih dulu. harga ekonomis: 87 ribu saja per liter. Buatan idemitsu. kebetulan suadh pake ke 3x ini, tiap 5-6 ribu km ganti atau max 9 bulan mana duluan. Penguapan minim pula. malah bisa dibilang saya ga berasa.

uji coba di: nissan march 1.2.

alasan kenapa pake oli ini? kapasitas oli march biarpun pake mesin vacuum buat ganti (SOP di beres Nissan) maksimum yang bsia disedot hanya 2,6 liter kurang lebih, dengan penggatian filter oli pun penggunaan oli max 2,7 liter itu di dipstick pagi hari sudah di atas L. alias sudah agak penuh :mky_03: nah karena ga tega juga pake oli full synth sekelas redline sampe 10 ribu km dengan jumlah oli hanya segitu, jadi saya ganti dengan interval pendekan dengan harga oli lebih murah :mky_01:
+1 utk NGO 5-30 kl yg ngincer oli 5-30 kelas generik...

rasa2nya drpd susuki 5-30.. ane mending nambahin dikit ke oli ini... atau oli nya masda yg 5-30 jg...

bolak balik make oli generik, cuman si NGO ama masda oil yg feelingnya mendingan... honda blue pake blom 4000 km ud orkestra mesin nya kl panas... susuki oil coba d apanja jg ga enak...

kl mau murah beli oli2 generik kya gini mending beli d ayung... toh dpt oli nya kl sial dpt palsu jg masi ga ngeselin...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by kunaskun »

DOHC wrote:
kunaskun wrote:kalau mau cari oli murah tapi ga murahan dan jelas kualitasnya bisa cobain: NISSAN FULL SYNTHETIC 5W30 API SN. cocok buat yang pakenya jarak deket kaya saya jadi ga rugi untuk ganti di interval 5 ribu km atau 9 bulan mana lebih dulu. harga ekonomis: 87 ribu saja per liter. Buatan idemitsu. kebetulan suadh pake ke 3x ini, tiap 5-6 ribu km ganti atau max 9 bulan mana duluan. Penguapan minim pula. malah bisa dibilang saya ga berasa.

uji coba di: nissan march 1.2.

alasan kenapa pake oli ini? kapasitas oli march biarpun pake mesin vacuum buat ganti (SOP di beres Nissan) maksimum yang bsia disedot hanya 2,6 liter kurang lebih, dengan penggatian filter oli pun penggunaan oli max 2,7 liter itu di dipstick pagi hari sudah di atas L. alias sudah agak penuh :mky_03: nah karena ga tega juga pake oli full synth sekelas redline sampe 10 ribu km dengan jumlah oli hanya segitu, jadi saya ganti dengan interval pendekan dengan harga oli lebih murah :mky_01:
+1 utk NGO 5-30 kl yg ngincer oli 5-30 kelas generik...

rasa2nya drpd susuki 5-30.. ane mending nambahin dikit ke oli ini... atau oli nya masda yg 5-30 jg...

bolak balik make oli generik, cuman si NGO ama masda oil yg feelingnya mendingan... honda blue pake blom 4000 km ud orkestra mesin nya kl panas... susuki oil coba d apanja jg ga enak...

kl mau murah beli oli2 generik kya gini mending beli d ayung... toh dpt oli nya kl sial dpt palsu jg masi ga ngeselin...
kayanya isi sama nih nissan, suzuki, mazda punya :mky_03:
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1086
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by kenop »

kunaskun wrote:
DOHC wrote:
kunaskun wrote:kalau mau cari oli murah tapi ga murahan dan jelas kualitasnya bisa cobain: NISSAN FULL SYNTHETIC 5W30 API SN. cocok buat yang pakenya jarak deket kaya saya jadi ga rugi untuk ganti di interval 5 ribu km atau 9 bulan mana lebih dulu. harga ekonomis: 87 ribu saja per liter. Buatan idemitsu. kebetulan suadh pake ke 3x ini, tiap 5-6 ribu km ganti atau max 9 bulan mana duluan. Penguapan minim pula. malah bisa dibilang saya ga berasa.

