Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Jambangan »

Pake shell hx8 cepat nguap haha..
Bener kata om imsus
Next ga ga akan pake oli ini lagi :upss:
jdm86
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 116
Joined: Wed Jun 06, 2012 14:18

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by jdm86 »

Rekan

Minta rekomendasi oli buat yaris donk KM sudah 89,000
Sekarang pake Q8 Long Life 5W-30 , rute harian PP kurang lebih 15 KM. kecuali weekend suka PP Jakarta- Bandung.
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by dieselman228 »

sintoni wrote:
dieselman228 wrote:
sintoni wrote:Maau ngelapor aja.

Baru ganti oli di gerobak butut ane.

Karena jarang dipake jadi pake oli asal2an.

5 liter butuhnya jadi pake 2 liter Valvoline Full Syn 5w30 @80rb dicampur 3 liter Amsoil OE 5w30.

Durasi pemakaian kira2 1 tahun kedepan.
Emang apa rasanya om olinya dicampur campur??? :big_think:

Petnah baca dimana gt om, ga masalah kok oli dicampur. Apalg kalo viskositasnya sama. Dari dulu mobil ane misal perlu 4 liter lebih, biasa beli 1 galon, kalo kurang biasa campurin oli sisa2, minta sama yang punya bengkel. Hehehe.

Ini nyampur juga 100% faktor ekonomi om. Yang Valvo kan cuma 80rb tapi sisa 2 botol, jadi terpaksa 3 botol terakhir ambil 5w30 yang paling murah berikutnya.
Secara feeling rasanya gimana om? Pernah di tes lab ga om? Saya pernah kepikira gitu soalnya sering beli oli yg stoknya abis..kalau ga ganti mubazir waktunya kalau dignti pake yg lain langung gimana gitu
gnki diesel kopling jadi kuda harian :mky_07:
User avatar
Arteezy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 117
Joined: Tue Aug 18, 2015 3:06

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Arteezy »

Fastron Gold 0w-20 gmn ada yang pernah coba? Mantau riviewnya nih klo ada yg udah coba...
..It's not always what you drive, but it's always how you drive..

:big_comfort:

Mitsubishi Kuda GL 2000
Mobilio CVT 2014
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5707
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by sintoni »

dieselman228 wrote:
sintoni wrote:
dieselman228 wrote: Emang apa rasanya om olinya dicampur campur??? :big_think:

Petnah baca dimana gt om, ga masalah kok oli dicampur. Apalg kalo viskositasnya sama. Dari dulu mobil ane misal perlu 4 liter lebih, biasa beli 1 galon, kalo kurang biasa campurin oli sisa2, minta sama yang punya bengkel. Hehehe.

Ini nyampur juga 100% faktor ekonomi om. Yang Valvo kan cuma 80rb tapi sisa 2 botol, jadi terpaksa 3 botol terakhir ambil 5w30 yang paling murah berikutnya.
Secara feeling rasanya gimana om? Pernah di tes lab ga om? Saya pernah kepikira gitu soalnya sering beli oli yg stoknya abis..kalau ga ganti mubazir waktunya kalau dignti pake yg lain langung gimana gitu
Ga ada apa2 sih om, apalgi ane jg bukan orang yg sensitif soal oli.

Soalnya sayang sih mobil cuma jalan 1500-2000km selama setaon.
User avatar
padmalotus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 95
Joined: Sun Oct 04, 2015 1:59
Location: Surabaya

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by padmalotus »

Untuk Turboman dan kawan-kawan sekalian,

Saya baru mendapay Yaris tahun 2007 matic. Dengan kilometer lelah di atas 120.000 dan Senin besok, mobilnya datang. Saya pingin langsung ganti oli mesin dan transmisi.

Pemilik sebelumnya memakai Shell HX7, tetapi saya baca di manual book, yang direkomendasikan oli 5W-30. Nah, untuk kilometer seperti itu,lebih baik saya stuck ke 10w-40 tapi dengab oli TMO, atau lebih baik 5W-30 TMO?

Tetapi, jika ada saran lain seperti lebih baik Motul 5w-30 atau yang lain, silahkan monggo.

Terima kasih.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5707
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by sintoni »

padmalotus wrote:Untuk Turboman dan kawan-kawan sekalian,

Saya baru mendapay Yaris tahun 2007 matic. Dengan kilometer lelah di atas 120.000 dan Senin besok, mobilnya datang. Saya pingin langsung ganti oli mesin dan transmisi.

Pemilik sebelumnya memakai Shell HX7, tetapi saya baca di manual book, yang direkomendasikan oli 5W-30. Nah, untuk kilometer seperti itu,lebih baik saya stuck ke 10w-40 tapi dengab oli TMO, atau lebih baik 5W-30 TMO?

Tetapi, jika ada saran lain seperti lebih baik Motul 5w-30 atau yang lain, silahkan monggo.

Terima kasih.
Bantu jawab om, kalo ane sih suka pake 5w30 ya. Ipah ane taun 2004 130rb km jg pake 5w30. Penguapan masih minim. Buat sehari2 lebih cocok jg, lebih enteng yg berakibat positif buat konsumsi bbm.

Ganti 7500km/9 bulan sekali om.
User avatar
padmalotus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 95
Joined: Sun Oct 04, 2015 1:59
Location: Surabaya

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by padmalotus »

sintoni wrote: Bantu jawab om, kalo ane sih suka pake 5w30 ya. Ipah ane taun 2004 130rb km jg pake 5w30. Penguapan masih minim. Buat sehari2 lebih cocok jg, lebih enteng yg berakibat positif buat konsumsi bbm.

Ganti 7500km/9 bulan sekali om.
Wah enak kalau dari awal sudah diberi oli yang bagus, nah ini Yaris saya pakai 10w-40 oleh pemilik sebelumnya, dan ini saya jadi galau mau ganti oli yang bagus tapi karena pemakaian mobil uang sudah lama, yang katanya orang forum sebelah, kalau mobil capek, harus diberi oli yang lebih kental supaya awet. Akhirnya tambah bingung harus diberi oli yang mana antara 10w-40 dan 5w-30. Maklum, mobil pertama jadi kepingin bisa merawat sampai lama pakainya.

Dan mobil ini pun nanti dipakai istri buat kerja PP 20km dan di Surabaya yang masih jarang macet total.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5707
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by sintoni »

padmalotus wrote:
sintoni wrote: Bantu jawab om, kalo ane sih suka pake 5w30 ya. Ipah ane taun 2004 130rb km jg pake 5w30. Penguapan masih minim. Buat sehari2 lebih cocok jg, lebih enteng yg berakibat positif buat konsumsi bbm.

Ganti 7500km/9 bulan sekali om.
Wah enak kalau dari awal sudah diberi oli yang bagus, nah ini Yaris saya pakai 10w-40 oleh pemilik sebelumnya, dan ini saya jadi galau mau ganti oli yang bagus tapi karena pemakaian mobil uang sudah lama, yang katanya orang forum sebelah, kalau mobil capek, harus diberi oli yang lebih kental supaya awet. Akhirnya tambah bingung harus diberi oli yang mana antara 10w-40 dan 5w-30. Maklum, mobil pertama jadi kepingin bisa merawat sampai lama pakainya.

Dan mobil ini pun nanti dipakai istri buat kerja PP 20km dan di Surabaya yang masih jarang macet total.
Ga juga lah om. Dulu ipah ane jg minumnya 10w40, secara dulu 5w30 masih mahal buat ane. Apalg dulu ga ngerti kelebihan pake oli encer.

Ane malah pake mobil ini di kalimantan yang mahal jarang macet. :ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21994
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Turboman »

padmalotus wrote: Wah enak kalau dari awal sudah diberi oli yang bagus, nah ini Yaris saya pakai 10w-40 oleh pemilik sebelumnya, dan ini saya jadi galau mau ganti oli yang bagus tapi karena pemakaian mobil uang sudah lama, yang katanya orang forum sebelah, kalau mobil capek, harus diberi oli yang lebih kental supaya awet. Akhirnya tambah bingung harus diberi oli yang mana antara 10w-40 dan 5w-30. Maklum, mobil pertama jadi kepingin bisa merawat sampai lama pakainya.