uji coba di: nissan march 1.2.

alasan kenapa pake oli ini? kapasitas oli march biarpun pake mesin vacuum buat ganti (SOP di beres Nissan) maksimum yang bsia disedot hanya 2,6 liter kurang lebih, dengan penggatian filter oli pun penggunaan oli max 2,7 liter itu di dipstick pagi hari sudah di atas L. alias sudah agak penuh :mky_03: nah karena ga tega juga pake oli full synth sekelas redline sampe 10 ribu km dengan jumlah oli hanya segitu, jadi saya ganti dengan interval pendekan dengan harga oli lebih murah :mky_01:
+1 utk NGO 5-30 kl yg ngincer oli 5-30 kelas generik...

rasa2nya drpd susuki 5-30.. ane mending nambahin dikit ke oli ini... atau oli nya masda yg 5-30 jg...

bolak balik make oli generik, cuman si NGO ama masda oil yg feelingnya mendingan... honda blue pake blom 4000 km ud orkestra mesin nya kl panas... susuki oil coba d apanja jg ga enak...

kl mau murah beli oli2 generik kya gini mending beli d ayung... toh dpt oli nya kl sial dpt palsu jg masi ga ngeselin...
kayanya isi sama nih nissan, suzuki, mazda punya :mky_03:
kalo isi nya sama semua brati paling murah yang suzuki punya yak.. 77rebuan seliter..
tapi emg agak2 sih ni oli,, jalan 3000-4000 km aja uda mulai ngga enak, jd agak berisik mesin

beda sm kmrn nyoba kendall 5w30 yg syn blend, pake 7500 km masih alus2 aja suara mesin nya
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26934
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by DOHC »

kunaskun wrote:
kayanya isi sama nih nissan, suzuki, mazda punya :mky_03:
kl isi ane ga yakin susuki punya sama om...

perna ane bandingin scara fisik oli2 generik yg 5-30...

oli ahond blue = warna kuning terang jernih, bau oli plg kuat
oli susuki 5-30 = kuning terang tp agak keruh, bau oli sdikit
oli NGO = kuning gelap mirip oli diesel, tp jernih, bau oli moderat
oli masda = mirip banget ama oli NGO
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by kunaskun »

kenop wrote:
kalo isi nya sama semua brati paling murah yang suzuki punya yak.. 77rebuan seliter..
tapi emg agak2 sih ni oli,, jalan 3000-4000 km aja uda mulai ngga enak, jd agak berisik mesin

beda sm kmrn nyoba kendall 5w30 yg syn blend, pake 7500 km masih alus2 aja suara mesin nya
baru tau ada oli 5w30 semi synth?, khawatirnya oli kelas segitu suara mesin si alus tapi ga taunya karena sudah break down :mky_01: kaya kemarin pake NGO 5w30, sampe km 5 ribu lebih juga masih alus2 aja tapi jadi serem sendiri :mky_03:

DOHC wrote: kl isi ane ga yakin susuki punya sama om...

perna ane bandingin scara fisik oli2 generik yg 5-30...

oli ahond blue = warna kuning terang jernih, bau oli plg kuat
oli susuki 5-30 = kuning terang tp agak keruh, bau oli sdikit
oli NGO = kuning gelap mirip oli diesel, tp jernih, bau oli moderat
oli masda = mirip banget ama oli NGO
berarti beda ya, karena kecil kemungkinan pabrikan mau bedain warna kalau hanya beda merek saja dan kemasan ya. :big_think:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26934
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by DOHC »

perihal oli semi atau full syn sehh kl bagi ane cuman embel2 gymmic pabrikan doank...

ad jg oli2 semi syn atau malah mineral yg kualitas nya wahid... misal fk massimo atau kendall... kualitas dan feeling bole diadu tuh ama full syn2 macam buatan NGO, masda atau malah topwan.. hehehe...

perihal oli2 generik, rasanya ampe 10 rebu km tuh bener2 perjudian yahh, apalgi utk traffic jaakarta... seinget ane beberapa pej kebelakang ane ad post perihal oli OEM yg bkin sludge pas d buka enjin head... pdahal odo blom tembus cepeceng...