Dan mobil ini pun nanti dipakai istri buat kerja PP 20km dan di Surabaya yang masih jarang macet total.
5W30 adakah kekentalan maximum utk mesin Gasoline NA

Test aja lgs 5W30.......
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
padmalotus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 95
Joined: Sun Oct 04, 2015 1:59
Location: Surabaya

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by padmalotus »

Turboman wrote:5W30 adakah kekentalan maximum utk mesin Gasoline NA

Test aja lgs 5W30.......
NA ini maksudnya natural aspirated ya?
Oke om Turboman, akan pakai 5w-30 langsung. Ada rekomendasi merk 5w-30? Habis tanya ke Toyota, TMO segalon 560.000, bila ada merk lain yang lebih baik dengan harga di atas tapi tidak terlalu jauh atau sepantaran dengan TMO?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21994
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Turboman »

padmalotus wrote:
Turboman wrote:5W30 adakah kekentalan maximum utk mesin Gasoline NA

Test aja lgs 5W30.......
NA ini maksudnya natural aspirated ya?
Oke om Turboman, akan pakai 5w-30 langsung. Ada rekomendasi merk 5w-30? Habis tanya ke Toyota, TMO segalon 560.000, bila ada merk lain yang lebih baik dengan harga di atas tapi tidak terlalu jauh atau sepantaran dengan TMO?
5W30 mah buanyak buanget skg pilihan di pasaran um

yg termurah dari Suzuki Genuine Oil yg cman 60 rebuan / L sampe Royal Purple yg hampir 300 rb / L

Motul H Tec / Kendall GT-1 semi synth ....boleh dicoba
* Bukan ajakan Beli *
Kent
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 270
Joined: Tue May 26, 2009 13:52

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Kent »

om Turboman, saya kemarin lihat civic saya sedang di setel klep.
ternyata oli amzoil ini sepertinya gak kuat dipakai lebih dari 10rb.
sekarang sudah di angka 12rb km (7 bulan). tiap 5rb km ganti filter.
jadi sudah ganti filter ke 2.
saya rencana tetap mau pakai hingga 15rb.

apakah om turbo mau patungan untuk check kondisi oli nya di lab?
saya merasakan mesin masih cukup ok.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21994
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Turboman »

Kent wrote:om Turboman, saya kemarin lihat civic saya sedang di setel klep.
ternyata oli amzoil ini sepertinya gak kuat dipakai lebih dari 10rb.
sekarang sudah di angka 12rb km (7 bulan). tiap 5rb km ganti filter.
jadi sudah ganti filter ke 2.
saya rencana tetap mau pakai hingga 15rb.

apakah om turbo mau patungan untuk check kondisi oli nya di lab?
saya merasakan mesin masih cukup ok.
Yg type apa ?

yg 0W20 sih jangan kelewat jauh

kalo buntut 30 boleh hajar jauh

saya sih planning akan uji lab sebuah oli 0w20....tapi bukan si Ams
* Bukan ajakan Beli *
Kent
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 270
Joined: Tue May 26, 2009 13:52

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Kent »

iya yang 0w20 amzoil yang warna hijau.
memang agak saya bejek2 juga dalam pemakaian.

saya rencana mau tetap pakai sampai 15k, biar saya flushing sekalian.
dan pakai htech selama 5rb km.
apakah ok seperti ini om turbo?
User avatar
Arteezy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 117
Joined: Tue Aug 18, 2015 3:06

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Arteezy »

Kent wrote:om Turboman, saya kemarin lihat civic saya sedang di setel klep.
ternyata oli amzoil ini sepertinya gak kuat dipakai lebih dari 10rb.
sekarang sudah di angka 12rb km (7 bulan). tiap 5rb km ganti filter.
jadi sudah ganti filter ke 2.
saya rencana tetap mau pakai hingga 15rb.

apakah om turbo mau patungan untuk check kondisi oli nya di lab?
saya merasakan mesin masih cukup ok.
Kurang kuatnya gmn om?
..It's not always what you drive, but it's always how you drive..

:big_comfort:

Mitsubishi Kuda GL 2000
Mobilio CVT 2014
User avatar
padmalotus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 95
Joined: Sun Oct 04, 2015 1:59
Location: Surabaya

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by padmalotus »

Turboman wrote:
padmalotus wrote:
Turboman wrote:5W30 adakah kekentalan maximum utk mesin Gasoline NA

Test aja lgs 5W30.......
NA ini maksudnya natural aspirated ya?
Oke om Turboman, akan pakai 5w-30 langsung. Ada rekomendasi merk 5w-30? Habis tanya ke Toyota, TMO segalon 560.000, bila ada merk lain yang lebih baik dengan harga di atas tapi tidak terlalu jauh atau sepantaran dengan TMO?
5W30 mah buanyak buanget skg pilihan di pasaran um

yg termurah dari Suzuki Genuine Oil yg cman 60 rebuan / L sampe Royal Purple yg hampir 300 rb / L

Motul H Tec / Kendall GT-1 semi synth ....boleh dicoba
Ini perlu diflush enggak ya? Secara sebelumnya 10-40 terus sama pemilik yang lama. Saat ini pemakaian 120.000 km

Kalau TMO 5-30 itu masih belum synthetic ya on Turboman? Sepertinya akan pakai TMO dulu.
User avatar
Arteezy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 117
Joined: Tue Aug 18, 2015 3:06

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Arteezy »

Jambangan wrote:Pake shell hx8 cepat nguap haha..
Bener kata om imsus
Next ga ga akan pake oli ini lagi :upss:
Kemaren liat HX8 ini udah berubah ya codenya dr SM > SN.. Harga naek dikit... Yang om coba yg mana om? Pengen coba HX8 yg SN jg nih klo bagus, mengingat harganya masih manusiawi... :mky_03:
..It's not always what you drive, but it's always how you drive..

:big_comfort:

Mitsubishi Kuda GL 2000
Mobilio CVT 2014
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21994
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Turboman »

Kent wrote:iya yang 0w20 amzoil yang warna hijau.
memang agak saya bejek2 juga dalam pemakaian.

saya rencana mau tetap pakai sampai 15k, biar saya flushing sekalian.
dan pakai htech selama 5rb km.
apakah ok seperti ini om turbo?
No comment dah kalo pake 15 rb Km....tapi kalo pas ganti filter ada top up juga ya membantu conditioning kondisi oli

Cuman kalo mau pake 15.000 Km saya sih lebih megang yg 0w30 AZO atau 5W30 ASL

kecuali 15.000 Km dalam 4 bulan ya boleh dah hajar tu ASM
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21994
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Turboman »

padmalotus wrote: Ini perlu diflush enggak ya? Secara sebelumnya 10-40 terus sama pemilik yang lama. Saat ini pemakaian 120.000 km

Kalau TMO 5-30 itu masih belum synthetic ya on Turboman? Sepertinya akan pakai TMO dulu.
Kalo selama ini 10W40 yg dipake bagus dan ganti dalam range wajar dr segi Km & bulan, gak perlu di flush2.....

Buang oli lama, tuang oli Mesran super 1 L utk dorong oli lama......udah gak netes lagi tutup baut karter, tuang oli baru

Kalo mau flush yg paling bagus =
Masukkin ol Diesel yg API CF - CI-4, pake 2000 Km then buang....itu flush terbaik buat mesin
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Jambangan »

Arteezy wrote:
Jambangan wrote:Pake shell hx8 cepat nguap haha..
Bener kata om imsus
Next ga ga akan pake oli ini lagi :upss:
Kemaren liat HX8 ini udah berubah ya codenya dr SM > SN.. Harga naek dikit... Yang om coba yg mana om? Pengen coba HX8 yg SN jg nih klo bagus, mengingat harganya masih manusiawi... :mky_03:
Yg API SL om yg kemasan lama
Dicoba aja om
Kalo ane mau balik ke motul lagi kyknya atau nyoba kendall gt-1 5-30 :mky_01:
burungpipit
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Mon Oct 05, 2015 9:05

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by burungpipit »