kl ane sehh oli2 generik biasanya ane buang di odo 7000an km... kl duit lg sdkit berlebih, di 6000an km... atau upgret skalian ke yg branded
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Jambangan »

Turboman wrote:
Jambangan wrote:Om turbo, TGO 5W-30 udah jalan 8500 KM/7 bulan
Sebaiknya diganti atau lanjut aja sampe 10rb KM/10 bulan???
Penguapan sangat minim cuma pernah top up sekali pas 6rb KM itupun level oli cuma turun dikit dari tanda FULL
TGMO 5W30 di Gasoline sampe 10 rb km bisa, sy pernah test lab yg jalan 10.500 km - 10 bulan

Dgn catatan mesinnya roller rocker arm
oke thx om :thanks:
pake di ipah 1TR udah roller rocker :thanks:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26934
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by DOHC »

Jambangan wrote:
Turboman wrote:
Jambangan wrote:Om turbo, TGO 5W-30 udah jalan 8500 KM/7 bulan
Sebaiknya diganti atau lanjut aja sampe 10rb KM/10 bulan???
Penguapan sangat minim cuma pernah top up sekali pas 6rb KM itupun level oli cuma turun dikit dari tanda FULL
TGMO 5W30 di Gasoline sampe 10 rb km bisa, sy pernah test lab yg jalan 10.500 km - 10 bulan

Dgn catatan mesinnya roller rocker arm
oke thx om :thanks:
pake di ipah 1TR udah roller rocker :thanks:
pake 5-30 minim penguapan... pertanda masi peret tuh... ehh rapet mxd nya... :mky_01: :mky_01:

lgs naekin lg aj kelas nya ke 0-20... pake masda punya... ehh atoyot jg bkin kan yg 0-20...djamin maknyoss tuh enjin nya... :mky_03: :mky_03:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Jambangan »

DOHC wrote:
pake 5-30 minim penguapan... pertanda masi peret tuh... ehh rapet mxd nya... :mky_01: :mky_01:

lgs naekin lg aj kelas nya ke 0-20... pake masda punya... ehh atoyot jg bkin kan yg 0-20...djamin maknyoss tuh enjin nya... :mky_03: :mky_03:
sering kena macet mod. gapapa tuh pake oli keenceran? :e-think:
oh iya ipah ane ngelitik terus mod. ngelitik hilang pas pake RON 95. apa udah waktunya carbon clean ya?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26934
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by DOHC »

Jambangan wrote:
DOHC wrote:
pake 5-30 minim penguapan... pertanda masi peret tuh... ehh rapet mxd nya... :mky_01: :mky_01:

lgs naekin lg aj kelas nya ke 0-20... pake masda punya... ehh atoyot jg bkin kan yg 0-20...djamin maknyoss tuh enjin nya... :mky_03: :mky_03:
sering kena macet mod. gapapa tuh pake oli keenceran? :e-think:
oh iya ipah ane ngelitik terus mod. ngelitik hilang pas pake RON 95. apa udah waktunya carbon clean ya?
gapapa om.. asalkan jgn kelewat jauh aj jalan nya ...

ipah jadul ane aj perna koq ane kasi 0-20 nya masda... enjin lebi rev happy, berasa nya pas lg ngacir d tol... cuman penguapan di ipah ane agak tinggi dkit, jadi nya ane balik k 5-30 lg... mungkin ud ga serapet dl lg...

coba bersihin klep, ganti filter udara, pake sakura atau union punya ama bersihin filter bensin in tank ama yg di enjin bay aj om... pake busi saran nya si mods hansen tuh, denso kh20tt twin tip... di ipah ane dgn pake resep tsb ud ngacir bgt... gelitik jarang banget...

mengenai bersih2 klep, coba buka tret ane yg tuning ipah tuwir d.. seinget ane perna post dsana soal bersih2 klep...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Jambangan »

DOHC wrote:
gapapa om.. asalkan jgn kelewat jauh aj jalan nya ...