Kemarin All New Sirion 2015 ganti oli di Km 5000 . kondisinya mobil tarikan mulai berat , mesin mulai ngelitik halus ( padahal bbm pakai pertamax+ dari awal baru datang ) , maticnya kurang responsif , akhirnya tanpa pikir panjang , gak perlu nunggu rekomendasi 10.000 Km ganti oli dari manual book , ane langsung ke Beres Daihatsu pd cabe, ganti oli pakai " Castrol Magnatec 5W-30 A5 " ( 163.000 / liter ) plus ganti filter oli ( 35.000 ) . selesai ganti oli jalan pulang jadi kaget , ini mobil ngacir banget sampai saya masuk ke pompa bensin shell untuk ngecek tekanan angin ban ( takutnya di tambah angin dibengkel jadi tarikan enteng ) , tapi ternyata setelah di cek tekanan angin tetep sama dengan sebelumnya di 30 psi, jadi kesimpulannya entengnya tarikan mobil memang karena pengaruh dari pergantian oli 5w-30 nya si Castrol Prof A5 ... Ngelitiknya juga bersih hilang sama sekali . Bensin tetep lanjut pakai Pertamax + ....

Jadi emang sebetulnya periode pergantian oli juga ndak bisa di patok dari jumlah Km atau periode bulan ya om Turbo , tergantung juga dari cara pemakaian dan situasi lalulintas yg kita lewati setiap hari .. Soalnya jalur kerja ane daru rumah sampai kantor termasuk jalur error banget ,

Nah pertanyaan saya biasanya Oli type apakah yg ada di dalam mesin mobil yg baru dirakit dari pabrik , kok mereka bisa rekomendasikan sampai pergantian oli pertama di Km 10.000 .
Sementara yg saya rasakan kemarin di km 5000 an aja dah babak belur rasanya .
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21994
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Turboman »

burungpipit wrote: Nah pertanyaan saya biasanya Oli type apakah yg ada di dalam mesin mobil yg baru dirakit dari pabrik , kok mereka bisa rekomendasikan sampai pergantian oli pertama di Km 10.000 .
Sementara yg saya rasakan kemarin di km 5000 an aja dah babak belur rasanya .
Ya makanya kita percaya yg real real aja

kalo saya sih malah pernah juga keluar dr showroom oli mesin bawaan pabrik lgs sy buang
* Bukan ajakan Beli *
Kent
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 270
Joined: Tue May 26, 2009 13:52

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Kent »

ada top-up oli juga,
tapi gk banyak, seluruh mobil saya sepertinya tidak ada penguapan dari dulu.
top-up pun hanya sekitar 150-200cc untuk ganti filter.
disini susah attach gambar ya, mau tunjukin kualitas oli amz nya.
(tp secara feels msh sangat ok oli nya, hanya saya lihat hitam2 coklat2 oli nya)

jika saya flush dengan oli diesel, saya ada stock Q5 5W40 dan Motul Tekma 15w40.
apakah tidak terlalu kental?
karena dulu saya pernah isi oli shell ultra yang 5w40 itu super berat (pdha 50% dari full di dipstick).
:big_dunno: :big_dunno:

dulu teman pernah pakai motul racing 0w20 300V di vios.
mantap sekali, bisa pakai 15rb. tapi harga mengerikan ditoda (600an rb per 2liter).
User avatar
padmalotus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 95
Joined: Sun Oct 04, 2015 1:59
Location: Surabaya

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by padmalotus »

Turboman wrote: Kalo selama ini 10W40 yg dipake bagus dan ganti dalam range wajar dr segi Km & bulan, gak perlu di flush2.....

Buang oli lama, tuang oli Mesran super 1 L utk dorong oli lama......udah gak netes lagi tutup baut karter, tuang oli baru

Kalo mau flush yg paling bagus =
Masukkin ol Diesel yg API CF - CI-4, pake 2000 Km then buang....itu flush terbaik buat mesin
ini sepertinya pemilik yang lama memakai Shell Helix H7, dan sepertinya rangenya wajar. Entah cuma pemanis aja atau tidak, katanya ganti olinya sih lancar.
Rencana mau ganti diberes karena mau ganti gasket cover value. Sekalian ganti oli mesin dan transmisi. Sementara pakai TMO 5w-30 gpp ya om Turboman? Tapi dengan harga segitu sama Motul 5W-30 bagus mana ya? sebab perliternya terpaut 30ribu rupiah lebih mahal Motul.