ipah jadul ane aj perna koq ane kasi 0-20 nya masda... enjin lebi rev happy, berasa nya pas lg ngacir d tol... cuman penguapan di ipah ane agak tinggi dkit, jadi nya ane balik k 5-30 lg... mungkin ud ga serapet dl lg...

coba bersihin klep, ganti filter udara, pake sakura atau union punya ama bersihin filter bensin in tank ama yg di enjin bay aj om... pake busi saran nya si mods hansen tuh, denso kh20tt twin tip... di ipah ane dgn pake resep tsb ud ngacir bgt... gelitik jarang banget...

mengenai bersih2 klep, coba buka tret ane yg tuning ipah tuwir d.. seinget ane perna post dsana soal bersih2 klep...
coba nanti ane ikuti sarannya om :mky_01:
mumpung bentar lagi masuk 40rb KM sekalian ganti2 part
tapi males ke beres harganya mencekik leher :big_bored:
ntar paling beli ketengan aja
denso kh20tt iridium bukan om?? :e-think:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26934
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by DOHC »

bgituan mahh ga usa ke beres om...

kl niat malah ane saranin kerjain sendiri aj... tp kl mau ngebengkel, coba cari bengkel yg mau lepasin intake... sukur2 mau lepasin intake buat masukin obat carbon clean... ntuh klep kl kotor ngaruh banget ke idle...

denso twin tip masi busi nikel biasa om, tp electrode di ground nya jg berjenong... ujung2 tip nya jg dbkin lebi lancip... claim nya sehh lebi terfokus pengapian nya... dan satu lg, made in japan... hehehe...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Jambangan »

DOHC wrote:bgituan mahh ga usa ke beres om...

kl niat malah ane saranin kerjain sendiri aj... tp kl mau ngebengkel, coba cari bengkel yg mau lepasin intake... sukur2 mau lepasin intake buat masukin obat carbon clean... ntuh klep kl kotor ngaruh banget ke idle...

denso twin tip masi busi nikel biasa om, tp electrode di ground nya jg berjenong... ujung2 tip nya jg dbkin lebi lancip... claim nya sehh lebi terfokus pengapian nya... dan satu lg, made in japan... hehehe...
ga ada skill buat bongkar2 om :big_cry:
lagi browsing busi kh20tt. ga gitu mahal ternyata :mky_01:
oke om thx infonya :thanks:
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by kompresorz »

mobil cbu jepang beli di iu...oli dipaksa ganti tiap 5000km sesuai garansi...terus bengkelnya ada stok oli top ons n pegawainya pake baju top ons..

kacau jg...
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1560
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by lemonadelovers »

kompresorz wrote:mobil cbu jepang beli di iu...oli dipaksa ganti tiap 5000km sesuai garansi...terus bengkelnya ada stok oli top ons n pegawainya pake baju top ons..

kacau jg...
Harus pake oli itu om? Padahal kan mesin ngikutin spek viscosity ya bukannya merek..
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
User avatar
iwanstarcom
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sat Jul 28, 2012 7:43

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by iwanstarcom »

Malam semua, terutama om turbo,
Ane pernah tanya mengenai ganti oli di 1000km buat di toyota harrier 2015, akhirnya di ganti pas 5000km di beres tayata. Waktu itu blom ada 0w-20 dan dikasih 5w-30, kesimpulannya tarikan berat dan baru aja 1000km berjalan ane langsung ganti ke ahond 0w-20. Tarikan jadi enteng tp mesin jadi meraung karna cvt. setelah 5000km kemudian ane di rekomend lage pake castr*l magnat*c st*rt st*p 5w30 fully , pertama impressinya tarikan lebih berat dibanding ahond 0w-20 tp lebih enak dr 5w30 tayata. Harganya 1ltr 120rb, beli 3 ltr bonus 1 ltr. Yg saya ragukan disini apa benar 5w30 itu fully syntentic ? Soalnya saya browse cuman ada 10w30 utk start stop dan itu part syntetic, dan anehnya di negara india itu 5w30 si kemasannya parts syntetic. Sampe saat ini masih mencari oli yg tepat buat harrier saya. Minta pencerahanya.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Turboman »

iwanstarcom wrote:Malam semua, terutama om turbo,
Ane pernah tanya mengenai ganti oli di 1000km buat di toyota harrier 2015, akhirnya di ganti pas 5000km di beres tayata. Waktu itu blom ada 0w-20 dan dikasih 5w-30, kesimpulannya tarikan berat dan baru aja 1000km berjalan ane langsung ganti ke ahond 0w-20. Tarikan jadi enteng tp mesin jadi meraung karna cvt. setelah 5000km kemudian ane di rekomend lage pake castr*l magnat*c st*rt st*p 5w30 fully , pertama impressinya tarikan lebih berat dibanding ahond 0w-20 tp lebih enak dr 5w30 tayata. Harganya 1ltr 120rb, beli 3 ltr bonus 1 ltr. Yg saya ragukan disini apa benar 5w30 itu fully syntentic ? Soalnya saya browse cuman ada 10w30 utk start stop dan itu part syntetic, dan anehnya di negara india itu 5w30 si kemasannya parts syntetic. Sampe saat ini masih mencari oli yg tepat buat harrier saya. Minta pencerahanya.
Amsoil ASM 0W20 harga promo edan di Graha

Tapi kayaknya barangnya susah nih, ane aja mau order lagi juga masih belom ada kabar

Q8 juga akan masuk yg 0W20 full synth.....rencana ane mau test
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
iwanstarcom
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sat Jul 28, 2012 7:43

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by iwanstarcom »

Ane dilokasi di batam, sepertinya akan susah utk cari amsoil. Byk yg review motul high tech 5w30, rekomend ga ? Thanks
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Turboman »

iwanstarcom wrote:Ane dilokasi di batam, sepertinya akan susah utk cari amsoil. Byk yg review motul high tech 5w30, rekomend ga ? Thanks
Nah beli ke Singapore aja, pilihan banyak.......bawa oli naek Ferry mah gak masalah kali yah

Drpd beli ke Jkt, jauh lebih ekonomis beli ke Singapore

Spy ekonomis lgs beli 2 dus misalnya

Asal gampang kalo lewat bea cukai Batam aja
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
iwanstarcom
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sat Jul 28, 2012 7:43

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by iwanstarcom »

Hahahahaha... Its a good idea, kebetulan besok mau ke sg, tp rute nya ke marina sand casino, ga lewat tmpt jualan olie yg om turbo rekomend dulu. Ane termasuk orang yg kalo traveling malas bawa barang byk2, apalage 2 dus oli. Dan dr segi ekonomis harusnya lebih murah jkt karna kurs naik lage blom ongkos taxi sana situ lage. Barusan gooling dpt disti amsoil batam, mudahan2 available olinya.. Makasih om turbo
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1560
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by lemonadelovers »

Turboman wrote:
iwanstarcom wrote:Malam semua, terutama om turbo,
Ane pernah tanya mengenai ganti oli di 1000km buat di toyota harrier 2015, akhirnya di ganti pas 5000km di beres tayata. Waktu itu blom ada 0w-20 dan dikasih 5w-30, kesimpulannya tarikan berat dan baru aja 1000km berjalan ane langsung ganti ke ahond 0w-20. Tarikan jadi enteng tp mesin jadi meraung karna cvt. setelah 5000km kemudian ane di rekomend lage pake castr*l magnat*c st*rt st*p 5w30 fully , pertama impressinya tarikan lebih berat dibanding ahond 0w-20 tp lebih enak dr 5w30 tayata. Harganya 1ltr 120rb, beli 3 ltr bonus 1 ltr. Yg saya ragukan disini apa benar 5w30 itu fully syntentic ? Soalnya saya browse cuman ada 10w30 utk start stop dan itu part syntetic, dan anehnya di negara india itu 5w30 si kemasannya parts syntetic. Sampe saat ini masih mencari oli yg tepat buat harrier saya. Minta pencerahanya.
Amsoil ASM 0W20 harga promo edan di Graha

Tapi kayaknya barangnya susah nih, ane aja mau order lagi juga masih belom ada kabar

Q8 juga akan masuk yg 0W20 full synth.....rencana ane mau test
Kemarin saya telp handoko 0w-20 amsoil dah ad oom
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by ecco »

radinalakbar7 wrote:
ecco wrote:Om2 sekalian mau kasih update pemakaian Amsoil 0w20 di yaris metik.
Pemakaian awal: ini oli top banget - 50km pertama biasa aja, setelah itu bener2 mantab tarikannya.
Nah sekarang hal yang aneh adalah, setelah jalan sekitar 4000km, mobil mulai nggak enak, waktu naik rpm 2000an glitik2 dikit. Sempet heran, kenapa ini mobil yang awalnya sehat2 aja jadi ngeselin gini - isi Total92 untuk bbm. oh ya, ini oli saya ganti sendiri dan juga ganti filter oli (yang saya curiga filter oli palsu). Akhirnya saya bawa ke bengkel untuk ganti filter olinya - filter nggak bisa saya ganti sendiri karena susah copotnya (filter palsu gak pas di mangkok yang biasa saya pake). Setelah filter diganti dan jalan beberapa lama, nglitik ilang.
Sekitar 6000an km, mulai lagi nglitik2 kalo gas di rpm 2000an. Ada kemungkinan oli udah kotor banget mengingat sejarah saya pakai oli di mobil ini. Waktu pakai redline 10w30 gak pernah ada kejadian kayak gini. Rute saya sering tol, sering macet juga bsd-sudirman. Sekian update, semoga berguna.
Kalo pemakaian kayak om sih ane ga berani pake 0w-20, apalagi lewat tol pasti sering high rpm + dalam kota yang macet. Patokan ane kalo pake 0w-20 untuk jarak pendek stop kemudian jalan lagi & berulang, sering low rpm.

Kalo buntut 30 ya paling pas deh untuk all rounder(macet, high rpm dll), Buntut 40 pakai harian berat banget, betul banget kata om turbo. Kecuali utk diesel yak :D

sering bawa beban berat pake buntut 40 enak, kayak pick up ane hehe

*pendapat pribadi IMO

Sent from my Blackberry Z30 using tapatalk
Bukannya saya nggak setuju yah, Sebenernya tergantung banget spek oli yang dipake kayak apa Om, kita gak bisa patokan buntut 20/30/40. Parameter itu banyak, ada kandungan aditif dan anti wear, base oil, HTHS, dll
Walaupun secara umum viskositas tinggi proteksi lebih baik, itu tidak berlaku kalo olinya beda kelas.
Saya berpedoman kalau mau pakai yang viskositas rendah, pakai yang berkualitas... :big_peace:
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5707
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by sintoni »

DOHC wrote:perihal oli semi atau full syn sehh kl bagi ane cuman embel2 gymmic pabrikan doank...

ad jg oli2 semi syn atau malah mineral yg kualitas nya wahid... misal fk massimo atau kendall... kualitas dan feeling bole diadu tuh ama full syn2 macam buatan NGO, masda atau malah topwan.. hehehe...

perihal oli2 generik, rasanya ampe 10 rebu km tuh bener2 perjudian yahh, apalgi utk traffic jaakarta... seinget ane beberapa pej kebelakang ane ad post perihal oli OEM yg bkin sludge pas d buka enjin head... pdahal odo blom tembus cepeceng...

kl ane sehh oli2 generik biasanya ane buang di odo 7000an km... kl duit lg sdkit berlebih, di 6000an km... atau upgret skalian ke yg branded
Om klep,

Bantu nambahin ya. Emang banyak banget sih oli semi synth yang malah lebih bagus daripada yang digadang2 full synth, contohnya yg kayak om klep ngmg itu seperti FK freshing atau Liquimoly AA. Hehe. Mereka pake embel2 hydrocracked.

Ane sendiri ga tau apa maksudnya hydrocracked itu. :ngacir:
Last edited by imsus2c on Tue Oct 27, 2015 13:56, edited 1 time in total.
Reason: split